10 Cara Membuat Hook TikTok yang Menarik dan Viral

Wah, FYP lagi, FYP lagi! Pasti kalian para pengguna TikTok sudah nggak asing lagi dengan istilah ini.

FYP, alias For You Page, adalah halaman utama TikTok yang menampilkan video rekomendasi berdasarkan interaksi pengguna. Singkatnya, kalau video kamu bisa masuk FYP, berarti video tersebut berpotensi dilihat oleh jutaan orang!

Tapi gimana caranya biar konten kamu bisa masuk FYP? Gampang kok.

Ada banyak faktor yang bisa kamu optimalkan, salah satunya adalah dengan membuat hook yang kuat. Untuk itu, yuk simak berikut!

Apa Itu Hook?

Hook itu apa sih? Hook, yang dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai “pengait”, adalah elemen pembuka video TikTok yang berfungsi untuk menarik perhatian penonton dalam 3 detik pertama.

Ibarat memancing, hook adalah umpan yang kamu gunakan untuk membuat penonton “terjebak” dan ingin terus melihat video kamu sampai akhir.

Kenapa 3 detik? Soalnya, menurut penelitian, rata-rata pengguna TikTok hanya membutuhkan 3 detik untuk memutuskan apakah mereka akan melanjutkan menonton video atau menggulir ke video berikutnya. Gimana, tegang nggak tuh?

Yuk, langsung kita bahas 10 cara membuat hook TikTok yang menarik dan viral!

Baca Juga: 13 Cara Agar Penonton Live TikTok Banyak Bagi Pebisnis

Cara Membuat Hook TikTok yang Menarik dan Viral

Berikut ini cara membuat hook TikTok yang menarik dan viral!

1. Berikan Kejutan atau Plot Twist

Bayangkan scrolling TikTok kamu tiba-tiba muncul video dengan koki profesional yang sedang memasak… pakai jas hujan! Ini pasti bikin kamu bingung dan penasaran, kan?

Hook dengan elemen kejutan atau plot twist yang tidak terduga ampuh untuk memancing rasa ingin tahu penonton. Mereka akan terus menonton untuk mengetahui kelanjutannya dan alasan di balik kejutan tersebut. 

Berikut beberapa tips untuk membuat hook TikTok dengan kejutan atau plot twist:

Gunakan transisi yang menarik: Transisi yang tiba-tiba dan tidak terduga dapat menarik perhatian penonton dan membuat mereka penasaran. Anda dapat menggunakan efek visual, suara, atau perubahan sudut pandang untuk membuat transisi yang menarik.

Berikan pertanyaan yang memancing rasa penasaran: Ajukan pertanyaan yang membuat penonton ingin mengetahui jawabannya. Anda dapat menggunakan pertanyaan retoris atau pertanyaan terbuka untuk memancing rasa penasaran mereka.

Tunjukkan sesuatu yang tidak terduga: Tampilkan sesuatu yang berbeda dari apa yang diharapkan penonton. Anda dapat menggunakan humor, ironi, atau kejutan untuk membuat mereka terkejut.

Gunakan musik yang tepat: Musik yang tepat dapat membantu membangun ketegangan dan rasa penasaran. Anda dapat menggunakan lagu yang upbeat dan catchy, atau lagu yang lambat dan menegangkan, tergantung pada jenis kejutan yang ingin Anda buat.

Berikan petunjuk yang samar-samar: Berikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, tetapi jangan terlalu jelas. Hal ini akan membuat penonton penasaran dan ingin terus menonton video untuk mengetahui jawabannya.

Contoh: Video TikTok yang dimulai dengan seseorang sedang menangis tersedu-sedu. Ternyata, setelah kamera menyorot lebih dekat, dia sedang mengiris bawang bombay!

2. Ajukan Pertanyaan yang Menggelitik

Pernah nggak sih kepikiran kenapa lubang hidung kita dua-duanya, padahal napas bisa lewat sebelah aja? Pertanyaan-pertanyaan yang menggelitik dan memicu rasa ingin tahu penonton bisa menjadi hook yang efektif.

Berikut beberapa tips untuk membuat hook TikTok yang menarik dan viral dengan pertanyaan menggelitik:

Pahami Audiens Anda

Langkah pertama adalah memahami audiens target Anda. Siapa yang ingin Anda jangkau dengan video Anda? Apa minat dan selera mereka? Semakin Anda memahami audiens Anda, semakin baik Anda dapat membuat pertanyaan yang akan menarik bagi mereka.

Gunakan Pertanyaan yang Relevan dengan Konten Anda

Pertanyaan Anda harus relevan dengan konten video Anda. Artinya, pertanyaan tersebut harus terkait dengan topik yang akan Anda bahas dalam video. Hal ini akan membantu menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin mengetahui jawabannya.

Gunakan Pertanyaan yang Mengundang Rasa Penasaran

Pertanyaan yang mengundang rasa penasaran akan membuat penonton ingin mengetahui jawabannya. Gunakan kata-kata dan frasa yang akan membuat mereka bertanya-tanya “Apa yang akan terjadi selanjutnya?”.

Gunakan Pertanyaan yang Humoris

Humor adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian penonton dan membuat mereka tetap terlibat. Gunakan pertanyaan yang lucu atau jenaka untuk membuat video Anda lebih menarik.

Gunakan Pertanyaan yang Interaktif

Pertanyaan interaktif dapat mendorong penonton untuk berkomentar dan berinteraksi dengan video Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan engagement dan membuat video Anda lebih viral.

Contoh: Video TikTok yang dimulai dengan pertanyaan, “Pernah kepikiran nggak, kenapa kentut nggak pernah bau di mimpi?” dijamin bakal bikin penonton penasaran dan ingin tahu jawabannya.

3. Gunakan Humor yang Relevan

Siapa yang nggak suka humor? Selingan humor yang segar dan relevan dengan target audience kamu bisa menjadi hook yang ampuh.

Berikut beberapa tips untuk membuat hook TikTok yang lucu dan relevan:

Pahami Audiens Anda

Langkah pertama adalah memahami audiens target Anda. Siapa yang ingin Anda buat tertawa? Apa jenis humor yang mereka sukai? Setelah Anda mengetahui audiens Anda, Anda dapat mulai membuat lelucon yang sesuai dengan selera mereka.

Gunakan Tren yang Sedang Berlangsung

Salah satu cara terbaik untuk membuat konten yang relevan adalah dengan menggunakan tren yang sedang berlangsung. Ini bisa berupa tren TikTok, meme populer, atau peristiwa terkini. Dengan menggunakan tren, Anda dapat memastikan bahwa konten Anda dilihat oleh orang-orang yang sudah tertarik dengan topik tersebut.

Buatlah Singkat dan Cepat

Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian orang di TikTok, jadi penting untuk membuat hook yang singkat dan cepat. Gunakan lelucon singkat, permainan kata, atau kejutan visual untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka ingin menonton lebih banyak.

Gunakan Ekspresi dan Bahasa Tubuh

Ekspresi dan bahasa tubuh Anda dapat sama lucunya dengan kata-kata Anda. Gunakan ekspresi wajah yang berlebihan, gerakan tubuh yang lucu, dan nada suara yang menarik untuk membuat hook Anda lebih lucu.

Bersikaplah Otentik

Orang dapat mengetahui kapan Anda mencoba terlalu keras untuk menjadi lucu. Jadilah diri sendiri dan biarkan kepribadian Anda bersinar. Humor terbaik adalah humor yang otentik dan tulus.

Jangan Takut untuk Bereksperimen

Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain. Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai jenis humor dan lihat apa yang paling disukai audiens Anda.

Gunakan Musik dan Efek Suara

Musik dan efek suara dapat membantu Anda membuat hook yang lebih lucu dan menarik. Pilih musik yang sesuai dengan suasana video Anda dan gunakan efek suara untuk menambahkan penekanan pada lelucon Anda.

Berikan Caption yang Lucu

Caption Anda adalah kesempatan lain untuk membuat orang tertawa. Gunakan permainan kata, lelucon internal, atau referensi budaya pop untuk membuat caption yang lucu dan menarik.

Ajak Orang Berkomentar dan Berbagi

Ajukan pertanyaan, adakan tantangan, atau minta orang untuk membagikan video Anda dengan teman-teman mereka. Semakin banyak orang yang terlibat dengan video Anda, semakin besar kemungkinan video tersebut akan menjadi viral.

Bersabarlah

Membuat video TikTok yang viral membutuhkan waktu dan usaha. Jangan berkecil hati jika video Anda tidak langsung sukses.

Teruslah membuat konten yang bagus dan berinteraksi dengan audiens Anda, dan pada akhirnya Anda akan mulai melihat hasil.

Contoh: Video TikTok yang dimulai dengan sketsa komedi lucu berdurasi 3 detik tentang perjuangan mahasiswa kejar deadline tugas.

Tapi awas! Humor yang terlalu slapstick atau receh malah bisa membuat penonton ilfeel.

Hook TikTok bisa menggunakan Humor yang Relevan

4. Tampilkan Visual yang Mencolok

Di era penuh distraksi seperti sekarang, visual yang mencolok dan menarik perhatian bisa menjadi senjata ampuh untuk membuat hook yang kuat.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan visual yang mencolok. Berikut beberapa tipsnya:

Gunakan Transisi yang Menarik

Transisi yang menarik dapat menarik perhatian penonton sejak awal video. Gunakan transisi yang kreatif dan unik, seperti zoom, slide, wipe, atau flash.

Anda juga dapat menggunakan efek slow motion atau fast forward untuk membuat video lebih dinamis.

Tampilkan Ekspresi yang Menarik

Ekspresi wajah Anda dapat menjadi daya tarik tersendiri. Tunjukkan ekspresi yang lucu, bersemangat, terkejut, atau sedih sesuai dengan konteks video Anda. Hal ini dapat membuat video Anda lebih hidup dan menarik untuk ditonton.

Gunakan Kostum dan Properti yang Unik

Gunakan kostum dan properti yang unik untuk membuat video Anda lebih menarik.

Hal ini dapat membantu Anda menonjol dari video lain di TikTok. Anda dapat menggunakan kostum yang sesuai dengan tema video Anda, atau menggunakan properti yang menarik dan eye-catching.

Gunakan Efek Visual yang Menarik

TikTok menyediakan berbagai macam efek visual yang dapat Anda gunakan untuk membuat video Anda lebih menarik. Gunakan efek visual yang sesuai dengan konteks video Anda, seperti filter, overlay, teks, atau stiker.

Tampilkan Gerakan yang Menarik

Gerakan yang menarik dapat membuat video Anda lebih hidup dan dinamis. Anda dapat melakukan tarian, lip-sync, atau gerakan lucu lainnya. Pastikan gerakan Anda sesuai dengan tempo dan irama musik yang digunakan.

Gunakan Warna yang Cerah dan Mencolok

Warna yang cerah dan mencolok dapat menarik perhatian penonton. Gunakan warna yang sesuai dengan tema video Anda dan padukan dengan warna yang kontras untuk membuat video lebih eye-catching.

Berikan Kejutan

Berikan kejutan kepada penonton di awal video Anda. Hal ini dapat membuat mereka penasaran dan ingin menonton video Anda sampai akhir. Anda dapat memberikan kejutan dengan cara menampilkan sesuatu yang tidak terduga, atau dengan membuat plot twist yang menarik.

8. Gunakan Musik yang Tren

Gunakan musik yang sedang tren di TikTok untuk membuat video Anda lebih menarik. Hal ini dapat membantu video Anda masuk ke For You Page (FYP) dan mendapatkan lebih banyak view.

Ikuti Tren Challenge

Ikuti tren challenge yang sedang viral di TikTok untuk meningkatkan engagement video Anda. Pastikan Anda membuat challenge dengan cara yang kreatif dan unik agar video Anda menonjol dari video lainnya.

Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Berkolaborasi dengan kreator lain di TikTok dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Pilihlah kreator yang memiliki niche yang sama dengan Anda atau yang memiliki audiens yang ingin Anda targetkan.

Contoh: Video TikTok yang diawali dengan close-up slime berwarna pelangi dengan tekstur yang unik dijamin akan membuat penonton berhenti scrolling dan ingin melihat lebih lanjut.

5. Manfaatkan Tren yang Sedang Populer

TikTok identik dengan tren yang selalu berganti. Nah, kamu bisa memanfaatkan tren tersebut untuk membuat hook yang relevan dan kekinian.

Berikut beberapa tipsnya:

Cari tahu tren yang sedang viral:

  • Pantau halaman For You Page (FYP): Perhatikan video-video yang muncul di FYP dan pelajari tren yang sedang ramai diperbincangkan.
  • Gunakan fitur Discover: TikTok menyediakan fitur Discover untuk membantu kamu menemukan tren yang sedang viral berdasarkan kategori dan hashtag.
  • Ikuti akun kreator TikTok: Ikuti akun kreator TikTok yang kamu sukai dan pelajari bagaimana mereka menggunakan tren dalam video mereka.

Gunakan tren dengan cara kreatif:

  • Jangan hanya mengikuti tren secara harfiah. Berikan sentuhan kreatifmu sendiri agar video kamu lebih menarik dan berbeda dari yang lain.
  • Gunakan tren untuk membuat cerita yang menarik. Tunjukkan kepribadianmu dan buatlah video yang relatable dengan audiens.
  • Gunakan humor atau kejutan. Orang-orang lebih cenderung menyukai video yang lucu atau mengejutkan.

Perhatikan timing:

  • Gunakan tren di saat yang tepat. Jika kamu menggunakan tren yang sudah usang, video kamu kemungkinan besar tidak akan viral.
  • Posting video kamu pada waktu yang tepat. Cari tahu kapan audiens kamu paling aktif di TikTok.

Gunakan elemen lain yang menarik:

  • Gunakan musik yang catchy. Musik yang tepat dapat membantu menarik perhatian audiens dan membuat video kamu lebih menarik.
  • Gunakan teks yang menarik. Tulis teks yang singkat, jelas, dan mudah dibaca.
  • Gunakan transisi dan efek visual yang menarik. Transisi dan efek visual dapat membantu membuat video kamu lebih dinamis dan menarik.

Ajak audiens untuk berinteraksi:

  • Ajukan pertanyaan di caption video kamu.
  • Gunakan hashtag yang relevan.
  • Respon komentar dan pesan dari audiens.

Contoh: Video TikTok yang menampilkan dance challenge terbaru atau menggunakan sound effect yang sedang viral bisa menjadi hook yang efektif.

Tips: Jangan hanya ikut-ikutan tren, tapi tambahkan kreativitas kamu sendiri agar konten kamu lebih fresh dan bisa menonjol di antara video-video lainnya.

6. Tunjukkan Transformasi yang Menakjubkan

Pernah lihat video makeover yang keren abis? Video dengan konsep transformasi, baik dari segi penampilan, ruangan, atau benda, bisa menjadi hook yang menarik karena memicu rasa ingin tahu penonton tentang proses di baliknya.

Berikut beberapa tipsnya:

Temukan Ide yang Unik dan Menarik

  • Pikirkan tentang apa yang belum pernah dilihat orang lain di TikTok. Apa yang bisa membuat mereka berhenti scrolling dan menonton video Anda?
  • Gunakan tren yang sedang viral, tapi dengan twist yang unik.
  • Contoh ide transformasi:
    • Makeover dari wajah natural ke glamor
    • Before-and-after foto ruangan yang direnovasi
    • Transformasi DIY dari barang bekas menjadi sesuatu yang baru
    • Proses memasak makanan yang rumit menjadi hidangan yang lezat
    • Peragaan busana dengan berbagai outfit berbeda

Buat Durasi Hook yang Singkat dan Tepat

  • Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian penonton.
  • Tunjukkan bagian paling menarik dari transformasi Anda di awal video.
  • Gunakan teks, transisi, dan efek visual yang menarik untuk membuat hook lebih eye-catching.

Gunakan Musik yang Tepat

  • Pilih musik yang sesuai dengan tema dan mood video Anda.
  • Gunakan lagu yang sedang trending atau populer.
  • Pastikan musiknya tidak terlalu keras atau mengganggu.

Tambahkan CTA (Call to Action)

  • Ajak penonton untuk like, comment, share, atau follow akun Anda.
  • Anda juga bisa memberikan pertanyaan atau challenge yang menarik.

Posting di Waktu yang Tepat

  • Riset tentang waktu-waktu ramai di TikTok.
  • Posting video Anda di waktu tersebut untuk mendapatkan lebih banyak exposure.

Tips Tambahan:

  • Gunakan hashtag yang relevan dengan video Anda.
  • Berkolaborasi dengan TikToker lain untuk menjangkau audience yang lebih luas.
  • Terus berkreasi dan mencoba hal-hal baru.

Contoh: Video TikTok yang dimulai dengan ruang tamu yang berantakan, lalu dengan transisi cepat berubah menjadi ruang tamu yang estetik dan minimalis.

7. Gunakan Teks atau Emoji yang Eye-Catching

Menambahkan teks atau emoji yang menarik perhatian di awal video bisa menjadi strategi yang bagus untuk membuat hook.

Contoh: Video TikTok yang diawali dengan teks besar bertuliskan, “Kamu nggak akan percaya apa yang terjadi selanjutnya!” atau menggunakan emoji yang super besar untuk memancing rasa penasaran penonton.

8. Mainkan Musik atau Sound Effect yang Unik

Musik dan sound effect yang unik dan catchy bisa menjadi pembuka yang powerful untuk video kamu.

Contoh: Video TikTok yang diawali dengan potongan lagu yang familiar dengan tempo yang diubah menjadi lebih cepat atau menggunakan sound effect yang nyeleneh.

Hook TikTok bisa dengan memainkan Musik atau Sound Effect yang Unik

9. Berikan Fakta Menarik atau Informasi Baru

Siapa yang suka belajar hal baru? Menampilkan fakta menarik atau informasi baru yang relevan dengan target audience kamu bisa menjadi hook yang edukatif dan informatif.

Contoh: Video TikTok yang diawali dengan statistika mengejutkan tentang jumlah orang yang tidak tahu cara mengikat tali sepatu atau tips singkat untuk meningkatkan produktivitas.

10. Tunjukkan Keahlian atau Bakat Kamu

Punya bakat menyanyi, menari, atau bermain sulap? Tunjukkan keahlian kamu di awal video untuk menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin melihat lebih banyak.

Contoh: Video TikTok yang diawali dengan penyanyi yang membawakan lagu populer dengan suara merdu atau pesulap yang melakukan trik sulap yang memukau.

Bonus: Gunakan Transisi yang Smooth dan Menarik

Transisi yang mulus dan menarik antar scene dalam video kamu bisa menambah estetika dan membuat video lebih enak ditonton.

Contoh: Gunakan efek transisi seperti zoom, swipe, atau dissolve untuk menghubungkan antar scene dengan cara yang kreatif dan menarik.

Tips: Jangan berlebihan dalam menggunakan transisi, karena bisa membuat video terlihat pusing dan membingungkan.

Ingat!

  • Konsistensi adalah kunci. Buatlah hook yang konsisten dengan brand dan identitas kamu sebagai kreator.
  • Analisis audiens. Pahami target audience kamu dan jenis konten yang mereka sukai untuk membuat hook yang tepat sasaran.
  • Eksperimen dan berkreasi. Jangan takut untuk mencoba berbagai ide dan konsep hook yang berbeda untuk menemukan formula yang paling efektif untuk kamu.
  • Terus belajar dan mengikuti tren. Dunia TikTok terus berkembang, jadi penting untuk selalu mengikuti tren terbaru dan mempelajari teknik-teknik baru untuk membuat hook yang menarik dan viral.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa meningkatkan peluang video kamu untuk masuk FYP dan menjangkau lebih banyak penonton. Selamat mencoba!

Membuat hook TikTok yang menarik dan viral bukan hal yang mudah, namun dengan strategi dan dedikasi yang tepat, kamu bisa meningkatkan peluang video kamu untuk menjangkau lebih banyak penonton dan mencapai kesuksesan di platform ini.

Ingatlah untuk selalu konsisten, kreatif, dan mengikuti tren terbaru untuk tetap berada di puncak permainan. Selamat berkarya!

1. Berapa lama waktu yang ideal untuk hook TikTok?

Idealnya, hook TikTok memiliki durasi sekitar 3-5 detik. Durasi tersebut cukup singkat untuk menarik perhatian penonton, namun tidak terlalu pendek sehingga mereka tidak bisa memahami isi video.

2. Apakah semua video TikTok harus memiliki hook?

Tidak semua video TikTok harus memiliki hook. Jika kamu ingin membuat video edukasi yang lebih panjang, kamu bisa menggunakan intro yang lebih informatif dan deskriptif.

3. Bagaimana cara mengetahui hook mana yang paling efektif?

Cara terbaik untuk mengetahui hook mana yang paling efektif adalah dengan menganalisis data video kamu. Perhatikan metrik seperti view count, like count, dan comment count untuk melihat hook mana yang menghasilkan performa terbaik.

4. Apa saja tools yang bisa digunakan untuk membuat hook TikTok yang menarik?

Ada banyak tools gratis dan berbayar yang bisa kamu gunakan untuk membuat hook TikTok yang menarik, seperti Canva, InShot, dan CapCut.

5. Di mana saya bisa belajar lebih banyak tentang cara membuat hook TikTok?

Ada banyak sumber daya online yang bisa kamu gunakan untuk belajar lebih banyak tentang cara membuat hook TikTok, seperti blog, YouTube channel, dan forum komunitas TikTok.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like