Apa Itu Keyframe di CapCut? Edit Video Dengan Animasi

Bosan dengan edit video yang gitu-gitu aja? Pengin bikin konten yang lebih menarik dan standout dari yang lainnya?

Nah, kalau iya, maka kuasailah jurus editing video yang ampuh yaitu animasi keyframe!

Sebelumnya, apa Anda sudah tau “Apa Itu Keyframe di CapCut?”

Jika belum paham, artikel ini akan menjelaskan, hingga akan mengubah cara pandang Anda dalam membuat video biasa menjadi luar biasa. Yuk simak!

Apa Itu Keyframe di CapCut?

Pernah nggak sih kepikiran gimana karakter kartun bisa bergerak dengan halus? Atau bagaimana efek zoom dramatis bisa tercipta dalam sebuah video? Itu semua berkat keajaiban keyframe!

Secara sederhana, keyframe adalah titik penanda dalam timeline editing yang menyimpan informasi spesifik tentang suatu elemen video.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat objek bergerak, berubah bentuk, atau memudar secara bertahap sepanjang video.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat menggunakan keyframe di CapCut:

  • Membuat zoom in atau zoom out: Anda dapat menambahkan keyframe untuk skala untuk membuat objek semakin besar atau kecil secara bertahap.
  • Membuat panning: Anda dapat menambahkan keyframe untuk posisi untuk menggerakkan objek di seluruh layar.
  • Membuat rotasi: Anda dapat menambahkan keyframe untuk rotasi untuk memutar objek.
  • Membuat transisi: Anda dapat menambahkan keyframe untuk opacity untuk membuat objek memudar masuk atau keluar.

Mengatur keyframe di titik waktu yang berbeda, Anda bisa menciptakan efek animasi yang halus dan memesona.

Secara harfiah, “keyframe” ini bisa diterjemahkan menjadi “bingkai kunci”.

Nah, dengan mengatur keyframe, Anda dapat menyesuaikan berbagai parameter video, sehingga memungkinkan kontrol yang lebih presisi terhadap efek animasi.

Hal ini seperti mendongengkan kepada CapCut bagaimana Anda ingin video Anda bergerak dari satu titik ke titik lainnya.

Bayangkan, Anda ingin teks “Halo!” bergerak melintasi layar dari kiri ke kanan.

Tanpa keyframe, Anda mungkin harus memotong-motong klip teks menjadi banyak bagian dan mengatur posisinya secara manual di setiap potongan.

Repot, kan? Nah, dengan keyframe, Anda cukup mengatur posisi awal dan akhir teks di timeline, dan CapCut akan secara otomatis membuat animasi pergerakan yang halus di antara kedua titik tersebut. 

Baca Juga: Apa Itu Overlay di CapCut? Fitur untuk Para Content Creator

Unlock Your Creativity: Kemungkinan Tak Terbatas dengan Keyframe

Ingin membuat intro video yang memukau? Gampang! Dengan keyframe, Anda bisa membuat logo Anda berputar, teks melayang-layang, atau gambar bergerak dengan efek zoom yang keren.

Penasaran dengan video glitch yang lagi trend akhir-akhir ini?

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan glitch pada video CapCut Anda yaitu glitch yang Anda inginkan sebagai efek kreatif, atau glitch yang tidak diinginkan sebagai kesalahan.

Lalu, bagaimana menambahkan Glitch sebagai Efek

CapCut menawarkan beberapa efek glitch bawaan yang bisa Anda tambahkan ke video Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka CapCut dan buat project baru.
  2. Impor video yang ingin Anda edit.
  3. Klik video pada timeline, lalu pilih “Effects” (efek).
  4. Cari kategori “Trend” (Tren) atau ketik “glitch” di bar pencarian.
  5. Pilih efek glitch yang Anda inginkan. CapCut memiliki beberapa pilihan, seperti “Bad TV” atau “VHS.”
  6. Sesuaikan durasi efek glitch dengan menyeret ujungnya pada timeline.
  7. Pratinjau video Anda untuk melihat hasilnya.
  8. Jika sudah puas, ekspor video Anda.

Memecahkan Masalah Glitch yang Tidak Diinginkan

Jika video Anda mengalami glitch yang tidak diinginkan, berikut beberapa hal yang dapat Anda coba:

  1. Coba Ekspor Ulang dengan Resolusi Lebih Rendah: Terkadang glitch bisa terjadi karena masalah dengan render. Coba ekspor video Anda dengan resolusi lebih rendah dan lihat apakah glitch hilang.
  2. Periksa Sumber Video: Mungkin glitch berasal dari video sumber itu sendiri. Coba unduh ulang video atau gunakan klip yang berbeda.
  3. Hapus dan Tambahkan Ulang Video: Terkadang glitch bisa terjadi karena kesalahan saat mengimpor video. Coba hapus video dari project Anda, lalu impor kembali.
  4. Perbarui Aplikasi CapCut: Pastikan Anda menggunakan versi CapCut terbaru. Bug pada versi lama terkadang bisa menyebabkan glitch.
  5. Coba Perangkat Lain: Jika memungkinkan, coba edit video Anda di perangkat lain (ponsel atau tablet lain) untuk melihat apakah glitch tetap ada.

Jika Anda sudah mencoba semua solusi ini dan masih mengalami masalah, Anda bisa mencari bantuan di forum online CapCut atau menghubungi layanan pelanggan CapCut.

Keyframe juga bisa mewujudkannya! Atur opacity video Anda naik turun dengan cepat di beberapa titik keyframe, dan voila! Efek glitch yang edgy pun siap membuat video Anda terlihat modern dan artsy.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan keyframe untuk memanipulasi warna, menambahkan efek blur yang dinamis, atau bahkan membuat elemen video mengikuti gerakan objek tertentu.

Kemungkinannya nyaris tak terbatas, tinggal bagaimana Anda berkreasi!

Menguasai Seni Keyframe di CapCut: Langkah Mudah, Hasil Luar Biasa

CapCut, dengan antarmuka yang intuitif dan user-friendly, membuat editing dengan keyframe menjadi mudah dan menyenangkan. Mari kita lihat langkah-langkahnya:

  1. Impor Video atau Foto: Buka CapCut dan impor video atau foto yang ingin Anda edit.
  2. Pilih Objek yang Ingin Dianimasi: Klik pada klip video atau foto di timeline untuk memilihnya.
  3. Masuk ke Menu “Dasar”: Di panel editing sebelah kanan, cari menu “Dasar”. Di sini Anda akan menemukan berbagai opsi animasi, seperti Posisi, Skala, Opasitas, dan Rotasi.
  4. Aktifkan Keyframe: Pilih animasi yang ingin Anda terapkan. Di sebelah kanan properti animasi tersebut, terdapat ikon berbentuk berlian. Klik ikon tersebut untuk mengaktifkan keyframe.
  5. Atur Posisi Keyframe: Sebuah titik berlian kecil akan muncul di timeline pada posisi playhead saat ini. Ini adalah keyframe pertama Anda. Seret playhead ke posisi lain di timeline dan klik lagi ikon keyframe untuk membuat keyframe kedua.
  6. Sesuaikan Nilai Animasi: Perhatikan bahwa setelah membuat keyframe kedua, nilai properti animasi (misalnya posisi) akan berubah menjadi bisa diedit. Anda bisa mengatur nilai ini untuk menentukan bagaimana elemen tersebut akan terlihat pada keyframe kedua.
  7. Tambahkan Keyframe Lebih Banyak (Opsional): Anda dapat menambahkan lebih banyak keyframe untuk membuat animasi yang lebih kompleks. ยิ่งมาก (semakin banyak – more) keyframe yang Anda tambahkan, semakin halus dan detail animasi yang dihasilkan.
  8. Pratinjau dan Sesuaikan: Putar video Anda untuk melihat pratinjau animasi yang telah Anda buat. Anda dapat menyesuaikan posisi keyframe atau nilai properti animasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan takut untuk bereksperimen!

Tips dan Trik Pro untuk Editing Keyframe

Editing keyframe dengan baik bisa membuat video Anda terlihat lebih profesional dan halus. Mari kita bahas beberapa tips dan trik untuk membantu Anda menguasainya:

  • Menguasai Kecepatan (Ease) Keyframe: Ini mungkin tip terpenting. Secara default, keyframe akan berpindah secara linear (linear) antar titik, yang terkadang bisa terlihat kaku. Gunakan opsi “Ease In” dan “Ease Out” untuk membuat animasi bergerak lebih natural, percepatan di awal dan perlambatan di akhir gerakan. Beberapa program editing menawarkan kontrol lebih lanjut dengan kurva kecepatan yang bisa Anda sesuaikan sendiri.
  • Pahami Interpolasi: Interpolasi menentukan bagaimana nilai di antara keyframe berubah. Ada dua tipe utama: Temporal (Waktu) dan Spatial (Spasial). Temporal mempengaruhi kecepatan perubahan sepanjang waktu, sedangkan Spatial mempengaruhi bagaimana objek bergerak di layar. Pelajari opsi interpolasi yang ditawarkan program editing Anda untuk mendapatkan kontrol terbaik atas animasi Anda.
  • Gunakan Keyframe Velocity: Fitur ini memungkinkan Anda mengatur kecepatan perubahan antara keyframe. Ini berguna untuk membuat gerakan yang lebih realistis dan tidak terkesan mekanis. Misalnya, Anda dapat mempercepat gerakan di tengah untuk menciptakan kesan hentakan atau memperlambat gerakan untuk penekanan.
  • Manfaatkan Tampilan Clip Keyframe: Beberapa program editing memungkinkan Anda untuk melihat semua keyframe yang terkait dengan klip tertentu. Ini berguna untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang animasi klip dan membuat perubahan yang lebih mudah.
  • Atur Pintasan Keyboard: Banyak program editing menawarkan pintasan keyboard untuk menambah dan menghapus keyframe. Pelajari dan gunakan pintasan ini untuk mempercepat alur kerja Anda.
  • Pelajari Kurva Keyframe Manual: Untuk kontrol paling detail, beberapa program editing memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kurva keyframe secara manual. Ini berguna untuk membuat gerakan yang sangat spesifik dan tidak dapat dicapai dengan preset “Ease”.
  • Gunakan Layer untuk Klip yang Dipin:** Terkadang, keyframe untuk klip yang dipin ke trek lain disembunyikan di luar tampilan timeline. Untuk mengatasinya, batalkan pin klip tersebut sementara sehingga Anda dapat melihat dan mengedit keyframe dengan mudah.
  • Animasikan Banyak Properti: Jangan hanya terpaku pada satu properti saja! Anda dapat membuat animasi yang lebih kompleks dengan menerapkan keyframe ke beberapa properti secara bersamaan, seperti posisi, skala, dan rotasi. Ini bisa membuat objek bergerak dengan cara yang lebih realistis.
  • Pelajari dari Tutorial: Banyak sekali tutorial online yang bisa mengajarkan Anda teknik keyframe yang lebih canggih. Cari tutorial yang relevan dengan program editing yang Anda gunakan.

Dengan berlatih dan menggunakan tips ini, Anda dapat mengedit keyframe dengan tingkat keahlian yang lebih tinggi dan membuat video yang memukau!

Tips dan Trik Pro untuk Editing Keyframe

Level Up Editing: Menghidupkan Elemen dengan Keyframe Overlay

Setelah memahami dasar-dasar keyframe, kini saatnya melangkah lebih jauh! 

CapCut memungkinkan Anda untuk menggunakan keyframe tidak hanya pada video itu sendiri, tetapi juga pada elemen overlay yang Anda tambahkan, seperti teks, stiker, dan gambar. Ini membuka segudang kreativitas baru untuk membuat video Anda semakin atraktif.

Membuat Teks Bergerak dengan Keyframe

Bayangkan judul video Anda yang tadinya statis, kini bisa bergerak dinamis dengan efek zoom atau fly-in yang memikat. Dengan keyframe overlay, semua itu bisa menjadi kenyataan!

  1. Tambahkan Teks: Klik ikon “+” dan pilih “Teks” untuk menambahkan teks ke project Anda. Ketik teks yang Anda inginkan dan sesuaikan font, ukuran, dan warnanya.
  2. Aktifkan Keyframe Overlay: Klik pada teks sekali lagi untuk memilihnya. Perhatikan panel editing di sebelah kanan. Selain menu “Dasar” untuk video, Anda akan menemukan menu “Teks” khusus untuk mengatur properti teks. Aktifkan keyframe pada properti yang ingin dianimasikan, seperti Posisi, Skala, atau Rotasi.
  3. Atur Keyframe dan Animasi: Ikuti langkah-langkah serupa seperti yang dijelaskan sebelumnya pada bagian “Menguasai Seni Keyframe di CapCut”. Atur posisi keyframe di timeline dan sesuaikan nilai properti untuk membuat teks bergerak sesuai keinginan Anda.

Contoh Keren: Buat judul video Anda melayang masuk dari kiri layar dengan efek zoom dramatis. Tambahkan keyframe pertama di awal timeline dengan posisi teks di luar layar.

Kemudian, buat keyframe kedua beberapa detik kemudian dengan posisi teks berada di tengah layar dan ukuran yang lebih besar. Voila! Judul video Anda pun tampil memukau.

Animasi Stiker dan Gambar dengan Keyframe

Sama seperti teks, Anda juga bisa menggunakan keyframe untuk menghidupkan stiker dan gambar yang Anda tambahkan ke video.

Buat stiker atau gambar Anda bergerak, berubah ukuran, atau bahkan berputar dengan efek yang unik.

  1. Tambahkan Stiker atau Gambar: Klik ikon “+” dan pilih “Stiker” atau “Gambar” untuk menambahkan elemen yang Anda inginkan. Sesuaikan posisi dan ukurannya.
  2. Aktifkan Keyframe Overlay: Klik pada stiker atau gambar untuk memilihnya. Perhatikan panel editing di sebelah kanan. Anda akan menemukan menu “Transformasi” yang berisi properti yang bisa dianimasikan dengan keyframe.
  3. Atur Keyframe dan Animasi: Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya untuk membuat keyframe dan mengatur animasi pada elemen overlay. Anda bisa membuat stiker atau gambar Anda berpindah tempat, muncul dan menghilang secara bertahap, atau bahkan berputar mengikuti objek tertentu di dalam video.

Kiat Pro: Kombinasikan animasi keyframe pada elemen overlay yang berbeda untuk menciptakan efek yang lebih dinamis dan menarik perhatian penonton.

Misalnya, Anda bisa membuat judul video bergerak masuk sementara di saat yang sama, stiker muncul dari bawah layar dengan efek bounce yang lucu.

Keyframe dan Green Screen: Keajaiban Editing Tanpa Batas

Ingin membuat video dengan efek green screen yang profesional? Keyframe bisa menjadi senjata rahasia Anda!

Dengan mengkombinasikan green screen dan keyframe, Anda bisa membuat elemen overlay Anda bergerak secara realistis mengikuti gerakan objek di dalam video background.

  1. Impor Video Green Screen: Impor video green screen Anda ke dalam project CapCut.
  2. Tambahkan Elemen Overlay: Tambahkan elemen yang ingin Anda tampilkan di depan background green screen, seperti gambar atau video lain.
  3. Edit Green Screen: Klik pada video green screen dan pilih menu “Chroma Key” di panel editing. Pilih warna green screen yang ingin dihilangkan.
  4. Aktifkan Keyframe Overlay pada Elemen: Aktifkan keyframe pada properti animasi yang Anda inginkan pada elemen overlay, seperti Posisi, Skala, atau Rotasi.
  5. Sesuaikan Keyframe dengan Gerakan Objek: Amati video green screen dan buat keyframe pada elemen overlay sesuai dengan gerakan objek di dalam background. Misalnya, jika objek di background sedang berjalan ke kanan, maka atur keyframe pada elemen overlay untuk bergerak mengikuti arah yang sama.

Dengan sedikit ketelitian dan kreativitas, Anda bisa menciptakan video dengan efek green screen yang seamless dan memukau berkat bantuan keyframe.

Jangan Takut Bereksperimen: Pelajaran Berharga dari Dunia Keyframe

Menguasai editing dengan keyframe memang membutuhkan latihan dan eksplorasi.

Namun, percayalah, usaha Anda akan terbayar dengan video yang terlihat profesional dan standout.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ingat:

Trial and Error adalah Kawan:

Jangan takut untuk mencoba berbagai kombinasi keyframe dan bereksperimen dengan efek animasi yang berbeda.

CapCut memungkinkan Anda untuk dengan mudah membatalkan perubahan dan mencoba lagi. Semakin Anda berlatih, semakin terampil Anda dalam menciptakan animasi yang memukau.

Pelajari dari Yang Terbaik:

Cari inspirasi dari video editor profesional yang gemar menggunakan keyframe. Amati bagaimana mereka menggunakan teknik ini untuk membuat video yang menarik.

Banyak sekali tutorial dan contoh editing keyframe yang tersedia di platform online seperti YouTube.

Mulai dari yang Sederhana:

Jika Anda baru mengenal keyframe, jangan langsung mencoba membuat animasi yang terlalu kompleks.

Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, seperti membuat teks bergerak atau stiker muncul dan menghilang. Setelah Anda merasa nyaman, barulah tingkatkan level editing Anda.

Perhatikan Detail:

Editing dengan keyframe membutuhkan ketelitian. Pastikan transisi animasi Anda halus dan natural.

Jangan biarkan elemen bergerak dengan cara yang janggal atau tiba-tiba muncul dan menghilang. Perhatikan detail kecil untuk menghasilkan video yang terlihat profesional.

Bersantai dan Bersenang-senang! Editing video seharusnya menyenangkan. Jangan terpaku pada kesempurnaan. Nikmati prosesnya, bereksperimen dengan kreativitas Anda, dan lihat keajaiban apa yang bisa Anda ciptakan dengan keyframe di CapCut.

1. Apakah semua versi CapCut (Android, iOS, PC) mendukung editing keyframe?

Ya, semua versi CapCut, baik di Android, iOS, maupun PC, mendukung editing keyframe. Caranya pun serupa di semua perangkat.

2. Selain properti dasar seperti Posisi dan Skala, properti apa saja yang bisa dianimasikan dengan keyframe?

CapCut menawarkan berbagai properti yang bisa dianimasikan dengan keyframe, di antaranya Opasitas (tingkat transparansi), Rotasi, Anchor Point, dan efek Burn & Dodge (untuk mengatur kecerahan dan kegelapan).

3. Bisakah saya menggunakan keyframe untuk mengedit audio di CapCut?

Sayangnya, saat ini CapCut belum mendukung editing keyframe untuk audio. Namun, Anda tetap bisa menggunakan berbagai fitur editing audio dasar yang tersedia di CapCut.

4. Apakah ada batasan jumlah keyframe yang bisa saya tambahkan dalam satu project?

Secara teknis, tidak ada batasan jumlah keyframe yang bisa Anda tambahkan. Namun, semakin banyak keyframe yang digunakan, file project Anda bisa menjadi semakin besar dan memakan ruang penyimpanan. Sebaiknya gunakan keyframe secukupnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Bolehkah saya menyimpan preset animasi yang sudah saya buat dengan keyframe?

Sayangnya, CapCut belum memiliki fitur untuk menyimpan preset animasi secara langsung. Namun, Anda bisa menduplikat bagian video yang sudah dianimasi dengan keyframe dan menggunakannya sebagai template untuk project lain.

circle

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like