Buku bisnis online memberikan wawasan yang dibutuhkan pengusaha dan pemilik usaha kecil untuk membuat keputusan yang tepat, tetap mengikuti tren industri, merencanakan masa depan, dan mengembangkan bisnis mereka.
Buku-buku ini juga memungkinkan orang lain untuk dengan cepat menemukan ide, strategi, dan pengetahuan baru dari para ahli lain di bidangnya.
Membaca buku bisnis online adalah cara yang bagus bagi setiap pemilik bisnis atau calon wirausahawan untuk mendapatkan wawasan tentang dunia bisnis yang terus berubah.
Dengan begitu banyak yang tersedia di ujung jari Anda, mengapa tidak memanfaatkan kekayaan pengetahuan yang terkandung di dalamnya? Berikut daftar beberapa buku bisnis online terbaik yang menawarkan inspirasi kreatif dan saran praktis.
Buku Ogilvy on Advertising adalah buku klasik yang ditulis oleh eksekutif periklanan terkenal, David Ogilvy. Dimana anda akan mendapatkan wawasan kepada para pembaca mengenai dunia periklanan dan pemasaran modern, dan dilengkapi dengan kiat-kiat dalam membuat pesan yang sempurna untuk calon pelanggan.
Buku ini bertujuan untuk membekali orang dengan pengetahuan untuk membuat iklan atau kampanye yang efektif dan menyoroti proses kreatif di balik beberapa inisiatif yang paling kuat sepanjang masa.
Di dalam halaman-halamannya, Ogilvy menjelaskan bagaimana menciptakan judul yang kuat, meminimalkan salinan, memilih visual yang menarik perhatian, memanfaatkan strategi berbasis psikologi, dan meneliti target audiens adalah metode penting dalam memahami kampanye iklan yang sukses.
Dia juga menampilkan perjalanan kariernya sendiri yang meliputi pengembangan iklan terkenal seperti ‘The Man in The Hathaway Shirt’ untuk kemeja Hathaway dan ‘Drivers Wanted’ untuk Volkswagen.
Sebagai karya klasik yang tak lekang oleh waktu tentang model branding dan pemasaran, Buku Ogilvy on Advertising telah dipuji oleh banyak profesional dari berbagai industri seperti bisnis, komunikasi, desain, dan konsultasi.
Pengaruhnya dapat ditemukan di sebagian besar periklanan modern saat ini – dibuktikan dengan penyebutan dalam publikasi lain seperti daftar ‘100 Kampanye Iklan Terbaik Sepanjang Masa’ dari majalah Advertising Age yang berisi beberapa contoh yang dibahas oleh Ogilvy dalam karyanya, termasuk kampanye ‘Kami Berusaha Lebih Keras’ dari Avis Rent-a-Car yang sangat sukses yang diluncurkan pada tahun 1962.
Ditujukan bagi para pemasar pemula maupun profesional berpengalaman, Buku Ogilvy in Advertising berfungsi sebagai panduan luar biasa untuk membantu membangun rencana identitas merek yang efektif yang tetap berdampak selama beberapa dekade terlepas dari perkembangan teknologi atau perubahan tren konsumen.
Buku Purple Cow oleh Seth Godin adalah buku yang mengeksplorasi ide untuk membuat diri Anda, produk, dan layanan menonjol dari persaingan.
Penulis menguraikan mengapa penting untuk membedakan apa yang dijual agar bisa sukses di pasar modern yang kompetitif.
Dia juga menjelaskan bagaimana menciptakan sesuatu yang luar biasa – atau setidaknya layak untuk diperhatikan – sehingga dapat menarik perhatian.
Premis dari buku ini adalah bahwa, di dunia saat ini, kreativitas diperlukan untuk kesuksesan yang berkelanjutan.
Buku ini berargumen bahwa untuk mendapatkan perhatian dan mempertahankan visibilitas, bisnis perlu mencari cara agar mereka dapat menonjol dari para pesaing. Jika tidak, mereka berisiko menjadi tidak terlihat, seperti sapi ungu di antara sapi-sapi lain yang merumput bersama dalam lanskap yang tidak menarik.
Godin membawa pembaca melalui latihan dan contoh-contoh situasi di mana kreativitas membantu bisnis berkembang karena betapa luar biasanya sebuah produk-entah itu strategi pemasaran atau desain produk yang inovatif-dan memberikan panduan bagaimana setiap orang dapat mengadopsi pendekatan ini untuk bisnis, merek, atau produk mereka sendiri.
Buku Purple Cow menekankan pentingnya keaslian dan juga orisinalitas, branding yang unik harus berasal dari apa yang membuat Anda benar-benar berbeda, bukannya meniru ide dan kesuksesan perusahaan lain.
Godin mendorong para pembaca untuk mengambil risiko, namun juga mempertimbangkan semua dampak yang mungkin terjadi sebelum memutuskan di mana risiko tersebut paling bermanfaat.
Bersama dengan wawasan yang menginspirasi tentang peran kreativitas dalam kesuksesan bisnis, Buku Purple Cow memberikan saran yang berguna untuk menciptakan (atau bahkan hanya mengenali) ide-ide terobosan yang dapat membantu mengatur ulang tren populer dan menginspirasi perubahan positif di pasar lama dan baru.
Buku Grit karya Angela Duckworth mengeksplorasi gagasan bahwa kesuksesan dalam hidup dan pekerjaan bergantung pada semangat dan ketekunan, bukan pada bakat atau kecerdasan.
Melalui wawancara dengan orang-orang sukses di berbagai bidang, Duckworth meneliti apa yang membuat seseorang bertahan pada tujuan mereka meskipun mengalami kesulitan, kesulitan, kegagalan, dan kemunduran. Buku ini menyoroti kisah-kisah ketekunan yang menginspirasi dan memotivasi.
Grit lebih dari sekadar manifesto tentang kekuatan kerja keras. Buku ini membahas tentang “grit”: apa artinya memiliki komitmen yang mendalam terhadap tujuan, bagaimana semangat bersembunyi tetapi muncul kembali melalui usaha, bagaimana kehidupan sosial kita memengaruhi kita, dan bagaimana ketangguhan berkembang untuk membantu mengatasi kesulitan.
Duckworth berpendapat bahwa ketabahan jauh lebih kuat daripada bakat atau kecerdasan dalam memprediksi hasil positif dari perjalanan hidup.
Ia juga berteori bahwa berbagai komponen seperti keingintahuan dan dedikasi diperlukan untuk mempertahankan kesuksesan jangka panjang.
Selain itu, pengaruh budaya-seperti gaya pengasuhan anak-memainkan faktor penting dalam ketangguhan mental seseorang yang dikembangkan dari waktu ke waktu dengan belajar dari pengalaman dan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana
Dalam bukunya, Angela menerapkan temuan penelitiannya dari studi psikologi, inisiatif pendidikan, dan penelitian ilmu saraf tentang ketabahan.
Dia juga menyoroti para pahlawan seperti aktivis hak-hak sipil Pauli Murray – yang menunjukkan keteguhan hati mereka tidak hanya dalam kehidupan pribadi mereka, tetapi juga dalam kehidupan profesional mereka.
Sepanjang perjalanannya, ia menunjukkan kepada kita bagaimana ketabahan dapat dipupuk dalam diri kita sendiri sehingga pada akhirnya kita dapat mengatasi tantangan dan bukannya menyerah pada tantangan tersebut.
Pesan keseluruhan dari buku terlaris ini adalah bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi tangguh dengan berkomitmen penuh untuk mencapai sesuatu yang sangat mereka pedulikan.
Mengurangi stres sambil menyalurkan fokus adalah beberapa tips praktis yang disarankan dalam halaman-halamannya yang dapat membantu meningkatkan tingkat daya tahan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang sulit.
Grit karya Angela Duckworth mendorong pembaca untuk tidak hanya berpikir tangguh, tetapi juga bertindak – menekankan pada perjuangan hingga Anda mencapai keunggulan terlepas dari rintangan yang menghadang di sepanjang jala
Buku $100 Startup oleh Chris Guillebeau adalah buku yang diterbitkan pada tahun 2012 yang mengajarkan pembaca cara membangun bisnis dan menghasilkan uang dengan sumber daya yang sangat terbatas.
Buku ini menguraikan langkah-langkah tentang cara membangun bisnis kecil dan berhasil menjalankannya tanpa investasi, jaringan, atau koneksi yang besar.
Buku ini juga menyajikan kisah-kisah sukses dalam kehidupan nyata yang menunjukkan apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam dunia bisnis.
Buku ini memperkenalkan konsep ‘Sistem Operasi Wirausaha’ yang memungkinkan mereka menciptakan bisnis yang sukses dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai inti dan keyakinan mereka.
Buku $100 Startup berfokus pada pengajaran kepada para pembaca untuk memaksimalkan dana startup yang terbatas dengan tips-tips praktis, seperti mencari sumber daya yang gratis atau berbiaya rendah, memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan investasi yang minim, mempelajari cara menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik, serta cara meningkatkan bisnis secara bertahap dari waktu ke waktu.
Buku ini juga berisi kisah-kisah sukses yang menginspirasi yang diambil dari para pengusaha internet di seluruh dunia yang telah memulai bisnis mereka sendiri dengan batasan anggaran $100.
Terakhir, buku ini memberikan saran yang berguna untuk meluncurkan produk secara efektif, memposisikannya dengan baik di pasar, dan mengetahui kapan waktunya untuk meninggalkan produk yang tidak cukup berharga bagi pelanggan.
Secara keseluruhan, buku ini merupakan buku panduan yang bagus untuk para wirausahawan yang ingin memvalidasi ide mereka dan meluncurkan bisnis yang sukses tanpa menguras isi dompet sambil tetap mempertahankan kepemilikan visi mereka.
Jab, Jab, Jab, Right Hook adalah sebuah buku yang ditulis oleh Gary Vaynerchuk yang berfokus pada pentingnya bercerita dan terhubung dengan orang-orang secara online untuk meraih kesuksesan di media digital.
Dengan mengambil strategi pemasaran dari gaya tinju, di mana pukulan yang lebih keras atau ‘hook kanan’ yang strategis muncul di akhir pertukaran jab atau pukulan yang lebih ringan, buku Vaynerchuk berbicara tentang cara membuat kampanye media sosial yang sukses yang dibangun dari waktu ke waktu.
Vaynerchuk menekankan pentingnya perencanaan ke depan dan membangun hubungan dengan calon pelanggan – mengambil beberapa momen untuk berbicara dengan mereka dan bercerita sebelum tiba waktunya untuk ‘hook yang tepat’ yang meminta orang untuk melakukan tindakan moneter.
Lebih lanjut ia menjelaskan bagaimana jejaring sosial saat ini digunakan secara berbeda dari saat pertama kali dimulai; mendorong individu untuk mempertimbangkan bagaimana platform mengubah dan mengatur konten untuk pengguna.
Vaynerchuk juga berbicara tentang eksperimen sebagai salah satu bagian dari keberhasilan memanfaatkan platform baru ini – ini termasuk mencoba berbagai jenis konten seperti video, gambar, dan elemen visual – untuk melihat mana yang paling cocok untuk setiap jenis konsumen atau bisnis.
Buku ini menganjurkan untuk bersenang-senang dengan pembuatan konten sambil menyadari bahwa sebagian besar platform menawarkan analisis yang digunakan untuk memahami dengan baik apa yang berhasil dan apa yang tidak.
Terakhir, Vaynechuck berbicara tentang penggunaan teknik bercerita dalam konten seperti menenun sejarah dan budaya perusahaan di seluruh postingan teks sehingga pengguna menjadi tertarik dengan cerita tersebut, memberikan informasi yang relevan secara kontekstual kepada pelanggan yang membawa lebih banyak orang ke pintu mereka.
Pesan utama dalam bukunya sederhana: gunakan kreativitas, berpikir jangka panjang, pahami kebutuhan audiens, dan ikuti tren – tetap fokus pada pesan Anda sendiri alih-alih teralihkan oleh pesan orang lain saat membuat kampanye yang efektif melalui outlet media digital.
Memimpin dengan Cerita: Panduan Membuat Narasi Bisnis yang Memikat, Meyakinkan, dan Menginspirasi oleh Paul Smith merupakan sumber yang sangat berharga bagi para pemimpin dan anggota tim yang berusaha keras untuk membuat cerita yang menarik agar dapat bermanfaat bagi bisnis mereka.
Buku ini mengajarkan para pembaca cara mengembangkan perangkat bercerita yang efektif dan menggunakan narasi dalam segala hal, mulai dari percakapan sehari-hari dengan kolega hingga presentasi tingkat tinggi di rapat eksekutif.
Buku ini menguraikan strategi untuk membangun cerita bisnis yang kuat dengan menggunakan contoh-contoh kehidupan nyata, menawarkan wawasan tentang psikologi bercerita dan dampak signifikan yang ditimbulkannya terhadap reaksi audiens.
Dengan menggabungkan prinsip-prinsip struktur naratif dengan saran untuk berhubungan secara emosional dengan pendengar, Lead with a Story menciptakan pendekatan yang komprehensif untuk mengubah komunikasi bisnis dan tindakan yang menginspirasi.
Buku ini juga menyediakan template dan panduan untuk menyusun cerita yang menarik dengan cepat yang mencerminkan nilai-nilai perusahaan.
Bagi setiap profesional yang ingin menjadi pembicara atau pemimpin yang lebih pandai berbicara, Lead with a Story adalah panduan yang sangat diperlukan untuk menyusun pesan-pesan kuat yang beresonansi jauh melampaui diskusi biasa – membantu mereka mencapai hasil yang langgeng, baik di dalam maupun di luar tempat kerja.
Buku Zero to One, yang ditulis oleh pengusaha dan pemodal ventura Peter Thiel, merupakan sebuah eksplorasi tentang perusahaan rintisan, teknologi, dan inovasi.
Melalui wawasan singkat dan pengetahuan mendalam, Peter Thiel memberikan saran yang dapat ditindaklanjuti kepada para pembaca dan menjabarkan visi yang menginspirasi untuk masa depan usaha baru.
Premis dari buku ini sederhana: bisnis tidak hanya perlu ada atau sekadar bertahan hidup; sebaliknya, mereka harus bertujuan untuk benar-benar menciptakan sesuatu yang baru.
Hal ini berarti bahwa perusahaan rintisan harus fokus untuk menjadi berbeda dari kompetitor mereka dengan “pergi dari nol ke satu” daripada bersaing atau meniru apa yang telah dilakukan.
Peter Thiel juga mengusulkan agar calon wirausahawan mempertimbangkan untuk berinvestasi di pasar dengan kompetitor yang sedikit dan potensi keuntungan yang besar daripada pasar yang penuh sesak sehingga sulit untuk menonjol.
Namun, pemilik bisnis juga harus menyadari bahwa bahkan posisi monopoli di dalam pasar tidak menjamin kesuksesan tanpa inovasi yang tepat, penilaian risiko, keterampilan pengambilan keputusan, dan sebagainya, sehingga mereka yang tidak ingin melakukannya mungkin ingin mempertimbangkan opsi lain.
Selain itu, Buku Zero to One juga membahas lebih dalam tentang topik-topik penting seperti mengelola inovasi teknologi dan menciptakan keunggulan kompetitif secara budaya.
Sambil mendekati elemen-elemen strategis dalam memulai bisnis secara objektif, buku ini juga menginspirasi para pembaca dengan sikapnya yang mendorong kewirausahaan itu sendiri. Sembari membangun argumen untuk jalan menuju kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi, Peter Thiel berharap orang lain menemukan keberanian dan motivasi yang dibutuhkan untuk mengejar impian startup mereka.
Steve Blank’s Entrepreneur Owner Manual, yang juga dikenal sebagai STEP, adalah panduan yang berfokus pada cara membangun dan mengembangkan perusahaan rintisan yang sukses.
Melalui buku panduan yang komprehensif namun sederhana ini, para calon dan pengusaha yang sudah ada dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang proses kewirausahaan.
Buku ini memberikan saran praktis bagi para pendiri, anggota tim, dan investor mulai dari tahap awal startup mereka.
Topik-topik utama yang dibahas dalam buku panduan Steve meliputi: penemuan pelanggan, kanvas model bisnis, presentasi & negosiasi dengan investor, perjanjian operasi dasar & dokumen penggalangan dana.
Selain itu, buku ini juga memandu para wirausahawan dalam menangani masalah administrasi hukum seperti hak cipta, taksonomi, dan branding.
Secara khusus, buku ini menjelaskan cara mengelola pajak, mengumpulkan dana, menyusun organisasi, dan mengajukan proposal atau aplikasi, dan memberikan informasi penting tentang penataan investasi modal ke dalam perusahaan serta strategi keluar bagi investor ketika sebuah startup jatuh tempo atau gagal mencapai tujuannya.
Untuk memastikan bahwa seorang calon wirausahawan memiliki pengetahuan yang diperlukan sebelum mengambil beberapa langkah besar dalam dunia bisnis yang berkaitan dengan startup, buku panduan Steve Blank membahas berbagai aspek dari siklus hidup startup seperti kecocokan solusi masalah (menemukan pelanggan), kecocokan produk-pasar (memastikan kebutuhan pelanggan sesuai dengan produk) desain organisasi (penyelarasan antara tim dan pengembangan produk) pembangunan tim (memilih kandidat yang ideal untuk tim yang efisien).
Terakhir, dengan memanfaatkan pelajaran yang didapat dari para wirausahawan berpengalaman yang dikombinasikan dengan sumber daya dari platform Startup Toolkit seperti Y Combinator, 500 Startups dan Techstars, buku panduan ini secara khusus berfokus pada penawaran bimbingan yang memberikan panduan di berbagai bidang seperti pengembangan strategi, proses pitching, dan penjualan produk.
The Lean Startup Book oleh Eric Ries adalah panduan bisnis yang komprehensif untuk mengembangkan dan meluncurkan bisnis yang sukses di abad ke-21.
Ries berpendapat bahwa metode kewirausahaan tradisional tidak lagi cukup untuk memastikan kesuksesan bisnis, dan memberikan pendekatan inovatif untuk membuka pertumbuhan dan profitabilitas bagi perusahaan rintisan.
Ries menyoroti bagaimana perusahaan rintisan dapat menggunakan eksperimen siklus cepat, memecah risiko menjadi tingkat yang dapat dikelola, mengukur kemajuan terhadap tujuan, menyesuaikan arah dengan cepat dan efisien, memanfaatkan data, dan membangun lingkaran umpan balik pelanggan untuk mengembangkan produk, layanan, dan strategi yang mengarah pada hasil bisnis yang sukses.
Buku ini memandu pembaca melalui pendekatan langkah demi langkah untuk mengembangkan, menguji, dan menerapkan ide-ide baru tanpa membuang-buang sumber daya yang berharga atau terlalu memikirkan prosesnya.
Dengan berfokus pada “mengukur kemajuan” alih-alih mengikuti rencana yang telah ditetapkan sebelumnya, para wirausahawan dapat mengidentifikasi apa yang paling berhasil dengan pelanggan atau di pasar sebelum menerapkannya secara penuh.
Hal ini mendorong pengulangan berulang pada pendekatan yang ada hingga mencapai tingkat kinerja yang optimal sambil membantu perusahaan menghindari kesalahan yang merugikan seperti anggaran pemasaran yang berlebihan atau investasi lain yang tenggelam dalam inisiatif yang tidak membuahkan hasil.
Lean Start-up telah menjadi salah satu buku panduan terbaik bagi para inovator yang perlu memastikan sumber daya mereka digunakan untuk proyek-proyek yang efektif dan memiliki dampak yang nyata.
Melalui kisah-kisah inspiratif dari berbagai industri (perusahaan rintisan dan juga perusahaan yang sudah mapan), buku ini menjadi sumber daya yang sangat berharga bagi para wirausahawan pemula yang mencari wawasan untuk mencapai kesuksesan tanpa mengorbankan kualitas atau efisiensi.
The 4-Hour Work Week oleh Tim Ferriss adalah buku terlaris yang memberikan saran praktis tentang cara mengoptimalkan hidup Anda, memaksimalkan produktivitas, dan membangun lebih banyak kekayaan dengan lebih sedikit usaha.
Dalam buku ini, Ferriss menguraikan sistem otomatisasi langkah demi langkah, meningkatkan daya ungkit, dan meminimalkan waktu yang terbuang.
Dia menjelaskan teknik-teknik seperti menetapkan satu jam setiap hari untuk fokus pada tugas utama dan belajar menumbuhkan kebiasaan yang tepat untuk mengalami tingkat kesuksesan yang ekstrem.
Ferriss menekankan pentingnya menghilangkan gangguan untuk menjadi produktif dan efektif di tempat kerja.
Dia menyarankan untuk mendelegasikan tugas-tugas spesifik dan dilengkapi dengan hasil yang diharapkan agar tetap berada di jalur yang benar dan mencapai tujuan dengan lebih cepat.
Selain itu, dia mendorong penggunaan alat otomatisasi seperti sistem pilot otomatis, mengalihdayakan tugas-tugas tertentu, dan bekerja secara fleksibel di sekitar proyek atau kampanye tertentu untuk memanfaatkan waktu dengan lebih baik.
4 Jam Kerja dalam Seminggu juga mendorong olahraga untuk meningkatkan tingkat konsentrasi selain manfaat kesehatan fisik.
Ferriss merekomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas yang tidak penting dan memilih untuk melakukan rekreasi bersama teman atau keluarga jika memungkinkan.
Dia memberikan strategi cerdas untuk mengelola kotak masuk email sehingga hanya pesan-pesan yang paling penting yang belum dibaca daripada memilah-milah semua email satu per satu selama berjam-jam setiap hari.
Pada akhirnya, The 4-Hour Work Week diambil dari penelitian para pemimpin dalam produktivitas serta referensi dari pengalaman pribadi sebelum penerbitannya di tahun 2007 yang masih berlaku hingga sekarang setelah lebih dari sepuluh tahun.
Buku ini merupakan sumber yang tak ternilai bagi para wirausahawan yang ingin meningkatkan usaha bisnis mereka secara efisien dan mencapai tujuan akhir mereka dengan lebih cepat tanpa mengorbankan hasil yang berkualitas atau mengorbankan hubungan pribadi yang berharga di sepanjang jalan.
Ogilvy on Advertising
Purple Cow
Grit
The $100 Startup
Jab, Jab, Jab, Right Hook
Lead With a Story
Zero to One
Startup Owner Manual
The Lean Startup
The 4 Hour Work Week
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.