6 Panduan Utama Cara Bisnis Online Secara Efektif

Ketahui memulai cara bisnis online yang efektif bagi pemula untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memulai bisnis online telah menjadi gaya baru bagi pelaku usaha pemula yang hendak memulai usahanya.

Hal ini dilakukan mengingat kemudahan dalam menjangkau target konsumen yang diinginkan secara luas berkat promosi yang dilakukan.

Sehingga meskipun usaha anda dikerjakan dari rumah sekalipun, namun anda akan mendapatkan konsumen dari berbagai tempat yang tertarik pada produk yang ditawarkan.

Keuntungan ini menjadikan banyak pelaku usaha berbondong-bondong memulai bisnis online untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sayangnya, belum semua pelaku usaha mengetahui cara bisnis online yang tepat sehingga akan menemukan berbagai kendala untuk pertama kali.

Karenanya berikut beberapa cara memulai bisnis online yang efektif bagi pemula dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

mulai cara bisnis online dengan mengetahui masalah yang sering dihadapi banyak orang

Ketahui Masalah yang Sering Dihadapi Banyak Orang

Salah satu alasan mengapa banyak bisnis online bisa sukses dan bertahan dalam waktu lama adalah kemampuan dalam menjawab berbagai masalah yang dihadapi konsumen dengan lebih mudah.

Contohnya saja adalah usaha kue rumahan online yang digemari banyak orang karena bisa memesan dari jauh-jauh hari melalui layanan komunikasi, sehingga konsumen bisa memesan dari rumah sehingga tidak memakan banyak waktu.

Hal ini juga terjadi di berbagai bisnis online lainnya yang telah memiliki jumlah konsumen yang semakin bertambah berkat memberikan solusi dari masalah yang dihadapi target pembeli.

Karenanya agar bisnis online yang akan dijalani bisa bertahan lebih lama, maka penting bagi anda untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh konsumen dan belum diselesaikan oleh kompetitor lain.

Anda bisa melakukan mencari masalah yang dihadapi konsumen dengan melakukan analisa dengan menjadi salah satu target konsumennya atau memperbanyak relasi dengan target konsumen yang dituju.

Cara ini dinilai ampuh untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh konsumen dan memberikan solusi melalui produk dan layanan yang sesuai.

lakukan riset secara mendalam

Lakukan Riset Secara Mendalam

Dalam proses menjual produk dan layanan ke konsumen, seorang pelaku usaha tidak serta merta menjual barangnya ke hadapan calon pembeli.

Namun diperlukan juga analisa secara mendalam mengenai kebiasaan dan minat pembeli serta tingkat persaingan dengan kompetitor lainnya.

Cara ini dilakukan agar bisnis online anda dapat bertahan lama di tengah gempuran kompetitor lain yang memiliki usaha yang sama.

Karenanya berikut beberapa analisa yang bisa dilakukan untuk mengetahui minat pasar serta kompetitor yang dimiliki.

1. Analisa Target Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan setelah mengetahui masalah dan solusi yang sesuai dengan target konsumen adalah melakukan analisa target pasar.

Cara ini dilakukan untuk memahami apakah produk dan layanan yang diluncurkan nantinya dapat diterima oleh pasar dengan baik.

Analisis target pasar adalah proses mengevaluasi dan mengkategorikan pelanggan dengan kebutuhan, keinginan, atau karakteristik yang sama untuk lebih memahami kelompok mana yang paling mungkin membeli produk Anda.

Melalui analisis yang cermat, pemasar dapat membuat profil komprehensif dari audiens target mereka, termasuk data demografis seperti usia, jenis kelamin, lokasi, tingkat pendapatan, dan pilihan gaya hidup.

Menggunakan informasi ini sebagai panduan membantu bisnis menjangkau pembeli yang tepat melalui produk dan pesan pemasaran yang disesuaikan.

Untuk melakukan analisis target pasar, langkah pertama adalah menentukan pelanggan ideal Anda. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan siapa mereka, apa yang mereka butuhkan dari produk atau layanan Anda, bagaimana mereka akan mendapat manfaat darinya, dan mengapa mereka tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Setelah Anda mengidentifikasi pelanggan ideal Anda, identifikasi di mana minat mereka berada – ini bisa melalui penelitian seperti survei, wawancara, atau kelompok fokus – serta menganalisis riwayat penjualan atau data umpan balik pelanggan. Anda juga harus melihat faktor eksternal seperti berita industri atau tren ekonomi.

Di saat melakukan analisis pasar sasaran, ada baiknya untuk memeriksa perubahan lanskap yang lebih luas.

Misalnya, perkembangan teknologi yang dapat memengaruhi cara pelanggan membeli barang/jasa, perubahan populasi termasuk pola migrasi yang dapat mengubah kebiasaan belanja di antara kelompok-kelompok tertentu, modifikasi perilaku pelanggan karena penyesuaian, misalnya peristiwa yang mengubah hidup seperti memiliki anak; perubahan kebiasaan belanja, misalnya lebih memilih belanja online daripada gerai ritel tradisional, dll.

Data ini kemudian dapat digunakan untuk tujuan segmentasi yang akan membantu memahami siapa pembeli mereka saat ini dan memprediksi kemungkinan pembeli di masa depan, serta memungkinkan organisasi untuk memperbaiki praktik pemasaran mereka di masa mendatang & menghasilkan kampanye pemasaran ‘niche’ yang sesuai berdasarkan perbaikan yang diidentifikasi selama pekerjaan pembuatan profil yang dilakukan sebelumnya dalam proses tersebut.

2. Analisa Kompetitor

Setelah melakukan analisa target pasar secara runtut maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan analisa kompetitor.

Hal ini dilakukan mengingat anda memiliki berbagai pesaing yang telah memiliki konsumen yang lebih banyak di internet.

Sehingga anda perlu bersaing untuk mendapatkan hati konsumen dengan produk dan layanan yang dimiliki dan tidak ditemukan di kompetitor lain.

Analisis pesaing adalah proses mengidentifikasi, mengevaluasi dan memahami berbagai kekuatan dan kelemahan pesaing yang ada atau pesaing potensial dalam suatu industri.

Dengan kata lain, ini adalah penilaian lanskap persaingan yang membantu perusahaan mengidentifikasi pesaing mereka dan menyesuaikan strategi mereka.

Agar berhasil menganalisis pesaing, maka anda perlu membuat profil dari pesaing mereka. Itu termasuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang produk dan layanan pesaing, target pasar, strategi, kekuatan dan kelemahan.

Perusahaan bisa mendapatkan informasi ini dari sumber-sumber publik seperti situs web, siaran pers, blog perusahaan atau akun media sosial.

Selain itu, mereka mungkin perlu melakukan penelitian primer seperti survei dan wawancara dengan pelanggan atau calon pelanggan. Setelah mereka mengumpulkan informasi yang cukup tentang saingan mereka, mereka dapat mulai menilai seberapa efektif produk / layanan mereka sendiri dibandingkan dengan produk / layanan mereka dalam hal fitur / manfaat.

Dengan melakukan analisa pesaing, maka anda juga akan memperoleh wawasan tentang persaingan dapat memberikan pengetahuan yang tak ternilai tentang apa yang berhasil (dan tidak berhasil) dalam industri Anda.

Hal ini dapat digunakan untuk menginformasikan strategi pengembangan produk dengan membantu perusahaan mengantisipasi kebutuhan pelanggan sebelumnya sehingga mereka dapat mendahului rencana permainan saingan mereka sebelum terwujud menjadi kampanye atau produk yang lengkap.

pilih produk yang akan dijual ke pasaran

Pilih Produk yang Akan dijual Ke Pasaran

Saat melakukan analisa target pasar dan kompetitor, anda mungkin akan melakukan beberapa perubahan besar terhadap brand yang akan dikembangkan.

Salah satunya adalah perubahan produk yang akan ditawarkan ke konsumen setelah mengetahui masalah dan solusi yang sesuai dengan pembeli.

Penentuan produk ini juga termasuk barang yang ditawarkan, kemasan produk, serta harga yang akan diberikan ke pasaran, dan bahkan perubahan bahan baku agar harga yang diberikan semakin terjangkau sehingga tidak memberatkan pembeli.

Memilih produk untuk dijual ke pasar bisa jadi menantang tetapi juga menarik. Penting untuk meneliti tren dan strategi saat ini yang digunakan oleh bisnis yang sukses untuk memastikan Anda memiliki peluang sukses terbaik.

Mulailah dengan mengidentifikasi jenis produk apa yang diinginkan oleh audiens target, kemudian pertimbangkan hal-hal seperti biaya yang terlibat dalam pembuatan dan pendistribusian produk Anda, bersama dengan peraturan atau batasan hukum apa pun yang dapat mempersulit penjualan barang-barang tertentu.

Setelah Anda mengidentifikasi sekumpulan produk potensial, buatlah rencana bisnis terperinci yang menguraikan bagaimana setiap produk akan diproduksi, dikelola, dan dipasarkan. Lakukan riset pasar untuk menentukan harga serta memperkirakan permintaan.

Menganalisis umpan balik konsumen juga dapat membantu Anda mengidentifikasi perubahan yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti optimasi mesin pencari (SEO) dan teknik pemasaran digital seperti kampanye email dan iklan media sosial untuk mempromosikan produk Anda secara online.

Terakhir, luangkan waktu untuk memikirkan tujuan jangka panjang Anda untuk bisnis ini. Pertimbangkan profitabilitas akhir dari setiap lini produk yang ditawarkan dalam hal pengembalian investasi modal atau persentase tingkat pertumbuhan dari waktu ke waktu dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya di sektornya.

Meneliti tren konsumen dari sumber-sumber yang dapat diandalkan sangat penting dalam memilih produk yang sesuai dengan target pasar Anda sambil menunjukkan nilai uang yang baik.

tentukan alat pembayaran yang mudah diakses

Tentukan Alat Pembayaran yang Mudah Diakses

Saat melakukan bisnis online yang dikembangkan dari rumah, biasanya anda jarang bertatap muka secara langsung dengan pembeli.

Hal ini dikarenakan konsumen melakukan pembelian melalui aplikasi khusus atau social media dan kemudian penjual memproses permintaan tersebut dan mengirimkannya ke alamat yang telah ditentukan.

Sehingga akan sulit bagi anda untuk melakukan pembayaran secara tunai sehingga dibutuhkan metode pembayaran yang lebih efektif.

Metode pembayaran untuk bisnis online melibatkan prosedur dan sistem yang membantu memfasilitasi transaksi elektronik antara pembeli dan penjual.

Contohnya adalah pembayaran melalui dompet digital dimana konsumen akan mengirimkan sejumlah uang ke konsumen sesuai dengan ongkos kirim serta harga produk yang dijual.

Transaksi melalui dompet digital dinilai lebih efektif mengingat anda hanya perlu memasukkan nomor telepon tertentu, sehingga tidak menyertakan informasi pribadi lainnya.

Beberapa metode pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit biasanya diperbolehkan disaat konsumen memesan dalam jumlah banyak melalui aplikasi khusus.

Untuk menentukan metode pembayaran mana yang akan digunakan untuk bisnis online, penting untuk memikirkan siapa yang ingin Anda targetkan dalam hal basis pelanggan.

Misalnya jika Anda berencana menargetkan pelanggan dari berbagai daerah maka Anda mungkin perlu menawarkan beberapa opsi pembayaran untuk mengakomodasi pelanggan tersebut. Selain itu, pertimbangkan metode pembayaran mana yang memiliki biaya transaksi rendah dan menyediakan infrastruktur yang aman.

Penting juga untuk meneliti peraturan atau undang-undang yang berlaku untuk model bisnis Anda. Informasi ini dapat ditemukan di situs web pemerintah terkait atau melalui konsultan keuangan atau profesional hukum.

Selain itu, biasakan diri Anda dengan aplikasi pihak ketiga untuk menerima pembayaran (baik online maupun langsung). Terakhir, lihat apakah ada program loyalitas yang tersedia yang dapat menguntungkan Anda serta pelanggan.

Setelah Anda mengidentifikasi serangkaian opsi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, sekarang saatnya untuk melihat pengaturan metode pembayaran tersebut dengan mengintegrasikannya ke dalam sistem checkout Anda.

Secara keseluruhan, ketika menentukan metode pembayaran yang berlaku, penting untuk berpikir praktis tentang siapa basis pelanggan Anda sambil mempertahankan praktik keamanan yang baik di semua tahap proses pembayaran.

Meneliti peraturan hukum setempat dan platform pihak ketiga yang disebutkan di atas akan memungkinkan Anda lebih percaya diri saat memilih metode pembayaran yang sesuai yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

pilih jasa pengiriman yang terpercaya dan aman

Pilih Jasa Pengiriman yang Terpercaya dan Aman

Salah satu keuntungan dari memulai bisnis online adalah anda tidak perlu melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mengantarkan pesanan konsumen.

Akan tetapi, anda cukup menggunakan jasa pengiriman untuk mengantarkan produk anda ke konsumen yang dituju secara lebih mudah dan praktis.

Meskipun begitu, proses pemilihan jasa pengiriman ini perlu dilakukan secara teliti apalagi jika anda hendak mengirim jarak jauh seperti luar negeri dan daerah.

Langkah pertama dalam memilih jasa pengiriman adalah mengidentifikasi kebutuhan bisnis untuk memilih penyedia yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, waktu pengiriman, layanan pelanggan, kebijakan pengembalian barang, dan dampak lingkungan saat membuat keputusan.

Selanjutnya, bandingkan perusahaan pengiriman yang berbeda pada harga, layanan yang ditawarkan, dan ulasan pelanggan dari bisnis lain atau pelanggan yang telah menggunakan layanan mereka di masa lalu.

Periksa peringkat layanan pelanggan, tolok ukur keandalan, dan data kinerja pengiriman. Hal ini akan memberi Anda perasaan yang baik untuk penyedia mana yang mungkin paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Faktor penting lainnya adalah keselamatan dan keamanan; ini bisa termasuk menggunakan sistem pelacakan di mana paket dilacak sepanjang perjalanan mereka atau rencana asuransi untuk menutupi kehilangan atau kerusakan saat bepergian dengan penyedia layanan.

Selidiki apa saja yang termasuk di dalamnya seperti opsi pelacakan, opsi ketersediaan penjemputan/pengantaran, integrasi dengan sistem yang sudah ada (misalnya, manajemen inventaris) atau jatah berat paket sebelum mendaftar dengan perusahaan mana pun.

Terakhir, evaluasi setiap calon mitra secara teratur dengan memeriksa umpan balik pelanggan yang dikumpulkan melalui survei atau saluran media sosial seperti Twitter atau Facebook sehingga Anda dapat mengidentifikasi potensi masalah sebelumnya.

Pastikan juga Anda mengikuti semua aturan dan peraturan setempat mengenai penanganan paket, persyaratan label, dll, sehingga pengiriman tidak tertunda secara tidak perlu karena kesalahan yang dibuat selama proses pengiriman.

Dengan melakukan penelitian yang tepat sebelum melibatkan penyedia layanan pengiriman akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang – membantu bisnis mencapai tujuan pertumbuhan melalui peningkatan tingkat kepuasan pelanggan dan mengurangi biaya yang terkait dengan barang yang rusak saat transit.

promosi di social media

Promosi di Social Media

Bagian paling penting dalam melakukan bisnis online adalah menyusun strategi pemasaran secara online melalui social media atau internet.

Penyusunan ini dilakukan agar produk yang dimiliki dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas meskipun anda dan pembeli berada di domisili yang berbeda.

Karenanya berikut beberapa strategi promosi social media yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk yang dimiliki.

1. Optimalkan Situs Web Anda untuk Mesin Pencari (SEO)

Salah satu cara paling efektif untuk membuat bisnis Anda terlihat secara online adalah melalui optimasi mesin pencari (SEO).

Promosi SEO adalah teknik meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP), dengan tujuan meningkatkan lalu lintas ke situs web. Ini melibatkan pengoptimalan konten, struktur dan tata letak situs web, serta memilih kata kunci dan frasa yang sesuai untuk digunakan dalam kampanye SEO.

Promosi SEO juga mencakup aktivitas eksternal seperti pembuatan tautan, bookmark sosial, dan aktivitas promosi lainnya yang dirancang untuk menarik perhatian dari mesin pencari.

Proses ini mencakup pengoptimalan situs web Anda dengan kata kunci tertentu dan strategi lainnya sehingga peringkatnya lebih tinggi di mesin pencari seperti Google ketika seseorang mengetikkan pencarian yang relevan. Melakukan hal ini juga dapat membantu situs web Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.

Dengan melakukan promosi SEO maka akan membantu meningkatkan jumlah lalu lintas organik yang diterima bisnis Anda dari mesin pencari.

Melalui teknik pengoptimalan seperti menggunakan kata kunci dengan benar, meningkatkan kecepatan memuat halaman, dan membuat konten lebih relevan dengan minat pengguna.

Anda juga dapat meningkatkan kehadiran online Anda dan menjangkau calon pelanggan yang mencari produk atau layanan yang terkait dengan bisnis Anda.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknik pemasaran eksternal seperti membangun tautan dan keterlibatan media sosial, Anda dapat lebih meningkatkan visibilitas dan mendorong orang untuk mengklik ke situs web Anda.

Dalam melakukan promosi SEO penting bagi Anda untuk memahami cara kerja algoritma mesin pencari sehingga Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda dengan tepat.

Hal Ini mungkin melibatkan penelitian kata kunci populer yang terkait dengan industri Anda atau menganalisis situs web pesaing untuk melihat strategi mana yang mereka adopsi untuk kampanye mereka sendiri.

Setelah Anda menetapkan pemahaman tentang apa yang diperlukan untuk pengoptimalan yang sukses, penting bagi Anda untuk membuat rencana yang menentukan strategi mana yang ingin Anda lakukan dan bagaimana mereka akan diimplementasikan dari waktu ke waktu. 

Anda bisa termasuk melakukan penelitian kata kunci, menulis postingan blog yang ditujukan untuk audiens target atau melakukan tugas yang lebih teknis seperti mengoptimalkan judul dan deskripsi halaman atau mengoptimalkan nama file gambar untuk meningkatkan peringkat di SERP.

Dengan membuat rencana untuk kegiatan pengoptimalan yang sedang berlangsung, lebih mudah untuk mengukur kemajuan dari waktu ke waktu sambil membantu memastikan keberhasilan jangka panjang dengan upaya promosi SEO.

2. Buat Konten yang Menambah Nilai

Pembuatan konten adalah alat yang ampuh untuk mengukir keunggulan dibandingkan bisnis yang lebih besar karena menambah nilai pengalaman pelanggan Anda.

Anda dapat menggunakan konten seperti posting blog dan video untuk menampilkan keahlian Anda dalam industri Anda, menyoroti produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda, menjawab pertanyaan umum pelanggan, dan banyak lagi.

Pembuatan konten tidak hanya membuat Anda menjadi ahli di mata pelanggan; itu juga membantu membangun kredibilitas dan meningkatkan peringkat SEO.

Anda bisa memulai membuat konten yang berkualitas dengan memahami kebutuhan audiens. Saat membuat konten, pertimbangkan pertanyaan seperti “apa yang ingin dibaca oleh target demografis saya” atau “dari mana audiens saya mendapatkan informasi mereka”.

Setelah pertanyaan-pertanyaan ini dijawab, akan lebih mudah untuk memilih topik yang dipedulikan pelanggan Anda. Selain itu, saat menulis konten, penting untuk fokus memberikan nilai dengan menjawab pertanyaan pelanggan atau mendiskusikan pembaruan baru di industri.

Postingan blog berkualitas juga menyertakan media seperti gambar, video, dan infografis yang membantu memecah bagian teks yang berat sekaligus memberikan isyarat visual yang memperkuat poin yang dibuat dalam postingan itu sendiri.

Anda juga bisa memulai dengan meneliti kata kunci yang terkait dengan topik postingan blog Anda. Setelah ini diidentifikasi, gunakan kata kunci tersebut di seluruh salinan Anda dengan cara yang alami; menggunakan frasa kata kunci secara berlebihan dapat berakhir dengan menyakiti daripada membantu upaya peringkat Anda – temukan keseimbangan! Selain itu, memastikan bahwa Anda menyertakan tautan keluar (tautan dalam salinan Anda yang mengarah ke sumber eksternal) akan menguntungkan faktor peringkat mesin telusur dengan menunjukkan otoritas pada materi pelajaran tertentu.

Terakhir, menyertakan deskripsi meta (cuplikan kode HTML yang muncul di hasil mesin pencari) yang merangkum konten halaman akan meningkatkan rasio klik-tayang karena pengguna yang memindai melalui hasil pencarian dapat membuat keputusan berdasarkan informasi dengan lebih mudah jika mereka tahu apa yang dapat mereka harapkan setelah mengklik tautan itu sendiri.

3. Gunakan Platform Media Sosial Untuk Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan calon pelanggan online, membangun hubungan dengan mereka dari waktu ke waktu, dan menumbuhkan loyalitas terhadap merek Anda.

Anda harus mencoba menargetkan pelanggan berdasarkan minat atau demografi mereka sehingga Anda dapat menyajikan konten yang relevan dengan gaya hidup atau kebiasaan membeli mereka.

Selain itu, susun strategi promosi silang melalui influencer atau bisnis mitra – dengan cara ini Anda bisa mendapatkan pengikut baru dengan cepat sambil memperkuat hubungan dengan yang sudah ada pada saat yang sama.

Untuk memaksimalkannya promosi di social media, anda harus membuat strategi sebagai berikut :

Memposting secara teratur pada platform yang dioptimalkan untuk berbagai jenis pesan seperti Facebook atau Instagram Ads

Mempromosikan merek Anda dengan mengembangkan video atau cerita yang menawan, menjalankan kampanye di saluran lain seperti Twitter atau LinkedIn

Mengintegrasikan konten di semua saluran Anda untuk membangun identitas terpadu dan peluang bercerita yang lebih baik, melacak interaksi antara konsumen dan memanfaatkan wawasan data untuk menyesuaikan kampanye yang sesuai.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan kampanye hashtag di Twitter atau Instagram dengan penandaan kreatif untuk mempromosikan kehadiran merek Anda di hasil pencarian. 

4. Pertimbangkan Iklan Berbayar di Google & Platform Media Sosial

Saat pertama kali membuat akun social media maka anda mungkin akan memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit yang berasal dari kenalan dan teman yang dimiliki.

Hal ini wajar terjadi mengingat bisnis online yang baru diluncurkan belum memiliki banyak konsumen, sehingga jarang mengikuti akun social media yang dimiliki.

Namun untuk mendapatkan jumlah pengikut yang lebih cepat maka melakukan promosi dengan kampanye iklan berbayar bisa menjadi pilihan terbaik.

Kampanye iklan berbayar adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan visibilitas online – yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat iklan yang berbicara dengan nilai-nilai yang ditawarkan perusahaan Anda, menyiapkan kampanye yang dioptimalkan sesuai dengan minat pengguna target, lalu menunggu konversi dari waktu ke waktu.

Melacak kampanye mana yang berkinerja baik serta mana yang mungkin perlu perbaikan – melakukan ini dapat membantu menghemat uang dengan menjaga iklan yang bekerja secara efektif dalam rotasi tanpa harus membuat yang baru setiap saat.

Terakhir, jangan lupa tentang pengujian A/B – pengujian terpisah dari versi berbeda dari setiap iklan memungkinkan Anda mengukur keberhasilan tanpa mempertaruhkan terlalu banyak modal di muka karena iklan yang buruk akan disingkirkan dengan cepat sebelum terlalu banyak uang dihabiskan untuk itu!

Frequently Asked Question

Cara bisnis online untuk pemula

Mengetahui masalah yang dihadapi banyak orang
Melakukan riset secara mendalam
Memilih produk yang akan dijual ke pasaran
Menentukan alat pembayaran yang mudah diakses
Pilih jasa pengiriman yang terpercaya
Promosi di social media

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like