9 Tips Jadi Guru Les Privat yang Baik dan Menyenangkan

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menjadi guru les privat? Menjadi guru les privat dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dan memuaskan, tapi juga memiliki tantangan tersendiri.

Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak hanya efektif dalam membantu murid-murid Anda belajar, tetapi juga membuat pengalaman tersebut menyenangkan bagi mereka?

Les privat menjadi semakin populer karena siswa dan orang tua mencari dukungan ekstra di luar ruang kelas. Sebagai guru les privat, Anda memiliki kesempatan untuk memberikan dampak yang signifikan terhadap kesuksesan akademik dan pertumbuhan pribadi siswa. Namun, menjadi guru les privat yang baik dan menyenangkan membutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan tentang materi pelajaran.

Menjadi guru les privat bukan hanya tentang mengajarkan materi, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menarik. Dengan menggunakan strategi dan teknik tertentu, Anda dapat menjadi guru les privat yang tidak hanya disukai murid-murid Anda, tapi juga dapat membuat mereka senang menghabiskan waktu bersama Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa tips dan teknik untuk membantu Anda menjadi guru les privat yang baik dan menyenangkan.

kenali materi yang diajarkan sebagai guru les privat

Baca Juga : https://upgraded.id/kerja-sampingan-di-rumah-yang-menguntungkan

Kenali Materi yang Diajarkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menjadi guru les privat adalah mengenali materi yang akan diajarkan kepada murid. Hal ini dikarenakan kurikulum terus berubah dari waktu ke waktu tergantung tingkat kelas siswa serta terdapat perbedaan pembelajaran di jenis sekolah khusus, sehingga penting bagi anda untuk memahami materi yang akan diajarkan ke murid.

Ada baiknya untuk membeli berbagai buku pelajaran yang terkait kurikulum siswa dan kemudian mempelajarinya secara mandiri, cobalah untuk menjawab berbagai soal yang diajarkan dan temukan solusi mudah untuk mengajarkannya sehingga membuat murid semangat untuk belajar.

Ambil juga materi pembelajaran lain dari sumber luar, misalnya saja Youtube atau Tiktok yang memberikan teknik pengajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh murid.

Sebaiknya untuk menjadi guru les privat yang memiliki latar belakang yang sama dengan pendidikan anda, sehingga memberikan kepercayaan ke wali murid serta memudahkan anda untuk mengajarkan materi tertentu.

Anda juga bisa mengambil sertifikasi keahlian khusus yang berkaitan dengan materi yang diajarkan guna memahami pelajaran tersebut lebih dalam sebelum mengajarkan ke murid.

kuasai metode pengajaran yang sesuai

Kuasai Metode Pengajaran yang Sesuai

Saat mengajarkan ke murid secara privat, tentunya anda akan memahami bahwa setiap murid memiliki metode pengajaran yang berbeda.

Misalnya ada yang lebih mudah memahami pelajaran dengan visual, ada yang tulisan, atau bahkan anda perlu membuat lagu khusus yang mengajak murid untuk bernyanyi mengenai materi yang diajarkan.

Sehingga penting bagi anda untuk menguasai metode pengajaran yang sesuai dengan kepribadian murid untuk memudahkan mereka memahami materi yang diajarkan.

Guna mengetahui metode pengajaran yang sesuai maka anda bisa memulainya dengan memahami kepribadian murid saat belajar, apakah mereka dapat fokus dalam waktu lama atau mudah bosan sehingga diriingi dengan kegiatan lain. Setelah melakukan observasi pada pertemuan pertama, maka anda bisa menganalisa metode pengajaran yang sesuai.

Kemudian buatlah bahan ajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka agar materi mudah dipahami dengan cepat, kegiatan ini memang membutuhkan waktu lama maka ada baiknya untuk memiliki jenis metode pembelajaran yang beragam guna memudahkan murid dalam belajar.

Anda juga bisa melakukan wawancara khusus dengan calon wali murid sebelum melakukan pembelajaran untuk mengetahui kebiasaan mereka dalam belajar sehingga memudahkan untuk pertemuan pertama.

Menerapkan metode pembelajaran juga membutuhkan adaptasi namun setelah murid anda dapat beradaptasi dengan baik maka akan memudahkan mereka untuk belajar setiap hari.

Lakukan juga evaluasi di akhir pembelajaran dan melihat nilai yang didapatkan untuk memahami apakah terdapat kemajuan dalam proses belajar.

buat hubungan yang nyaman

Buat Hubungan yang Nyaman

Salah satu tantangan dalam menjadi guru les privat adalah anda perlu memahami karakter anak yang beragam, sehingga anda perlu menyamankan diri anda agar membangun hubungan yang baik dan awet.

Namun, dalam membentuk hubungan yang nyaman dan awet maka anda perlu melakukan berbagai pendekatan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertama adalah membuat suasana belajar yang menyenangkan, dimana anda tidak perlu terus menerus untuk memberikan pelajaran ke murid, namun di waktu istirahat ajaklah mereka untuk mengobrol mengenai hobi dan kegiatan di sekolah, sehingga membuat mereka membuka diri dengan anda.

Cara ini juga membantu anda untuk memahami karakter murid serta cara mendekatinya melalui minat yang mereka sukai. Apabila murid mendapatkan pencapaian yang bagus seperti nilai yang sesuai harapan, maka berikan mereka kado yang menarik, sehingga membuat mereka tertarik untuk mencapai berbagai prestasi di masa yang akan datang.

Ajak mereka untuk bermain beberapa permainan yang berkaitan dengan pelajaran atau minat mereka sehingga kegiatan belajar mengajar tidak terasa membosankan.

memiliki penampilan yang bersih

Memiliki Penampilan yang Bersih

Saat bertemu dengan orang baru tentunya anda ingin memiliki impresi yang baik di hadapan mereka sehingga mereka tertarik untuk melakukan interaksi yang lebih lama.

Cara ini juga bisa anda terapkan sebelum menjadi guru les privat, dimana anda sebaiknya memiliki penampilan yang bersih dan rapi meski anda mengajar di dalam rumah saja. Gunakan kemeja yang rapi dan bersih atau blazer untuk meningkatkan citra diri anda di depan murid selama proses mengajar.

Tambahkan juga parfum yang segar dan sesuai kesukaan anak-anak, misalnya wangi buah dan bunga yang dapat memberikan tampilan yang meningkatkan suasana.

Ada baiknya untuk menggunakan beberapa make up di wajah anda untuk menghilangkan kesan kusut dan tidak bersemangat saat memulai pengajaran.

Memiliki penampilan yang bersih juga akan membuat anda terlihat profesional di depan wali murid sehingga mereka percaya pada pengajaran yang anda berikan.

ketahui biodata murid

Ketahui Biodata Murid 

Sebagai guru les privat, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai latar belakang, gaya belajar, dan kebutuhan individu murid Anda.

Pengetahuan ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan metode pengajaran Anda dan menciptakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi yang memaksimalkan potensi mereka. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui biodata murid sebelum menjadi guru les privat:

Berkomunikasi dengan Wali Murid: Sebelum memulai sesi les, hubungi orang tua atau wali murid. Mintalah pertemuan atau panggilan telepon untuk mendiskusikan latar belakang pendidikan anak mereka, kekuatan, kelemahan, dan tujuan spesifik yang ingin mereka capai melalui les.

Percakapan awal ini akan memberikan Anda wawasan yang berharga tentang kebutuhan siswa dan membantu Anda merencanakan pendekatan pengajaran yang sesuai.

Meminta Catatan Akademik: Mintalah orang tua atau wali murid untuk memberikan catatan akademis siswa, termasuk rapor, nilai tes standar, dan penilaian yang relevan.

Dokumen-dokumen ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai prestasi akademik siswa, bidang-bidang yang perlu ditingkatkan, dan tantangan belajar yang mungkin mereka hadapi.

Melakukan Penilaian Pra-Pembelajaran: Untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang kemampuan siswa Anda, lakukan penilaian pra-tutoring. Ini bisa berupa tes singkat atau serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk menilai pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mata pelajaran yang akan Anda ajarkan.

Penilaian ini akan membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan dan area yang membutuhkan fokus tambahan selama sesi bimbingan belajar.

Gunakan Internet Untuk Mencari Informasi : Manfaatkan platform dan sumber daya online untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang latar belakang siswa Anda. Banyak sekolah yang memiliki portal atau situs web siswa di mana Anda dapat mengakses jadwal kelas, silabus, dan tugas.

Selain itu, platform media sosial seperti LinkedIn atau Facebook dapat memberikan wawasan tentang kegiatan ekstrakurikuler, minat, dan hobi mereka.

Melakukan Wawancara dengan Siswa: Jadwalkan wawancara tatap muka dengan siswa untuk mengenal mereka lebih baik. Ajukan pertanyaan terbuka mengenai minat, mata pelajaran favorit, preferensi belajar, dan tantangan yang mereka hadapi dalam belajar.

Percakapan ini tidak hanya akan memberi Anda informasi yang berharga, tetapi juga membantu membangun hubungan baik dan membangun lingkungan belajar yang positif.

datang tepat waktu

Datang Tepat Waktu

Tepat waktu sebagai guru les privat sangat penting untuk menjaga citra profesional dan memastikan keberhasilan murid-murid Anda. Untuk memastikan Anda datang tepat waktu ke sesi les Anda, penting untuk merencanakan jadwal Anda terlebih dahulu.

Mulailah dengan menetapkan tujuan yang realistis dan mengalokasikan waktu yang cukup untuk perjalanan di antara sesi. Manfaatkan teknik manajemen waktu, seperti membuat jadwal harian dan membuat pengingat, untuk tetap teratur dan menghindari penundaan.

Selain itu, biasakan diri Anda dengan rute dan pilihan transportasi yang tersedia untuk Anda, sehingga Anda memiliki rencana cadangan jika terjadi kemacetan atau penundaan yang tidak terduga.

Dengan memprioritaskan ketepatan waktu dan menerapkan strategi manajemen waktu yang efektif, Anda dapat membangun reputasi keandalan dan profesionalisme dalam peran Anda sebagai guru les privat.

Untuk menjaga ketepatan waktu sebagai guru les privat, sangat penting untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif. Berkomunikasi secara teratur dengan murid-murid Anda dan orang tua atau wali mereka untuk menetapkan ekspektasi yang jelas mengenai waktu mulai sesi dan kemungkinan perubahan jadwal.

Manfaatkan berbagai saluran komunikasi, seperti panggilan telepon, email, atau pesan teks, untuk tetap terhubung dan memberikan informasi terbaru secara tepat waktu.

Dengan menjaga jalur komunikasi yang terbuka, Anda dapat memastikan bahwa semua orang yang terlibat mengetahui setiap penyesuaian jadwal les dan meminimalkan kemungkinan kesalahpahaman atau janji temu yang terlewat.

Aspek penting lainnya dari ketepatan waktu sebagai guru les privat adalah memprioritaskan disiplin diri dan akuntabilitas pribadi. Kenali nilai ketepatan waktu dan jadikan itu sebagai komitmen pribadi untuk selalu datang tepat waktu untuk sesi les Anda.

Pasang alarm atau pengingat untuk membantu Anda tetap berada di jalur yang benar dan menghindari gangguan yang dapat menyebabkan Anda lupa waktu.

Dengan mempertahankan rasa disiplin diri yang kuat, Anda dapat secara konsisten datang tepat waktu dan menunjukkan dedikasi Anda terhadap kemajuan akademis murid-murid Anda.

Selain itu, akan sangat bermanfaat untuk membangun rutinitas dan mengembangkan kebiasaan manajemen waktu yang efisien. Buatlah jadwal terstruktur yang memungkinkan Anda memiliki waktu persiapan yang cukup sebelum setiap sesi les.

Gunakan waktu ini untuk meninjau materi yang akan Anda bahas, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan, dan mengatur materi pengajaran Anda.

Dengan membuat rutinitas dan mematuhinya secara konsisten, Anda dapat merampingkan proses persiapan Anda dan meminimalkan risiko terlambat karena tidak terorganisir atau berebut di menit-menit terakhir.

gunakan alat pembelajaran yang dibutuhkan

Gunakan Alat Pembelajaran yang Dibutuhkan

Apakah Anda seorang pendidik yang berpengalaman atau seseorang yang memiliki hasrat untuk berbagi pengetahuan, menjadi guru les privat dapat menjadi karir yang bermanfaat dan memuaskan.

Dengan kemajuan teknologi, kini tersedia berbagai perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi guru dan murid.

Alat-alat ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik, tetapi juga menyediakan sumber daya dan dukungan tambahan.

Jika Anda seorang guru les privat yang ingin menggunakan perangkat pembelajaran dalam sesi Anda, berikut adalah beberapa tips untuk memulai:

Mengidentifikasi Kebutuhan Pembelajaran: Sebelum menggunakan alat bantu belajar apapun, sangat penting untuk memahami kebutuhan spesifik siswa Anda.

Kaji kekuatan dan kelemahan mereka, gaya belajar, dan area-area di mana mereka membutuhkan dukungan tambahan. Hal ini akan membantu Anda memilih alat bantu yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Meneliti Perangkat Pembelajaran: Ada berbagai macam alat bantu pembelajaran yang tersedia, jadi penting untuk meneliti dan mengeksplorasi berbagai pilihan.

Carilah perangkat yang sesuai dengan mata pelajaran yang Anda ajarkan dan menawarkan fitur interaktif seperti kuis, permainan, atau simulasi virtual. Pertimbangkan perangkat yang memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan beradaptasi dengan kemajuan siswa.

Perkenalkan Perangkat Pembelajaran: Memperkenalkan terlalu banyak alat pembelajaran sekaligus dapat membuat Anda dan siswa Anda kewalahan. Mulailah dengan memasukkan satu atau dua alat yang Anda yakini akan memberikan dampak paling besar.

Ketika Anda dan siswa Anda menjadi lebih nyaman dengan alat-alat ini, secara bertahap perkenalkan alat-alat baru untuk menjaga agar sesi tetap dinamis dan menarik.

Berikan Bimbingan yang Tepat: Alat bantu belajar dimaksudkan untuk melengkapi pengajaran Anda, bukan untuk menggantikannya. Sebagai guru les privat, Anda bertanggung jawab untuk membimbing murid Anda melalui proses pembelajaran.

Biasakan diri Anda dengan alat-alat tersebut sebelumnya sehingga Anda dapat secara efektif menavigasi dan menggunakannya selama sesi Anda. Berikan instruksi dan penjelasan yang jelas untuk memastikan bahwa murid Anda memahami cara menggunakan alat tersebut secara efektif.

Mendorong Partisipasi Aktif: Alat bantu pembelajaran akan sangat efektif jika siswa secara aktif terlibat dengan alat bantu tersebut. Doronglah siswa Anda untuk berperan aktif dalam menggunakan alat bantu tersebut, baik dalam memecahkan masalah, berpartisipasi dalam kegiatan interaktif, atau menjelajahi sumber daya tambahan. Hal ini akan meningkatkan pengalaman belajar mereka dan membuat sesi belajar menjadi lebih menyenangkan.

berkenalan dengan orang tua murid

Berkenalan dengan Orang Tua Murid

Menjadi guru les privat dapat menjadi karir yang bermanfaat dan memuaskan. Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk membantu siswa agar berhasil secara akademis, tetapi Anda juga memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang bermakna dengan orang tua mereka.

Membangun hubungan yang kuat dengan orang tua murid sangat penting untuk pengalaman mengajar yang sukses, karena hal ini akan menumbuhkan komunikasi dan kolaborasi yang terbuka. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengenal orang tua murid sebagai guru les privat:

Memulai Komunikasi: Setelah Anda mulai mengajar murid, sangat penting untuk menghubungi orang tua murid dan memperkenalkan diri Anda.

Kirimkan email atau telepon mereka untuk mengekspresikan kegembiraan Anda tentang bekerja dengan anak mereka dan untuk mendiskusikan tujuan atau masalah khusus yang mungkin mereka miliki. Kontak awal ini akan menjadi dasar bagi hubungan yang positif.

Jadwalkan Pertemuan Orang Tua: Pertimbangkan untuk mengadakan pertemuan orang tua di awal proses bimbingan belajar. Hal ini dapat dilakukan secara langsung atau melalui panggilan video. Gunakan kesempatan ini untuk mendiskusikan kekuatan siswa, area yang perlu ditingkatkan, dan pendekatan bimbingan belajar Anda.

Doronglah orang tua untuk berbagi wawasan yang mereka miliki tentang gaya belajar anak mereka atau tantangan apa pun yang mungkin mereka hadapi.

Pertemuan ini memungkinkan Anda untuk membangun suasana kolaboratif dan memastikan bahwa semua orang memiliki pemahaman yang sama.

Berikan Informasi Kemajuan Secara Berkala: Orang tua senang mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan anak mereka. Luangkan waktu setelah setiap sesi les untuk mengirimkan kabar terbaru kepada orang tua.

Soroti topik-topik yang dibahas, terobosan atau tantangan yang dihadapi, dan kinerja siswa secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan dedikasi Anda dan membantu orang tua merasa terlibat dalam perjalanan belajar anak mereka.

Mintalah Umpan Balik: Mintalah umpan balik dan saran dari orang tua secara rutin. Tanyakan tentang harapan mereka dan apakah ada bidang tertentu yang mereka ingin Anda fokuskan.

Mendengarkan masukan mereka secara aktif menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka dan berkomitmen untuk menyesuaikan pendekatan bimbingan belajar Anda untuk memenuhi kebutuhan anak mereka.

Bersikaplah Transparan: Sangatlah penting untuk bersikap transparan kepada orang tua murid mengenai metode pengajaran, strategi, dan perubahan apa pun yang Anda rencanakan untuk diterapkan.

Transparansi ini akan membangun kepercayaan dan meyakinkan orang tua bahwa Anda mementingkan kepentingan terbaik bagi anak mereka.

Jika ada tantangan yang muncul selama proses bimbingan belajar, segera bicarakan dengan orang tua dan bekerja sama untuk menemukan solusi.

buka sesi tanya jawab

Buka Sesi Tanya Jawab

Sebagai guru les privat, salah satu aspek terpenting dalam pekerjaan Anda adalah menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif bagi murid-murid Anda. Salah satu cara efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan membuka sesi tanya jawab di awal sesi les.

Hal ini tidak hanya mendorong partisipasi aktif dari murid-murid Anda, tetapi juga membantu Anda mengukur pemahaman mereka dan mengatasi setiap area yang membingungkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membuka sesi tanya jawab dengan murid sebagai guru les privat:

Tetapkan Ekspektasi: Mulailah dengan menjelaskan tujuan dan pentingnya sesi tanya jawab. Biarkan siswa Anda tahu bahwa ini adalah ruang yang aman di mana mereka dapat mengajukan pertanyaan apa pun tanpa takut dihakimi. Doronglah mereka untuk berpartisipasi secara aktif dan yakinkan bahwa tidak ada pertanyaan yang salah.

Ciptakan Suasana yang Nyaman: Pastikan lingkungan belajar nyaman dan kondusif untuk diskusi terbuka. Atur tempat duduk dalam bentuk lingkaran atau setengah lingkaran untuk meningkatkan kontak mata dan mendorong percakapan. Gunakan bahasa tubuh yang positif dan pertahankan sikap yang ramah dan mudah didekati untuk membuat siswa merasa nyaman.

Gunakan Pertanyaan Pencair Suasana: Mulailah sesi dengan beberapa pertanyaan pembuka untuk menghangatkan siswa Anda dan menciptakan suasana yang santai.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berupa pertanyaan sederhana tentang hari atau minat mereka, atau bahkan hal-hal sepele yang berkaitan dengan mata pelajaran yang Anda ajarkan. Pertanyaan-pertanyaan pembuka membantu siswa merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berdiskusi lebih lanjut.

Mulailah dengan Pertanyaan Umum: Mulailah sesi tanya jawab dengan mengajukan beberapa pertanyaan umum yang berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas.

Hal ini memungkinkan siswa untuk secara bertahap masuk ke dalam sesi dan membantu Anda menilai pengetahuan mereka sebelumnya. Doronglah mereka untuk menjawab dan berikan penjelasan jika memungkinkan.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like