cara jualan di shopee untuk pemula

8 Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dengan Cepat dan Laku Keras

Apakah Anda ingin mulai berjualan di Shopee, namun belum mengetahui cara jualan di shopee untuk pemula?

Ada banyak hal yang harus dipelajari dan diperhatikan agar bisa sukses berjualan di Shopee. Dari menyiapkan toko Anda hingga mempromosikan dan mengiklankan barang Anda dengan benar, ada cukup banyak pekerjaan persiapan sebelum diluncurkan.

Kami telah menyusun panduan ini dengan semua yang perlu Anda ketahui tentang memulai dengan Shopee.

Panduan ini akan memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk membuat toko Anda dan memastikan Anda mempunyai semua alat yang diperlukan untuk sukses. Baca terus untuk mengetahui tips kami tentang cara jualan di Shopee untuk pemula.

kenapa harus jualan di shopee

Kenapa Harus Berjualan di Shopee

Belanja online telah menjadi kebiasaan baru baru mayoritas masyarakat Indonesia saat ini, hal ini dikarenakan kemudahan dalam memilih berbagai barang yang diinginkan dengan harga terjangkau dimana saja dan kapan saja.

Tidak hanya itu, konsumen juga tidak perlu meluangkan waktu untuk pergi dari satu toko ke toko yang lain, namun cukup dengan membuka handphone, maka barang anda akan sampai di depan rumah dengan selamat.

Keberadaan marketplace yang semakin berkembang dan kemudahan untuk mengakses layanannya juga menjadi alasan mengapa banyak orang memilih belanja online ketimbang secara langsung.

Berbagai alasan itulah yang mendasari keuntungan jualan di shopee untuk pemula yang baru memulai usaha dan belum mempunyai empat untuk membuka toko sendiri.

Selain itu, terdapat berbagai alasan lain mengapa jualan di shopee untuk pemula sangat menguntungkan dibandingkan platform lain.

1. Membantu Meningkatkan Penjualan

Menurut data yang dihimpun dari Iprice, shopee telah mempunyai 131,1 Juta pengguna yang mengakses aplikasi tersebut setiap bulannya dan tentunya terus bertambah hingga saat ini.

Angka pengunjung yang cukup fantastis tersebut tentunya terdiri dari berbagai kalangan usia, gender, latar belakang, serta kebutuhan yang tentunya mencari berbagai barang yang diinginkan melalui Shopee.

Konsumen yang cukup banyak serta kebutuhan yang beragam tentunya menguntungkan pedagang yang hendak berjualan di Shopee, apalagi jika barang yang dimiliki cukup banyak dan variatif, tentunya akan membuat pengunjung toko anda semakin banyak dari hari ke hari.

2. Kirim Barang Menjadi Lebih Gampang

Salah satu kelebihan dari melakukan transaksi di Shopee adalah kemudahan untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan lebih gampang.

Hal ini dikarenakan setelah kita memesan barang yang diinginkan, maka barang tersebut akan dikirimkan oleh kurir dari jasa pengiriman yang dipilih, meskipun akan memakan waktu lama karena jarak antar pembeli dan pedagang yang cukup jauh.

Di samping itu, keberadaan jasa pengiriman juga menguntungkan bagi pedagang, karena setelah barang dikemas, maka anda bisa menghubungi kurir untuk mengambil barang yang dibutuhkan untuk diantar ke konsumen.

Cara ini tentunya tidak akan memakan banyak tenaga dan waktu, hanya saja mengeluarkan anggaran yang cukup besar apabila anda mengikuti program gratis ongkos pengiriman yang biasanya harus ditanggung oleh pedagang.

3. Gampang Diakses dari Handphone

Salah satu kendala yang dihadapi oleh pedagang di Shopee pemula adalah keterbatasan gadget yang dimiliki, sehingga merasa kesulitan untuk mengatur berbagai fitur di Shopee, sehingga kurang percaya diri untuk jualan di Shopee.

Namun, anda tidak perlu merasa minder karena hanya dari handphone saja, maka anda bisa menggunakan berbagai fitur Shopee dengan gampang dan efektif.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk mengambil gambar barang yang memikat merekam tampilan barang dengan lebih jelas, hanya dari handphone yang ada di genggaman saja.

tips jualan di shopee

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Cepat Laku

Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee? Apakah Anda berjuang untuk menemukan lebih banyak pembeli setia dan mendapatkan lebih banyak visibilitas?

Shopee adalah platform belanja online yang menghubungkan pedagang dan pembeli dari seluruh dunia. Dengan meningkatnya popularitas belanja online, Shopee telah menjadi platform yang bagus untuk banyak pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis mereka dan menjangkau pasar baru. Namun, berjualan di Shopee bisa sangat menantang dan membutuhkan banyak usaha, dan strategi.

Jika Anda adalah pemilik toko yang mencari tips untuk meningkatkan kinerja penjualan Anda di Shopee, maka artikel ini cocok untuk Anda.

Di sini kami akan memberikan strategi sederhana namun efektif yang dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas dan penjualan dari toko Anda di Shopee.

1. Analisa Kata Kunci

Salah satu kebiasaan yang biasanya dilakukan saat akan membeli atau mencari barang di Shopee adalah mengetikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan barang yang diinginkan.

Dengan menggunakan kata kunci yang tepat maka barang yang diinginkan akan muncul dalam sekali klik, beserta dengan harga yang ditawarkan serta lokasi pedagang.

Kebiasaan ini tentunya harus disadari oleh pedagang dengan melakukan analisa kata kunci yang berkaitan dengan barang yang dimiliki.

Misalnya saja, anda hendak menjual susu di Shopee, maka anda perlu menganalisa apakah susu anda berbentuk cair atau bubuk, selain itu anda juga perlu mengidentifikasi rasa yang dimiliki sehingga memudahkan konsumen untuk mencari susu dengan rasa tertentu.

Beberapa konsumen juga terkadang mencari susu rendah lemak atau jenis susu tertentu, misalnya saja adalah susu almond, kedelai, atau sapi murni, maka anda juga perlu mencantumkan jenis susu anda ke dalam kata kunci.

Anda juga perlu mencantumkan lokasi toko anda, sehingga anda dapat menjangkau konsumen terdekat yang memang benar-benar tertarik pada barang yang ditawarkan.

Ukuran kemasan juga menjadi pertimbangan bagi konsumen yang ingin membeli barang untuk pertama kali atau konsumen setia yang hendak membeli dalam jumlah yang lebih besar, apabila anda mempunyai susu dengan berbagai kemasan, maka ukuran tersebut juga perlu anda cantumkan.

Cantumkan juga nama brand dengan font kecil sehingga memudahkan konsumen yang telah membeli barang anda sebelumnya dan telah mengingat nama merk anda.

Jika anda sudah melakukan berbagai analisa dan melakukan list kata kunci yang perlu dimasukkan namun masih ragu akan keefektifannya, maka mengintip kata kunci yang digunakan oleh kompetitor yang mempunyai barang yang sama bisa menjadi solusi terbaik.

Sehingga anda dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan barang anda dibandingkan pedagang lain dan bisa menjadi evaluasi di waktu yang akan datang.

2. Gunakan Visual yang Memikat

Setelah melakukan analisa kata kunci yang tepat untuk dimasukkan ke kolom keterangan barang, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengambil dan merekam gambar barang.

Pengambilan gambar barang dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa barang anda lebih unggul dibandingkan kompetitor lain, sehingga mereka lebih membeli barang anda, meskipun keduanya mempunyai harga yang sama.

Apabila anda masih bingung dalam melakukan pengambilan gambar barang maka beberapa langkah berikut perlu anda lakukan :

Pertama adalah memilih background gambar yang akan digunakan, apakah anda akan mengambil gambar di dalam ruangan atau di luar ruangan?

Pengambilan gambar di luar ruangan akan membuat barang anda terlihat lebih hidup dan memikat perhatian, sangat cocok digunakan untuk gambar baju, dimana konsumen mencari referensi saat menggunakannya di luar ruangan.

Sayangnya pengambilan gambar di luar ruangan terkadang tidak memperlihatkan detail baju yang digunakan, hal ini dikarenakan pencahayaan yang terlalu terang, serta pengambilan gambar dilakukan dalam jarak jauh.

Sedangkan apabila anda hendak melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan, maka anda perlu memerhatikan latar belakang yang akan digunakan, pastikan agar tidak terlalu mencolok dibandingkan barang yang dipajang, sehingga membuat konsumen sulit fokus.

Penambahan properti tambahan seperti bunga palsu atau berbagai aksesoris lainnya bisa menjadi hiasan yang cantik.

Perhatikan juga detail saat mengambil gambar, sehingga calon konsumen bisa membayangkan bentuk barang tersebut sebelum akhirnya diterima.

Pemotretan gambar di dalam ruangan cocok bagi anda yang mempunyai barang makanan atau aksesoris sehingga dapat memperlihatkan detail yang lebih baik.

Setelah pemotretan dilakukan, biasanya anda akan mendapatkan bahan gambar mentah yang perlu diedit lagi agar terlihat lebih cantik dan mempunyai ukuran yang ditetapkan oleh Shopee.

Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi edit untuk mempercantik tampilan tersebut, sehingga anda bisa menambahkan pencahayaan atau menambahkan iringan lagu di video yang dimilki.

Anda tidak perlu khawatir apabila baru menggunakan aplikasi edit video dan gambar untuk pertama kali, karena semua platform tersebut bisa digunakan dengan gampang dan dipelajari dari Youtube atau Tiktok.

3. Berikan Deskripsi yang Lengkap

Di saat telah menemukan barang yang diinginkan dengan harga dan lokasi yang selaras, maka calon konsumen biasanya akan membaca kolom penjelasan.

Kolom ini biasanya berisi berbagai varian barang dan rasa yang dimiliki, manfaat yang diberikan, serta informais tambahan yang dibutuhkan pembeli

Informasi ini tentunya akan memengaruhi keputusan pembeli apakah hendak membeli barang di toko anda atau berpindah ke kompetitor lain.

Sehingga sebagai seorang pedagang di Shopee, maka anda perlu mengisi kolom deskripsi selara dengan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Misalnya, apabila barang yang anda miliki membutuhkan pemesanan lebih awal terlebih dahulu, maka anda perlu menuliskannya di kolom deskripsi, sehingga konsumen tidak merasa tertipu dan akan memesan barang di waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan apabila anda menjual barang-barang elektronik atau barang mewah, pastikan untuk menyertakan garansi yang membuat konsumen mengakui originalitas barang yang anda miliki.

4. Aktif Ikuti Program Kampanye Shopee

Bagi pedagang shopee yang baru meluncurkan toko beberapa hari, mungkin akan merasakan jumlah pengunjung yang masih sedikit sehingga berpengaruh pada penjualan barang.

Guna mengatasi masalah ini, anda bisa mempromosikan toko anda dengan mengikuti berbagai program kampanye yang dilakukan oleh Shopee.

Misalnya saja program potongan harga yang dilakukan pada tanggal kembar atau akhir bulan, dimana konsumen biasanya menyediakan waktu untuk membeli barang yang diincar pada tanggal tersebut.

Anda juga bisa memasarkan toko anda dengan memasang iklan berbayar, sehingga barang anda akan berada di bagian atas pencarian, cara ini akan membuka peluang untuk mendapatkan perhatian pengguna shopee yang sedang mencari barang tertentu di kolom pencarian.

5. Gunakan Fitur Gratis Ongkir

Ongkos pengiriman barang yang mahal terkadang membuat konsumen undur diri dan akhirnya memilih membeli barang yang mempunyai domisili yang lebih dekat dengan lokasinya.

Di sisi lain, sebagian besar konsumen juga biasanya mencari promosi gratis ongkos pengiriman untuk menghemat pengeluaran, atau anda juga pernah melakukannya?

Karenanya jika anda ingin mendapatkan jumlah pembeli yang lebih banyak, maka anda bisa mempertimbangkan mengaktifkan fitur gratis ongkos pengiriman, dimana ongkos kirim akan ditanggung oleh pedagang.

Namun, meskipun anda berpeluang untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak, maka anda perlu bersiap mengeluarkan modal yang lebih banyak untuk menanggung ongkos yang dibebankan oleh agen pengiriman, akan tetapi anda bisa mengatasinya dengan menaikkan harga atau memangkas ongkos promosi agar bisa dialihkan untuk modal biaya pengiriman.

6. Berikan Barang yang Variatif namun Relevan

Pernahkan anda mempunyai toko langganan di Shopee dan menjual berbagai barang yang anda inginkan dalam satu etalase? Misalnya saja toko aksesoris gadget yang menjual berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dengan harga miring dan berkualitas sehingga anda tidak perlu pergi ke tempat lain.

Apabila anda mempunyai brand yang menjual barang tertentu, maka ada baiknya anda menjuala berbagai variais produk dalam satu tempat.

Cara ini dilakukan agar konsumen yang datang akan terus kembali untuk membeli barang lain yang dibutuhkan tanpa perlu melipir ke tempat lain.

Selain itu, cara ini juga membuka peluang bagi konsumen untuk membeli beberapa barang sekaligus untuk menghemat biaya pengiriman yang lebih murah bahkan gratis.

7. Analisa Strategi Promosi dan Penjualan Secara Rutin

Sudah melakukan promosi produk serta melakukan berbagai kampanye iklan selama sebulan? Kini saatnya untuk menganalisa strategi promosi yang dilakukan.

Analisa ini diperlukan untuk mengetahui apakah strategi yang dilakukan sudah tepat atau perlu dilakukan perubahan lagi untuk penjualan produk yang lebih baik.

Anda bisa menggunakan fitur insight yang disediakan oleh Shopee untuk mengetahui kinerja akun anda dalam jangka waktu tertentu dengan berbagai hasil yang mudah dipahami.

Pastikan juga untuk mengetahui tujuan dari promosi anda, sehingga anda dapat mengetahui apakah ada kenaikan atau penurunan kinerja dalam jangka waktu tertentu.

8. Kolaborasi dengan Influencer

Sudah melakukan promosi dengan berbagai cara namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan? maka melakukan kolaborasi bersama influencer bisa menjadi pilihan terbaik.

Hal ini dikarenakan influencer sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak dan sering merekomendasikan berbagai produk yang relevan dengan komunitas yang dimiliki, sehingga apapun rekomendasi yang diberikan bisa menjadi pertimbangan.

Sebelum memilih influencer untuk kolaborasi promosi, maka anda perlu memerhatikan topik yang sering mereka bahas dan pastikan relevan dengan produk yang anda miliki.

Kedua adalah memahami jenis konten promosi yang mereka suguhkan, apakah dalam bentuk promosi hard selling atau soft selling? promosi terselubung biasanya lebih disukai pengikutnya karena terlihat tidak memaksa namun memberikan saran produk yang sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan juga jenis kolaborasi promosi yang dibutuhkan, apakah dalam bentuk konten promosi atau menggunakan link affiliate produk? tentukan juga saluran pemasaran yang digunakan dan pastikan sesuai dengan target konsumen yang dimiliki.

9. Lakukan SIaran Langsung Secara Rutin

Promosi melalui siaran langsung kini tengah digandrungi berbagai pemasar di saluran social media, dimana penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar, kemudian penjual menunjukkkan produk yang diinginkan.

Trend yang berasal dari Tiktok ini kemudian diadaptasi oleh Shopee yang kemudian merilis fitur Shopeelive, dimana anda bisa melakukan promosi secara langsung di depan konsumen sambil menunjukkan produk yang dimiliki.

Agar penonton semakin banyak, maka anda bisa menyelenggarakan promo gratis biaya pengiriman selama siaran berlangsung agar menarik minat pembeli.

bagaimana cara jualan di shopee

Bagaimana Cara Jualan di Shopee

Apakah Anda sedang mencari platform untuk membuka bisnis online? Jika ya, maka Shopee adalah platform yang tepat untuk Anda.

Shopee adalah platform e-commerce dimana pembeli dapat membeli atau menjual produk dengan sangat mudah.

Penjual memiliki akses ke jutaan konsumen potensial yang dapat dengan mudah menemukan bisnis dan produk mereka melalui alat pencarian dan penemuan di aplikasi.

Meskipun memiliki platform potensial yang tersedia bagi pemilik toko adalah peluang besar, sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Jadi, bagaimana Anda membuat akun yang sukses di Shopee? Pada artikel ini kita membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menjalankan toko Anda di Shopee dalam waktu singkat.

1. Buat Akun Shopee

Membuat akun shopee sangatlah mudah, cukup dengan handphone di tangan dan kuota internet yang memadai, maka anda bisa membuat akun Shopee dalam waktu cepat, namun anda juga perlu mempertimbangkan berbagai data yang dibutuhkan untuk membuat akun Shopee.

Buka Aplikasi atau Situs Web Shopee

Buka aplikasi atau situs web Shopee di perangkat seluler atau laptop / komputer desktop Anda. Halaman utama akan terbuka untuk menampilkan berbagai produk yang dijual, dengan gambar dan harga yang ditandai dengan jelas. Di sudut kanan atas, klik ‘Daftar’.

Isi Detail Informasi

Pada formulir pendaftaran yang muncul berikutnya, masukkan data pribadi Anda seperti nama, alamat email, nomor kontak, dan lain-lain.

Ingatlah untuk juga memilih nama pengguna karena ini akan menjadi identitas Anda ketika terlibat dalam interaksi dalam komunitas Shopee: mengomentari produk, memposting ulasan, dan banyak lagi.

Verifikasi identitas melalui Tautan Nomor Ponsel

Shopee mengharuskan penggunanya untuk memverifikasi identitas mereka dengan metode otentikasi seperti menautkan nomor ponsel saat mengatur akun mereka.

Kode SMS akan dikirim ke detail terdaftar Anda, jadi masukkan ke dalam kotak yang tersedia dan tekan konfirmasi, selesai! Setelah verifikasi identitas berhasil melalui penautan nomor ponsel, lanjutkan ke langkah berikutnya dengan klik tombol “Lanjutkan”.

Mengatur Gambar Profil

Foto profil Anda berfungsi sebagai avatar bagi anggota lain yang melihatnya, jadi pastikan gambar tersebut terlihat bagus.

Unggah gambar yang sesuai langsung dari perangkat Anda atau sinkronkan gambar dari platform media sosial populer.

2. Optimasi Profil Shopee

Bagi akun penjual Shopee yang baru saja membuat akun untuk pertama kali, penting untuk melengkapi berbagai informasi yang ada di profil Shopee.

Misalnya saja nama pengguna yang sama di berbagai saluran social media, avatar akun yang relevan dengan logo brand, serta deskripsi singkat mengenai nama toko dan alamat yang dimiliki.

Berbagai informasi ini akan membangun kepercayaan bagi konsumen yang baru datang ke toko anda untuk pertama kali, sehingga belum mengetahui kredibilitas toko anda.

3. Buka Toko Shopee

Platform toko online Shopee dengan cepat menjadi cara untuk berbisnis di Asia. Dengan akses dan pengaturan yang sederhana, siapa pun dapat membuka toko di platform dan mulai menjual produk secara online hanya dengan beberapa klik. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuka toko Shopee.

Buat Akun Anda

Langkah pertama adalah membuat akun dengan Shopee. Setelah Anda mendaftar, Anda akan memasukkan informasi pembayaran Anda dan memberikan detail tentang toko Anda.

Anda juga perlu mengatur halaman profil Anda dengan gambar, detail kontak, kebijakan pengiriman, dan daftar metode pembayaran yang diterima.

Ini akan membantu konsumen memahami dengan lebih jelas apa yang dapat mereka harapkan saat mengunjungi toko Anda.

Rancang Toko Anda

Setelah akun Anda siap, saatnya mendesain toko Anda agar terlihat profesional dan menarik bagi calon pelanggan.

Anda akan dapat memilih kategori produk atau logo brand yang ditampilkan secara mencolok di iklan spanduk atau tabel produk untuk membuat pengalaman pelanggan menjadi lebih baik.

Tambahkan Produk ke Toko Anda

Saat menambahkan produk ke toko Anda, Anda harus memastikan bahwa deskripsi produk yang jelas dan akurat mencerminkan apa yang sebenarnya Anda tawarkan.

Ingatlah bahwa orang yang menggunakan perangkat seluler mungkin hanya memiliki ruang terbatas di layar mereka yang berarti informasi yag jelas bahkan lebih penting daripada biasanya di sini dibandingkan ketika seseorang mungkin melihatnya dari laptop atau komputer desktop. Pastikan barang yang dijual memiliki gambar berkualitas baik yang terkait dengannya juga!

Promosikan Toko Anda

Sekarang setelah Anda menyiapkan semuanya, sekarang saatnya untuk mulai menyebarkan toko Shopee Anda.

Anda bisa memulainya dengan membuat akun media sosial seperti Facebook atau Instagram yang dimana anda dapat mempromosikan toko mereka dan konten yang menarik yang akan menarik pelanggan berbondong-bondong!

Selain itu, ada juga opsi iklan berbayar yang memberi bisnis akses untuk menandai grup tertentu yang mungkin tertarik secara khusus untuk berbelanja di toko mereka daripada yang lain di dekatnya.

4. Unggah Produk yang Dimiliki

Berbelanja online telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir apalagi dengan munculnya Shopee yang membuat konsumen semakin mudah untuk belanja dari handphone

Sebagai penjual e-commerce, penting untuk mengetahui cara mudah mengunggah produk di Shopee, agar produk anda dilihat oleh target konsumen. Berikut adalah daftar langkah-langkah yang harus diambil jika Anda ingin mengunggah gambar produk di Shopee:

Siapkan Gambar dan Data Produk

Sebelum Anda dapat mengunggah gambar produk apa pun di Shopee, Anda harus memastikan bahwa kualitas gambar Anda dioptimalkan untuk kinerja tinggi.

Foto harus diambil pada resolusi 400×400 dengan pencahayaan yang memadai untuk memastikan ketajaman dan kejernihannya.

Selain itu, siapkan semua data produk yang relevan dan informasi harga untuk memudahkan pengunggahan nanti.

Buka Akun Profesional di Shopee

Jika Anda belum memilikinya, buka akun profesional di Shopee yang pada dasarnya memberi Anda akses ke rangkaian lengkap alat dan layanan yang dirancang khusus untuk membantu penjual mengelola toko mereka dengan lebih baik.

Setelah ini selesai, lanjutkan ke tab ‘Produk Saya’ di mana semua tindakan yang diperlukan terkait penjualan akan tersedia.

Unggah Foto Produk Anda

Langkah pertama saat mengunggah foto produk di shopee harus selalu dimulai dengan menambahkan foto produk utama.

Ingatlah bahwa gambar harus secara akurat mewakili item itu sendiri, setelah selesai, lanjutkan dengan menambahkan foto variasi, yang menyiratkan bahwa warna dan gaya yang berbeda didukung oleh setiap daftar di dalam galerinya.

Frequently Asked Question

Bagaimana Cara Jualan di Shopee Bagi Pemula?

1. Buat Akun Shopee
2. Optimasi Profil Shopee
3. Buka Toko Shopee
4. Unggah Produk yang Dimiliki 

Similar Posts