5 Cara Jualan di TikTok Tanpa Modal Untuk Pemula 2023

Di zaman digital saat ini, TikTok telah menjadi platform populer bagi para pengusaha yang digunakan untuk mempromosikan produk mereka. Dengan adanya TikTok ini, Anda bisa menjual produk di TikTok tanpa modal yang signifikan.

Nah, artikel ini dapat memandu Anda dengan proses yang disediakan. Cara jualan di TikTok tanpa modal ini bisa di lakukan secara mudah dan praktis tentunya. Anda hanya perlu jaringan internet yang stabil untuk memulai.

Untuk berjualan di TikTok Shop, diperlukan pendaftaran online. Setelah terdaftar, produk Anda memiliki potensi yang kuat untuk menarik pembeli. Yuk simak cara jualan di TikTok ini tanpa modal, khususnya bagi pemula!

Apa Itu TikTok Shop ?

TikTok Shop ini merupakan fitur TikTok terbaru di platform media sosial. TikTok Shop memungkinkan pengguna untuk berbelanja dengan nyaman dan bisa membeli produk secara langsung melalui aplikasi.

Fitur ini ditujukan untuk merek dan bisnis yang ingin menjual produk mereka ke pengguna TikTok yang sangat besar.

TikTok Shop dibuat untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan lancar bagi pengguna.

Setiap merek dapat membuat etalase di dalam aplikasi, memamerkan produk mereka dan memberikan semua informasi yang dibutuhkan pengguna untuk melakukan pembelian.

Pengguna dapat menelusuri produk, menambahkan barang ke keranjang, dan menyelesaikan pembelian tanpa harus meninggalkan TikTok.

TikTok Shop sendiri bisa menjadi peluang besar bagi merek untuk menjangkau audiens yang lebih muda dan lebih terlibat. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, TikTok termasuk platform yang tidak dapat diabaikan.

Dengan membuat etalase di TikTok, brand Anda dapat memanfaatkan audiens yang sangat besar dan meningkatkan brand awareness dan penjualan mereka.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari TikTok Shop, merek harus fokus pada pembuatan konten yang menarik dan menarik secara visual.

Algoritme TikTok dirancang untuk mempromosikan konten yang menghibur dan menarik, sehingga merek harus fokus pada pembuatan konten yang informatif dan menghibur.

Apa Itu TikTok Shop

Cara Berjualan di TikTok Tanpa Memerlukan Modal, Pasti Untung Cocok untuk Pemula!

Berjualan di TikTok bisa menjadi cara terbaik untuk memulai bisnis tanpa investasi yang besar.

Dengan semakin populernya TikTok, TikTok menghadirkan peluang unik untuk menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Tapi bagaimana Anda bisa berjualan di TikTok tanpa modal? Nah, berikut ini kami akan membahas beberapa cara jualan di TikTok tanpa modal.

1. Daftar TikTok Shop

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mendaftar di TikTok Shop. Daftar TikTok shop adalah pendaftaran produk yang telah dikurasi dan ditampilkan di aplikasi media sosial populer, TikTok.

Produk-produk ini sering kali trendi dan telah mendapatkan popularitas melalui konten buatannya.

Nah, untuk berjualan di TikTok Shop, seseorang harus memenuhi persyaratan ini. Langkah ini diperlukan jika Anda berniat untuk menjual produk Anda sendiri atau produk orang lain di fitur TikTok Shop.

Daftar TikTok Shop

2. Daftar TikTok Affiliate

Kemudian, Anda bisa mendaftar TikToK Affiliate. Daftar Afiliasi TikTok adalah basis data kreator TikTok yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program pemasaran afiliasi.

Para kreator ini telah membangun pengikut di (followers) platform media sosial populer dan tertarik untuk bermitra dengan brand lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens mereka.

Daftar Afiliasi TikTok menyediakan sumber daya yang berharga bagi merek yang ingin memperluas jangkauan mereka di TikTok.

Anda dapat bekerja sama dengan afiliasi, sehingga merek Anda bisa memanfaatkan audiens dan mendapatkan keuntungan dari dukungan afiliator untuk mempromosikan produk mereka.

Pendaftaran Afiliasi TikTok ini biasanya dibuat dan dikelola oleh platform pemasaran afiliasi yang berspesialisasi dalam menghubungkan merek dengan influencer.

Platform ini menyediakan berbagai alat dan sumber daya untuk membantu merek mengidentifikasi dan terlibat dengan influencer yang tepat untuk kampanye mereka.

Daftar Afiliasi TikTok sendiri termasuk sumber daya yang berharga bagi merek dan influencer.

Daftar afiliasi ini menawarkan kepada merek-merek yang sudah memiliki kelompok mitra potensial yang telah menyatakan minatnya untuk mempromosikan produk mereka.

Influencer juga dapat menggunakan TikTok untuk mendapatkan uang melalui pemasaran afiliasi dan memonetisasi pengikut mereka.

Agar dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar Afiliasi TikTok, influencer biasanya harus memenuhi kualifikasi tertentu, termasuk jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan.

Selain itu, mereka mungkin diminta untuk menunjukkan kemahiran mereka dalam menghasilkan konten yang menarik dan secara efektif mempromosikan produk yang sesuai dengan audiens mereka.

Setelah masuk ke dalam Daftar Afiliasi TikTok, influencer dapat menelusuri kampanye yang tersedia dan memilih kampanye yang paling sesuai dengan audiens dan gaya konten mereka.

Mereka kemudian dapat membuat konten yang mempromosikan produk dan menyertakan tautan afiliasi unik yang melacak klik dan penjualan yang dihasilkan dari promosi mereka.

Dengan bekerja sama dengan afiliasi di TikTok, merek dapat memperoleh manfaat dari basis pengguna yang sangat aktif di platform ini serta kreativitas dan keaslian konten yang dibuat oleh influencer.

Afiliasi TikTok, pada gilirannya, dapat membangun pengikut mereka dan memonetisasi konten mereka sambil mempromosikan produk yang mereka. Nah, berikut ini langkah-langkah TikTok shop affiliate untuk seller:

  • Log in to TikTok Shop Seller Center
  • Klik tombol Afiliasi Pemasaran di bagian atas
  • Buat rencana afiliasi berdasarkan kebutuhan Anda

Selanjutnya, TikTok shop affiliate untuk kreator:

  • Get permission to sell products
  • Tambahkan informasi kontak Anda
  • Tambahkan produk ke etalase Anda
  • Dapatkan sampel produk dan lakukan pemasaran

3. Memiliki Banyak Followers

Banyak pengguna TikTok bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan lebih banyak pengikut di aplikasi ini? Dengan memiliki banyak followers, Anda bisa mencapai popularitas di TikTok bisa jadi menantang.

Jumlah pengikut yang Anda miliki di TikTok dapat memengaruhi jumlah suka yang Anda terima pada video Anda. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa jumlah pengikut Anda tidak penting untuk setiap video di TikTok.

Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda untuk disukai oleh pengguna lain dan kemudian ditempatkan di bagian For You Page (FYP), di mana semakin banyak dilihat.

Jadi sangat penting berapa banyak pengikut yang Anda inginkan jika Anda tertarik untuk menjadi populer di TikTok.

Meskipun Anda mungkin memiliki pengikut TikTok yang jauh lebih sedikit daripada akun lain, Anda akan tetap menjadi ‘TikTok terkenal’ bagi audiens target khusus Anda dan menghasilkan lebih banyak arahan, yang pada akhirnya meningkatkan pengikut TikTok Anda.

Lalu, bisakah Anda mencapai pertumbuhan dengan membeli pengikut dan suka TikTok?

Membeli pengikut dan suka di platform media sosial adalah praktik umum. Namun, banyak orang tidak tahu apakah ini akan membantu mereka mengembangkan pengikut di TikTok.

Membeli pengikut dan suka dapat membuat Anda tampak populer, tetapi itu tidak akan membuat Anda berkembang secara nyata.

Anda perlu berinvestasi dalam konten Anda dan mendapatkan pengikut organik dan asli untuk mencapai pertumbuhan organik yang sebenarnya.

Membeli pengikut di TikTok bisa menjadi pemborosan uang yang sangat besar.

Hal ini karena TikTok akan mempromosikan konten Anda ke pengikut palsu Anda, yang menyebabkan tidak ada peningkatan dalam mempromosikan profil Anda ke calon pengikut ke pelanggan.

Misalnya, Anda memiliki 50 ribu pengikut (terdiri dari akun palsu) yang Anda beli tetapi hanya memiliki 50 penayangan pada video dengan tingkat keterlibatan rendah.

Ini akan berdampak negatif pada kepercayaan pengguna pada merek Anda, karena praktik ini mungkin dianggap tidak jujur karena beberapa orang akan langsung mendeteksi bahwa pengikut Anda terdiri dari akun spam.

Demikian pula, banyak pengguna TikTok yang pada akhirnya ingin menjadi pemberi pengaruh untuk merek tertentu atau bermitra dengan mereka.

Merek-merek ini juga akan memperhatikan jika Anda membeli pengikut dan akan kehilangan kepercayaan pada Anda, karena Anda belum tentu memiliki pengikut yang setia, karena Anda membeli pengikut (followers).

Memiliki Banyak Followers

4. Membuat Kolaborasi di Live Streaming

TikTok baru-baru ini memperkenalkan fitur barunya yaitu fitur untuk melakukan siaran langsung atau siaran ulang.

Fitur Live, yang awalnya merupakan eksperimen, telah menjadi alat serbaguna untuk komunikasi, termasuk penggunaannya dalam penjualan.

Live Streaming di TikTok Shop adalah fitur baru yang menarik yang memungkinkan kreator dan merek terhubung dengan audiens mereka secara real-time.

Dengan fitur ini, Anda dapat memamerkan produk Anda, menjawab pertanyaan, dan membangun hubungan dengan pelanggan. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas merek dan meningkatkan penjualan.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan Live Streaming di TikTok Shop adalah dengan berkolaborasi dengan kreator dan merek lain.

Dengan bekerja sama, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan menawarkan pengalaman yang lebih menarik bagi pemirsa Anda. Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan mendukung bisnis satu sama lain.

Saat memilih siapa yang akan diajak berkolaborasi, penting untuk memilih seseorang yang audiensnya selaras dengan audiens Anda.

Hal ini akan memastikan bahwa Anda menjangkau orang yang tepat dan kolaborasi Anda bermakna. Penting juga untuk memilih seseorang yang dapat diandalkan dan profesional.

Sebelum melakukan Live Streaming, penting untuk merencanakan konten dan mempersiapkan produk Anda.

Pastikan Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk memamerkan produk dan menjawab pertanyaan. Sebaiknya promosikan Live Streaming Anda sebelumnya untuk membangun antusiasme dan menarik minat.

Selama Live Streaming, penting untuk berinteraksi dengan pemirsa dan menjaga agar percakapan tetap mengalir.

Doronglah pertanyaan dan umpan balik, dan pastikan untuk memamerkan produk Anda dengan cara yang informatif dan menghibur. Ingat, tujuannya adalah untuk membangun hubungan dan melakukan penjualan, jadi pastikan untuk mengingatnya.

Setelah Live Streaming, penting untuk menindaklanjuti pemirsa dan berterima kasih atas partisipasi mereka.

Anda juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk menawarkan promosi atau diskon khusus kepada mereka yang hadir. Hal ini akan membantu membangun loyalitas dan mendorong penjualan di masa depan.

5. Sering Muncul di FYP TikTok

TikTok menawarkan fitur yang banyak dicari yang disebut FYP (For You Page). Artinya bahwa FYP ini muncul di halaman beranda untuk semua pengguna.

Jika Anda sering muncul di halaman FYP TikTok, maka potensi peluang berjualan tanpa modal bisa meningkat secara signifikan. Sehingga ada kemungkinan toko yang menawarkan bagi hasil setiap penjualan produk yang mereka jual.

Untuk memaksimalkan visibilitas, disarankan untuk mengunggah konten video selama jam-jam FYP ketika ada banyak penonton potensial.

Nah, halaman Untuk Anda (FYP) ini merupakan halaman pertama yang Anda buka saat membuka aplikasi TikTok.

Algoritme TikTok menghasilkan umpan video yang telah dikurasi yang menampilkan konten dari kreator yang mungkin tidak diikuti, tetapi dianggap cocok berdasarkan minat dan interaksi pengguna sebelumnya.

Ada beberapa faktor berkontribusi pada konten yang Anda lihat di TikTok FYP. Karena, setiap umpan unik dan berasal dari jenis konten yang Anda tonton dan minat yang Anda nyatakan sebagai pengguna baru.Nah, faktor lain ini seperti:

  • Informasi dari video, seperti teks dan tagar.
  • Setelan perangkat, seperti preferensi bahasa, setelan negara, dan jenis perangkat Anda.
  • Jenis konten yang Anda bagikan, sukai, ikuti, dan buat, beserta komentar yang Anda tambahkan.

Misalnya: Jika Anda menyukai dan meninggalkan komentar di beberapa video tentang kiat-kiat Instagram, Anda dapat melihat sajian baru TikTok pemasaran media sosial di halaman Untuk Anda setiap hari.

Anggap saja sebagai Halaman Jelajahi Instagram. Aplikasi ingin menghubungkan Anda dengan lebih banyak konten yang Anda suka agar Anda terus menggulir lebih lama.

Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan peluang Anda untuk mencapai FYP TikTok, dilansir sumber neilpatel.com

a. Gunakan Hashtag yang Tepat

Beberapa pengguna percaya menggunakan #fyp atau #ForYou akan mendorong konten mereka ke banyak orang, tetapi itu hanya rumor. TikTok tidak pernah mengonfirmasi hal ini, dan tagar ini sebenarnya tidak menjamin kesuksesan viral Anda.

Anda tidak ingin menggunakan tagar tersebut sebagai penopang dan melewatkan penggunaan kata kunci yang relevan dengan konten dan ceruk Anda.

Lagi pula, tujuan utama media sosial adalah untuk menarik pengikut yang tepat dan kemudian menghasilkan uang dari audiens Anda.

Berikut adalah beberapa aturan dasar hashtag TikTok untuk diikuti:

Jangan beri tagar hal-hal. Pilih sejumlah kecil tagar yang relevan.

  • Campurkan tagar populer dengan yang kurang populer.
  • Gunakan tagar yang sedang tren di ceruk pasar Anda.
  • Berpartisipasi dalam tantangan tagar.
  • Gunakan #fyp dan #ForYou, tapi jangan hanya mengandalkan mereka.
  • Ingat, tidak ada formula yang terbukti benar, jadi seperti di Instagram, Anda perlu bereksperimen untuk menemukan strategi hashtag yang paling sesuai untuk akun Anda.
Gunakan Hashtag yang Tepat

b. Buat Video Lebih Pendek

Ingat ketika saya memberi tahu Anda betapa pentingnya tingkat penyelesaian video di TikTok? Membuat video yang lebih pendek dan menarik adalah cara termudah untuk mencapai nilai tertinggi untuk faktor peringkat ini.

Meskipun Anda dapat merekam klip 60 detik, menggunakan semua waktu yang tersedia tidak serta merta menghasilkan kesuksesan viral.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan seseorang untuk menonton TikTok Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan menonton sampai selesai dan tidak terhapus.

Anda dapat meningkatkan waktu menonton dengan memastikan bahwa Anda memiliki kaitan sejak awal untuk mendorong pemirsa agar tetap menonton sampai akhir.

Saat tingkat penyelesaian video Anda meningkat, demikian juga peluang Anda untuk mendapatkan tempat yang didambakan di TikTok FYP. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat video yang keren:

  • Tetap sederhana. Video TikTok terbaik adalah yang sederhana dan mudah diikuti.
  • Gunakan transisi kreatif. Coba gunakan beberapa transisi bawaan aplikasi, atau kembangkan ide Anda.
  • Jadilah lucu dan menghibur jika itu sesuai dengan nada keseluruhan Anda. Video TikTok terbaik adalah yang menghibur dan membuat orang tertawa. Jadilah kreatif dan pikirkan cara orisinal untuk menarik perhatian orang.
  • Terlibat dengan pemirsa Anda, Jadilah interaktif dengan pemirsa Anda dan balas komentar mereka. Ini membantu menciptakan komunitas di sekitar konten Anda.

c. Tulis Caption yang Menarik

TikTok bukanlah platform untuk menumpahkan nyali Anda dalam sesi microblogging.

Anda hanya mendapatkan 150 karakter, termasuk tagar apa pun yang Anda tambahkan, yang membuat Anda memiliki lebih sedikit karakter daripada di Twitter.

Dengan lahan terbatas seperti itu, Anda perlu berfokus pada penulisan teks pendek yang mendorong pemirsa untuk terlibat dengan konten Anda. Berikut, caption TikTok yang ideal seperti, caption pendek, singkat, dan jelas, serta menggunakan tagar.

Jika Anda kebingungan membuat caption yang menarik, Anda bisa menggunakan teknologi AI yaitu ChatGPT

Tulis Caption yang Menarik

d. Buat Video Berkualitas Tinggi

Apakah Anda masih memposting hasil video yang kurang bagus dan berkualitas rendah di TikTok? Itu mungkin salah satu alasan mengapa Anda belum mendapat tempat di Halaman (FYP) Untuk Anda.

Video berkualitas tinggi lebih cenderung menarik perhatian pada konten Anda, yang berarti tingkat penyelesaian lebih tinggi dan lebih banyak penayangan.

TikTok tidak akan meluncurkan video berdefinisi rendah, buram, atau berbintik ke massa. Paling-paling, itu dapat menyebabkan pengguna menjauh; paling buruk, orang akan menutup aplikasi.

Dengan sebagian besar ponsel cerdas yang menawarkan video HD, semakin mudah untuk menghasilkan video beresolusi tinggi tanpa anggaran besar atau tim produksi penuh.

Selain kualitas konten Anda, platform ini juga menghargai keterampilan mengedit. Bereksperimenlah dengan filter, stiker, dan transisi untuk membuat video Anda lebih menarik dan membuat orang menonton (dan semoga menonton ulang) hingga akhir.

Nah, berikut cara agar hasil video Anda bisa FYP yaitu:

a. Anda harus menggunakan tripod atau perangkat stabilisasi lainnya agar kamera Anda tetap stabil. Ini akan membantu meminimalkan guncangan dan memastikan video Anda terlihat mulus.

b. Anda harus menggunakan ukuran optimal TikTok, yaitu 1080 x 1920 dengan rasio aspek 9:16. Anda dapat mengubah ukuran video menggunakan aplikasi gratis seperti Veed atau Kapwing.

c. Anda harus menggunakan pencahayaan yang baik. Cahaya alami selalu yang terbaik, tetapi jika Anda perlu menggunakan cahaya buatan, pastikan cahayanya terang dan tidak menciptakan bayangan yang tajam.

e. Posting Konten Baru Saat Audiens Anda Paling Aktif

Dengan keterlibatan menjadi faktor penting untuk masuk ke FYP TikTok, memposting pada waktu yang tepat dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan video Anda.

Bagaimana Anda mengetahui kapan pengikut Anda online dan siap untuk terlibat?

Dengan Akun Pro TikTok gratis. Ini mirip dengan Instagram Analytics, dan Anda dapat melihat, penayangan video selama 7-28 hari terakhir, tampilan profil, pertumbuhan pengikut, video yang sedang tren, demografi jenis kelamin/usia, audiens internasional Anda, ketika pengikut Anda sedang online.

Pada dasarnya, semua yang Anda butuhkan untuk menyesuaikan konten TikTok Anda dengan prospek di ceruk pasar Anda. Akun Pro juga memberi Anda akses ke WorkSpace dan alat untuk membantu menumbuhkan pengikut Anda.

Untuk beralih ke akun TikTok Pro, Anda harus melakukan bebera hal seperti berikut:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Ketuk ikon “Saya” di bagian bawah layar.
  • Ketuk tiga titik di pojok kiri atas.
  • Ketuk “Kelola Akun”.
  • Ketuk “Beralih ke akun Pro.”
  • Pilih “Pencipta” atau “Bisnis”, dan selesai!
Posting Konten Baru Saat Audiens Anda Paling Aktif

f. Tambahkan Suara dan Musik Tren ke Video Anda

Pikirkan musik dan suara di TikTok seperti tagar. Anda dapat menggunakan klip audio yang sedang tren untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk dapat ditemukan dan mendapatkan lebih banyak suka, komentar, dan penayangan.

Bagaimana Anda menemukan suara populer untuk digunakan dalam video Anda?

Berikut adalah cara untuk menemukan musik yang sedang tren:

  • Suara di Editor Video. Saat membuat video, ketuk tombol “Suara” di bagian atas layar. Halaman baru akan dimuat, dan Anda akan melihat halaman “Temukan”. Di sini, Anda dapat melihat suara yang direkomendasikan untuk Anda gunakan dan bagian “Daftar Putar” yang menampilkan klip viral, suara yang sedang tren, dan bagan musik TikTok. Anda juga dapat menjelajahi halaman “Trending” untuk melihat apa yang sedang tren di berbagai kategori seperti “kebugaran” atau “makanan dan minuman”. Gulir melalui suara dan tambahkan apa yang Anda suka ke folder Favorit Anda untuk digunakan nanti
  • Simpan Suara ke Favorit Anda. Saat Anda menelusuri TikTok dan menemukan suara yang ingin Anda gunakan untuk video, tambahkan ke folder Favorit Anda. Fitur ini mengumpulkan klip Anda di satu tempat yang praktis, dan Anda tidak perlu membuang waktu untuk mencoba mengingat nama suara. Jika Anda menyukai suara dan ingin menyimpannya, ketuk nama suara di bawah nama pengguna. Halaman audio akan dimuat di mana Anda dapat melihat daftar semua video lain yang menggunakannya dan tombol untuk menambahkan klip ke Favorit Anda.
  • Gunakan Suara yang Didengarkan Pengikut Anda di TikTok. Setelah Anda beralih ke akun TikTok Pro dan mencapai 100 pengikut, Anda akan mendapatkan akses ke fitur analitik menarik lainnya. Di bawah tab “Pengikut”, Anda akan melihat daftar suara yang telah ditonton pengikut Anda dalam tujuh hari terakhir. Ini membantu mengurangi waktu penelitian dan memilih suara untuk video Anda berikutnya.

Gunakan Cerita TikTok. Meskipun belum menjadi fitur yang pasti, TikTok telah menguji coba Stories. Setelah uji coba awal di Brasil, pengguna AS mulai melihat notifikasi tentang aplikasi baru.

Cerita TikTok muncul selama 24 jam sebelum menghilang dari umpan dan memiliki lingkaran biru di sebelahnya. Pengguna dapat menemukan cerita dengan membuka FYP TikTok Anda. Memposting video bekerja dengan cara yang sama seperti konten biasa.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara jualan di TikTok Tanpa Modal, artikel ini cocok bagi pemula yang ingin berjualan di media sosial khususnya TikTok Shop.

Bagaimana cara berjualan di tiktok tanpa modal?

Berjualan di TikTok bisa menjadi cara terbaik untuk memulai bisnis tanpa investasi yang besar. Dengan semakin populernya TikTok, TikTok menghadirkan peluang unik untuk menjangkau pelanggan potensial dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Tapi bagaimana Anda bisa berjualan di TikTok tanpa modal? Nah, berikut ini beberapa cara jualan di TikTok tanpa modal:
1. Daftar TikTok Shop
2. Daftar TikTok Affiliate
3. Memiliki Banyak Followers
4. Membuat Kolaborasi di Live Streaming
5. Sering Muncul di FYP TikTok

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like