Instagram dalah salah satu platform media sosial paling populer di luar sana dan bisa menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis Anda, apalagi jika anda memanfaatkan dengan cara membuat blog di IG
Dengan 1 miliar pengguna dari seluruh dunia yang masuk ke Instagram setiap bulannya, Anda memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang besar dan terlibat jika Anda tahu cara menggunakan platform ini secara efektif.
Mulai dari memahami tagar, membuat konten untuk bisnis Anda, dan monetisasi akun Anda, semua yang perlu Anda pelajari tentang blogging di Instagram ada di sini!
Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah demi langkah cara memaksimalkan blogging di Instagram. Jadi, ayo kita mulai!
Apakah Anda ingin menciptakan hubungan yang lebih bermakna dengan para pengikut Anda di Instagram? Jika ya, maka blog pribadi mungkin merupakan solusi yang Anda cari.
Blog pribadi adalah cara terbaik untuk menggunakan salah satu dari sekian banyak media sosial yang tersedia saat ini untuk menyediakan konten berharga yang menarik dan membangun hubungan dengan pengikut Anda dengan cara yang unik.
Blog pribadi di Instagram adalah kumpulan posting yang ditulis atau dibuat dengan tujuan menyampaikan informasi tentang diri Anda dengan cara yang mudah diakses dan menarik.
Ini bisa mencakup cerita tentang perjalanan atau petualangan Anda, refleksi tentang kehidupan dan pengalaman atau pemikiran tentang topik terkini yang Anda temukan secara online.
Blog pribadi juga bisa berfungsi sebagai portofolio online yang dapat dibagikan kepada orang lain dan digunakan untuk menunjukkan siapa diri Anda serta apa yang menarik bagi Anda.
Instagram telah menjadi salah satu social media yang telah bertahan lama di tengah gempuran berbagai social media lain yang tengah berkembang.
Hal ini dikarenakan Instagram memiliki berbagai macam fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk mengekspresikan diri melalui foto, video, dan tulisan secara maksimal.
Di samping itu, Instagram juga memiliki banyak influencer yang aktif mengemukakan pendapatnya melalui berbagai topik yang relevan dengan minat pembaca dalam bentuk blog pribadi.
Menjalankan blog pribadi di instagram juga memiliki berbagai keuntungan yang tidak kalah dengan mengembangkan konten di wordpress atau blogspot.
Sejak dirilisnya Instagram di tahun 2012, Social media ini telah menjaring miliaran pengguna yang terus berkembang hingga saat ini.
Dari sekian banyak pengguna instagram inilah anda tentunya akan menemukan target audience yang diinginkan, misalnya pengamat social media atau kreator yang sedang mencari inspirasi di Instagram.
Sehingga saat memulai membuka blog pribadi di Instagram, anda dapat dengan mudah menemukan target audience yang diinginkan tentunya dengan pendekatan yang tepat.
Misalnya saja, anda ingin menargetkan anak muda yang baru saja lulus dari kuliah atau sekolah namun belum mengetahui jenjang karir yang diinginkan.
Maka anda bisa memulai membuat konten blog pribadi berupa tips mencari pekerjaan untuk lulusan baru atau aplikasi dan website yang dapat menggali potensi diri target audience.
Selain itu, agar mendekatkan diri dengan pengikut yang dimiliki, maka anda bisa membuat konten dengan visual yang menarik, informatif, dan memanjakan mata, sehingga konsumen tidak segan untuk mengunjungi akun anda bahkan merekomendasikannya ke orang lain.
Dengan pendekatan yang sesuai minat inilah, anda akan dapat menjangkau target audience yang diinginkan dan menjadikannya pengikut setia.
Tidak hanya itu, apabila berbagai strategi yang dilakukan belum mencapai target yang diinginkan, maka anda bisa memanfaatkan fitur iklan yang dimiliki Instagram.
Dengan cara ini, konten anda dapat tersebar dengan mudah ke target audience yang diinginkan, sehingga mampu meningkatkan insight dengan cepat.
Keuntungan lainnya dari menggunakan fitur iklan instagram adalah anda dapat memantau kinerja iklan serta mengelola budget promosi, sehingga tidak keluar dari pengeluaran yang telah ditentukan sebelumnya.
Salah satu daya tarik Instagram yang membuatnya terus dikunjungi banyak orang adalah adanya berbagai konten yang variatif.
Mulai dari konten video dengan durasi panjang dan pendek, interaksi dengan pengikut menggunakan instagram live, atau bahkan menyajikan konten edukasi menggunakan tulisan dan visual yang menarik.
Berbagai konten ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang hendak mengembangkan blog pribadinya di Instagram, serta menjangkau target konsumen melalui konten yang menarik.
Apabila anda hendak menyajikan konten edukasi dengan sajian yang menarik dan mudah dipahami, maka konten video bisa menjadi pilihan terbaik.
Dimana anda dapat memasukkan iringan lagu selama video ditayangkan dengan tambahan visual yang keren, sehingga membuat penonton tidak merasa bosan.
Namun, jika anda hendak mendiskusikan topik yang berat dengan pengikut anda, maka konten gambar bisa menjadi pilihan terbaik.
Hal ini dikarenakan anda dapat menuliskan opini dan pemikiran anda melalui carousel foto dalam jumlah banyak, beserta tambahan tulisan dan gambar dengan tambahan data yang membuat pengikut anda lebih percaya pada isi konten tersebut.
Akan tetapi, apabila anda hendak melakukan perbincangan dan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, maka memanfatakan fitur instagram live bisa menjadi pilihan terbaik.
Dimana pengikut anda juga dapat berperan aktif mengemukakan pendapat mereka sehingga menjadi wadah diskusi yang menarik serta dapat meningkatkan hubungan yang erat satu sama lain.
Anda juga bisa memanfaatkan fitur instagram story untuk membagikan cuplikan terbaru mengenai kegiatan yang dilakukan saat ini, topik yang sedang hangat, atau melakukan diskusi singkat dengan pengikut anda.
Salah satu keuntungan setelah mendapatkan pengikut yang banyak dan memiliki pengaruh yang lebih besar adalah kemudahan mendapatkan endorsement dari brand-brand besar yang berhubungan dengan topik yang anda selalu anda bicarakan sebelumnya.
Penawaran endorsement ini diberikan setelah melihat seorang influencer mampu mempengaruhi pengikutnya berkat pemikiran serta rekomendasi produk yang berkaitan dengan topik yang dibahas di berbagai konten Instagram.
Sehingga jika anda mempromosikan atau merekomendasikan produk dari brand tertentu, maka akan membantu meningkatkan jumlah penjualan barang, sehingga menguntungkan merk tersebut.
Sayangnya dalam proses pembuatan konten promosi produk, terkadang pengikut anda kurang tertarik pada tawaran yang diberikan.
Hal ini bisa jadi karena konten promosi yang tampil berbeda dengan postingan yang biasa anda suguhkan, sehingga kurang mengena di hati pembacanya.
Di tambah lagi, promosi melalui endorsement produk sudah sangat menjamur di kalangan content creator saat ini, sehingga konsumen dapat membedakan antara konten promosi dan rekomendasi dengan mudah.
Agar konten promosi terlihat lebih menarik maka anda bisa mengkolaborasikan postingan endorsement dengan konten yang biasa anda buat sehari-hari, sehingga terlihat lebih menarik dan relevan di mata pengikut yang dimiliki.
Selain itu, berikan sentuhan kreatif dan tidak mononton di konten promosi, sehingga penonton tidak merasa bosan dan tertarik untuk membelinya meskipun belum pernah mencoba sebelumnya.
Salah satu keuntungan memiliki akun pribadi di berbagai social media adalah kemudahan dalam mengemukakan pendapat mengenai topik tertentu, baik melalui gambar atau tulisan.
Hal ini juga berlaku apabila anda membuat akun blog pribadi khusus di Instagram yang berisi pemikiran mengenai topik di komunitas tertentu.
Apabila pendapat anda relevan dengan komunitas yang dituju, maka anda dapat dengan mudah diterima oleh anggota komunitas yang sama.
Meskipun begitu, pendapat tersebut juga sebaiknya di dukung dengan konten yang sesuai dan mudah dipahami, serta tambahan data yang mendukung pendapat anda.
Sehingga dalam memulai mengembangkan blog pribadi di Instagram, ada baiknya untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh target audience.
Misalnya saja, anda memiliki target konsumen berupa anak muda, maka konten video pendek relatif lebih disukai, karena memberikan pendapat dalam waktu singkat di dukung dengan visual yang menarik, sehingga lebih mudah dipahami.
Namun, jika anda memiliki target audience berupa pengguna instagram di kisaran usia 30-40 tahun, maka konten visual yang di dukung dengan data yang sesuai akan lebih digemari, mengingat pembaca akan mencari kebenaran berita yang berasal dari informasi yang disuguhkan.
Selain itu, pemilihan gaya bahasa juga perlu diperhatikan saat membuat blog pribadi di Instagram, mengingat social media ini memiliki keterbatasan dalam penulisan kata, sehingga sebaiknya anda meringkas konten anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesalahpahaman saat membacanya.
Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat blog pribadi menggunakan Instagram? Instagram adalah salah satu platform media sosial terkemuka, dengan lebih dari 1 miliar pengguna. Dengan jangkauan ini dan jumlah fitur yang terus bertambah, tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk menggunakan Instagram sebagai platform blog pribadi mereka. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog pribadi menggunakan Instagram.
Jika Anda ingin konten blog pribadi Anda hanya dapat dilihat melalui satu akun saja, maka buatlah akun terpisah khusus untuk blog pribadi Anda.
Anda tidak ingin penggemar akun bisnis reguler Anda bingung dengan masuknya postingan yang tidak sesuai dengan minat mereka.
Apakah Anda seorang influencer atau kreator konten yang ingin menjangkau lebih banyak orang, membagikan pesan Anda, dan menumbuhkan audiens yang lebih besar? Jika ya, maka membuat akun Instagram Creator adalah hal yang tepat untuk Anda lakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun Instagram Creator Anda sendiri dan memanfaatkannya semaksimal mungkin:
Lengkapi Profil Anda
Profil Instagram harus memiliki semua informasi yang relevan sehingga orang lain dapat dengan mudah menemukan dan mengikuti Anda.
Ini termasuk bio yang menarik, tautan aktif ke situs web/blog Anda, dan visual yang menarik (gambar/video).
Pastikan Anda menyertakan kata kunci dan tagar yang membantu pengguna dengan minat yang sama untuk menemukan Anda dengan cepat.
Berkreasilah dengan Konten Anda
Konten Anda harus menarik dan mampu mendorong percakapan dalam niche Anda. Pastikan konten tersebut menarik bagi pengikut yang sudah ada dan juga pengikut baru. Artinya, setiap postingan harus unik namun mengikuti tema, menarik secara visual, dan mendorong interaksi dari pemirsa dalam bentuk komentar, suka, berbagi, dll.
Tetapkan Pedoman Merek
Agar merek Anda di Instagram (dan saluran lain) menonjol dari yang lain, penting bagi Anda untuk terlebih dahulu menetapkan pedoman agar lebih mudah terlihat di semua visual sesuai dengan warna merek, font, dll.
Dengan menetapkan pedoman merek, Anda memberi diri Anda kendali kreatif atas bagaimana merek memandang pekerjaan Anda di masa depan..
Gunakan Alat Analisis & Platform Iklan
Alat analitik bawaan Instagram memungkinkan pembuat konten untuk mengukur data seperti tingkat keterlibatan rata-rata pada interval tingkat pos selama periode waktu tertentu atau tayangan postingan akun selama waktu tertentu sehingga memungkinkan mereka mengoptimalkan kampanye dengan cepat berdasarkan informasi untuk memastikan ROI maksimum dari investasi mereka dalam pemasaran digital.
Selain itu, platform iklan berbayar seperti Facebook Ads juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong visibilitas yang lebih besar di antara profil audiens target secara lebih akurat.
Mulailah mengikuti orang lain di ceruk yang sama dengan Anda, kirimkan “pesan langsung yang memperkenalkan diri Anda dan beri tahu orang-orang bahwa Anda telah memulai blog IG baru! Beberapa akun bahkan menawarkan diskon untuk produk mereka jika mereka ditandai di postingan Anda atau jika pengikut mereka menyebut mereka (beberapa influencer telah melakukan ini dengan sukses!). Ini akan membantu membangun audiens awal saat Anda meluncurkan postingan pertama Anda.
Saat menulis postingan, pastikan setiap postingan disertai dengan deskripsi teks yang menyoroti tentang apa postingan tersebut, tidak hanya berfokus pada gambar saja. Selain itu, tambahkan tagar yang relevan agar orang dapat dengan mudah menemukan konten Anda secara online dan terpapar secara langsung, yang akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan pada setiap postingan!
Untuk menjaga keterlibatan pada setiap postingan Anda, sering-seringlah berinteraksi dengan pengguna lain dengan mengomentari gambar atau video mereka yang terkait dengan topik postingan Anda.
Hal ini membantu membangun hubungan dengan pengguna tersebut dan meningkatkan visibilitas untuk kedua belah pihak – pada gilirannya membuat lebih banyak orang mengetahui kedua akun tersebut!
Membuat konten yang konsisten membutuhkan banyak perencanaan ke depan, terutama karena media sosial bergerak dengan cepat!
Akan sangat membantu jika Anda merencanakan konten beberapa hari sebelum mempostingnya sehingga kejadian tak terduga tidak terlalu mengganggu jadwal produksi, menetapkan tenggat waktu membuat semua orang tetap terorganisir dan memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas-tugas yang sedang dikerjakan, alih-alih khawatir akan terlambat atau melupakan detail-detail penting.
Dengan bersikap proaktif dalam pembuatan konten, Anda dapat memastikan bahwa semua tenggat waktu terpenuhi tanpa mengorbankan kontrol kualitas.
Apakah Anda seorang pembuat konten di Instagram dan sedang mencari ide-ide baru untuk blog pribadi Anda? Pembuatan konten bisa menjadi bisnis yang rumit, terutama agar tetap kreatif dan relevan dengan minat konsumen.
Membuat konten untuk blog Anda adalah bagian penting untuk menjaga visibilitas dan membangun hubungan dengan pengikut Anda di Instagram. Anda harus terus menerus menghasilkan ide-ide segar yang menarik perhatian audiens target Anda.
Membuat konten kreatif bisa memakan waktu, tetapi untungnya ada banyak ide yang tersedia jika Anda tahu di mana mencarinya.
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa ide konten blog pribadi terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan keterlibatan dan menjangkau lebih banyak orang di Instagram.
Konten ulasan produkadalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan kepada pengikut Anda betapa hebatnya produk Anda.
Ulasan produk adalah cara yang efektif untuk membangun kredibilitas dengan calon pelanggan, serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat membuat konten ulasan produk di Instagram dan memaksimalkan keterlibatan.
Pilih Produk Berkualitas yang Akan Anda Rekomendasikan
Memilih produk yang benar-benar akan Anda gunakan, atau produk yang menurut Anda dibutuhkan atau akan dihargai oleh audiens dan dapat membantu memberikan hasil yang lebih baik.
Soroti fitur dan manfaat produk dan berikan contoh nyata tentang bagaimana produk tersebut dapat digunakan.
Jika Anda memiliki beberapa pilihan yang tersedia, fokuslah hanya pada salah satu dari item tersebut dan pastikan untuk menjelaskan mengapa produk tersebut merupakan pilihan yang lebih baik daripada yang lain.
Jujurlah Tentang Pengalaman Anda Saat Menggunakan Produk
Saat membuat konten ulasan produk untuk Instagram, jujurlah tentang pengalaman Anda dengan barang tersebut, Penting untuk memberikan pendapat yang jujur karena calon pelanggan yang mungkin tidak mempercayai apa yang Anda katakan, sehingga mereka mencurigai bahwa pandangan Anda telah terpengaruh oleh pembayaran untuk promosi.
Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi
Kualitas gambar memainkan peran besar dalam membuat orang terlibat dengan postingan Anda, semakin menarik tampilannya, semakin tinggi peluang pengikut untuk mengeklik dan mempelajari lebih lanjut tentang barang yang ditampilkan dalam postingan Anda.
Sertakan Hashtag Terkait
Tambahkan tagar terkait saat membuat konten ulasan produk yang relevan dengan pengguna Instagram yang mengikuti tagar tertentu.
Dengan demikian, pengguna lain yang mencari di bawah tagar tertentu dapat menemukan postingan Anda, menyebarkan kesadaran sambil mengarahkan mereka untuk membuat keputusan pembelian dengan cara mereka sendiri. Gunakan tagar yang relevan di bawah 30 karakter termasuk emoji jika perlu
Sering-seringlah Berinteraksi di Kolom Komentar
Setelah mempublikasikan postingan, sering-seringlah berinteraksi secara positif dengan mereka yang mengomentari postingan tersebut. jawablah pertanyaan yang mungkin mereka miliki tentang produk tertentu yang diulas.
Hal ini menunjukkan perhatian dari kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi yang mendorong kepercayaan jangka panjang antara merek dan pengikut serta klien mereka di masa mendatang!
Instagram adalah platform serbaguna untuk mengeksplorasi cara-cara kreatif dan menarik untuk menarik pelanggan potensial dan melibatkan pengikut saat ini.
Menggunakan fitur-fitur platform termasuk cerita, jajak pendapat, video, gambar orlando, igtv, dan lainnya dapat membuat konten Anda unggul dalam persaingan. Salah satu cara untuk mengeksplorasi peluang ini adalah dengan membuat konten ulasan tempat di Instagram.
Berikut adalah beberapa tips dan panduan yang perlu diingat saat membuat postingan ulasan tempat yang efektif di Instagram:
Persiapkan Konten
Sebelum Anda mulai mengerjakan konten ulasan tempat, membaca secara online atau mengunjungi tempat itu sendiri akan memberi Anda beberapa pengetahuan, mengunjungi lokasi sendiri juga membantu tampak lebih otentik dalam postingan Anda dengan memberikan sentuhan pribadi, sesuatu yang dicari pelanggan saat memutuskan apakah mereka harus mempercayai merek atau tidak.
Selain itu, pastikan untuk mengambil foto & video berkualitas dari tempat tersebut di siang hari yang cerah sehingga pengikut Anda dapat memiliki representasi yang akurat dari situs yang dimaksud.
Ringkas & Menarik
Rata-rata pengguna menelusuri feed mereka dengan cepat dan umumnya tidak membaca lebih dari kalimat pertama jika tidak menarik perhatian mereka dengan cepat.
Oleh karena itu, pastikan apa pun yang Anda tulis hanya terdiri dari 500 karakter atau kurang untuk memastikan pembaca terus membaca hingga akhir, serta menyertakan ajakan untuk bertindak yang mengundang mereka untuk mengunjungi situs tersebut!
Sertakan Tautan & Tagar yang Relevan
Untuk membuat postingan Anda lebih mudah dicari dan diakses oleh pengguna lain yang berfokus pada subjek yang sama, pastikan untuk menambahkan tagar yang relevan (1-2 tagar yang relevan / 100 karakter) bersama dengan tag lain yang mungkin terkait seperti tag lokasi, dll.).
Selain itu, menambahkan tautan yang mengarahkan pemirsa langsung ke barang dagangan yang terkait dengan subjek (baik itu lokasi yang sama atau perusahaan lain yang relevan), secara signifikan meningkatkan tingkat keterlibatan & tingkat penjualan secara keseluruhan (jika terjadi konversi).
Akhiri dengan Kesan Positif
Terakhir, buatlah kesimpulan yang positif dengan mengundang audiens Anda untuk mengevaluasi dan membagikan pengalaman mereka yang berkaitan dengan lokasi yang diposting.
Jauhkan dampak negatif yang bertujuan untuk membuat kesan positif pada pelanggan potensial dengan menciptakan persepsi yang baik di sekitar konten digital Anda.
Buat Akun Mandiri untuk Blog Pribadi Anda
Buat Akun Instagram Creator
Membangun Pengikut Anda
Tambahkan Deskripsi Teks dan Gunakan Tagar yang Relevan
Berinteraksi dengan Pengguna Lain
Rencanakan Pembuatan Konten yang Konsisten
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.