Konten Podcast : Cara Seru Promosi dengan Suara

Apakah Anda mencari cara-cara kreatif untuk mempromosikan konten podcast untuk promosi dan menonjol dalam lautan konten audio? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk memasukkan efek suara dan musik ke dalam strategi pemasaran Anda?

Podcasting telah meledak popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyaknya podcast yang tersedia, penting untuk menemukan cara unik untuk mempromosikan konten Anda dan menarik pendengar baru.

Memasukkan efek suara dan musik ke dalam strategi pemasaran podcast Anda dapat menjadi cara yang menyenangkan dan menarik untuk menarik perhatian calon pendengar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara kreatif untuk menggunakan suara untuk mempromosikan podcast Anda dan membuatnya menonjol di pasar yang ramai.

Baik Anda seorang podcaster berpengalaman atau baru memulai, tips ini akan membantu Anda meningkatkan upaya pemasaran Anda ke tingkat berikutnya.

podcast adalah

Podcast Adalah

Mendengarkan konten podcast kini telah menjadi kebiasaan baru bagi banyak orang, dimana anda bisa mendengarkan obrolan lain yang memberikan hiburan atau informasi baru dimana saja dan kapan saja.

Kemudahan dalam mengakses podcast melalui handphone menjadikan konten ini tidak hanya dijadikan sebagai media menyalurkan bakat dan pendapat, namun juga sebagai media promosi yang cocok untuk beberapa jenis industri dan brand tertentu.

Salah satunya yang dilakukan oleh brand Finansial yang bergerak di bidang edukasi keuangan, dimana mereka memiliki saluran podcast bernama Finansialku Talk Podcast yang sebagian besar membahas masalah keungan yang menarik untuk diikuti.

Kemudahan dalam memberikan solusi bagi konsumen dengan obrolan yang ringan, menjadikan promosi menggunakan konten podcast bisa menjadi ide yang menarik untuk menjangkau pembeli.

Selain itu, melakukan promosi melalui podcast marketing juga memberikan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli.

Pertama adalah kemudahan untuk memberikan brand voice dengan menggunakan identitas diri anda dan menyampaikan pesan secara efektif.

Selain itu, penggunaan podcast marketing juga dapat membantu dalam menciptakan brand awareness pada target konsumen yang dituju, sehingga membuat mereka terus mengenal merk anda dengan mendengarkan berbagai episode yang disajikan selanjutnya.

cara menggunakan podcast untuk promosi produk

Cara Menggunakan Podcast untuk Promosi Produk

Apakah Anda sedang berjuang untuk menemukan cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau layanan Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan konten podcast sebagai alat pemasaran?

Podcast telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dengan jutaan orang yang mendengarkan untuk mendengarkan acara favorit mereka. Hal ini memberikan peluang unik bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka melalui media ini.

Di era digital ini, penting untuk menggunakan strategi pemasaran yang inovatif untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Konten podcast dapat menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, tetapi hanya jika Anda menggunakannya dengan benar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan podcast untuk promosi produk dan cara membuat konten yang melibatkan audiens Anda dan mendorong penjualan.

1. Ketahui Tujuan Membuat Konten Podcast

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat konten podcast adalah mengetahui alasan membuat podcast, mengingat anda memerlukan waktu yang lama untuk membuat konten, melakukan rekaman suara, dan mengeditnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Selain itu, anda juga perlu memastikan apakah konsumen anda mau mendengarkan konten podcast yang anda sajikan, jawaban dari pertanyaan tersebut bisa anda ketahui dengan melakukan survey di akun social media yang dimiliki serta mengetahui kebiasaan konsumen yang memiliki rentang umur yang sama.

Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan akhir dari membuat konten podcast di social media, apakah anda hendak meningkatkan jumlah konsumen, penjualan produk, atau kunjungan ke akun yang dimiliki, dimana nantinya akan memengaruhi isi materi yang akan disampaikan di siniar.

Penentuan hasil ini akan membutuhkan waktu yang lama, namun hasilnya akan memberitahu apakah anda harus mencoba strategi promosi konten podcast atau tetap menggunakan jenis konten yang sama untuk menjangkau target audience yang dimiliki.

Mulai Buat Konten Podcast

Setelah mengetahui tujuan membuat konten podcast, maka inilah saatnya untuk mempersiapkan diri untuk membuat konten suara yang menawan.

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan sebelum membuat konten podcast adalah mempersiapkan berbagai alat yang dibutuhkan.

Misalnya saja adalah ruangan kedap suara sehingga saat proses rekaman berlangsung akan meminimalisir suara-suara lain yang mengganggu penonton saat mendengarkan konten podcast.

Namun apabila budget anda terbatas, maka bisa memilih ruangan kosong yang jauh dari keramaian, sehingga anda bisa membuat konten podcast dengan nyaman.

Beberapa properti tambahan juga dibutuhkan dalam membuat konten podcast, misalnya saja adalah sofa dan kursi empuk yang nyaman serta meja panjang yang berguna untuk menaruh peralatan perekaman suara.

Penggunaan lampu dengan pencahayaan yang cukup serta background yang sesuai juga dapat menaikkan tampilan konten podcast apabila anda memutuskan membuat siniar dengan tambahan video.

Bagian paling penting dalam membuat konten podcast adalah menyiapkan alat rekaman yang dapat menangkap suara anda dengan jelas.

Guna mendapatkan rekomendasi alat podcast terbaik, anda bisa berkonsultasi pada teman yang telah membangun jalan karir yang sama atau melihat produk yang telah diulas oleh influencer yang juga memiliki podcast.

Setelah menyiapkan berbagai peralatan podcast yang memadai, jangan lupa juga untuk membangun naskah podcast dari ide yang telah anda persiapkan sebelumnya.

Siapkan satu sub topik khusus yang merupakan cabang dari topik utama yang anda miliki, sehingga konten podcast anda akan terlihat berurutan dan saling menyambung satu sama lain.

Sampaikan konten podcast dalam mode bercerita, sehingga tidak terkesan membosankan di telinga konsumen dan membuat mereka mengulang konten podcast berkali-kali.

Sebelum anda melakukan rekaman konten podcast, ada baiknya anda membacanya secara mandiri atau meminta seseorang untuk mendengarkan naskah anda, sehingga anda bisa mengetahui kesalahan yang perlu diperbaiki sebelum melakukan rekaman suara.

Pada bagian terakhir naskah podcast, tambahkan juga kalimat call to action, sehingga konsumen bisa mengetahui kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan setelah mendengarkan konten tersebut serta membantu memenuhi tujuan promosi yang dimiliki.

Buat Judul dan Deskripsi yang Relevan

Meskipun anda membuat konten podcast sebagai edukasi untuk konsumen yang dimiliki, namun anda juga perlu menyasar target konsumen tertentu untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

Sehingga untuk mendapatkan hasil tersebut, anda perlu membuat judul dan deskripsi yang relevan agar mudah ditemukan oleh konsumen saat mereka melakukan pencarian di social media.

Anda bisa memulainya dengan melakukan analisa kata kunci, untuk menemukan keyword yang relevan dan mendapatkan hasil pencarian teraats di social media.

Pada proses analisa, anda akan membutuhkan bantuan dari website analisa kata kunci untuk mengetahui hasil pencarian dalam jangka waktu tertentu.

Setelah menemukan berbagai kata kunci yang relevan, maka anda bisa memasukkannya ke dalam judul dan deskripsi konten agar podcast anda muncul di pencarian teratas saat konsumen melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Buat juga judul yang membuat penasaran dan memuat isi topik, sehingga membuat pendengar penasaran dan mendengarkan konten podcast yang dimiliki.

Sebagian besar platform podcast juga memilah konten berdasarkan topik yang relevan, sehingga pastikan untuk memasukkan kategori tersebut berdasarkan video yang anda miliki.

Pastikan juga untuk membuat judul yang sesuai di tiap episodenya, sehingga memudahkan pendengar mengetahui topik yang akan anda sampaikan dan memikat calon pendengar baru.

RIlis Podcast dengan Beberapa Episode

Setelah melakukan berbagai rekaman dan edit video, anda mungkin berfikir merilis satu video saja cukup dalam perilisan perdana ini.

Namun konsumen yang sudah tertarik pada podcast yang anda berikan, biasanya ingin mendengarkan konten lainnya di episode yang berbeda, sehingga ada baiknya untuk merilis beberapa episode pada penayangan awal.

Cara ini akan membantu untuk mengatasi rasa penasaran pendengar serta menjaga rasa ketertarikan konsumen yang ingin mendengarkan episode selanjutnya.

Anda bisa merilis 5-10 episode sekaligus sehingga memuaskan rasa penasaran konsumen dan mendapatkan hasil promosi yang maksimal, namun 3 episode juga dirasa cukup sebagai perkenalan diri ke konsumen.

Keuntungan lainnya dari merilis beberapa episode sekaligus pada perilisan perdana adalah membuka alasan bagi konsumen untuk mengikuti akun youtube atau podcast yang dimiliki untuk menanti kelanjutan video yang selanjutnya.

Selain itu, kumpulan beberapa episode podcast sekaligus juga membuka peluang bagi konten anda dibagikan ke orang lain, sehingga menambah jumlah pendengar organik

Bagikan Melalui Email Promosi

Selain mempromosikan konten podcast ke social media yang dimiliki, maka anda juga bisa membagikannya melalui email marketing.

Melakukan promosi melalui email marketing diyakini masih menjadi cara promosi terbaik, mengingat konsumen juga sering kali membuka email untuk mengetahui informasi penting dari brand yang disukai.

Anda bisa membagikan konten podcast dengan menautkannya ke kolom email, sehingga memudahkan konsumen untuk mengaksesnya.

Di bagian pembukaan email, anda bisa membuat deskripsi yang mengajak konsumen untuk melakukan interaksi, sehingag mereka tertarik untuk membuka email yang dikirimkan.

Jangan lupa juga untuk menambahkan kalimat call to action di akhir video sehingga memikat konsumen untuk melakukan ajakan yang anda minta.

Guna mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal, maka anda bisa membuat list konten email konsumen yang bisa dituju untuk promosi.

Anda bisa menganalisanya melalui rentang usia serta kebiasaan yang dilakukan sehingga konten podcast anda lebih efektif.

Pastikan juga untuk membagikan email tersebut sehari setelah konten podcast diluncurkan, sehingag pendengar mendapatkan konten yang segar dan tidak sabar untuk mendengarkannya saat itu juga.

RIlis Konten Podcast di Tempat yang Tepat

Konten podcast kini bisa dinikmati di berbagai platform audio, sehingga lebih mudah bagi konsumen untuk mendengarkannya di waktu dengan gadget yang dimiliki.

Di sisi lain, anda juga perlu merilis konten podcast di tempat yang tepat, sehingga anda mendapatkan lebih banyak pendengar dan menjangkau target audience yang lebih luas.

Sehingga anda perlu melakukan analisa konsumen untuk mengetahui kebiasaan yang dilakukan, termasuk platform audio yang biasanya digunakan untuk mendengarkan podcast, sehingga anda dapat menyajikan podcast di tempat yang tepat.

Misalnya saja apabila konsumen anda merupakan kalangan anak muda yang memiliki kebiasaan yang padat namun selalu menyempatkan waktu untuk mendengarkan podcast, maka Spotify bisa menjadi tempat terbaik.

Mengingat aplikasi spotify mudah diunduh di berbagai jenis handphone, sehingga memudahkan pendengar untuk mendengarkan podcast secara fleksibel.

Namun apabila target konsumen anda menyukai konten video pendek dan memiliki banyak waktu luang, maka merilis di Youtube bisa menjadi solusi terbaik.

Sayangnya mengunggah konten podcast di youtube membutuhkan tampilan gambar untuk membangun interaksi dengan penonton, sehingga anda perlu memperlihatkan diri anda di depan layar kaca atau membuat tampilan menggunakan animasi yang menarik.

Beberapa pengguna internet juga menggunakan aplikasi khusus untuk mendengarkan podcast, sehingga anda bisa mempertimbangkannya untuk meluncurkan episode podcast anda di tempat tersebut.

RIlis Konten Podcast di Waktu yang Tepat

Meskipun mendengarkan konten podcast bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, namun merilis di waktu yang tepat juga dapat membantu menaikkan jumlah pendengar.

Selain itu, jika merilis di waktu konsumen sedang sibuk, maka pendengar akan memilih untuk menunda dalam mendengarkannya dan akhirnya malah melupakan untuk mendengarkan konten podcast tersebut.

Guna mengetahui waktu mendengarkan konten podcast yang tepat, anda bisa bertanya ke konsumen melakukan fitur tanya jawab di social media.

Anda juga bisa mengunggah konten podcast di hari libur atau akhir minggu, sehingga pendengar anda bisa memiliki waktu luang untuk mendengarkannya saat itu juga.

Analisa juga waktu rilis konten dari podcast yang memiliki minat yang sama dengan anda dan memiliki pendengar yang lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah merilis beberapa episode, anda tentunya akan mendapatkan hasil analisa dari kinerja konten podcast anda yang bisa digunakan untuk sebagai patokan untuk merilis podcast di waktu yang tepat.

Undang Tamu di Konten Podcast

Memasarkan konten podcast tidak hanya bisa dilakukan dengan membagikannya ke akun social media yang dimilki.

Anda juga bisa mengundang berbagai influencer atau Key Opinion leader untuk mengobrol di konten podcast yang dimiliki.

Cara ini juga dinilai ampuh untuk memikat target konsumen baru yang berasal dari pengikut influencer tersebut serta menambah jumlah pendengar.

Sebelum mengundang tamu di konten podcast yang dimiliki, maka ada baiknya untuk menganalisa terlebih dahulu kreator yang akan diundang ke acara tersebut.

Pastikan influencer tersebut memiliki jumlah pengikut yang banyak serta bergerak di industri yang relevan dengan brand anda.

Sehingga pendengar baru tersebut dapat memahami topik yang disampaikan serta berminat untuk mendengarkan episode podcast lain yang dimiliki.

Anda juga bisa mengamati target influencer yang dipilih dengan melihat berbagai postingan social media yang dimiliki, sehingga anda dapat mengetahui kreator mana yang sesuai dengan episode yang akan anda suguhkan selanjutnya.

Setelah menentukan influencer yang diinginkan maka anda bisa mengundang mereka ke konten podcast yang dimiliki sembari memberikan naskah podcast yang akan disuguhkan nantinya.

Tampil di Konten Podcast Lain

Selain mengundang influencer lain untuk tampil di konten podcast, maka tidak ada salanya juga bagi anda untuk menampilkan diri di podcast milik kreator lain.

Kolaborasi promosi ini sudah sering dilakukan oleh pembuat podcast lain, dimana mereka berkunjung ke konten podcast lain yang memiliki minat sama.

Cara ini juga ampuh sebagai media promosi, mengingat anda akan tampil di hadapan pendengar yang memiiki minat yang sama, sehingga apabila mereka menyukai konten tersebut, maka akan membuka peluang untuk menambah jumlah pendengar baru.

Untuk melakukan kolaborasi dengan kreator podcast lain, anda bisa memulai dengan mencari siaran lain yang memiliki minat yang sama dan memiliki jumlah pendengar yang lebih banyak.

Kemudian ajukan kolaborasi promosi dengan menyertakan isi topik yang dibahas, sehingga mereka tertarik untuk melakukan kerjasama dengan anda.

Jika kolaborasi tersebut disetujui oleh kedua belah pihak, maka anda bisa mengatur waktu rekaman dan menyempatkan diri mengobrol mengenai topik yang akan dibahas nantinya.

Pastikan juga kreator podcast tersebut juga bergerak di platform podcast yang sama, sehingga anda dapat menyasar target konsumen yang diinginkan.

Lakukan Giveaway

Memberikan hadiah dengan nominal tertentu sebagai promosi konten podcast juga bisa menjadi cara baru untuk meningkatkan jumlah pendengar dalam  waktu cepat.

Meskipun begitu, anda juga perlu merancang konten giveaway yang sesuai dengan minat konsumen dan hadiah yang menggiurkan, sehingga mereka bisa terus mendengarkan konten podcast anda berulang kali.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat konten giveaway adalah menentukan tantangan yang tepat ke peserta.

Misalnya saja anda meminta mereka menjawab pertanyaan berdasarkan isi konten podcast tersebut, sehingga pendengar baru akan mendengarkan isi konten anda untuk pertama kalinya.

Selain itu, anda juga bisa meminta konsumen untuk mempromosikan sesi giveaway tersebut dengan menyebutkan beberapa orang di kolom komentar, sehingga meningkatkan lebih banyak orang untuk partisipasi.

Berikan jangka waktu sesi giveaway yang singkat, sehingga akan meningatkan jumlah pendengar dalam waktu singkat.

Pemberian hadiah yang relevan dengan minat konsumen juga bisa menjadi daya tarik sendiri, anda bisa memberikan voucher belanja atau memberikan produk terbaik yang dimiliki, sehingga membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.

Meskipun konten giveaway efektif untuk meningkatkan jumlah pendengar dalam waktu cepat, namun ada baiknya untuk tidak melakukan secara rutin.

Hal ini akan membuat jumlah pendengar menurun secara drastis saat anda tidak mengadakan event tertentu yang tentunya akan merugikan brand anda.

Ada baiknya untuk mengadakan sesi giveaway di waktu khusus, misalnya hari ulang tahun, hari besar khusus, atau hari peringatan tertentu yang berkaitan dengan industri anda, sehingga pendengar akan menantikan momen tersebut sembari mendengarkan episode yang anda berikan.

Promosi Konten Podcast di Social Media

Saat merilis konten podcast untuk pertama kali di platform audio tertentu, anda mungkin akan mendapatkan jumlah pendengar yang sedikit atau tidak sama sekali.

Hal ini wajar terjadi sebab belum banyak orang yang mengetahui konten podcast anda, sehingga anda perlu melakukan promosi untuk mendapatkan jumlah pendengar yang lebih besar.

Anda bisa mempromosikan podcast anda melalui berbagai jenis promosi, baik dalam bentuk tulisan, foto, atau video.

Apabila anda hendak mempromosikan konten podcast dalam bentuk tulisan, maka anda bisa membagikannya di akun Twitter dan Facebook brand yang dimiliki.

Hal ini dilakukan mengingat pengguna Twitter dan Facebook lebih menyukai konten tulisan, sehingga promosi menjadi lebih efektif.

Saat membuat konten promosi berupa tulisan, anda bisa membuat postingan yang membahas topik tertentu, kemudian sematkan link konten podcast yang membahas topik tersebut, sehingga pengikut anda tertarik untuk menyelaminya lebih dalam.

Cara promosi konten podcast di social media paling efektif adalah dengan menggunakan konten video, sebab pendengar bisa mendapatkan pengalaman untuk mendengarkan konten anda untuk pertama kali sebelum akhirnya memutuskan untuk mendengarkan episode lainnya.

Anda bisa memulainya dengan memotong cuplikan video dan membagikannya ke akun social media yang dimiliki.

Dengan tambahan caption yang tepat maa akan membuat pengikut anda tertarik 

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like