Tips Membuat Thumbnail Youtube yang Disukai Penonton

Pernahkah Anda menelusuri YouTube dan memperhatikan bagaimana beberapa thumbnail youtube lebih menarik perhatian daripada yang lain? Itu karena membuat thumbnail yang menarik adalah kunci untuk membuat pemirsa mengklik video Anda.

Dengan jutaan video yang diunggah ke YouTube setiap hari, tampil beda dari yang lain bisa menjadi sebuah tantangan. Thumbnail yang bagus dapat membuat perbedaan besar dalam membuat pemirsa memilih video Anda daripada yang lain.

Jika Anda ingin meningkatkan penayangan dan keterlibatan di saluran YouTube, membuat thumbnail yang menarik sangatlah penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips dan trik untuk membuat thumbnail yang disukai pemirsa, membantu Anda menarik lebih banyak klik dan mengembangkan saluran Anda.

cara analisa thumbnail youtube kompetitor

Baca Juga : Cara Membuat dan Mengelola Konten Youtube Untuk Pemula

Analisa Thumbnail Kompetitor Lain

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam membuat thumbnail youtube adalah menganalisa konten youtube dari kompetitor lain, hal ini akan memudahkan anda dalam mengenali selera target audience sehingga bisa anda terapkan ke kanal youtube yang anda miliki.

Tidak hanya itu, menganalisa thumbnail youtube kompetitor lain juga akan membantu anda memberikan inspirasi dengan memeriksa kekurangan dan kelebihan dari thumbnail orang lain sehingga bisa anda terapkan di konten yang anda miliki.

Anda bisa memulai menganalisa thumbnail kompetitor lain dengan membuat daftar kompetitor kanal youtube yang memiliki topik yang sama dengan konten anda, sehingga memperbesar peluang untuk mendapatkan target audience yang sama.

Penting bagi kreator untuk mencatat kelebihan dan kekurangan dari thumbnail youtube yang dimiliki oleh kompetitor lain, sehingga memudahkan anda untuk menerapkannya ke konten anda.

Anda juga bisa mengidentifikasi video berkinerja terbaik di topik anda Anda dan perhatikan thumbnail youtube mereka. Warna, gambar, dan teks apa yang mereka gunakan? Apakah mereka memiliki gaya atau tema yang konsisten? Perhatikan apa yang tampaknya beresonansi dengan pemirsa.

Perhatikan juga komposisi di thumbnail youtube yang dimiliki, apakah ada elemen tertentu yang selalu ada, seperti wajah seseorang, teks tebal, atau skema warna tertentu?

Lihatlah keseluruhan desain gambar mini dan pertimbangkan bagaimana Anda dapat memasukkan elemen serupa ke dalam desain gambar mini Anda sendiri. Banyak YouTuber yang sukses memasukkan merek atau logo mereka ke dalam gambar mini untuk membantu membangun pengenalan merek.

Lihatlah bagaimana pesaing Anda menggunakan elemen merek di thumbnail mereka dan pertimbangkan bagaimana Anda dapat melakukan hal yang sama untuk saluran Anda sendiri. Tidak hanya itu, Teks pada thumbnail youtube dapat memainkan peran penting dalam menarik perhatian penonton dan menarik mereka untuk mengklik video tertentu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Analisis pilihan teks dan font dari thumbnail youtube kompetitor, apakah mereka menggunakan frasa yang pendek dan menarik atau teks yang lebih panjang dan lebih deskriptif? Pertimbangkan bagaimana memasukkan teks yang menarik ke dalam gambar mini Anda sendiri.

Setelah Anda melakukan riset dan menganalisis thumbnail youtube kompetitor, saatnya untuk mulai bereksperimen dengan gaya dan desain yang berbeda untuk thumbnail sendiri. Buat beberapa variasi dan ujilah untuk melihat mana yang paling sesuai dengan audiens.

cara menentukan cuplikan video untuk thumbnail youtube

Tentukan Cuplikan Video yang Menarik Perhatian

Saat menggulir handphone untuk mencari konten yang hendak ditonton saat ini, anda mungkin akan menemukan thumbnail youtube yang menambahkan cuplikan video sebagai gambar penarik perhatian di Youtube.

Strategi menggunakan potongan video ternyata berhasil menarik perhatian penonton sehingga meningkatkan jumlah penonton yang penasaran pada video yang anda berikan.

Sehingga anda juga bisa menggunakan cuplikan video sebagai thumbnail youtube untuk memikat perhatian penonton sehingga mereka tertarik untuk menonton konten yang anda berikan.

Anda bisa memulainya dengan memerhatikan video yang telah anda rekam sebelumnya dan memerhatikan bagian yang kira-kira menarik perhatian penonton, kemudian ambil bagian tersebut sebagai thumbnail youtube untuk memikat perhatian serta sebagai spoiler yang membuat penasaran.

 Pastikan untuk menggunakan gambar berkualitas tinggi untuk thumbnail youtube agar terlihat profesional dan menarik penonton. Gambar berkualitas rendah dapat membuat video terlihat tidak profesional dan dapat menghalangi pemirsa untuk menontonnya. 

cara menambahkan caption di thumbnail youtube

Tambahkan Caption yang Membuat Penonton Penasaran

Dalam proses pembuatan thumbnail youtube, penting bagi anda untuk menambahkan caption sebagai deskripsi video atau menarik perhatian penonton agar mereka penasaran pada video yang anda sajikan.

Anda bisa memberikan deskripsi singkat pada thumbnail youtube yang memberikan spoiler yang menarik perhatian atau judul video apabila video anda bersifat tutorial mengenai penggunaan produk tertentu.

Tarik perhatian penonton dengan membuat caption di thumbnail youTube secara  singkat dan manis. Anda ingin menarik perhatian pemirsa dengan cepat, jadi buatlah keterangan video Anda hanya terdiri dari beberapa kata atau frasa singkat.

Kata-kata juga aksi dapat membantu menciptakan rasa urgensi dan kegembiraan dalam teks Anda. Kata-kata seperti “luar biasa”, “luar biasa”, “menakjubkan”, atau “harus ditonton” dapat membantu menarik perhatian pemirsa.

Memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam keterangan video dapat membantu meningkatkan visibilitas video dalam hasil pencarian. Pikirkan tentang apa yang mungkin dicari oleh pemirsa dan sertakan kata kunci tersebut dalam keterangan video Anda.

Pertimbangkan juga jenis huruf, warna, dan ukuran teks caption Anda untuk memastikan bahwa teks tersebut terlihat menonjol di thumbnail. Anda ingin teks Anda mudah dibaca dan menarik.

Anda juga bisa menantang diri anda dengan bereksperimen dengan teks yang berbeda untuk melihat apa yang sesuai dengan audiens. Uji kata-kata, gaya, dan penempatan yang berbeda untuk melihat apa yang paling banyak diklik.

cara menemukan template youtube

Temukan Template Thumbnail Youtube yang Tepat

Pada proses pembuatan template thumbnail youtube, anda tidak hanya membuatnya sendiri namun juga bisa memanfaatkan berbagai template thumbnail youtube di aplikasi edit video.

Hal ini tentunya akan menguntungkan kreator youtube pemula yang kebingungan dalam memilih thumbnail youtube yang tepat serta menghemat waktu dalam membuat tampilan yang anda inginkan.

Saat memilih template thumbnail youtube, penting untuk mempertimbangkan branding dan keseluruhan tampilan dan nuansa saluran. Pastikan template selaras dengan warna, font, dan gaya merek sehingga pemirsa dapat dengan mudah mengenali konten Anda.

Dengan pilihan template yang beragam, anda mungkin akan tergoda untuk memilih desain yang mencolok dan rumit, terkadang sederhana lebih baik untuk memilih thumbnail youtube. Pilihlah template yang bersih, mudah dibaca, dan menyoroti fokus utama video Anda.

Carilah template yang memungkinkan menyesuaikan teks, gambar, dan warna dengan mudah agar sesuai dengan konten spesifik setiap video. Hal ini akan membantu menciptakan branding yang kohesif di semua video, namun tetap dapat menyesuaikan setiap thumbnail dengan topik tertentu.

Penggunaan gambar berkualitas tinggi dapat membuat perbedaan besar pada tampilan thumbnail youtube yang profesional dan menarik. Pastikan templat yang dipilih memungkinkan untuk menggunakan gambar beresolusi tinggi yang akan menarik perhatian pemirsa.

Jangan takut untuk mencoba template thumbnail youtube yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk saluran Anda. Pengujian yang beragam dapat membantu menentukan desain mana yang lebih efektif dalam mendorong klik dan keterlibatan.

Anda juga perlu memilih template youtube yang sesuai untuk layar handphone atau youtube, mengingat banyak orang yang mengakses video melalui kedua tempat tersebut. Biasanya template youtube memberikan rekomendasi ukuran yang sesuai, sehingga memudahkan anda untuk memilih ukuran yang sesuai kebutuhan.

Pastikan template yang Anda pilih dapat diakses dan mudah dibaca oleh semua pemirsa, termasuk mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Hindari penggunaan font kecil atau latar belakang yang ramai yang dapat menyulitkan beberapa orang untuk membaca teks.

cara membuat template thumbnail youtube

Buat Template Thumbnail Youtube

Seorang kreator youtube kenamaan biasanya memiliki ciri khas thumbnail youtube sendiri, sehingga menjadi penanda dibandingkan kreator lainnya yang memiliki topik yang sama.

Penggunaan tampilan thumbnail youtube yang sama secara terus menerus tentunya membuat anda memutuskan untuk membuat template yang serupa sehingga lebih menghemat waktu dalam mengedit video.

Buatlah template thumbnail youtube sendiri kemudian simpan di aplikasi edit foto sehingga memudahkan untuk digunakan di waktu yang akan datang.

Anda bisa memulai membuat template thumbnail youtube dengan memilih perangkat lunak desain yang nyaman Anda gunakan. Pilihan populer termasuk Adobe Photoshop, Canva, atau bahkan PowerPoint.

YouTube merekomendasikan penggunaan ukuran gambar mini 1280 x 720 piksel, dengan lebar minimum 640 piksel. Pastikan untuk mengatur template Anda dengan dimensi ini untuk memastikannya pas di platform.

Pertimbangkan elemen apa saja yang ingin Anda sertakan dalam templat thumbnail Anda, seperti logo saluran Anda, gambar yang menarik yang terkait dengan video dan teks untuk judul. Atur elemen-elemen ini dengan cara yang menarik secara visual yang akan menarik perhatian pemirsa.

Pastikan untuk memasukkan elemen branding saluran, seperti warna, font, dan logo, ke dalam templat untuk menjaga konsistensi di semua thumbnail youtube.

Setelah puas dengan desain template thumbnail youtube, simpan sebagai file templat yang dapat digunakan kembali. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengganti gambar latar belakang dan memperbarui teks untuk setiap video baru.

Saat Anda siap membuat thumbnail untuk video baru, cukup buka file templat Anda dan sesuaikan dengan mengganti gambar latar belakang dengan tangkapan layar dari video dan memperbarui teks dengan judul. Hal ini akan menghemat waktu dan mempertahankan tampilan yang kohesif untuk semua video.

aplikasi edit foto untuk membuat thumbnail youtube

Manfaatkan Aplikasi Edit Foto untuk Membuat Thumbnail Youtube

Apakah Anda ingin meningkatkan daya tarik visual saluran YouTube dengan thumbnail yang menarik? Membuat thumbnail yang menarik perhatian sangat penting untuk menarik pemirsa ke video dan meningkatkan keterlibatan. Namun, dengan banyaknya aplikasi pengeditan foto yang tersedia, mungkin akan sangat membingungkan untuk memilih aplikasi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Thumbnail YouTube memainkan peran penting dalam kesuksesan saluran Anda. Ini adalah hal pertama yang dilihat pemirsa saat menggulir video, jadi penting untuk membuatnya menonjol. Dengan bantuan aplikasi pengeditan foto, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan gambar mini agar lebih menarik dan terlihat profesional. 

1. Canva

Canva adalah alat online populer yang menawarkan berbagai layanan desain grafis, termasuk kemampuan untuk membuat gambar mini YouTube. Meskipun Canva dikenal karena kemampuan desainnya, Canva juga menawarkan fitur pengeditan foto dasar yang dapat berguna untuk membuat thumbnail yang menarik untuk video YouTube.

Salah satu fitur utama Canva adalah antarmukanya yang ramah pengguna. Bahkan jika Anda memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman desain, Anda dapat dengan mudah menavigasi platform dan membuat thumbnail youtube yang terlihat profesional hanya dalam beberapa klik.

Canva juga menyediakan berbagai macam templat yang dirancang khusus untuk thumbnail youtube, sehingga mudah untuk menyesuaikan dan mempersonalisasi desain Anda. Dalam hal kemampuan pengeditan foto, Canva menawarkan peralatan dasar seperti memotong, memutar, dan menyesuaikan kecerahan dan kontras.

Meskipun peralatan ini mungkin tidak secanggih yang ditemukan dalam perangkat lunak pengeditan foto khusus seperti Adobe Photoshop, peralatan ini cukup memadai untuk melakukan pengeditan sederhana pada gambar Anda untuk gambar mini.

Selain itu, Canva menyediakan perpustakaan grafis, font, dan elemen gratis dan premium yang dapat digunakan untuk menyempurnakan thumbnail youtube. Sumber daya ini dapat membantu menambahkan daya tarik visual pada desain dan membuatnya menonjol di YouTube. 

2. Adobe Spark

Adobe Spark adalah aplikasi pengeditan foto fantastis yang sempurna untuk membuat thumbnail YouTube yang menarik dan terlihat profesional. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang memudahkan untuk menyempurnakan gambar dan membuat desain yang menakjubkan yang akan membantu video Anda menonjol di YouTube.

Salah satu fitur terbaik dari Adobe Spark adalah antarmuka desain intuitifnya, yang memudahkan pemula sekalipun untuk membuat thumbnail yang menarik secara visual.

Aplikasi ini menawarkan berbagai templat untuk berbagai jenis thumbnail youtube, lengkap dengan teks dan grafik yang dapat disesuaikan. Template ini merupakan titik awal yang bagus untuk membuat gambar mini yang mencolok secara visual dan informatif.

Selain template, Adobe Spark juga menawarkan berbagai alat pengeditan foto yang memungkinkan menyesuaikan warna, pencahayaan, dan komposisi untuk membuat gambar mini yang sempurna untuk video. Anda dapat memotong, mengubah ukuran, dan memutar gambar, serta menambahkan filter dan efek untuk menyempurnakan tampilannya.

Fitur hebat lainnya dari Adobe Spark adalah integrasinya dengan produk Adobe lainnya, seperti Photoshop dan Lightroom. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengimpor gambar dari program-program ini dan menyempurnakannya lebih lanjut di Adobe Spark.

3. Crello

Jika Anda seorang YouTuber yang ingin meningkatkan permainan dengan thumbnail youtube yang menarik, maka Crello mungkin adalah aplikasi pengeditan foto yang tepat untuk Anda. Crello adalah alat desain grafis online yang kuat yang menawarkan berbagai fitur yang secara khusus dirancang untuk membuat thumbnail YouTube yang memukau.

Salah satu fitur yang menonjol dari Crello adalah antarmukanya yang ramah pengguna, membuatnya mudah bagi pemula sekalipun untuk menavigasi dan membuat desain yang terlihat profesional. Dengan berbagai macam templat, font, gambar, dan elemen desain yang bisa dipilih, Anda bisa dengan mudah menyesuaikan thumbnail youtube agar sesuai dengan merek dan gaya saluran Anda.

Selain itu, Crello menawarkan integrasi tanpa hambatan dengan platform media sosial seperti YouTube, membuatnya mudah untuk langsung mengunggah desain ke saluran Anda. Ini menghemat waktu dan kerumitan, memungkinkan untuk fokus membuat lebih banyak konten untuk pelanggan.

Aspek hebat lainnya dari Crello adalah harganya yang terjangkau. Dengan berbagai pilihan harga yang tersedia, termasuk paket gratis dengan fitur terbatas dan paket berbayar dengan peralatan yang lebih canggih, Anda bisa memilih opsi yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. 

4. FotoJet

Jika Anda seorang YouTuber yang ingin meningkatkan permainan dengan thumbnail youtube yang menarik, PhotoJet mungkin merupakan aplikasi pengeditan foto yang tepat.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan berbagai alat pengeditan, PhotoJet memudahkan untuk membuat gambar mini yang terlihat profesional yang akan menarik perhatian pemirsa.

Salah satu fitur utama PhotoJet adalah perpustakaan templatenya yang beragam dan dirancang khusus untuk thumbnail youtube. Apakah Anda mencari desain yang bersih dan sederhana atau sesuatu yang lebih mencolok dan menarik perhatian, PhotoJet memiliki templat yang sesuai dengan kebutuhan. Cukup pilih templat, unggah gambar, dan mulai sesuaikan dengan teks, filter, dan alat pengeditan lainnya.

PhotoJet juga menawarkan berbagai alat pengeditan untuk membantu menyempurnakan thumbnail youtube. Dari menyesuaikan kecerahan dan kontras hingga menambahkan stiker dan lapisan, aplikasi ini menyediakan semua yang dibutuhkan untuk membuat thumbnail youtube menonjol.

Ditambah lagi, dengan kemampuan untuk menyimpan hasil karya dalam resolusi tinggi, Anda bisa yakin bahwa thumbnail youtube akan terlihat jernih dan profesional di perangkat apa pun.

Selain alat pengeditannya, PhotoJet juga memudahkan untuk membagikan thumbnail secara langsung ke YouTube atau platform media sosial lainnya. Proses yang efisien ini menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda untuk fokus membuat konten yang menarik bagi audiens Anda.

5. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan foto yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat thumbnail youTube yang menakjubkan.

Dengan alat dan fiturnya yang canggih, Photoshop memungkinkan pengguna menyempurnakan gambar mereka dan membuat thumbnail youtube yang menarik yang akan menarik perhatian pemirsa.

Salah satu fitur utama Photoshop adalah berbagai alat pengeditannya yang luas, termasuk lapisan, topeng, filter, dan efek. Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memanipulasi dan menyempurnakan gambar mereka, menyesuaikan warna, menambahkan teks, dan membuat efek visual untuk membuat gambar mini mereka menonjol.

Photoshop juga menawarkan berbagai macam templat dan preset yang dapat disesuaikan yang memudahkan pengguna untuk membuat gambar mini yang terlihat profesional dengan cepat dan mudah. Apakah Anda seorang pemula atau desainer grafis yang berpengalaman, Photoshop memiliki sesuatu untuk semua orang.

Selain kemampuan pengeditannya, Photoshop juga menawarkan integrasi tanpa batas dengan produk Adobe lainnya, seperti Adobe Illustrator dan Adobe Lightroom.

Hal ini memudahkan untuk mentransfer gambar di antara program yang berbeda dan membuat branding yang kohesif di semua konten YouTube.

cara menambahkan thumbnail youtube ke video

Tambahkan Thumbnail Youtube ke Video

Gambar mini YouTube adalah bagian penting untuk membuat video Anda diperhatikan di platform. Gambar mini yang menarik dapat menarik pemirsa dan memikat mereka untuk mengeklik video Anda, jadi penting untuk membuat gambar mini yang menarik yang secara akurat mewakili konten video Anda.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menambahkan gambar mini YouTube ke video Anda:

1. Masuk ke akun YouTube Anda dan buka dasbor YouTube Studio.

2. Klik tab video untuk melihat daftar semua video yang Anda unggah.

3. Pilih video yang ingin Anda tambahkan gambar mini dan klik tombol “Edit”.

4. Di bagian detail video, Anda akan melihat opsi untuk mengunggah gambar mini khusus. Klik tombol “Unggah gambar mini” dan pilih file gambar yang ingin Anda gunakan sebagai gambar mini untuk video Anda.

5. Setelah Anda mengunggah gambar mini, pastikan gambar mini tersebut memenuhi pedoman gambar mini YouTube. Gambar mini harus dalam format JPG, GIF, BMP, atau PNG, dengan resolusi 1280 x 720 piksel.

6. Pratinjau thumbnail youtube untuk melihat tampilannya di YouTube sebelum menyimpan perubahan. Anda dapat menyesuaikan posisi gambar mini jika perlu.

7. Klik tombol “Simpan” untuk menerapkan gambar mini ke video. Mungkin diperlukan waktu beberapa menit agar perubahan diterapkan di YouTube.

8. Setelah thumbnail youtube ditambahkan, pastikan untuk mempromosikan video Anda di saluran media sosial dan platform lain untuk mengarahkan lalu lintas ke video Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan thumbnail khusus ke video YouTube Anda dan meningkatkan visibilitasnya di platform. Ingatlah untuk membuat thumbnail yang menarik secara visual dan relevan dengan konten Anda untuk menarik pemirsa dan meningkatkan keterlibatan dengan video Anda.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like