7 Cara Membuat Vlog yang Menarik untuk Pemula

7 Cara Membuat Vlog yang Menarik untuk Pemula

Apakah Anda berpikir untuk memulai vlog Anda sendiri tetapi tidak yakin bagaimana cara membuatnya menarik dan menarik? Membuat vlog yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar kamera dan judul yang menarik. Dibutuhkan perencanaan dan eksekusi yang matang untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens Anda.

Vlogging telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan orang-orang dari berbagai kalangan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan kreativitas melalui konten video. Namun, tidak semua vlog dibuat sama, dan banyak pemula yang berjuang untuk membuat vlog mereka menonjol dari yang lain.

Jika Anda seorang vlogger pemula yang ingin membuat konten Anda lebih menarik dan menawan, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Mulai dari memilih topik yang tepat hingga menggabungkan teknik bercerita yang menarik, artikel ini akan memberi Anda tips dan trik penting untuk membuat vlog yang menarik yang akan membuat pemirsa Anda kembali lagi.

Tentukan Jenis Vlog yang Ingin Dibuat

Baca Juga : https://upgraded.id/pengertian-vlog-adalah

Tentukan Jenis Vlog yang Ingin Dibuat

Saat menelusuri berbagai sosial media untuk menemukan jenis konten yang akan dibuat, maka anda akan menemukan berbagai jenis vlog yang menarik perhatian dengan jutaan penonton. Namun, bukan berarti anda harus membuat semua jenis vlog yang tersedia, melainkan fokus ke satu jenis vlog yang menarik perhatian anda, sehingga anda membuatnya dengan senang hati tanpa paksaan yang akhirnya menghasilkan konten yang menyenangkan. Karenanya berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan jenis vlog yang hendak dibuat dan dirilis ke sosial media yang anda miliki.

1. Identifikasi Minat dan Keahlian Anda

Langkah pertama dalam menentukan jenis vlog yang sesuai adalah mengidentifikasi minat dan keahlian Anda. Apa yang benar-benar Anda sukai? Topik atau subjek apa yang Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman yang luas? Bisa apa saja, mulai dari perjalanan, mode, kecantikan, teknologi, memasak, kebugaran, atau bahkan pengembangan diri. Memilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda akan membuat perjalanan vlogging Anda lebih menyenangkan dan berkelanjutan dalam jangka panjang.

2. Meneliti dan Menganalisis Vlog yang Sudah Ada

Setelah Anda mengidentifikasi minat dan keahlian Anda, penting untuk meneliti dan menganalisis vlog yang sudah ada dalam niche yang Anda pilih. Luangkan waktu untuk menonton vlog yang berbeda dan amati jenis konten apa yang mereka hasilkan, bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens mereka, dan apa yang membedakan mereka.

Ini akan memberi Anda wawasan tentang berbagai format dan gaya vlogging dalam niche Anda dan membantu Anda menentukan jenis vlog apa yang akan beresonansi dengan audiens target Anda.

3. Pertimbangkan Keterampilan

Sebelum membuat vlog, sangat penting untuk mempertimbangkan keterampilan dan sumber daya. Apakah Anda merasa nyaman berada di depan kamera dan berbicara dengan percaya diri? Apakah Anda memiliki akses ke peralatan yang diperlukan, seperti kamera dan mikrofon berkualitas baik? Menilai keterampilan dan sumber daya Anda akan membantu Anda menentukan jenis vlog yang sesuai yang dapat Anda buat dan sampaikan secara efektif.

4. Tentukan Target Audience

Memahami target pemirsa Anda sangat penting untuk membuat konten yang sesuai dengan mereka. Siapa yang ingin Anda jangkau dengan vlog Anda? Kelompok usia, demografi, dan minat apa yang mereka miliki? Menentukan target audiens Anda akan memandu proses pembuatan konten Anda dan membantu Anda menyesuaikan vlog untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka.

5. Bereksperimen dan Menguji Format yang Berbeda

Setelah Anda melakukan riset, menilai kemampuan Anda, dan menentukan target audiens Anda, saatnya untuk bereksperimen dan menguji berbagai format vlog. Cobalah membuat berbagai jenis vlog, seperti tutorial, ulasan, wawancara, atau vlog yang menampilkan kehidupan sehari-hari Anda.

Perhatikan umpan balik dan keterlibatan dari audiens Anda untuk menentukan jenis vlog mana yang paling banyak mendapat respons positif dan paling sesuai dengan pemirsa Anda.

Temukan Ide Konten yang Menarik

Temukan Ide Konten yang Menarik

Banyaknya vlog yang beredar di sosial media, membuat anda harus bersaing dengan kreator lain yang telah memiliki jumlah penonton yang lebih banyak. Sehingga penting bagi anda untuk menemukan ide konten yang menarik dan tidak ditemukan di kreator lain, agar menjadi ciri khas bagi vlog yang anda miliki. Berikut berbagai cara kreatif yang bisa anda lakukan untuk menemukan ide konten yang menarik bagi vlog yang anda miliki.

1. Ketahui Topik yang Sedang Tren

Salah satu cara terbaik untuk menemukan ide konten yang menarik adalah dengan mengikuti tren dan berita terbaru. Ikuti platform media sosial populer, situs web berita, dan blogger berpengaruh untuk mengetahui topik apa yang sedang menarik perhatian orang. Hal ini akan memberi Anda titik awal untuk melakukan brainstorming ide yang selaras dengan minat audiens target Anda.

2. Lakukan Analisa Kata Kunci

Gunakan alat riset kata kunci seperti Google Trends atau Keyword Planner untuk mengidentifikasi istilah pencarian populer yang terkait dengan niche Anda. Dengan memahami apa yang dicari orang, Anda dapat membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Alat-alat ini juga dapat memberikan wawasan tentang topik terkait dan pertanyaan yang dimiliki orang, yang dapat memicu ide untuk vlog Anda.

3. Libatkan Penonton Anda

Pemirsa Anda adalah sumber ide konten yang berharga. Perhatikan bagian komentar di video Anda, serta akun media sosial Anda, untuk melihat apa yang didiskusikan oleh audiens Anda.

Catat pertanyaan, saran, dan kekhawatiran mereka. Interaksi langsung ini dapat memberi Anda banyak ide untuk vlog di masa depan, karena Anda akan membahas topik yang benar-benar diminati oleh pemirsa Anda.

4. Jelajahi Komunitas dan Forum Khusus

Carilah komunitas dan forum online yang spesifik untuk niche Anda. Platform ini sering kali diisi oleh orang-orang yang bersemangat mendiskusikan berbagai topik yang berkaitan dengan bidang Anda.

Dengan berpartisipasi aktif dalam komunitas-komunitas ini, Anda dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang masalah, minat, dan pertanyaan yang dimiliki oleh orang-orang di niche Anda. Hal ini dapat menginspirasi Anda untuk membuat vlog yang menjawab kebutuhan spesifik ini.

5. Ikuti Vlogger dan Kreator Lainnya

Perhatikan apa yang dilakukan oleh vlogger dan pembuat konten lain di niche Anda. Meskipun Anda tidak boleh meniru konten mereka, mengamati gaya, topik, dan format mereka dapat memicu kreativitas Anda dan membantu Anda menghasilkan ide-ide unik Anda sendiri. Ambil inspirasi dari kesuksesan mereka dan berikan sentuhan Anda sendiri untuk menciptakan sesuatu yang segar dan menarik bagi audiens Anda. 

Kenali Target Audience yang Dituju

Kenali Target Audience yang Dituju

Kemudahan dalam mengakses internet dan sosial media, menjadikan semua kalangan kini dengan mudah menonton berbagai vlog yang tersedia di beranda mereka. Sehingga untuk mendapatkan jumlah penonton yang banyak dengan konten yang anda miliki, maka penting untuk mengenali target audience yang dituju sehingga memudahkan algoritma sosial media untuk membawa konten anda ke penonton yang sesuai.

Memahami siapa audiens Anda tidak hanya akan membantu Anda membuat konten yang sesuai dengan mereka, tetapi juga meningkatkan peluang Anda untuk sukses di dunia vlogging yang kompetitif. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenali target audience yang dituju sebelum membuat vlog yang menarik perhatian.

1. Tentukan Target Audience

Sebelum Anda dapat mengidentifikasi target audiens Anda, penting untuk menentukan niche Anda. Topik atau tema apa yang Anda sukai? Keahlian atau pengetahuan apa yang bisa Anda berikan? Dengan mempersempit fokus Anda, Anda akan dapat menarik audiens spesifik yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah Anda mengidentifikasi niche Anda, saatnya untuk melakukan riset pasar. Carilah vlog atau pembuat konten yang sudah ada di niche Anda dan analisis demografi audiens mereka. Kelompok usia, jenis kelamin, atau lokasi apa yang mereka layani? Informasi ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang penonton potensial untuk vlog Anda.

3. Memanfaatkan Analisa Media Sosial

Platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook menawarkan alat analisis yang dapat membantu Anda memahami audiens potensial Anda. Lihatlah demografi pengikut Anda saat ini atau mereka yang terlibat dengan konten Anda. Perhatikan minat, preferensi, dan pola keterlibatan mereka. Data ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang audiens target Anda.

4.  Interaksi dengan Audience

Berinteraksi dengan audiens potensial Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan wawasan dan memahami kebutuhan mereka. Bergabunglah dengan komunitas online yang relevan, berpartisipasi dalam diskusi, dan mintalah umpan balik. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda membangun koneksi, tetapi juga memberi Anda informasi berharga tentang preferensi dan minat audiens target Anda.

5. Buatlah Persona Audiens

Setelah Anda mengumpulkan data yang cukup, buatlah persona audiens. Ini adalah representasi fiksi dari pemirsa ideal Anda. Pertimbangkan demografi, minat, tujuan, dan tantangan mereka. Dengan memvisualisasikan audiens target Anda, Anda dapat menyesuaikan konten dan pesan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka secara efektif. 

siapkan naskah vlog

Siapkan Naskah Vlog 

Naskah memiliki peran penting dalam membuat vlog, sebab mereka akan memberikan arahan vlog yang akan dibuat sehingga terlihat rapi dan tidak membosankan. Tidak hanya itu, memiliki naskah yang baik juga membantu kreator pemula untuk mengetahui topik yang akan dibahas sehingga vlog akan terlihat lebih luwes dan profesional. Namun, membuat naskah vlog tentunya tidak mudah bagi kreator pemula, sehingga anda memerlukan trik dan tips dalam membuat naskah vlog yang menarik perhatian.

1. Tentukan Tujuan dan Pesan Anda

Mulailah dengan menentukan tujuan vlog Anda. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda? Identifikasi pesan utama atau ide utama yang ingin Anda sampaikan. Ini akan menjadi dasar untuk naskah Anda.

2. Riset dan Kumpulkan Informasi

Lakukan penelitian menyeluruh tentang topik Anda untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan fakta-fakta pendukung. Hal ini akan membantu Anda memberikan konten yang akurat dan berharga bagi pemirsa. Gunakan sumber-sumber yang dapat dipercaya, seperti situs web terkemuka, buku, atau pendapat para ahli, untuk memastikan kredibilitas informasi Anda.

3. Buat Garis Besar Konten

Buat garis besar poin-poin utama yang ingin Anda bahas dalam vlog Anda. Ini akan menjadi panduan untuk menyusun naskah Anda. Mulailah dengan pendahuluan untuk menarik perhatian pemirsa Anda, diikuti dengan bagian isi di mana Anda menyampaikan poin-poin utama Anda, dan diakhiri dengan akhir yang kuat atau ajakan untuk bertindak.

4. Menulis Naskah

Dengan menggunakan garis besar sebagai kerangka kerja, mulailah menulis naskah Anda. Buatlah naskah yang komunikatif dan menarik untuk mempertahankan minat pemirsa Anda. Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas, hindari jargon atau istilah teknis yang dapat membingungkan audiens Anda. Ingatlah untuk menyertakan transisi di antara bagian yang berbeda untuk memastikan alur yang lancar.

5. Gunakan Isyarat Visual dan Pengaturan Waktu

Saat Anda menulis naskah, pertimbangkan untuk memasukkan isyarat visual atau tindakan yang dapat meningkatkan vlog Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan menyajikan informasi tertentu secara visual, seperti menggunakan alat peraga atau grafik. Selain itu, perhatikan waktu penulisan naskah Anda. Pastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan panjang vlog Anda dan memungkinkan adanya jeda atau jeda yang alami.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan 

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan 

Membuat vlog berarti anda juga memerlukan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk merekam vlog sebelum dibagikan ke target audience. Peralatan dalam membuat vlog sangat beragam dan rumit sehingga perlu dipersiapkan dengan matang agar proses merekam vlog berjalan lancar. Berikut beberapa peralatan yang dibutuhkan sebelum membuat vlog yang anda miliki : 

1. Kamera

Peralatan yang paling penting untuk membuat vlog adalah kamera yang bagus. Meskipun banyak ponsel pintar yang memiliki kemampuan kamera yang mengesankan, berinvestasi pada kamera vlogging khusus akan memberikan Anda lebih banyak kendali atas kualitas video Anda. Carilah kamera dengan stabilisasi gambar yang baik, kemampuan resolusi tinggi, dan layar yang dapat dibalik sehingga Anda dapat melihat diri Anda sendiri saat merekam.

2. Tripod

Untuk menjaga kamera Anda tetap stabil dan menghindari rekaman yang goyah, tripod adalah aksesori yang harus dimiliki. Pilihlah tripod yang ringan dan portabel yang akan mudah dibawa-bawa saat Anda membuat video saat bepergian. Carilah tripod dengan ketinggian yang dapat disesuaikan dan bentuk yang kokoh untuk memastikan kestabilannya.

3. Mikrofon

Kualitas audio yang baik sangat penting untuk vlog yang sukses. Meskipun sebagian besar kamera memiliki mikrofon internal, mikrofon ini sering kali menangkap kebisingan latar belakang dan menghasilkan audio berkualitas rendah.

Belilah mikrofon eksternal, seperti mikrofon lavalier atau shotgun, untuk menangkap suara yang jernih dan tajam. Pastikan mikrofon yang Anda pilih kompatibel dengan kamera atau ponsel cerdas Anda.

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas visual video Anda. Pencahayaan alami selalu menjadi pilihan terbaik, tetapi jika Anda membuat film di dalam ruangan atau dalam kondisi cahaya redup, pertimbangkan untuk berinvestasi pada perlengkapan pencahayaan. Lampu softbox atau lampu cincin adalah pilihan yang populer di kalangan vlogger karena memberikan pencahayaan yang merata dan bagus.

5. Kartu memori dan baterai

Kehabisan ruang penyimpanan atau daya tahan baterai di tengah-tengah perekaman bisa membuat frustasi. Pastikan Anda memiliki kartu memori dan baterai ekstra untuk menghindari gangguan. Sebaiknya Anda juga membawa pengisi daya portabel, terutama jika Anda melakukan vlogging saat bepergian.

Mulai Merekam Vlog

Mulai Merekam Vlog

Setelah menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, maka inilah saatnya untuk merekam vlog dengan peralatan yang anda miliki. Dalam proses merekam vlog ini, anda juga perlu melakukan perencanaan, apakah anda hendak melakukan rekaman di luar atau dalam ruangan, serta berbagai properti tambahan yang dibutuhkan agar vlog semakin menarik. Berikut beberapa tahapan yang perlu anda lalui untuk merekam vlog yang menarik perhatian dengan cara mudah.

1. Rencanakan Konten

Sebelum Anda mulai merekam, penting untuk merencanakan konten vlog Anda. Tentukan niche atau tema untuk saluran Anda dan curah pendapat untuk beberapa video pertama Anda. Pertimbangkan topik atau pengalaman apa yang ingin Anda bagikan dan bagaimana Anda dapat membuat konten Anda unik dan menarik.

2. Berinvestasi dalam Peralatan yang Tepat

Meskipun Anda tidak memerlukan peralatan mahal untuk memulai vlogging, memiliki peralatan yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan kualitas video Anda. Berinvestasilah pada kamera yang bagus, lebih baik yang memiliki layar lipat sehingga Anda dapat melihat diri Anda sendiri saat merekam. Selain itu, tripod, mikrofon eksternal, dan pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan nilai produksi vlog Anda secara keseluruhan.

3. Pilih Lokasi yang Sesuai

Pilih lokasi yang sesuai dengan tema vlog Anda dan memberikan latar belakang yang menarik secara visual. Pastikan area tersebut memiliki pencahayaan yang baik dan bebas dari gangguan atau kebisingan latar belakang. Pertimbangkan untuk merekam di luar atau di lokasi yang relevan dengan konten Anda untuk menambah variasi dan ketertarikan pada video Anda.

4. Rencanakan Sudut Pengambilan Gambar

Sebelum menekan tombol rekam, rencanakan bidikan dan sudut yang ingin Anda ambil. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin menampilkan diri Anda dan lingkungan sekitar untuk menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi pemirsa Anda. Bereksperimenlah dengan sudut kamera yang berbeda, bidikan close-up, dan bidikan lebar untuk menambah variasi dan membuat pemirsa Anda tetap tertarik.

5. Jadilah Otentik dan Menarik

Salah satu kunci untuk vlog yang sukses adalah keaslian. Jadilah diri Anda sendiri dan biarkan kepribadian Anda bersinar dalam video Anda. Bicaralah langsung kepada penonton Anda, libatkan mereka, dan buatlah mereka merasa menjadi bagian dari perjalanan Anda. Bagikan cerita, wawasan, dan pendapat pribadi untuk menciptakan hubungan dengan pemirsa Anda. 

Buat Sosial Media yang Dibutuhkan

Buat Sosial Media yang Dibutuhkan

Sosial media juga menjadi bagian penting dalam membagikan vlog yang telah anda buat sebelumnya, dimana kini anda juga bisa membagikannya ke platform lain seperti Tiktok atau Instagram sehingga memperluas jangkauan konten anda.

Di samping itu, masing-masing sosial media juga memiliki target audience yang berbeda, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan penonton untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, anda juga perlu melakukan optimasi konten dan profil sosial media agar konten anda menjangkau target audience yang lebih luas.

1. Identifikasi Target Audiens

Langkah pertama dalam menciptakan strategi media sosial yang sukses untuk vlog Anda adalah mengidentifikasi target audiens Anda. Untuk siapa vlog Anda ditujukan? Apa minat dan preferensi mereka? Memahami audiens Anda akan membantu Anda menyesuaikan konten dan memilih platform media sosial yang paling sesuai untuk menjangkau mereka.

2. Pilih Platform yang Tepat

Tidak semua platform media sosial diciptakan sama, dan masing-masing memiliki fitur unik dan demografi penggunanya sendiri. Teliti berbagai platform untuk menentukan platform mana yang sesuai dengan target audiens Anda.

Misalnya, jika vlog Anda menarik secara visual, platform seperti Instagram dan YouTube mungkin ideal. Jika Anda ingin terlibat dalam percakapan dan diskusi, grup Twitter atau Facebook mungkin lebih cocok.

3. Kembangkan Branding yang Konsisten

Konsistensi adalah kunci dalam membangun merek Anda di media sosial. Pastikan foto profil, foto sampul, dan bio Anda kohesif di semua platform. Gunakan skema warna, font, dan nada suara yang sama untuk menciptakan identitas merek yang kohesif. Hal ini akan memudahkan audiens untuk mengenali dan mengingat Anda.

4. Buat Konten yang Menarik

Media sosial adalah tentang menarik perhatian dan melibatkan audiens Anda. Buatlah konten yang menarik dan menarik yang mencerminkan esensi vlog Anda. Bereksperimenlah dengan berbagai format seperti foto, video, dan siaran langsung untuk membuat audiens Anda tetap tertarik dan kembali lagi. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan berinteraksi dengan pengikut Anda.

5. Rencanakan Jadwal Posting

Konsistensi sangat penting dalam hal kesuksesan media sosial. Kembangkan jadwal posting yang sesuai untuk Anda dan audiens Anda. Ini bisa harian, mingguan, atau bahkan dua mingguan. Gunakan alat penjadwalan seperti Hootsuite atau Buffer untuk merencanakan dan mengotomatiskan posting Anda, memastikan bahwa Anda tetap aktif dan terlibat dengan audiens Anda.

Similar Posts