Bisnis Custom Kue : Ide Usaha Makanan dari Rumah

Hobi bikin kue dan ingin mengubahnya menjadi bisnis kreatif yang menjanjikan? membuka bisnis custom kue dari rumah bisa menjadi kegiatan usaha yang menyenangkan. Kue kini sudah menjadi simbol perayaan bagi setiap orang, baik untuk perayaan ulang tahun, kelulusan, atau bahkan merayakan momen-momen kecil untuk orang tersayang.

Seiring dengan berjalannya waktu, tampilan kue menjadi semakin modern dengan tampilan yang bisa dipesan sesuai keinginan konsumen. Sehingga bisnis custom kue menjadi salah satu usaha yang bisa dilirik bagi anda yang memiliki kemampuan membuat kue dan ingin menjalankan usaha dari rumah.

Namun, sebelum memulai bisnis kreatif satu ini, pelajari dulu cara membuat bisnis custom kue yang menjanjikan dan menguntungkan.

cara memiliki kemampuan membuat kue

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif Ala Anak Muda yang Sesuai Passion

Memiliki Kemampuan Membuat Kue

Jika Anda bermimpi untuk memulai bisnis custom kue Anda sendiri, penting untuk memiliki keterampilan membuat kue sebelum memulai usaha satu ini. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kemampuan membuat kue sebelum meluncurkan bisnis Anda:

Pertimbangkan untuk mengikuti kelas membuat kue di sekolah kuliner atau secara online. Kelas-kelas ini akan mengajarkan dasar-dasar pembuatan kue, mulai dari memahami bahan-bahan hingga menguasai teknik. Anda juga bisa belajar tentang dekorasi kue, yang penting untuk membuat kue khusus.

Selain mengikuti kelas membuat kue, Kunci untuk meningkatkan keterampilan membuat kue adalah berlatih secara teratur. Luangkan waktu setiap minggu untuk memanggang berbagai jenis kue dan bereksperimen dengan berbagai resep. Hal ini akan membantu memahami bagaimana bahan-bahan yang berbeda dan bagaimana memecahkan masalah umum dalam membuat kue.

Carilah lokakarya dan seminar pembuatan roti di daerah yang berfokus pada keterampilan atau teknik tertentu. Lokakarya ini merupakan kesempatan bagus untuk belajar dari para ahli di bidangnya dan berjejaring dengan calon pembuat roti lainnya.

Setelah merasa memiliki kemampuan membuat kue yang mumpuni, Undang teman dan keluarga untuk mencicipi makanan yang Anda buat dan berikan umpan balik.

Kritik yang membangun dapat membantu memperbaiki resep dan teknik Anda. Anda juga dapat bergabung dengan forum baking online atau grup media sosial untuk terhubung dengan pembuat roti lainnya dan mendapatkan umpan balik tentang kreasi Anda.

Mulailah juga eksperimen dengan desain dan dekorasi kue khusus. Berlatihlah membuat desain yang rumit, menggunakan fondant, frosting pipa, dan menggabungkan tekstur dan warna yang berbeda. Semakin sering Anda berlatih, Anda akan semakin percaya diri dengan kemampuan Anda.

cara memiliki portofolio pembuatan custom kue

Memiliki Portofolio Pembuatan Custom Kue

Bagi seorang pembeli, melihat portofolio custom kue menjadi salah satu kegiatan yang perlu dilakukan sebelum memesan kue tertentu guna memastikan penjual dapat memenuhi keinginan mereka.

Sehingga bagi penjual custom kue pemula, penting untuk memiliki portofolio produk yang dimiliki untuk meyakinkan calon pembeli. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat portofolio pembuatan custom kue yang menarik perhatian: 

Sebelum Anda mulai membangun portofolio, penting untuk berlatih dan menyempurnakan keterampilan membuat kue. Bereksperimenlah dengan berbagai teknik, rasa, dan desain untuk menunjukkan fleksibilitas dan kreativitas.

Saat Anda berlatih, pastikan untuk mendokumentasikan kue dengan mengambil foto berkualitas tinggi. Belilah kamera yang bagus atau sewa fotografer profesional untuk memotret kue dengan pencahayaan terbaik. Pastikan untuk mengambil foto dari berbagai sudut untuk menampilkan semua detail karya Anda.

Setelah memiliki koleksi foto-foto kue, buatlah akun media sosial yang didedikasikan untuk memamerkan hasil karya. Sebuah situs web akan memungkinkan untuk mengatur portofolio dengan cara yang profesional dan mudah dijelajahi, sementara platform media sosial seperti Instagram dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Bangun jaringan dengan pembuat kue, perencana acara, dan vendor pernikahan lainnya yang dapat membantu mendapatkan kesempatan untuk memamerkan keahlian. Berkolaborasi dalam pemotretan bergaya, acara, atau toko pop-up juga dapat memberi Anda lebih banyak konten untuk portofolio Anda.

Untuk membangun portofolio dengan cepat, pertimbangkan untuk menawarkan kue gratis atau diskon kepada teman, keluarga, atau bisnis lokal dengan imbalan foto profesional. Hal ini tidak hanya akan membantu membangun portofolio, tetapi juga memungkinkan untuk memamerkan karya dalam pengaturan dan konteks yang berbeda.

Saat Anda terus membangun portofolio bisnis custom kue, pastikan untuk memperbaruinya secara teratur dengan karya terbaru dan terbaik Anda. Menampilkan berbagai gaya, teknik, dan rasa akan menunjukkan jangkauan dan keahlian Anda kepada calon klien.

cara mengetahui trend custom kue terkini

Mengetahui Trend Custom Kue Terkini

Bisnis custom kue yang berkembang, memungkinkan anda untuk memiliki banyak kompetitor di satu daerah, sehingga penting bagi anda untuk mengetahui trend custom kue kekinian agar tetap relevan diantara penjual lainnya serta memahami keinginan konsumen.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui trend custom terkini, baik secara daring atau mengikuti berbagai kegiatan di luar ruangan : 

Pertama adalah mengikuti trend custom kue dari internet, platform media sosial seperti Instagram dan Pinterest adalah sumber yang bagus untuk mengikuti perkembangan tren kue kustom terbaru.

Ikuti dekorator kue populer, toko kue, dan akun tren kue untuk melihat apa yang sedang populer di dunia dekorasi kue. Selain itu, membaca blog dekorasi kue dapat memberikan wawasan tentang tren dan teknik yang sedang berkembang.

Menghadiri acara dekorasi kue, lokakarya, dan pameran dagang adalah cara terbaik untuk membangun jaringan dengan dekorator kue lainnya dan mempelajari tren baru dalam industri ini.

Acara-acara ini sering kali menampilkan demonstrasi dari dekorator dan pemasok kue terbaik yang menampilkan produk dan teknik terbaru. Dengan menghadiri acara-acara ini, Anda dapat tetap menjadi yang terdepan dan memasukkan tren baru ke dalam desain kue khusus.

Berkolaborasi dengan dekorator kue lainnya juga dapat membantu tetap mendapatkan informasi tentang tren kue kustom terbaru. Dengan bekerja sama dalam proyek, Anda dapat bertukar ide dan teknik dengan sesama dekorator kue. Kolaborasi ini dapat menghasilkan inspirasi baru dan membantu Anda menjaga desain Anda tetap segar dan inovatif.

Salah satu cara terbaik untuk tetap berada di atas tren kustom kue adalah bereksperimen dengan teknik dan desain baru. Tantang diri Anda untuk mencoba gaya dekorasi, warna, dan tekstur yang berbeda untuk mendorong batas-batas kreatif Anda.

Dengan terus berkembang dan mencoba hal-hal baru, Anda dapat mengembangkan gaya unik yang membedakan bisnis kustom kue Anda dari kompetitor.

Tren kustom kue juga sering kali dipengaruhi oleh budaya populer, mode, dan tren gaya hidup. Pantau terus influencer media sosial, selebriti, dan perancang busana untuk mengetahui warna, pola, dan tema apa yang sedang tren. Dengan memasukkan elemen-elemen ini ke dalam desain kustom kue, Anda dapat menarik audiens yang lebih luas dan tetap relevan di pasar yang terus berubah.

cara mengenali target konsumen bisnis custom kue

Kenali Target Konsumen

Dalam mengembangkan bisnis custom kue, anda tidak hanya perlu memiliki kemampuan dalam membuat kue dan trend industri terbaru.

Namun, anda juga perlu mengenali target konsumen untuk membantu membuat kue yang sesuai minat konsumen dan menarik lebih banyak pelanggan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenali target konsumen sebelum membuka bisnis custom kue : 

Sebelum memulai bisnis custom kue, penting untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. Perhatikan demografi lokal, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan gaya hidup, untuk membantu menentukan siapa target pasar.

Selain itu, lakukan survei terhadap calon pelanggan dan analisis pesaing untuk memahami apa yang membedakan kue buatan Anda dan siapa yang akan tertarik untuk membelinya. Setelah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan dari riset pasar, buatlah persona pelanggan untuk mewakili pelanggan ideal.

Persona pelanggan adalah karakter fiksi yang menggambarkan karakteristik, preferensi, dan perilaku target pasar Anda. Dengan mengembangkan persona ini, Anda dapat menyesuaikan produk, harga, dan strategi pemasaran dengan lebih baik untuk menarik pelanggan target Anda.

Memahami motivasi pembelian utama dari target pelanggan sangat penting untuk kesuksesan bisnis custom kue. Apakah mereka mencari kue yang unik dan dipersonalisasi untuk acara-acara khusus atau hanya tertarik dengan makanan berkualitas tinggi dan lezat, mengetahui apa yang mendorong pelanggan Anda untuk melakukan pembelian akan membantu Anda memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

Manfaatkan juga platform social media untuk memamerkan kue kustom Anda, berinteraksi dengan pengikut, dan mengumpulkan umpan balik dari target pasar. Dengan membangun kehadiran online yang kuat, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis kue kustom Anda.

Salah satu cara efektif untuk mengenali target pelanggan Anda sebelum membuka bisnis kue kustom adalah dengan menawarkan sampel atau promosi kepada calon pelanggan.

cara membuat konsep custom kue yang menarik

Buat Konsep Custom Kue yang Menarik

Menciptakan konsep kue yang menarik sangat penting sebelum memulai bisnis kue custom. Desain kue yang menarik secara visual akan membantu menarik pelanggan dan membuat bisnis Anda berbeda dari kompetitor. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat konsep kue yang menarik:

Sebelum mendesain kue, penting untuk melakukan riset tentang tren yang sedang berkembang di industri kue. Carilah inspirasi di platform media sosial seperti Pinterest dan Instagram, serta di majalah dan buku-buku dekorasi kue. Perhatikan warna, tema, dan teknik desain yang sedang populer.

Pikirkan juga tentang apa yang membedakan bisnis kue kustom Anda dari yang lain. Apakah Anda mengkhususkan diri pada kue pernikahan, kue ulang tahun, atau kue bertema? Menentukan niche Anda akan membantu Anda membuat konsep kue unik yang menarik bagi target pasar Anda.

Setelah memiliki ide yang jelas tentang konsep kue, buatlah sketsa desain di atas kertas. Pertimbangkan bentuk, ukuran, dan warna kue, serta dekorasi atau hiasan khusus. Hal ini akan membantu memvisualisasikan produk akhir dan melakukan penyesuaian yang diperlukan sebelum memulai proses memanggang.

Untuk membuat kue yang menarik, penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Berinvestasilah dalam persediaan kue berkualitas baik, seperti tepung, gula, mentega, dan telur. Pilihlah buah-buahan segar dan rempah-rempah untuk dekorasi, dan pertimbangkan untuk menggunakan pewarna makanan alami untuk warna-warna cerah.

Selain desain yang menarik secara visual, kue custom juga harus terasa lezat. Bereksperimenlah dengan kombinasi rasa dan isian yang berbeda untuk menciptakan pengalaman kue yang unik dan berkesan bagi pelanggan Anda. Pertimbangkan untuk menawarkan berbagai pilihan rasa untuk memenuhi preferensi rasa yang berbeda.

cara memilih bahan kue yang berkualitas

Pilih Bahan yang Berkualitas

Memulai bisnis kue khusus bisa menjadi usaha yang menguntungkan dan menguntungkan. Salah satu aspek penting dalam menciptakan kue yang lezat dan indah adalah menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih bahan-bahan berkualitas sebelum memulai bisnis kue kustom Anda:

Dalam hal membuat kue, menggunakan bahan-bahan segar dan organik dapat membuat perbedaan besar pada rasa dan tampilan kue. Carilah tepung, gula, telur, dan produk susu organik untuk memastikan bahwa kue Anda dibuat dengan bahan-bahan terbaik.

Jenis tepung dan gula yang Anda gunakan dalam kue dapat sangat mempengaruhi tekstur dan rasa. Pilihlah tepung serbaguna atau tepung kue berkualitas tinggi untuk menghasilkan remah yang ringan dan lembut, dan pilihlah gula alami yang tidak dimurnikan seperti gula tebu atau gula kelapa untuk menambah cita rasa.

Produk susu seperti mentega, susu, dan krim dapat menambah kekayaan rasa dan kelembapan pada kue Anda. Carilah produk susu organik berkualitas tinggi dari sumber yang memiliki reputasi baik. Demikian pula, menggunakan telur segar dari peternakan dapat membuat perbedaan besar pada rasa dan tekstur kue.

Jika Anda berencana untuk memasukkan buah-buahan dan kacang-kacangan ke dalam kue, pastikan untuk memilih buah segar dan matang serta kacang-kacangan berkualitas tinggi. Buah-buahan segar akan menambah rasa manis dan kelembapan alami pada kue, sementara kacang-kacangan dapat menambah tekstur dan kerenyahan.

Tergantung pada jenis kue khusus yang akan Anda buat, Anda mungkin ingin berinvestasi pada bahan-bahan khusus seperti biji vanila, cokelat atau ekstrak rasa. Bahan-bahan berkualitas tinggi ini dapat meningkatkan profil rasa kue Anda dan membedakannya dari pesaing.

Sebelum membeli bahan-bahan untuk bisnis kue kustom Anda, pastikan untuk membaca label dan meneliti pemasok. Carilah bahan-bahan yang bebas dari bahan tambahan, pengawet, dan perasa buatan. Penting juga untuk mendapatkan bahan-bahan Anda dari pemasok terkemuka yang memprioritaskan kualitas dan keberlanjutan.

cara mempelajari kompetitor bisnis custom kue

Pelajari Kompetitor

Sebelum membuka bisnis kue khusus, penting untuk mempelajari pesaing untuk memahami pasar dan mengidentifikasi peluang untuk sukses. Dengan meneliti kompetitor, Anda dapat belajar dari kekuatan dan kelemahan mereka dan menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan keunggulan kompetitif untuk bisnis sendiri.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari kompetitor Anda sebelum meluncurkan bisnis custom kue:

Langkah pertama dalam mempelajari kompetitor adalah mengidentifikasi siapa mereka. Carilah bisnis kue kustom lain di daerah Anda atau secara online yang menawarkan produk dan layanan serupa. Perhatikan harga, branding, strategi pemasaran, dan ulasan pelanggan untuk mengetahui bagaimana mereka beroperasi.

Perhatikan dengan seksama produk dan layanan yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Periksa kualitas kue mereka, variasi rasa dan desain yang mereka tawarkan, serta fitur khusus atau opsi penyesuaian yang mereka sediakan. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat membedakan penawaran Anda agar menonjol di pasar.

Memahami harga dan promosi pesaing Anda sangat penting untuk menetapkan harga yang kompetitif dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Bandingkan harga kue dan layanan serupa untuk menentukan apakah Anda dapat menawarkan harga yang kompetitif atau apakah ada peluang untuk menambah nilai untuk membenarkan harga yang lebih tinggi.

Perhatikan bagaimana kompetitor Anda memasarkan bisnis kue custom mereka. Lihatlah situs web, saluran media sosial, dan kampanye iklan mereka untuk melihat bagaimana mereka mempromosikan produk dan berinteraksi dengan pelanggan. Catatlah strategi sukses yang mereka gunakan dan pertimbangkan bagaimana Anda dapat mengadaptasinya untuk bisnis Anda sendiri.

Ulasan pelanggan dapat memberikan wawasan berharga tentang kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Carilah tema umum dalam umpan balik pelanggan, seperti pujian atas kualitas yang luar biasa atau keluhan tentang layanan pelanggan yang buruk. Gunakan informasi ini untuk mengidentifikasi area di mana Anda dapat unggul dan membedakan bisnis Anda.

Di era digital saat ini, memiliki kehadiran online yang kuat sangat penting untuk menarik pelanggan dan membangun kesadaran merek. Evaluasi profil media sosial dan ulasan online pesaing untuk melihat bagaimana mereka menampilkan diri secara online. Pertimbangkan bagaimana Anda dapat meningkatkan kehadiran online untuk bersaing secara efektif di pasar.

cara memberi layanan custom kue yang beragam

Buat Layanan Custom Kue yang Beragam

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis custom kue, salah satu cara untuk membedakan diri di pasar adalah dengan menawarkan beragam desain dan rasa kue.

Menciptakan layanan kue kustom yang beragam dapat menarik lebih banyak pelanggan dan membantu Anda menonjol dari para pesaing. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya:

Sebelum membuka bisnis custom kue, penting untuk meneliti tren pasar saat ini di industri kue. Lihatlah jenis kue apa yang sedang populer, rasa apa yang sedang tren, dan ceruk pasar apa yang bisa Anda layani. Riset ini akan membantu Anda memahami apa yang dicari pelanggan dalam layanan kue custom.

Untuk menciptakan layanan kue kustom yang beragam, penting untuk menawarkan berbagai macam rasa untuk memenuhi selera yang berbeda. Bereksperimenlah dengan kombinasi rasa yang berbeda, mulai dari rasa tradisional seperti vanila dan cokelat hingga pilihan yang lebih unik seperti teh hijau matcha atau karamel. Pertimbangkan untuk menawarkan rasa musiman agar menu Anda tetap segar dan menarik.

Selain rasa, desain kue yang Anda tawarkan juga dapat membantu membedakan bisnis custom kue. Bereksperimenlah dengan teknik dekorasi, warna, dan gaya yang berbeda untuk menciptakan beragam desain kue.

Pertimbangkan untuk menawarkan kue bertema untuk acara-acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, atau hari raya, serta desain yang lebih artistik untuk pelanggan yang mencari sesuatu yang unik.

Cara lain untuk menciptakan layanan custom kue yang beragam adalah dengan menawarkan opsi kustomisasi untuk pelanggan. Izinkan pelanggan memilih rasa, desain, ukuran, dan bentuk kue mereka untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar personal. Pertimbangkan untuk menawarkan opsi diet seperti kue bebas gluten, vegan, atau bebas gula untuk melayani pelanggan dengan pantangan makanan.

Untuk memperluas layanan kue khusus Anda dan menawarkan lebih banyak variasi, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan vendor lain dalam industri kue.

cara menentukan harga custom kue

Tentukan Harga Custom Kue

Sebelum membuka bisnis custom kue, salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana menentukan harga. Penentuan ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menghasilkan keuntungan sekaligus tetap kompetitif di pasar. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda menentukan harga kue custom Anda:

Langkah pertama dalam menentukan harga custom kue adalah menghitung biaya bahan yang digunakan untuk membuat kue. Ini mencakup harga dari tepung dan gula hingga mentega dan telur. Pastikan juga untuk memperhitungkan bahan-bahan khusus atau dekorasi yang spesifik untuk desain khusus.

Selain biaya bahan, Anda juga perlu memperhitungkan biaya overhead seperti biaya sewa, asuransi, dan pemasaran. Biaya-biaya ini harus dibagi ke semua kue kustom untuk menentukan biaya keseluruhan per kue.

Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu dan tenaga kerja saat menentukan harga kue custom. Pertimbangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memanggang dan menghias setiap kue, dan berapa upah yang akan Anda bayarkan per jam untuk pekerjaan Anda.

Luangkan waktu untuk meneliti pasar dan lihat berapa harga yang dikenakan oleh bisnis kue kustom lainnya untuk kue serupa. Ini akan memberi Anda gambaran tentang kisaran harga yang kompetitif dan masuk akal untuk kue kustom Anda.

Setelah  menghitung semua biaya, termasuk bahan, biaya overhead, tenaga kerja, dan riset pasar, Anda dapat menentukan margin keuntungan yang ingin Anda dapatkan dari setiap kue. Hal ini akan membantu menentukan harga akhir untuk kue Anda yang akan memastikan mendapatkan keuntungan.

Meskipun penting untuk menghasilkan keuntungan, penting juga untuk tetap kompetitif di pasar. Pertimbangkan untuk menawarkan promosi atau diskon khusus untuk menarik pelanggan baru dan membuat mereka kembali lagi untuk memesan kue khusus.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like