17 Cara Mendesain Website Dari Nol untuk Pemula

Sudah tau belum, bahwa saat membuat website salah satu faktor yang paling penting ini adalah mendesain website.

Apalagi jika bisnis Anda ingin unggul di era digital ini, berarti Anda harus serba cepat agar dapat meningkatkan keberadaannya secara online melalui desain situs web.

Menurut sumber data, desain situs web yang bagus adalah desain yang bisa membantu menarik banyak pengunjung traffic organik ke situs Anda.

Ketika situs Anda dirancang dengan baik, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Karena, Google disini akan memprioritaskan situs yang dirancang dengan baik. Algoritme pencarian Google telah berubah dari waktu ke waktu, dan model baru memberikan situs dengan desain yang buruk sedikit atau tanpa pemberitahuan.

Jadi, situs web yang dirancang dan dioptimalkan dengan baik akan berperingkat lebih baik daripada yang tidak. Dan tentu saja, situs peringkat tinggi menghasilkan jumlah traffic terbanyak karena lebih terlihat oleh pencari.

Situs web yang tidak dirancang dengan baik dengan cepat tersingkir dari lanskap digital yang berkembang pesat saat ini.

Setiap hari, lebih banyak situs yang dirancang dan dioptimalkan dengan baik akan ditayangkan, mendorong situs yang tidak dirancang dengan baik lebih jauh ke bawah halaman hasil pencarian dan menjauh dari pelanggan.

Inilah sebabnya mengapa situs Anda harus terlihat bagus dan ramah pengguna untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dan menarik pengunjung.

Itu juga mengapa bisnis perlu menyewa agen desain situs web terkemuka untuk mendapatkan layanan dan desain web terbaik.

Untuk itu, Artikel ini akan menjelaskan cara mendesain website bagi pemula. Yuk simak!

Pentingkah Desain Website Ini?

Desain situs web ini dapat membentuk kesan awal pada brand atau bisnis. Menurut sumber data, bahwa Anda memiliki sekitar 50 ms untuk membuat kesan pertama yang baik dengan situs web Anda.

Kesan pertama ini bergantung pada banyak faktor: struktur, warna, spasi, simetri, jumlah teks, font, dan lainnya.

Studi menunjukkan bahwa 75% kredibilitas website berasal dari desain web dan memainkan peran penting terhadap pengunjung.

Faktanya, situs web yang tidak profesional atau didesain dengan buruk dapat membuat orang mempertanyakan dan menganggapnya sebagai scam.

Selain itu juga, desain web memiliki pengaruh penting terhadap pilihan konsumen dalam membeli barang.

Menurut laporan, bahwa ada 70% pembeli online yang meninggalkan keranjang mereka karena UX yang buruk. Selain itu, pengguna seluler cenderung meninggalkan situs web jika tidak dioptimalkan untuk perangkat mereka.

Jadi, desain situs web ini sangat penting untuk meningkatkan pengenalan brand.

Jika Anda Konsistensi dalam branding di semua saluran pemasaran, maka hal ini dapat membantu pengenalan perusahaan Anda ke audiens yang Anda inginkan.

Tak hanya itu, desain situs web yang efektif ini merupakan aspek penting dari SEO. Jika pengunjung mengalami kesulitan saat menjelajahi situs web Anda, kemungkinan besar mesin pencari juga akan mengalami kesulitan.

Saat mesin pencari meng-crawling konten Anda dengan tujuan pengindeksan dan peringkat mungkin akan mengalami kesusahan juga. Hal ini dikarenakan situs website yang dimilikinya sulit dinavigasi.

Desain Website

Cara Mendesain Website dengan Benar dan Mudah

Bahwasannya, desain website ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dan popularitas sebuah situs web.

Jika situs Anda menarik secara visual dan berfungsi dengan lancar, pengunjung cenderung menjelajahi konten Anda dan akan kembali lagi ke situs website Anda.

Banyak orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk menghasilkan situs web terbaik adalah dengan mempekerjakan desainer web yang profesional.

Meskipun merupakan opsi yang bagus, mendesain situs web dengan cara ini membutuhkan biaya yangg cukup mahal.

Namun, tenang! Ada cara lain untuk bisa mendapatkan situs website yang dirancang dengan baik tanpa harus menghabiskan ribuan dolar, salah satunya dengan melakukannya sendiri.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara mendesain website tanpa memerlukan keterampilan atau pengetahuan teknis apa pun.

1. Menentukan Tujuan

Merancang sebuah situs web bukanlah hal yang mudah, tetapi semuanya dimulai dengan menentukan tujuannya.

Anda tidak bisa hanya menyatukan beberapa halaman, menambahkan logo dan menyebutnya selesai. Anda perlu mengetahui apa yang ingin Anda capai sebelum Anda bisa mendesain situs yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan membantu Anda dalam menentukan tujuan sebelum mendesain website:

  • Pertama adalah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda membutuhkan situs web. Apakah untuk mempromosikan merek, menjual produk, atau memberikan informasi berharga kepada audiens Anda? Mengetahui tujuan Anda akan membantu Anda membuat keputusan tentang tata letak, fungsionalitas, dan konten website Anda.
  • Setelah Anda mengetahui tujuan Anda, Anda bisa mulai memikirkan target audiens Anda. Siapa yang ingin Anda jangkau dengan situs web Anda dan apa yang mereka butuhkan? Apakah audiens Anda melek teknologi, atau mereka hanya mencari informasi dasar? Memahami target audiens Anda akan membantu Anda mendesain situs web yang memenuhi kebutuhan mereka dan menarik perhatian mereka.
  • Faktor penting lainnya adalah pengalaman pengguna situs web Anda. Pengunjung Anda harus dapat menavigasi situs Anda dengan mudah dan menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat. Hal ini berarti merancang menu navigasi yang jelas dan mengatur konten Anda dengan cara yang logis.
  • Tentu saja, desain situs web Anda juga sangat penting. Sehingga, Anda menginginkan desain yang menarik secara visual dan mewakili merek Anda. Ini berarti Anda harus memilih warna, font, dan grafik yang tepat untuk menyampaikan pesan yang tepat. Selain itu juga, memastikan situs Anda terlihat profesional dan modern, bukannya ketinggalan zaman atau berantakan.
  • Konten situs web juga merupakan faktor kunci dalam keberhasilan bisnis Anda. Anda harus membuat konten yang menarik, informatif, dan ditulis dengan baik. Ini berarti menggunakan judul dan subjudul, poin-poin penting, dan gambar untuk memecah teks Anda dan membuatnya lebih mudah dibaca. Anda juga harus menggunakan kata kunci yang relevan dengan audiens dan industri Anda untuk membantu situs Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.
  • Terakhir, Anda perlu mengukur efektivitas situs web Anda untuk memastikan situs web Anda mencapai tujuan Anda. Ini berarti melacak lalu lintas, keterlibatan, dan konversi Anda. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti Google Analytics untuk memantau performa website Anda dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

2. Mencari Web Host yang Sesuai

Ingin membuat situs web yang memukau? Hal ini bisa dimulai dengan layanan hosting web yang tepat. Hosting diluar sana banyak pilihannya, dan Anda harus memilih salah satu yang terbaik untuk Anda.

Nah, pada artikel ini akan membantu Anda menemukan cara agar web hosting Anda benar dan tepat.

  • Pertama, Anda harus mencari host web yang memiliki server secepat kilat. Karena, waktu muat halaman yang lambat adalah salah satu hal yang paling mengecewakan bagi para pengunjung website, dan dapat merusak peringkat mesin pencari Anda. Pastikan penyedia yang Anda pilih memiliki teknologi yang bisa membuat halaman Anda dimuat dengan cepat.
  • Keamanan adalah faktor penting lainnya. Situs web Anda perlu dilindungi dari potensi pelanggaran keamanan, terutama jika Anda memproses informasi pelanggan atau melakukan transaksi keuangan. Carilah host web yang menawarkan langkah-langkah keamanan yang tangguh seperti firewall, sertifikat SSL, dan pencadangan reguler.
  • Waktu aktif juga sangat penting. Anda tidak ingin situs web Anda down saat pelanggan Anda sangat membutuhkannya. Sebuah host web yang memiliki reputasi baik harus menjamin waktu aktif minimal 99%, dan menawarkan dukungan sepanjang waktu untuk menyelesaikan masalah teknis apa pun yang muncul dengan cepat.
  • Skalabilitas adalah pertimbangan utama lainnya. Anda tidak ingin melampaui kemampuan penyedia hosting web Anda dan dipaksa untuk bermigrasi ke platform baru. Pilihlah host web yang menawarkan paket-paket fleksibel yang dapat mengakomodasi pertumbuhan situs web Anda, baik Anda adalah startup kecil atau perusahaan besar.
  • Terakhir, jangan lupakan dukungan pelanggan. Ketika Anda pertama kali memulai, Anda mungkin membutuhkan sedikit bantuan saat Anda menavigasi dunia desain situs web dan hosting. Carilah host web yang menawarkan dukungan pelanggan yang responsif melalui telepon, email, atau obrolan langsung, sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda dan memecahkan masalah apa pun secepatnya.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini dan memilih penyedia hosting web yang tepat, Anda dapat membuat situs web yang tidak hanya memukau secara visual, tetapi juga cepat, aman, dan andal.

Dan itu membuat Anda siap untuk sukses dalam lanskap digital saat ini.

Mencari Web Host yang Sesuai

3. Memilih Platform untuk Bisa Mendesain Website dengan Mudah

Ketika berbicara tentang mendesain situs web, keputusan pertama dan paling penting yang perlu Anda buat adalah memilih platform.

Dengan memilih platform Anda dapat menentukan fungsionalitas website, desain, dan pengalaman pengguna situs web Anda secara keseluruhan.

Ada berbagai macam platform yang bisa dipilih, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri.

Entah Anda memilih WordPress, Shopify, Squarespace, atau Wix, Anda sebaiknya memilih platform yang mendukung tujuan situs web Anda dan memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara mulus.

Berikut, beberapa platform yang bisa Anda pilih untuk situs web Anda:

1. WordPress

Website WordPress ini menawarkan fitur-fitur yang mudah digunakan dan menyediakan kustomisasi yang luas melalui sistem plugin dan temanya.

Selain itu juga, WordPress ini merupakan cara termudah dan terpopuler untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri. Faktanya, WordPress menguasai lebih dari 43,3% dari semua situs web di Internet.

2. Joomla

Apakah Anda bosan dengan templat-templat situs web lama yang tidak sesuai dengan merek Anda?

Apakah Anda mencari platform yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan situs web Anda? Tidak perlu khawatir, ada platform Joomla!

Dengan tampilan yang mudah digunakan dan perangkat yang canggih, Joomla telah merevolusi dunia dalam pembuatan website.

Joomla menawarkan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya, memungkinkan Anda untuk membuat kehadiran online yang unik yang dengan sempurna, serta menampilkan kepribadian dan nilai-nilai merek Anda.

Tetapi yang benar-benar membedakan Joomla adalah dukungan komunitasnya yang luar biasa. Ribuan pengembang dan desainer telah menciptakan banyak sekali ekstensi dan tema, sehingga Anda dapat meningkatkan fungsionalitas dan estetika situs web Anda.

Joomla juga menawarkan fitur keamanan yang luar biasa, sehingga Anda bisa yakin bahwa situs web dan data pengguna Anda selalu aman.

Ditambah lagi, Joomla ramah SEO, sehingga Anda akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google dan menarik lebih banyak pengunjung ke situs web Anda.

Joomla juga sepenuhnya bersifat open-source, jadi Anda tidak perlu membayar biaya lisensi yang mahal atau berurusan dengan syarat dan ketentuan yang membatasi. Anda bebas untuk membuat dan mengkustomisasi situs web Anda sesuka hati.

Jadi, jika Anda siap untuk membawa situs web Anda ke tingkat berikutnya, Joomla adalah platform yang tepat untuk Anda.

3. Website Builder

Anda bisa menggunakan tool desain web pada website builder. Banyak tools ini menawarkan website builder dengan cara drag and drop, serta memiliki berbagai elemen yang dapat Anda install dan diaktifkan.

Nah, Di bawah ini merupakan keuntungan jika Anda menggunakan website builder.

  • Anda akan menyediakan Cloud hosting. Tapi, untuk tools ini akan dilakukan oleh backend dan maintenance.
  • Anda bisa menggunakan tools AI, tujuannya untuk mencari ide mengenai bisnis Anda, mulai dari nama, logo, dan slogan. Selain itu, AI Content Generator juga digunakan untuk membuat template salinan web.
  • Terdapat SEO bawaan. Menurut hostinger, website Builder menawarkan fitur-fitur pengoptimalan mesin pencari bawaan seperti pengeditan teks gambar, perubahan URL halaman, dan penambahan metadata untuk SERP, sehingga tidak perlu ekstensi seperti WordPress.
  • Fitur toko online all-in-one. Pengguna paket bisnis ini memiliki akses untuk tracking pesanan, manajemen inventaris, penerapan diskon, dan beberapa opsi pembayaran.

4. Melakukan Pengamatan untuk Mengikuti Tren Desain Web

Saat ini dunia desain web terus berkembang. Oleh karena itu, Anda up to date mengikuti tren desain web terbaru.

Ketika Anda mengikuti tren terbaru, maka akan memberikan Anda keunggulan kompetitif dan membuat Anda tetap relevan di dunia digital yang serba cepat saat ini.

Nah, berikut ini yang perlu Anda amati pada tren desain web terbaru Anda:

  • Tren pertama yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan warna-warna yang berani. Bahwasannya tren desain web terbaru telah beralih dari skema warna putih, hitam, dan abu-abu, dan menuju kombinasi warna yang lebih hidup dan dinamis. Menggabungkan warna-warna cerah dengan desain minimalis termasuk tren populer. Tren ini disebut desain Neumorfik, yang memanfaatkan bayangan lembut untuk menciptakan desain yang lebih taktil dan realistis.
  • Kedua, tipografi dan penggunaan font. Dalam beberapa tahun terakhir, para desainer telah menjadi lebih eksperimental dengan tipografi, berani memilih font non-tradisional dan bereksperimen dengan efek-efek baru. Dari huruf yang dicetak tebal dan besar hingga penempatan teks yang unik, para desainer mendorong batas-batas yang dimungkinkan dengan tipografi.
  • Ketiga dalam daftar adalah tren antarmuka pengguna suara (VUI), yang diintegrasikan ke dalam situs web yang membutuhkan fungsi pencarian atau input. Menggunakan VUI sebagai pengganti bilah pencarian tradisional lebih efisien dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik. Ini seperti berbicara dengan seorang teman yang memahami setiap perintah Anda.
  • Keempat, para desainer sekarang mempertimbangkan realitas jarak sosial dalam desain web, menciptakan desain yang lebih interaktif. Sejak pandemi yang sedang berlangsung, orang lebih cenderung untuk online daripada keluar rumah, jadi sekarang sangat penting bagi para desainer web untuk membuat desain yang menarik yang meniru interaksi kehidupan nyata.
  • Kelima, para desainer telah mengalihkan fokus mereka ke penggunaan gerakan dalam desain web. Ini termasuk video perulangan, grafik animasi, dan efek hover, hanya untuk beberapa nama. Grafik gerak digunakan untuk menarik perhatian pengguna dan mempertahankannya.
  • Keenam, desainer web juga lebih berfokus pada aksesibilitas. Penggunaan bahasa yang jelas dan ringkas, desain inklusif yang melayani orang-orang berkebutuhan khusus, dan menu navigasi yang disederhanakan memungkinkan semua orang untuk mengakses dan menikmati situs web Anda.
  • Ketujuh, menggunakan desain 3D tidak hanya membuat situs web terlihat mengesankan, tetapi juga membantu menciptakan desain yang lebih interaktif. Dengan desain 3D, pengguna sekarang dapat melihat objek dari semua sudut, berinteraksi dengan objek, dan merasakan pengalaman situs web sepenuhnya.
  • Terakhir, dengan pertumbuhan desain yang mengutamakan mobile, para desainer perlu memastikan bahwa situs web dioptimalkan untuk perangkat seluler. Penggunaan desain responsif memastikan bahwa situs web berkinerja baik di perangkat apa pun, terlepas dari ukurannya.

Kesimpulannya, mendesain situs web yang fungsional, ramah pengguna, dan menarik secara estetika bukanlah tugas yang mudah, tetapi mengikuti tren terbaru akan membuatnya lebih mudah.

Amati tren desain web terbaru seperti penggunaan warna-warna yang berani dan cerah, penggunaan tipografi, dan antarmuka pengguna suara.

Manfaatkan desain interaktif yang melayani orang-orang dengan kebutuhan khusus dan dioptimalkan untuk perangkat seluler. Dengan semua tren ini, Anda pasti akan mendesain seperti seorang profesional.

Melakukan Pengamatan untuk Mengikuti Tren Desain Web

5. Mempelajari Desain Website Kompetitor

Ketika Anda ingin mendesain situs web yang berbeda dari yang lain, Anda harus mulai dengan mempelajari pesaing Anda.

Dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan situs web pesaing Anda, Anda akan dapat menerapkan strategi desain yang akan membuat situs Anda lebih menarik dan ramah pengguna.

Berikut ini, hal yang perlu Anda perhatikan saat menganalisis situs web pesaing Anda:

  • Pertama, perhatikan keseluruhan struktur dan tata letak situs pesaing Anda. Carilah elemen-elemen yang membuat situs web mereka mudah dinavigasi, menarik secara visual, dan informatif. Perhatikan penggunaan gambar, font, dan warna, dan pertimbangkan bagaimana Anda bisa memasukkan elemen yang sama sambil tetap membuat situs Anda unik.
  • Salah satu komponen kunci dari desain situs web yang sukses adalah memastikan bahwa situs Anda responsif dan dimuat dengan cepat. Di dunia digital yang serba cepat saat ini, pengguna tidak akan menunggu situs yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk dimuat. Dengan menganalisis situs web pesaing Anda, Anda dapat mengidentifikasi area mana saja yang mungkin kurang cepat dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerjanya.
  • Selain elemen visual dan teknis, perhatikan juga konten di situs web pesaing Anda. Apakah mereka menyediakan informasi berharga yang tidak Anda miliki? Apakah mereka menggunakan ajakan bertindak (CTA) yang efektif untuk mendorong keterlibatan dan konversi? Nah, dengan mempelajari strategi konten mereka, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat rencana pemasaran konten yang lebih komprehensif.
  • Penting juga untuk mempertimbangkan pengalaman pengguna (UX) di situs web pesaing Anda. Apakah mereka menyediakan jalur yang jelas bagi pengguna untuk diikuti? Apakah formulir dan proses pembayaran mereka mudah digunakan? Pada dasarnya, menganalisis UX situs pesaing Anda akan membantu Anda mengidentifikasi area mana saja yang mungkin membingungkan atau membuat frustrasi pengguna dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk menciptakan pengalaman yang mulus.

Intinya, mendesain situs web yang sukses ini membutuhkan banyak penelitian dan perencanaan.

Dengan mempelajari situs web pesaing Anda, Anda dapat mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data yang akan menghasilkan situs yang lebih efektif dan menarik.

Jadi, luangkan waktu untuk menganalisis strategi pesaing Anda, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mendesain situs web yang menonjol dalam lanskap digital yang ramai saat ini.

6. Mendesain Situs Website dengan Membuat Mockup

Apakah Anda siap membawa situs web Anda ke tingkat berikutnya dan memberikan dampak yang bertahan lama pada audiens Anda?

Jika iya, ini dia langkah yang harus Anda lakukan yaitu membuat desain mockup. Karena desain mockup ini yang akan menjadi dasar tata letak dan gaya visual situs web Anda.

Dengan membuat mockup, Anda bisa bereksperimen berbagai elemen dan fitur, serta menyempurnakan ide-ide Anda untuk membuat situs web yang benar-benar menakjubkan.

Nah, sebelum memulai Anda harus menguraikan tujuan situs web Anda, target audiens, dan visi keseluruhan.

Apa yang ingin Anda capai dari situs web Anda? Siapa audiens ideal Anda, dan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan dan minat mereka?

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas, Anda bisa mulai membuat mockup dengan membuat sketsa tata letak dan struktur dasar situs Anda.

Fokuslah untuk menciptakan desain yang bersih dan tertata yang menyoroti pesan-pesan utama dan pembeda Anda.

Gunakan warna-warna yang berani dan pilihan font untuk menarik perhatian pengguna, dan pastikan navigasi situs web Anda mudah diikuti dan intuitif.

Hal ini akan membantu pengguna dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan, dan membuat mereka tetap terlibat dengan situs web Anda untuk waktu yang lebih lama.

Setelah Anda memiliki tata letak dasar, mulailah menambahkan fitur-fitur yang lebih kompleks seperti gambar, video, dan elemen interaktif.

Penambahan ini dapat membantu untuk lebih melibatkan audiens Anda dan menciptakan pengalaman pengguna yang berkesan.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai ide desain dan tata letak hingga Anda menemukan kombinasi sempurna yang secara sempurna mewakili merek dan visi Anda.

Ingatlah, desain situs web Anda adalah cerminan dari merek dan nilai-nilai Anda.

Dengan meluangkan waktu untuk membuat mockup yang memukau, Anda akan dapat membuat situs web yang menonjol dari persaingan dan terhubung dengan audiens Anda pada tingkat yang lebih dalam.

Jadi mengapa harus menunggu? Mulailah mendesain mockup Anda hari ini, dan lihat hasil yang bisa dicapai oleh situs web Anda untuk bisnis Anda.

Mendesain Situs Website dengan Membuat Mockup

7. Memperhatikan Hirarki Visual

Situs web berfungsi sebagai etalase digital dan, mirip dengan etalase fisik, situs web harus menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk menjelajah.

Tapi bagaimana Anda mencapainya dalam lanskap digital?

Nah, hirarki visual ini merupakan kunci untuk desain situs web yang menarik perhatian dan membuat pengunjung tetap terlibat.

Pada intinya, hirarki visual mengacu pada pengaturan elemen desain dengan cara yang memandu mata melalui konten. Hal ini dapat mencakup elemen-elemen seperti tipografi, warna, ukuran, dan penempatan.

Dengan memandu mata dengan cara yang disengaja, Anda dapat menciptakan aliran informasi dan menarik perhatian ke elemen yang paling penting.

Tapi ini bukan hanya tentang estetika. Hirarki visual juga memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna.

Dengan memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs web Anda dan menemukan apa yang mereka cari, Anda dapat meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan konversi.

Jadi, bagaimana Anda mencapai hierarki visual dalam desain situs web Anda? Ini semua tentang perencanaan yang matang dan penempatan elemen desain yang disengaja.

Pikirkan tentang pesan yang ingin Anda sampaikan dan elemen-elemen yang paling penting untuk pesan tersebut. Kemudian, gunakan teknik seperti kontras dan ukuran untuk memandu mata ke elemen-elemen tersebut.

Tentu saja, hirarki visual bukanlah solusi yang cocok untuk semua. Hal ini akan bervariasi tergantung pada tujuan, audiens, dan konten Anda.

Sebagai contoh, situs web yang berfokus pada e-commerce dapat memprioritaskan gambar produk dan informasi harga, sementara blog dapat memprioritaskan judul konten dan ajakan bertindak.

Pada akhirnya, tujuan dari hirarki visual ini yaitu untuk menciptakan desain yang menarik secara visual dan mudah dinavigasi.

Dengan memperhatikan pengaturan elemen desain dan aliran informasi, Anda dapat membuat situs web yang menonjol dan membuat pengunjung tetap terlibat.

8. Memberikan Ruang Kosong

Situs web yang penuh dengan konten dan gambar bisa membuat pengunjung kewalahan. Itulah mengapa penting untuk menyisakan ruang kosong di situs web Anda.

Ruang kosong ini memberikan jeda visual bagi pengunjung dan membuat situs web Anda lebih mudah dinavigasi.

Namun, ini bukan hanya tentang estetika. Menyisakan ruang kosong di situs web Anda juga dapat meningkatkan fungsionalitasnya.

Hal ini memungkinkan waktu muat yang lebih cepat dan memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa situs web dengan banyak ruang kosong memiliki rasio pentalan yang lebih rendah dan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Jadi, apa sebenarnya ruang putih itu? Ruang putih adalah area di sekitar dan di antara konten dan gambar Anda.

Ruang ini bisa berwarna apa saja, tidak hanya putih, dan kadang-kadang disebut sebagai ruang negatif. Ini adalah alat yang ampuh yang dapat membantu Anda membuat situs web yang menarik secara visual dan ramah pengguna.

Saat mendesain situs web Anda, penting untuk menyeimbangkan antara konten dan ruang kosong.

Terlalu banyak ruang kosong dapat membuat situs web Anda terlihat kosong dan tidak profesional, sementara terlalu sedikit ruang kosong dapat membuatnya terasa berantakan dan berlebihan.

Kuncinya adalah menemukan titik yang tepat untuk situs web Anda dan audiens Anda.

Salah satu cara untuk memasukkan lebih banyak ruang kosong ke dalam situs web Anda adalah dengan menggunakan margin dan padding yang lebih besar.

Ini akan memberikan konten Anda lebih banyak ruang untuk bernapas dan membuatnya lebih mudah dibaca. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan lebih sedikit gambar dan grafik, dan fokus pada konten berkualitas tinggi.

Intinya, menyisakan ruang di situs web Anda sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang ramah pengguna dan menarik.

Hal ini tidak hanya meningkatkan estetika situs web Anda, tetapi juga fungsionalitasnya. Jadi, saat mendesain situs web Anda, pastikan untuk mengingat ruang kosong dan menggunakannya untuk keuntungan Anda.

 ruang kosong di situs web

9. Merancang Navigasi

Bahwasannya, tanpa sistem navigasi yang dirancang dengan baik, situs web Anda akan terasa seperti labirin, membingungkan dan membuat frustrasi para pengguna.

Tapi apa yang membuat sistem navigasi yang baik harus digunakan?

Pertama, sistem ini harus ramah pengguna. Pengguna Anda harus dapat menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan mudah.

Ini berarti menggunakan label yang jelas dan ringkas, mengatur konten Anda secara logis, dan menghindari kekacauan. Buatlah tetap sederhana, bodoh.

Aspek kunci lain dari navigasi yang baik adalah konsistensi. Pengguna harus selalu tahu di mana mereka berada dan bagaimana caranya bisa menuju ke tempat yang mereka inginkan.

Ini berarti menggunakan label dan elemen desain yang sama di seluruh situs web Anda, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengenali dan menavigasi situs Anda.

Dan jangan lupakan aksesibilitas. Sistem navigasi Anda harus dapat diakses oleh semua pengguna, terlepas dari kemampuan mereka.

Ini berarti Anda juga harus menggunakan font yang jelas dan mudah dibaca, menyediakan teks alternatif untuk gambar, dan memastikan navigasi Anda mudah digunakan dengan keyboard.

Tetapi merancang sistem navigasi bukan hanya tentang kegunaan dan aksesibilitas. Ini juga tentang menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dan menyenangkan.

Sistem navigasi Anda harus intuitif dan menarik, mendorong pengguna untuk menjelajahi situs web Anda dan menemukan semua yang ditawarkan.

Jadi, bagaimana Anda ingin merancang sistem navigasi yang hebat? Yuk, mulailah dengan mempertimbangkan tujuan dan konten situs web Anda terlebih dahulu.

Apa yang dicari oleh pengguna Anda, dan Apa yang pengguna ingin lakukan Anda harus menggunakan informasi agar dapat membuat hierarki halaman dan konten yang logis dan mudah diikuti.

Selanjutnya, pilihlah desain yang melengkapi estetika situs web Anda secara keseluruhan. Navigasi Anda harus menarik secara visual dan mudah dikenali, tanpa terlihat berlebihan.

Pertimbangkan untuk menggunakan ikon atau gambar untuk menyempurnakan navigasi Anda dan membuatnya lebih menarik.

Terakhir, uji sistem navigasi Anda secara menyeluruh sebelum meluncurkan situs web Anda. Dapatkan feedback dari pengguna Anda dan lakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Ingat, sistem navigasi Anda adalah kunci keberhasilan situs web. Jadi, Anda harus mendesainnya dengan benar, dan pengguna Anda akan berterima kasih.

10. Mengatur Grid

Apakah Anda ingin mendesain situs web yang benar-benar menonjol? Jika ya, Anda harus fokus pada elemen dasar pengaturan grid.

Kisi-kisi yang terencana dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam menciptakan situs web yang menarik secara visual dan ramah pengguna.

Untuk membuat situs web yang menonjol, penting untuk fokus pada pengaturan grid yang termasukelemen kisi dasar. Kisi-kisi yang terencana dengan baik dapat secara signifikan meningkatkan estetika situs web dan pengalaman pengguna.

Dalam hal pengaturan grid, ada beberapa hal penting yang perlu diingat.

Pertama, pilihlah sistem grid yang sesuai untuk konten dan tata letak Anda. Hal ini mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, tetapi sangat berharga untuk menemukan sistem yang paling sesuai untuk situs web Anda.

Kedua, perhatikan jarak antar elemen. Ini dikenal sebagai “ruang kosong” dan sangat penting untuk menciptakan tampilan yang bersih dan terorganisir.

Terlalu banyak ruang kosong dapat membuat situs web terlihat kosong, sementara terlalu sedikit dapat membuatnya terlihat berantakan.

Terakhir, konsistenlah dengan kisi-kisi Anda di seluruh situs web. Hal ini akan menciptakan rasa keterpaduan dan membuat keseluruhan desain terlihat lebih halus.

Intinya, pengaturan grid adalah aspek penting dari desain situs web.

Dengan meluangkan waktu untuk merencanakan dan mengimplementasikan sistem grid dengan baik, Anda dapat meningkatkan tampilan keseluruhan dan pengalaman pengguna situs web Anda.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Mulailah pengaturan grid Anda hari ini dan saksikan tingkat keterlibatan Anda melambung tinggi!

Mengatur Grid

11. Pemilihan Warna

Desain situs web di era digital bukan hanya tentang estetika, tetapi juga menciptakan pengalaman pengguna yang menarik yang dapat meningkatkan traffic dan konversi.

Salah satu aspek penting dalam desain situs web adalah warna, yang dapat menimbulkan emosi, menyampaikan makna, dan memengaruhi perilaku.

Memilih warna yang sesuai untuk situs web Anda bisa menjadi upaya yang menantang karena banyaknya pilihan. Sangatlah penting untuk memahami psikologi warna dan dampaknya terhadap efektivitas situs web Anda.

Contohnya, warna-warna hangat seperti merah dan kuning yang bisa menciptakan rasa urgensi dan kegembiraan, sehingga ideal untuk tombol ajakan bertindak (CTA).

Sementara itu, warna-warna sejuk seperti biru dan hijau dapat menciptakan efek menenangkan, sehingga cocok untuk situs web kesehatan atau kebugaran.

Namun, ini bukan hanya tentang memilih warna yang tepat, tapi juga tentang menggunakannya secara efektif. Terlalu banyak menggunakan satu warna bisa menjadi berlebihan, sementara terlalu sedikit bisa membosankan.

Di situlah teori warna berperan. Dengan memahami harmoni dan kontras warna, Anda bisa membuat situs web yang menyenangkan secara visual dan mudah dinavigasi.

Dalam hal desain situs web, lebih sedikit lebih baik. Pilihlah beberapa warna yang saling melengkapi dan hindari menggunakan terlalu banyak warna cerah atau kontras.

Hal ini akan memastikan bahwa situs web Anda enak dipandang dan tidak mengganggu konten Anda.

Selain teori warna, penting juga untuk mempertimbangkan target audiens Anda. Warna yang berbeda dapat memiliki arti dan asosiasi yang berbeda tergantung pada preferensi budaya dan pribadi.

Sebagai contoh, warna merah diasosiasikan dengan gairah dan cinta dalam budaya Barat, namun dapat menandakan bahaya atau peringatan di belahan dunia lain.

Intinya, memilih warna yang tepat untuk situs web Anda sangat penting untuk keberhasilannya. Dengan memahami psikologi warna, teori warna, dan target audiens Anda, Anda bisa membuat situs web yang menarik secara visual dan efektif.

Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai warna dan kombinasi, tetapi selalu ingatlah audiens dan tujuan Anda.

12. Pemilihan Font

Dalam dunia desain web, setiap elemen kecil sangat penting. Dari skema warna hingga tata letak dan gambar, semuanya harus bekerja sama untuk menciptakan situs web yang menarik dan menarik secara visual.

Namun, satu elemen yang sering diabaikan tetapi dapat memberikan dampak besar pada kesuksesan situs web Anda adalah memilih font.

Memilih font yang tepat untuk situs web Anda bisa menjadi tugas yang berat, tetapi sangat penting untuk menciptakan tampilan yang kohesif dan profesional.

Pilihan font Anda tidak hanya penting untuk alasan estetika, tetapi juga dapat memengaruhi keterbacaan dan aksesibilitas situs web Anda.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa pilihan font ini dapat memengaruhi pengalaman dan keterlibatan pengguna.

Ketika berbicara tentang pilihan font, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  • Pertama, Anda ingin memilih font yang mudah dibaca. Ini berarti menghindari font yang terlalu rumit atau dekoratif yang mungkin sulit untuk diuraikan.
  • Selain itu, Anda juga harus memilih font yang sesuai dengan konten dan nada situs web Anda. Sebagai contoh, font yang lucu mungkin cocok untuk situs web anak-anak, tetapi mungkin bukan pilihan terbaik untuk situs web yang ditujukan untuk para profesional.
  • Pertimbangan penting lainnya adalah keterbacaan font pada berbagai ukuran. Font Anda harus dapat diperbesar atau diperkecil tanpa kehilangan keterbacaannya atau menjadi terdistorsi.Hal ini sangat penting bagi pengguna seluler yang mungkin melihat situs web Anda pada layar yang lebih kecil.
  • Dalam hal pilihan font, ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Font serif, seperti Times New Roman, sering digunakan untuk situs web yang lebih tradisional atau formal, sedangkan font sans-serif, seperti Arial, lebih modern dan bersih. Font skrip, seperti Brush Script, bisa menambahkan sentuhan elegan pada situs web Anda, tetapi sebaiknya digunakan dengan hemat dan hanya untuk elemen-elemen tertentu.
  • Selain pilihan font, penting juga untuk mempertimbangkan pasangan font. Memasangkan font dapat membantu menciptakan kontras dan hirarki di situs web Anda, sehingga memudahkan pengguna untuk menavigasi dan mengonsumsi konten Anda. Saat memasangkan font, penting untuk memilih font yang saling melengkapi dan memiliki karakteristik yang sama, seperti x-height atau ketebalan garis yang serupa.

Kesimpulannya, pilihan font adalah elemen penting dalam desain web yang dapat memengaruhi segala hal, mulai dari keterbacaan hingga keterlibatan pengguna.

Saat memilih font, pertimbangkan faktor-faktor seperti keterbacaan, kesesuaian, dan skalabilitas.

Jangan takut bereksperimen dengan perpaduan font untuk membuat situs web yang unik dan menarik.

Dengan memilih font yang tepat, Anda bisa membawa situs web Anda ke tingkat berikutnya dan menciptakan pengalaman pengguna yang benar-benar berkesan.

Pemilihan Font

13. Gunakan Gambar Terbaik

Situs web berfungsi sebagai etalase digital dan harus bisa menarik perhatian calon pelanggan, hal ini mirip dengan etalase fisik.

Cara terbaik untuk membuat situs website yaitu dengan menggunakan gambar terbaik. Gambar-gambar tersebut tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga membangkitkan emosi yang dapat meningkatkan keterlibatan dan pada akhirnya, konversi.

Tapi apa yang dimaksud dengan gambar terbaik?

Foto-foto tersebut adalah foto-foto yang berkualitas tinggi, relevan, dan orisinal. Foto stok tidak lagi memadai. Orang-orang ingin melihat keaslian dan keunikan dalam gambar yang mereka temui secara online.

Dengan munculnya media sosial, pengguna menjadi lebih melek visual, sehingga semakin penting untuk menggunakan visual yang mencolok.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa situs web dengan gambar berkualitas tinggi memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi daripada situs web yang tidak.

Pengguna lebih cenderung bertahan di halaman dengan visual yang menarik, dan mereka lebih cenderung membagikannya kepada orang lain.

Ini berarti visibilitas yang lebih baik untuk situs web Anda, yang dapat menghasilkan traffic yang lebih tinggi dan pada akhirnya, konversi yang lebih tinggi.

Namun, ini bukan hanya tentang menggunakan gambar lama. Ini adalah tentang menggunakan gambar yang tepat yang sesuai dengan merek dan pesan Anda.

Foto lanskap yang diambil dengan indah mungkin menakjubkan, tetapi jika tidak berhubungan dengan bisnis Anda, itu hanya akan membingungkan audiens Anda.

Di sisi lain, menggunakan gambar yang relevan dengan produk atau layanan Anda dapat membantu pengguna memahami apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka membutuhkannya.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan gambar adalah ukuran dan penempatannya.

Gambar yang besar dan beresolusi tinggi dapat memperlambat waktu muat situs web Anda, yang dapat menyebabkan pengguna meninggalkan situs Anda.

Penting untuk mengoptimalkan gambar Anda untuk penggunaan web, dan menempatkannya secara strategis di seluruh situs Anda untuk memandu pengguna melalui perjalanan pelanggan.

Pada akhirnya, menggunakan gambar terbaik dapat membuat perbedaan besar dalam kesuksesan situs web Anda.

Gambar-gambar tersebut dapat membantu Anda menonjol dari persaingan, meningkatkan keterlibatan, dan pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak konversi.

14. Membuat Prototype Desain untuk Situs Website Anda

Dalam hal desain situs web, membuat dan menyempurnakan prototipe desain adalah langkah penting dalam prosesnya.

Ini bukan hanya tentang memiliki website yang menarik secara visual, tetapi juga tentang memahami pengalaman pengguna dan memastikan bahwa situs web tersebut mulus dan intuitif.

Prototipe desain bertindak sebagai cetak biru untuk produk akhir, yang memungkinkan desainer untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah potensial sebelum situs diluncurkan.

Tetapi mengapa prototipe desain sangat penting?

Sederhana saja, prototipe memungkinkan para desainer untuk menguji berbagai tata letak, warna, dan fungsi dalam lingkungan yang terkendali.

Dengan demikian, mereka dapat mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang tidak, membuat keputusan berdasarkan informasi yang memastikan pengalaman pengguna yang terbaik.

Ini adalah proses yang membutuhkan perhatian terhadap detail dan kemauan untuk mengulang sampai desain yang sempurna tercapai.

Prototipe juga membantu desainer mengomunikasikan ide-ide mereka secara lebih efektif kepada para pemangku kepentingan dan klien.

Dengan menyajikan representasi nyata dari situs web, lebih mudah untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan atas keputusan desain.

Hal ini membantu menyederhanakan proses desain dan memastikan bahwa semua orang memiliki pemahaman yang sama sebelum melanjutkan ke tahap pengembangan website.

Tentu saja, mendesain prototipe bukanlah peristiwa satu kali. Ini adalah proses penyempurnaan dan peningkatan yang berkelanjutan.

Ketika fitur dan fungsionalitas baru ditambahkan, prototipe desain harus diperbarui dan diuji untuk memastikan bahwa mereka masih memberikan pengalaman pengguna yang terbaik.

Hal ini membutuhkan komunikasi terbuka antara desainer, pengembang, dan pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa semua orang selaras dengan tujuan dan visi proyek.

Pada akhirnya, seni membuat situs web adalah tentang menciptakan pengalaman yang disukai pengguna.

Kemudian, prototipe desain ini merupakan bagian penting dari proses tersebut, yang memungkinkan para desainer untuk menciptakan pengalaman yang mulus dan intuitif yang membuat pengguna tetap terlibat.

Dengan memperhatikan detail dan mengulang-ulang hingga desain yang sempurna tercapai, desainer dapat membuat situs web yang tidak hanya terlihat hebat tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang tidak ada duanya.

Jadi, jika Anda ingin mendesain situs web yang benar-benar menonjol, jangan abaikan pentingnya prototipe desain.

Ini adalah investasi waktu dan sumber daya yang akan terbayar dalam jangka panjang, memastikan bahwa situs web Anda tidak hanya menarik secara visual tetapi juga fungsional dan intuitif.

Dalam lanskap digital yang kompetitif saat ini, hal-hal kecillah yang membuat perbedaan, dan prototipe desain adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan.

Membuat Prototype Desain untuk Situs Website Anda

15. Melakukan Pengujian

Membuat situs web hanyalah permulaan. Tantangannya adalah membuatnya agar lebih efektif dan fungsional. Dan pengujian inilah satu-satunya cara untuk mengukurnya. Jangan berasumsi bahwa situs web Anda akan bekerja dengan sempurna.

Meskipun situs yang sudah canggih pun bisa saja mengalami gangguan dan membutuhkan pengujian untuk mengidentifikasinya.

Pengujian ini lebih dari sekadar mengidentifikasi bug dan kesalahan. Tujuannya untuk memastikan bahwa situs web Anda ramah pengguna dan mudah dinavigasi.

Pengujian memungkinkan Anda untuk memahami pengguna Anda dengan lebih baik, mengidentifikasi titik-titik masalah, dan pada akhirnya meningkatkan pengalaman mereka di situs Anda.

Perhatian terhadap detail inilah yang membedakan situs web yang sukses dari situs web biasa.

Sebenarnya, pengujian dapat menjadi proses yang memakan waktu dan sumber daya yang intensif. Tetapi manfaatnya jauh lebih besar daripada kekurangannya.

Dengan menginvestasikan waktu dan upaya dalam pengujian, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda tidak hanya fungsional tetapi juga dioptimalkan untuk mesin pencari.

Mesin pencari terus memperbarui algoritme mereka untuk memprioritaskan pengalaman pengguna di atas segalanya.

Sederhananya, pengguna yang terlibat disini adalah pengguna yang bertahan di situs web Anda lebih lama, berinteraksi dengan konten Anda, dan kembali lagi. Keterlibatan seperti itu adalah sinyal yang kuat bagi mesin pencari bahwa situs web Anda berharga dan relevan.

Dengan berfokus pada keterlibatan pengguna, Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dan meningkatkan traffic ke situs Anda.

Untuk mencapai keterlibatan yang optimal, penting untuk memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan. Hal ini dapat dicapai melalui pembuatan konten yang menarik, pengoptimalan desain dan tata letak situs, serta memastikan waktu muat yang cepat.

Intinya, pengujian disini termasuk hal yang penting dalam mendesain situs web. Tetapi ini bukan hanya tentang mengidentifikasi bug dan kesalahan. Ini adalah tentang mengoptimalkan situs Anda untuk keterlibatan pengguna.

Dengan berinvestasi dalam pengujian, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda menonjol dalam lanskap digital yang ramai dan menarik audiens yang setia. Jadi, silakan uji situs web Anda dan ubahlah menjadi aset digital berkinerja tinggi.

16. Melakukan Pengecekan Website Agar Bisa Terlihat di Perangkat Mobile

Di era digital saat ini, memiliki situs web yang terlihat bagus di perangkat seluler bukan lagi sebuah kemewahan, melainkan sebuah keharusan.

Dengan meningkatnya jumlah orang yang mengakses internet melalui ponsel cerdas dan tablet mereka, penting untuk memastikan desain situs web Anda dioptimalkan untuk tampilan seluler.

Tapi bagaimana Anda bisa mengetahui apakah desain situs web Anda sudah ramah seluler?

Salah satu cara untuk memeriksa apakah desain situs web Anda ramah seluler adalah dengan melihatnya di perangkat seluler.

Jika teksnya terlalu kecil, gambarnya terdistorsi, atau tata letaknya sulit dinavigasi, maka kemungkinan besar situs web Anda tidak dioptimalkan untuk tampilan seluler.

Hal ini bisa menjadi penghalang utama bagi calon pelanggan dan dapat mengakibatkan rasio pentalan yang tinggi.

Cara lain untuk menguji keramahan situs web Anda adalah dengan menggunakan Google Mobile-Friendly Test.

Alat ini menganalisis situs web Anda dan memberikan laporan tentang seberapa baik kinerjanya pada perangkat seluler.

Alat ini memperhitungkan faktor-faktor seperti ukuran font, spasi, dan penggunaan flash. Jika situs web Anda gagal dalam tes ini, saatnya untuk membuat beberapa perubahan pada desain situs web Anda.

Memiliki desain situs web yang ramah seluler tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung Anda, tetapi juga berdampak positif pada peringkat mesin pencari Anda.

Google telah menjelaskan bahwa situs web yang ramah seluler diprioritaskan dalam hasil pencariannya. Ini berarti bahwa jika situs web Anda tidak ramah seluler, situs web Anda mungkin tidak memiliki peringkat setinggi situs web pesaing Anda dalam hasil pencarian.

Untuk memastikan bahwa desain situs web Anda dioptimalkan untuk tampilan seluler, pertimbangkan untuk menggunakan desain responsif.

Desain responsif secara otomatis menyesuaikan tata letak situs web Anda agar sesuai dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Artinya, situs web Anda akan terlihat bagus di perangkat apa pun, baik smartphone, tablet, atau komputer desktop.

Selain menggunakan desain yang responsif, pastikan situs web Anda dioptimalkan untuk kecepatan. Pengguna seluler mengharapkan situs web dimuat dengan cepat, dan jika situs web Anda terlalu lama dimuat, mereka akan segera beralih ke situs web lain.

Gunakan alat bantu seperti Google PageSpeed Insights untuk mengidentifikasi area di mana situs web Anda dapat dioptimalkan untuk kecepatan.

Intinya, memiliki desain situs web yang ramah seluler sangat penting di era digital saat ini. Tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna bagi pengunjung Anda, tetapi juga berdampak positif pada peringkat mesin pencari Anda.

Dengan menggunakan desain yang responsif dan mengoptimalkan situs web Anda untuk kecepatan, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda terlihat bagus di perangkat apa pun dan memberikan pengalaman pengguna.

Melakukan Pengecekan Website Agar Bisa Terlihat di Perangkat Mobile

17. Launch Website

Sebelum melakukan peluncuran, pastikan desain Anda sudah sempurna. Karena, situs web ini merupakan etalase digital bagi Anda, sehingga sangat penting untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Anda bisa menyempurnakan desain Anda, memastikannya menarik secara visual, ramah pengguna, dan dioptimalkan untuk performa situs web Anda.

Namun, bagaimana Anda tahu kapan desain Anda siap untuk diluncurkan?

Pertimbangkan untuk melakukan pengujian pengguna untuk mengumpulkan umpan balik dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Pengujian A/B juga dapat membantu menentukan elemen desain mana yang paling efektif. Dan jangan lupakan aspek teknis, pastikan situs web Anda responsif, dimuat dengan cepat, dan kompatibel di berbagai perangkat dan browser.

Setelah desain Anda dipoles dan siap digunakan, saatnya meluncurkan situs web Anda. Tetapi jangan hanya duduk dan menunggu traffic datang.

Dengan begitu akan semakin banyak persaingan Anda, akan tetapi Anda harus aktif terlibat dengan audiens agar lebih menonjol, dan di situlah keterlibatan berperan.

Keterlibatan pengguna merpakan adalah bagian dari SEO.

Mesin pencari sekarang memprioritaskan situs web yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi, yang berarti pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di situs, berinteraksi dengan konten, dan membagikannya dengan orang lain.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk membuat konten yang menarik yang beresonansi dengan audiens Anda. Gunakan visual yang menarik, tulisan yang menarik, dan fitur interaktif untuk membuat pengguna bertahan lebih lama di situs Anda.

Namun, keterlibatan bukan hanya tentang membuat konten yang bagus. Ini juga tentang membangun hubungan dengan audiens Anda.

Tanggapi komentar dan pesan dengan segera, mintalah umpan balik, dan tawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Tunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda menghargai masukan mereka dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi mereka.

Untuk lebih meningkatkan keterlibatan, pertimbangkan untuk memasukkan media sosial ke dalam strategi Anda. Bagikan konten Anda di berbagai platform, libatkan pengikut Anda, dan gunakan tagar untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Dorong konten buatan pengguna dengan mengadakan kontes atau meminta kiriman dari pengguna. Semakin banyak audiens Anda berinteraksi dengan merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka menjadi pelanggan setia dan pendukung.

Intinya, meluncurkan situs web Anda hanyalah permulaan. Untuk berhasil dalam lanskap digital saat ini, Anda perlu memprioritaskan keterlibatan.

Fokuslah untuk membuat konten yang bagus, membangun hubungan dengan audiens Anda, dan memanfaatkan media sosial.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda tidak hanya akan meningkatkan peringkat SEO Anda, tetapi juga menciptakan komunitas yang loyal dan terlibat di sekitar merek Anda.

Software untuk Mendesain Website

Situs web yang dirancang dengan baik dan selera yang tinggi adalah hal yang sangat penting di era digital saat ini. Klien lebih cenderung berkonversi jika situs webnya menarik secara estetika dibandingkan dengan hanya memiliki platform biasa.

Lanskap desain web saat ini menyediakan berbagai alat untuk membangun website, masing-masing dengan tingkat keahlian dan pengetahuan yang berbeda-beda.

Dalam hal memilih perangkat desain web yang paling sesuai, ini bisa menjadi sebuah tantangan.

Software untuk Mendesain Website

Nah, artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang fitur-fitur penting yang perlu dipertimbangkan dan merekomendasikan perangkat desain web terbaik untuk tahun 2023, dilansir dari sumber glints.

1. Bootstrap Studio

Bootstrap Studio adalah opsi cocok bagi Anda yang ingin mendesain situs web tanpa harus memiliki pemahaman yang kuat tentang pengkodean.

Adapun alat desain web yang menyediakan fungsionalitas yang lengkap, seperti waktu pemuatan yang cepat, dan grafik yang interaktif.

Nah, tools ini yaitu bootstrap Studio. Perangkat lunak ini mencakup area kanvas, daftar komponen dan fitur, serta bagian pengkodean.

Bootstrap Studio menawarkan berbagai templat dan widget untuk digunakan, termasuk header, footer, slideshow, span, dan div.

Dengan Bootstrap Studio Anda bisa mendesain dan mengembangkan framework Bootstrap dengan fitur-fitur yang komprehensif. Selain itu, Anda juga melakukan pengujian pada situs web yang sedang dirancang.

2. Figma

Figma adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh desainer UI karena sifatnya yang berbasis browser. Fitur-fitur pada Figma ini diperbarui secara berkala secara otomatis.

Figma dan Sketch memiliki banyak kesamaan dalam perangkat lunak desain web, tetapi Figma menawarkan fitur yang lebih unggul yaitu adanya kolaborasi tim.

Meskipun, opsiini baru, tapi fitur Figma ini sangat menarik. Kemudian, memiliki desain berbasis vektor yang meningkatkan kegunaannya.

figma

3. Sketch

Sketch adalah perangkat lunak desain web yang sangat dihormati untuk MacOS, dan menerima penghargaan desain dari Apple pada awal tahun 2010.

Sketch bertujuan untuk merampingkan pembuatan maket terbaik.

Sketch juga merupakan pilihan populer di kalangan desainer karena antarmukanya yang ramah pengguna yang memfasilitasi proses desain yang efisien.

Sketch telah memasukkan fitur tambahan untuk pembuatan prototipe dan akses kolaborasi.

Sketch pada dasarnya adalah perangkat lunak berbasis vektor, meskipun dimungkinkan untuk membuka gambar raster. Namun demikian, mengedit gambar-gambar ini dalam Sketch, tidak dimungkinkan.

4. InVision Studio

Salah satu program perangkat lunak yang sering digunakan untuk tujuan membuat prototipe, yaitu InVision Studio.

InVision Studio memiliki banyak kemiripan dengan Sketch dan Figma, tetapi lebih menekankan pada pembuatan animasi dalam prototipe desain web.

InVision Studio terhubung langsung ke sistem berbasis cloud, InVision Cloud, sehingga memudahkan penyimpanan dan berbagi desain.

InVision Studio menyertakan fitur Mirror yang memungkinkan pengujian tampilan dan animasi pada smartphone.

5. Wix

Wix adalah perangkat lunak pembuatan situs web yang banyak digunakan di dunia online.

Perangkat lunak ini diluncurkan pada tahun 2016 dan menawarkan berbagai macam templat dan widget. Menurut TechRadar, ada lebih dari 500 templat yang tersedia untuk digunakan secara gratis.

Selain itu, Wix merupakan pembangun situs web yang ramah pengguna yang cocok untuk individu tanpa pengalaman coding.

Dapat dikatakan bahwa Wix ini merupakan tool pembuat website tanpa coding apa pun karena semua fiturnya dapat diakses melalui sistem drag-and-drop, sehingga dapat membantu pemula yang ingin membuat atau mendesain website.

Wix

Nah, itu dia penjelasan cara mendesain website dengan benar dan mudah. Dengan begitu desain pada situs web Anda akan lebih menarik, dan audiens akan tertarik.Ā 

Bagaimana cara mendesain website?

1. Menentukan Tujuan
2. Mencari Web Host yang Sesuai
3. Memilih Platform untuk Bisa Mendesain Website dengan Mudah
4. Melakukan Pengamatan untuk Mengikuti Tren Desain Web
5. Mempelajari Desain Website Kompetitor
6. Mendesain Situs Website dengan Membuat Mockup
7. Memperhatikan Hirarki Visual
8. Memberikan Ruang Kosong
9. Merancang Navigasi
10. Mengatur Grid
11. Pemilihan Warna
12. Pemilihan Font
13. Gunakan Gambar Terbaik
14. Membuat Prototype Desain untuk Situs Website Anda
15. Melakukan Pengujian
16. Melakukan Pengecekan Website Agar Bisa Terlihat di Perangkat Mobile
17. Launch Website

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like