3 Cara Mengukur Social Media Engagement Mudah & Efektif

Apakah Anda tahu cara mengukur keberhasilan strategi media sosial Anda? Apakah Anda kesulitan untuk menentukan apakah upaya Anda membuahkan hasil? Keterlibatan media sosial adalah metrik penting untuk dilacak, karena ini menunjukkan seberapa baik konten Anda beresonansi dengan audiens Anda.

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian integral dari strategi pemasaran bisnis apa pun. Dengan banyaknya data yang tersedia, mungkin akan sangat membingungkan untuk mengetahui metrik mana yang harus difokuskan.

Cara mengukur social media engagement bukan hanya tentang menghitung suka dan pengikut, ini tentang memahami bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan konten Anda.

Untuk mengetahui cara mengukur keterlibatan media sosial secara efektif, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan dan sasaran Anda. Ini bukan hanya tentang angka-angka, tetapi tentang kualitas keterlibatan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh cara mudah dan efektif untuk mengetahui cara mengukur social media engagement dan membantu Anda melacak kemajuan Anda dalam mencapai tujuan media sosial.

metrik social media engagement

Metrik Social Media Engagement

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana platform media sosial mengukur keterlibatan? Metrik apa yang mereka gunakan untuk menentukan keberhasilan sebuah postingan atau kampanye?

Media sosial telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan audiens mereka dan mempromosikan merek mereka. Dengan munculnya influencer marketing dan postingan bersponsor, mengukur keterlibatan menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Di sinilah metrik keterlibatan media sosial berperan. Metrik ini membantu bisnis memahami bagaimana kinerja konten mereka dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis metrik keterlibatan dan bagaimana metrik tersebut dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi media sosial Anda.

1. Peningkatan Jumlah Audience 

Memiliki jumlah pengikut yang banyak di berbagai platform social media menjadi salah satu kebanggan dan pencapaian sendiri bagi kreator atau influencer.

Dengan jumlah pengikut yang banyak menjadi penanda bahwa konten dan akun anda terkenal dan menjadi keuntungan sendiri bagi influencer social media karena akan menambahkan biaya endorsement yang dikenakan saat hendak melakukan kolaborasi promosi dengan brand lain.

Jumlah pengikut social media ini mudah dilihat saat anda mengunjungi halaman profil pengguna, dimana anda akan melihat jumlah pengikut dan orang yang diikuti oleh akun tersebut.

Namun, jumlah pengikut yang banyak tentunya kurang sepadan apabila tidak diiringi dengan jumlah interaksi yang  aktif di setiap postingannya, sehingga menjadi penanda bahwa konten tersebut kurang menarik atau belum memiliki basis penggemar yang kuat.

Dalam mengukur peningkatkan jumlah audience serta interaksi yang didapatkan oleh akun tersebut, maka anda bisa menggunakan social media engagement tools yang memberikan informasi mengenai jumlah pengikut dan interaksi yang didapatkan sebuah akun dalam jangka waktu tertentu secara langsung.

Selain itu, kreator juga bisa menghitung jumlah peningkatan audience melalui fitur insight yang tersedia bagi akun bisnis, sehingga anda akan mendapatkan informasi perkembangan akun dalam jangka waktu tertentu.

2. Jumlah Pengikut Baru

Jumlah pengikut baru yang bertambah setiap hari juga menjadi kebahagiaan kecil yang diharapkan oleh kreator setiap paginya.

Penambahan jumlah pengikut menjadi penanda bahwa konten anda disukai oleh pengguna social media serta mereka mulai tertarik pada produk dan brand yang anda tawarkan.

Di sisi lain, peningkatkan jumlah pengikut setelah melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu juga menjadi penanda bahwa promosi tersebut berhasil, karena cara promosi yang menarik perhatian dan membuat konsumen penasaran.

Sama seperti sebelumnya, anda juga menghitung jumlah pengikut baru menggunakan social media management tools, fitur insights di akun business, atau menghitung secara manual yang mungkin akan memakan waktu karena jumlah kenaikan pengikut yang meningkat drastis.

3. Ratio Pengikut

Bagi akun influencer atau kreator yang sedang berkembang, biasanya seseorang juga akan melihat keseimbangan antara jumlah pengikut atau orang yang diikuti.

Jika jumlah pengikut anda lebih banyak dibandingkan orang yang diikuti, maka orang-orang akan beranggapan bahwa akun anda adalah influencer yang perlu diikuti karena konten yang menarik dan menjadi pemimpin di industri tersebut.

Sebaliknya jika anda memiliki jumlah orang yang diikuti lebih banyak dibandingkan orang yang mengikuti anda, maka menjadi penanda bahwa konten yang disajikan kurang menarik atau anda baru saja membuka akun social media.

Perbandingan jumlah pengikut dan orang yang diikuti juga bisa dilihat dengan mudah melalui halaman profil, sehingga bisa dilihat langsung oleh pengguna social media lain yang tidak sengaja menemukan akun anda di social media atau melakukan pencarian secara manual.

4. Jumlah Suka di Setiap Postingan

Setelah anda mengunggah sebuah konten di social media, biasanya tidak lama anda akan mendapatkan interaksi dari pengikut anda, mulai dari tanda suka, komentar, konten yang dibagikan, atau disimpan agar bisa dilihat kembali dengan mudah.

Jumlah suka yang di dapatkan pada setiap postingan biasanya bisa berbeda-beda, tergantung minat konsumen pada satu jenis konten serta isi yang dibagikan, biasanya setiap akun memiliki jenis konten kesukaan yang berbeda-beda, sehingga menimbulkan perbedaan jumlah tanda suka.

Semakin banyak jumlah tanda suka di postingan tertentu akan membuka peluang bagi akun anda untuk memiliki jangkauan yang lebih luas karena direkomendasikan oleh algoritma social media ke target audience yang memiliki minat serupa pada jenis konten dan tema tertentu.

Biasanya jumlah suka pada setiap postingan akan dikumpulkan menjadi informasi interaksi dalam jangka waktu tertentu, sehingga bisa meningkat atau menurun pada durasi tanggal tertentu.

Selain itu, anda juga bisa menghitungnya secara manual dengan cara menelusuri setiap postingan yang telah anda unggah sebelumnya untuk membandingkan pencapaian setiap konten.

Guna meningkatkan jumlah interaksi di akun social media, maka anda bisa memulainya dengan fokus pada satu jenis postingan yang memiliki tanda suka paling banyak, dimana informasi tersebut bisa anda akses di fitur insight akun business yang menampilkan kinerja masing-masing konten.

Dengan fokus pada satu jenis postingan pada jangka waktu tertentu, maka akan membantu untuk menaikkan jumlah interaksi akun social media yang dimiliki serta menghemat waktu dalam membuat konten social media, karena anda bisa menggunakan template yang serupa.

5. Jumlah Konten yang Dibagikan

Konten yang menarik tidak hanya bisa membuat pengikut anda menyukainya namun membagikannya ke orang lain yang memiliki minat yang sama karena isi konten yang menarik.

Semakin banyak konten yang dibagikan ke orang lain, maka akan membuka peluang bagi akun anda untuk terkenal dan menambah jumlah pengikut apabila mereka terus menerus melihat konten anda.

Sebuah konten yang banyak dibagikan oleh orang lain menjadi penanda bahwa postingan tersebut memiliki daya tarik sendiri, baik membagikan pengetahuan yang menarik atau visual yang keren sehingga membuat seseorang tertarik untuk membagikannya ke orang lain.

Saat mengukur kinerja konten yang paling banyak dibagikan, maka anda akan mendapatkan wawasan baru mengenai postingan yang dapat menarik pengikut baru dan layak disebarkan ke orang lain.

Sehingga mereka akan membicarakan isi dari konten tersebut di halaman percakapan pribadi lainnya dan mendorong untuk menambah jumlah pengikut baru.

Sama seperti sebelumnya, apabila anda ingin membuat konten yang lebih banyak disimpan, maka anda perlu mengetahui topik dan jenis postingan yang banyak dibadikan oleh pengikut anda yang bisa diakses melalui fitur insight di akun business atau platform social media management lainnya.

6. Jumlah Komentar 

Melakukan interaksi dengan konsumen di kolom komentar menjadi salah satu cara untuk menjalin hubungan dengan pengikut yang dimiliki sehingga menjadikan mereka sebagai pelanggan yang royal dan loyal.

Jumlah komentar yang masuk di setiap postingan menjadi salah satu penanda bahwa anda berhasil membangun hubungan yang baik dengan audience serta menjadi indikator bahwa konten anda menarik minat konsumen untuk melakukan interaksi dua arah.

Interaksi yang masuk di kolom komentar juga penting karena akan memperlihatkan bagaimana anda melakukan interaksi dengan komunitas yang dimiliki, serta melihat bagaimana pengikut anda saling membalas komentar untuk membahas topik tertentu yang berkaitan dengan konten tersebut.

Dengan jumlah interaksi yang banyak juga membuat pengunjung akun anda penasaran pada percakapan yang dilakukan dan membuat mereka tertarik untuk bergabung pada interaksi di konten tersebut.

Guna mendapatkan konten yang mendapatkan banyak komentar, maka anda bisa memilih jenis konten yang banyak dikunjungi oleh audience dan mendapatkan lebih banyak interaksi.

Selain itu, tentukan topik yang sedang naik daun di kalangan target audience anda dan berkaitan dengan industri yang dijalani, bisa dari berita terbaru atau masalah yang sering dihadapi oleh konsumen.

Berikan juga pendapat anda di kolom caption dan ajak pengikut anda untuk melakukan interaksi dengan menambahkan kalimat call to action di akhir postingan.

Bagikan juga konten tersebut ke platform lain, sehingga pengikut anda yang tersebar di tempat lain juga tertarik untuk bergabung pada interaksi tersebut.

7. Klik Per Postingan

Beberapa jenis konten memungkinkan anda menambahkan tautan yang membawa pengikut anda ke tempat baru, misalnya saja akun e-commerce atau website brand yang dimiliki.

Penambahan tautan di konten social media juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif, sehingga konsumen dapat melakukan pembelian untuk produk tertentu atau melihat berbagai barang yang dipromosikan.

Meskipun begitu, anda juga perlu mengetahui cara mengukur social media engagement pada tautan yang ditambahkan, untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang pada link tersebut.

Selain itu, anda juga dapat mempromosikan akun social media lain yang anda lain atau postingan yang anda sukai, sehingga pengikut anda bisa turut melakukan interaksi dengan postingan tersebut.

Anda juga dapat memperhitungkan keuntungan yang didapatkan dari jumlah konsumen yang berkunjung ke akun e-commerce atau website brand, apabila anda memasarkan produk tertentu, sebelum anda mendapatkan hasil yang lebih lengkap.

Guna meningkatkan jumlah klik di postingan tertentu, maka anda bisa memilih jenis konten yang sesuai dan dapat menambahkan tautan link, sehingga memudahkan konsumen untuk mengakses link tersebut.

PkbUYrLpSSGgPzBVV1hD

Keuntungan Mengukur Social Media Engagement

Apakah Anda tahu seberapa besar keterlibatan pengikut media sosial Anda dengan merek Anda? Mengukur keterlibatan media sosial dapat memberikan wawasan yang berharga tentang audiens Anda dan membantu meningkatkan strategi media sosial Anda.

Media sosial telah menjadi bagian integral dari pemasaran untuk bisnis dari semua ukuran. Namun, hanya dengan hadir di media sosial saja tidak cukup. Untuk benar-benar mendapatkan manfaat dari media sosial, Anda harus terlibat dengan pengikut Anda dan membangun komunitas di sekitar merek Anda.

Mengukur keterlibatan media sosial dapat membantu Anda memahami bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan merek Anda, konten apa yang sesuai dengan mereka, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan strategi media sosial Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat mengukur keterlibatan media sosial dan bagaimana hal tersebut dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

Keuntungan pertama yang didapatkan dari mengukur interaksi social media adalah mengetahui ulasan dari konsumen, dimana anda akan melihat interaksi dari konsumen yang berupa perbincangan membahas konten tertentu atau memberikan saran pada pengembangan konten dan akun anda, sehingga dapat membantu meningkatkan interaksi dengan audience.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan wawasan baru mengenai promosi yang dilakukan pada campaign promosi, sehingga anda bisa mengukur apakah konten dan produk anda disukai oleh audience atau memerlukan cara lain untuk melakukan interaksi dengan konsumen.

Bagian paling menguntungkan dari mengetahui kinerja konten social media adalah meningkatkan penghasilan dari konsumen baru yang datang dan pelanggan setia.

Contohnya saja, konten anda mendapatkan jangkauan yang lebih luas berkat konten yang menarik serta jumlah interaksi yang tinggi, sehingga menjangkau konsumen yang baru yang belum mengenal produk anda sebelumnya.

Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu lama, maka akan menarik minat konsumen untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk anda dan membelinya jika merasa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan dari sisi pelanggan, interaksi yang dilakukan terus menerus, akan memupuk kesetiaan pada brand tersebut, sehingga mereka tertarik untuk menggunakannya berulang kali, meskipun ada brand baru yang memiliki produk yang sama.

cara mengukur social media engagement

Cara Mengukur Social Media Engagement

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Baik itu untuk penggunaan pribadi maupun untuk bisnis, kita semua ingin tahu seberapa baik performa postingan media sosial kita. Namun, bagaimana cara kita mengukur keterlibatan media sosial?

Mengetahui cara mengukur social media engagement bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ini bukan hanya tentang jumlah suka atau pengikut, tetapi tentang seberapa baik konten Anda beresonansi dengan audiens Anda. Melacak semua metrik dan data yang ada dalam analisis media sosial bisa jadi sangat melelahkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara mudah dan efektif untuk mengukur keterlibatan media sosial. Kami akan membahas metrik utama yang harus Anda lacak, alat yang dapat Anda gunakan untuk menyederhanakan prosesnya, dan kiat-kiat untuk menganalisis data Anda untuk membuat keputusan yang tepat.

Dengan tips-tips ini, Anda akan dapat mengukur kesuksesan media sosial Anda dan melakukan perbaikan pada strategi Anda.

1. Ketahui Campaign Promosi yang Sedang Dilakukan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum mengukur interaksi di social media adalah mengetahui jenis campaign promosi dan target yang ingin didapatkan.

Hal ini dikarenakan setiap campaign memiliki alat pengukuran yang berbeda-beda dan perlu dipenuhi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya saja, anda ingin menambah jumlah pengikut pada campaign promosi saat ini, maka anda harus fokus pada hasil insight followers guna mengetahui perkembangan dan penurunan jumlah pengikut pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Berbeda jika anda ingin meningkatkan jumlah jangkauan konten, maka anda perlu melihat jenis konten yang menjadi fokus promosi, serta jangkauan postigan yang didapakan dalam jangka waktu tertentu.

Semakin luas jangkauan konten anda dan jumlah orang yang membicarkan konten anda, maka menjadi penanda bahwa campaign promosi berhasil.

Selain itu, berbagai social media juga memiliki engagement rate yang berbeda, tergantung dari pendekatan dengan pengikut yang dimiliki.

Contohnya adalah platform Facebook memiliki fokus interaksi pada jumlah komentar di setiap postingan, reaksi, konten yang dibagikan, kunjungan ke website, atau jumlah foto yang dilihat.

Sementara pada Tiktok yang fokus pada konten video, jumlah engagement rate yang perlu diperhatikan adalah jumlah penonton video, interaksi di konten yang telah diunggah sebelumnya, serta konten yang dibalas menggunakan fitur insight yang menjadi penanda popularitas sebuah konten.

2. Gunakan Fitur Insight di Social Media

Kreator social media yang telah mengubah akunnya menjadi mode business memiliki kemudah untuk mengukur social media engagement, yakni menggunakan fitur insight yang tersedia khusus di akun bisnis dan kreator.

Layanan tersebut akan memudahkan anda untuk mengetahui kinerja konten dan akun yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda tidak perlu menghitungnya secara manual yang tentunya akan lebih memakan waktu dan hasil penghitungan yang mungkin kurang tepat.

Fitur insight tersebut juga memiliki berbagai halaman khusus yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Misalnya jika anda hendak menghitung jangkauan konten, maka anda bisa melihat fitur reach yang menampilkan berbagai jangkauan konten pada waktu tertentu, sehingga menjadi pertimbangan jenis konten yang digunakan untuk meningkatkan jangkauan postingan.

Sementara jika anda hendak menambah interaksi dalam bentuk suka atau komentar, maka anda bisa melihat fitur insight jumlah suka dan komentar yang dibagi ke dalam beberapa halaman khusus.

Pada fitur Instagram insight, anda bahkan dapat melihat konten yang memiliki jumlah suka dan komentar tertentu, sehingga anda bisa mengembangkan postingan yang sesuai kebutuhan.

Tampilan fitur insight di setiap platform social media mungkin berbeda-beda, namun semuanya memiliki jenis interaksi yang hampir sama, sehingga memudahkan anda untuk mengetahui hasil postingan akun social media.

3. Gunakan Platform Social Media Engagement

Memiliki akun brand yang banyak di berbagai platform social media, tentunya akan menyulitkan anda untuk mengatur jenis postingan yang akan diunggah, waktu tayang konten, serta caption yang disematkan.

Sehingga anda membutuhkan platform khusus untuk mengelola berbagai akun social media di satu tempat, sehingga lebih menghemat waktu untuk mengurus variasi konten yang dimiliki.

Social media management menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk mengatur jalannya akun social media agar anda bisa mengunggah konten tepat waktu serta melakukan interaksi konten di satu tempat.

Tidak hanya itu, platform ini memyediakan layanan khusus untuk menganalisa kompetitor untuk memastikan bahwa promosi anda tidak berjalan selaras, sehingga dapat menyasar target konsumen yang tepat.

Terdapat juga fitur untuk mengetahui minat konsumen melalui layanan social listening yang dapat mengetahui topik yang sedang diperbincangkan oleh target audience.

Layanan paling penting di halaman social media engagement adalah kemampuan untuk mengukur kinerja konten dan akun social media, sehingga anda dapat mengetahui apakah strategi promosi yang dilakukan sudah mendapatkan hasil yang diinginkan.

Anda juga bisa mendapatkan saran dan strategi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil interaksi yang lebih tinggi.

Bagaimana cara mengukur engagement rate

1.Ketahui Campaign Promosi yang Sedang Dilakukan
2. Gunakan Fitur Insight di Social Media
3. Gunakan Platform Social Media Engagement

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like