Cara Menjadi Make Up Artist dari Nol untuk Pemula

Pernahkah Anda bermimpi untuk menjadi make up artist tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Industri kecantikan bisa jadi sangat menakutkan, terutama bagi para pemula. Namun dengan bimbingan dan tekad yang tepat, siapa pun dapat mencapai impian mereka untuk menjadi penata rias.

Seni tata rias adalah jalur karier yang kreatif dan bermanfaat yang memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan bakat artistik mereka dan membantu orang lain meningkatkan kecantikan alami mereka.

Baik Anda ingin bekerja di dunia mode kelas atas yang glamor atau hanya ingin menguasai seni merias wajah sehari-hari, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai perjalanan Anda sebagai penata rias.

Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda tips dan saran berharga tentang cara menjadi penata rias dari nol untuk pemula. Mulai dari mengasah kemampuan melalui latihan hingga membangun jaringan dengan para profesional di industri ini, kami akan memandu melalui langkah-langkah penting untuk memulai karir di industri kecantikan.

pengertian make up artist adalah

Baca Juga : Rekomendasi Pekerjaan Sampingan yang Menguntungkan

Make Up Artist Adalah

Make up artist adalah seorang profesional yang menggunakan kosmetik untuk menyempurnakan penampilan seseorang. Penata rias bekerja di berbagai tempat, termasuk peragaan busana, produksi film dan televisi, pemotretan, pernikahan, dan acara-acara khusus.

Penata rias memiliki pemahaman yang kuat tentang teori warna, jenis kulit, dan berbagai teknik tata rias. Mereka terampil dalam menciptakan berbagai penampilan, seperti riasan natural, glam, editorial, dan efek khusus. Make up artist harus selalu mengikuti tren di industri kecantikan dan terus meningkatkan keterampilan mereka melalui lokakarya, kursus, dan latihan.

Mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang kuat untuk berkolaborasi secara efektif dengan klien, fotografer, dan profesional lainnya di industri ini.

jenis jenis make up artist

Jenis-jenis Make Up Artist

Apakah Anda tertarik untuk mengejar karier di bidang seni tata rias, tetapi tidak yakin spesialisasi mana yang harus difokuskan? Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin akan sangat membingungkan untuk memilih jalur yang tepat.

Memahami berbagai jenis make up artist dapat membantu mempersempit pilihan dan menemukan yang paling sesuai dengan keahlian dan minat. Seni tata rias adalah bidang yang beragam dengan berbagai bidang spesialisasi, masing-masing membutuhkan keterampilan dan teknik khusus.

Apakah Anda tertarik dengan tata rias pengantin, efek khusus, editorial, atau tata rias teater, ada ceruk untuk semua orang di industri ini.

1. Make Up Artist Pengantin

Salah satu jenis make up artist yang banyak dicari oleh konsumen adalah penata rias pengantin, dimana mereka bertugas merias mempelai wanita sesuai dengan permintaan konsumen serta adat tertentu.

Tingkat kesulitan untuk memastikan make up tahan lama hingga durasi tertentu serta menyesuaikan dengan adat yang dipilih menjadikan penata rias pengantin memiliki biaya jasa yang lebih mahal dibandingkan jenis make up artist lainnya.

Selain itu, pada beberapa kesempatan, mereka juga diminta untuk datang lebih pagi serta berjaga dalam durasi waktu tertentu sehingga make up selalu aman, mengingat durasi adat pernikahan biasanya memakan banyak waktu.

Salah satu ciri khas lainnya dari make up artist pengantin adalah mereka juga biasanya memiliki baju pengantin sendiri sehingga memudahkan calon mempelai untuk memilih gaun pengantin yang diinginkan.

Meskipun hasil yang didapatkan dari make up artist pengantin terlihat menggiurkan, namun mereka juga memiliki tanggung jawab yang berat, misalnya saja harus mempelajari berbagai adat perngantin dari berbagai daerah sehingga sesuai dengan pakem daerah tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memperbarui kemampuan dalam menata rias dengan mengikuti berbagai pelatihan secara rutin sehingga hasil tata rias anda semakin cantik serta mengikuti berbagai event pameran pernikahan guna mengenalkan jasa yang anda miliki.

2. Make Up Artist Wisuda

Momen kelulusan dari jenjang pendidikan menjadi salah satu kenangan yang tidak boleh dilewatkan, sehingga tidak mengherankan banyak orang yang berusaha tampil secantik mungkin untuk menampilkan diri secara menarik di momen wisuda.

Pada saat inilah make up artist wisuda bekerja dengan menawarkan jasa merias diri bagi para pelajar yang ingin menghadiri momen kelulusan dengan tampilan yang menarik. Berbeda dengan make up artist pernikahan, biasanya jenis penata rias ini memiliki kebebasan dalam menata riasan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan permintaan, mengingat selera yang berbeda satu sama lain.

Meskipun make up artist wisuda memiliki kebebasan dalam menata rias konsumennya, namun mereka juga harus tetap memastikan bahwa riasan mereka tahan lama, mengingat acara wisuda yang biasanya berlangsung cukup lama dan ruangan yang cukup panas membuat riasan mudah luntur.

Make up artist wisuda juga perlu memperbarui kemampuan mereka secara rutin sehingga dapat mengikuti trend tata rias terkini yang disukai oleh konsumen kalangan anak muda. Menjadi make up artist wisuda juga menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan bagi banyak orang, mengingat acara kelulusan biasanya dilakukan di akhir pekan sehingga tidak mengganggu waktu bekerja.

Tidak hanya itu, anda juga biasanya hanya bekerja beberapa jam dalam sehari sehingga tidak memakan banyak waktu lama dan waktu luang bisa anda gunakan untuk kegiatan lainnya.

3. Make Up Artist Festival

Apabila anda menyukai jenis tata rias yang mencolok dan menarik perhatian, maka tidak ada salahnya untuk menyalurkan minat anda dengan menjadi make up artist festival.

Jenis penata rias ini biasanya menonjolkan tata rias yang mencolok yang sepadan dengan baju festival yang digunakan sehingga terlihat serasi satu sama lain. Keuntungan lainnya dari menjadi make up artist festival adalah anda bisa melakukan kegiatan ini di akhir pekan, mengingat kegiatan ini biasanya dilakukan di waktu libur sehingga tidak memamakan banyak waktu.

Meskipun begitu, anda juga perlu melakukan kegiatan brainstorming dengan penyelenggara acara guna menyesuaikan konsep yang tepat dan membuat penampilan anda tidak terlihat kontras dengan pakaian yang digunakan oleh peserta.

Saat pekerjaan menata rias kegiatan festival sedang sepi, anda bisa meyalurkan minat dan bakat anda dengan menjadi perias untuk lomba menari bagi anak kecil mengingat kegiatan ini biasanya selalu diadakan setiap minggu sehingga anda tetap mendapatkan penghasilan tambahan.

cara menjadi make up artist untuk pemula

Cara Menjadi Make Up Artist untuk Pemula

Apakah Anda selalu bermimpi untuk mengubah hasrat untuk merias wajah menjadi karier yang sukses? Menjadi make up artist dapat menjadi perjalanan yang bermanfaat dan mengasyikkan, tetapi untuk memulainya bisa jadi sangat sulit bagi para pemula.

Industri kecantikan sedang berkembang pesat, dan permintaan akan penata rias yang terampil terus meningkat. Dengan banyaknya sumber daya dan tutorial yang tersedia secara online, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Namun dengan panduan dan tekad yang tepat, Anda bisa memulai karier di bidang seni tata rias.

Jika Anda seorang pemula yang ingin menjadi penata rias, ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk membuka jalan menuju kesuksesan.

Mulai dari mengasah kemampuan dan membangun portofolio hingga membangun jaringan dan memasarkan diri, ada beberapa strategi utama untuk membantu Anda memulai karier di industri makeup. Berikut ini adalah panduan komprehensif tentang cara menjadi penata rias untuk pemula.

1. Ketahui Minat yang Disukai

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menjadi make up artist profesional adalah memastikan minat seni tata rias yang anda sukai, apakah anda menyukai seni merias wajah untuk kegiatan sehari-hari, adat, atau festival, dimana masing-masing jenis tata rias memiliki hasil tampilan yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui minat yang disukai, maka akan membantu anda untuk memilih guru, pelatihan, kursus, atau seminar yang ingin anda ikuti sebelum menjadi make up artist yang berpengalaman dan berkualitas.

Namun, apabila anda masih merasa bingung mengenai minat yang anda sukai, maka anda bisa melihat referensi di internet serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari make up artist yang dipilih sebelum memutuskan jalan karir yang diinginkan.

2. Mulai Ikuti Kursus yang Diinginkan

Setelah memahami minat seni tata rias yang disukai, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengikuti kursus tata rias sesuai minat yang anda sukai. Dalam memilih kursus tata rias yang membantu untuk membuka jalan menjadi make up artist, penting bagi anda untuk mengikuti kredibilitas dari kursus yang diikuti.

Mengingat dengan memiliki latar belakang dari lembaga kursus yang berkualitas dan terkenal maka akan memudahkan anda mendapatkan kredibilitas sebagai make up artist baru serta membuka peluang untuk bekerja sama dengan klien terkenal sehingga dapat mempercantik portofolio pekerjaan yang dimiliki.

Sehingga meskipun anda mengeluarkan biaya kursus yang cukup besar di awal, namun anda akan mendapatkan hasil yang berkali-kali lipat setelah menyelesaikan kurikulum yang diberikan.

Selain belajar dari kursus kecantikan kenamaan, anda juga perlu belajar dari internet guna mengetahui trend rias terkini serta mengenali produk yang bisa anda gunakan untuk bekerja nantinya sehingga memberikan hasil tata rias yang sesuai keinginan.

4. Pelajari Tentang Ilmu Kecantikan

Selain mempelajari seni tata rias dari kursus kenamaan, penting juga bagi anda untuk mempelajari ilmu kesehatan kulit yang berguna dalam menjalani karir yang anda jalani. Hal ini dilakukan mengingat setiap konsumen memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga penggunaan make up anda perlu disesuaikan dengan masalah yang mereka alami.

Tidak hanya itu, beberapa jenis kulit mungkin saja tidak cocok dengan bahan tertentu, sehingga penting bagi anda untuk mempelajari masalah ini sehingga tidak termakan pendapat dari orang lain.

Guna memperkaya kemampuan anda dalam mempelajari tentang ilmu kecantikan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit, membaca jurnal ilmiah dan sumber terpercaya mengenai ilmu kecantikan guna memperluas wawasan anda.

5. Belanja Produk Kecantikan

Bagian paling penting dalam menjadi make up artist adalah memiliki peralatan tempur yang memadai sehingga menghasilkan tampilan rias yang diinginkan.

Anda bisa membuat daftar produk make up yang memberikan hasil yang memesona dan tahan lama sehingga membuat konsumen puas dan terpesona pada hasil yang anda berikan. Berbelanjalah di toko kecantikan grosir untuk mendapatkan harga yang lebih murah sehingga menghemat pengeluaran anda serta memperkecil modal yang dimiliki.

Berbelanja di toko online pada event belanja tertentu bisa membantu anda untuk menghemat pengeluaran sebab harga yang lebih murah ditawarkan sehingga menghemat belanja. Anda juga bisa berbelanja di toko make up kenamaan secara langsung guna menentukan pilihan warna yang tepat sebelum diaplikasikan ke konsumen.

6. Mulai Membangun Portofolio

Jika Anda seorang penata rias yang ingin memamerkan keahlian Anda dan menarik klien potensial, memiliki portofolio yang kuat sangatlah penting. Portofolio adalah kumpulan karya terbaik Anda yang menunjukkan bakat, kreativitas, dan gaya unik Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membangun portofolio sebagai penata rias:

Berinvestasi dalam Fotografer Berkualitas

Salah satu aspek terpenting dari portofolio penata rias adalah fotografi berkualitas tinggi. Berinvestasilah pada seorang fotografer profesional yang dapat mengabadikan karya dalam cahaya terbaik. Pastikan gambarnya jelas, memiliki pencahayaan yang baik, dan menampilkan detail aplikasi makeup Anda.

Berikan Berbagai Jenis Penampilan

Sertakan berbagai tampilan riasan yang berbeda dalam portofolio Anda menunjukkan fleksibilitas sebagai seorang seniman. Pamerkan keahlian dalam riasan natural, pengantin, editorial, dan riasan efek khusus. Hal ini akan menarik perhatian klien yang lebih luas dan menunjukkan bahwa Anda mampu menciptakan berbagai penampilan.

Sertakan Foto Sebelum dan Sesudah

Foto sebelum dan sesudah adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keterampilan transformasi Anda sebagai penata rias. Sertakan foto close-up wajah model sebelum dan sesudah aplikasi riasan untuk menyoroti dampak dari hasil kerja Anda.

Berkolaborasi dengan Kreator Lain

Berkolaborasi dengan kreator lain, seperti fotografer, model, penata rambut, dan penata busana, dapat membantu Anda menciptakan gambar yang lebih dinamis dan terlihat profesional untuk portofolio. Berjejaring dengan para profesional lain di industri ini juga dapat membuka lebih banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan berbayar.

Selalu Perbarui Portofolio 

Memperbarui portofolio Anda secara teratur dengan karya terbaru penting untuk menunjukkan kepada calon klien bahwa Anda masih aktif di industri ini. Hapus foto-foto lama atau yang sudah usang dan ganti dengan konten baru yang segar agar portofolio Anda terlihat segar dan relevan.

7. Buat Konten di Sosial Media

Sebagai seorang penata rias, media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk memamerkan keahlian, menarik klien, dan membangun merek. Membuat konten yang menarik dan menarik secara visual adalah kunci untuk mengembangkan pengikut dan mengubah pengikut menjadi pelanggan. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat konten media sosial sebagai penata rias:

Pamerkan Karya

Aspek terpenting dari konten media sosial sebagai penata rias adalah menampilkan hasil karya. Bagikan foto sebelum dan sesudah klien, foto close-up dari tampilan riasan yang rumit, dan video di balik layar proses kreatif. Pastikan untuk menggunakan gambar dan video berkualitas tinggi untuk menyoroti detail pekerjaan.

Buat Tutorial Make Up

Salah satu cara terbaik untuk melibatkan audiens dan menarik pengikut baru adalah dengan membuat tutorial make-up. Bagikan video langkah demi langkah tentang bagaimana mendapatkan penampilan yang berbeda, termasuk rekomendasi produk dan teknik. Tutorial tidak hanya menunjukkan keahlian Anda, tetapi juga memposisikan sebagai seorang ahli di bidangnya.

Berkolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer di industri kecantikan dapat membantu menjangkau audiens yang lebih besar dan mendapatkan kredibilitas sebagai penata rias. Bekerjasamalah dengan beauty blogger, YouTuber, atau make-up artist lainnya untuk membuat konten bersama, seperti tutorial, review produk, atau giveaway.

Berbagi Tips dan Trik Merias Diri

Selain memamerkan hasil karya, bagikan tips dan trik yang berharga kepada para pengikut. Bagikan rutinitas perawatan kulit, kiat merias wajah, rekomendasi produk, dan saran tentang cara mendapatkan penampilan tertentu. Dengan menyediakan konten yang bermanfaat, Anda dapat memposisikan diri sebagai sumber informasi tepercaya dalam komunitas kecantikan.

Interaksi dengan Audience

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan audiens di media sosial. Tanggapi komentar, jawab pertanyaan, dan berinteraksi dengan pengikut untuk membangun rasa kebersamaan. Dorong umpan balik dan saran dari audiens Anda untuk menyesuaikan konten Anda dengan minat dan preferensi mereka.

8. Promosikan Diri dengan Baik

Apakah Anda bersemangat tentang tata rias dan siap untuk meningkatkan keterampilan Anda ke tingkat berikutnya? Apakah Anda seorang profesional berpengalaman atau baru memulai, mempromosikan diri Anda sebagai penata rias sangat penting untuk membangun klien dan mengembangkan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips tentang cara mempromosikan diri Anda secara efektif sebagai penata rias:

Pamerkan Karya di Media Sosial

Di era digital saat ini, media sosial adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan pekerjaan sebagai penata rias. Buatlah akun Instagram profesional yang didedikasikan untuk seni tata rias dan secara teratur memposting foto dan video berkualitas tinggi dari hasil kary. Gunakan tagar untuk meningkatkan visibilitas dan berinteraksi dengan pengikut Anda dengan menanggapi komentar dan pesan.

Buatlah Portofolio

Membangun portofolio sangat penting untuk menunjukkan keahlian dan menarik klien potensial. Sertakan berbagai tampilan, mulai dari riasan alami dan sehari-hari hingga tampilan editorial dan kreatif. Anda dapat membuat portofolio fisik untuk dibawa ke pertemuan dan acara klien, serta portofolio digital di situs web atau media sosial.

Berkolaborasi dengan Fotografer dan Model

Membangun koneksi adalah kunci dalam industri rias wajah, jadi cobalah berkolaborasi dengan fotografer, model, penata rambut, dan profesional industri lainnya untuk memperluas jangkauan. Tawarkan jasa untuk pemotretan, peragaan busana, dan acara-acara untuk mendapatkan eksposur dan membangun portofolio.

Tawarkan Layanan Rias Wajah untuk Acara Khusus

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan diri sebagai penata rias adalah dengan menawarkan jasa untuk acara-acara khusus seperti pernikahan dan pesta. Rekomendasi dari mulut ke mulut sangat kuat dalam industri kecantikan, jadi berikan layanan yang luar biasa kepada setiap klien dan dorong mereka untuk merekomendasikan kepada teman dan keluarga.

Berkolaborasi dengan Influencer

Pemasaran influencer adalah strategi populer untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan mendapatkan kredibilitas sebagai penata rias. Berkolaborasilah dengan influencer kecantikan yang memiliki banyak di platform media sosial dan tawarkan layanan makeup dengan imbalan promosi di akun mereka.

9. Tawarkan Biaya Jasa yang Bersaing

Menghitung biaya layanan untuk penata rias adalah aspek penting dalam menjalankan bisnis kecantikan yang sukses. Sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor saat menentukan harga untuk layanan guna memastikan mendapatkan kompensasi yang adil untuk waktu dan keterampilan. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu menghitung biaya jasa penata rias:

Tentukan Biaya

Sebelum menetapkan biaya jasa, penting untuk menghitung biaya. Ini termasuk biaya produk yang  digunakan, biaya perjalanan, peralatan, dan biaya overhead lainnya yang terkait dengan bisnis.

Pastikan juga untuk memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan aplikasi make-up, karena ini akan membantu menentukan berapa biaya yang perlu dikenakan untuk mendapatkan keuntungan.

Lakukan Riset Harga Pasar

Penting untuk meneliti harga pasar untuk memahami biaya yang dikenakan oleh penata rias lain untuk layanan mereka. Hal ini akan memberi gambaran yang lebih baik tentang tarif standar dan membantu menentukan harga layanan secara kompetitif.

Pertimbangkan Pengalaman dan Keahlian

Tingkat pengalaman dan keahlian sebagai penata rias juga dapat mempengaruhi biaya jasa. Jika memiliki pelatihan atau sertifikasi tingkat lanjut, Anda mungkin dapat mengenakan biaya yang lebih tinggi untuk layanan. Demikian pula, jika memiliki portofolio pekerjaan yang kuat dan basis klien yang loyal, Anda mungkin dapat meminta harga yang lebih tinggi.

Tetapkan Biaya Layanan

Setelah memiliki pemahaman tentang biaya, harga pasar, dan tingkat keahlian, Anda dapat menetapkan biaya layanan. Pertimbangkan nilai yang Anda berikan kepada klien, kualitas pekerjaan, dan permintaan layanan saat menentukan harga.

Tawarkan Penawaran Paket

Untuk menarik lebih banyak klien dan meningkatkan pendapatan, pertimbangkan untuk menawarkan penawaran paket untuk layanan. Hal ini dapat mencakup diskon untuk pemesanan beberapa layanan atau menggabungkan aplikasi make-up dengan layanan kecantikan lainnya. Penawaran paket dapat membantu meningkatkan basis klien dan mendorong bisnis yang berulang.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like