Konten FAQ : Jawab Pertanyaan Konsumen dengan Cepat

Pernahkah Anda mengunjungi situs web atau halaman produk dan memiliki pertanyaan spesifik, hanya untuk menemukan diri Anda menggulir tanpa henti melalui halaman-halaman informasi untuk menemukan jawabannya?

Hal ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustasi bagi konsumen, dan bahkan dapat menyebabkan hilangnya penjualan.

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk memberikan jawaban yang jelas dan ringkas untuk pertanyaan umum konsumen untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan konversi.

Konten FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan) adalah alat yang berharga untuk bisnis dari semua ukuran. Ini memberi konsumen akses cepat dan mudah ke informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.

Namun, membuat konten FAQ yang efektif bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini membutuhkan identifikasi pertanyaan yang paling umum dan memberikan jawaban yang jelas, ringkas, dan akurat.

Pada artikel ini, kita akan membahas manfaat konten FAQ, serta kiat dan praktik terbaik untuk membuat konten FAQ yang efektif yang menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat dan efisien.

Baik Anda pemilik bisnis kecil atau profesional pemasaran, artikel ini akan memberikan wawasan berharga untuk membantu Anda membuat konten FAQ yang meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong penjualan.

konten FAQ Adalah

Konten FAQ Adalah

Saat sedang mencari tahu lebih dalam mengenai brand atau produk tertentu, biasanya konsumen memanfaatkan kolom konten FAQ yang tersedia di social media atau halaman awal website. Namun, apa sih sebenarnya konten FAQ itu dan kegunaannya bagi pelaku usaha dan pembeli?

Konten FAQ adalah kumpulan konten khusus yang berisi jawaban atas berbagai pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh pembeli.

Pertanyaannya pun bermacam-macam, mulai dari kelebihan produk, cara penggunaan produk, atau metode pembayaran yang bisa digunakan untuk membeli produk yang diinginkan.

Bagi pemilik usaha yang memiliki akun brand di Instagram, biasanya mereka menaruh kumpulan konten FAQ di bagian highlight agar mudah dilihat dan dibaca oleh konsumen.

Sedangkan apabila anda memiliki akun Twitter business, maka anda bisa memanfaatkan fitur thread untuk mengumpulkan berbagai jawaban mengenai pertanyaan konsumen.

Penggunaan konten FAQ juga bisa ditempatkan di halaman muka website brand, sehingga mudah diakses oleh calon pembeli yang mengunjungi website anda untuk pertama kali.

Sebuah konten FAQ yang baik biasanya berisi jawaban mengenai berbagai pertanyaan konsumen serta mampu menghemat waktu konsumen untuk mengenal lebih dalam mengenai produk dan brand yang anda miliki.

Mempunyai konten FAQ juga penting apabila banyak konsumen secara terus menerus bertanya mengenai pertanyaan dasar, sehingga akan memakan banyak waktu untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sama setiap harinya.

Meskipun konten FAQ terlihat rumit karena anda perlu mengumpulkan berbagai pertanyaan konsumen, namun postingan ini memiliki berbagai manfaat bagi kedua belah pihak.

Misalnya adalah penghematan waktu dimana anda tidak perlu menjawab berbagai pertanyaan yang sama setiap saat, sebab berbagai masalah konsumen bisa dijawab dalam satu tempat.

Selain itu, anda bisa mempromosikan produk tertentu apabila konsumen lebih banyak bertanya mengenai suatu produk, sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan.

Konten FAQ juga memudahkan konsumen untuk mengenal produk anda lebih dalam dengan cepat, sehingga mereka tidak perlu berkunjung dari satu akun ke akun social media lain untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.

cara membuat konten FAQ

Cara Membuat Konten FAQ

Apakah Anda ingin memberikan informasi berharga kepada audiens Anda sekaligus menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang kali? Membuat konten FAQ dapat menjadi solusi yang Anda cari.

Halaman FAQ, atau pertanyaan yang sering diajukan, sudah ada sejak lama. FAQ adalah cara yang efektif untuk memberikan jawaban atas pertanyaan dan masalah umum tanpa harus menjawabnya satu per satu.

Di dunia yang serba cepat saat ini, orang-orang menginginkan akses cepat ke informasi, dan FAQ menawarkan cara yang nyaman untuk mendapatkannya.

Jika Anda ingin membuat konten FAQ untuk situs web atau bisnis Anda, ada beberapa elemen kunci yang perlu Anda pertimbangkan.

Mulai dari mengidentifikasi kebutuhan audiens Anda hingga menyusun pertanyaan dan jawaban secara efektif, panduan ini akan membantu Anda membuat konten FAQ yang informatif dan menarik yang akan bermanfaat bagi Anda dan audiens. Jadi, mari selami dan jelajahi cara membuat konten FAQ yang menonjol.

1. Kumpulkan Pertanyaan Konsumen

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat konten FAQ adalah mengumpulkan berbagai pertanyaan konsumen di social media, email, atau kolom tanya jawab di website.

Dengan mengumpulkan berbagai pertanyaan tersebut, maka anda akan mengetahui pertanyaan yang banyak ditanyakan di berbagai saluran pemasaran.

Urutkan semua pertanyaan dengan jumlah penanya terbanyak hingga sedikit, sehingga memudahkan konsumen untuk mencari pertanyaan yang paling banyak di cari di social media.

Namun, apabila anda hendak membuat konten FAQ di akun social media brand yang dimiliki, caranya akan lebih mudah.

Anda cukup memanfaatkan fitur stiker tanya jawab di Instagram, dimana konsumen bisa bertanya secara langsung mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan produk anda, atau rekomendasi produk yang dimiliki.

Setelah sesi tanya jawab selesai, maka anda bisa menyimpannya dalam bentuk highlight Instagram, sehinga memudahkan konsumen yang ingin mencari pertanyaan yang serupa.

Berikan nama highlight dengan nama “FAQ” atau lain sebagainya, sehingga mudah dibedakan dengan konten Instagram lainnya.

Berbeda apabila anda ingin membuat konten FAQ di Twitter, maka anda bisa memulainya dengan cara yang sama, kemudian simpan dalam fitur thread sehingga memudahkan konsumen untuk mencari pertanyaan yang sama.

Anda juga bisa menghapus berbagai pertanyaan yang sekiranya sudah jarang ditanyakan dengan highlight baru, sehingga memuaskan rasa penasaran konsumen.

2. Pilih Nada Bicara yang Tepat

Konten FAQ menjadi momen yang tepat untuk berbincang secara langsung dengan konsumen, sehingga anda perlu memilih nada bicara yang tepat.

Hal ini akan menarik minat konsumen lain yang melihat konten FAQ tertarik untuk mengajukan pertanyaan guna mendapatkan jawaban yang diinginkan, sehingga anda bisa menangani berbagai masalah konsumen dalam waktu cepat.

Guna memilih nada bicara yang tepat sebelum membuat konten FAQ, maka anda perlu mengetahui target konsumen yang dituju.

Misalnya jika target konsumen anda berasal dari kalangan anak remaja, maka anda bisa memilih nada bicara seperti teman sebaya, sehingag mereka tidak merasa canggung untuk bertanya.

Gunakan berbagai istilah yang banyak digunakan saat ini dan jawablah dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, sehingga sesi tanya jawab menjadi lebih menyenangkan.

Apabila anda menggunakan akun instagram sebagai media konten FAQ, anda juga bisa menyelipkan berbagai jenis konten tambahan, seperti foto, tulisan, video pendek, atau bahkan iringan lagu yang relevan, sehingga konten FAQ menjadi lebih menarik.

Identifikasikan diri anda sebagai admin serta kalimat sapaan untuk konsumen dengan kalimat sapaan khusus yang menjadi ciri khas antara konsumen anda dengan pembeli lain.

Namun jika anda menyasar target konsumen di kalangan usia dewasa, gunakan gaya bahasa yang cukup formal dan fokus pada jawaban secara singkat, sehingga lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Di sisi lain, apabila anda hendak membuat konten FAQ untuk disajikan di halaman website brand, maka anda bisa memberikan jawaban yang singkat dan mudah dipahami, berikan juga tautan yang dapat membawa konsumen ke halaman yang diinginkan, sehingga sesi tanya jawab menjadi lebih interaktif, meskipun anda tidak menjawab secara langsung.

Penggunaan gaya bahasa yang tepat juga akan menjadi ciri khas sendiri yang mudah diingat oleh konsumen.

3. Buat Kategori Pertanyaan

Saat mengumpulkan pertanyaan dari konsumen yang hendak dibuat sebagai konten FAQ, maka anda akan menemukan banyak pertanyaan, sehingga tidak cukup dikumpulkan dalam satu tempat.

Padahal berbagai pertanyaan tersebut sangat penting untuk menjawab rasa penasaran konsumen dalam proses mengenal brand dan produk yang anda miliki.

Sehingga untuk menjawab masalah tersebut, maka anda bisa membuat kategori konten FAQ yang berbeda untuk jenis pertanyaan yang berbeda.

Misalnya saja, anda membuat highlight konten FAQ untuk pertanyaan yang berkaitan dengan cara pembelian produk, sedangkan postingan satu lagi khusus untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai rekomendasi produk.

Perbedaan antara kedua highlight konten FAQ ini tentunya menguntungkan bagi kosnumen yang ingin fokus pada pertanyaan tertentu, sehingga tidak memakan banyak waktu untuk mencari jawaban yang diinginkan.

Dalam proses pembuatan pertanyaan untuk Konten FAQ yang berbeda, maka anda perlu memilih dan memilah pertanyaan untuk kategori yang berbeda dan periksa kembali untuk memastikan bahwa pertanyaan tersebut berkumpul di tempat yang sama.

Apabila jumlah kategori yang anda buat melebihi ekspektasi yang dibayangkan, maka anda bisa membuat katalog produk khusus yang berisi pertanyaan konsumen, sehingga pembaca anda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menemukan jawaban yang diinginkan.

Tempatkan katalog tersebut di tempat yang mudah dijangkau, sehingga akan sema,in banyak orang yang mengakses dokumen tersebut.

4. Desain Halaman Konten FAQ

Konten FAQ yang telah dibuat susah payah mungkin saja tidak dibaca oleh konsumen anda sebab tampilan yang kurang menarik, sehingga memilih untuk bertanya di kolom pesan langsung meskipun memakan lebih banyak waktu.

Sehingga untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke highlight konten FAQ atau portal khusus untuk konten tanya jawab, maka anda perlu membuat desain yang menarik.

Apabila anda hendak membuat desain konten tanya jawab, maka anda bisa membuat cover halaman yang menarik yang membuat konsumen penasaran.

Anda bisa membuatnya sendiri di aplikasi edit foto atau mengambil foto dari social media yang sesuai dengan ukuran halaman higlight.

Sementara apabila anda hendak membuat halaman konten FAQ untuk website brand, maka anda perlu memastikan bahwa desain halaman dapat dibaca dengan jelas serta mudah diakses, sehingag akan memudahkan bagi konsumen yang baru mengunjungi website brand anda untuk pertama kali.

Pastikan format halaman yang anda buat terlihat simpel, sehingga mudah digunakan oleh konsumen yang masih awam sekalipun.

Beberapa aplikasi bahkan menyediakan fitur khusus untuk membuat konten FAQ untuk website brand, sehingga akan memudahkan anda untuk membuat halaman tanya jawab yang simpel dan mudah diakses oleh konsumen.

Setelah desain halaman selesai dibuat, tambahkan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sudah anda persiapkan ke dalam kolom khusus, sehingga memudahkan konsumen untuk membacanya karena tidak saling bergabung satu sama lain.

Pemilihan jenis dan ukuran font juga penting dalam membuat konten FAQ di website, pastikan hasil tulisannya mudah dibaca, sehingga dapat diakses oleh konsumen dari berbagai kalangan usia.

Hal ini dilakukan mengingat anda perlu memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen saat menelusuri produk dan brand anda untuk pertama kali.

Jika memungkinkan, tambahka kolom pencarian di halaman tanya jawab, sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang ingin ditanyakan sehingga tidak membuang waktu bagi konsumen.

5. Tambahkan Ikon Social Media

Meskipun anda membuat konten FAQ untuk menjawab berbagai pertanyaan konsumen, namun anda juga perlu mendorong rasa tertarik konsumen pada produk anda dengan membawa ke akun social media yang dimiliki.

Cara ini akan membantu konsumen untuk mengenal produk dan brand anda lebih dalam serta meningkatkan jumlah pengikut apabila konsumen tertarik pada setiap postingan yang telah anda unggah sebelumnya.

Cara menarik konsumen untuk mengikuti akun social media anda cukup mudah, anda perlu memasukkan ikon khusus di halaman konten FAQ di website brand yang anda miliki.

Pada ikon tersebut masukkan berbagai akun social media yang dimiliki, sehingga setelah konsumen menemukan jawaban yang diinginkan, maka mereka bisa melanjutkan untuk membuka akun social media anda untuk mengenai produk dan brand anda lebih dalam.

Selain itu, anda juga bisa mendorong konsumen untuk menyebarkan konten tanya jawab anda ke orang lain dengan ikon sebarkan, sehingga jangkauan konten anda menjadi lebih luas.

Penggunaan fitur sebarkan ini juga menguntungkan bagi anda untuk lebih menghemat waktu dan usaha, sehingga anda tidak perlu menjawab pertanyaan konsumen dengan kalimat yang panjang, namun cukup sebarkan tautan ke halaman konten FAQ tersebut, sehingga pembeli bisa menyimpulkannya sendiri dan melihat berbagai pertanyaan yang sekiranya sesuai dengan rasa penasaran konsumen.

Strategi ini juga membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke website brand hanya dari konten tanya jawab.

6. Fokus ke SEO

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pembuatan konten FAQ tidak hanya fokus dalam menjawab pertanyaan konsumen, namun bisa menjadi jalan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

Sehingga penting bagi anda untuk membuat pertanyaan yang mengandung kata kunci yang paling banyak dicari oleh konsumen anda, sehingga halaman FAQ anda bisa muncul di pencarian teratas saat melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu.

Cara membuat konten FAQ yang dapat meningkatkan kunjungan website cukup mudah, anda hanya perlu memodifikasi pertanyaan konsumen menjadi kalimat yang lebih simpel namun mengandung kata kunci yang berkaitan, sehingga membantu untuk menaikkan jumlah kunjungan website.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan pencarian kata kunci yang berkaitan dengan produk dan brand yang dimiliki, dimana anda akan menemukan berbagai pertanyaan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam konten tanya jawab.

Salinlah berbagai pertanyaan tersebut dan jawablah kemudian masukkan ke dalam konten FAQ yang sudah disediakan sebelumnya.

Cara ini tidak hanya memudahkan untuk mencari pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen, namun juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung website secara intens.

Masukkan juga beberapa tautan yang mengarah ke halaman artikel yang dimiliki serta beberapa tambahan informasi yang berkaitan, sehingga konsumen tidak hanya terhubung ke satu tempat, namun menjelajah ke fitur lain yang dimiliki oleh website brand.

Penggunaan tautan ini juga akan meningkatkan jumlah pengunjung secara keseluruhan, serta tambahan tautan yang mengarah ke website lain yang relevan dengan pertanyaan anda.

Bagian paling penting dalam merencanakan hasil pencarian di konten tanya jawab adalah membuat postingan dengan tampilan yang unik dan asli, hindari untuk menyalin jawaban dari tempat lain dengan menulis kembai jawaban dengan gaya bahasa yang anda miliki.

7. Tambahkan Kolom Customer Service

Meskipun anda sudah menyediakan konten tanya jawab di website brand atau social media, namun bisa saja konsumen masih belum menemukan jawaban dari kumpulan pertanyaan di tempat tersebut serta pertanyaan yang diajukan belum dimasukkan ke kolom tersebut.

Sehingga untuk membantu konsumen mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa menambahkan kolom costumer service di halaman tanya jawab.

Cara ini akan memudahkan konsumen yang ingin menemukan jawaban dari pertanyaan yang tidak tersedia di tempat tersebut, sehingga bisa menghemat waktu dalam proses mengenal produk anda.

Selain menyediakan kolom layanan konsumen, anda juga bisa menyedikan kolom email yang akan memudahkan konsumen untuk melakukan komplain atau memberikan pertanyaan yang lebih spesifik.

8. Tempatkan Kolom Tanya Jawab di Tempat Strategis

Pemilihan tempat juga menjadi faktor penting dalam membuat konten tanya jawab, sebab akan memengaruhi minat konsumen untuk mengunjungi tempat tersebut guna menemukan jawaban yang diinginkan.

Biasanya konten tanya jawab ditempatkan di bagian atas halaman atau pojok tertentu dengan ikon yang cukup besar sehingga mudah dilihat oleh konsumen.

9.Perbarui Pertanyaan Baru

Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah konsumen akan terus bertambah, sehingga pertanyaan yang muncul akan semakin beragam.

Dengan bertambahnya pertanyaan yang terus muncul dari hari ke hari, maka penting bagi anda untuk memperbarui pertanyaan secara rutin, misalnya setahun sekali.

Selain itu, jika anda menemukan beberapa pertanyaan yang sekiranya belum pernah anda temukan sebelumnya, maka tambahkan pertanyaan tersebut ke dokumen khusus, sehingga bisa ditambahkan di kolom tanya jawab pada tahun selanjutnya.

Selalu evaluasi konten tanya jawab dengan mengecek apakah pertanyaan tersebut masih relevan hingga saat ini, sehingga anda bisa memantau pertanyaan yang sekiranya tidak digunakan kembali.

Di sisi lain, saat sedang mengadaakn acara tertentu, biasanya anda akan menambahkan kolom tanya jawab yang berkaitan dengan acara yang akan diadakan.

Sehingga daripada menumpuk untuk waktu lama dan menghalangi postingan Instagram highligh lainnya, anda bisa menghapus konten yang tidak digunakan.

10. Evaluasi Konten Tanya Jawab

Apakah Anda lelah menelusuri konten Tanya Jawab yang tak ada habisnya di situs web, hanya untuk menemukan bahwa konten tersebut tidak menjawab pertanyaan Anda? Mengevaluasi konten Tanya Jawab di situs web bisa menjadi tugas yang menakutkan, tetapi penting untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda mengevaluasi konten Tanya Jawab di situs web

Hal pertama yang harus diperiksa saat mengevaluasi konten Tanya Jawab di situs web adalah tanggal penerbitannya. Jika konten tersebut sudah ketinggalan zaman, maka konten tersebut mungkin sudah tidak relevan atau akurat lagi.

Pastikan Anda membaca pertanyaan dengan cermat untuk memastikan bahwa pertanyaan tersebut relevan dengan kebutuhan Anda.

Terkadang, pertanyaan bisa jadi tidak jelas atau samar-samar, yang dapat menyebabkan jawaban yang tidak relevan atau tidak akurat. Jika pertanyaannya tidak jelas, coba ulangi pertanyaan tersebut agar lebih spesifik dan relevan dengan kebutuhan Anda.

Sangat penting untuk mengevaluasi sumber konten Tanya Jawab untuk memastikan bahwa konten tersebut dapat diandalkan dan dipercaya.

Carilah situs web yang memiliki reputasi baik dan terkenal di industri ini. Jika sumbernya tidak dikenal, lakukan riset untuk mengetahui apakah mereka memiliki reputasi yang baik dan periksa tanda-tanda bahaya, seperti informasi yang bias atau menyesatkan.

Periksa konsistensi dalam konten Tanya Jawab dan pastikan jawabannya konsisten dengan sumber lainnya.

Jika Anda menemukan informasi yang bertentangan, Anda perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan sumber mana yang benar.

Sebaiknya Anda juga memeriksa konsistensi dalam format dan gaya konten tanya jawab untuk memastikan konten tersebut profesional dan tertata dengan baik.

Konten Tanya Jawab yang baik harus menyertakan bukti pendukung untuk mendukung jawaban. Carilah tautan ke sumber yang relevan, statistik, atau data lain yang mendukung jawaban yang diberikan. Jika tidak ada bukti pendukung, Anda perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan informasi tersebut akurat dan dapat diandalkan.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like