Apakah Anda ingin meningkatkan visibilitas online bisnis Anda? Jika ya, Iklan di Google mungkin merupakan solusi yang Anda butuhkan. Namun, dari mana Anda harus memulai untuk membuat iklan yang efektif di Google?
Google Ads, yang sebelumnya dikenal sebagai AdWords, adalah platform periklanan yang kuat yang memungkinkan bisnis untuk menargetkan pelanggan potensial melalui iklan pencarian dan iklan bergambar.
Dengan lebih dari 246 juta pengunjung, Google adalah mesin pencari terpopuler di dunia, menjadikannya alat yang berharga bagi bisnis yang ingin menjangkau audiens yang lebih luas.
Membuat iklan di Google mungkin tampak membingungkan pada awalnya, tetapi dengan strategi dan teknik yang tepat, Anda dapat membuat kampanye yang sukses yang mendorong lalu lintas dan meningkatkan penjualan.
Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan iklan yang efektif di Google, mulai dari menyiapkan akun hingga mengoptimalkan kampanye Anda untuk hasil yang maksimal.
Saat menelusuri hasil pencarian di Google atau website, anda mungkin seringkali melihat beberapa iklan di google yang muncul, baik dalam bentuk pop up, iklan baris kecil di beberapa sudut, atau iklan yang memenuhi halaman dan hanya bisa ditutup setelah durasi tertentu.
Berbagai promosi tersebut termasuk salah satu iklan di google yang merupakan layanan pemasaran yang disediakan oleh platform pencarian terkemuka ini.
Iklan di Google ini awalnya memiliki nama Google Adwords kemudian berganti nama menjadi Google Ads di tahun 2018.
Meskipun terjadi perubahan di berbagai sudut, namun anda akan dapat menemukan berbagai kesamaan dengan Google Adwords serta cara kerjanya sehingga tidak akan menyulitkan kreator yang kerap kali menggunakan layanan pemasaran ini.
Dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan penggunaan social media, iklan di google memiliki cara kerja yang berbeda dengan platform pemasaran lainnya.
Iklan di Google biasanya muncul saat pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, kemudian anda akan disajikan berbagai hasil pencarian Google, baik yang berbayar atau organik.
Hasil pencarian berbayar tentunya akan menempati urutan yang paling atas dibandingkan website yang mengandalkan pencarian organik, mengingat kreator sudah membayar biaya iklan tertentu agar tautan halaman yang dimiliki berada di bagian paling atas.
Cara kerja iklan di google ini tentunya menguntungkan bagi pemilik website brand yang baru saja meluncurkan halamannya, sehingga dapat ditemukan oleh target konsumen yang diinginkan.
Selain itu, iklan di google juga biasanya ditandai dengan ikon khusus bernama Ads, sehingga membedakan website yang dipromosikan dan biasa.
Di sisi lain, dalam membuat iklan di google, kreator juga perlu bersaing dengan pengiklan lain yang memiliki fokus kata kunci yang sama.
Semakin banyak orang yang menggunakan kata kunci tertentu, maka akan membuat anda harus menegosiasikan harga yang lebih mahal dibandingkan biasanya, sehingga halaman website anda berada di bagian hasil pencarian teratas di atas website lainnya.
Hal ini dikarenakan iklan di google bekerja dengan sistem PPC (pay per click), dimana pengiklan menargetkan kata kunci tertentu di Google dan membuat negosiasi harga paling tinggi, sehingga tidak digunakan oleh pengiklan lain.
Namun untuk menghemat pengeluaran iklan di google, anda dapat mengatur biaya promosi harian untuk iklan anda, sehingga anda tidak akan menghabiskan biaya iklan lebih dari jumlah yang telah diatur sebelumnya.
Selain itu, pengiklan juga bisa memilih tiga jenis pembayaran iklan yang sesuai kebutuhan serta biaya promosi yang dimiliki :
1. Cost per click (CPC), dimana anda akan membayar biaya iklan berdasarkan jumlah orang yang melakukan klik pada halaman tersebut.
2. Cost per mile (CPM), pengiklan akan membayar iklan setelah ada 100 impresi di halaman yang telah dipromosikan sebelumnya.
3. Cost per engagement (CPE), iklan akan dibayar setelah pengunjung melakukan berbagai kegiatan yang spesifik, misalnya melakukan pendaftaran akun, menonton video, dan lain sebagainya.
Google kemudian mengambil biaya penawaran dan memasangkannya dengan skor kualitas, dimana nantinya Google akan melakukan estimasi iklan, kata kunci, dan landing pages, sehingga iklan yang memiliki kualitas lebih tinggi akan mendapatkan biaya yang lebih murah serta posisi yang lebih baik.
Hasil kualitas ini juga akan menentukan posisi penempatan iklan yang muncul di halaman hasil pencarian, sehingga jika pengguna melihat iklan yang anda pasang dan melakukan klik pada website tersebut, maka anda harus membayar biaya iklan tersebut.
Semakin banyak orang yang melakukan klik pada halaman website iklan tersebut, maka akan memudahkan anda untuk mendapatkan tujuan promosi yang diinginkan, seperti mendapatkan ranking website tertinggi atau meningkatkan penjualan produk.
Guna mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal, penggunaan iklan di google juga memiliki beberapa variasi yang beragam, sehingga membuat promosi menjadi lebih menarik di mata pengunjung.
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara Google menghasilkan uang? Jawabannya sederhana: melalui iklan. Setiap kali Anda mencari sesuatu di Google, Anda mungkin akan melihat iklan yang terkait dengan kueri penelusuran Anda. Namun, pernahkah Anda memperhatikan berbagai jenis iklan yang muncul di Google?
Google menawarkan berbagai pilihan iklan bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Iklan ini dapat muncul di halaman hasil penelusuran Google, di situs web yang merupakan bagian dari Google Display Network, atau di YouTube. Memahami berbagai jenis iklan di Google dapat membantu bisnis memilih strategi periklanan yang paling efektif.
Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis iklan yang tersedia di Google dan cara kerjanya. Baik Anda pemilik bisnis yang ingin mengiklankan produk Anda atau sekadar ingin tahu tentang dunia periklanan online, artikel ini akan memberi Anda wawasan berharga tentang dunia iklan Google.
Pada jenis iklan ini, pengunjung akan diberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan, namun dengan menggunakan ikon iklan khusus.
Misalnya saat anda mengetikkan kata kunci “Laptop” maka anda akan diberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan tambahan harga yang diinginkan, sehingga saat anda melakukan klik pada gambar tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman produk tersebut.
Selain foto produk, pengunjung akan disuguhkan halaman website yang menjual produk tersebut, sehingga konsumen bisa mencari tahu lebih dalam mengenai barang yang diinginkan.
Jenis iklan ini cocok bagi pengiklan yang memiliki bisnis di bidang penjualan produk untuk melakukan promosi di Google Ads.
Iklan di google ini sangat familiar di kalangan konsumen yang kerap melakukan pencarian melalui website Google.
Apabila anda merasa bosan dengan jenis iklan search campaign yang telah digunakan berkali-kali, maka iklan Shopping campaign menjadi salah satu yang bisa anda gunakan.
Variasi iklan ini memiliki hasil yang sama dengan search campaign, hanya saja memiliki perbedaan dalam tampilan visual yang lebih menarik, sehingga lebih mudah untuk memikat konsumen yang diinginkan dan sedang melakukan pencarian produk di Google.
Hasil iklan ini akan muncul dalam bentuk gambar di Google Ads pada halaman pencarian atau Google shopping.
Jenis promosi ini cocok bagi brand yang telah memiliki website sendiri atau menjual produknya melalui Google shopping yang menyasar target konsumen internasional.
Apalagi jika anda memiliki produk dalam bentuk fisik, maka iklan di google shopping bisa masuk pada kualifikasi iklan untuk menampilkan produk anda di hadapan konsumen.
Saat menelusuri halaman website tertentu dan membuka salah satu artikel yang disediakan, maka anda mungkin menemukan iklan yang ditaruh di bagian atas halaman.
Jenis iklan tersebut termasuk promosi Display campaign, dimana mereka memanfaatkan situs website Google yang luas untuk menampilkan iklan di berbagai situs website di seluruh jaringan internet.
Promosi ini bisa muncul dalam berbagai cara, misalnya iklan akan muncul di website pihak ketiga atau tampilan iklan video yang biasa muncul di konten youtube tertentu.
Iklan di google juga memungkinkan anda untuk melakukan promosi di Google Mail, dengan mengirimkan promosi di bagian iklan.
Beberapa iklan juga kadang muncul di tengah-tengah halaman, sehingga mencuri perhatian pengunjung dan membuat mereka tergoda untuk mengunjunginya apabila produk dan layanan yang dipromosikan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
Salah satu jenis keuntungan yang didapatkan dari jenis iklan di google ini adalah jangkauan yang lebih luas, dimana Google memiliki kerjasama dengan jutaan website aktif dan menjangkau setidaknya 90% pengguna internet, sehingga memastikan iklan di google anda sampai di target konsumen yang diinginkan.
Tampilan iklan di google ini juga termasuk fleksibel berdasarkan gaya yang diinginkan, dimana anda bisa menampilkannya dalam bentuk GIF, teks, video, atau gambar.
Sayangnya, beberapa iklan di google dengan campaign ini mungkin saja muncul di halaman website yang tidak anda inginkan.
Kreator youtube yang baru saja memiliki akun youtube, tentunya mencari cara agar video yang diunggah mendapatkan lebih banyak penonton dan menjangkau target audience yang diinginkan.
Apabila anda merasa melakukan promosi secara organik tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dan memiliki budget lebih untuk melakukan promosi berbayar, maka anda bisa melakukan video campaign yang disediakan oleh Google Ads.
Melalui video campaign satu ini, iklan anda akan muncul di halaman awal, tengah, atau akhir konten orang lain, sehingga penonton yang menonton iklan anda juga akan menyumbang jumlah penonton baru.
Selain itu, jenis iklan di google ini juga dimunculkan di bagian pinggir rekomendasi video youtube, sehingga penonton bisa melihatnya saat hendak beralih ke video lain.
Kelebihan lainnya dari jenis iklan di Google ini adalah tersedianya berbagai jenis promosi, sehingga anda bisa melakukan promosi untuk konten anda dengan cara yang unik sesuai kebutuhan dan keinginan.
Misalnya saja iklan video discovery, dimana penonton akan direkomendasikan konten youtube yang telah dipromosikan sebelumnya dan memiliki kemungkinan disukai oleh pengguna youtube berkat hasil yang relevan.
Selain itu, durasi iklan di video campaign juga bisa diatur sesuai dengan waktu video, sehingga penonton bisa menontonnya hingga habis atau menghentikannya di tengah jalan.
Apakah Anda ingin meningkatkan visibilitas online dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda? Iklan di Google dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis dengan menjangkau audiens target dan mempromosikan produk atau layanan Anda.
Google Ads, yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, adalah platform periklanan populer yang memungkinkan bisnis untuk membuat dan menampilkan iklan di halaman hasil mesin pencari Google dan situs web lainnya. Dengan lebih dari 3,5 miliar pencarian per hari, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, menjadikannya platform yang ideal untuk beriklan.
Membuat iklan yang efektif di Google membutuhkan pendekatan strategis dan pemahaman mendalam tentang audiens target Anda.
Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan iklan di Google, termasuk cara mengatur akun Anda, memilih kata kunci yang tepat, menulis teks iklan yang menarik, dan melacak kinerja Anda.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat iklan yang menonjol dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda.
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat iklan di google adalah masuk ke website Google Ads, kemudian masuk ke halaman dashboard terlebih dahulu kemudian klik di ikon “Go to keyword planner”.
Kemudian anda bisa membuat akun Google Ads dengan mendaftarkan diri anda menggunakan alamat email yang sudah dimiliki sebelumnya dengan melakukan klik pada ikon “New Google Ads Account”.
Pada halaman selanjutnya, anda bisa melakukan konfirmasi informasi usaha anda dengan memilih lokasi negara, zona waktu, dan mata uang, sehingga memudahkan iklan anda ditayangkan pada lokasi yang tepat dengan pilihan pembayaran yang diinginkan.
Setelah selesai melakukan kegiatan tersebut, lakukan klik pada ikon “Submit”, kemudian anda akan dibawa ke halaman “Explore your campaign”.
Apabila anda telah mempunyai akun Google Ads, maka anda bisa masuk ke campaign dashboard untuk memasukkan berbagai jenis iklan yang anda inginkan, caranya adalah dengan masuk ke fitur “tools and setting”, kemudian klik pada ikon “Keyword planner”.
Pada halaman Google Keyword Planner, guna menemukan kata kunci sesuai dengan target yang diinginkan, maka gunakan fitur “Discover new keyword”, dimana layanan ini memungkinkan anda untuk mencari kata kunci yang relevan dan mendapatkan berbagai daftar ide kata kunci yang variatif, sehingga bisa dibuat sebagai penargetan iklan yang lebih murah.
Anda bisa memilih berbagai kata kunci yang relevan dengan produk dan layanan yang dimiliki, sehingga iklan anda dapat menjangkau target konsumen yang ideal.
Apabila anda telah memasukkan berbagai kata kunci yang dibutuhkan, anda bisa melakukan klik pada ikon submit, kemudian anda akan diberikan berbagai informasi mengenai hasil pencarian bulanan, kompetisi, impresi iklan, jumlah biaya iklan yang ditawarkan dalam jenjang tertinggi atau terendah.
Selain itu, anda juga diberikan berbagai rekomendasi kata kunci lainnya yang bisa digunakan untuk membuat iklan di Google.
Setelah analisa kata kunci berhasil dilakukan, maka anda bisa membuat iklan baru, caranya adalah dengan masuk ke halaman dashboard, kemudian anda akan diminta untuk memilih tujuan campaign, sehingga akan memudahkan Google dalam mengetahui jenis audience yang ingin anda tuju serta memberikan rekomendasi biaya yang perlu dikeluarkan.
Beberapa tujuan iklan yang bisa anda gunakan diantaranya adalah mendapatkan lebih banyak telepon, meningkatkan penjualan dari website brand atau orang yang mendaftar akun baru, atau mendapatkan kunjungan dari lokasi sekitar anda.
Berbagai variasi iklan yang dipilih, akan membantu dalam mencapai tujuan yang diinginkan dan memilih jenis iklan yang sesuai.
Pastikan untuk menetapkan tujuan yang diinginkan sehingga promosi akan berjalan lebih optimal serta biaya promosi yang dikeluarkan tidak sia-sia.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan dalam membuat iklan di Google adalah menambakan nama usaha setelah anda memilih tujuan iklan yang sesuai campaign promosi.
Pada tahapan ini, anda perlu memasukkan nama brand anda, kemudian tambahkan juga halaman website yang memungkinkan konsumen untuk masuk ke halaman tersebut dan mengakses berbagai konten dan promosi yang disajikan.
Di halaman selanjutnya, tambahkan juga beberapa kata kunci iklan yang sesuai dengan nama brand serta iklan yang dimiliki, anda bisa memasukkan berbagai keyword yang telah anda analisa sebelumnya di Google Keyword Planner, setelah semuanya selesai maka anda bisa melakukan klik pada ikon “Next”.
Dalam membuat iklan di google, anda juga harus mengetahui target audience yang dituju, sehingga iklan anda akan disampaikan ke pengguna yang tepat dan menghasilkan tujuan yang diinginkan.
Pemilihan target audience di iklan google dapat dilakukan dengan menyelesaikan penambahan nama usaha dan kata kunci terlebih dahulu, kemudian pilih konsumen yang dituju berdasarkan lokasi, daerah, kota, dan kode pos, setelah memilih target audience yang diinginkan, maka anda bisa melanjutkannya dengan menekan ikon “next”.
Setelah melakukan berbagai macam pemilihan lokasi dan target audience, maka inilah saatnya untuk membuat iklan di google yang memikat konsumen.
Pada halaman ini, anda bisa membuat kepala iklan di google serta deskripsi yang dibutuhkan, anda juga akan dimudahkan untuk melihat kolom pratinjau iklan di bagian kanan halaman.
Google juga menawarkan beberapa tips yang akan membantu anda dalam membuat iklan di google yang lebih efektif dengan beberapa sampel iklan yang bisa digunakan untuk memulai penulisan iklan.
Namun sebelum memulai membuat penulisan iklan, maka anda juga harus mengetahui target audience yang dituju, sehingga anda dapat membantu masalah yang sedang mereka hadapi dan mampu bergabung dengan percakapan konsumen yang dituju.
Dalam membuat iklan di google, tentunya anda perlu memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan promosi yang maksimal dengan usaha yang minimal.
Dalam menentukan biaya iklan di google, anda perlu memasukkan beberapa informasi yang dibutuhkan, seperti lokasi, zona waktu, kode promosi yang bisa ditambahkan apabila anda melakukan promosi referal, jenis akun, informasi kartu kredit, serta kode pos yang dimiliki.
Setelah semua informasi tersebut berhasil dimasukkan, maka anda tinggal menekan ikon “Submit” dan anda berhasil membuat iklan di google pertama anda.
Setelah menghabiskan biaya untuk membuat iklan di google dan menerima kunjungan dari konsumen baru serta mendapatkan hasil penjualan yang diinginkan, maka jangan lupa juga untuk mengecek kinerja hasil iklan setelah beberapa waktu tertentu.
Analisa ini dilakukan untuk mengetahui apakah hasil iklan anda sudah sesuai keinginan atau dibutuhkan pengaturan strategi ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Anda bisa mengecek hasil iklan tersebut dengan masuk ke fitur Google Analytics yang menyediakan berbagai informasi mengenai iklan di google.
Google adsense adalah layanan pemasaran dengan iklan yang disediakan oleh platform pencarian terkemuka ini.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.