15+ Cara Promosi Produk di Bukalapak Auto Laris Manis

Tahukah Anda, ada berapa banyak orang yang menjadi pengguna aktif Bukalapak? Menurut situs web Bukalapak, ada 90 juta pengguna aktif.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Bukalapak ini merupakan salah satu situs e-commerce yang paling populer di Indonesia.

Selain itu, menurut databoks bulapak ini juga masuk dalam 5 besar dengan pengunjung terbanyak di kuartal IV 2022 yaitu 19.7 juta kunjungan pada Desember.

Tidak mengherankan jika Bukalapak menarik perhatian jutaan pelanggan dan penjual. Nah, selain basis pengguna yang besar, Bukalapak juga terkenal karena secara aktif mempromosikan pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Kemudian, jika Anda menggunakan toko online Bukalapak dan menawarkan harga yang kompetitif tetapi masih mendapati penjualan yang sedikit dan jarang, maka bisa jadi karena Anda tidak mengoptimalkan strategi promosi produk Anda di toko Online.

Karena, pada dasarnya melakukan promosi produk di Bukalapak adalah cara yang bagus untuk membuat produk Anda diperhatikan oleh publik, dan dapat membantu Anda meningkatkan bisnis jualan online Anda.

Nah, untuk itu Anda harus menggunakan strategi promosi yang baik.

Lalu, bagaimana memaksimalkan promosi untuk toko Anda di salah satunya pada Bukalapak. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Cara Memaksimalkan Promosi Produk di Bukalapak

Penting bagi bisnis e-commerce untuk meningkatkan visibilitas, jangkauan, dan keterlibatan mereka saat melakukan promosi produk di Bukalapak atau toko online.

Hal ini melibatkan berbagai strategi seperti pengoptimalan mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari (SEM), kampanye bayar per klik, social media marketing, content marketing, email marketing, manajemen reputasi online, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa meningkatkan traffic website, mendapatkan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan, meningkatkan produk jualan online Anda, dan meningkatkan brand awareness .

Dengan memanfaatkan alat dan data di platform Bukalapak, para pelaku usaha dapat membuat kampanye yang lebih bertarget untuk mencapai iklan yang lebih personal dengan hasil yang lebih baik.

Selain itu, memanfaatkan teknologi canggih seperti AI dan data transaksi dalam jumlah besar dapat menciptakan pendekatan yang lebih baik.

Dengan menggunakan data pelanggan dari riwayat penjualan dan demografi, dalam penargetan iklan dinamis dapat dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna termasuk penargetan berdasarkan waktu atau lokasi.

Perusahaan dapat memeriksa data dari promosi mereka sebelumnya untuk menemukan pola kinerja yang akan memandu pengeluaran yang ideal di masa depan.

Menjelajahi berbagai macam konten seperti foto dan video yang kreatif adalah cara yang bagus untuk menguji produk atau penawaran baru Anda untuk memaksimalkan hasil dengan biaya minimal.

Dengan menggunakan kemampuan pengujian A/B yang kuat, Anda dapat menyempurnakan produk Anda untuk kinerja maksimum dan menghindari kemacetan selama masa permintaan tinggi.

Memanfaatkan fitur promosi di Bukalapak sangatlah penting tujuannya untuk memaksimalkan laba atas investasi secara tepat waktu dan sukses.

Memaksimalkan Promosi Bukalapak

Jadi, bagaimana Anda bisa memanfaatkan promosi produk Anda secara online, hingga bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda?

Tenang! Berikut ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan promosi produk Anda melalui Bukalapak. Dengan begitu produk Anda akan cepat laku dan laris:

1. Mengenali Target Pasar Anda

Pengenalan target pasar adalah proses mengidentifikasi pelanggan potensial dan menganalisis karakteristik mereka, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, lokasi, minat, motivasi, dan kebutuhan.

Hal ini dapat membantu untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan pemahaman perilaku target pasar dan mengidentifikasi peluang penjualan Anda.

Nah, setelah itu Anda bisa menemukan apa yang paling diminati oleh target audiens dengan mengamati pola pembelian mereka, seberapa sering mereka menggunakan produk tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan bisnis dan mendapatkan akses ke marketplace yang lebih besar.

2. Membuat Perencanaan Pemasaran

Membuat perencanaan dengan peta konsep sangatlah penting untuk pemasaran. Peta ini menguraikan strategi yang harus diterapkan sebelum meluncurkan bisnis, dengan memberikan kerangka kerja untuk rencana yang lebih terstruktur.

Dalam peta konsep, Anda dapat menyertakan beberapa strategi pemasaran untuk membuat rencana cadangan jika langkah pertama gagal. Selain itu, Anda bisa menyertakan elemen-elemen seperti ulasan produk, desain, dan lain sebagainya.

Membuat Perencanaan Pemasaran

3. Menggunakan Foto Produk Asli

Foto produk asli adalah gambar yang diambil dari suatu produk atau layanan sebagaimana adanya dalam keadaan aslinya, tanpa di modifikasi atau pengeditan.

Nah, pada umumnya foto ini digunakan untuk mempromosikan dan mendokumentasikan produk Anda.

Dengan menggunakan foto-foto ini, pelanggan bisa mendapatkan gambaran yang akurat tentang apa yang mereka beli, seperti warna, desain, tekstur, ukuran, dan bahan.

Dengan menggunakan pendekatan fotografi yang otentik, pengecer dapat menciptakan foto produk menarik dan unik yang memamerkan fitur terbaik dari produk terbarunya.

Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang terus berkembang, banyak perusahaan yang berinvestasi dalam menciptakan foto produk yang dinamis dan profesional untuk ditampilkan di situs web mereka.

Dengan memanfaatkan jenis fotografi ini, pelanggan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai produk dan menjelajahi setiap detail dari dekat.

Dengan menggunakan pengalaman virtual ini, pembeli dapat merasa yakin dengan keputusan mereka saat membeli barang dari pengecer atau di toko online.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari foto produk asli, perusahaan mempekerjakan para hli yang memiliki pengalaman luas dalam bidang tersebut atau bahkan memimnta bantuan ke pekerja lepas untuk hasil yang lebih baik.

Selain itu, para fotografer tersebut sering menggunakan peralatan tambahan seperti tripod dan lampu jika diperlukan, sehingga mereka dapat menghasilkan warna dan sudut secara akurat namun tetap menarik setiap saat.

Foto produk asli juga harus disertai dengan deskripsi rinci yang menjelaskan lebih lanjut fitur apa saja yang disajikan secara visual.

4. Membuat Video Promosi

Pada tahap selanjutnya, Anda dapat membuat video promosi produk untuk toko di Bukalapak.

Nah, video yang Anda buat ini bisa berupa penjelasan produk, informasi tentang penawaran dan diskon terbaru, latar belakang perusahaan, atau video kreatif lainnya.

Tujuan pembuatan video ini dapat menarik minat pelanggan terhadap apa yang Anda tawarkan.

Video ini dapat dibagikan di situs web dan media sosial, sehingga bisa dijadikan sebagai alat promosi bagi para pengusaha.

Selain itu juga, menurut sumber techtarget bahwa strategi pemasaran video yang komprehensif ini dapat membantu bisnis Anda terhubung dengan pelanggan dan karyawan saat ini.

Mengingat pengguna smartphone sekarang lebih mengutamakan konten video, oleh karena itu Anda bisa mulai menggunakan strategi ini untuk terhubung dengan konsumen.

Membuat Video Promosi

5. Manfaatkan Facebook Marketing

Facebook Marketing adalah strategi promosi untuk menjangkau audiens target melalui platform media sosial seperti Facebook.

Strategi ini melibatkan pembuatan iklan, konten, dan kampanye yang menarik dan membangun hubungan organik dengan pelanggan, hingga mengarah pada peningkatan visibilitas brand, dan peningkatan produk yang Anda jual.

Dengan membuat konten yang menarik, mengimplementasikan kampanye yang efektif, menargetkan audiens yang tepat, maka perusahaan dapat memperoleh eksposur maksimum untuk memaksimalkan ROI di platform Facebook ini.

Nah, saat Anda menggunakan Facebook Advertising secara efektif, bisnis harus memiliki rencana yang jelas dan juga anggaran yang sesuai.

Iklan harus disesuaikan dengan target audiens tertentu dengan menganalisis perilaku pengguna, konteks, dan faktor-faktor lain seperti kelompok usia, lokasi, dan lain sebagainya.

Perusahaan dapat menargetkan anggaran mereka ke demografi yang paling relevan untuk produk atau layanan.

Facebook Ads juga dapat mengukur performa dan menguji elemen kreatif untuk ROI yang lebih besar.

Dengan menggunakan pengujian A/B, Anda dapat membuat dan memantau berbagai variasi iklan Facebook Anda untuk mencari tahu apa yang paling sesuai dengan target audiens Anda dan memaksimalkan kinerja iklan Anda.

Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran Facebook Anda, selain postingan berbayar, membuat konten organik adalah hal yang penting.

Postingan organik membantu bisnis membangun hubungan dengan pelanggan mereka, sambil berbagi informasi penting seperti promosi.

Bentuk pemasaran gerilya ini menekankan pada membangun suara yang konsisten dan memberikan instruksi yang jelas untuk meningkatkan visibilitas dalam algoritme News Feed, serta mendorong pengguna untuk membagikan tagar atau penawaran eksklusif.

Secara keseluruhan, memanfaatkan Facebook Marketing sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan bisnis strategis.

6. Bergabung dengan Marketplace

Membuka toko di marketplace adalah cara terbaik untuk berbisnis online. Tidak hanya akan memberikan kepercayaan lebih kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda, tetapi marketplace juga berfungsi sebagai mediator untuk transaksi jual beli,

Dengan begitu membantu meminimalkan potensi penipuan untuk bisnis online Anda.

Jika Anda terlibat dalam bisnis online, mulailah membuka toko di marketplace. Ini akan membuat pelanggan dan calon pembeli merasa lebih percaya.

Ketika Anda bergabung dengan marketplace, maka Anda dapat melihat semua produk atau layanan yang ditawarkan di marketplace.

Kemudian, memanfaatkan SEO di toko online akan memperoleh manfaat yaitu Anda dapat dari menarik pengunjung yang sedang mencari produk atau layanan Anda.

Mendapatkan akses ke tren pasar, ulasan dan profil pelanggan akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang pasar saat ini dan memungkinkan Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Menurut survei, bahwa membeli barang melalui marketplace akan lebih efisien daripada di toko fisik. Karena pelanggan bisa menghemat biaya, tidak perlu lagi pergi keluar atau mengantre panjang di toko, dan pelanggan dapat memilih dari beragam pilihan produk.

Pemilik bisnis yang bergabung dengan marketplace mendapatkan keuntungan yaitu membuat transaksi lebih cepat bagi pelanggan dan menyediakan produk unik setiap hari, dan membantu mereka mencapai tujuan bisnis mereka lebih cepat.

Bergabung dengan Marketplace

7. Masuk Komunitas Bisnis

Membangun bisnis membutuhkan pembelajaran yang konsisten agar prosesnya berjalan dengan mudah sesuai rencana.

Nah, salah satu cara terbaik untuk membangun bisnis yang berhasil yaitu Anda bisa bergabung dengan komunitas bisnis dan memperluas kontak Anda dengan pengusaha lain.

Jika Anda bergabung dengan komunitas, Anda dapat mengembangkan jaringan, komunikasi, dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, hingga Anda mengenal para pebisnis lainnya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang beragam.

Melalui komunitas ini, Anda dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat mulai dari berbagi tips promosi untuk memperluas target pasar hingga berkolaborasi dalam menjalankan bisnis yang sukses.

8. Manfaatkan Ads

Membuat kampanye iklan di internet adalah bagian penting saat melakukan promosi produk di toko online.

Iklan juga bisa digunakan di berbagai platform seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads untuk mengiklankan produk Anda. Dengan demikian, pengguna online akan lebih mengenal produk Anda.

Iklan adalah materi promosi yang digunakan untuk menarik perhatian pada produk atau layanan dengan harapan akan mendapatkan pelanggan.

Iklan dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti iklan cetak, iklan radio/televisi, penempatan papan iklan, dan iklan online.

Iklan mendorong orang untuk membeli produk atau layanan dengan memberikan informasi tentang penawaran khusus dan diskon.

Iklan dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menarik pelanggan. Menggunakan teknik pemasaran yang ditargetkan dapat membantu perusahaan menjangkau target demografis mereka melalui iklan yang efektif.

Perusahaan harus menggunakan format iklan yang lebih kecil seperti iklan banner dan jendela pop-up di situs web karena metode ini lebih hemat biaya untuk menyampaikan pesan dengan cepat di saluran digital seperti halaman mesin pencari, dan media sosial.

Selain itu, perusahaan harus meneliti target pasar mereka sebelum meluncurkan kampanye iklan, sehingga mereka bisa menyesuaikan iklan mereka dengan kebutuhan masing-masing pasar.

Nah, jika Anda beriklan melalui konten bersponsor, maka bisnis Anda dapat menjangkau target audiens.

Kebanyakan artikel yang ditulis oleh perusahaan, dibuat untuk promosi produk dan layanannya.

Hal ini biasanya disebut sebagai “konten bersponsor” atau “iklan asli” karena artikel tersebut menyatu dengan artikel lain di halaman atau situs web tempat artikel tersebut muncul.

Cara terbaik bagi perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan adalah dengan menyertakan konten buatan pengguna (UGC) seperti ulasan, peringkat, gambar, dan video dalam iklan mereka.

Dengan begitu Anda dapat memberikan umpan balik positif dari pelanggan yang sudah ada.

UGC juga memberikan wawasan unik tentang apa yang diinginkan konsumen dari produk atau layanan tertentu yang memberikan jalan lain bagi pemasar untuk menciptakan kampanye yang sukses dan memenuhi permintaan pelanggan.

Semua strategi ini bila digabungkan akan menciptakan iklan yang menarik dan dapat menarik calon pembeli melalui keterlibatan di platform media sosial, atau halaman hasil mesin pencari (SERP).

Manfaatkan Ads

9. Google Adwords

Google Adwords merupakan platform periklanan yang dibuat oleh Google Inc. Platform ini membantu bisnis agar dapat mempromosikan kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk dan layanan tersebut.

Platform ini beroperasi dengan model biaya per klik (CPC), yang berarti pengiklan membayar setiap kali seseorang mengklik iklan mereka.

Adwords memungkinkan pengiklan untuk menawar kata kunci tertentu, berdasarkan biaya per klik yang mereka inginkan.

Saat pengiklan menawar kata kunci yang sama, penawar tertinggi akan mendapatkan penempatan iklan, dibandingkan dengan penawar lainnya.

Kampanye Adwords dapat diatur untuk menargetkan lokasi, perangkat, waktu, dan bahasa tertentu yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pengiklan juga dapat menggunakan fitur seperti daftar pemasaran ulang dan kata kunci negatif untuk memastikan iklan mereka tidak akan muncul di hasil pencarian yang tidak relevan.

Pebisnis juga dapat memanfaatkan Iklan Display, Iklan Video, dan Iklan Belanja agar mendapatkan lebih banyak visibilitas di berbagai jenis saluran dan platform.

Memanfaatkan strategi yang tepat untuk kampanye secara efektif dapat meningkatkan prospek dan konversi untuk bisnis online Anda.

10. Mengoptimalkan SEO

Mengoptimalkan SEO adalah strategi meningkatkan peringkat mesin pencari situs web untuk mendapatkan visibilitas yang lebih besar dan menerima lebih banyak traffic organik.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengedit tag HTML, URL, dan metadata seperti judul, deskripsi, dan kata kunci.

Selain itu, Anda bisa menerapkan teknik seperti pembuatan tautan dan pengoptimalan konten untuk meningkatkan kinerja pencarian mereka.

Tujuan utama dari Optimize SEO adalah untuk memastikan sebuah situs web memenuhi semua persyaratan mesin pencari sehingga dapat muncul di bagian atas pencarian.

Dengan begitu Anda membutuhkan sebuah pemahaman tentang cara kerja mesin pencari, dan faktor apa saja yang menjadi pertimbangan untuk menentukan peringkat halaman web.

Anda akan mendapatkan keuntungan ketika melakukan riset pesaing mulai dari memahami taktik apa yang mereka gunakan, riset kata kunci untuk memahami istilah mana yang paling efektif untuk situs web Anda dan meningkatkan kecepatan halaman.

Melalui pengoptimalan pada situs web Anda, Anda dapat memastikan situs web dapat menonjol di antara para pesaing saat seseorang melakukan pencarian online.

Saat mengoptimasi SEO, Anda perlu melibatkan dalam pembuatan konten bagi pengguna yang terkait dengan kueri mereka, hingga menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih besar pada halaman dan dengan brand.

Dengan memanfaatkan strategi konten, memanfaatkan saluran media sosial, membentuk koneksi dengan influencer, dan memperhatikan tren pasar Anda dapat menarik pengunjung baru yang dapat menjadi pelanggan tetap.

Dengan menggunakan alat seperti Google Analytics atau alat Webmaster Console, Anda dapat melacak kesuksesan SEO situs web Anda dan mendapatkan data kinerja yang akurat seperti tayangan, rasio klik-tayang (CTR), konversi, dan biaya per klik (CPC).

Dengan terus memantau perubahan algoritma yang dibuat oleh mesin pencari, bisnis Anda akan selangkah lebih maju dan memastikan pengoptimalan mereka tetap efektif untuk mempertahankan posisi peringkat yang telah mereka capai.

Mengoptimalkan SEO

11. Memberikan Diskon Khusus

Siapa yang tidak suka dengan harga murah? Sebagian besar pembeli sangat menikmati penghematan dalam bentuk diskon.

Anda bisa menggunakan taktik ini untuk menarik pembeli. Anda bisa memberikan potongan harga untuk pembelian barang tertentu, sehingga pelanggan ingin membelinya.

Kemudian, Bukalapak sendiri memberikan penawaran bagi Anda untuk melakukan promosi produk di momen tertentu. Misalnya, diskon saat Hari Kemerdekaan, diskon pada tanggal kembar, dan lain sebagainya.

Di beberapa situs penjualan, ada banyak promo eksklusif pada hari yang ditentukan di Bukalapak.

12. Media Sosial

Media sosial adalah istilah kolektif untuk situs web dan aplikasi digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi satu sama lain dan berbagi konten.

Adapun beberapa platform populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Snapchat, TikTok, dan masih banyak lagi.

Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern, mengubah cara kita terhubung dengan orang-orang di sekitar kita dan di belahan dunia.

Konten di media sosial berkisar dari pembaruan status, gambar, video, podcast, posting blog hingga video streaming langsung.

Media sosial memberikan peluang bagi pengguna untuk bertindak sebagai kreator, penghibur, atau pemimpin opini. Selain itu juga, marketer juga dapat menggunakan media sosial untuk menjangkau target audiens mereka dan membangun relasi.

Menggunakan wawasan berbasis data dalam bisnis akan menghasilkan optimalisasi strategi yang lebih baik dengan menargetkan kelompok pengguna dan demografi tertentu secara akurat, serta mengelola interaksi pelanggan secara efektif.

Menciptakan kehadiran visual yang khas di media sosial adalah kunci untuk membangun kesan merek di benak pelanggan.

Selain itu, perkembangan teknologi seluler telah membuat akses ke konten menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Apalagi pesan teks tidak hanya digunakan untuk pengiriman pesan yang terkendali, tetapi juga digunakan sebagai alat untuk berinteraksi dengan konsumen melalui chatbots.

Perkembangan teknologi ini didukung oleh algoritme AI untuk kemampuan pemrosesan bahasa alami.

Media Sosial

13. Membuat Website

Memiliki situs web akan memberikan citra profesionalisme pada bisnis Anda dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Situs web juga memungkinkan Anda untuk menjelaskan informasi yang lebih rinci seperti sejarah, produk, lokasi, dan testimoni pelanggan.

Teknik ini sangat efektif dalam hal membangun brand dan memasarkan bisnis Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur dan membantu memperluas jaringan penjualan Anda

14. Melakukan Endorsement

Ketika menggunakan media sosial untuk mendukung publik figur, penting untuk memastikan bahwa Anda menjangkau audiens yang tepat.

Lakukan penelitian tentang perilaku dan minat pengikut Anda. Hal ini penting agar tidak salah langkah dalam melaksanakan promosi. Umumnya, publik figur memiliki berbagai jenis pengikut.

Nah, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang disukai oleh para pengikut mereka dengan melihat kebiasaannya di media sosial mereka dan jenis bisnis apa yang cocok untuk bisa diajak berkolaborasi atau promosi.

Bekerja sama dengan influencer adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap penawaran Anda.

Selain itu, Anda akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak keterlibatan yang dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Melakukan Endorsement

15. Melakukan Giveaway

Salah satu promosi produk yang paling umum adalah giveaway. Sering melakukan giveaway dapat membantu meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda dan meningkatkan visibilitasnya kepada publik.

Promosi dalam bentuk giveaway adalah cara yang efektif untuk memberikan sampel produk Anda kepada pengguna.

Selain itu bisa mendapatkan eksposur gratis, lebih banyak pengikut di media sosial, meningkatkan engagement, dan bahkan penjualan yang lebih tinggi.

5 Fitur Promosi di Bukalapak Agar Makin Laris

Nah, Bukalapak sendiri memiliki banyak fitur yang membantu seller untuk promosi produk. Fitur yang disediakan dalam platform ini bertujuan untuk membantu meningkatkan penjualan.

Selain itu juga, fitur dari Bukalapak ini mampu meningkatkan omzet penjualan. Hal ini dikarenakan berbagai fitur yang ditawarkan dapat dimanfaatkan oleh para pelapak untuk menarik pelanggan.

Apa saja sih Atribut yang dilakukan seller saat melakukan promosi produk ?

Bukalapak ini menyediakan berbagai macam fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penjual.

Fitur Bukalapak

Berikut ini fitur yang disediakan oleh Bukalapak untuk seller :

Fitur Voucher Lapak

Di Indonesia, orang-orang suka menggunakan Voucher diskon untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat Voucher sendiri yang hanya dapat digunakan di toko Anda. Anda juga dapat mengatur jumlah dan masa berlaku voucher ini.

Anda dapat menarik lebih banyak calon pelanggan ke toko Anda dengan fitur ini, tetapi perlu diingat bahwa fitur Voucher hanya tersedia untuk pelapak dengan akun Premium Professional.

Fitur Diskon

Fitur Diskon adalah situasi yang saling menguntungkan bagi pembeli dan penjual, karena memungkinkan penjual untuk menjual produk mereka dengan cepat dan pembeli untuk mendapatkan diskon barang dagangan.

Selain mengirimkan notifikasi e-mail ke semua konsumen yang disukai, barang dagangan yang didiskon akan memiliki ikon diskon dan ditempatkan di bagian tertentu agar lebih mudah diakses.

Fitur Product Bundling

Nah, fitur promosi produk yang tersedia di Bukalapak ini, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan memberikan diskon kepada pelanggan saat mereka membeli beberapa produk dalam satu pesanan.

Artinya, disini Anda bisa membuat paket menarik dengan menyusun produk yang memiliki tema atau kegunaan yang sama, misalnya, paket aksesori musim hujan (jas hujan, sarung helm, dan sarung jok motor).

Fitur Product Bundling

Fitur Promosi Internal

Kemudian, saat Anda melakukan promosi produk melalui fitur Bukalapak, calon pembeli akan ditargetkan berdasarkan permintaan pencarian dan kategori mereka. 

Nah, fitur yang dimaksud ini yaitu push dan promoted push.

  • Fitur Push

Fitur push ini memfasilitasi item Anda untuk sampai ke halaman teratas dari kategori masing-masing. Ini dapat dibeli dalam bentuk satuan atau paket, dengan peluang lebih besar untuk terlihat di hasil pencarian tertinggi.

  • Fitur Promoted Push

Saat Anda melakukan promosi produk, fitur Bukalapak ini memungkinkan untuk menampilkan barang Anda di bagian “Produk yang Dipromosikan” pada halaman pencarian barang.

Tak hanya itu, saat Anda melakukan promosi produk menggunakan fitur Bukalapak ini, maka Anda juga bisa meningkatkan visibilitas barang Anda.

Artinya, dibandingkan dengan fitur push, fitur ini lebih mengharuskan Anda untuk mengatur waktu dan biaya per klik secara manual.

Fitur Promosi Eksternal

Selanjutnya, ketika Anda melakukan promosi produk menggunakan fitur Bukalapak ini, maka Anda dapat memberikan calon pelanggan akses ke situs web di luar Bukalapak.

Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan jangkauan secara signifikan.

Menjangkau audiens yang lebih luas menjadi mudah dengan fitur promosi ini. Karena setiap hari, Google dan Facebook saja memiliki puluhan juta pengunjung, hingga Anda bisa menargetkan pembeli potensial dengan tepat sasaran.

Fitur Promosi Eksternal
  • BukaIklan Shopping

Dengan menggunakan BukaIklan Shopping, iklan produk Anda akan muncul pada setiap pencarian yang relevan di Google. Selain itu, gambar produk Anda dapat meningkatkan peluang pengguna saat mengklik iklan Anda.

Jadi, pengunjung halaman Google akan memasukkan beberapa kata saat mencari sesuatu untuk dibeli. Ketika kata-kata yang digunakan sesuai dengan barang yang Anda jual, iklan Anda akan muncul.

Jika iklan diklik, iklan akan mengarah ke daftar Anda dan memulai pembelian.

Untuk memanfaatkan BukaIklan Shopping, Anda harus memilih anggaran belanja iklan dan jangka waktu sebelum melakukan pembelian.

  • BukaIklan Facebook

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan produk Anda kepada calon pembeli di Facebook dan Instagram, serta menyesuaikannya berdasarkan minat mereka.

Sifat dinamis dari iklan ini akan menyoroti produk yang relevan bagi pengguna, sehingga kemungkinan besar mereka akan mengklik dan diarahkan ke toko Anda.

Dengan mengikuti cara di atas untuk mempromosikan bisnis Anda di Bukalapak, Anda pasti akan mengalami peningkatan penjualan.

BukaIklan Facebook

Dengan mengikuti cara di atas untuk mempromosikan bisnis Anda di Bukalapak, Anda pasti akan mengalami peningkatan penjualan.

Apa Itu Promoted Push Bukalapak?

Fitur promoted push Bukalapak ini memungkinkan untuk menampilkan barang Anda di bagian “Produk yang Dipromosikan” pada halaman pencarian barang.
Tak hanya itu, saat Anda melakukan promosi produk menggunakan fitur Bukalapak ini, maka Anda juga bisa meningkatkan visibilitas barang Anda.
Artinya, dibandingkan dengan fitur push, fitur ini lebih mengharuskan Anda untuk mengatur waktu dan biaya per klik secara manual.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like