32 Contoh Promosi Makanan di Facebook yang Menarik & Laris

Apakah Anda sedang mencari contoh promosi makanan di Facebook? Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya, sudah bukan rahasia lagi bahwa Facebook adalah platform pemasaran yang kuat.

Usaha makanan dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari jangkauan dan keterlibatan yang didapat dengan membagikan barang dan layanan mereka kepada jutaan orang di seluruh dunia.

Facebook mempunyai banyak fitur yang dirancang untuk membantu usaha makanan meningkatkan jangkauan dan keterlibatan, seperti bot Messenger, Iklan, konten video, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana berbagai jenis promosi makanan di Facebook dapat bekerja untuk Anda dan cara membuat strategi yang sukses.

Bangun Branding yang Berkesan

Bangun Branding yang Berkesan dan Kreatif

Mempunyai merek yang kuat dan gampang dikenali sangat penting untuk kesuksesan usaha apa pun, termasuk usaha yang berhubungan dengan makanan.

Jika Anda mempunyai restoran, perusahaan katering, atau layanan pesan-antar makanan, maka Anda tahu bahwa social media ini dapat menjadi platform yang efektif untuk menampilkan barang Anda dan membangun identitas merek Anda.

Berikut adalah beberapa trik untuk membantu Anda membangun branding yang sukses di Facebook.

1. Mulailah dengan Desain Visual yang Kuat

Langkah pertama dalam menciptakan kehadiran sosial yang kuat adalah mengidentifikasi visual mana yang paling mewakili merek Anda dan memikat bagi target audiens.

Mengembangkan template untuk posting akan memberikan kesinambungan di seluruh profil social media Anda dan menciptakan identitas yang kohesif agar pelanggan dapat mengenali dan terhubung.

2. Buat Konten Orisinal

Konten orisinal adalah cara terbaik untuk melibatkan pengikut dan mengembangkan hubungan emosional dengan mereka.

Bagikan fakta tentang barang atau layanan Anda, cerita di balik layar, testimoni dari pelanggan, apa pun yang menambah nilai dan keaslian pada apa yang ditawarkan restoran atau usaha Anda dapat membantu orang lebih memahami mengapa mereka harus memilih restoran Anda daripada pesaing.

3. Manfaatkan Iklan

Social media ini mempunyai kemampuan penargetan luar biasa yang membuat iklan menjadi sangat hemat biaya dibandingkan dengan kampanye pemasaran biasa.

Menjalankan iklan memungkinkan Anda untuk menjangkau calon pelanggan yang paling sesuai dengan apa yang Anda tawarkan, memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal untuk pemasaran Anda!

Jangan lupa untuk melakukan A/B split test pada iklan yang berbeda sehingga Anda dapat mengukur iklan mana yang menghasilkan lebih banyak keterlibatan atau konversi, tingkat analisis ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat menyempurnakan iklan dari waktu ke waktu berdasarkan hasil.

4. Menganalisis Metrik & Melacak Kinerja Secara Teratur

Melacak metrik seperti keterlibatan postingan, share, dll, memberikan wawasan tentang seberapa populer konten mereka, mereka dapat menggunakan data ini untuk mengoptimalkan postingan yang akan datang sesuai dengan apa yang paling berhasil sebelumnya untuk memaksimalkan kesuksesan di masa mendatang.

buat facebook fanpage

Buat Facebook Fanpage

Apakah Anda ingin meningkatkan visibilitas bisnis Anda? Diantara opsi terbaik untuk dipertimbangkan adalah membuat halaman penggemar Facebook.

Menyiapkan halaman penggemar tidak hanya akan membantu Anda menjangkau pelanggan yang sudah ada dan membangun hubungan baru, tetapi juga menawarkan banyak fitur tambahan untuk mengelola dan mempromosikan konten langsung dari akun Anda.

Berikut adalah daftar langkah-langkah yang harus diambil saat menyiapkan halaman penggemar di Facebook:

1. Masuk ke Profil yang Sudah Ada

Sebelum membuat halaman penggemar sendiri, Anda harus menggunakan profil pribadi atau bisnis yang sudah ada dengan login aktif pada platform yang sama. Setelah login, klik menu tarik-turun ‘Akun’ dan pilih ‘Buat Halaman’.

2. Pilih Kategori dan Berikan Informasi

Setelah Anda memilih kategori untuk halaman Anda (Perusahaan, Organisasi atau Institusi), berikan informasi sebanyak mungkin tentang bisnis Anda dengan mengisi semua bidang yang relevan seperti URL situs web, informasi kontak atau alamat perusahaan. Informasi ini harus secara akurat menggambarkan siapa Anda dan layanan/barang apa yang tersedia melalui Halaman Penggemar khusus ini.

3. Unggah Foto Profil & Foto Sampul

Sekarang setelah semua detail akun yang diperlukan telah diisi, saatnya untuk mempertajam tampilan profil Anda.

Mengunggah foto profil bersama dengan foto sampul yang keren akan membantu memastikan pengunjung pertama kali tetap terlibat dengan apa yang mereka lihat secara online. Coba gunakan ilustrasi daripada foto untuk dampak kreatif yang maksimal!

4. Promosikan Konten

Untuk membuat orang terpikat dengan halaman Anda, mulailah dengan mengundang beberapa teman. Anda juga dapat mempromosikan postingan yang bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. membagikan konten berkualitas dapat mengundang interaksi dari pengguna lain sambil memberikan informasi terbaru tentang peristiwa terbaru yang terkait dengan operasi bisnis Anda.

Selain itu, perhatikan tren populer yang terkait dengan industri yang dapat meningkatkan tingkat keterlibatan di saluran social media seperti Facebook.

Tunjukkan Harga Produk

Tunjukkan Harga Produk atau Diskon Khusus

Menampilkan harga di postingan dapat membantu Anda melakukan penjualan dengan lebih cepat dan efisien. Ini karena pelanggan akan dapat dengan gampang menentukan harga tanpa harus mengklik situs web Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menampilkan harga dengan cara yang gampang dimengerti oleh pelanggan dan tidak melanggar aturan apa pun yang ditetapkan oleh Facebook.

1. Pilih Format yang Tepat

Hal terpenting saat menampilkan harga pada postingan Anda adalah mengetahui format mana yang akan digunakan.

Anda sebaiknya memilih format yang gampang dimengerti oleh pengguna sehingga mereka tidak perlu melakukan langkah ekstra seperti mengartikan simbol atau mengklik tautan.

Sebagai contoh, lebih baik menampilkan harga dalam bentuk angka seperti daripada dalam bentuk simbol seperti.

2. Sertakan Semua Detail yang Diperlukan

Selalu pastikan untuk menyertakan semua detail yang diperlukan saat menampilkan harga di antara satu postingan Anda.

Hal ini termasuk merinci pajak penjualan, biaya pengiriman, dan biaya terkait lainnya yang perlu diketahui oleh pelanggan sebelum membeli barang tersebut.

Kegagalan dalam mencantumkan semua detail ini dapat menyebabkan pengguna yang tidak puas meninggalkan komentar negatif tentang pengalaman belanja mereka di halaman Anda atau bahkan mengambil tindakan hukum terhadap Anda karena praktik periklanan yang menipu.

3. Jaga agar tetap singkat

Saat menampilkan informasi harga tentang satu atau beberapa barang dalam satu posting, ada baiknya Anda tetap singkat dan langsung ke intinya.

Anda tidak ingin calon pelanggan memindai blok teks yang panjang untuk mencari poin harga, jadi pastikan poin harga tersebut menonjol dengan cara tertentu dan terbaca dengan jelas tanpa menimbulkan kebingungan. banyak perbedaan antara teks dan visual, hal ini dapat menyebabkan kebingungan bagi pemirsa.

Buat Visual Produk yang Memikat Perhatian

Buat Visual yang Memikat Perhatian

Apakah Anda ingin membuat konten yang memikat secara visual dan menarik untuk merek Anda? Membuat sesuatu yang keren secara visual dan membagikan pesan Anda secara efektif bisa menjadi tugas yang sulit.

Namun, dengan trik yang tepat, siapa pun dapat dengan membuat visual berkualitas tinggi yang akan ditanggapi oleh pengikut social media mereka. Berikut ini beberapa trik bermanfaat tentang cara membuat konten yang memikat secara visual:

1. Gunakan Warna yang Memikat Perhatian

Visual Anda harus mempunyai warna yang cerah namun sesuai, jadi memilih warna dengan hati-hati sangat penting ketika Anda membuat visual untuk promosi.

Saat memilih warna, pikirkan tentang apa yang paling mewakili tampilan dan merek Anda, pilihlah warna yang kompatibel satu sama lain, agar tidak terlalu banyak warna yang mencolok dalam satu gambar atau video.

2. Konsisten dengan Warna Brand

Memposting gambar yang tetap konsisten dengan merek Anda di semua saluran sosial bukan hanya praktik yang baik namun sangat bagus untuk membuat pelanggan lebih mudah mengingat brand anda.

Pastikan semua gambar terlihat menyatu dengan menggunakan font, logo, ikon, dan grafis lain yang sama persis di seluruh kampanye digital Anda.

Menjaga konsistensi membantu pelanggan tetap terlibat dan membiasakan mereka dengan karakter atau simbol yang biasa digunakan dalam iklan atau postingan social media Anda.

3. Pastikan Visual Sesuai dengan Teks Anda

Membuat postingan yang penuh dengan visual membutuhkan keseimbangan. pastikan teks Anda berhubungan dengan foto yang Anda gunakan dengan menceritakan sebuah cerita (atau semacam pesan yang menyenangkan) yang berjalan seiring dengan elemen-elemen yang menyatu satu sama lain. Jika ada terlalu

Manfaatkan Fitur Facebook Secara Maksimal

Manfaatkan Fitur Facebook Secara Maksimal

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan hasil maksimal dari Facebook? Apakah Anda sudah menggunakannya tetapi merasa ada yang kurang?

Facebook adalah salah satu platform social media yang paling populer. Platform ini mempunyai beragam fitur yang dapat membantu Anda membuat pengalaman online Anda lebih berharga.

Apakah Anda ingin mencari teman baru dan berbagi konten, menggunakan platform periklanan yang kuat, atau berkomunikasi dengan pelanggan dan mempromosikan bisnis Anda, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan fitur-fiturnya secara maksimal.

Menggunakan Facebook secara maksimal bisa menjadi tantangan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan semua alat dan opsi yang tersedia.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan beberapa fitur utama secara efektif sehingga Anda bisa memaksimalkan setiap kunjungan.

Promosi makanan di social media bisa jadi cukup rumit, tetapi ada beberapa cara untuk memanfaatkan berbagai fitur yang berbeda secara efektif untuk mempromosikan makanan Anda.

Salah satu cara kreatif untuk meningkatkan konversi Anda adalah dengan menggunakan Carousel, fitur yang memungkinkan Anda membuat tayangan slide yang memikat yang menyoroti beberapa barang atau konten terkait. Berikut cara melakukannya:

Koreksi Tulisan dan Gambar Anda

Langkah pertama dalam membuat Carousel yang efektif adalah mengoreksi semua tulisan dan gambar yang Anda rencanakan untuk disertakan dalam setiap slide.

Mulai dari tata bahasa dan ejaan yang tepat hingga fotografi berkualitas tinggi. Ini akan membantu memastikan korsel Anda terlihat sebaik mungkin.

Pilih Template

Anda tidak perlu memulai dari awal saat membuat postingan carousel, sebagai gantinya gunakan salah satu template siap pakai. Ini membantu Anda memulai konten lebih cepat, sehingga lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk menyesuaikan sesuatu yang rumit secara kreatif daripada terburu-buru hanya untuk mengeluarkannya tepat waktu.

Optimalkan Fotografi Barang Anda

Saat memilih foto untuk kampanye Anda, ingatkan tentang pentingnya pencahayaan dan sudut yang baik. Tujuannya adalah untuk menampilkan makanan Anda dalam sudut pandang yang positif sekaligus membuatnya tampak menggugah selera dan memikat secara visual.

Menambahkan gambar hidup atau foto orang yang sedang menyantap makanan juga dapat membantu memunculkan emosi positif dari pembeli.

Jaga agar Teks Tetap Singkat & Manis

Saat mendesain setiap slide, ingatlah bahwa tidak semua orang yang melihat materi iklan Anda akan membaca teks yang panjang secara keseluruhan, mereka mungkin akan memindai teks tersebut dengan cepat karena rentang perhatian yang terbatas di dunia maya saat ini.

Jaga agar semua teks tetap ringkas namun cukup memikat untuk dicerna dengan cepat, ringkaslah dengan poin-poin penting atau menambahkan baris pendek teks deskriptif tentang fitur-fitur utama atau petunjuk penggunaan dengan menggabungkan kata-kata dengan gambar secara efektif.

2. Story

Fitur story biasanya digunakan untuk mengunggah kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh pengguna untuk mendokumendasikannya dan menunjukkan ke pengikut yang dimiliki.

Jika anda menggunakan story sebagai media promosi makanan, maka beberapa pendekatan ini bisa anda tiru :

Pertama, adalah menggunakan story untuk menunjukkan kegiatan di balik layar, misalnya proses pembelian bahan baku, pembuatan, atau kolaborasi promosi dengan influencer makanan tertentu.

Sehingga pembeli tidak dijejali dengan promosi makanan yang membuat bosan, karena biasanya konten story dibuka saat hendak mencari alternatif konten yang lucu dan seru.

Namun, jika anda hendak menggunakan story sebagai media promosi, maka anda bisa menggunakan fitur hitung mundur untuk mengingatkan pembeli mengenai jadwal diskon di aplikasi tertentu, sehingga pembeli tidak kehilangan momen mendapatkan barang keinginan dengan harga yang lebih murah.

3. Reels

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Reels untuk promosi makanan? Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk barang Anda dan berinteraksi dengan pelanggan potensial.

Berikut ini adalah artikel untuk membantu memandu Anda menggunakan Reels secara efektif untuk promosi makanan.

Teliti Target Audiens Anda

Langkah pertama dalam menggunakan Reels adalah meneliti audiens target Anda. Identifikasi siapa yang ingin Anda jangkau dengan makanan Anda, apa minat mereka, dan jenis konten apa yang sesuai dengan mereka? Mengetahui informasi ini akan sangat penting saat membuat gulungan Anda.

Buat Konten yang Keren

Setelah Anda mengidentifikasi audiens target Anda, sekarang saatnya untuk membuat konten yang sesuai dengan mereka dan mempromosikan makanan Anda.

Fokuslah untuk membuat video yang menunjukkan aspek menyenangkan dari merek Anda atau menyoroti beberapa resep baru dan lezat yang menggunakan barang tersebut.

Gunakan warna-warna cerah, sudut pengambilan gambar yang sesuai, dan berbagai efek untuk mempercantik konten.

Libatkan Pengikut Anda

Pastikan Anda secara aktif berinteraksi dengan pemberi komentar di setiap postingan sehingga mereka merasa terlibat dalam percakapan.

Ajukan pertanyaan yang menggugah pikiran yang mendorong orang untuk berkomentar dan mengungkapkan pendapat mereka, jawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki tentang barang anda dengan cara yang informatif yang menunjukkan seberapa besar keahlian Anda dalam bidang tersebut, berikan informasi tambahan yang terkait dengan topik tersebut; bagikan konten yang dibuat oleh pengguna; dll.

Buatlah Teks yang Memikat

Caption Anda harus memberikan trik yang berguna untuk menggunakan makanan Anda serta sedikit tentang apa yang membuatnya unik. Ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk menampilkan ulasan pelanggan atau testimoni dari mereka yang telah mencobanya

4. Messenger

Sebagai sebuah bisnis, penting untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan. Dalam hal promosi makanan, Messenger adalah salah satu cara yang paling populer dan serbaguna untuk memasarkan barang Anda. Berikut adalah beberapa trik entang bagaimana Anda dapat menggunakan Messenger untuk mempromosikan makanan Anda:

Buat Pesan yang Memikat Audiens

Anda harus membuat dan menjadwalkan pesan untuk orang-orang baru yang menemukan halaman Anda. Hal ini tidak hanya menambahkan sesuatu yang istimewa pada pengalaman pelanggan mereka, tetapi juga memberikan gambaran singkat tentang apa yang dapat mereka harapkan dari Anda dalam hal konten ketika mereka mengikuti halaman Anda.

Targetkan Pelanggan Berdasarkan Geografi atau Minat

Jika Anda ingin berhasil menargetkan pelanggan yang terpikat dengan makanan Anda, Anda perlu mengetahui siapa pelanggan tersebut dan di mana mereka tinggal atau bekerja.

Anda dapat menggunakan fitur penargetan lanjutan seperti geografi atau minat sehingga ketika seseorang menemukan halaman messenger Restoran Anda, mereka menerima konten yang relevan dan penawaran yang disesuaikan dengan area tempat tinggal mereka atau topik yang telah mereka sebutkan dalam percakapan dengan kontak lain.

Kirim Pesan Promosi pada Waktu-waktu Penting

Pengaturan waktu sangat penting dalam hal pesan pemasaran promosi. Waktu-waktu penting untuk mengirim pesan promosi adalah saat pengguna lebih cenderung aktif di platform social media seperti saat makan siang di hari kerja dan jam pulang kerja, serta akhir pekan untuk restoran dan kafe yang sebagian besar melayani pengunjung pada sarapan/sarapan siang.

Manfaatkan Fitur Messenger BOT

Agar bisnis tidak kehilangan peluang potensial saat pelanggan menghubungi mereka melalui platform perpesanan seperti Messenger, penggunaan balasan otomatis dengan templat yang sudah ditulis sebelumnya menjadi semakin populer dalam sistem layanan pelanggan online bisnis.

Balasan otomatis memastikan bahwa pesan Anda ditanggapi kapan pun waktu yang tepat, sambil tetap memberikan layanan yang dipersonalisasi dan berkualitas kepada pelanggan dengan menampilkan templat siap pakai yang kompatibel dengan utas percakapan yang ada.

Mempersonalisasi Pesan Sesuai dengan Kebiasaan Pelanggan

Messenger memungkinkan perusahaan seperti restoran dan kafe untuk mempersonalisasi pesan sesuai dengan kebiasaan pelanggan mereka melalui kampanye otomatis khusus berdasarkan pembelian dan keterlibatan di masa lalu pada platform itu sendiri.

Segmentasi semacam ini sangat efektif untuk bisnis yang menawarkan berbagai item menu atau penawaran yang sedang berlangsung atau diskon yang tersedia secara lokal atau musiman karena pelanggan akan lebih terhibur dengan penawaran saat ini yang disajikan secara langsung sesuai dengan preferensi mereka.

5. Group

Apakah Anda seorang pengusaha yang mencari cara yang efektif untuk mempromosikan makanan Anda? Jika iya, Grup bisa menjadi pilihan yang tepat.

Group bisa digunakan untuk menemukan orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap topik tertentu, seperti hobi atau masalah tertentu.

Sedangkan bagi penjual, group juga bisa digunakan sebagai tempat bertemu dengan pembeli potensial yang terpikat pada barang mereka atau menemukan agen makanan yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih murah.

Pedagang juga bisa mengumpulkan pelanggan setianya dalam grup khusus, sehingga mereka bisa menjual barang yang akan diluncurkan terlebih dahulu ke pembeli setia atau mendengarkan pendapat mereka mengenai barang yang dimiliki.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan grup untuk mendapatkan visibilitas dan mempromosikan makanan Anda.

Identifikasi Grup yang Relevan untuk Bergabung

Pertama dan terpenting, Anda harus mengidentifikasi grup yang relevan untuk bergabung yang berhubungan dengan barang atau niche Anda.

Misalnya, jika Anda menjual keripik pedas, bergabung dengan grup yang berfokus pada makanan pedas akan sangat ideal.

Setelah mengidentifikasi grup yang tepat, bergabunglah dengan mereka dan jadilah anggota aktif dengan terlibat dalam diskusi dan mengomentari postingan.

Buat Postingan yang Memikat

Setelah Anda bergabung dengan grup yang relevan, penting untuk membuat postingan yang memikat yang melibatkan pengguna dan membuat mereka tertarik dengan barang atau merek Anda.

Pertimbangkan untuk membuat grafik dan video informatif tentang makanan Anda yang menjelaskan fitur-fitur uniknya dan bagaimana barang Anda berbeda dari brand lain di pasaran.

Pastikan setiap postingan menyertakan ajakan untuk bertindak (seperti “pelajari lebih lanjut tentang keripik jalapeno kami”). Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan segera ketika mereka melihat postingan Anda sehingga mereka tidak melupakannya di kemudian hari.

Terlibat dengan Postingan Lain

Selain membuat konten Anda sendiri yang keren, gunakan grup secara efektif untuk terlibat dengan postingan atau percakapan orang lain.

Anda dapat mengomentari pertanyaan komunitas yang terkait dengan bidang keahlian Anda, berterima kasih kepada orang-orang atas umpan balik mereka tentang barang atau bahkan menawarkan saran yang bermanfaat jika berhubungan dengan apa yang Anda promosikan.

Jenis keterlibatan ini menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda peduli dengan komunitas dan tidak hanya mencoba beriklan tanpa adanya interaksi nyata dari diri Anda.

Iklankan Brand Anda

Saat ini ada banyak pilihan iklan yang tersedia melalui platform media sosial yang berbeda termasuk Grup. Dengan iklan bersponsor yang dirancang khusus untuk promosi di Grup, Anda dapat menargetkan anggota yang sudah tertarik dengan makanan milik Anda yang mungkin merespons lebih baik daripada konsumen yang tidak ditargetkan di luar lingkungan grup itu sendiri.

Selain itu, iklan bertarget cenderung lebih murah daripada iklan media sosial biasa karena jangkauannya yang terbatas, memungkinkan Anda menghemat uang sambil menjangkau pelanggan yang relevan dengan barang /layanan yang telah dinyatakan dalam pengaturan grup.

Selenggarakan Giveaway

Mengadakan kontes atau hadiah adalah cara lain yang bagus untuk menggunakan grup untuk promosi makanan karena hal ini menciptakan rasa senang di dalam grup yang memikatperhatian terhadap apa pun yang ditawarkan sebagai bagian dari kontes atau hadiah.

Ini bisa sesederhana memberikan sampel gratis makanan Anda yang hanya tersedia secara eksklusif di dalam Grup FB tertentu, keterlibatan semacam ini membantu menciptakan hubungan antara merek/barang dengan konsumen yang bahkan dapat menghasilkan loyalitas yang lebih kuat dengan pelanggan di masa depan!

Gunakan Pendekatan Story Telling

Gunakan Pendekatan Story Telling

Apakah Anda memiliki bisnis atau makanan yang ingin menghasilkan lebih banyak gebrakan di dunia online?

Anda mungkin bisa meraih kesuksesan dengan bercerita tentang makanan Anda. Konten bercerita adalah cara yang efektif untuk berinteraksi dengan calon pelanggan, mengedukasi mereka tentang makanan Anda, dan memberi mereka alasan untuk memilih Anda daripada pesaing. Berikut adalah cara menggunakan konten bercerita untuk mempromosikan makanan Anda:

Teliti Berbagai Aspek Makanan Anda

Kumpulkan informasi seperti barang apa yang digunakan untuk membuat barang Anda, cerita di baliknya, orang-orang yang telah berkontribusi dalam pembuatannya, manfaat bagi konsumen yang menggunakan barang tersebut, dan banyak lagi. Hal ini akan membantu Anda membuat cerita yang memikat bagi orang-orang.

Wawancarai Orang-orang yang Terkait dengan Makanan Anda

Ajukan pertanyaan kepada mereka tentang pengalaman mereka, hal ini akan memberikan Anda wawasan berharga tentang bagaimana mereka berinteraksi dengan barang Anda dan mengapa mereka menyukai atau tidak menyukainya. Cuplikan cerita ini akan memberikan ide konten untuk membuat narasi seputar barang Anda.

Buat Konten Cerita yang Menarik

Gabungkan semua informasi ini ke dalam format yang berbeda seperti blog, video, dan infografis agar mudah dibaca dan dipahami oleh orang-orang.

Pastikan konten-konten tersebut dapat dibagikan di media sosial agar dapat dilihat oleh audiens yang lebih luas.

Tujuannya adalah untuk membuat konten yang menarik bagi pemirsa sekaligus memberikan informasi praktis tentang barang Anda.

Dorong Konten Buatan Pengguna

Bangunlah hubungan dengan influencer (baik besar maupun kecil) yang dapat membantu menyebarkan berita tentang makanan Anda melalui konten yang dibuat oleh pengguna (user generated content/UGC). UGC akan membantu membangun kepercayaan antara konsumen dan merek dengan menampilkan pengalaman nyata dengan barang tersebut, serta memudahkan penggemar untuk mengidentifikasi mengapa barang ini lebih baik daripada lainnya.

Cakup Tren yang Terkait dengan Kategori Jenis Makanan Anda

Pantau percakapan di jaringan terkait dan bahas tren yang berkaitan dengan topik seputar jenis makanan atau kategori barang Anda.

Hal ini membantu membangun kredibilitas dalam kelompok konsumen, membina hubungan di seluruh saluran sosial, menciptakan ketertarikan seputar makanan baru, atau bahkan mendorong percakapan ke tujuan yang diinginkan melalui postingan yang tepat waktu.

Dengan melakukan hal tersebut, pelanggan dapat mempertahankan visibilitas di antara target demografis mereka sambil tetap menyadari preferensi konsumen pada saat yang sama, semuanya sambil mempromosikan barang mereka dengan cara yang halus namun tetap efektif!

Berikan Promosi yang Menarik

Berikan Promosi Makanan yang Menarik

Mempromosikan makanan bisa menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda dan meningkatkan penjualan Anda.

Namun, hal ini juga bisa menjadi tantangan untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara memberikan informasi yang berguna tentang barang Anda dan menghindari kesan terlalu promosi.

Untungnya, ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk memastikan makanan diperhatikan tanpa terlihat terlalu memaksa. Inilah caranya:

1. Fokus pada Konten yang Menarik

Cara terbaik untuk memikat orang dan membuat mereka tetap terlibat adalah dengan membuat visual yang menarik perhatian mereka.

Ini bisa berarti apa saja, mulai dari postingan album foto resep yang telah Anda buat menggunakan produk Anda, hingga video tutorial tentang cara membuat masakan dengan produk Anda.

Misalnya, jika Anda menjual telur, buat album yang menampilkan berbagai resep yang telah Anda buat dengan telur atau tampilkan video yang menunjukkan berbagai hidangan telur yang sedang dibuat.

Anda bahkan dapat membuat konten singkat bergaya “how-to” yang menunjukkan kepada pemirsa apa yang perlu mereka lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari produk Anda.

2. Minimalkan Konten Promosi yang Memaksa

Beberapa orang merasa terganggu ketika melihat terlalu banyak promosi langsung dari suatu produk karena dapat terasa seperti spam atau seperti iklan.

Anda harus mengingat hal ini dan berusaha untuk meminimalkan konten yang terlalu promosi saat menampilkan produk makanan Anda.

Sebaliknya, fokuslah pada konten yang memberikan tips atau saran yang berkaitan dengan produk Anda sambil secara halus menyebutkan manfaatnya dan bagaimana produk tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang jika mereka menggunakannya secara teratur.

Membangun kepercayaan adalah kuncinya karena konsumen akan lebih cenderung membeli produk dari seseorang yang telah mendapatkan kepercayaan mereka daripada seseorang yang hanya membombardir mereka dengan iklan sepanjang waktu.

contoh promosi makanan di facebook

32 Contoh Kata-Kata Promosi Makanan di Facebook

Facebook dapat menjadi platform yang efektif bagi merek makanan untuk mempromosikan produk mereka.

Kunci keberhasilan pemasaran adalah membuat tulisan yang menarik dan menarik bagi calon pelanggan. Berikut adalah beberapa tips untuk copywriting di Facebook untuk mempromosikan produk makanan :

1. Fokus Pada Produk Makanan

“Nonton drakor makin asik dengan kerupuk seblak Maicih, bikin kamu ngunyah ga bisa berhenti”

“Makan bakso kini makin sehat dengan bakso sayur yang cocok untuk anak-anak dengan rasa nikmat yang bikin nagih”

” Rasakan lumernya coklat Belgia dan nikmatnya keju Cheddar dalam satu gigitan di rasa baru Brownies Amanda”

” Makan makin nikmat dengan Sambal Hejo yang bikin lidahmu meledak-ledak”

” Dapatkan rasa durian asli dengan praktis dari Es Krim Aice Rasa Durian Terbaru”

2. Berikan Nilai Tambah

” Panas-panas emang enaknya minum Es Teh Gopek dengan gula asli yang segar dan ga bikin serik di tenggorokan”

” Masak praktis dan cepat dengan Nugget Kanzler yang terbuat dari daging sapi asli 100%”

” Bunda kini ga perlu khawatir bila anak makan frozen food setiap hari, karena So Good Frozen Food terbuat dari daging asli tanpa pengawet buatan”

” Susu Indomilk bikin semangat harimu untuk terima semua tantangan hari ini”

” Mau ngemil tapi takut gemuk? Snack Bar Fitbar yang tinggi protein cocok buat kamu yang pengen kenyang tanpa takut berat badan nambah”

3. Pilih Kata yang Relevan

” Diabetasol Gula Sachet cocok bagi kamu yang ingin menikmati minuman manis tanpa takut gula berlebih”

” Ngumpul jadi makin seru dengan value bag dari Bengbeng bikin acara bersama sahabat jadi makin menyenangkan”

” Liburan anti bosan dengan Kusuka kemasan Jumbo, bikin perjalananmu makin asik dan seru”

” Mulai hari dengan Energen yang mudah dibawa dan dibuat dimana saja”

” Habis olahraga emang enaknya makan roti gandum Sari Roti, Sarapan sehat di pagi hari”

4. Berikan Harga Khusus

” Cuma hari ini, dapatkan harga spesial untuk distributor dengan beli 5 box Nabati Richesee”

” Nikmati potongan harga untuk pembelian pertama hingga 25%”

” Diskon khusus tanpa minimal pembelanjaan hanya 3 hari saja”

” Gratis Pengiriman untuk ke seluruh Indonesia hanya di event 12.12″

” Jangan lewatkan promo kemerdekaan hanya hari ini saja”

5. Tunjukkan Testimoni Produk

” 9 dari 10 orang setuju, makan coklat Cadburry bikin mood naik lagi”

” Yuk nikmati nasi bakar Enaak yang sudah memiliki rating 4.9/5 di Shopee Food”

” Produk ini sudah direkomendasikan ahli gizi sebagai makanan rendah kalori yang cocok untuk diet”

” Kuota pertama 100 Dimsum Ayam Lezattt sudah meluncur, yuk jangan lewatin PO selanjutnya”

” Special di Hari Anniversary, Dapur Cokelat meluncurkan lagi produk best seller Choco Galaxy cuma 3 hari saja”

6. Berikan Garansi dan Kualitas Produk

Garansi uang kembali jika ayam kami kurang renyah”

” Ga perlu ragu beli Bakmi Pak Tono karena sudah terverifikasi Halal MUI”

” Kini kamu bisa nikmati Snack Cochobee dengan aman karena produk kami sudah mengantongi izin edar”

” Produk kami sudah lolos Quality Control jadi dijamin aman dan sehat”

” Pesan KFC Delivery tanpa perlu khawatir dengan segel yang anti tumpah”

7. Gunakan Bahasa yang Menarik Emosi

” Lagi sedih habis diputusin? yuk bikin mood mu naik lagi dengan Es Krim Walls rasa baru yang bikin kamu happy terus”

” Kesal kerjaan ga kunjung selesai? kembali semangat dengan Bittersweet by Najla rasa Nutella, bikin kamu lupa sama kerjaan kamu”

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like