9 Strategi Email Marketing beserta Contoh & Manfaatnya!

Ada begitu banyak strategi pemasaran digital berbeda yang tersedia saat ini, memilih mana yang akan diterapkan dan merancang strategi yang komprehensif bukanlah hal yang mudah.

Anda ingin menjalankan bisnis menggunakan strategi email marketing ? Jika Anda ingin, maka Anda telah memilih pilihan yang sangat tepat, karena email marketing ini adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran.

Selain itu juga, menurut sumber dari mailmunch menyebutkan 60 % dari seorang ahli internet marketing mengatakan bahwa mereka percaya strategi email marketing ini lebih baik dibandingkan media sosial.

Nah, agar mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dengan benar.

Kali ini kami akan membahas mengenai bagian dari digital marketing yaitu email marketing, Mulai dari konsep, hingga bagaimana strategi terbaik yang bisa Anda terapkan.

email marketing

Apa itu Email Marketing?

Email marketing pertama kali diciptakan pada 1978. Kemudian bagian dari digital marketing ini pernah menghasilkan pendapatan sebesar 13 juta dolar. Oleh karena itu, metode marketing ini salah satu yang menjanjikan.

Kemudian, email marketing ini merupakan salah satu channel digital yang paling efektif untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda.

Hal ini membuat pelanggan Anda bisa mengetahui produk atau penawaran terbaru Anda dengan mengintegrasikannya. Dengan begitu dapat mengotomatisasi sistem pemasaran Anda.

Selain itu, strategi ini memiliki peran penting yaitu dapat menghasilkan leads, brand awareness, membangun relasi yang baik dengan customer, atau menjaga pelanggan agar tetap sebagai pembeli melalui berbagai jenis email pemasaran ini.

Tak hanya itu, email marketing secara bersamaan bisa juga menyediakan informasi mengenai produkmu.

Jenis Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital paling populer saat ini. Kemudian, terdapat nama yang bisa memanfaatkan email sebagai media pemasaran yang lebih efektif untuk memasarkan produk dan layanan.

Selain membangun hubungan dengan calon pelanggan, menggunakan email bisa digunakan untuk menarik menjadi pelanggan setia. Metode ini efektif untuk meningkatkan performa bisnis, baik untuk perusahaan besar maupun kecil.

Ada berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai jenis email marketing agar Anda mendapatkan hasil terbaik dan mengembangkan bisnis Anda dengan baik.

Yuk, langsung simak jenis-jenis email marketing yang bisa lakukan untuk bisnis online Anda.

1. Invitation Email

Salah satu jenis email marketing ini adalah invitation email (email undangan) yang digunakan untuk memberitahu para pelanggan tentang event yang akan diselenggarakan oleh para pebisnis.

Selain itu menurut sendpulse, invitation email adalah email yang dikirim ke pelanggan untuk mengumumkan acara mendatang seperti webinar, konferensi, presentasi, dan meyakinkan orang-orang bahwa acara tersebut layak untuk dikunjungi.

Misalnya, ketika Anda punya bisnis yang berfokus pada pembuatan website. Anda akan mengadakan webinar untuk situs web Anda di mana Anda mengundang para ahli terkemuka di bidangnya untuk berbicara di webinar tersebut. Jadi, Anda akan mengirimkan undangan melalui invitation email.

Pada email tersebut berisi mengenai informasi kapan webinar akan diadakan, apakah berbayar atau gratis, hingga lokasi penyelenggaraan. Jika tertarik dengan undangan ini, maka mereka dapat menghubungi kontak Anda didalam invitation email.

Invitation Email

2. Digest Email

Selanjutnya jenis email marketing ini menggunakan tools mailing list electronic untuk mengelola seberapa banyak target email pelanggan yang dituju dan durasi waktu pengirimannya.

Contoh, Anda ingin mengirimkan email marketing kepada 10 orang per hari. Kemudian, Anda dapat mengatur proses pengiriman email sesuai yang diinginkan, mulai mengatur setiap hari, minggu, bulan, hingga jumlah penerima emailnya, atau untuk setiap orang yang menerima email dari Anda.

3. Newsletter

Jenis ketiga adalah newsletter. Newsletter adalah salah satu bagian dari email marketing campaigns yang mengedepankan unsur informatif yang berisi promo, rencana event, voucher diskon, hingga penawaran produk terbaru.

4. Email Tutorials And Tips & Trick

Selain melakukan hard selling produk Anda ke pelanggan, Anda juga perlu mencoba memberikan sesuatu yang memiliki value untuk mereka semacam konten yang bermanfaat.

Anda dapat membagikan beberapa hal seperti artikel tutorial atau tips & trick tentang produk, kemudian juga buat FAQ, dan artikel yang mengandung informasi ilmu pengetahuan.

5. Abandon Cart Email

Ada banyak toko online yang masih belum mengirimkan email dengan cara abandon cart. Jika situs website ecommerce Anda bisa di integrasikan dengan software email, maka sistem akan menangani semuanya secara otomatis.

Pada tahap ini, kunci suksesnya adalah menggunakan alat bantu untuk mendorong pelanggan menyelesaikan pembelian mereka.

Penggunaan metode ini adalah dengan mengirim satu atau dua email secara automasi setelah menambahkan cart pelanggan, kemudian email akan berisi kode kupon dan akan dikirim ke pelanggan. Tujuannya untuk mendorong pelanggan agar segera membeli.

Anda harus memberikan apa yang diinginkan pelanggan. Anda juga bisa melakukan demo produk menggunakan channel youtube, sesi live di Facebook, dan webinar. Hal ini termasuk salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis Anda.

6. Personalisasi Mails

Ketika Anda baru saja membuka toko secara online dan tidak tahu bagaimana cara untuk mengirimkan email ? Tenang, Anda hanya melakukan cara yaitu setting beberapa email Anda secara automasi yang di personalisasi.

Contohnya adalah ketika Anda tahu ulang tahun seseorang, Anda bisa mengirimkan email ucapan selamat ulang tahun. Ucapan ini sesuai dengan perayaan hari tertentu ya.

Personalisasi Mails

7. Email Review And Feedback 

Strategi yang berguna ini selalu diabaikan oleh banyak pebisnis online. Umumnya bisnis secara online, sangat perlu adanya review atau ulasan. Tujuannya untuk mempertimbangkan berbagai macam produk. Setelah mereka berhasil mengirimkan produk, Anda bisa mengirim email ke klien untuk meminta review.

Anda juga bisa menggunakan tools untuk menampilkan review di Google Business atau halaman Facebook. Maka dari itu, Anda perlu mendaftar akun di Google Business agar calon pelanggan Anda di masa mendatang bisa membaca hasil review positif dan akan melakukan pembelian lagi.

Pentingnya Email Marketing

Dibandingkan dengan bentuk pemasaran lainnya, email sedikit lebih tradisional daripada yang lain. Jenis pemasaran ini berbeda dengan media sosial marketing yang memungkinkan Anda bisa berinteraksi melalui komentar, like, berbagi, dll.

Strategi ini memiliki jangka waktu yang panjang antara perusahaan dan pelanggan, dan dapat dikatakan strategi yang tepat. Dengan menggunakan teknik ini, Anda bisa mendapatkan kesetiaan dari pelanggan Anda dan membuat mereka merasa istimewa.

Ketika pelanggan Anda setia, dia tidak hanya akan membaca email yang dikirim. Namun, juga akan sabar menunggu email dari perusahaan yang memperkenalkan produk barunya.

Jadi, email marketing ini penting karena memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan pelanggan baru daripada bentuk iklan lainnya. 

Kelebihan Email Marketing

Strategi email marketing banyak digunakan pada perusahaan kecil maupun besar. Sehingga sangat disayangkan jika tidak digunakan dengan baik. Strategi email marketing dapat membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, strategi transactional marketing juga perlu diperhitungkan, karena dapat membantu dalam meningkatkan konversi penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan secara individual. Dengan memanfaatkan kedua strategi tersebut secara efektif, perusahaan dapat memaksimalkan potensi pemasaran melalui email dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Berikut beberapa kelebihan dari email marketing:

1. Mudah untuk Diukur

Email marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk menjangkau atau mendapatkan pelanggan secara online. Semua orang bisa menulis dan merangkai kata-kata untuk menyampaikan sebuah pesan yang ingin disampaikan, khususnya melakukan promosi produk.

Setelah melakukan pengirim di email, pasti memiliki sebuah laporan dan metrik yang telah disediakan. Hal ini berguna untuk menunjukkan rasio buka, rasio klik-tayang, rasio pentalan, dan rasio konversi.

Jadi, informasi ini akan membantu Anda dalam memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan dari strategi email marketing ini.

2. Biaya Rendah

Strategi email marketing ini populer, karena tidak memerlukan biaya yang besar atau biaya rendah. Jika dulu butuh banyak uang dan tenaga untuk menjalankan proses pemasaran secara efektif, sekarang hanya dengan smartphone dan koneksi internet untuk dapat menjalankan proses pemasaran.

Hal ini dapat dikatakan bahwa email marketing ini jauh lebih efektif dan lebih murah.

 email marketing efektif

3. Meningkatkan Pendapatan

Pemasaran email telah membuktikan dirinya sebagai cara yang efektif untuk menghasilkan prospek penjualan dan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan.

Menurut situs dari snov.io menjelaskan, bahwa secara statistik konsumen lebih banyak menggunakan email daripada platform media sosial mana pun dan lebih dari separuh orang memeriksa email mereka sebelum memeriksa channel sosial mereka di pagi hari.

Selain itu, pendapatan email marketing diperkirakan mencapai hampir 11 miliar pada akhir tahun 2023, dilansir dari hubspot

2. Segmentasi yang Bisa Disesuaikan

Segmentasi pasar pada strategi email marketing ini berdasarkan demografi, minat, hingga perilaku dapat dibuat. Sehingga pemilik bisnis dapat membuat pesan iklan yang berbicara langsung kepada audiens secara spesifik.

Taktik pemasaran ini sangatlah efektif dan bisa membantu dalam hal beresonansi dengan kuat per segmen.

3. Memperkuat Hubungan, Loyalitas & Kepercayaan

Email marketing adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan langsung antara pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Jika Anda menulis konten yang bagus untuk buletin melalui email Anda, orang akan mengenal, menyukai dan mempercayai Anda, karena konsumen akan membeli dari perusahaan yang mereka percayai.

4. Tingkatkan Brand Awareness

Setiap kali email dikirim ke pelanggan, Anda bisa meningkatkan brand awareness. Dengan begitu, kemungkinan nama perusahaan Anda bisa berada di garis depan.

Strategi Email Marketing Terbaik

Sebuah data dari hubspot menyebut bahwa ada 4 miliar pengguna email setiap hari. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 4,6 miliar pada tahun 2025. Selain itu, 64% bisnis kecil juga menggunakan email marketing untuk menjangkau pelanggan.

Data ini menunjukkan sebagai salah satu cara marketing yang baik.

Namun, jika Anda ingin menggunakan email marketing ini secara efektif, pasti membutuhkan beberapa strategi khusus. Email marketing ini berbeda dengan adanya platform media sosial, oleh karena itu memerlukan pendekatan yang berbeda.

Berikut strategi email marketing yang perlu Anda coba untuk mengembangkan usaha:

1. Kenali Kebiasaan Calon Pelanggan

Seperti jenis pemasaran lainnya, hal pertama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi kebiasaan calon pelanggan sehingga kita bisa menargetkan mereka dengan tepat. Pahami kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Jika hal ini sudah dilakukan, maka konten email bisa langsung dibuat.

2. Menyiapkan Tools Email Marketing

Email marketing jelas berbeda dari email pribadi yang dikirim melalui Gmail atau Yahoo.

Menggunakan strategi ini, Anda perlu email yang menarik, menambahkan gambar, video, dan landing page website. Semua hal ini dilakukan agar strategi pemasaran ini dapat terpenuhi.

Untungnya, semua bisnis email marketing ini dapat difasilitasi oleh tool email marketing.

Ada beberapa tools email terbaik yang bisa Anda gunakan, antara lain: MailChimp, Constant Contact, GetResponse, Drip, ConvertKit, AWeber, Keap, Active Campaign, MailerLite, SendInBlue, OptinMonster, Sumo. 

Menyiapkan Tools Email Marketing

3. Membangun Email List

Selanjutnya, membahas strategi email marketing lainnya yaitu membangun sebuah email list. Apa itu email list?

Jadi, email list ini adalah kumpulan email dan detail pribadi lainnya dari target konsumen Anda. Ketika Anda menggunakan mailing list, secara tidak langsung Anda mempromosikan produk atau layanan ke target konsumen yang memang potensial.

Selanjutnya, bagaimana Anda bisa mendapatkan email list yang potensial? Berikut cara cepat mendapatkan subscriber email list:

  • Berikan Penawaran Berharga
  • Buat CTA yang Variatif
  • Pakai Popup Secara Wajar
  • Berikan Form Singkat
  • Siapkan Landing Page Khusus

4. Membuat Segmentasi Email List

Strategi selanjutnya adalah menggunakan segmentasi list. Segmentasi email list ini adalah upaya untuk memilah daftar calon pelanggan ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kriteria tertentu.

Tujuan segmentasi list adalah untuk mengefektifkan email campaign Anda dan meningkatkan konversi lebih tinggi.

Dengan menggunakan ini Anda dapat mengirim email ke semua daftar yang belum tersortir, dan dapat mengirim email khusus ke list tertentu yang lebih potensial, serta membantu email campaign menjadi lebih personal dan relevan dengan calon konsumen.

5. Mengirimkan Email Blast

Mengirim email blast adalah tindakan untuk mengirim email ke banyak orang sekaligus. Campaign email blast ini sering digunakan untuk menjangkau calon pelanggan dalam jumlah besar dengan cepat dan mudah.

6. Meningkatkan Open Rate Email

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan agar dapat meningkatkan rate email, meningkatkan peluang email saat dibuka dan bisa mengklik promo yang ditawarkan. Berikut caranya:

  • Pahami Tujuan Terlebih Dulu
  • Pakai Domain yang Tepat
  • Buat Email yang Personal
  • Tulis Subjek yang Menarik
  • Berikan Gambar dan CTA yang Tepat

7. Menghindari Email Marketing Masuk ke Spam

Email spam adalah salah satu musuh terburuk bagi para marketer dan pebisnis yang menjalankan campaign email marketing

Menurut moengage, Gmail mencatat 50% dari 293 miliar email yang dikirim setiap hari pada tahun 2019 yang masuk sebagai spam. Jadi, email marketing yang masuk ke pesan masuk akan di filter dan berakhir di kotak spam.

8. Mengoptimasi Email Marketing di Perangkat Mobile

Ketika Anda mengirimkan email untuk pelanggan, perlu yang namanya desain email. Mulai dari badan email, judul email juga harus mobile friendly

9. Melakukan Analisis Performa Email Marketing

Selanjutnya yang tak boleh terlewatkan pada email marketing adalah menganalisis performanya. Tujuannya, agar dapat mengukur efektivitas campaign Anda. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi apakah Anda membutuhkannya atau tidak.

Ada beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan yaitu:

  • Deliverability
  • Open Rate
  • Click-Through Rate
  • Bounce Rate
  • Unsubscribes

Itu dia strategi dari email marketing yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like