Fastwork: Platform Freelancer Terdepan untuk Bisnis Anda

Apakah Anda bosan dengan rutinitas kantor yang monoton? Atau apakah Anda seorang freelancer online yang ingin menemukan proyek-proyek menarik? Jika ya, maka Fastwork adalah jawaban yang Anda cari!

Kemudian, pernahkah Anda berpikir seberapa mudahnya menemukan pekerjaan atau pekerja lepas dengan keahlian yang Anda miliki?

Apakah Anda pernah merasa frustasi saat mencari pekerja lepas yang handal untuk membantu bisnis Anda? Tenang! Fastwork hadir untuk mengatasi semua masalah ini dengan mudah, cepat, dan menyenangkan. Yuk simak berikut!

Platform Freelancer yang Menakjubkan

Dalam dunia yang terus berubah, fleksibilitas semakin menjadi kunci kesuksesan. Fastwork adalah platform freelancer yang memahami hal ini dengan sangat baik.

Dengan ribuan freelancer terampil yang tersedia di berbagai bidang, Anda dapat dengan mudah menemukan orang yang tepat untuk setiap tugas yang Anda butuhkan.

Apa itu Fastwork?

Fastwork didirikan pada tahun 2015, yang terletak di Bangkok, Thailand. CEO, Pendiri dan Direktur Fastwork yaitu Apon Palanuwech, dan Jerd Phichitkul, Co-Founder. Tahap perusahaannya saat ini adalah Seri A. 

Fastwork ini merupakan pasar freelance online untuk berbagai industri. Platform ini memungkinkan kandidat untuk membuat profil dengan menyebutkan keterampilan, pengalaman, dan pendidikan serta layanan yang ditawarkan.

Hal ini memungkinkan perekrut untuk memilih pekerja lepas berdasarkan kebutuhan berbicara, merekrut, dan membayar melalui platform.

Produk ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Klien yang merekrut melalui portal adalah Sony, L’oreal, Dtac, dll. Fastwork sendiri melayani di ruang B2C, B2B di segmen pasar Gig Economy.

Nah menurut tracxn, dana yang telah dikumpulkan Fastwork yaitu total dana $4,8 juta selama 2 putaran.
Putaran pendanaan pertama dilakukan pada 10 Mei 2016, dan putaran pendanaan selanjutnya adalah putaran Seri A pada 17 Oktober 2018 sebesar $4,8 juta.

Namun, untuk Pendapatan tahunan Fastwork adalah $1,7 juta pada 31 Desember 2022

5 investor berpartisipasi dalam putaran terakhir ini, dipimpin oleh Gobi Partners. Fastwork memiliki 11 investor institusi termasuk Gobi Partners, 500 Global dan Partech Partners.

Kemudian, Fatwork memiliki lebih dari 400 kategori pekerjaan yang berbeda, mulai dari desain grafis hingga penulisan konten, dan pengembangan web hingga pemasaran digital, Anda dapat menemukan freelancer yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Fastwork juga memiliki 1.326 pesaing aktif dan menempati peringkat ke-13 di antara mereka. Intinya, Fastwork dan pesaingnya telah mengumpulkan pendanaan lebih dari $1,26 miliar dalam 232 putaran pendanaan yang melibatkan 432 investor. Terdapat 1 unicorn swasta, 6 perusahaan publik dan 19 perusahaan yang diakuisisi di seluruh rangkaian kompetisi.

Kelebihan Fastwork:

  • Mudah digunakan: Fastwork dirancang dengan antarmuka yang intuitif, sehingga Anda dapat mulai mencari freelancer atau proyek hanya dalam beberapa klik.
  • Ribuan Freelancer: Dengan ribuan freelancer yang terdaftar di platform ini, Anda memiliki akses ke berbagai keahlian dan pengalaman.
  • Kontrol Penuh: Anda memiliki kendali penuh atas proyek Anda. Anda dapat memilih freelancer yang Anda suka, menentukan anggaran, dan mengatur tenggat waktu.
  • Keamanan Transaksi: Fastwork memastikan bahwa semua transaksi dilakukan dengan aman. Pembayaran akan disimpan dalam escrow hingga proyek selesai.
  • Layanan Pelanggan: Fastwork memiliki tim layanan pelanggan yang responsif untuk membantu Anda setiap saat.
  • Evaluasi Freelancer: Anda dapat melihat ulasan dan penilaian dari klien sebelumnya untuk memastikan Anda memilih freelancer yang tepat.

Mengapa Fastwork?

Anda mungkin berpikir, “Kenapa saya harus memilih Fastwork daripada platform freelancer lainnya?” Pertanyaan yang bagus! Mari kita lihat beberapa alasan mengapa Fastwork adalah pilihan terdepan:

  • Keberagaman: Dengan lebih dari 400 kategori pekerjaan, Anda dapat menemukan freelancer untuk hampir setiap tugas yang Anda butuhkan. Apakah itu desain logo untuk bisnis Anda atau penerjemah untuk dokumen internasional, Fastwork memiliki segalanya.
  • Keamanan: Fastwork sangat memperhatikan keamanan transaksi. Pembayaran Anda akan disimpan dalam escrow, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penipuan.
  • Kemudahan Penggunaan: Antarmuka yang mudah digunakan membuat pengalaman Anda di Fastwork menyenangkan. Anda tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk memanfaatkan platform ini.
  • Efisiensi Waktu: Fastwork memungkinkan Anda untuk menemukan freelancer dalam hitungan jam, bukan hari atau minggu. Ini sangat berguna jika Anda memiliki proyek mendesak.
  • Pilihan Harga: Dengan berbagai freelancer yang menawarkan berbagai harga, Anda dapat menyesuaikan proyek Anda sesuai anggaran Anda.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Menggunakan Fastwork sangatlah mudah. Pertama, Anda perlu membuat akun, baik sebagai klien yang mencari freelancer atau sebagai freelancer yang mencari pekerjaan. Setelah memiliki akun, Anda dapat mulai mencari atau memposting proyek.

Jika Anda seorang Klien:

  • Cari Freelancer: Gunakan fitur pencarian untuk menemukan freelancer yang sesuai dengan proyek Anda. Anda dapat menggunakan filter berdasarkan kategori pekerjaan, lokasi, atau harga.
  • Buat Proyek: Setelah menemukan freelancer yang Anda sukai, Anda dapat membuat proyek dengan mendeskripsikan secara rinci apa yang Anda butuhkan. Tentukan anggaran, tenggat waktu, dan persyaratan lainnya.
  • Pilih Freelancer: Terima penawaran dari freelancer yang tertarik dengan proyek Anda. Lihat portofolio dan ulasan mereka sebelum membuat keputusan.
  • Mulai Kerja: Setelah Anda memilih freelancer, Anda dapat memulai pekerjaan. Pembayaran akan disimpan dalam escrow hingga proyek selesai dengan sukses.

Jika Anda seorang Freelancer:

  • Daftarkan Diri: Daftar sebagai freelancer dan lengkapi profil Anda dengan detail keahlian, pengalaman, dan portofolio Anda.
  • Cari Proyek: Telusuri proyek yang sesuai dengan keahlian Anda. Anda dapat mengajukan penawaran dengan harga dan tenggat waktu yang Anda tentukan.
  • Kerjakan Proyek: Setelah penawaran Anda diterima, Anda dapat memulai pekerjaan. Pastikan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan klien Anda.
  • Terima Pembayaran: Setelah proyek selesai, Anda akan menerima pembayaran sesuai kesepakatan. Fastwork akan mengurus semua proses pembayaran.
Bagaimana Cara Kerja Fastwork

Contoh Penggunaan Fastwork

Mari kita lihat beberapa contoh penggunaan Fastwork dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pembuatan Logo Bisnis

Anda baru saja memulai bisnis kecil dan membutuhkan logo yang menarik? Fastwork adalah tempat yang sempurna untuk mencari seorang desainer grafis yang dapat menciptakan logo yang unik dan profesional untuk bisnis Anda.

Anda dapat melihat portofolio desainer, berbicara dengan mereka, dan memilih yang paling sesuai dengan visi Anda.

Nah, jika Anda ingin membuat logo bisnis di Fastwork, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs web Fastwork: Kunjungi situs web Fastwork atau aplikasi seluler Fastwork jika Anda lebih suka menggunakan perangkat seluler.
  • Buat Akun: Jika Anda belum memiliki akun di Fastwork, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email Anda atau menghubungkan akun sosial media Anda.
  • Cari Desainer: Setelah Anda masuk ke akun Fastwork Anda, gunakan fitur pencarian atau jelajahi kategori desain untuk menemukan desainer yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat melihat profil desainer, portofolio, dan ulasan dari pelanggan sebelumnya untuk membantu Anda memilih desainer yang tepat.
  • Buat Proyek: Setelah Anda memilih desainer, Anda dapat membuat proyek logo bisnis Anda. Anda perlu memberikan deskripsi yang jelas tentang visi dan preferensi Anda untuk logo, seperti warna, bentuk, gaya, dan pesan yang ingin Anda sampaikan melalui logo tersebut.
  • Tentukan Anggaran dan Waktu: Anda juga perlu menentukan anggaran dan waktu yang Anda miliki untuk proyek pembuatan logo. Ini akan membantu desainer menyesuaikan penawaran mereka dengan kebutuhan Anda.
  • Tinjau Penawaran: Desainer akan mengajukan penawaran untuk proyek Anda. Anda dapat meninjau penawaran dari beberapa desainer sebelum memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kerjasama dengan Desainer: Setelah Anda memilih desainer, Anda dapat memulai kolaborasi dengan mereka untuk merancang logo bisnis Anda. Komunikasikan preferensi dan panduan secara terperinci kepada desainer untuk memastikan hasil yang memuaskan.
  • Evaluasi Hasil Akhir: Setelah desainer selesai dengan logo bisnis Anda, Anda dapat meninjau hasil akhirnya. Jika perlu, Anda dapat memberikan umpan balik dan meminta revisi hingga Anda puas dengan desainnya.
  • Pembayaran: Setelah logo bisnis Anda selesai dan telah disetujui, Anda perlu melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat dengan desainer.
  • Unduh Logo: Setelah pembayaran selesai, Anda dapat mengunduh logo bisnis Anda dalam format yang sesuai.

Pastikan Anda menjaga komunikasi yang baik dengan desainer selama seluruh proses pembuatan logo untuk memastikan hasil yang sesuai dengan harapan Anda.

Fastwork ini termasuk platform yang dapat membantu Anda menemukan desainer dengan berbagai kemampuan dan tingkat pengalaman, sehingga Anda dapat mendapatkan logo bisnis yang sesuai dengan visi Anda.

2. Penerjemahan Dokumen

Apakah Anda memiliki dokumen penting yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa asing? Fastwork memiliki sejumlah penerjemah yang ahli dalam berbagai bahasa. Anda dapat dengan mudah menemukan seseorang yang kompeten untuk pekerjaan ini dan berkomunikasi dengan mereka melalui platform.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan layanan penerjemahan dokumen di Fastwork:

  • Buka situs web Fastwork atau aplikasi seluler: Kunjungi situs web Fastwork atau gunakan aplikasi seluler Fastwork.
  • Buat Akun atau Masuk: Jika Anda belum memiliki akun di Fastwork, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar dengan alamat email Anda atau menghubungkan akun sosial media Anda. Jika sudah memiliki akun, cukup masuk dengan akun Anda.
  • Cari Penerjemah: Setelah Anda masuk ke akun Fastwork Anda, gunakan fitur pencarian atau jelajahi kategori penerjemahan untuk menemukan penerjemah yang sesuai dengan bahasa dan jenis dokumen yang perlu Anda terjemahkan.
  • Buat Proyek Penerjemahan: Klik pada profil penerjemah yang Anda pilih dan buat proyek penerjemahan. Anda perlu memberikan deskripsi yang jelas tentang dokumen yang perlu diterjemahkan, bahasa sumber, bahasa target, jumlah halaman, tenggat waktu, dan informasi lain yang relevan.
  • Tinjau Penawaran: Penerjemah akan mengajukan penawaran untuk proyek penerjemahan Anda. Anda dapat meninjau penawaran dari beberapa penerjemah sebelum memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih Penerjemah: Setelah Anda memilih penerjemah, Anda dapat memulai kolaborasi dengan mereka. Pastikan Anda berkomunikasi dengan baik dan memberikan panduan yang jelas mengenai apa yang Anda harapkan dari penerjemahan dokumen.
  • Kirim Dokumen: Unggah dokumen yang perlu diterjemahkan ke platform Fastwork sesuai dengan panduan yang telah Anda berikan kepada penerjemah.
  • Evaluasi Hasil Akhir: Setelah penerjemah selesai menerjemahkan dokumen Anda, Anda dapat meninjau hasil akhirnya. Jika perlu, berikan umpan balik dan minta revisi jika ada yang perlu diperbaiki.
  • Pembayaran: Setelah Anda puas dengan hasil terjemahan, lakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat dengan penerjemah.
  • Unduh Dokumen Terjemahan: Setelah pembayaran selesai, Anda dapat mengunduh dokumen terjemahan dalam format yang sesuai.

Pastikan Anda menjaga komunikasi yang baik dengan penerjemah selama seluruh proses penerjemahan untuk memastikan hasil yang akurat dan sesuai dengan harapan Anda.

Fastwork ini termasuk platform yang dapat membantu Anda menemukan penerjemah yang berkualitas untuk berbagai bahasa dan jenis dokumen.

3. Pembuatan Situs Web

Jika Anda ingin memiliki situs web profesional untuk bisnis Anda, Fastwork juga memiliki sejumlah pengembang web yang siap membantu Anda. Mereka dapat merancang dan mengembangkan situs web yang sesuai dengan visi Anda, sehingga bisnis Anda bisa bersaing di dunia digital.

Jika Anda ingin membuat situs web di Fastwork, berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

  • Buka situs web Fastwork: Kunjungi situs web Fastwork atau gunakan aplikasi seluler Fastwork jika Anda lebih suka menggunakan perangkat seluler.
  • Buat Akun atau Masuk: Jika Anda belum memiliki akun di Fastwork, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email Anda atau menghubungkan akun sosial media Anda. Jika sudah memiliki akun, cukup masuk dengan akun Anda.
  • Cari Pembuat Situs Web: Setelah Anda masuk ke akun Fastwork Anda, gunakan fitur pencarian atau jelajahi kategori pembuatan situs web untuk menemukan pembuat situs web yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Buat Proyek Situs Web: Klik pada profil pembuat situs web yang Anda pilih dan buat proyek pembuatan situs web. Anda perlu memberikan deskripsi yang jelas tentang jenis situs web yang Anda inginkan, fitur yang Anda butuhkan, desain yang diinginkan, dan lain-lain.
  • Tinjau Penawaran: Pembuat situs web akan mengajukan penawaran untuk proyek Anda. Anda dapat meninjau penawaran dari beberapa pembuat situs web sebelum memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih Pembuat Situs Web: Setelah Anda memilih pembuat situs web, Anda dapat memulai kolaborasi dengan mereka. Pastikan Anda berkomunikasi dengan baik dan memberikan panduan yang jelas mengenai situs web yang Anda inginkan.
  • Diskusikan Detail Proyek: Diskusikan detail proyek lebih lanjut dengan pembuat situs web, termasuk desain, fitur, struktur halaman, dan tenggat waktu. Anda dapat menggunakan Fastwork untuk mengirim pesan, berbagi file, dan berkomunikasi dengan pembuat situs web Anda.
  • Evaluasi Progres: Selama proses pembuatan situs web, Anda dapat mengikuti perkembangan proyek dan memberikan umpan balik kepada pembuat situs web Anda.
  • Uji Situs Web: Setelah situs web selesai dibangun, pastikan untuk menguji fungsionalitasnya dan memastikan semuanya berjalan dengan baik.
  • Pembayaran: Setelah Anda puas dengan situs web yang dibuat, lakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat dengan pembuat situs web.
  • Terima Situs Web: Setelah pembayaran selesai, Anda akan menerima akses ke situs web yang telah dibuat dan dapat mulai menggunakannya.

Fastwork ini membantu Anda menemukan pembuat situs web dengan berbagai kemampuan dan tingkat pengalaman, sehingga Anda dapat mendapatkan situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Pastikan untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pembuat situs web selama seluruh proses pembuatan situs untuk memastikan hasil yang memuaskan.

4. Pemasaran Digital

Pemasaran digital menjadi semakin penting dalam era digital saat ini. Fastwork memiliki sejumlah ahli pemasaran digital yang dapat membantu Anda membuat strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan layanan pemasaran digital di Fastwork:

  • Buka situs web Fastwork atau aplikasi seluler: Kunjungi situs web Fastwork atau gunakan aplikasi seluler Fastwork jika Anda lebih suka menggunakan perangkat seluler.
  • Buat Akun atau Masuk: Jika Anda belum memiliki akun di Fastwork, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email Anda atau menghubungkan akun sosial media Anda. Jika sudah memiliki akun, cukup masuk dengan akun Anda.
  • Cari Profesional Pemasaran Digital: Setelah Anda masuk ke akun Fastwork Anda, gunakan fitur pencarian atau jelajahi kategori pemasaran digital untuk menemukan profesional pemasaran digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Buat Proyek Pemasaran Digital: Klik pada profil profesional pemasaran digital yang Anda pilih dan buat proyek pemasaran digital. Anda perlu memberikan deskripsi yang jelas tentang jenis layanan pemasaran yang Anda butuhkan, tujuan Anda, target pasar, anggaran, dan lain-lain.
  • Tinjau Penawaran: Profesional pemasaran digital akan mengajukan penawaran untuk proyek Anda. Anda dapat meninjau penawaran dari beberapa profesional pemasaran digital sebelum memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih Profesional Pemasaran Digital: Setelah Anda memilih profesional pemasaran digital, Anda dapat memulai kolaborasi dengan mereka. Pastikan Anda berkomunikasi dengan baik dan memberikan panduan yang jelas mengenai proyek pemasaran Anda.
  • Diskusikan Strategi Pemasaran: Diskusikan strategi pemasaran lebih lanjut dengan profesional pemasaran digital, termasuk rencana kampanye, penargetan, iklan online, media sosial, SEO (Optimisasi Mesin Pencari), dan lain-lain.
  • Evaluasi Progres: Selama proses pemasaran digital, Anda dapat mengikuti perkembangan kampanye dan memantau kinerja untuk memastikan kampanye mencapai tujuan Anda.
  • Analisis Hasil: Setelah kampanye selesai, profesional pemasaran digital dapat memberikan laporan kinerja dan analisis hasil kampanye.
  • Pembayaran: Setelah Anda puas dengan layanan pemasaran digital yang diberikan, lakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda buat dengan profesional pemasaran digital.

Fastwork dapat membantu Anda menemukan profesional pemasaran digital dengan berbagai kemampuan dan pengalaman, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Pastikan Anda menjaga komunikasi yang baik dengan profesional pemasaran digital selama seluruh proses kerjasama untuk memastikan hasil yang memuaskan.

Bagaimana Cara Mendaftar di Fastwork?

Mendaftar di Fastwork sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai:

  • Buka Situs Web Fastwork: Kunjungi situs web Fastwork.
  • Pilih Peran Anda: Pilih apakah Anda ingin mendaftar sebagai klien yang mencari freelancer atau sebagai freelancer yang mencari pekerjaan. Klik pada opsi yang sesuai.
  • Isi Informasi Pribadi: Isi informasi pribadi Anda, termasuk nama, alamat email, dan nomor telepon yang valid.
  • Verifikasi Akun: Anda akan menerima email verifikasi. Klik tautan verifikasi untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Lengkapi Profil: Jika Anda adalah seorang freelancer, lengkapi profil Anda dengan informasi tentang keahlian, pengalaman, dan portofolio Anda.
  • Mulai Mencari atau Membuat Proyek: Setelah akun Anda aktif, Anda dapat mulai mencari freelancer atau proyek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berapa Biaya Penggunaan Fastwork?

Pendaftaran di Fastwork gratis! Anda hanya perlu membayar biaya jika Anda berhasil menyelesaikan proyek atau jika Anda adalah klien yang menggunakan layanan tambahan seperti promosi proyek Anda di platform.

Biaya penggunaan Fastwork sangat kompetitif dan berbeda tergantung pada jenis proyek dan layanan yang Anda pilih.

Biaya layanan di Fastwork dibebankan kepada pekerja lepas dan pembeli. Freelancer akan mendapatkan 10% dari harga yang dipotong dari setiap pesanan, sementara pembeli akan mendapatkan 3% dari total harga yang ditambahkan sebagai biaya layanan.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya layanan di Fastwork meliputi:

  • Jenis Proyek: Semakin kompleks atau spesifik proyeknya, semakin mungkin biayanya lebih tinggi.
  • Tingkat Pengalaman Profesional: Profesional dengan pengalaman yang lebih tinggi mungkin akan menawarkan harga yang lebih tinggi.
  • Negosiasi: Anda dapat bernegosiasi langsung dengan freelancer untuk mencapai harga yang disepakati.
  • Fitur Tambahan: Jika Anda memerlukan fitur tambahan atau layanan khusus, ini dapat memengaruhi biaya proyek.
  • Jangka Waktu Proyek: Tenggat waktu yang lebih singkat atau proyek yang memerlukan pekerjaan cepat dapat memiliki biaya tambahan.

Pastikan untuk berkomunikasi dengan freelancer atau profesional yang Anda pilih dengan baik untuk memahami harga yang mereka tawarkan dan apa yang termasuk dalam penawaran mereka.

Terus terang tentang anggaran Anda dan harapan Anda dapat membantu memastikan bahwa kedua belah pihak memiliki pemahaman yang jelas tentang biaya proyek.

Selalu ada fleksibilitas dalam menentukan biaya dan negosiasi di Fastwork, dan Anda dapat mencari profesional yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Itu sebabnya penting untuk membandingkan berbagai penawaran sebelum membuat keputusan akhir.

Biaya Penggunaan Fastwork

Intinya, fastwork ini platform freelancer terdepan yang dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang dengan cepat. Dengan ribuan freelancer terampil, keamanan transaksi, dan berbagai kategori pekerjaan, Fastwork adalah solusi yang sempurna untuk semua kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, jika Anda ingin menemukan freelancer terbaik atau menawarkan keahlian Anda kepada dunia, Fastwork adalah tempatnya. Bergabunglah sekarang dan rasakan perbedaannya!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like