Instagram Badge Live : Cara Kreator Menghasilkan Uang dari live

Apakah Anda pemilik bisnis atau figur publik yang ingin meningkatkan kehadiran Anda di Instagram? Pernahkah Anda mendengar tentang fitur Instagram Badge Live yang baru, tetapi tidak begitu yakin apa itu dan bagaimana cara kerjanya?

Dalam upaya untuk mempermudah bisnis dan figur publik untuk terhubung dengan audiens mereka, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur Badge Live.

Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan apa itu fitur Instagram Badge Live, menjelaskan manfaatnya, dan memandu Anda tentang cara kerjanya.

Baik Anda pengguna Instagram yang sudah berpengalaman atau baru memulai, panduan ini akan membantu Anda meningkatkan profil Anda ke level berikutnya.

apa itu instagram badge live

Apa Itu Instagram Badge Live

Instagram badge live merupakan salah satu layanan Instagram yang akan membantu influencer dan kreator untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Singkatnya, Instagram badge live merupakan alternatif menghasilkan uang dari Instagram melalui tip yang diberikan oleh penonton selama siaran berlangsung.

Meskipun Instagram badge live ini baru tersedia di Amerika Serikat, namun tidak menutup kemungkinan untuk tersebar di negara lain.

Konsep Instagram badge live ini memiliki kesamaan dengan social media lainnya, seperti Twitch atau Tiktok yang mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan sejumlah uang dalam bentuk stiker ke kreator yang disukai saat siaran langsung.

Tujuan Instagram merilis fitur ini sendiri untuk membantu kreator dan influencer menghasilkan uang dari konten yang telah dibuat sebelumnya, sehingga kerja kerasnya terbayar.

Cara kerja Instagram badge live sendiri cukup simpel, penonton bisa membeli badge khusus selama siaran dilaksanakan dan pembelian tersebut akan muncul di kolom komentar guna membuka fitur spesial yang telah dibuat oleh kreator sebelumnya.

Penggunaan instagram badge live juga akan membuka peluang bagi penonton untuk menjadi anggota komunitas spesial yang mudah diingat oleh kreator.

cara kerja instagram badge live

Cara Kerja Instagram Badge Live

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa akun Instagram memiliki lencana khusus di samping nama mereka saat melakukan siaran langsung? Ini disebut Instagram Badge Live, dan ini menjadi semakin populer di kalangan influencer dan merek.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi cara kerja Instagram Badge Live dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi akun Anda. Kami juga akan membahas persyaratan untuk mendapatkan lencana dan beberapa tips tentang cara memaksimalkannya selama siaran langsung.

Baik Anda seorang influencer, merek, atau hanya pengguna biasa, memahami Instagram Badge Live dapat membantu Anda tampil menonjol di platform dan meningkatkan jangkauan Anda.

1. Bagaimana Instagram Badge Live Bekerja

Instagram badge live terbagi ke dalam 3 level yang masing-masing dapat dibeli oleh penonton dengan rentang biaya yang berbeda-beda.

Kreator atau influencer dapat melihat jumlah hati yang dikirimkan oleh setiap orang, sehingga memudahkan untuk memberikan perhatian ke penonton yang mengirimkan jumlah hati paling banyak.

Pemberian instagram badge live tentunya akan menjadi aliran dana baru bagi kreator untuk menghasilkan uang dari Instagram, sehingga di masa depan setiap siaran langsung yang dilakukan akan membuka peluang sebagai penghasilan tambahan dari Internet.

2. Cara Mendapatkan Instagram Badge Live

Setelah mengetahui keuntungan dan cara kerja Instagram badge live, tentunya anda mungkin penasaran bagaimana cara memasangnya di profile anda, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan uang dari Instagram.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mematuhi peraturan yang diberikan oleh Instagram, diantaranya adalah :

– Memiliki akun Instagram Business atau Creator.

– Berusia 18 tahun.

– Berkolaborasi dengan peraturan kerjasama monetisasi dan aturan komunitas.

– Tinggal di area yang telah disetujui oleh Instagram.

– Memiliki kurang lebih 10.000 pengikut.

3. Cara Menyalakan Instagram Badge Live

Setelah negara anda mendapatkan akses ke Instagram badge live, anda bisa menyalakannya dan memulai menghasilkan uang dari siaran langsung.

Langkah 1 : masuk ke kolom profile, pilih “dashboard”, klik “tingkatkan bisnis”, kemudian pilih “badges”

Langkah 2 : Setelah semua pengaturan diaktifkan, maka anda bisa memulai siaran langsung dan klik ikon “Badge” di bagian kiri saat anda melakukan siaran langsung, konfirmasikan bahwa anda ingin menyalakan badge, tambahkan judul, dan mulai siaran langsung.

4. Cara Membeli Instagram Badge Live

Sebagai penonton dari siaran langsung, anda mungkin ingin memberikan apresiasi untuk kreator kesayangan anda dengan mengirimkan gift khusus, anda bisa melakukan pembelian Instagram badge live dengan mudah dan cepat selama siaran berlangsung.

Langkah 1 : klik pada profile picture kretor atau influencer kemudian klik pada ikon “Badge”.

Langkah 2 : Pilih level badge sesuai dengan keinginan.

Langkah 3 : Ikuti instruksi yang diberikan dan kemudian lakukan pembayaran melalui App Store atau Google Play Store untuk melengkapi pembayaran.

Langkah 4 : Tambahkan komentar kemudian kirim untuk memulai interaksi.

tips instagram live streaming anti bosan

Tips Instagram Live Streaming Anti Bosan

Apakah Anda bosan dengan siaran langsung Instagram yang gagal melibatkan penonton Anda? Apakah Anda merasa kesulitan untuk menghasilkan konten yang segar dan memikat untuk membuat pemirsa terhibur? Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan streaming langsung Anda dan membuat audiens Anda tetap terlibat, Anda berada di tempat yang tepat.

Dengan maraknya live streaming, merek dan influencer menggunakan fitur ini untuk terhubung dengan pengikut mereka secara real-time.

Namun, mudah bagi pemirsa untuk bosan dengan konten yang monoton, yang mengakibatkan penurunan keterlibatan.

Untuk membuat audiens Anda tetap terlibat dan terhibur selama siaran langsung Instagram Anda, Anda harus berpikir di luar kebiasaan dan menjadi kreatif.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda membuat live streaming Anda lebih memikat.

Baik Anda seorang pemilik bisnis, influencer, atau hanya seseorang yang suka melakukan siaran langsung di Instagram, tips ini akan membantu Anda membuat audiens Anda terpikat dan kembali lagi.

1. Buka Sesi Tanya Jawab

Instagram Live adalah alat canggih yang memungkinkan Anda terhubung dengan pengikut Anda secara real-time.

Salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens Anda adalah dengan mengadakan sesi tanya jawab.

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuka sesi tanya jawab di Instagram Live:

Langkah 1: Buka Sesi Tanya Jawab

Sebelum Anda mulai menerima pertanyaan, jelaskan kepada audiens Anda bagaimana sesi tanya jawab akan berjalan. Beri tahu mereka bahwa mereka dapat menanyakan apa saja, namun perlu diingat bahwa Anda mungkin tidak dapat menjawab semua pertanyaan. Doronglah mereka untuk berpartisipasi dan mengajukan pertanyaan yang memikat.

Namun jika anda seorang influencer yang sudha memiliki banyak penggemar, biasanya penonton akan langsung membeirkan pertanyaan tanpa aba-aba terlebih dahulu, sehingga lebih memudahkan anda.

Langkah 2: Ajukan Pertanyaan

Sekarang saatnya untuk mulai menerima pertanyaan. Mintalah audiens Anda untuk mengirimkan pertanyaan mereka di bagian komentar.

Anda dapat membacakan pertanyaan dengan lantang atau menampilkannya di layar menggunakan fitur “pertanyaan” di Instagram Live.

Langkah 3: Jawab Pertanyaan

Setelah Anda memiliki beberapa pertanyaan, mulailah menjawabnya. Jujurlah dalam menjawab pertanyaan.

Jika Anda tidak tahu jawaban dari sebuah pertanyaan, katakan dengan jujur dan tawarkan untuk menindaklanjutinya nanti.

Pastikan untuk terlibat dengan audiens Anda dan ajukan pertanyaan lanjutan untuk menjaga agar percakapan tetap berjalan.

Langkah 4: Akhiri Sesi

Saat Anda siap untuk mengakhiri sesi tanya jawab, ucapkan terima kasih kepada audiens karena telah menyimak dan berpartisipasi.

Beri tahu mereka kapan Anda akan mengadakan sesi tanya jawab berikutnya, dan dorong mereka untuk mengikuti Anda untuk mendapatkan informasi terbaru.

2. Lakukan Siaran Langsung Secara Mendadak

Melakukan siaran langsung secara mendadak mungkin bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan instagram live badge dengan lebih lebih cepat.

Hal ini dikarenakan pengikut anda tidak menyangkan akan adanya siaran langsung yang tiba-tiba, sehingga memberikan apresiasi berupa pengiriman Instagram live badge.

Agar siaran langsung yang dilakukan secara mendadak semakin berkesan, maka anda bisa menyiarkan saat anda melakukan perjalanan ke tempat tertentu atau kegiatan yang memikat, sehingga membuat penonton lebih tertarik untuk mengirimkan hadiah atau menonton hingga akhir,

3. Siarkan Momen Berharga Anda

Momen-momen berharga yang jarang muncul di kehidupan anda juga bisa menjadi ide konten Instagram live streaming yang mendatangkan banyak hadiah.

Anda bisa menyiarkan momen saat melakukan perayaan ulang tahun, sehingga penonton merasa terhubung dengan anda dan memberikan instagram badge live yang lebih banyak.

4. Lakukan Siaran Langsung Secara Rutin

Instagram Live adalah alat yang ampuh bagi bisnis dan individu untuk terhubung dengan audiens mereka secara real-time.

Meskipun mungkin terlihat menakutkan untuk melakukan siaran langsung, sebenarnya ini cukup sederhana dan dapat menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pengikut Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips tentang cara melakukan streaming Instagram Live secara teratur.

1. Rencanakan konten Anda

Sebelum melakukan siaran langsung, rencanakan apa yang ingin Anda bicarakan atau tampilkan. Hal ini akan membantu menjaga streaming Anda tetap fokus dan memikat.

Buat garis besar atau naskah kasar, tetapi cukup fleksibel untuk menjawab pertanyaan atau komentar dari pemirsa Anda.

2. Promosikan siaran langsung Anda

Beritahukan kepada pengikut Anda sebelumnya ketika Anda berencana untuk melakukan siaran langsung.

Gunakan stiker hitung mundur bawaan Instagram atau posting tentang hal itu di feed dan cerita Anda. Ini akan memberikan waktu bagi pengikut Anda untuk menyesuaikan jadwal mereka dan menyimak.

3. Uji peralatan Anda

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan kamera serta mikrofon Anda berfungsi dengan baik sebelum melakukan siaran langsung. Uji semuanya terlebih dahulu untuk menghindari kesulitan teknis selama streaming.

4. Berinteraksi dengan audiens Anda

Berinteraksilah dengan audiens Anda selama streaming dengan menjawab pertanyaan mereka dan menanggapi komentar mereka. Gunakan umpan balik mereka untuk memandu percakapan dan membuat mereka tetap terlibat.

5. Simpan siaran langsung Anda

Setelah streaming Anda selesai, Instagram memberi Anda opsi untuk menyimpannya ke sorotan cerita Anda atau ke rol kamera Anda.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menggunakan kembali konten Anda dan membuatnya tersedia bagi mereka yang melewatkan siaran langsung.

6. Jadwalkan siaran langsung secara teratur

Konsistensi adalah kunci dalam membangun pengikut di Instagram. Pertimbangkan untuk menjadwalkan streaming langsung secara teratur, baik itu seminggu sekali atau sebulan sekali, untuk menjaga audiens Anda tetap terlibat dan kembali lagi.

5. Buat Judul yang Memikat

Salah satu fitur Instagram yang paling populer adalah live streaming, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pengikut mereka secara real-time.

Namun, untuk memikat lebih banyak audiens, sangat penting untuk membuat judul live streaming Instagram yang keren.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk membuat judul yang keren yang akan memikat pemirsa ke siaran langsung Anda.

Pahami Pemirsa Anda

Langkah pertama untuk membuat judul live streaming Instagram yang memikat adalah dengan memahami pemirsa Anda.

Mengetahui minat dan preferensi audiens Anda akan membantu Anda membuat judul yang akan memikat perhatian mereka.

Misalnya, jika audiens Anda tertarik dengan kebugaran, Anda dapat membuat judul seperti “Sesi latihan langsung dengan trainer fitness.”

Buatlah Judul yang Singkat dan Manis

Judul siaran langsung Anda harus singkat dan langsung ke intinya. Instagram mengizinkan Anda untuk menggunakan maksimal 60 karakter dalam judul, jadi pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Judul yang singkat dan tajam akan memikat perhatian pemirsa dan membuat mereka penasaran dengan apa yang Anda tawarkan.

Gunakan Kata Kunci

Menggunakan kata kunci yang relevan dalam judul Anda akan membantu streaming langsung Anda muncul di hasil pencarian Instagram.

Misalnya, jika Anda melakukan siaran langsung tutorial memasak, Anda dapat menyertakan kata kunci seperti “memasak”, “resep”, atau “dapur” dalam judul Anda. Ini akan memudahkan orang yang tertarik dengan memasak untuk menemukan siaran langsung Anda.

Tambahkan Emoji

Emoji dapat menambahkan kepribadian dan bakat pada judul siaran langsung Anda. Emoji juga dapat membantu menyampaikan pesan Anda dengan cara yang menyenangkan dan menarik secara visual. Misalnya, jika Anda melakukan siaran langsung konser musik, Anda dapat menambahkan emoji yang berhubungan dengan musik seperti 🎵🎤🎸🎶 pada judul.

Ciptakan Rasa Urgensi

Menciptakan rasa urgensi dalam judul Anda dapat memotivasi pemirsa untuk menonton siaran langsung Anda. Misalnya, Anda dapat membuat judul seperti “Sesi tanya jawab streaming langsung dengan selebriti, jangan lewatkan!” atau “Pengumuman giveaway langsung: Tonton sekarang untuk menang.”

6. Interaksi dengan Audience

Streaming Instagram Live adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan mereka. Tapi bagaimana cara Anda memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin? Dalam artikel ini, kita akan membahas cara berinteraksi dengan audiens Anda di Instagram Live streaming.

Lakukan Persiapan Khusus

Sebelum Anda memulai streaming Instagram Live, pastikan Anda memiliki ide yang jelas tentang apa yang ingin Anda bicarakan.

Siapkan beberapa poin pembicaraan atau bahkan skrip untuk memastikan Anda tetap pada topik. Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan Anda tenang dan bebas dari gangguan. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan terlibat dengan audiens Anda.

Interaksi dengan Audiens Anda

Salah satu hal terbaik tentang streaming Instagram Live adalah memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara real-time.

Pastikan untuk membaca dan menanggapi komentar yang masuk. Hal ini akan menunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda menghargai pendapat dan umpan balik mereka. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan kepada mereka atau meminta masukan tentang topik yang Anda bahas.

Gunakan Visual yang Menarik

Visual adalah cara yang bagus untuk membuat audiens Anda tetap terlibat selama siaran langsung Instagram Anda.

Anda dapat menggunakan grafik, gambar, atau bahkan video untuk mengilustrasikan poin-poin Anda. Ini akan membantu memecah kebosanan berbicara dalam waktu yang lama dan membuat audiens Anda tetap tertarik.

Bersenang-senang

Streaming Instagram Live harus menyenangkan dan menyenangkan bagi Anda dan audiens Anda. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan bersenang-senanglah selama streaming.

Ini akan membantu audiens Anda terhubung dengan Anda pada tingkat yang lebih dalam dan membuat mereka lebih mungkin untuk mendengarkan streaming Anda di masa depan.

Tindak Lanjut

Setelah streaming Instagram Live Anda, pastikan untuk menindaklanjuti dengan audiens Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menanggapi komentar atau bahkan mengirim pesan langsung kepada mereka yang berinteraksi dengan Anda selama streaming. Ini akan menunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda menghargai masukan mereka dan tertarik untuk membangun hubungan dengan mereka.

7. Tentukan Topik yang Akan Dibahas

Streaming langsung Instagram telah menjadi cara yang populer bagi bisnis dan individu untuk terhubung dengan audiens mereka secara real-time.

Namun, menentukan topik yang akan dibahas di Instagram live bisa menjadi tugas yang menakutkan. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa tips tentang cara menentukan topik yang akan dibahas di Instagram live streaming.

Pilih Topik yang Relevan

Topik yang Anda pilih untuk siaran langsung Instagram harus relevan dengan audiens dan merek Anda. Ini berarti memilih topik yang sesuai dengan industri atau niche Anda, dan yang memberikan nilai bagi pemirsa Anda.

Misalnya, jika Anda seorang influencer kebugaran, topik Anda dapat mencakup rutinitas olahraga, kebiasaan makan yang sehat, atau tips untuk tetap termotivasi.

Tetap Ikuti Perkembangan Tren

Mengikuti tren dan berita terbaru dalam industri Anda dapat membantu Anda memilih topik yang tepat waktu dan relevan. Hal ini dapat mencakup membahas peristiwa atau berita terbaru yang berdampak pada audiens atau merek Anda.

Misalnya, jika Anda adalah seorang influencer fashion, Anda dapat mendiskusikan tren busana terbaru atau peragaan busana yang akan datang.

Berkolaborasi dengan Orang Lain

Berkolaborasi dengan influencer atau merek lain dapat menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan ide-ide baru untuk topik siaran langsung Instagram.

Anda dapat melakukan brainstorming bersama dan menghasilkan topik yang menarik dan relevan bagi kedua audiens Anda.

Selain itu, berkolaborasi dengan orang lain dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas Anda di platform.

8. Analisa Kinerja Siaran Langsung

Saat ini, Instagram Live telah menjadi fitur yang populer bagi bisnis dan individu untuk terhubung dengan pengikut mereka secara real-time.

Namun, ini bukan hanya tentang melakukan siaran langsung, tetapi juga penting untuk menganalisis performa siaran langsung Anda untuk memastikan bahwa Anda berinteraksi dengan pemirsa secara efektif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips tentang cara menganalisis kinerja streaming Instagram Live Anda.

1. Periksa jumlah pemirsa Anda

Langkah pertama dalam menganalisis kinerja streaming Instagram Live Anda adalah memeriksa jumlah pemirsa Anda. Instagram memberi Anda jumlah pemirsa selama streaming langsung Anda, yang memberi Anda gambaran tentang berapa banyak orang yang menonton streaming langsung Anda.

Anda juga dapat memeriksa tayangan ulang setelah siaran langsung berakhir. Ini akan memberi Anda gambaran tentang berapa banyak orang yang melihat siaran langsung Anda setelah siaran berakhir.

2. Lihat metrik keterlibatan

Metrik keterlibatan sangat penting saat menganalisis kinerja streaming Instagram Live Anda. Penting untuk melihat jumlah suka, komentar, dan berbagi yang diterima streaming langsung Anda.

Ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa terlibatnya audiens Anda selama siaran langsung. Anda juga dapat menggunakan metrik keterlibatan untuk menentukan topik atau jenis konten mana yang beresonansi dengan audiens Anda.

3. Pantau tingkat retensi pemirsa

Tingkat retensi pemirsa adalah metrik penting untuk mengukur efektivitas streaming langsung Anda. Ini adalah persentase pemirsa yang bertahan hingga akhir siaran langsung Anda.

Jika tingkat retensi pemirsa Anda rendah, ini bisa berarti konten Anda tidak cukup menarik, atau siaran langsung Anda terlalu lama.

Anda dapat menggunakan metrik ini untuk menyesuaikan konten dan waktu untuk memastikan bahwa Anda membuat audiens tetap terlibat selama siaran langsung.

4. Analisis waktu pemirsa puncak

Waktu pemirsa puncak adalah saat-saat ketika siaran langsung Anda memiliki pemirsa terbanyak. Penting untuk menganalisis metrik ini untuk menentukan waktu terbaik untuk siaran langsung.

Jika Anda secara konsisten memiliki waktu pemirsa puncak yang tinggi, ini merupakan indikasi yang baik bahwa Anda menjangkau pemirsa pada waktu yang tepat.

5. Lacak pertumbuhan pengikut

Streaming Instagram Live juga dapat membantu Anda meningkatkan jumlah pengikut. Penting untuk melacak pertumbuhan pengikut Anda setelah setiap siaran langsung untuk menentukan apakah konten Anda beresonansi dengan audiens Anda.

Jika Anda secara konsisten mengalami lonjakan pertumbuhan pengikut setelah setiap siaran langsung, ini merupakan indikasi yang baik bahwa konten Anda menarik dan berharga bagi audiens Anda.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like