3 Tips Sukses Kolaborasi dengan Brand di Instagram

Mulai hasilkan uang dari Instagram melalui kolaborasi dengan brand yang menghasilkan dan sesuai minat anda.

Setelah menjadi content creator atau influencer Instagram yang terkenal, biasanya seseorang akan memiliki peluang untuk melakukan kolaborasi dengan brand.

Kolaborasi dengan brand ini bisa berupa memasarkan produk dan layanan tertentu yang berkaitan dengan industri yang anda jalankan sehingga relevan.

Meskipun begitu, sebagai seorang content creator instagram mikro, anda juga memiliki peluang untuk kolaborasi dengan brand, meskipun harus melalui usaha sendiri, misalnya saja mengirimkan proposal kerja sama.

Apabila proposal ini disetujui, maka anda memiliki peluang untuk mendapatkan produk dari brand tertentu secara gratis.

Di sisi lain, jika anda adalah seorang influencer mikro yang baru saja mendapatkan tawaran kolaborasi promosi bersama brand untuk pertama kali, maka anda perlu mengetahui tips dan trik mendapatkan harga yang memuaskan dua pihak, sehingga anda akan membuat konten promosi secara maksimal. Karenanya berikut tips sukses kolaborasi dengan brand di Instagram untuk kreator pemula. Untuk pertama kalinya, pastikan anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai brand tersebut dan juga audiens mereka. Hal ini akan membantu anda dalam membuat konten yang relevan dan menarik bagi followers brand tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk menunjukkan angka-angka dan data mengenai follower anda serta interaksi yang biasa anda dapatkan, sehingga brand bisa melihat potensi kolaborasi dengan anda. Terakhir, jangan lupa untuk menyampaikan kepada brand bagaimana anda akan menggunakan tips meningkatkan penjualan di Instagram untuk memaksimalkan hasil kolaborasi promosi bersama mereka.

apa itu kolaborasi dengan brand di instagram

Apa Itu Kolaborasi dengan Brand di Instagram

Influencer marketing telah menjadi cara promosi yang sering ditemukan di berbagai social media, biasanya kolaborasi promosi ini mengajak influencer lain yang telah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak dan pengaruh yang kuat, sehingga membuka peluang untuk mengenalkan merk yang dimiliki serta mendapatkan calon pembeli baru.

Kolaborasi dengan brand dan influencer ini termasuk menjanjikan dan menguntungkan, dimana sebuah brand akan mendapatkan paparan yang lebih luas dan tentunya dapat dikenal oleh target konsumen yang lebih luas.

Apalagi jika konten yang dibuat oleh influencer instagram menarik perhatian banyak orang dan berpotensi viral, tentunya hal ini akan menguntungkan bagi sebuah brand.

Sedangkan bagi influencer, mereka juga akan mendapatkan penghasilan dari social media yang cukup menggiurkan, apalagi jika mereka sudah memiliki jumlah pengikut yang banyak dan pengaruh besar, maka akan memengaruhi biaya endorsement sebuah produk atau layanan.

Kolaborasi dengan brand di Instagram juga bermacam-macam, mulai hanya memasarkan produk, ulasan barang tertentu, melakukan event giveaway yang diunggah di konten Instagram dengan ide promosi yang menarik.

Tidak hanya itu, apabila seorang influencer instagram sudah memiliki nama besar, tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk bergabung dengan campaign promosi tertentu dalam jangka waktu yang sudah ditentukan

keuntungan kolaborasi dengan brand di instagram

Keuntungan Kolaborasi dengan Brand di Instagram

Apakah Anda seorang influencer Instagram yang ingin mengembangkan pengikut Anda dan meningkatkan penghasilan Anda?

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan berkolaborasi dengan merek di platform ini. Namun, apa saja manfaat dari kemitraan tersebut, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda?

Instagram telah menjadi platform yang menguntungkan bagi para influencer, dengan banyak merek yang ingin bermitra dengan mereka untuk menjangkau audiens target mereka.

Kolaborasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari postingan bersponsor hingga ulasan produk dan hadiah. Namun di luar imbalan finansial, ada keuntungan lain dari bekerja sama dengan merek di Instagram.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi manfaat berkolaborasi dengan merek di Instagram dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mengembangkan pengikut, membangun ceruk pasar, dan membangun merek Anda.

Baik Anda seorang influencer berpengalaman atau baru memulai, ada banyak alasan untuk mempertimbangkan bekerja sama dengan merek di Instagram. Jadi, mari selami dan lihat apa yang dapat dilakukan kemitraan ini untuk Anda.

1. Influencer akan Mendapatkan Lebih Banyak Perhatian

Kolaborasi dengan brand akan menguntungkan bagi influencer yang sedang berkembang dan sedang membutuhkan perhatian khusus.

Salah satu keuntungannya adalah anda berkesempatan untuk dikenal oleh konsumen yang lebih luas, mengingat biasanya sebuah brand juga telah memiliki konsumen setia yang cukup banyak dan memerhatikan perkembangan merk yang disukai.

Sehingga apabila mereka tertarik pada konten yang anda tawarkan, maka mereka juga akan mengunjungi akun anda untuk mengetahui sosok influencer tersebut.

Apabila mereka tertarik pada konten yang anda sajikan, maka bisa saja anda memiliki pengikut baru berkat kolaborasi dengan brand.

2. Membangun Hubungan yang Baik dengan Komunitas di Social Media

Di saat anda memulai kolaborasi dengan brand dan mulai memasarkan produknya melalui konten di Instagram, maka anda juga akan membuka kesempatan untuk membangun hubungan yang baik dengan komunitas di sosial media.

Misalnya saja, anda memasarkan atau merokemendasikan produk tertentu di Instagram, maka pengikut setia anda akan penasaran pada produk yang ditawarkan dan kemudian timbul kolaborasi untuk mengenal produk tersebut lebih dalam.

Selain itu, jika konten promosi yang anda suguhkan memiliki sisi unik dan menarik, maka pengikut anda juga memberikan apresiasi berupa pemberian like dan komentar serta membeli produk tersebut karena kecocokan dengan produk yang diberikan.

Sehingga kolaborasi ini juga akan membantu menaikkan jumlah pengikut dari pengguna Instagram yang memiliki minat sama.

3. Konten Promosi yang Lebih Segar

Bagi pengguna Instagram, anda mungkin sering melihat berbagai konten promosi dari influencer yang anda ikuti, meskipun terkadang konten promosi yang disajikan membosankan, namun anda juga bisa menemukan berbagai konten promosi yang menarik.

Misalnya saja influencer Fadil Jaidi yang membuat konten promosi seperti membuat toko kelontong, sehingga membuat penonton merasa puas dengan gaya pemasarannya yang menghibur dan menjelaskan kelebihan produk.

Anda juga bisa melihat beberapa influencer yang melakukan promosi sembari berdandan menyerupai tokoh lain dan mengaitkan dengan masalah tertentu dan diselipkan konten promosi.

Cara ini akan membuat konten promosi secara tidak sadar merasuk ke dalam sanubari penonton dan membuat pengikutnya tertarik untuk membelinya.

Selain itu, biasanya brand tertentu memberikan rekomendasi konten dan pendekatan yang bisa dilakukan oleh influencer tersebut, sehingga akan mendapatkan konten promosi yang lebih segar dan jarang dilihat oleh orang lain.

Konten yang segar juga akan mengurangi rasa kebosanan pengikut anda yang melihat konten yang sama untuk jangka waktu lama.

4. Peluang Untuk Bertemu dengan Pengikut Anda

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kolaborasi dengan brand bisa bermacam-macam, mulai dari menyuguhkan konten promosi di social media atau malah menghadiri event tertentu secara langsung.

Saat mengunggah konten promosi di Instagram, anda mungkin akan melakukan interaksi dengan pengikut anda melalui komentar di kolom instagram atau pesan langsung.

Namun, jika anda memiliki kesempatan untuk menghadiri event langsung, maka anda juga membuka peluang untuk bertemu dengan pengikut anda di depan mata.

Cara ini juga akan membantu anda untuk menilai pengikut anda secara langsung, sehingga dapat memiliki gambaran bagaimana membuat konten yang relevan dengan keinginan mereka, sehingga postingan anda bisa dinikmati dalam waktu lama.

cara melakukan kolaborasi dengan brand di Instagram

Cara Melakukan Kolaborasi dengan Brand di Instagram

Apakah Anda ingin menghasilkan uang di Instagram dengan berkolaborasi dengan brand? Sebagai influencer, bekerja sama dengan brand bisa menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan uang dari kehadiran Anda di media sosial. Tapi bagaimana cara memulainya?

Instagram telah menjadi platform populer bagi merek untuk menjangkau audiens target mereka melalui pemasaran influencer.

Jenis pemasaran ini melibatkan kolaborasi antara merek dan influencer media sosial, di mana influencer mempromosikan produk atau layanan merek kepada pengikut mereka.

Namun, proses berkolaborasi dengan brand di Instagram bisa jadi sangat rumit dan membingungkan bagi para pemula.

Jika Anda ingin berkolaborasi dengan merek di Instagram, Anda harus memiliki strategi. Mulai dari mengidentifikasi merek yang tepat hingga menegosiasikan harga, ada beberapa langkah yang terlibat dalam prosesnya.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses berkolaborasi dengan merek di Instagram dan membantu Anda mengubah kehadiran media sosial Anda menjadi usaha yang menguntungkan.

1. Lakukan Analisa Terhadap Brand

Meskipun kolaborasi dengan brand biasanya ditawarkan langsung oleh brand ke influencer tertentu, namun anda dapat menjangkau merk tertentu terlebih dahulu.

Namun jalannya yang berliku juga akan perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu dalam membuat proposal kerja sama.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan analisa terhadap brand incaran, misalnya saja mengenal latar belakang brand tersebut sehingga dapat mengetahui jenis konten yang sesuai dengan ciri khas mereka.

Kemudian analisa juga konsumen yang dimiliki, mulai dari rentang usia, gender, dan kebiasaan yang dilakukan dalam mengonsumsi produk, sehingga dapat menyesuaikan dengan audience yang dimiliki.

Bagian paling penting dalam mengenal brand tertentu adalah mengetahui produk dan layanan yang dijual, sehingga anda dapat membuat konten ulasan produk dengan lebih baik dibandingkan influencer lainnya.

Analisa ini lalu dibuat dalam dokumen khusus sehingga anda dapat menggabungkannya dengan isi proposal yang sedang anda buat.

2. Analisa Kompetitor Lain

Sebuah brand biasanya juga melakukan kolaborasi tertentu dengan influencer lain untuk campaign promosi tertentu.

Kolaborasi dengan brand dengan influencer lain juga bisa anda manfaatkan dalam menggali lebih dalam mengenai merk tertentu.

Misalnya saja, mengetahui jenis konten yang digunakan, apakah dalam bentuk foto dan video, biasanya jenis konten akan membedakan harga kolaborasi karena dibutuhkan perjuangan lebih dalam mengedit dan membuat konsep ide promosi.

Kemudian lihat juga bagian caption, apakah gaya bahasa yang digunakan menggunakan ciri khas dari kreator atau diberikan dari brand tersebut, karena akan terlihat dari pendekatan yang dibuat.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui apakah konten promosi yang disuguhkan dalam bentuk pemasaran biasa atau menggunakan konsep tertentu.

Informasi ini akan membantu anda dalam mempersiapkan diri apabila konten anda diterima dan menyesuaikan dengan postingan yang anda miliki.

3. Jangkau Brand yang Melakukan Interaksi dengan Anda

Seorang influencer instagram yang mulai mendapatkan pamor melalui kontennya yang viral, biasanya akan didatangi oleh akun brand yang ingin berinteraksi dengan postingan anda.

Jika brand tersebut sudah sering melakukan interaksi dengan konten anda, maka bisa menjadi peluang untuk melakukan kolaborasi promosi ke depannya.

Hal ini dikarenakan anda sudah mengenal satu sama lain, sehingga lebih mudah untuk membuka peluang kolaborasi promosi.

Anda bisa langsung mengirimkan tawarkan promosi melalui pesan langsung sehingga membuka kemungkinan untuk dibalas dan melakukan diskusi kolaborasi.

Tipe-Tipe Kolaborasi dengan Brand di Instagram

Instagram telah menjadi platform yang kuat bagi brand untuk menjangkau target audiens mereka. Salah satu cara paling efektif bagi merek untuk memperluas jangkauan mereka adalah melalui kolaborasi dengan merek atau influencer lain.

Namun, apa saja jenis kolaborasi brand di Instagram dan bagaimana hal tersebut dapat menguntungkan bisnis Anda?

Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, menjadikannya tempat yang tepat bagi brand untuk memamerkan produk dan layanan mereka.

Kolaborasi dapat membantu merek menjangkau audiens baru, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong penjualan.

Namun, tidak semua kolaborasi diciptakan sama, dan penting untuk memahami berbagai jenis kolaborasi yang tersedia.

Baik Anda adalah bisnis kecil atau perusahaan besar, ada berbagai jenis kolaborasi merek di Instagram yang dapat membantu Anda mencapai tujuan pemasaran.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis kolaborasi yang tersedia dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan merek Anda.

Dari postingan bersponsor hingga hadiah, ada banyak pilihan untuk dipilih. Jadi, mari selami dan jelajahi dunia kolaborasi merek di Instagram.

1. Pemberian Produk

Salah satu ide kolaborasi dengan brand yang bisa didapatkan oleh seorang influencer adalah dikirimkan paket produk khusus yang berisi barang-barang dengan penjualan tertinggi atau produk-produk yang jarang diketahui oleh konsumen.

Paket khusus ini bisa digunakan oleh influencer untuk mengulas produk yang diberikan secara jujur sehingga menarik minat pengikutnya.

Pemberian ini juga dapat membangun hubungan antara sebuah brand dengan influencer, sehingga ke depannya bila kontennya meledak bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan kolaborasi di waktu yang akan datang.

Biasanya jika konten dari kreator tertentu mendapatkan interaksi yang cukup tinggi dan bahkan viral, maka tidak menutup kemungkinan akan diunggah ulang oleh brand tersebut dalam bentuk konten ulasan pengguna.

Sebuah brand juga bisa membayar influencer untuk mengulas produk dalam bentuk tulisan, foto, dan video, atau publikasi lain, agar lebih menarik maka diberikan juga kode promo yang bisa digunakan oleh pengikutnya untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah.

2. Konten Tutorial Produk

Konten tutorial produk cukup populer di kalangan influencer kecantikan yang melakukan kolaborasi dengan brand skincare atau make up.

Hal ini dilakukan mengingat sebuah brand biasanya memiliki berbagai produk untuk masalah dan warna kulit yang berbeda, sehingga perlu di uji coba ke influencer yang memiliki masalah yang berbeda juga.

Konten tutorial produk ini cukup mudah, sebuah brand biasanya akan mengirimkan paket produk kecantikan sesuai dengan campaign yang dibutuhkan.

Kemudian influencer akan mencoba memakainya dan memikirkan ide konten yang tepat, baru kemudian dibuat dan diunggah di Instagram agar bisa dinikmati oleh pengikutnya.

Jika beruntung, konten anda bisa saja dijadikan materi iklan Instagram yang tentunya akan menambah biaya endorsement.

3. Kontes Instagram

Satu lagi jenis konten kolaborasi dengan brand yang populer di kalangan pengguna Instagram adalah melakukan kompetisi tertentu, dimana influencer akan mempromosikan tantangan yang diberikan oleh sebuah brand.

Tantangan tersebut bermacam-macam, namun biasanya sebuah brand meminta konsumen untuk menggunakan produk dan layanan yang dimiliki dengan penggunaan yang unik dalam jangka waktu tertentu.

Semakin kreatif penggunaan produk tersebut, maka konsumen akan berpeluang mendapatkan hadiah utama dengan jumlah yang fantastis.

Agar kompetisi tersebut diikuti oleh banyak orang, melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

fitur instagram untuk kolaborasi dengan brand di instagram

Fitur Instagram Untuk Kolaborasi dengan Instagram

Apakah Anda seorang influencer atau pembuat konten yang ingin berkolaborasi dengan brand di Instagram? Dengan banyaknya fitur yang tersedia di aplikasi ini, mungkin akan sangat membingungkan untuk mengetahui fitur mana yang terbaik untuk kolaborasi dengan brand.

Instagram telah berevolusi dari sekadar aplikasi berbagi foto menjadi sebuah platform di mana bisnis dan influencer dapat terhubung dengan audiens mereka.

Aplikasi ini telah memperkenalkan berbagai fitur untuk membantu influencer dan merek berkolaborasi secara efektif.

Namun, tidak semua fitur diciptakan sama, dan beberapa fitur dapat bekerja lebih baik daripada yang lain tergantung pada jenis kolaborasi yang Anda cari.

Jika Anda seorang influencer atau pembuat konten yang ingin berkolaborasi dengan merek di Instagram, sangat penting untuk memahami berbagai fitur yang tersedia untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai fitur Instagram yang dapat membantu Anda berkolaborasi dengan merek dan mengembangkan pengikut Anda di aplikasi.

Baik Anda baru mengenal Instagram atau seorang profesional yang berpengalaman, artikel ini akan memberi Anda wawasan yang berharga untuk membawa kolaborasi Anda ke tingkat berikutnya.

1. Instagram Live

Melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki sembari mengulas produk yang dimiliki bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan promosi di Instagram.

Anda bisa memulainya dengan melakukan siaran langsung dengan teman tertentu, misalnya “Get Ready With Me”, “Night Skincare Routine” atau memulai sesi memasak menggunakan bahan-bahan khusus.

Sehingga sembari melakukan siaran langsung dan mengobrol dengan penonton, anda bisa membocorkan produk-produk yang anda miliki secara halus, sehingga tidak terlihat melakukan promosi sama sekali.

Konten siaran langsung yang dibuat dengan pendekatan personal akan membuat penonton merasa lebih tertarik karena serasa mengobrol dengan teman, hingga akhirnya tertarik untuk membeli produk yang diulas selama siaran langsung.

Agar konten anda tidak terlihat membosankan, maka anda bisa membuat tema yang berbeda selama siaran langsung agar terlihat lebih menarik.

Instagram carousel masih menjadi pilihan terbaik bagi influencer atau content creator dalam menyuguhkan konten promosi di Instagram.

Apalagi fitur carousel memiliki pilihan untuk menyematkan variasi foto dan video dalam beberapa layar, sehingga memudahkan untuk membuat konten promosi.

Pendekatan konten promosi untuk instagram carousel juga berbeda bagi content creator atau influencer, biasanya influencer memasarkan produk yang diselipkan di konten edukasi, sehingga terlihat memberi saran dan rekomendasi produk yang sesuai.

Sedangkan influencer biasanya memberikan konten yang langsung mengulas produk, namun semuanya tergantung dari arahan dari brand tersebut.

Konten instagram carousel tentunya cocok bagi influencer yang diberikan materi promosi yang cukup banyak, namun harus diunggah di satu konten Instagarm,

3. Instagram Reels 

Instagram rels masih menjadi jenis postingan yang cocok untuk kolaborasi dengan brand, sebab reels memiliki jangkauan yang luas serta kreator bisa leluasa mengedit video menjadi konten yang menarik.

Tidak hanya itu, jangkauan konten instagram reels yang lebih luas juga membuka konten promosi anda viral ke target audience lain yang belum mengenal akun anda, sehingga meningkatkan daya saing dibandingkan kompetitor lain.

Namun, dalam membuat konten reels untuk promosi, anda perlu melakukan strategi khusus agar konten anda semakin disukai.

Pertama adalah menonjolkan visual konten, dengan memastikan kejernihan video sehingga enak dilihat oleh penonton.

Guna mendapatkan hasil tersebut, anda bisa membuat konten di ruangan dengan pencahayaan yang cukup serta menggunakan kamera yang memiliki kualitas terbaik.

Tambahkan juga audio yang sedang viral dan relevan dengan konten yang dibuat, sehingga membuat postingan anda lebih menarik.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like