9 Konten Tiktok untuk Pemula yang Mudah dan Menyenangkan

Kenali berbagai macam konten tiktok untuk pemula yang cocok bagi anda yang ingin memulai karir sebagai Tiktoker.

Tiktok telah menjadi pilihan banyak orang untuk membuka jalan sebagai content creator atau influencer, dimana anda bisa mengunggah berbagai konten video yang menarik dan menghibur penonton.

Di sisi lain, sebagai kreator pemula anda mungkin merasa kebingungan memilih konten tiktok yang cocok untuk dibuat pertama kali.

Karenanya berikut beberapa rekomendasi konten tiktok untuk pemula yang mudah dibuat dan diedit dalam waktu cepat.

konten tiktok hewan

Konten Tiktok Hewan

Bagi pecinta hewan yang memiliki peliharaan sendiri atau senang mengamati tingkah laku binatang, maka Tiktok menjadi tempat terbaik bagi anda.

Dimana penonton akan menemukan berbagai macam konten tiktok hewan peliharaan atau binatang liar dengan tingkah laku lucu yang menggemaskan.

Anda tentunya pernah melihat akun tiktok hewan cicishania yang memperlihatkan tingkah laku pororo dan teman-temannya sebagai hewan peliharaan yang tenang saat di depan layar namun memiliki tingkah laku yang menggemaskan sebagai kucing biasa.

Tidak hanya itu, anda juga akan melihat berbagai tingkah laku hewan yang direkam oleh pemiliknya dan kemudian diunggah di Tiktok dan akhirnya menjadi kesayangan bagi pecinta hewan di Tiktok.

Di sisi lain, biasanya kreator tiktok yang memiliki hewan peliharaan juga menjual berbagai macam kebutuhan hewan sehingga anda bisa membelinya untuk kebutuhan hewan di rumah atau sebagai stok makanan binatang kesayangan.

Apabila anda hendak membuat konten tiktok hewan maka anda perlu memerhatikan beberapa hal untuk menghasilkan konten tiktok hewan yang menarik.

Pertama adalah merekam video tiktok hanya saat hewan peliharaan merasa tenang dan senang karena akan menghasilkan konten yang bagus dan terlihat natural.

Memaksa hewan peliharaan untuk melakukan kegiatan tertentu malah akan membuat binatang kesayangan menjadi stress bahkan menghiraukan perintah yang diberikan.

Selain itu anda juga bisa membuat konten tiktok hewan dalam bentuk narasi seperti menceritakan kegiatan hewan peliharaan sehari-hari, sehingga membuat penonton merasa sedang berinteraksi dengan binatang secara langsung meskipun hanya melalui video.

Merekam kegiatan hewan peliharaan menjadi konten tiktok untuk pemula yang mudah dilakukan mengingat anda tidak perlu membuat narasi khusus namun cukup merekam kegiatan hewan yang dilakukan setiap hari.

Selain itu agar tampilan video tiktok semakin menarik maka anda bisa menambahkan iringan lagu yang ceria sehingga membuat penonton turut merasa senang saat melihatnya.

Apabila anda sudah memiliki banyak pengikut serta jumlah penonton yang terus bertambah dari hari ke hari maka tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan tawaran endorsement dari brand makanan atau peralatan hewan sehingga membuka peluang untuk mendapatkan uang dari Tiktok.

konten tiktok karya seni

Konten Tiktok Karya Seni

Hobi melukis menjadi relaksasi bagi banyak orang dimana anda mengekspresikan perasaan dan emosi ke atas kanvas kosong dengan paduan warna yang indah.

Dibandingkan menyimpan karya seni di dalam kamar atau kertas kosong maka anda bisa mengabadikan karya anda dengan mengunggahnya di Tiktok.

Social media ini juga telah menjadi tempat bagi banyak seniman untuk menunjukkan karyanya dengan melukis di atas kertas kosong atau kanvas kemudian diunggah di Tiktok, sehingga bisa ditonton oleh banyak orang.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun tiktok Char yang melukis gambar manusia secara langsung kemudian diunggah di Tiktok.

Videonya ini mendapatkan apresiasi dari banyak orang dengan jumlah penonton serta likes dan disertai dengan interaksi yang masuk di kolom komentar.

Untuk membuat konten tiktok karya seni maka anda bisa memulai dengan melukis di atas kanvas atau kertas kosong sembari direkam secara langsung, sehingga penonton bisa melihat proses pembuatan gambar yang anda unggah di Tiktok.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuka permintaan pengguna tiktok yang ingin dilukiskan gambar tertentu melalui kolom komentar dan bisa dibalas melalui fitur stitch.

Cara ini ampuh untuk membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki sehingga banyak orang yang berkunjung dan menonton video yang dimiliki.

Apabila anda sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup maka anda bisa melakukan siaran langsung sembari melukis lukisan tertentu yang bisa ditonton secara langsung oleh penonton.

Tiktok live streaming juga akan membuka peluang bagi kreator untuk mendapatkan uang dari Tiktok melalui kiriman hadiah dari penonton selama siaran langsung dilakukan.

Konten tiktok karya seni tidak hanya berisi seseorang yang tengah melukis, namun cocok bagi anda yang memiliki kemampuan bermain alat musik.

Dimana anda bisa melakukan cover lagu menggunakan instrumen alat musik yang dimiliki dan diunggah di tiktok sehingga bisa dinikmati oleh pengguna tiktok lainnya.

Salah satu akun tiktok karya seni yang mengunggah cover lagu dengan alat musik adalah Martina Lynn yang menyanyikan kembali sebuah lagu menggunakan gitar dan diunggah di Tiktok agar bisa dinikmati oleh penontonnya.

Dalam membuat konten tiktok cover song menggunakan alat musik, anda bisa memilih berbagai genre yang berbeda-beda sesuai keinginan sehingga tidak ada keterbatasan dalam membuat konten tiktok.

Sama seperti konten tiktok karya seni lainnya, anda juga bisa membuat konten tiktok berdasarkan permintaan dari penonton yang menginginkan untuk memainkan lagu tertentu menggunakan alat musk yang dimiliki, sehingga anda tidak kekurangan ide konten yang menarik.

Setelah mencapai jumlah pengikut tertentu maka anda bisa membuat konten tiktok live streaming yang menunjukkan kemampuan anda saat memainkan alat musik tertentu dengan lagu pilihan dari penonton.

Konten Tiktok ASMR

Konten Tiktok ASMR

Menenangkan diri setelah seharian bertemu banyak orang atau melakukan berbagai pekerjaan yang melelahkan dibutuhkan banyak orang agar dapat tidur nyenyak.

Salah satu cara baru untuk menenangkan diri agar lebih mudah tertidur adalah mendengarkan konten tiktok asmr yang bisa membuat penonton tertidur lebih cepat.

Konten tiktok ASMR sendiri memiliki kesamaan dengan video dengan tema yang serupa di social media lainnya, hanya saja dengan durasi yang lebih pendek serta rekomendasi yang terus berdatangan dari waktu ke waktu.

Dalam pembuatan konten tiktok ASMR yang menenangkan maka anda memerlukan beberapa peralatan khusus.

Pertama adalah mic khusus yang dapat merekam suara dengan baik sehingga bisa diterima dengan baik oleh penontonnya.

Biasanya jenis mic yang digunakan adalah bentuk stand mic yang dapat merekam suara lebih jelas dibandingkan perlengkapan lainnya.

Kedua adalah beberapa properti tambahan misalnya adalah bulu-bulu palsu yang akan digosokkan ke mic untuk mendapatkan suara yang menenangkan.

Beberapa kreator tiktok ASMR juga membuat video suara saat memakan makanan sehingga mereka membutuhkan berbagai macam makanan yang dapat pendengarnya merasa lapar dan tenang dalam waktu yang bersamaan.

Ketiga adalah naskah yang berisi kalimat afirmasi sehingga pendengar tidak hanya merasa tenang namun juga lebih semangat dan percaya diri untuk menghadapi berbagai rintangan yang datang di esok hari.

Beberapa penonton terkadang meminta anda untuk melakukan tantangan ASMR tertentu yang bisa dipenuhi untuk mendekatkan hubungan dengan penonton.

Konten tiktok ASMR bisa dibuat dalam tampilan dengan dan tanpa wajah sehingga bisa anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan.

Salah satu konten tiktok ASMR yang bisa anda ikuti adalah milik Jojo yang membuat konten ASMR menggunakan berbagai properti khusus sehingga menghasilkan suara yang dapat menenangkan pendengarnya.

konten tiktok untuk pemula memotong buah

Konten Tiktok Memotong Buah

Kemampuan memasak menjadi satu kegiatan yang memerlukan keahlian khusus sehingga mendapatkan hasil masakan yang lebih baik dengan tampilan yang estetik.

Salah satunya adalah teknik memotong dimana setiap buah memiliki tekstur dan ukuran masing-masing sehingga membutuhkan pengetahuan khusus untuk memotongnya.

Akun tiktok Frutaholic menjadi salah satu kreator yang memperlihatkan teknik memotong buah liar yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Konten tiktok ini tidak hanya membuat penonton memiliki pengetahuan baru mengenai cara memotong buah tertentu namun membuat penontonnya merasa puas saat buah tersebut dipotong sehingga memiliki efek yang sama dengan konten tiktok ASMR.

Saat akan membuat konten tiktok memotong buah maka anda bisa memulainya dengan mengenalkan buah yang akan potong di hadapan penonton, seperti mendeskripsikan tampilan buah kemudian mulai dengan menjelaskan teknik yang akan digunakan untuk memotong buah tersebut.

Anda juga bisa melanjutkan dengan mendeskripsikan rasa buah sehingga membuat penonton tergiur untuk mencobanya di rumah.

Agar konten tiktok memotong buah semakin menarik maka anda bisa membuat tutorial membuat potongan buah yang menarik untuk dihidangkan sebagai dekorasi makanan sehingga mempercantik makanan yang dibuat.

Apabila anda sudah memiliki pengikut yang cukup banyak serta jumlah penonton video yang terus bertambah dari hari ke hari, maka anda bisa memiliki kesempatan untuk kolaborasi promosi makanan dengan brand peralatan memasak sehingga hasil potongan buah semakin menarik dan bagus.

Konten tiktok memotong buah juga termasuk konten edukasi yang membuat penontonnya mendapatkan pengetahuan baru setelah melihat tutorial yang disajikan.

konten tiktok diy

Konten Tiktok DIY

Bosan berdiam diri di rumah atau hendak membuat ide hadiah yang unik dengan berbagai barang bekas yang ada di rumah? menonton konten tiktok DIY bisa menjadi inspirasi terbaik untuk mengolah barang bekas menjadi barang yang lebih berguna.

Konten tiktok DIY biasanya dibuat lebih simpel dikarenakan durasi video yang pendek namun anda bisa menambahkan iringan lagu serta caption video untuk memudahkan penonton dalam memahami konten video yang dimiliki.

@loliastuff

semoga tutorialnya bisa membantu 🤍

♬ Ghibli-style nostalgic waltz – MaSssuguMusic

Salah satu akun tiktok DIY yang bisa anda amati adalah milik Loliastuff yang memperlihatkan cara membuat gelang cantik yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan peralatan yang sederhana.

Ide konten tiktok ini juga cocok bagi anda yang memiliki hobi untuk merubah barang bekas menjadi lebih berguna sehingga bisa digunakan untuk waktu lama.

Sebelum membuat konten tiktok DIY maka anda bisa memulainya dengan memilih tema video yang akan dibuat, apakah anda hendak membuat perhiasan simpel dan minimalis atau merubah berbagai barang bekas yang dimiliki menjadi lebih berguna.

Untuk inspirasi konten tiktok DIY maka anda bisa mencarinya di social media lain atau buku yang pernah dibaca sebelumnya serta pengalaman dalam mengolah barang bekas, apabila anda mengambil inspirasi dari sumber lain maka sebaiknya mencantumkan sumber inspirasi untuk menghargai kreatornya.

Kumpulkan juga berbagai peralatan tambahan yang dibutuhkan serta barang-barang bekas yang akan digunakan untuk membuat konten tiktok DIY, pastikan semua peralatan sudah dikumpulkan agar anda tidak kesulitan saat melakukan perekaman video.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan merekam video tutorial secara bertahap agar memudahkan penonton saat membuat barang tersebut di rumah, penyertaan caption yang menjelaskan cara pembuatan barang tentunya dibutuhkan oleh penonton.

Setelah proses perekaman video selesai dilakukan maka anda bisa melanjutkan dengan mengedit hasil video tersebut.

Anda bisa mengeditnya melalui fitur edit yang tersedia di Tiktok atau menggunakan aplikasi edit video yang dapat diunduh secara gratis di internet.

Konten Tiktok Voiceover

Konten Tiktok Voiceover

Konten komedi di tiktok memiliki berbagai macam ide yang menarik dan bisa ditonton terus menerus tanpa merasa bosan.

Salah satunya adalah konten voice over dimana kreator membuat parodi suatu kegiatan menggunakan kalimat-kalimat lucu yang mengundang tawa sehingga penonton merasa terhibur melihatnya.

Video voiceover juga cocok bagi kreator yang suka mengomentari suatu video dengan tanggapan tertentu yang membuat penontonnya tertawa.

Sebelum membuat konten tiktok voiceover maka anda bisa memulainya dengan memilih video-video yang lewat di halaman for your page atau social media lainnya.

Apabila anda sudah menemukan video yang tepat maka bisa dilanjutkan dengan membuat naskah cerita yang sesuai.

Percakapan yang dibuat tidak perlu terlalu panjang namun cukup dapat mengundang tawa penontonnya dalam waktu singkat.

Menggunakan filter tiktok tertentu juga dapat membuat penonton memahami percakapan yang dibuat dari satu orang ke orang lainnya.

Pastikan juga untuk membuat konten video secara rutin untuk menghibur penonton serta menjangkau pengguna tiktok lain yang lebih luas.

Sesekali anda juga bisa menjawab komentar yang masuk untuk membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki, sehingga mereka bisa datang kembali untuk menonton video yang disajikan serta mengirimkan permntaan untuk membuat konten tiktok voiceover dari video yang ditemukan di halaman for your page.

Konten Tiktok Wawancara

Konten Tiktok Wawancara

Konten tiktok wawancara menjadi salah satu ide video yang sedang banyak ditemukan di Tiktok saat ini, dimana tiba-tiba ada seseorang yang datang membawa kamera sembari bertanya mengenai sebuah topik yang relevan.

Contohnya saja saat anda menggunakan headset atau headphone di tempat umum maka seseorang akan bertanya lagu yang sedang anda dengarkan atau pekerjaan yang sedang dilakoni serta penghasilan yang di dapatkan.

Konten tiktok ini mendapatkan perhatian dari banyak orang yang penasaran mengenai kegiatan yang sedang dilakukan oleh orang asing yang tidak sengaja ditemui di jalan.

Meskipun terlihat menyenangkan namun tidak semua orang suka ditanya mengenai hal pribadi sehingga anda tidak perlu memaksa apabila seseorang tidak ingin ditanya mengenai suatu masalah tertentu.

Agar konten tiktok wawancara semakin menarik maka anda bisa memulai dengan menyiapkan topik yang relevan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Misalnya anda bisa bertanya mengenai pertanyaan umum seperti lagu yang sedang didengarkan atau tanggapan mengenai masalah yang sedang viral saat ini, sehingga penonton akan mendapatkan pandangan baru.

Beberapa kreator tiktok bahkan menyediakan tantangan dan memberikan sebuah hadiah apabila seseorang berhasil menjawabnya, ide ini tentunya menarik bagi beberapa orang karena bisa mendapatkan kado hanya dengan menjawab berbagai pertanyaan tertentu.

Setelah menemukan topik yang tepat maka anda bisa melanjutkan dengan memilih lokasi syuting yang banyak orang sehingga bisa menemukan responden yang lebih banyak.

Anda bisa mengunjungi alun-alun, bazaar, pasar kaget, atau trotoar yang penuh orang di waktu-waktu tertentu untuk menemukan berbagai responden dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu sehingga hasil video yang di dapatkan lebih enak ditonton di Tiktok.

konten tiktok tanya jawab

Konten Tiktok Tanya Jawab

Salah satu fitur tiktok yang bisa digunakan untuk membuat konten video adalah layanan tanya jawab, dimana anda bisa menanggapi berbagai pertanyaan penonton yang masuk ke dalam kolom komentar.

Fitur ini juga cocok digunakan untuk membangun interaksi dengan penonton sehingga di kemudian hari mereka bisa datang lagi untuk bertanya topik yang serupa.

Salah satu kreator tiktok yang menggunakan fitur ini adalah Ayman Alatas yang menjawab berbagai pertanyaan penonton dengan jelas dan sesuai topik, namun berbagai interaksi kocak yang diberikan membuat pengguna tiktok tertarik untuk menonton video yang diberikan.

Kelebihan lainnya dari menggunakan fitur tanya jawab adalah anda tidak perlu memusingkan untuk membuat ide konten tiktok, namun cukup menunggu berbagai pertanyaan yang masuk di kolom komentar atau tag video kemudian memilih pertanyaan yang sekiranya bisa dijawab dengan cepat.

Akan tetapi untuk membuat penonton bertanya mengenai pertanyaan yang relevan maka anda perlu membuat konten tiktok dengan topik yang berkaitan, sehingga penonton tertarik untuk memberikan pertanyaan yang sesuai.

Selain itu anda juga bisa menjawab berbagai pertanyaan yang masuk dengan jawaban yang lucu sehingga membuat penonton terhibur dan akhirnya tertarik untuk melakukan interaksi lainnya.

Cara ini juga dilakukan oleh tiktoker Khaliltoktok yang menjawab berbagai pertanyaan penonton dengan ekspresi yang terlihat marah namun menggunakan pilihan kata yang lucu sehingga membuat penonton terhibur.

Konten Tiktok Live

Konten Tiktok Live (Livestreamer)

Tiktok juga memiliki fitur siaran langsung dimana kreator bisa melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki atau pengguna tiktok lainnya.

Salah satu kelebihan dari fitur tiktok live adalah anda bisa melakukan transaksi produk yang dimiliki secara langsung sehingga cocok bagi kreator yang hendak menjual berbagai barang dagangan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, selama tiktok live berlangsung maka anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah tertentu yang bisa dikonversikan dalam bentu mata uang yang dimiliki sehingga bisa mendapatkan uang dari Tiktok.

Sayangnya meskipun konten tiktok live memberikan banyak keuntungan bagi kreator, namun anda perlu mendapatkan pengikut dalam jumlah tertentu sehingga bisa membuka kunci fitur tiktok live.

Namun, setelah fitur tersebut terbuka maka anda bisa melakukan siaran langsung dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Misalnya membuka sesi tanya jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan penonton yang tidak terjawab di kolom komentar.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menunjukkan bakat yang dimiliki ke penonton sehingga mereka bisa ikut terhibur.

Contohnya adalah melakukan siaran langsung sembari memainkan alat musik tertentu sehingga penonton dapat menonton tiktok live dalam waktu yang lama sembari memberikan gift dalam jumlah tertentu.

Akan tetapi apabila anda sedang memiliki kolaborasi promosi dengan brand tertentu maka anda bisa memanfaatkan fitur siaran langsung untuk menjual produk yang dimiliki dengan cepat dan mudah.

Selama melakukan siaran langsung maka anda juga perlu memerhatikan durasi tiktok live agar tidak berhenti di tengah jalan.

Selain itu, pastikan juga untuk mematuhi aturan yang diberikan Tiktok agar akun anda tetap aman dalam waktu lama.

Frequently Asked Question

Saran konten tiktok untuk pemula

1. Konten tiktok hewan
2. Konten tiktok karya seni
3. Konten tiktok ASMR
4. Konten tiktok memotong buah
5. Konten tiktok DIY
6. Konten tiktok voice over
7. Konten tiktok wawancara
8. Konten tiktok tanya jawab

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like