Tips dan Trik Menjual Produk melalui Marketplace Luar Negeri

Dunia maya telah membuka gerbang yang super lebar bagi para pelaku bisnis. Tak lagi terbatas oleh jarak dan geografis, kini Anda bisa dengan mudah memasarkan produk lokal Indonesia ke ranah internasional.

Dan tahukah Anda? Marketplace luar negeri adalah salah satu senjata ampuh untuk mewujudkan mimpi ekspansi bisnis Anda.

Ingin produk Batik Pekalongan atau tas rajutan buatan mama merajai pasar global? Marketplace luar negeri siap menjadi jembatan Anda.

Tak hanya produk batik, kini Anda juga bisa berjualan produk digital. Produk digital ini seperti e-book, template desain, plugin, aset video, musik, dan lain-lainnya.

Dimana kini tengah diminati banyak orang. Lalu, di mana Anda bisa menjual produk digital tersebut? Tenang, marketplace khusus produk digital siap menjadi wadah

Perlu diketahui, berjualan di platform internasional tak semudah menjentikkan jari. Ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Nah, pada artikel kali ini akan menjelaskan persiapan dan strategi jitu, produk Anda bisa bersaing dengan pemain-pemain global lainnya. Yuk, simak tips dan trik menembus pasar global melalui marketplace luar negeri berikut ini!

Tips dan Trik Menjual Produk melalui Marketplace Luar Negeri

Nah, beikut ada beberapa tips dan trik agar Anda bisa menjual produk Anda melalui berbagai macam marketplace luar negeri:

Baca Juga: Conversational Marketing : Promosi Interaksi ke Konsumen

Riset Pasar: Bekal Jitu Menembus Pasar Global

Pernah dengar pepatah, “sedikit persiapan, banyak penyelamatan?” Pepatah ini tepat sekali diterapkan dalam berbisnis di marketplace luar negeri. Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah riset pasar.

Mengapa begitu penting? Ibarat perang, riset pasar adalah alat intelijen Anda untuk mengenali medan pertempuran dan musuh (baca: kompetitor).

Jadi, apa saja yang perlu diriset?

  • Target market: Siapa target konsumen ideal Anda di pasar global? Anak muda kekinian, para pebisnis profesional, atau pencinta barang-barang unik etnik? Mengenali demografi dan psikografis konsumen akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang tepat.
  • Produk yang laku: Apa saja jenis produk Indonesia yang diminati oleh konsumen global? Tren produk di setiap negara bisa berbeda. Misalnya, produk kerajinan tangan seperti batik dan songket bisa sangat diminati di pasar Amerika Serikat dan Eropa. Sementara itu, produk makanan ringan seperti mie instan dan permen Kopi susu bisa menjadi primadona di negara-negara Asia Tenggara.
  • Kompetitor: Siapa saja pesaing Anda di marketplace luar negeri? Pelajari kelebihan dan kekurangan mereka. Analisis harga, kualitas produk, hingga strategi pemasaran yang mereka gunakan. Ini akan membantu Anda untuk mendiferensiasikan produk Anda dan menonjol di antara para kompetitor.

Membangun Brand yang Kuat: Identitas Andalan di Kancah Global

Branding adalah senjata ampuh untuk mencuri hati konsumen global. Di antara lautan produk yang dijual di marketplace luar negeri, brand yang kuat akan membantu konsumen mengingat dan percaya pada produk Anda.

Bagaimana cara membangun brand yang kuat?

  • Logo dan nama brand yang mengesankan: Ciptakan logo dan nama brand yang mudah diingat, bermakna, dan merepresentasikan nilai-nilai unik produk Anda. Logo dan nama brand haruslah unik dan berbeda dari brand lain, sehingga mudah dikenali oleh konsumen.
  • Konsistensi branding: Pastikan logo, nama brand, dan pesan yang Anda sampaikan konsisten di semua platform, mulai dari website, media sosial, hingga kemasan produk. Konsistensi branding akan membantu membangun citra brand yang kuat dan profesional.
  • Ceritakan kisah di balik brand: Konsumen global menyukai produk yang memiliki cerita unik dan menarik. Bagikan kisah di balik brand Anda, seperti sejarah, nilai-nilai yang dianut, dan proses pembuatan produk. Cerita yang inspiratif dan emosional akan membangun koneksi yang lebih kuat dengan konsumen.
  • Gunakan influencer marketing: Bekerjasamalah dengan influencer di media sosial yang relevan dengan target market Anda. Influencer marketing dapat membantu meningkatkan brand awareness dan kredibilitas produk Anda di pasar global.
  • Berpartisipasi dalam acara internasional: Ikuti pameran dagang dan acara internasional lainnya untuk memperkenalkan produk Anda kepada calon pembeli global. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun jaringan dan meningkatkan brand visibility.

Memilih Marketplace yang Tepat: Gerbang Menuju Pasar Global

Marketplace luar negeri tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, serta target pasar yang berbeda. Memilih marketplace yang tepat adalah kunci utama keberhasilan bisnis Anda di kancah global.

Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih marketplace luar negeri:

  • Target market: Pilihlah marketplace yang memiliki basis pengguna yang sesuai dengan target market Anda. Misalnya, jika target Anda adalah konsumen di Amerika Serikat, Amazon dan eBay bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika Anda ingin menjangkau konsumen di Asia Tenggara, Shopee dan Lazada bisa menjadi alternatif yang menarik.
  • Jenis produk: Beberapa marketplace memiliki keunggulan dalam menjual produk tertentu. Misalnya, Etsy terkenal sebagai platform untuk menjual produk kerajinan tangan, sedangkan Alibaba lebih fokus pada produk grosir dan B2B.
  • Biaya: Setiap marketplace memiliki struktur biaya yang berbeda. Pertimbangkan biaya pendaftaran, biaya komisi, biaya pengiriman, dan biaya lainnya yang mungkin terjadi.
  • Fitur dan layanan: Beberapa marketplace menawarkan fitur dan layanan yang lebih lengkap dibandingkan yang lainnya. Misalnya, ada marketplace yang menyediakan layanan penerjemahan bahasa, layanan customer service yang multibahasa, dan layanan logistik yang terintegrasi.

Berikut beberapa rekomendasi marketplace luar negeri yang populer:

  • Amerika Serikat: Amazon, eBay, Walmart
  • Eropa: Amazon Europe, Etsy, AliExpress
  • Asia: Shopee, Lazada, Alibaba
  • Australia: eBay Australia, Amazon Australia, The Iconic

Kemudian, ada beberapa marketplace populer untuk produk digital yang lagi trend:

Amazon: Raksasa e-commerce global ini juga memiliki marketplace khusus untuk produk digital, termasuk eBook, audiobook, aplikasi, musik, dan video.

Amazon

Apple App Store: Toko aplikasi ini menawarkan jutaan aplikasi iOS untuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Apple App Store

Google Play Store: Toko aplikasi ini menawarkan jutaan aplikasi Android untuk smartphone dan tablet.

Google Play Store

Microsoft Store: Toko aplikasi ini menawarkan berbagai macam produk digital untuk perangkat Windows, termasuk aplikasi, game, film, dan musik.

Microsoft Store

Steam: Platform distribusi digital ini menawarkan berbagai macam video game, perangkat lunak, dan konten lainnya.

Steam

Etsy: Marketplace ini berfokus pada produk buatan tangan dan vintage, termasuk produk digital seperti template desain, pola, dan eBook.

Etsy

Creative Market: Marketplace ini menawarkan berbagai macam aset digital untuk desainer dan kreator, termasuk foto, ilustrasi, font, dan template.

Creative Market

Envato Market: Marketplace ini menawarkan berbagai macam aset digital untuk berbagai keperluan, termasuk template web, plugin WordPress, video stok, dan musik.

image 7

Gumroad: Platform ini memungkinkan kreator untuk menjual produk digital mereka secara langsung kepada pelanggan, tanpa perantara marketplace.

Gumroad

Roksul: Marketplace ini berfokus pada produk digital yang terkait dengan cryptocurrency dan blockchain, seperti eBook, whitepaper, dan template.

iFonts: Marketplace ini menawarkan berbagai macam font untuk digunakan dalam desain grafis dan web.

MyFonts: Marketplace ini menawarkan berbagai macam font premium dari desainer ternama.

MyFonts

Fonts.com: Marketplace ini menawarkan berbagai macam font dengan langganan bulanan atau tahunan.

AudioJungle: Marketplace ini menawarkan berbagai macam efek suara, musik bebas royalti, dan loop untuk digunakan dalam proyek multimedia.

Shutterstock: Marketplace ini menawarkan berbagai macam gambar bebas royalti, video stok, dan ilustrasi untuk digunakan dalam desain grafis dan web.

Shutterstock

Optimasi Listing Produk: Menarik Perhatian Calon Pembeli

Listing produk yang menarik dan informatif dapat meningkatkan peluang produk Anda untuk dilihat dan dibeli oleh konsumen global.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan listing produk Anda:

Gunakan judul yang jelas dan deskriptif

Judul produk digital adalah elemen penting dalam optimasi listing. Judul yang jelas dan deskriptif dapat membantu meningkatkan visibilitas produk Anda di mesin pencari dan menarik perhatian calon pembeli.

Berikut beberapa tips untuk membuat judul yang efektif:

1. Sertakan kata kunci yang relevan.

Pikirkan kata kunci yang akan digunakan orang untuk mencari produk Anda. Sertakan kata kunci tersebut dalam judul Anda, tetapi jangan sampai terlihat dipaksakan.

2. Buat judul yang singkat dan to the point.

Orang-orang lebih cenderung mengklik judul yang singkat dan mudah dibaca. Hindari judul yang panjang dan bertele-tele.

3. Gunakan kata-kata yang menarik perhatian.

Gunakan kata-kata yang kuat dan menarik untuk membuat orang ingin mengklik judul Anda. Anda dapat menggunakan kata-kata seperti “baru”, “gratis”, “diskon”, atau “terbaik”.

4. Sertakan informasi penting.

Judul Anda harus menyertakan informasi penting tentang produk Anda, seperti nama produk, jenis produk, dan manfaat utama.

5. Gunakan huruf besar dan angka.

Huruf besar dan angka dapat membantu judul Anda menonjol di halaman hasil pencarian.

Contoh judul yang efektif:

  • Software Desain Grafis Gratis Terbaik 2024
  • Kursus Online Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
  • E-book Rahasia Meningkatkan Produktivitas Anda

Gunakan gambar dan video yang berkualitas tinggi

Memiliki gambar dan video berkualitas tinggi untuk produk digital Anda adalah salah satu aspek terpenting dari optimasi listing produk. Berikut beberapa alasannya:

Meningkatkan Tampilan Visual: Gambar dan video yang menarik secara visual akan menarik perhatian pembeli dan membuat mereka lebih cenderung untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

Meningkatkan Kepercayaan: Gambar dan video berkualitas tinggi memberikan kesan profesional dan terpercaya, yang dapat membangun kepercayaan dengan calon pembeli.

Meningkatkan Konversi: Gambar dan video yang informatif dan menarik dapat membantu pembeli memahami produk Anda dengan lebih baik dan membuat keputusan pembelian yang lebih tepat, yang mengarah pada peningkatan konversi.

Menonjol dari Kompetisi: Dalam pasar digital yang ramai, gambar dan video berkualitas tinggi dapat membantu produk Anda menonjol dari pesaing dan menarik perhatian pembeli.

Meningkatkan SEO: Gambar dan video yang dioptimalkan dengan baik dapat membantu meningkatkan peringkat listing produk Anda dalam hasil mesin pencari, sehingga lebih banyak orang dapat menemukan produk Anda.

Tips untuk Memilih dan Mengoptimalkan Gambar dan Video untuk Produk Digital:

  • Gunakan gambar dan video beresolusi tinggi yang tajam dan jelas.
  • Pastikan gambar dan video Anda terhubung dengan baik dengan produk Anda dan target pasar Anda.
  • Gunakan teks alternatif yang deskriptif untuk gambar dan video Anda.
  • Optimalkan gambar dan video Anda untuk kecepatan pemuatan.
  • Gunakan platform video yang tepat untuk menjangkau audiens target Anda.
  • Pantau kinerja gambar dan video Anda dan buat penyesuaian yang diperlukan.

Berikan informasi yang lengkap dan akurat tentang produk Anda

Informasi ini harus meliputi deskripsi produk, spesifikasi, bahan baku, dan manfaat produk.

Sertakan ulasan pelanggan

Menyertakan ulasan pelanggan dalam optimasi listing produk digital Anda adalah langkah penting untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas produk Anda di mata calon pembeli. Berikut beberapa alasannya:

1. Meningkatkan Kepercayaan:

  • Ulasan positif dari pelanggan nyata membangun kepercayaan pada produk Anda. Calon pembeli lebih cenderung membeli produk dengan ulasan yang baik karena mereka merasa yakin bahwa produk tersebut berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Ulasan yang beragam, termasuk ulasan negatif, menunjukkan transparansi dan keaslian. Hal ini justru dapat meningkatkan kepercayaan pembeli karena mereka merasa mendapatkan informasi yang objektif.

2. Meningkatkan Relevansi Pencarian:

  • Mesin pencari seperti Google dan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia menggunakan ulasan pelanggan sebagai salah satu faktor untuk menentukan peringkat produk dalam hasil pencarian.
  • Ulasan yang kaya dengan kata kunci yang relevan dengan produk Anda akan membantu produk Anda muncul di hasil pencarian yang tepat, sehingga meningkatkan peluang dilihat oleh calon pembeli yang tepat.

3. Meningkatkan Konversi Penjualan:

  • Ulasan positif dapat mendorong calon pembeli untuk mengambil keputusan pembelian. Pembeli yang melihat ulasan positif lebih yakin untuk membeli produk Anda.
  • Ulasan juga dapat membantu mengatasi keraguan dan pertanyaan yang mungkin dimiliki calon pembeli tentang produk Anda.

Tips Menyertakan Ulasan Pelanggan dalam Optimasi Listing Produk Digital:

  • Dorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan: Minta pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan setelah mereka membeli dan menggunakan produk Anda. Anda dapat menawarkan insentif seperti diskon atau poin reward untuk mendorong partisipasi.
  • Tanggapi ulasan dengan baik: Tanggapi ulasan pelanggan, baik positif maupun negatif. Tunjukkan rasa terima kasih atas ulasan positif dan tanggapi ulasan negatif dengan profesional dan sopan.
  • Gunakan ulasan dalam materi pemasaran: Gunakan kutipan dari ulasan pelanggan yang positif dalam materi pemasaran Anda, seperti website produk, brosur, dan iklan.

Gunakan harga yang kompetitif

Lakukan riset untuk mengetahui harga produk yang sejenis di marketplace tersebut. Tawarkan harga yang kompetitif tanpa mengorbankan keuntungan Anda.

Tawarkan berbagai pilihan pembayaran dan pengiriman

Pastikan Anda menawarkan berbagai pilihan pembayaran dan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan konsumen global.

Tips dan Trik Tambahan untuk Menembus Pasar Global

Berikut adalah beberapa tips dan trik tambahan untuk membantu Anda menembus pasar global:

  • Hadiri pameran dagang dan acara internasional. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun jaringan dan memperkenalkan produk Anda kepada calon pembeli global.
  • Bekerjasamalah dengan distributor lokal. Distributor lokal dapat membantu Anda menjangkau pasar yang lebih luas dan memahami budaya dan kebiasaan konsumen lokal.
  • Terjemahkan website Anda ke dalam bahasa target market. Website yang diterjemahkan akan membantu konsumen global untuk memahami produk dan layanan Anda dengan lebih baik.
  • Gunakan media sosial untuk menjangkau target market Anda. Media sosial adalah platform yang efektif untuk membangun brand awareness, menjalin hubungan dengan konsumen, dan mempromosikan produk Anda.
  • Berikan layanan customer support yang excellent. Konsumen global menghargai layanan customer support yang responsif dan membantu. Pastikan Anda menyediakan layanan customer support dalam bahasa target market.
  • Patuhi peraturan dan undang-undang yang berlaku di negara tujuan. Pastikan Anda memahami dan mematuhi peraturan dan undang-undang yang berlaku di negara tujuan sebelum Anda mulai berjualan di sana.

Strategi Marketing yang Jitu: Menarik Konsumen Global dan Meningkatkan Penjualan

Setelah melakukan riset pasar dan membangun brand yang kuat, kini saatnya Anda melangkah ke tahap selanjutnya: strategi marketing. Di sinilah Anda akan menarik perhatian konsumen global dan meningkatkan penjualan produk Anda.

Berikut beberapa strategi marketing yang jitu untuk marketplace luar negeri:

  • Optimasi listing produk: Pastikan listing produk Anda lengkap, informatif, dan menarik. Gunakan foto produk yang berkualitas tinggi, deskripsi produk yang jelas dan detail, serta kata kunci yang relevan untuk pencarian.
  • Promosi dan iklan: Manfaatkan berbagai fitur promosi dan iklan yang tersedia di marketplace luar negeri. Anda dapat membuat iklan berbayar, menawarkan diskon, atau mengikuti program promosi khusus.
  • Content marketing: Buatlah konten menarik yang relevan dengan target market Anda. Konten dapat berupa blog post, artikel, video, atau infografis. Bagikan konten Anda di media sosial dan platform online lainnya untuk meningkatkan awareness brand Anda.
  • Social media marketing: Gunakan media sosial untuk membangun hubungan dengan konsumen global. Jawab pertanyaan dan komentar mereka dengan cepat dan ramah. Adakan giveaway dan kontes untuk meningkatkan engagement dengan followers Anda.
  • Influencer marketing: Bekerjasama dengan influencer yang memiliki pengaruh besar di target market Anda. Influencer dapat membantu Anda mempromosikan produk Anda kepada followers mereka.

Tips tambahan:

  • Pelajari budaya dan bahasa lokal: Luangkan waktu untuk mempelajari budaya dan bahasa lokal di negara target Anda. Hal ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan konsumen dengan lebih baik dan membangun kepercayaan mereka.
  • Bangun customer service yang handal: Pastikan customer service Anda selalu siap sedia untuk menjawab pertanyaan dan membantu konsumen. Berikan respon yang cepat dan ramah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Pantau performa dan lakukan penyesuaian: Pantau secara berkala performa listing produk, strategi marketing, dan penjualan Anda. Lakukan penyesuaian dan optimasi yang diperlukan untuk meningkatkan hasil.

Jadi, marketplace luar negeri membuka gerbang peluang bisnis tak terbatas bagi para pengusaha Indonesia. Dengan strategi yang tepat dan kerja keras, Anda dapat menjangkau konsumen global dan meningkatkan penjualan produk Anda.

Ingatlah, kunci sukses dalam berbisnis di marketplace luar negeri adalah:

  • Melakukan riset pasar yang mendalam.
  • Membangun brand yang kuat.
  • Menerapkan strategi marketing yang jitu.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda siap menjelajahi pasar global dan meraih kesuksesan dalam bisnis Anda!

1. Apa saja marketplace luar negeri yang populer untuk pengusaha Indonesia?

Ada banyak marketplace luar negeri yang populer untuk pengusaha Indonesia, seperti Amazon, eBay, AliExpress, Shopee, dan Lazada.

2. Bagaimana cara saya mendaftar dan berjualan di marketplace luar negeri?

Setiap marketplace memiliki proses pendaftaran dan tata cara berjualan yang berbeda. Anda dapat mengunjungi website resmi marketplace dan mengikuti panduan yang tersedia.

3. Apa saja persyaratan untuk berjualan di marketplace luar negeri?

Persyaratan umum untuk berjualan di marketplace luar negeri adalah memiliki akun PayPal, kartu kredit internasional, dan produk yang sesuai dengan kebijakan marketplace.

4. Bagaimana cara saya mengatasi kendala bahasa dalam berbisnis di marketplace luar negeri?

Anda dapat menggunakan jasa penerjemah atau software translation untuk membantu Anda berkomunikasi dengan konsumen global.

5. Apa saja tips untuk meningkatkan penjualan produk saya di marketplace luar negeri?

Terdapat banyak tips untuk meningkatkan penjualan produk Anda di marketplace luar negeri, seperti optimasi listing produk, promosi dan iklan, content marketing, social media marketing, dan influencer marketing.
Penting untuk diingat bahwa kunci sukses dalam berbisnis di marketplace luar negeri adalah melakukan riset pasar yang mendalam, membangun brand yang kuat, menerapkan strategi marketing yang jitu, dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like