SEO Writer Adalah: Arti, Tugas, Tips, Hingga Gaji (2023)

Dalam era dunia digital saat ini, bisnis yang Anda kembangkan sangat mudah untuk di jangkau masyarakat luas loh! Salah satu caranya yaitu mengguanakan konsep SEO.

Umumnya SEO ini banyak prefesinya, salah satunya adalah seorang SEO writer.

Apa itu SEO writer?

SEO writer adalah seseorang yang dapat menulis konten dengan tujuan peringkat di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Ini dicapai dengan meneliti kata kunci yang relevan dan membuat konten yang dioptimalkan yang menjawab maksud pengguna.

Itulah mengapa seorang penulis SEO ini menjadi peran penting di dunia online, khususnya bagi bisnis Anda.

Dengan mengikuti perkembangan tren terbaru dan praktik terbaik, Anda dapat membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran mereka dan menarik lebih banyak pelanggan.

Dengan dedikasi dan kerja keras, Anda dapat menjadi penulis SEO yang terampil dan membuat dampak nyata di dunia digital.

Untuk lebih jelasnya mengenai SEO writer, yuk simak dibawah ini!

SEO Writer Adalah

SEO content writer adalah seseorang yang menulis konten untuk situs web dengan tujuan meningkatkan peringkat mesin pencari (search engine). Hal ini melibatkan penggunaan kata kunci dan frasa tertentu yang terkait dengan konten dan struktur situs web.

Seorang penulis konten SEO yang efektif harus memahami algoritme mesin pencari dan bagaimana mereka menentukan relevansi dan otoritas.

Dengan membuat konten berkualitas tinggi dan kaya kata kunci, penulis dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web dan menarik lebih banyak traffik organik.

Selain menulis, penulis konten SEO juga bertanggung jawab untuk meneliti dan menganalisis kata kunci, melacak kinerja situs web, dan membuat rekomendasi konten berdasarkan data dan analisis.

Ini adalah peran penting dalam dunia pemasaran digital dan membutuhkan kombinasi keterampilan menulis dan pengetahuan teknis.

Sebagai gambaran, jika Anda telah mendedikasikan 5 tahun terakhir untuk membangun blog Anda, Anda mungkin telah mencapai peningkatan organik dalam traffik situs web dari 5.000-555.000 pengunjung per bulan.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan traffic situs web, hingga menghasilkan lebih banyak pelanggan yang dapat membeli produk dari situs web.

Nah, jika tertarik untuk mengejar karier sebagai penulis konten SEO, maka Anda perlu mengikuti tren dan teknik terkini dalam SEO dan pemasaran konten.

Dan jangan lupa pentingnya membuat konten yang bernilai dan menarik bagi audiens Anda bagaimanapun juga, mesin pencari bukanlah satu-satunya yang akan membaca konten Anda!

Kemudian, penelitian menemukan bahwa jumlah klik yang didapat halaman tidak hanya bergantung pada masuk ke halaman pertama hasil pencarian, tetapi juga sangat bergantung pada naik setinggi mungkin di halaman itu, dilansir dari sumber rockcontent.

Menulis untuk SEO juga penting karena ini adalah teknik pemasaran yang terus berjalan seumur hidup situs web Anda.

Banyak orang melakukannya dengan baik dengan iklan PPC, tetapi jika mereka berhenti membayar iklan itu, itu tidak akan lagi mendatangkan traffic.

Konten SEO yang baik tetap berfungsi untuk situs web Anda, apa pun yang Anda lakukan untuk memasarkan situs Anda.

Apa Peran SEO Dalam Penulisan Konten?

Fungsi SEO adalah aspek penting dalam penulisan konten yang membantu konten Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, Anda bisa dapat meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan oleh mereka sesuai topik yang Anda tulis. Tapi apa sebenarnya fungsi SEO itu?

1. Menulis Berdasarkan Keywords

Menulis konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk algoritme mesin pencari dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi ini adalah aspek penting dalam pembuatan konten modern.

Nahm jika Anda menulis konten SEO yang efektif, maka Anda perlu memahami peran kata kunci dalam penulisan konten.

Kata kunci adalah kata atau frasa yang biasa digunakan orang untuk mencari informasi secara online. Memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam konten Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman hasil mesin pencari.

Meskipun penting untuk memasukkan kata kunci ke dalam konten Anda, sama pentingnya untuk memastikan bahwa kata kunci tersebut digunakan secara alami dan mulus. Penggunaan kata kunci yang berlebihan, yang juga dikenal sebagai keyword stuffing, dapat mengakibatkan penalti dari mesin pencari.

Untuk menghindari keyword stuffing, disarankan untuk melakukan penelitian menyeluruh dan mengidentifikasi kata kunci berekor panjang yang relevan dengan topik Anda.

Kata kunci ekor panjang adalah frasa spesifik yang memiliki peluang lebih tinggi untuk digunakan oleh orang-orang yang mencari informasi spesifik.

Memasukkan kata kunci berekor panjang ke dalam konten Anda tidak hanya membantu meningkatkan peringkat situs web Anda, tetapi juga memastikan bahwa konten tersebut relevan dan berguna bagi audiens target Anda.

Selain menggunakan kata kunci, penting untuk membuat konten berkualitas tinggi yang menarik pembaca dan memberikan nilai.

Menulis konten yang informatif dan menarik yang menggunakan kata kunci secara alami dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.

Menulis Berdasarkan Keywords

2. Memahami Search Intent

Kekuatan SEO terletak pada pemahaman dan memenuhi maksud pengguna.

Menulis konten yang selaras dengan kueri penelusuran pengguna sangat penting, tidak hanya untuk keterlibatan tetapi juga untuk memastikan situs web mendapat peringkat yang baik di mesin pencari.

Jika Anda ingin mencapai hal ini, maka taktik SEO harus ada di bagian integral dari penulisan konten. Pembuat konten harus menggunakan teknik pengoptimalan bahasa agar dapat mengoptimalkan salinan mereka,

Kemudian saat melakukan pengoptimalan mesin pencari, Anda harus menggunakan kata kunci dengan hati-hati dan strategis, serta memastikan struktur konten agar bisa dinavigasi.

Selain itu, mereka harus memperhatikan panjang dan judul konten-memastikan bahwa mereka cukup panjang agar dapat diambil oleh mesin pencari, tetapi cukup pendek untuk tidak menyebabkan pembaca berhenti membacanya.

Penulis juga perlu menyertakan tautan internal dan sumber eksternal sehingga mereka menciptakan jaringan informasi yang relevan untuk dijelajahi oleh pembaca.

Selain itu, penulis harus mengetahui masalah teknis yang berkaitan dengan kecepatan loading website dan keramahan terhadap perangkat seluler (SEO friendly).

Keduanya merupakan komponen penting dalam SEO saat ini. Karena hal tersebut membantu algoritma Google menentukan hirarki halaman DOM (document object model) dan mengindeks halaman yang sesuai.

Langkah-langkah ini dikombinasikan dengan mengidentifikasi kata kunci target dapat membantu menyempurnakan maksud pencarian untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, peningkatan keterlibatan, kredibilitas merek.

Untuk media pangsa yang dipakai ada media sosial, dengan begitu Anda bisa memperoleh leads yang lebih baik, dan peningkatan konversi penjualan.

3. Menguasai Gaya Penulisan yang Berbeda

SEO dalam penulisan konten memainkan peran penting dalam menguasai gaya penulisan yang berbeda. Ini bukan hanya tentang menggunakan kata kunci, tetapi juga memahami audiens Anda dan menyesuaikan tulisan Anda dengan kebutuhan mereka.

Fungsi SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas konten Anda, yang hanya dapat dicapai dengan mengikuti tren dan teknik terbaru. Hal ini melibatkan penguasaan gaya penulisan yang berbeda untuk menarik audiens yang lebih luas.

Misalnya, beberapa pembaca lebih menyukai kalimat yang singkat dan tajam, sementara yang lain lebih menyukai kalimat yang lebih panjang dan kompleks.

SEO dalam penulisan konten memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tulisan Anda agar sesuai dengan preferensi ini, membuat konten Anda lebih mudah diakses dan menarik.

SEO juga membantu Anda menyusun konten dengan cara yang mudah dibaca dan dipahami.

Hal ini melibatkan penggunaan judul, subjudul, poin-poin penting, dan teknik pemformatan lainnya untuk memecah konten Anda menjadi beberapa bagian yang mudah dicerna.

Dengan menguasai gaya penulisan yang berbeda melalui SEO, Anda dapat membuat konten yang tidak hanya memiliki peringkat yang baik di mesin pencari, tetapi juga beresonansi dengan pembaca Anda.

Hal ini dapat meningkatkan traffic, engagement, dan pada akhirnya, konversi.

Apa Tugas Pekerjaan SEO Writer?

Sebagai penulis SEO, tugas Anda adalah membuat konten yang bisa dioptimalkan untuk mesin pencarian seperti Google. Hal ini Anda perlu melakukan riset kata kunci. Nah, untuk tugas pekerjaan lainnya dari seorang SEO writing yaitu:

1. Membuat, Mengawasi, dan Berbagi Konten untuk Kebutuhan Situs Web

Sebagai penulis SEO, tugas Anda adalah membuat konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk mesin pencari.

Namun, ini bukan hanya tentang membuat konten. Anda juga harus mampu mengelola dan mendistribusikan konten tersebut secara efektif. Ini berarti memahami cara menggunakan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan karya Anda.

Tugas pekerjaan Anda mungkin termasuk mengembangkan kalender konten, mengelola alur kerja editorial, dan berkolaborasi dengan anggota tim lain untuk memastikan bahwa konten Anda memenuhi kebutuhan situs web.

Anda juga harus bisa menganalisis data dan melacak performa konten Anda sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk memperbaikinya.

Hal ini mungkin melibatkan penggunaan alat seperti Google Analytics atau perangkat lunak pelacakan SEO lainnya.

Intinya, tugas sebagai seorang penulis SEO adalah membuat konten yang tidak hanya memenuhi kebutuhan situs web, tetapi juga memberikan nilai bagi pembaca.

Hal ini membutuhkan kreativitas, perhatian terhadap detail, dan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip SEO.

2. Melakukan Riset

Sebagai penulis SEO, salah satu tugas utama Anda adalah melakukan riset. Riset sangat penting untuk membuat konten berkualitas tinggi dan informatif yang memiliki peringkat yang baik dalam hasil mesin pencari.

Sebelum Anda mulai menulis, penting untuk memahami audiens Anda dan topik yang mereka minati.

Hal ini melibatkan riset kata kunci untuk mengidentifikasi istilah pencarian yang digunakan audiens target Anda untuk menemukan informasi yang terkait dengan topik Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci Anda, saatnya untuk mulai menggali lebih dalam. Hal ini melibatkan penelitian topik yang terkait dengan kata kunci Anda dan mengidentifikasi pertanyaan yang ditanyakan oleh audiens Anda.

Anda dapat menggunakan berbagai alat untuk melakukan penelitian, termasuk mesin pencari, media sosial, dan publikasi industri.

Penting untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, tetapi juga untuk memastikan bahwa informasi tersebut akurat dan dapat diandalkan.

Saat Anda melakukan riset, ingatlah tujuan dari konten Anda dan sasaran yang ingin Anda capai. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan memastikan bahwa konten Anda relevan dan bernilai bagi audiens Anda.

 Melakukan Riset

3. Keahlian Menulis

Sebagai penulis SEO, tugas Anda adalah membuat konten yang tidak hanya menarik pembaca, tetapi juga memenuhi persyaratan mesin pencari.

Oleh karena itu perlu yang namanya keterampilan menulis untuk memungkinkan Anda menghasilkan konten berkualitas tinggi dan dioptimalkan.

Pertama, Anda harus memiliki penguasaan bahasa Inggris yang kuat. Ini termasuk pemahaman yang baik tentang tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Tulisan Anda harus jelas dan ringkas, dengan fokus untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik.

Selain keterampilan menulis, Anda juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip SEO. Hal ini mencakup pengetahuan tentang penelitian dan pengoptimalan kata kunci, serta pemahaman tentang cara kerja mesin pencari.

Tulisan Anda harus dioptimalkan untuk pembaca dan mesin pencari, dengan fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi yang informatif dan menarik.

Hal ini membutuhkan keseimbangan antara memasukkan kata kunci yang relevan dan memberikan informasi yang berharga kepada audiens Anda.

Sebagai seorang penulis SEO, Anda juga harus mampu menulis untuk berbagai platform dan media. Ini termasuk halaman web, posting blog, media sosial, dan banyak lagi.

Setiap platform membutuhkan gaya penulisan yang berbeda, jadi penting untuk menjadi serba bisa dan mudah beradaptasi.

3. Keatifitas Dalam Membuat Konten

Sebagai seorang penulis SEO, tugas Anda adalah membuat konten yang tidak hanya mengarahkan traffic ke situs web, tetapi juga menarik dan menginspirasi pembaca. Untuk mencapai hal ini, Anda harus kreatif dalam pendekatan Anda dalam menulis.

Konten Anda harus unik dan menonjol dari pesaing. Hal ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang target audiens dan kemampuan untuk menyesuaikan gaya penulisan Anda dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Selain menjadi kreatif dalam menulis, Anda juga harus dapat mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari. Hal ini melibatkan penggunaan kata kunci secara strategis dan menyusun konten Anda dengan cara yang mudah dimengerti oleh mesin pencari.

Namun, kreativitas tidak berhenti pada tahap penulisan. Sebagai seorang penulis SEO, Anda juga harus mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif untuk konten yang akan membuat pembaca terus datang kembali.

Hal ini membutuhkan kemauan untuk bereksperimen dan mengambil risiko.

Keatifitas Dalam Membuat Konten

4. Kepekaan Terhadap Tren Saat Ini

Sebagai seorang penulis SEO, Anda bertanggung jawab untuk selalu mengikuti tren dan perubahan yang terjadi di industri ini.

Oleh karena itu, perlu yang namanya kepekaan terhadap perubahan algoritma mesin pencari dan perilaku pengguna.

Tugas Anda termasuk melakukan penelitian menyeluruh tentang kata kunci dan topik yang relevan, dan membuat konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Namun, ini bukan hanya tentang memasukkan kata kunci dan membangun tautan.

Agar sukses sebagai penulis SEO, Anda juga harus peka terhadap kebutuhan dan preferensi audiens target Anda. Anda harus membuat konten yang menarik, informatif, dan berharga bagi pembaca Anda.

Sehingga, Anda membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang masalah, minat, dan aspirasi audiens Anda. Anda juga harus dapat mengantisipasi kebutuhan mereka dan memberikan solusi yang relevan dan bermanfaat.

Tugas Anda sebagai penulis SEO membutuhkan tingkat adaptasi dan fleksibilitas yang tinggi. Anda harus mampu berputar dengan cepat dalam menanggapi perubahan dalam industri, sambil tetap fokus pada kebutuhan dan preferensi audiens Anda.

Cara Menjadi SEO Content Writer yang Handal

Apakah Anda tertarik untuk menjadi penulis konten SEO yang handal? Baik Anda seorang pemula atau penulis berpengalaman. Karena seo content writer ini harus selalu ada cara untuk meningkatkan keterampilan Anda dan tetap up-to-date dengan tren dan teknik terbaru.

Nah, dalam panduan ini, kami akan memberi Anda cara menjadi SEO content writer untuk membantu Anda menjadi penulis konten SEO yang sukses.

1. Memahami Kaidah SEO Friendly

Untuk menjadi seorang SEO Content Writer yang baik, penting untuk memahami kaidah SEO friendly. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Meneliti kata kunci: Sebelum menulis konten, lakukan penelitian kata kunci untuk mengetahui kata atau frasa yang paling relevan dan populer dalam niche Anda. Gunakan alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat.
  • Menulis konten berkualitas: Tulis konten yang informatif, menarik, dan berkualitas tinggi. Pastikan konten Anda relevan dengan topik yang Anda tulis. Gunakan subjudul dan paragraf yang jelas untuk memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami konten Anda.
  • Penggunaan kata kunci: Masukkan kata kunci yang relevan secara alami ke dalam konten Anda. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci karena dapat dianggap sebagai spamming oleh mesin pencari. Gunakan variasi kata kunci dan sinonim untuk membuat konten Anda terlihat lebih alami.
  • Struktur konten yang baik: Buatlah struktur konten yang mudah dinavigasi dengan menggunakan subjudul yang jelas dan poin-poin penting yang terorganisir dengan baik. Hal ini akan membantu mesin pencari dan pembaca manusia untuk memahami dan mengevaluasi konten Anda.
  • Pengoptimalan meta tag: Pastikan untuk mengoptimalkan meta tag di halaman Anda, termasuk judul, deskripsi, dan tag header. Gunakan kata kunci yang relevan dan menarik untuk meningkatkan peluang konten Anda muncul dalam hasil pencarian.
  • Optimalisasi URL: Buat URL yang deskriptif dan singkat untuk setiap halaman konten Anda. Gunakan kata kunci yang relevan dalam URL untuk membantu mesin pencari memahami konten halaman Anda.
  • Penggunaan tautan internal dan eksternal: Tautkan konten Anda dengan tautan internal dan eksternal yang relevan. Tautan internal membantu mesin pencari memahami struktur situs Anda, sementara tautan eksternal meningkatkan otoritas dan kepercayaan konten Anda.
  • Pengoptimalan gambar: Jika Anda menggunakan gambar dalam konten Anda, beri nama file gambar dengan kata kunci yang relevan dan berikan atribut alt yang menggambarkan gambar dengan jelas. Ini membantu mesin pencari memahami konten visual Anda.
  • Memperhatikan kecepatan situs: Pastikan situs web Anda memiliki kecepatan yang baik dengan mengoptimalkan ukuran file gambar, meminimalkan penggunaan skrip yang berat, dan menggunakan layanan hosting yang andal. Kecepatan situs yang baik membantu meningkatkan peringkat SEO Anda.
  • Analisis dan pemantauan: Lakukan analisis dan pemantauan secara rutin untuk melihat seberapa baik konten Anda berperforma dan menyesuaikan strategi Anda jika diperlukan. Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk melacak kinerja konten Anda.
Memahami Kaidah SEO Friendly

2. Menemukan Keyword yang Relevan dengan Bisnis

Untuk menjadi seorang SEO Content Writer yang baik, salah satu langkah penting adalah menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang Anda tulis kontennya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pahami target audiens: Memahami target audiens Anda adalah langkah pertama dalam menemukan kata kunci yang relevan. Ketahui siapa mereka, apa yang mereka cari, dan bahasa atau frasa apa yang mereka gunakan saat mencari informasi terkait dengan bisnis Anda.
  • Gunakan alat penelitian kata kunci: Gunakan alat penelitian kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ubersuggest untuk menemukan kata kunci yang relevan dan populer. Masukkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda dan lihatlah saran kata kunci yang diberikan oleh alat tersebut.
  • Pilih kata kunci dengan volume pencarian yang baik: Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian yang baik, yang berarti kata kunci tersebut sering dicari oleh orang-orang. Hindari memilih kata kunci yang terlalu umum atau terlalu kompetitif, karena dapat sulit untuk bersaing di peringkat mesin pencari.
  • Perhatikan tingkat persaingan: Periksa tingkat persaingan atau kesulitan yang terkait dengan kata kunci yang Anda pilih. Jika tingkat persaingan terlalu tinggi, pertimbangkan untuk mencari variasi kata kunci atau menggunakan kata kunci long-tail yang lebih spesifik.
  • Gunakan variasi kata kunci: Selain menggunakan kata kunci utama, gunakan variasi kata kunci atau sinonim yang relevan. Ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan keberagaman kata kunci dalam konten Anda, serta memungkinkan Anda menargetkan audiens yang lebih luas.
  • Perhatikan kata kunci lokal: Jika bisnis Anda memiliki orientasi lokal, pastikan untuk mempertimbangkan kata kunci lokal yang relevan. Misalnya, tambahkan nama kota atau daerah ke kata kunci Anda untuk menarik lalu lintas lokal yang relevan.
  • Tinjau kata kunci pesaing: Melakukan analisis kata kunci pada pesaing Anda dapat memberikan wawasan berharga. Lihat kata kunci apa yang mereka gunakan dalam konten mereka dan cari tahu bagaimana Anda dapat bersaing atau menemukan celah di antara kata kunci yang mereka gunakan.
  • Lakukan penelitian terus-menerus: Dunia SEO selalu berubah, jadi penting untuk melakukan penelitian kata kunci secara terus-menerus. Pantau tren dan perubahan dalam industri Anda, serta perubahan perilaku pencarian pengguna.

3. Proses untuk Menemukan Keyword Berdasarkan Maksud Pencarian (Search Intent)

Untuk menentukan kata kunci berdasarkan “search intent” (niat pencarian) pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pahami jenis “search intent”: Ada beberapa jenis “search intent” yang umum, antara lain:
    • Niat informasional: Pengguna mencari informasi atau jawaban atas pertanyaan mereka.
    • Niat transaksional: Pengguna mencari produk atau layanan untuk dibeli.
    • Niat navigasional: Pengguna mencari situs web atau halaman spesifik.
    • Niat komersial: Pengguna sedang melakukan penelitian untuk membandingkan produk atau mencari ulasan sebelum melakukan pembelian.
  • Analisis hasil pencarian: Lakukan pencarian menggunakan kata kunci potensial dan perhatikan jenis konten yang muncul dalam hasil pencarian. Apakah itu artikel, panduan, ulasan produk, atau halaman penjualan? Ini dapat memberikan petunjuk tentang niat pencarian pengguna.
  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan niat pencarian: Setelah memahami jenis “search intent”, pilih kata kunci yang paling relevan dengan niat pencarian pengguna. Misalnya, jika niat pencarian adalah informatif, gunakan kata kunci yang berkaitan dengan penjelasan atau panduan. Jika niat pencarian adalah transaksional, gunakan kata kunci yang berkaitan dengan pembelian atau produk.
  • Menggunakan pertanyaan atau frasa panjang: Banyak pengguna menggunakan pertanyaan atau frasa panjang saat mencari informasi. Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci dalam bentuk pertanyaan atau frasa yang lebih panjang yang lebih sesuai dengan niat pencarian pengguna.
  • Tinjau saran otomatisasi: Ketika Anda mulai mengetik kata kunci dalam mesin pencari, Anda akan melihat saran otomatisasi yang relevan. Ini memberikan wawasan tentang jenis pertanyaan atau kata kunci yang sering dicari pengguna yang terkait dengan topik yang Anda tulis.
  • Periksa analitik situs web: Jika Anda sudah memiliki situs web, periksa data analitik untuk melihat kata kunci yang telah membawa lalu lintas atau menghasilkan konversi. Ini dapat memberikan gambaran tentang niat pencarian pengguna yang sudah berinteraksi dengan konten Anda.
  • Terus pantau dan sesuaikan: Praktek terbaik adalah terus memantau dan mengevaluasi performa konten Anda. Jika Anda melihat bahwa kata kunci yang Anda gunakan tidak sesuai dengan niat pencarian pengguna atau tidak menghasilkan hasil yang diinginkan, Anda dapat melakukan penyesuaian dan percobaan dengan kata kunci yang berbeda.

4. Mengidentifikasi Subtopik yang Diperlukan untuk Dibahas

Tentukan subtopik yang perlu Anda bahas dalam tulisan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tentukan topik utama: Pilih topik yang ingin Anda tulis. Misalnya, jika Anda menulis tentang “Manfaat Olahraga Rutin”, itu adalah topik utama Anda.
  • Riset topik: Lakukan riset tentang topik tersebut. Cari informasi terbaru, sumber terpercaya, dan temukan fakta atau statistik yang relevan. Ini akan membantu Anda memahami topik dengan lebih baik dan menentukan subtopik yang menarik.
  • Identifikasi aspek-aspek penting: Tinjau topik secara menyeluruh dan identifikasi aspek-aspek penting yang dapat dibahas. Misalnya, dalam topik “Manfaat Olahraga Rutin”, beberapa aspek penting bisa menjadi kesehatan fisik, kesehatan mental, penurunan berat badan, peningkatan energi, dll.
  • Buat daftar subtopik: Buat daftar subtopik berdasarkan aspek-aspek penting yang telah Anda identifikasi. Misalnya: a. Manfaat kesehatan fisik dari olahraga rutin b. Manfaat kesehatan mental dari olahraga rutin c. Cara olahraga rutin dapat membantu dalam penurunan berat badan d. Bagaimana olahraga rutin dapat meningkatkan energi sepanjang hari
  • Pilih subtopik yang relevan dan menarik: Tinjau daftar subtopik yang telah Anda buat dan pilih subtopik yang paling relevan dan menarik. Pertimbangkan apakah subtopik tersebut akan memberikan informasi berharga kepada pembaca dan apakah Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman yang cukup untuk menulis tentangnya.
  • Buat rencana konten: Setelah memilih subtopik, buat rencana konten yang mencakup poin-poin penting yang ingin Anda bahas dalam tulisan. Urutkan poin-poin tersebut agar ada aliran logis dan memastikan bahwa tulisan Anda terstruktur dengan baik.
  • Mulai menulis: Setelah memiliki rencana konten yang jelas, mulailah menulis tulisan Anda dengan mengembangkan setiap subtopik secara rinci. Sertakan informasi yang relevan, fakta, contoh, dan penelitian yang mendukung.

5. Buat Perencanaan Konten

Menjadi seorang penulis konten SEO membutuhkan lebih dari sekedar kemampuan menulis yang baik. Hal ini melibatkan pemahaman tentang cara kerja mesin pencari dan cara mengoptimalkan konten Anda untuk mereka.

Untuk membuat rencana konten yang sukses, Anda harus memulai dengan riset kata kunci.

Identifikasi kata kunci yang dicari oleh audiens target Anda dan masukkan ke dalam konten Anda. Namun jangan berlebihan.

Jika Anda memasukkan kata kunci secara berlebihan, maka dapat merusak peringkat Anda. Gunakan kata kunci secara alami dan strategis di seluruh konten Anda.

Selanjutnya, buatlah kalender konten. Ini akan membantu Anda tetap teratur dan konsisten dengan jadwal penerbitan Anda. Tentukan topik yang ingin Anda bahas dan kapan Anda akan mempublikasikannya.

Pastikan konten Anda berkualitas tinggi dan bernilai bagi audiens Anda. Hal ini akan membantu Anda menarik dan mempertahankan pembaca. Gunakan judul, subjudul, dan poin-poin penting agar konten Anda mudah dibaca dan dilihat.

Sertakan tautan internal dan eksternal ke konten lain yang relevan. Hal ini akan membantu Anda membangun otoritas dan meningkatkan SEO Anda.

Terakhir, lacak hasil Anda dan sesuaikan rencana Anda sesuai kebutuhan. Gunakan alat analitik untuk melihat kinerja konten Anda dan apa yang dapat Anda tingkatkan. Semakin banyak Anda belajar dan beradaptasi, semakin sukses rencana konten Anda.

Menjadi penulis konten SEO membutuhkan waktu dan usaha, tetapi dengan rencana dan strategi yang tepat, Anda dapat membuat konten yang memiliki peringkat yang baik dan melibatkan audiens Anda.

perencanaan konten

6. Mulai Menulis

Menjadi seorang penulis konten SEO mungkin terlihat menakutkan, tetapi langkah pertama yang harus dilakukan adalah: mulailah menulis.

Menulis adalah keterampilan yang dapat dikembangkan dengan latihan, dan semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda.

Untuk memulai, pilihlah topik yang menarik minat Anda dan mulailah menulis tentang topik tersebut. Bereksperimenlah dengan gaya dan format penulisan yang berbeda, seperti daftar artikel, panduan cara, dan opini.

Saat Anda menulis, ingatlah prinsip-prinsip SEO. Gunakan kata kunci yang relevan di seluruh konten Anda, tetapi jangan berlebihan. Tulisan Anda harus mengalir secara alami dan menarik bagi pembaca.

Aspek penting lainnya dari penulisan konten SEO adalah membuat konten yang bernilai dan informatif bagi audiens Anda. Teliti topik Anda secara menyeluruh dan berikan wawasan atau perspektif yang unik.

Jangan takut untuk meminta feedback dari orang lain atau mencari bimbingan dari penulis konten SEO yang berpengalaman.

Semakin banyak Anda belajar dan mengasah kemampuan Anda, semakin percaya diri Anda akan kemampuan Anda untuk menulis konten yang efektif dan menarik.

Jadi, mulailah menulis hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi penulis konten SEO. Dengan latihan dan dedikasi, Anda dapat mengasah kemampuan Anda dan membangun karir yang sukses di bidang ini.

Perbandingan Peran Penulis Konten (Content Writer) dan Penulis Konten SEO (SEO Content Writer)

Penulisan konten dan penulisan konten SEO mungkin terlihat mirip, tetapi ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Penulisan konten (content writer) adalah tentang membuat konten yang menarik dan informatif yang terhubung dengan audiens. Hal ini berfokus pada kualitas konten dan kemampuannya untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif.

Penulis konten (content writer) menggunakan kreativitas dan keterampilan menulis mereka untuk menghasilkan konten yang menarik bagi pembaca dan membuat mereka tetap terlibat.

Di sisi lain, penulisan konten SEO (SEO content writer) adalah tentang membuat konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Hal ini berfokus pada penggunaan kata kunci dan frasa tertentu untuk meningkatkan peringkat konten di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Penulis konten SEO (SEO content writer) menggunakan pengetahuan mereka tentang teknik SEO dan praktik terbaik untuk membuat konten yang menarik dan dioptimalkan untuk mesin pencari.

Meskipun kedua jenis tulisan tersebut membutuhkan keterampilan menulis yang kuat dan perhatian terhadap detail, penulisan konten SEO membutuhkan pengetahuan tambahan tentang strategi dan algoritme SEO.

Penulis konten SEO juga harus mengetahui tren dan perubahan terbaru dalam algoritma mesin pencari untuk memastikan konten mereka tetap relevan dan efektif.

Singkatnya, penulisan konten adalah tentang terhubung dengan audiens melalui konten yang menarik dan informatif, sedangkan penulisan konten SEO adalah tentang mengoptimalkan konten untuk mesin pencari dengan tetap mempertahankan kualitas dan daya tariknya bagi pembaca.

Gaji dan Bayaran SEO Writer

Lalu bagaimana denga gaji SEO conten writer ini?

Sumber indeed, memberikan menjelaskan bahwa gaji rata-rata untuk content writer adalah Rp 4.102.551 per bulan di Indonesia.

Meskipun ini dapat bervariasi tergantung pada penawaran perusahaan. Perlu dicatat bahwa beberapa penulis konten dapat menerima gaji yang lebih tinggi dari upah minimum yang berlaku.

Selain itu, sumber dari kita lulus menjelaskan juga bahwa, gaji untuk penulis konten lepas biasanya berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 4 juta, tetapi dapat bervariasi berdasarkan kesepakatan individu dengan pemberi kerja.

Gaji dan Bayaran SEO Writer

Nah, itu dia penjelasan mengenai SEO writer. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menjalskan bagaimana profesi SEO writer ini!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like