11 Rekomendasi Sertifikasi Data Analyst Terbaik 

Menjadi seorang data analyst dapat membuka banyak peluang bagi Anda.

Dengan sertifikasi analis data, Anda bisa memperoleh keterampilan dan meningkatkan skill yang dibutuhkan agar lebih dalam bidang data analyst.

Nah, bahwasannya data analyst adalah proses memeriksa kumpulan data yang besar untuk mengungkap wawasan yang bermakna dan membuat keputusan yang tepat.

Sebagai seorang data analyst, Anda akan memainkan peran penting dalam membantu bisnis membuat keputusan berdasarkan data dan memecahkan masalah yang kompleks.

Jika Anda memperoleh sertifikasi data analyst, maka Anda akan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar kerja. Lalu, bagaimana caranya mendapatkan sertifikasi data analyst ini?

Rekomendasi Sertifikasi Data Analyst

Tenang! Kami akan memberikan penjelasan secara detail. Yuk simak berikut!

Apa itu Sertifikasi?

Menurut sumber data, bahwa sertifikasi melibatkan evaluasi profesional, jasa, atau barang untuk menentukan kelayakan, kualitas, atau kepatuhan mereka terhadap standar melalui proses yang terstandardisasi.

Nah, umumnya sertifikasi ini dilakukan oleh pemerintah atau otoritas independen, bisa juga melalui badan penetapan standar yang diakui secara nasional ataupun internasional.

Adapun contohnya yaitu International Organization for Standardization (ISO) yang berguna untuk sertifikasi internasional dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk sertifikasi profesi nasional.

Kemudian, sertifikasi ini akan menghasilkan kredensial yang dapat digunakan setelah nama profesional seseorang. Ini mirip dengan gelar yang diperoleh dari perguruan tinggi.

Masa berlaku sertifikasi ini biasanya sekitar 3 tahun, bervariasi berdasarkan bidang dan institusi yang memberikan sertifikasi.

Apa Perbedaan Sertifikat dan Sertifikasi?

Memahami perbedaan antara sertifikat dan sertifikasi penting untuk menavigasi dunia pendidikan dan pengembangan profesional.

Meskipun kedua istilah ini tampak serupa, namun keduanya memiliki arti dan implikasi yang berbeda. Mari kita jelajahi nuansa masing-masing.

Sertifikat adalah dokumen yang mengonfirmasi penyelesaian kursus atau program. Sertifikat berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang telah memperoleh tingkat pengetahuan atau keterampilan tertentu dalam bidang subjek tertentu.

Sertifikat sering kali diberikan oleh lembaga pendidikan atau pusat pelatihan dan dapat diperoleh melalui program online dan tatap muka.

Di sisi lain, sertifikasi lebih dari sekadar dokumen kelulusan. Sertifikasi merupakan pengakuan formal bahwa seseorang telah memenuhi kriteria dan standar tertentu yang ditetapkan oleh organisasi profesional atau badan pengatur.

Sertifikasi biasanya mensyaratkan kelulusan ujian atau memenuhi persyaratan pengalaman dan pendidikan tertentu. Sertifikasi menunjukkan tingkat keahlian dan kompetensi yang lebih tinggi dalam bidang tertentu.

Meskipun sertifikat dapat meningkatkan resume Anda dan menunjukkan komitmen Anda terhadap pengembangan profesional, sertifikasi memiliki bobot yang lebih besar dalam industri tertentu.

Sertifikasi dapat membuka pintu menuju peluang kerja dan kemajuan karier, karena memberikan validasi atas keahlian dan pengetahuan Anda dari otoritas yang diakui di bidang Anda.

Intinya, sertifikat menandakan penyelesaian kursus atau program, sedangkan sertifikasi mewakili tingkat keahlian yang lebih tinggi dan diberikan oleh organisasi profesional.

Keduanya memiliki nilai dalam hal pertumbuhan pribadi dan profesional, tetapi tingkat pengakuan dan peluang yang datang dengan sertifikasi sering kali lebih besar.

Bagaimana Proses untuk Mendapatkan Sertifikasi Data Analyst?

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan sertifikasi Analisis Data, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulainya.

  • Pertama, Anda perlu meneliti berbagai program sertifikasi dan menemukan program yang sesuai dengan tujuan dan minat Anda. Carilah program yang memiliki reputasi baik dan diakui di industri ini.
  • Setelah Anda menemukan program, Anda harus memenuhi persyaratan prasyarat. Ini mungkin termasuk memiliki tingkat pendidikan atau pengalaman kerja tertentu di bidangnya. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan prasyarat, Anda mungkin perlu mengambil kursus tambahan atau mendapatkan pengalaman yang relevan sebelum mendaftar untuk program sertifikasi.
  • Selanjutnya, Anda harus mempersiapkan diri untuk ujian sertifikasi. Hal ini mungkin melibatkan keterampilan khusus yang akan dibahas dalam ujian. Ada banyak sumber daya yang tersedia, seperti kursus online, buku teks, dan ujian praktik, yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri.
  • Ketika Anda merasa siap, Anda dapat menjadwalkan ujian sertifikasi. Hal ini dapat dilakukan melalui situs web program sertifikasi atau melalui pusat pengujian. Pastikan untuk meninjau persyaratan ujian, seperti identifikasi atau peralatan, terlebih dahulu.
  • Selama ujian, pastikan untuk membaca pertanyaan dengan cermat dan luangkan waktu Anda untuk menjawabnya secara akurat. Beberapa ujian mungkin memiliki batas waktu, jadi aturlah waktu Anda dengan bijak. Setelah menyelesaikan ujian, Anda biasanya akan menerima hasil ujian segera atau dalam beberapa minggu.
  • Setelah Anda berhasil lulus ujian, Anda akan menerima sertifikasi Data Analytics. Hal ini akan memvalidasi pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang ini dan dapat membuka peluang karier baru. Pastikan untuk memperbarui resume dan profil LinkedIn Anda untuk menyoroti sertifikasi Anda.
  • Terakhir, penting untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan tren dan kemajuan terbaru dalam data analytics. Pertimbangkan untuk bergabung dengan asosiasi profesional atau menghadiri konferensi industri untuk memperluas jaringan dan pengetahuan Anda.

Mendapatkan sertifikasi analisis data dapat menjadi investasi berharga dalam karier Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan tetap berkomitmen untuk terus belajar, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dan menjadi kandidat yang lebih kompetitif di bidang ini.

Teruslah maju dan jangan pernah berhenti mencari peluang baru untuk berkembang dan unggul di bidang data analytics.

Apa Saja Kelebihan Adanya Sertifikasi Data Analyst di Industri Data?

Sertifikasi dalam industri data menawarkan banyak manfaat dan keuntungan. Berikut manfaat dan keuntungan yang akan Anda peroleh. Yuk simak!

  • Memperoleh sertifikasi menunjukkan keahlian dan pengetahuan Anda dalam bidang analisis atau manajemen data tertentu.
  • Sertifikasi ini memberikan validasi atas keahlian Anda dan dapat meningkatkan kredibilitas Anda di antara pemberi kerja dan rekan kerja.
  • Sertifikasi juga dapat membuka peluang karier baru dan meningkatkan potensi penghasilan Anda. Perusahaan sering kali memprioritaskan profesional bersertifikasi saat merekrut untuk peran yang berhubungan dengan data, karena hal ini meyakinkan mereka akan kompetensi dan dedikasi Anda untuk tetap mengikuti perkembangan di bidang ini.
  • Selain itu, sertifikasi dapat membantu Anda mengikuti tren dan kemajuan industri terbaru. Banyak program sertifikasi yang membutuhkan pendidikan dan sertifikasi ulang yang berkelanjutan, memastikan bahwa Anda terus memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda. Pembelajaran berkelanjutan ini tidak hanya membuat Anda tetap kompetitif, tetapi juga memungkinkan Anda untuk tetap menjadi yang terdepan dalam industri yang berkembang pesat.
  • Selain itu, sertifikasi dapat memberikan peluang jaringan dan akses ke komunitas profesional yang berpikiran sama. Bergabung dengan program sertifikasi sering kali berarti terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda terhadap data dan dapat memberikan wawasan dan dukungan yang berharga.

Intinya, sertifikasi dalam industri data memiliki banyak manfaat, termasuk peningkatan kredibilitas, peluang karier baru, pendidikan berkelanjutan, dan jaringan.

Jika Anda memiliki sertifikasi, maka Anda bisa meningkatkan keterampilan, memajukan karier, dan berkontribusi pada bidang analisis dan manajemen data yang terus berkembang.

Kelebihan Adanya Sertifikasi Data Analyst

Apa Saja Program dan Kelas untuk Sertifikasi Data Analyst

Ingin menjadi data analyst yang bersertifikat? Tenang! Berikut ini ada beberapa program dan kelas yang tersedia yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Program-program ini dirancang untuk memberi Anda keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang ilmu data.

Jika Anda seorang pemula atau profesional yang berpengalaman, maka ada program di luar sana yang tepat untuk Anda. Yuk simak!

1. IBM Data Science Professional

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data analyst, ada banyak program dan kelas yang tersedia yang dapat membantu Anda mendapatkan sertifikasi IBM Data Science Professional.

Program-program ini dirancang untuk memberi Anda keterampilan dan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk unggul di bidang data science.

Salah satu program tersebut ditawarkan oleh IBM, yang menawarkan kurikulum komprehensif yang mencakup berbagai topik, termasuk analisis data, pembelajaran mesin, dan visualisasi data.

Program ini dirancang agar fleksibel, sehingga Anda dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan jadwal Anda sendiri.

Pengalaman praktis ini sangat penting untuk mengembangkan keterampilan Anda dan membangun portofolio Anda.

Pilihan lain untuk mendapatkan sertifikasi data analyst adalah melalui program universitas atau perguruan tinggi.

Banyak universitas sekarang menawarkan program gelar dalam ilmu data, yang memberikan pendidikan yang lebih terstruktur dan mendalam.

Program-program ini biasanya mencakup kombinasi kursus, laboratorium, dan proyek, dan sering kali membutuhkan proyek akhir atau tesis.

Penting untuk melakukan riset dan menemukan program yang sesuai dengan tujuan dan gaya belajar Anda. Pertimbangkan faktor-faktor seperti biaya, komitmen waktu, dan kurikulum untuk membuat keputusan yang tepat.

Apa pun program atau kelas yang Anda pilih, mendapatkan sertifikasi IBM Data Science Professional dapat membuka banyak peluang di bidang data science.

Ini adalah kredensial berharga yang menunjukkan keahlian dan komitmen Anda di bidang ini. Jadi jangan tunggu lagi, mulai dapatkan sertifikat hari ini, agar Anda menjadi ilmuwan.

2. Sekolah Data Pacmann

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data analyst, Pacmann Data School menawarkan program dan kelas yang luar biasa untuk sertifikasi ilmuwan data.

Program-program ini dirancang untuk memberi Anda pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul dalam bidang ini.

Di Pacmann Data School, fokusnya adalah pada pembelajaran aktif dan penerapan pengetahuan secara praktis. Anda tidak hanya akan menghafal fakta dan angka, tetapi juga memahami cara menggunakan data untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Kurikulumnya dirancang agar informatif dan menarik, sehingga Anda akan tetap termotivasi sepanjang perjalanan belajar Anda.

Selain itu, program pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan perkembangan karier dan pengembangan keterampilan di bidang Data dalam jangka waktu 4-8 bulan.

Dengan mendaftar di program Pacmann Data School, Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli industri yang memiliki pengalaman luas di bidangnya.

Mereka akan memandu Anda melalui seluk-beluk ilmu data, mengajari Anda teknik dan alat terbaru yang digunakan dalam industri ini.

Salah satu keunggulan utama Pacmann Data School adalah penekanannya pada pembelajaran langsung.

Anda akan memiliki akses ke teknologi dan perangkat lunak mutakhir, yang memungkinkan Anda untuk menerapkan apa yang telah Anda pelajari ke kumpulan data nyata.

Pengalaman praktis ini tidak hanya akan meningkatkan pemahaman Anda tentang konsep ilmu data, tetapi juga memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar kerja.

Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan menerima sertifikasi data analyst dari Pacmann Data School.

Sertifikasi ini sangat dihargai di industri dan akan membuka pintu ke berbagai peluang karier. Para pemberi kerja mengakui ketelitian dan kualitas kurikulum yang ditawarkan oleh Pacmann Data School, membuat lulusannya sangat dicari.

Menjadi seorang ilmuwan data adalah jalur karier yang menarik dan bermanfaat.

Dengan program dan kelas-kelas Pacmann Data School untuk sertifikasi data scientist, Anda akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di bidang ini.

Jadi, mengapa menunggu? Mulailah perjalanan Anda untuk menjadi seorang ilmuwan data dengan Pacmann Data School hari ini.

3. Google Data Analytics Professional

Apakah Anda tertarik untuk menjadi data analytics yang bersertifikat? Tenang! Anda tidak perlu mencari lagi selain program Google Data Analytics Professional.

Program ini menawarkan kelas dan pelatihan komprehensif untuk membekali Anda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang analisis data.

Dengan sertifikasi ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan data dunia nyata dan mendapatkan pengalaman langsung dalam menganalisis dan menafsirkan kumpulan data.

Program ini mencakup berbagai topik, termasuk pengumpulan data, pembersihan data, visualisasi data, dan teknik analisis data.

Namun, program ini bukan hanya tentang teori. Program ini juga mencakup latihan praktis dan proyek yang memungkinkan Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari dalam pengaturan dunia nyata.

Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja pada set data nyata dan memecahkan masalah yang kompleks, memberi Anda pengalaman berharga yang dapat Anda gunakan dalam karier Anda di masa depan.

Program Google Data Analytics Professional dirancang untuk pemula dan profesional yang sudah berpengalaman. Baik Anda baru memulai atau ingin meningkatkan keterampilan yang sudah ada, program ini memiliki sesuatu untuk ditawarkan.

Dan bagian terbaiknya? Anda bisa menyelesaikan program ini sesuai dengan kecepatanmu sendiri. Dengan kelas online yang fleksibel, Anda dapat belajar kapan pun dan di mana pun Anda mau.

Selain itu, Anda akan memiliki akses ke komunitas yang mendukung sesama pelajar dan instruktur yang siap membantu Anda di setiap langkah.

Jadi, mengapa harus menunggu? Mulailah perjalanan Anda untuk menjadi data analyst bersertifikat hari ini dengan program Google Data Analytics Professional.

Buka potensi dan bawa karier Anda ke level yang lebih tinggi dengan program sertifikasi yang komprehensif dan inovatif ini.

4. Johns Hopkins Data Science Specialization

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang data science, program spesialisasi ilmu data johns hopkins adalah pilihan yang fantastis.

Program ini menawarkan kurikulum komprehensif yang mencakup semua keterampilan dan alat penting yang Anda butuhkan untuk sukses di bidang ilmu data.

Dengan program ini, Anda akan belajar bagaimana menganalisis dan menginterpretasikan kumpulan data yang kompleks, mengembangkan model berbasis data, dan mengkomunikasikan temuan Anda secara efektif.

Program ini dirancang agar mudah diakses dan praktis, dengan tugas-tugas praktis dan proyek-proyek dunia nyata yang memungkinkan Anda untuk menerapkan apa yang telah Anda pelajari.

Salah satu aspek unik dari program ini adalah fokusnya pada aplikasi praktis. Anda akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek dunia nyata dan mendapatkan pengalaman dengan alat dan teknik yang digunakan dalam industri ini.

Pengalaman langsung ini akan memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar kerja dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi tantangan karier di bidang ilmu data.

Program ini dibagi menjadi sepuluh mata kuliah, masing-masing mencakup aspek spesifik dari ilmu data. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti visualisasi data, pembelajaran mesin, inferensi statistik, dan pengembangan produk data.

Setiap mata kuliah diajarkan oleh para ahli di bidangnya, memastikan bahwa Anda menerima pendidikan dengan kualitas terbaik.

Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan menerima sertifikat yang menunjukkan keahlian Anda dalam ilmu data. Sertifikat ini dapat menjadi aset berharga saat melamar pekerjaan atau memajukan karier Anda.

Intinya, jika Anda siap untuk mengambil langkah selanjutnya dalam karier Anda dan menjadi seorang data analytics, program spesialisasi sains data johns hopkins adalah pilihan yang tepat.

Melalui kurikulumnya yang komprehensif, fokus pada praktik, dan pengajaran dari para ahli, program ini akan memberi Anda keterampilan dan pengetahuan yang Anda butuhkan agar bisa sukses di bidang ilmu data.

jadi, Anda jangan menunggu terlal lama, yuk daftar hari ini dan buka potensi Anda sebagai data analytics.

5. SAS Data Science Certification

Apakah Anda tertarik untuk menjadi data science yang memiliki sertifikat? Tidak perlu khawatir! Program dan kelas sertifikasi data science SAS dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Program-program ini menawarkan pelatihan komprehensif dalam ilmu data, membekali Anda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul dalam bidang ini.

Dengan mengikuti program SAS Data Science Certification, Anda akan mendapatkan pengalaman langsung dengan perangkat lunak SAS dan mempelajari cara menganalisis dan menginterpretasikan kumpulan data yang kompleks.

Program ini mencakup berbagai topik, termasuk manipulasi data, analisis statistik, pembelajaran mesin, dan visualisasi data.

Dengan Sertifikasi SAS Data Science, Anda akan siap untuk berkarier di bidang data science. Sertifikasi ini diakui secara luas di industri dan dapat membuka pintu ke peluang kerja yang menarik.

Perusahaan menghargai kandidat dengan sertifikasi SAS, karena ini menunjukkan keahlian mereka dalam analisis data dan pemecahan masalah.

Baik Anda seorang pemula maupun profesional yang sudah berpengalaman, program SAS Data Science Certification memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Program-program ini dirancang untuk mengakomodasi pelajar di semua tingkatan, memberikan pengalaman belajar yang fleksibel dan mudah diakses.

Jadi, jika Anda siap untuk meningkatkan karier Anda di bidang data science, pertimbangkan untuk mengikuti program SAS Data Science Certification.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang akan Anda dapatkan, Anda akan siap untuk menghadapi tantangan di bidang data science yang terus berkembang.

6. AWS Specialty Certifications

Jika Anda ingin menjadi data analytics yang memiliki sertifikat, maka ada berbagai program dan kelas yang tersedia, termasuk Sertifikasi Khusus AWS.

Sertifikasi ini dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang data science, dan sangat diakui di industri ini.

AWS menawarkan beberapa sertifikasi khusus yang disesuaikan dengan berbagai aspek ilmu data. Sertifikasi ini meliputi AWS Certified Big Data Specialty, AWS Certified Machine Learning Specialty, dan AWS Certified Data Analytics Specialty:

  • Sertifikasi AWS Certified Big Data Specialty berfokus pada keterampilan teknis yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi big data menggunakan teknologi AWS.Sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan analisis data menggunakan layanan AWS seperti Amazon S3, Amazon Redshift, dan Amazon EMR.
  • Sertifikasi AWS Certified Machine Learning Specialty dirancang untuk individu yang ingin menunjukkan keahlian mereka dalam membangun, melatih, dan menerapkan model pembelajaran mesin menggunakan teknologi AWS. Sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti persiapan data, rekayasa fitur, pelatihan model, dan penerapan model menggunakan layanan seperti Amazon SageMaker dan Amazon Rekognition.
  • Kemudian, AWS Certified Data Analytics ini untuk para profesional data yang ingin menunjukkan keahlian mereka dalam merancang dan mengimplementasikan solusi analitik menggunakan teknologi AWS. Sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti visualisasi data, transformasi data, integrasi data, dan keamanan data menggunakan layanan seperti Amazon QuickSight, Amazon Glue, dan Amazon Kinesis.

Sertifikasi ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang konsep ilmu data dan pengalaman langsung dengan layanan AWS.

Untuk mempersiapkan sertifikasi ini, Anda dapat mendaftar di program pelatihan dan kelas yang ditawarkan oleh AWS atau penyedia pelatihan terkemuka lainnya.

Program-program ini akan mencakup topik-topik yang diperlukan dan memberi Anda keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk lulus ujian sertifikasi.

Dengan memperoleh sertifikasi ini, Anda dapat menunjukkan keahlian Anda dalam ilmu data dan meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan atau maju dalam karier Anda sebagai data analytics.

Sertifikasi Khusus AWS diakui secara luas dan dihormati di industri ini, dan mereka dapat membuka peluang baru bagi Anda di bidang ilmu data.

Jadi, jika Anda ingin menjadi data analytics bersertifikat, pertimbangkan untuk mengikuti Sertifikasi Khusus AWS.

Sertifikasi ini akan membekali Anda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang data science dan memajukan karier Anda.

7. Microsoft Certifications

Jika Anda ingin menjadi data analyst yang memiliki sertifikat, maka berikut ada beberapa program dan kelas yang tersedia yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Salah satunya adalah Microsoft, Microsoft ini menawarkan berbagai sertifikasi yang dirancang khusus untuk data analyst. Sertifikasi ini memvalidasi keterampilan dan pengetahuan Anda di berbagai bidang seperti analisis data, pembelajaran mesin, dan visualisasi data.

Salah satu sertifikasi yang populer adalah Microsoft Certified: Azure Data Scientist Associate. Sertifikasi ini berfokus pada penggunaan teknologi Azure untuk membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin.

Sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti persiapan data, rekayasa fitur, pelatihan dan evaluasi model, dan penerapan.

Sertifikasi lain yang perlu dipertimbangkan adalah Microsoft Certified: Data Analyst Associate. Sertifikasi ini lebih berfokus pada analisis dan visualisasi data.

Sertifikasi ini mencakup topik-topik seperti menanyakan data dengan SQL, menganalisis dan memvisualisasikan data dengan Power BI, serta membuat dan mengelola model data dengan Excel.

Ada juga sertifikasi yang lebih canggih yang tersedia, seperti Microsoft Certified: Azure AI Engineer Associate dan Microsoft Certified: Azure Data Engineer Associate.

Sertifikasi ini dibangun di atas keterampilan dasar yang tercakup dalam sertifikasi ilmuwan data dan analis data dan fokus pada bidang yang lebih khusus dari kecerdasan buatan dan rekayasa data.

Saat memilih program atau kelas untuk sertifikasi data scientist, penting untuk mempertimbangkan gaya belajar dan tujuan karier Anda sendiri.

Beberapa orang lebih suka kursus online mandiri, sementara yang lain lebih suka pengajaran di kelas secara langsung.

Microsoft menawarkan berbagai pilihan, termasuk kursus online, pelatihan yang dipimpin oleh instruktur virtual, dan pelatihan di kelas secara langsung.

Anda juga perlu mempertimbangkan biaya dan komitmen waktu dari program atau kelas tersebut. Beberapa sertifikasi dapat diselesaikan dalam hitungan minggu, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan atau lebih.

Selain itu, beberapa program menawarkan bantuan penempatan kerja atau peluang jaringan, yang bisa sangat berharga bagi mereka yang ingin masuk ke bidang ini atau memajukan karier mereka.

Pada akhirnya, program atau kelas terbaik untuk sertifikasi data scientist akan bergantung pada kebutuhan dan tujuan pribadi Anda.

Penting untuk melakukan riset, membaca ulasan, dan berbicara dengan orang lain yang telah melalui proses sertifikasi untuk memastikan Anda membuat pilihan yang tepat.

Dengan sertifikasi yang tepat, Anda akan berada di jalur yang tepat menuju karier yang sukses sebagai ilmuwan data.

Microsoft Certifications

8. Data Science on Google Cloud

Jika Anda tertarik untuk menjadi data science yang bersertifikat, maka ada program dan kelas yang tersedia khusus untuk Ilmuan Data di Google Cloud.

Nah, kursus ini dirancang untuk memberi Anda pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang data science menggunakan teknologi Google Cloud.

Dengan mengikuti program ini, Anda akan mempelajari dasar-dasar ilmu data, termasuk analisis data, pembelajaran mesin, dan visualisasi data.

Anda juga akan mendapatkan pengalaman langsung bekerja dengan alat dan platform Google Cloud, seperti BigQuery dan TensorFlow.

Kurikulumnya dirancang secara komprehensif, mencakup segala hal mulai dari dasar hingga topik tingkat lanjut.

Anda akan mempelajari cara memanfaatkan infrastruktur dan layanan Google Cloud untuk melakukan analisis data, membangun model pembelajaran mesin, dan menerapkannya dalam skala besar.

Program-program ini diajarkan oleh para pakar industri yang memiliki pengalaman nyata dalam ilmu data dan Google Cloud. Mereka akan memberi Anda wawasan praktis dan praktik terbaik yang dapat Anda terapkan dalam proyek Anda sendiri.

Setelah menyelesaikan program ini, Anda akan menerima sertifikasi yang memvalidasi keterampilan dan pengetahuan Anda dalam data science di Google Cloud. Sertifikasi ini dapat membantu Anda menonjol di pasar kerja dan membuka peluang karier baru.

Baik Anda seorang pemula maupun ilmuwan data yang sudah berpengalaman, program-program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Mereka menawarkan opsi pembelajaran yang fleksibel, memungkinkan Anda untuk belajar dengan kecepatan dan jadwal Anda sendiri.

Jadi, jika Anda siap untuk meningkatkan keterampilan data science Anda ke level selanjutnya, pertimbangkan untuk mendaftar di program atau kelas Data Science di Google Cloud.

9. Google Data Analytics Professional Certificate by Coursera

Google Data Analytics Professional Certificate oleh Coursera adalah program komprehensif yang membekali individu dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang analisis data.

Program sertifikat ini dirancang untuk individu yang tertarik untuk mengejar karier di bidang analisis data atau mereka yang ingin meningkatkan keterampilan yang sudah ada di bidang ini.

Program ini mencakup berbagai topik, termasuk visualisasi data, analisis data, dan data storytelling. Peserta akan belajar cara menggunakan alat seperti spreadsheet, SQL, dan Tableau untuk menganalisis dan menginterpretasikan data.

Mereka juga akan mendapatkan pemahaman tentang etika data dan cara mengomunikasikan temuan data secara efektif.

Salah satu manfaat utama dari program ini adalah fleksibilitasnya.

Peserta dapat belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan mengakses materi kursus dari mana saja, sehingga nyaman bagi individu dengan jadwal yang sibuk atau mereka yang lebih suka belajar dengan kecepatan mereka sendiri.

Program ini juga mencakup proyek-proyek praktik yang memungkinkan para peserta untuk menerapkan keterampilan yang baru mereka peroleh ke dalam skenario dunia nyata.

Menyelesaikan Sertifikat Google Data Analytics Professional dapat membuka berbagai peluang karier.

Analisis data adalah bidang yang berkembang pesat, dan ada permintaan yang tinggi untuk para profesional yang dapat menganalisis dan menginterpretasikan data untuk mendorong keputusan bisnis.

Lulusan program ini dapat mengejar karier sebagai analis data, ilmuwan data, analis bisnis, dan banyak lagi.

10. Data Analyst in Python by Dataquest

Data Analyst in Python oleh Dataquest adalah kursus komprehensif yang mengajarkan Anda cara menganalisis data menggunakan bahasa pemrograman Python.

Kursus ini mencakup segala hal mulai dari dasar-dasar Python hingga teknik analisis data tingkat lanjut.

Kursus ini dirancang untuk pemula yang memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman dengan Python atau analisis data.

Kursus ini dimulai dengan pengenalan Python dan sintaksnya, kemudian secara bertahap memperkenalkan konsep dan alat yang lebih kompleks untuk analisis data.

Sepanjang kursus, kamu akan belajar cara menggunakan library Python yang populer seperti Pandas, NumPy, dan Matplotlib untuk memanipulasi dan memvisualisasikan data.

Anda juga akan belajar cara membersihkan dan melakukan preprocessing data, melakukan analisis statistik, dan membangun model machine learning.

Salah satu fitur utama dari kursus ini adalah pendekatan langsungnya. Anda akan memiliki akses ke dataset dunia nyata dan studi kasus, yang memungkinkan Anda untuk menerapkan pengetahuan yang baru Anda peroleh untuk memecahkan masalah praktis.

Pada akhir kursus, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang pemrograman Python dan teknik analisis data. Anda akan dapat dengan percaya diri bekerja dengan data, menarik wawasan, dan membuat keputusan berdasarkan data.

Data Analyst in Python oleh Dataquest adalah sumber daya yang berharga bagi siapa saja yang ingin memasuki bidang analisis data atau meningkatkan keterampilan yang sudah ada.

Nah, jika Anda seorang pelajar, profesional, atau penghobi, maka kursus ini akan membekali Anda dengan alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil dalam bidang analisis data.

11. RevoU Full Program Data Analytics

Program lengkap RevoU di bidang Analisis Data dirancang untuk membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul di bidang ini.

Dengan program ini, Anda akan memulai perjalanan belajar yang akan membuka pintu menuju peluang tak terduga dan pertumbuhan pribadi. Anda akan berpartisipasi secara aktif dalam program ini, mengembangkan rasa ingin tahu yang akan mendorong pengalaman belajar Anda.

Program ini lebih dari sekadar memperoleh pengetahuan. Program ini berfokus pada mengajarkan Anda cara menerapkan pengetahuan yang baru Anda temukan secara efektif dalam skenario dunia nyata.

Dengan memahami aplikasi praktis dari analisis data, Anda akan membuka potensi penuh dari keterampilan Anda.

Sepanjang program, Anda tidak hanya akan menghafal fakta dan angka. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana fakta dan angka-angka ini sesuai dengan gambaran yang lebih besar.

Pendekatan pembelajaran holistik ini akan memperluas perspektif Anda dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis Anda.

Kurikulum program ini dirancang untuk menantang keyakinan Anda dan mendorong Anda untuk berpikir di luar kebiasaan. Dengan tetap berpikiran terbuka dan bersedia mempertanyakan asumsi Anda, Anda akan tumbuh baik secara pribadi maupun profesional.

Program ini menekankan bahwa belajar adalah proses seumur hidup yang membutuhkan dedikasi dan usaha.

Seiring kemajuan Anda dalam program ini, Anda akan menjadi lebih sadar akan keterkaitan dunia di sekitar Anda.

Analisis data bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, tapi ini tentang mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis dan menerapkan pengetahuan Anda dengan cara yang praktis.

Program ini akan membekali Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menavigasi kompleksitas dunia yang digerakkan oleh data.

Meskipun program ini mungkin memberikan tantangan, imbalannya sangat sepadan. Menguasai analisis data akan memberi Anda rasa pencapaian yang tiada duanya. Ini akan memberdayakan Anda untuk membuat dampak positif pada dunia dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan Anda.

Tips Meningkatkan Skill Data Analyst

Untuk meningkatkan kemampuan data analsyst Anda, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti yaitu:

  • Pertama, penting untuk terus meningkatkan keterampilan teknis Anda. Hal ini termasuk selalu mengikuti perkembangan alat dan teknologi terbaru yang digunakan dalam analisis data, seperti bahasa pemrograman dan perangkat lunak statistik.
  • Kedua, latihan sangatlah penting. Semakin sering Anda menganalisis data, semakin baik Anda dalam mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan. Carilah kumpulan data untuk dianalisis, berpartisipasi dalam kompetisi analisis data, atau bahkan membuat proyek sendiri untuk dikerjakan.
  • Selain keterampilan teknis, mengembangkan kemampuan berpikir kritis juga sangat penting. Hal ini melibatkan mempertanyakan asumsi, mengevaluasi bukti, dan menarik kesimpulan berdasarkan data. Penting untuk berpikir kritis tentang data yang Anda analisis dan mempertimbangkan perspektif yang berbeda.
  • Komunikasi yang efektif juga adalah kuncinya. Sebagai seorang analis data, Anda harus dapat menyampaikan temuan Anda kepada orang lain, baik melalui laporan, presentasi, atau visualisasi. Berlatihlah untuk mempresentasikan analisis Anda dengan cara yang jelas dan ringkas, dengan fokus pada wawasan dan implikasi utama.
  • Kolaborasi juga merupakan keterampilan penting bagi analis data. Kerjakan proyek dengan rekan kerja atau bergabunglah dengan komunitas analisis data online untuk belajar dari orang lain dan berbagi pengetahuan dan pengalaman Anda sendiri.
  • Terakhir, tetap ingin tahu dan terus berusaha untuk belajar adalah hal yang penting. Bidang analisis data terus berkembang, jadi penting untuk selalu mengikuti perkembangan teknik dan pendekatan baru. Baca publikasi industri, hadiri lokakarya atau webinar, dan ikuti kursus online untuk memperluas pengetahuan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips ini dan secara konsisten berupaya meningkatkan kemampuan Anda, Anda akan menjadi analis data yang lebih mahir dan mampu mengatasi tantangan data yang kompleks dengan percaya diri.

Tips Meningkatkan Skill Data Analyst

Nah, itu dia penjelasan mengenai sertifikasi data analyst. Mulai dari konsep, manfaat, hingga cara mendapatkannya. Semoga bermanfaat!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like