15 Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis, Lengkap dengan Trik & Tools-nya!

Social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif untuk menghasilkan traffic dan konversi untuk bisnis Anda.

Jika Anda seorang pebisnis atau seseorang yang baru memulai, maka Anda dapat menggunakan strategi ini untuk meningkatkan brand awareness dan membuat orang tertarik pada produk atau layanan Anda. Namun, seperti apa social media marketing ini? Simak penjelasan berikut:

social media marketing

Apa Itu Social Media Marketing?

Menurut laporan data dari investopedia, lebih dari 80% konsumen melaporkan bahwa media sosial khususnya para influencer yang membuat konten memiliki dampak secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Social media marketing (SMM) dikenal sebagai pemasaran digital yang menghubungkan konsumen dengan produk Anda, membangun jejaring sosial agar dapat berbagi informasi, mengembangkan brand perusahaan Anda, meningkatkan penjualan, dan mengarahkan traffic ke situs web.

Selain itu juga, social media marketing ini melakukan aktivitas seperti memposting konten ke situs media sosial, membantu perusahaan berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah seperti keluhan yang dialami pelanggan.

Dengan adanya social media marketing Anda dapat meningkatkan brand awareness, dan konversi ROI (Return of Investment).

Memilih platform social media sebagai strategi media pemasaran merupakan hal yang tepat. Jadi, para pebisnis yang menggunakan social media membutuhkan analisis yang kuat. Analisis data ini mencakup beberapa hal, seperti menganalisis jangkauan engagement dan reach, target pasar, dan sebagainya.

Kenapa Social Media Marketing Penting?

Media sosial memiliki pengaruh yang sangat besar pada kehidupan masyarakat di seluruh dunia serta menjadi ruang digital di mana platform ini tidak hanya digunakan untuk jejaring sosial, tetapi juga cara yang bagus untuk memasarkan brand dan produk Anda dengan rentang usia yang beragam.

Kekuatan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tiktok dan lainnya patut dipuji karena membantu Anda menjangkau banyak orang dalam hitungan detik setelah memasang iklan di media sosial ini.

Menurut laporan data, bahwa pengguna online sebanyak 59% dari seluruh populasi dunia. Artinya, seorang pemasar tidak boleh melewatkan peluang adanya strategi pemasaran secara online ini karena mereka dapat dapat menjangkau pembeli sebanyak mungkin.

Ada beberapa keuntungan yang bisa menjadi alasan kenapa marketing jenis ini penting yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pertama, dengan menggunakan media sosial Anda dapat meningkatkan brand awareness. Hal ini berarti produk akan lebih mudah dikenali ketika diposting di media sosial berulang kali. Karena orang secara bertahap akan mulai memperhatikan hasil postingan Anda.

Awalnya, orang mungkin hanya melihat-lihat produk atau layanan yang ditawarkan oleh Anda untuk waktu yang singkat. Namun, jika terus diposting di media sosial, maka orang akan mulai mengingat brand Anda.

Pada dasarnya media sosial ini merupakan platform dimana orang terus mengkonsumsi konten setiap hari.

2. Mendapatkan Feedback Produk

Adanya media sosial ini Anda bisa mendapatkan feedback produk dari customer. Hal Ini merupakan tahap lanjutan dari hasil social media marketing. Setelah orang mengenali produk Anda, mereka akan mulai membicarakannya.

Anda juga bisa melihat bagaimana pelanggan berinteraksi dengan isi postingan media sosial Anda. Misalnya, dengan mengklik “like“, mengikuti akun Anda, serta bisa berkomentar dipostingannya. Tujuan adanya fitur komentar ini yaitu agar orang bisa berbagi pendapat mengenai produk Anda.

3. Mempelajari Kompetitor

Menggunakan social media ini Anda perlu mempelajari kompetitor. Karena pemasaran media sosial sekarang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Jika Anda aktif di media sosial, maka Anda bisa belajar dari strategi pesaing Anda.

4. Meningkatkan User Engagement

Social media ini dapat meningkatkan user engagement. Artinya, semakin banyak calon customer yang mulai mengenal dan memperhatian brand atau produk bisnis yang dijalankan, semakin besar pula dampaknya.

Jadi, media sosial ini memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan mengunggah konten, agar dapat meningkatkan user engagement.

Meningkatkan User Engagement

5. Dapat Mempromosikan Produk dan Layanan

Social media marketing ini merupakan strategi yang sangat umum bagi pengusaha untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ada berbagai macam platform media sosial yang digunakan untuk promosi, salah satunya Facebook. Facebook jauh lebih mudah, di mana Anda dapat memposting gambar profesional produk Anda dan detailnya, dan membiarkan orang berinteraksi dengan Anda.

Facebook juga memberi sejumlah opsi bagi Anda untuk mempromosikan produk melalui berbagai iklan seperti carousel, di mana Anda dapat menampilkan beberapa gambar produk Anda.

Hal ini dapat membantu pelanggan Anda agar dapat melihat berbagai macam produk dari satu iklan yang Anda jalankan.

Strategi dalam Social Media Marketing

Strategi social media marketing sangat penting untuk keberhasilan promosi khususnya bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Media sosial saat ini membutuhkan keterampilan yang unik dalam memasarkan secara digital, di mana brand Anda harus sepenuhnya memahami kebutuhan audiensnya. Jika Anda ingin mulai menggunakan media sosial secara efektif, maka Anda bisa menerapkan strategi dibawah ini.

1. Buat Rencana Tujuan yang Matang

Ketika Anda ingin menggunakan media sosial secara efektif, maka Anda perlu menetapkan rencana tujuan yang jelas. Hal ini diperlukan karena ingin memastikan bahwa rencana yang dibuat sudah mencapai target yang diinginkan.

Kemudian lakukan riset dan audit evaluasi social media. Karena saat Anda membuat konten bisnis, Anda dapat menarik pelanggan.

2. Menetapkan Metrics Social Media Marketing

Dengan melakukan riset dan audit evaluasi media sosial, selanjutnya akan mendapatkan hasil data-data yang lengkap dan valid. Data-data yang telah didapatkan ini akan diolah untuk menentukan metrics social media marketing.

Nah, metrics social media marketing ini adalah data yang digunakan untuk mengukur dan menentukan keberhasilan dalam memasarkan produk menggunakan social media. Hal ini perlu menggunakan bantuan tool, seperti Google Analytics.

3. Kenali Calon Target Pelanggan Anda

Penting untuk mengetahui siapa target audiens Anda sebelum meluncurkan segala jenis campaign social media marketing. Saat menentukan siapa target audiens Anda, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, termasuk usia, jenis kelamin, dan sebagainya.

Kemudian dalam memahami audiens yang tepat, perlu mengetahui detail produk yang akan dijual. Pertimbangkan kegunaan produk Anda sebelum meluncurkannya.

Kenali Target Pelanggan

4. Platform Media Sosial untuk Bisnis

Selanjutnya, pilih platform media sosial yang paling sesuai dengan produk dan target audiens Anda. Masing-masing platform media sosial terdapat demografi yang akan Anda gunakan untuk promosi.

Menurut laporan data, bahwa pada tahun 2022 ini pengguna media sosial di Indonesia mencapai 204 juta orang. Artinya, ditahun sebelumnya pengguna media sosial mengalami peningkatan sebanyak 2,1 juta.

5. Mulai Gunakan Chatbot

Chatbot adalah satu-satunya alat digital yang digunakan untuk berkomunikasi dan memecahkan masalah bagi pelanggan tanpa campur tangan manusia. Teknologi yang digunakan chatbot adalah teknologi AI (Artificial Intelligence).

Hal yang dilakukan chatbot ini adalah dapat menjawab pertanyaan pelanggan, mampu menerima pesanan langsung dari facebook messenger, komentar, serta terintegrasi dengan semua sistem pembayaran utama.

6. Buat Konten yang Menarik Sesuai Audiens

Sangat perlu mencari tahu mengenai kebiasaan dan preferensi setiap orang, mulai dari cara mereka berpikir, jenis konten yang mereka sukai, dan bagaimana cara mereka berkomunikasi. Pastikan untuk menyesuaikan segalanya dengan produk yang Anda jual, dan usia rata-rata orang yang membelinya.

Ketika membuat konten, perlu juga menentukan gaya penulisan postingan Anda, misalnya formal atau informal. Jika Anda menargetkan remaja, gunakan gaya santai yang terasa gaul bagi mereka. Di sisi lain, jika Anda menargetkan orang dewasa, maka gunakan bahasa yang profesional, dan santun.

Selanjutnya, sesuaikan jenis postingan dengan platform media sosial yang akan digunakan untuk membagikan konten promosi. Media sosial Instagram penggunaanya adalah dengan membuat gambar yang menarik secara visual dan kaya informasi tanpa banyak teks.

Lalu media sosial tiktok penggunaanya yaitu dengan membuat video menarik sesuaikan dengan sound yang lagi populer dan transisi yang bagus.

7. Menjadwalkan Waktu Unggah Konten

Dalam membuat konten sangat perlu manajemen waktu. Tujuan memanajemen waktu adalah untuk mempromosikan produk dengan tepat waktu, sehingga nantinya banyak orang yang akan melihat produkmu di media sosial setiap harinya.

8. Percantik Profil Bisnis Media Sosial

Sangat perlu mempercantik profil Anda. Sehingga orang akan menanggapi bahwa brand Anda sangat profesional, karena memiliki gambar yang bagus, video menarik, dan beberapa episode podcast yang keren dari waktu ke waktu.

Jika semua yang Anda posting dan bagikan di halaman media sosial Anda hanyalah teks biasa, mereka tidak akan menonjol dari yang lain. Jadi, pastikan untuk menyertakan gambar, video, infografis, dan lain sebagainya. Hal Ini juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness Anda.

Percantik Profil

9. Bangun Relasi dengan Pelanggan Anda

Tetaplah berkomunikasi dengan pelanggan untuk menunjukkan bisnis Anda. Cari tahu apa yang benar-benar diinginkan atau tidak disukai pelanggan, kemudian gunakan data itu untuk membuat materi promosi yang lebih sesuai dengan preferensi mereka.

Selain itu, berinteraksi dengan pelanggan juga dapat meningkatkan engagement rate, serta membantu meningkatkan popularitas situs jejaring sosial Anda.

10.Kerja Sama dengan Influencer

Menggunakan influencer akan sangat membantu dalam penjualan Anda. Pada dasarnya influencer ini adalah orang yang mempunyai pengikut yang banyak di akun media sosialnya dan bisa memengaruhi followers-nya agar dapat membeli produk yang telah dipromosikan.

Pilih influencer yang relevan dan mewakili produk Anda saat dipromosikan, karena influencer ini memiliki tarif yang bervariasi tergantung dari jumlah followers dan engagement yang dihasilkannya.

11. Pantau Kompetitor dan Evaluasi Strategi

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui siapa kompetitor Anda dan mengikuti perkembangan terbaru mereka. Perlu mempelajari tentang produk dan harga yang ditawarkan kompotitor, jenis konten yang disajikan, dan lihatlah postingan media sosial mereka.

Kemudian gunakan hasil mereka sebagai alat evaluasi untuk strategi media sosial Anda berikutnya, dan bandingkan dengan strategi Anda.

12. Tetapkan Anggaran Media Sosial

Mengalokasikan jumlah uang adalah hal yang sangat penting. Tujuannya kesuksesan bisnis Anda ketika menggunakan pemasaran media sosial. Strategi ini sangat tepat karena harus hemat biaya untuk menjangkau audiens target yang Anda pilih.

13. Manfaatkan Ads (Media Iklan)

Menggunakan media sosial perlu juga menggunakan layanan iklan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas postingan media sosial Anda seperti jumlah like, share, komentar, dll.

14. Melakukan Siaran Langsung (Live)

Bahwasannya membagikan atau menceritakan mengenai perusahaan Anda secara real time adalah hal yang menarik. Adapun media sosial seperti Facebook, Instagram dan platform lainnya, telah menciptakan fitur streaming langsung.

Nah, adanya fitur streaming langsung ini bisa dimanfaatkan dengan bercerita kepada audiens mengenai inspirasi, atau bisa menawarkan produk Anda.

Melakukan Siaran Langsung

15. Evaluasi dan Controlling

Semua konten yang diposting di media sosial pasti akan menghasilkan data yang akurat. Data yang dikumpulkan dari sumber-sumber ini dapat digunakan untuk mengevaluasi dan controlling ke depannya.

Setelah mengevaluasi Anda dapat mempelajari pola pelangganmu. Sehingga bisa melakukan beberapa strategi yang tepat untuk promosi di masa mendatang.

Cara Mengukur Performa Strategi Social Media Marketing

Metrik adalah data dan tolok ukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan postingan Anda di media sosial. Berikut ini adalah metrik media sosial yang biasa digunakan:

1. Reach

Bentuk metrik yang digunakan untuk mengukur penyebaran percakapan di social media disebut dengan reach. Penggunaan reach ini dapat membantu dalam memahami konten yang Anda buat.

Adanya reach ini Anda bisa mengetahui seberapa jauh konten Anda telah tersebar dan juga seberapa besar audiens yang menangkap pesan Anda. Artinya, reach ini dapat mengukur besarnya audiens.

2. Impression

Impression merupakan jumlah berapa kali konten Anda dilihat orang-orang. Nah, reach dan impression adalah metrik yang mirip namun ada beberapa yang tidak sama.

Bahwasannya impression tidak selalu orang sudah melihat konten Anda. Artinya, jika seseorang melakukan scroll pada konten Anda tanpa melihat, maka hal ini sudah terhitung 1 impression.

3. Engagement

Semua interaksi antara pengguna dengan akun Anda disebut dengan engagement. Setiap situs media sosial memiliki engagement seperti like, comment, follower, share, bookmark, save, retweet, dll.

Engagement

4. Video Views

Pada video ini memiliki jumlah dari berapa kali konten video Anda ditonton oleh user, hal ini disebut video views. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui hasil penayangan. Sebagian besar hasil dari penanyangan akan tampil ketika mereka memutar video secara otomatis di feed.

Contoh Social Media untuk Pemasaran

Contoh social media marketing dari berbagai platform social media yang bisa dilakukan promosi seperti Instagram, Facebook, YouTube, Twitter, Whatsapp, Tiktok, dan Linkedin.

Berbagai platform tersebut bisa menggunakan iklan untuk membantu jangkauan lebih luas.

Tools Penunjang Social Media Marketing

Terdapat beberapa social media marketing tools untuk meningkatkan kinerja yaitu:

1. Buffer

Buffer ini merupakan tools untuk menjadwalkan konten-konten Anda yang ingin diposting secara teratur. Artinya, buffer ini ingin membantu pemilik bisnis untuk menyederhanakan media sosialnya agar lebih mudah untuk digunakan.

Google trends menyediakan sejumlah kata kunci dari konten yang paling populer atau yang sedang tren. Selain itu, Google trends juga menyediakan data dan grafik dari keyword yang populer di halaman pencarian Google.

3. Awario

Awario merupakan tools untuk keperluan social listening. Artinya, dapat mengetahui seberapa banyak mention yang dikirimkan pelanggan ke akun social media Anda.

awario

Nah, itu dia penjelasan seputar social media marketing, mulai dari pengertian hingga cara kerja yang dapat Anda terapkan dalam bisnis. Semoga bermanfaat!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like