13 Strategi YouTube Marketing yang Optimal Untuk Bisnis (Lengkap dengan Caranya)

Anda pasti setuju bahwa YouTube saat ini adalah salah satu platform berbagi video terbesar di dunia? Nah, apalagi saat ini YouTube sudah banyak yang menggunakan channel ini sebagai salah satu strategi promosi produk atau brand perusahaan Anda.

Menurut laporan dataindonesia, bahwa tahun 2022 ada 2,56 miliar pengguna platform tersebut hingga Januari 2022. Data ini termasuk angka yang fantastis.

Angka ini bisa lebih tinggi lagi dan mengalahkan jumlah pengakses di Instagram dan Facebook. Pada YouTube sendiri merupakan situs kedua yang paling banyak dikunjungi di dunia setelah Google. Adanya hal ini dapat membawa manfaat bagi bisnis saat ini.

Platform ini bukan hanya sekedar channel hiburan, tetapi juga digunakan sebagai alat pemasaran yang kuat. Alat pemasaran ini biasanya disebut dengan YouTube marketing.

Dengan menggunakan strategi YouTube marketing, Anda bisa menumbuhkan brand dengan meningkatkan jangkauan, mempromosikan produk atau jasa Anda, dan meningkatkan volume penjualan. 

Untuk lebih jelas mengenai kelebihan, hingga strategi dari YouTube marketing, simak berikut ini!

Kelebihan YouTube Marketing

Saat ini, ada banyak bisnis online yang menggunakan strategi YouTube marketing. Hal ini karena konten YouTube terbukti sangat efektif.

kelebihan youtube marketing

Nah, bagi para pengusaha yang mungkin belum mengetahui manfaat dari YouTube marketing, berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Mendorong Pengguna untuk Membeli Produk

Salah satu keuntungan dari YouTube marketing adalah membuat calon pembeli tertarik. Seperti yang kita ketahui, bisnis online saat ini telah memanfaatkan dan mempromosikan brand-nya melalui YouTube.

Hal ini membawa banyak keuntungan, apalagi jika konten yang dibuat menarik untuk ditonton.

2. Lebih Komunikatif

Kemudian, keuntungan dari YouTube marketing yang lebih menarik yaitu video yang lebih komunikatif  dengan begitu mereka akan memahami fitur-fitur dari produk Anda.

Anda juga dapat menambahkan konten dengan animasi atau efek visual. Disarankan juga untuk menambahkan suara karena akan membuat konten lebih menyenangkan.

3. Memberikan Kesan Kredibel

Jika video Anda memanfaatkan strategi YouTube marketing pada konten, maka di masa depan bisa menguntungkan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan dapat memberikan citra kredibilitas pada brand Anda. 

Agar Anda berhasil menyampaikan kesan kredibel dengan pelanggan, pelanggan akan langsung membelinya. Itulah sebabnya Anda harus membuat video pemasaran yang menarik. Anda dapat membangun nama yang orisinal dan mudah diingat atau memanfaatkan tren yang sedang viral.

Strategi YouTube Marketing untuk Pemasaran Bisnis Anda

YouTube marketing adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda saat ini. Banyak metode ataupun cara untuk meningkatkan channel dan video YouTube Anda agar bisa memiliki banyak penonton.

Hal yang perlu Anda ketahui bahwa selain membuat konten yang bagus dalam membuat video promosi, Anda harus bisa memastikan video Anda sudah menggunakan SEO.

Dengan menggunakan SEO, video Anda akan muncul di pencarian teratas ketika orang sedang mencarinya.

Selain itu, pemilik bisnis juga harus mengupload video terkait dengan produk atau layanan yang akan ditawarkan. Jika Anda sudah memiliki channel dan video yang ada, Anda dapat mengoptimalkannya untuk menjangkau lebih banyak orang.

strategi youtube marketing

Selanjutnya, agar video promosi yang Anda buat bisa maksimal, cobalah melakukan strategi dari YouTube marketing. Berikut strategi dari YouTube marketing yang bisa Anda ikuti:

1. Channel YouTube Khusus Bisnis

Membuat channel YouTube bisnis ini memiliki kelebihan dibanding menggunakan pribadi. Bahwasannya Anda bisa mengelola channel bisnis lebih dari satu akun.

Awalnya Anda membuat channel sendiri, tapi ketika channel tersebut sudah cukup besar maka channel YouTube akan diurus oleh beberapa orang dengan tugas yang berbeda.

Jadi, jika terdapat orang yang menangani atau mengembangkan channel Anda, maka Anda bisa menggunakan channel YouTube bisnis.

2. Verifikasi Channel

Anda harus memverifikasi akun setelah membuatnya. Anda bisa menambahkan banyak fitur tambahan setelah Anda memverifikasi akun Anda. Misalnya, Anda bisa memasang thumbnail khusus, live stream, dll.

Ketika Anda melakukan verifikasi, maka siapkan nomor handphone untuk dapat menerima kode verifikasi yang diberikan YouTube .

3. Pilihlah Jenis Video yang Cocok untuk Anda

Ketika Anda sudah memiliki channel YouTube, maka langkah selanjutnya memikirkan tema video yang cocok dengan bisnis Anda hingga bisa menarik penonton.

Ada beberapa jenis video yang bisa Anda buat termasuk video listicle, panduan, ulasan produk, behind the scene, video wawancara, kisah sukses, dan lain sebagainya.

Pilih jenis format video yang sesuai untuk saluran yang Anda buat. Jangan membuat video dengan tema yang tidak konsisten dengan tujuan bisnis Anda.

Contohnya, jika Anda menjalankan bisnis fashion, maka Anda dapat membuat video tentang cara merawat pakaian, pakaian yang menjadi mode pada tahun 2022, dan video lainnya.

4. Pentingnya Menggunakan SEO YouTube

Saat ini, tidak hanya mengoptimalkan SEO website tetapi juga SEO YouTube perlu dilakukan. Nah, hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat video adalah riset keywords, optimasi metadata, dan aktivitas pendukung SEO.

Adanya menggunakan SEO ini karena ketika ada orang yang mengetikkan keyword tertentu, maka video Anda berada di urutan teratas.

5. Pentingnya Menggunakan Call to Action yang Efektif

Call to action (CTA) ini merupakan ajakan yang digunakan dalam video YouTube seperti subscribe dan like.

Nah, CTA yang efektif ini bagaimana caranya? Ajakan CTA yang efektif ini dapat membantu mengarahkan pengunjung agar lebih dekat dengan produk yang mereka cari.

Selain bentuk ajakan subscribe atau like melalui video, Anda juga bisa mengajak penonton untuk berkunjung ke website. Maka dari itu, Anda perlu mencantumkan alamat website Anda di deskripsi agar lebih mudah ditemukannya.

menggunakan call to action

6. Pentingnya Mengupload Video YouTube Secara Konsisten

Jika melihat channel YouTube dengan jumlah pelanggan yang banyak, maka Anda akan melihat bahwa mereka biasanya memposting video secara teratur.  

Umumnya, video yang terjadwal secara teratur cenderung membuat orang tetap menontonnya sampai selesai. Salah satu faktor yang digunakan untuk menilai dan meranking pada video adalah engagement.

Kemudian menurut hootsuite, bahwa engagement ini merupakan persentase orang yang menonton video Anda dengan berinteraksi dengan channel dan konten Anda.

Hal ini seperti penayangan video, suka, tidak suka, komentar, berlangganan atau berhenti berlangganan, serta berbagi.

Adapun aspek-aspek dari engagement yaitu tingkat bounce rate, waktu yang dihabiskan untuk menonton video, call to action atau rasio klik tayang yang dapat menentukan posisi video dalam pencarian YouTube.

Selain itu Anda juga dapat menyediakan video cadangan untuk diupload di jadwal mendatang.

7. Melakukan Riset Kompetitor

Anda dapat melakukan riset kompetitor sebelum membuat video YouTube. Hal ini termasuk dalam strategi YouTube marketing yang bisa Anda lakukan.

Nah, Anda bisa mencari tahu jenis konten apa yang disukai audiens target Anda, pelajari kesalahan apa yang telah dilakukan orang lain, dan manfaatkan celah apa pun. 

Anda juga dapat melihat kata kunci yang digunakan oleh pesaing dari judul hingga deskripsi mereka.

8. Aktif Bersosialisasi

Anda juga bisa menggunakan YouTube untuk media berkomunikasi. Dengan cara menanggapi setiap komentar yang dibuat oleh audiens. Selain itu, Anda bisa menggunakan tab Community untuk berinteraksi dengan audiens atau subscribers.

Jika Anda secara aktif bersosialisasi dengan audiens, maka Anda peduli dan ingin terhubung dengan mereka.

9. Mengoptimasi Channel

YouTube marketing ini tujuannya untuk melakukan optimasi channel dan juga video. Dengan melakukan optimasi channel Anda dapat menarik dan mengundang audiens agar bisa menjadi subscribers.

Selain itu, Anda juga dapat mengoptimalkan channel dengan mengisi profil YouTube dan menambahkan video ke playlist. Lengkapi informasi sebanyak mungkin untuk profil YouTube Anda, termasuk situs web, jejaring sosial, alamat email, dll. Setelah itu, pastikan untuk membuat playlist yang relevan dengan konten-konten yang Anda unggah. Pengguna YouTube akan lebih tertarik untuk mengunjungi channel Anda jika mereka dapat menemukan semua video yang relevan dalam satu playlist. Saat mengoptimalkan channel YouTube Anda, jangan lupa untuk merumuskan strategi jualan di YouTube untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik konten Anda.

Kemudian, Anda juga perlu menambahkan banner yang dapat menarik perhatian dan menambah citra bisnis di mata audiens. Nah, ketika Anda bisa memanfaatkan dengan baik, maka bisa meningkatkan engagement dengan audiens channel.

10. Mempromosikan Video

Agar video yang Anda buat dapat ditemukan oleh banyak orang, Anda bisa bergantung pada pencarian, selain itu melakukan promosi video melalui media sosial.

Kemudian video juga bisa dipromosikan melalui email. Caranya adalah dengan membuat pesan email berupa video terbaru Anda dengan lengkap dan menyertakan link tersebut ke daftar email pelanggan yang Anda dimiliki.

11. Memasang Iklan Di YouTube

Jika Anda memiliki banyak uang atau dana, maka Anda bisa menggunakan iklan YouTube untuk mengenalkan video atau channel Anda ke banyak orang.

Metode ini akan membuat channel Anda dapat meningkatkan jumlah penayangan yang sebelumnya tidak terjangkau dengan SEO atau promosi dari media sosial. Iklan ini memiliki banyak macamnya dengan harga pasang iklan yang berbeda.

Contohnya yaitu video yang menggunakan iklan di awal, iklan yang tidak bisa di skip, dan jenis iklan lainnya.

iklan youtube

12. Menggunakan Youtube Analytics

Adapun tools yang digunakan untuk mengukur performa channel dan video Anda di YouTube yaitu Analytics.

Alat ini akan memberi Anda data dan statistik yang terkait dengan channel Anda. Menurut unboxsocial, bahwa data yang ditampilkan dari konten video YouTube terkait dengan suka, tidak suka, jumlah penayangan, jumlah subscribers, video teratas, traffic, demografi pemirsa, dan metrik lainnya.

Adanya tools tersebut sangatlah penting untuk kegiatan YouTube marketing, karena Anda dapat melihat hasil performa dari channel YouTube.

13. Kerjasama dengan Influencer

Pemasaran influencer telah menjadi bagian penting dalam mempromosikan produk saat ini. Umumnya, orang pasti akan mencari tahu terlebih dahulu sebelum membeli produk melalui review produk yang dibuat oleh influencer supaya merasa lebih yakin.

Strategi YouTube marketing ini dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama bersama influencer. Jika Anda dalam proses pencarian influencer, maka carilah orang yang kredibel.

Dengan begitu penonton akan lebih percaya dengan hasil yang di review oleh influencer tersebut. 

Cara Video YouTube Anda Mendapatkan Penonton Lebih Banyak

Terdapat cara untuk bisa menambah viewer YouTube yang bisa Anda coba yaitu

1. Cari Keyword yang Mudah Ditemukan Google dan Ramah SEO

Salah satu cara agar konten Anda dapat ditemukan dengan Google yaitu identifikasi kata kunci dengan menggunakan beberapa tools, selain itu gunakan kata kunci yang familiar dan mudah dimengerti.

Hal ini dapat memudahkan video Anda untuk ditemukan. Contohnya Anda dapat menggunakan kata “cara” atau yang lainnya. Kata kunci ini bisa Anda masukan kedalam judul dan deskripsi video.

Dengan begitu video Anda bisa di baca Google dan dapat diurutan pertama halaman pencarian Google.

2. Gunakan Judul yang Pendek

Dalam pembuatan judul usahakan tidak terlalu berlebihan. Dikutip dari brainshark, Anda dapat membuat judul dengan 70 karakter. Jika Anda membuat judul yang panjang, maka dapat membuat penonton jadi kurang tertarik.

Kemudian, dalam membuat judul atau headline harus bisa mengandung click bait atau judul yang menimbulkan rasa penasaran. Dengan begitu Anda bisa berhasil mengajak pengguna untuk membuka YouTube video Anda. 

3. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Pasti Anda sering melihat gambar yang di awal atau cover video YouTube kan? Nah, gambar tersebut disebut dengan thumbnail

Nah, video yang akan Anda unggah di YouTube ini dapat diambil beberapa tangkapan layar untuk dijadikan gambar mini atau thumbnail.

menggunakan thumbnail

4. Pentingnya Mengoptimalkan Deskripsi Pada Video

Ketika Anda sudah mulai membangun channel YouTube, maka Anda perlu mengoptimalkan semua aspek yang ada di YouTube.

Cara mengoptimalkannya yaitu dengan penulisan deskripsi pada konten video. Jika Anda dapat menulis yang benar, maka video Anda mudah untuk ditemukan.

Adapun cara membuat deskripsi video yaitu :

  • Anda perlu menggunakan 1-2 kata kunci yang dapat mendeskripsikan konten Anda secara akurat
  • Selain itu Anda dapat menyebutkan kata kunci yang Anda targetkan dalam 2-3 kalimat pertama dari deskripsi
  • Deskripsi harus relevan dan menarik karena para penonton akan dapat mendapatkan gambaran terhadap kon Anda
  • Anda perlu juga menambahkan tagar yang sesuai dengan video agar dapat ditemukan oleh penonton
  • Terakhir penting untuk mempromosikan video Anda yang lainnya dengan memasukan judul dan link di dalam kolom deskripsi

5. Perlu Anda Amati, Tiru, dan Modifikasi

Anda perlu mencari channel yang populer dan sesuai dengan topik Anda terlebih dahulu. Lalu Anda bisa mempelajari cara untuk mempromosikan video yaitu dengan cara penyampaian konten, kualitas video dan audio, judul video, dan juga isi konten.

Jika Anda sudah mengetahui caranya, maka Anda bisa menerapkan pada video Anda sendiri. Jadi, hal yang perlu Anda coba adalah mengamati video kompetitor, meniru konsep, serta memodifikasi video agar lebih menarik.

6. Perlu Mengisi Profil Channel Anda

Ketika audiens sudah mulai menyukai video Anda, maka secara tidak langsung mereka akan mengunjungi profil Anda untuk dapat menonton video Anda yang lain. 

Adapun cara agar mereka bisa membuat mereka semakin tertarik dengan channel Anda yaitu dengan membuat cover pada profil Anda yang sesuai dengan te channel Anda.

Ukuran cover channel YouTube yang cocok yaitu 2560 x 1440. Anda bisa membuatnya di aplikasi canva.  

7. Perlu Membuat Intro dan Outro Video

Jika Anda ingin membuat video Anda terlihat lebih profesional, maka Anda bisa menggunakan intro dan outro untuk video Anda.

Intro merupakan pembukaan dari video Anda yang menjadi ciri khas dari sebuah konten Anda. Lalu outro sendiri adalah penutup dari video yang Anda buat.

Umumnya, intro dan outro yang dipasang adalah klip, gambar, atau audio. Tujuannya agar para penonton tidak bosan dan menikmati video yang Anda buat.

Nah, dalam membuat intro dan outro sering mengalami kesalahan seperti, durasi kelamaan, volume yang berisik, tidak relevan video dan channelnya, kualitas gambar tidak bagus. Tampilkan intro dan outro yang singkat dan unik.

8. Perlu Membuat Trailer untuk Channel Anda

Jika orang tertarik dengan video Anda, maka mereka cenderung mengklik profil halaman channel Anda. Kemudian, di dalam profil channel Anda agar terlihat profesional Anda perlu membuat trailer yang ditampilkan dihalaman utama profil Anda.

Untuk trailernya sendiri berupa video yang menarik atau mengenai penjelasan singkat tentang topik channel Anda. 

Membuat Trailer untuk Channel

9. Membuat Giveaway

Dalam membuat giveaway ini sering digunakan oleh masyarakat untuk bisa menaikkan jumlah viewers dan subscribers. Nah, Anda hanya bisa mengumumkan bahwa channel YouTube Anda sedang bagi-bagi hadiah.

Namun, sebelum membagikan Anda perlu menentukan syaratnya sesuai dengan keinginanmu. 

10 Mengundang Kolaborasi

YouTuber yang akan Anda ajak untuk kolaborasi harus bisa memiliki jumlah subscriber yang banyak. Dengan begitu, channel Anda akan terbantu jumlah views. Selain itu untuk kolaborasi, Anda harus memastikan kesesuaiannya dengan tema video Anda.

Nah, itu dia artikel mengenai YouTube marketing dengan tujuan dapat membantu Anda agar mendapat lebih banyak penonton dan mengembangkan channel Anda. Semoga bermanfaat!

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like