Tiktok Creator Fund : Cara Dapat Uang di Tiktok Bagi Kreator

Apakah Anda kreator TikTok yang ingin memonetisasi konten Anda? Pernahkah Anda mendengar tentang Tiktok creator fund?

TikTok telah menggemparkan dunia media sosial, sehingga tidak mengherankan jika TikTok telah menjadi platform populer bagi para kreator untuk menampilkan bakat mereka. Namun, hingga saat ini, sulit bagi para kreator untuk menghasilkan uang dari aplikasi ini.

TikTok creator fund adalah program baru yang dirancang untuk membantu para kreator mendapatkan uang dari konten mereka.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara kerja Tiktok Creator Fund, siapa saja yang memenuhi syarat untuk mendaftar, dan berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan.

Jadi, jika Anda seorang kreator TikTok yang ingin mengubah hasrat Anda menjadi keuntungan, teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dana Kreator TikTok.

apa itu tiktok creator fund

Apa Itu Tiktok Creator Fund

Salah satu rahasia mengapa Tiktok lebih cepat dikenal dan disukai oleh banyak orang berkat berbagai konten menarik yang telah dibuat oleh kreator yang membagikan postingan mengenai berbagai topik yang menarik dengan pendekatan yang mudah dipahami.

Cara ini akan membuat pengguna tiktok menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat berbagai konten yang disajikan dalam waktu lama.

Guna menghargai kerja keras para kreator, Tiktok akhirnya meluncurkan fitur Tiktok creator fund, dimana kreator akan mendapatkan sejumlah dana apabila konten yang dibuat berhasil mendapatkan target tertentu yang diinginkan oleh tiktok.

Semakin banyak jumlah penonton, orang yang membagikan postingan, serta interaksi di dalamnya, maka akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak uang di tiktok.

tujuan tiktok creator fund

Tujuan Tiktok Creator Fund

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kreator TikTok menghasilkan uang? TikTok telah mengumumkan peluncuran Tiktok Creator Fund, yang bertujuan untuk mendukung dan memberi penghargaan kepada para kreator untuk konten mereka yang menarik. Tetapi apa sebenarnya tiktok creator fund itu dan bagaimana cara kerjanya?

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan jutaan pengguna dan kreator di seluruh dunia.

Dengan munculnya para influencer TikTok, aplikasi ini menyadari perlunya memberikan dukungan finansial kepada para kreatornya.

TikTok Creator Fund adalah sebuah inisiatif baru yang bertujuan untuk mendukung para kreator secara finansial untuk konten kreatif dan menarik mereka di platform ini.

Dana ini dirancang untuk mendorong para kreator agar terus memproduksi konten berkualitas dan membantu mereka mengembangkan pengikut mereka. 

1. Penyemangat Kreator Memberikan Konten yang Lebih Baik

Pada awal peluncuran Tiktok di pasar internasional, platform ini sudah dikenal sebagai tempat menyalurkan kreativitas kawula muda dengan berbagai tantangan tarian yang menarik untuk diikuti oleh banyak orang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak orang yang membuat konten edukasi dan hiburan di Tiktok, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk membuka akun di tiktok untuk menyaksikan berbagai konten yang disajikan.

Sayangnya, banyak kreator yang belum bisa menghasilkan uang dari tiktok, sebab platform ini belum menyajikan program kompensasi bagi penggunanya, sehingga mereka baru mendapatkan uang apabila ada tawaran kolaborasi promosi.

Sehingga untuk menyemangati kreator dalam memberikan konten yang lebih baik dan berkualitas, maka platform ini meluncurkan program tiktok creator fund yang dapat menjadi penyemangat kreator dalam membuat konten yang lebih baik dan disukai oleh pengguna lainnya.

2. Mempertahankan Pengguna Tiktok

Meskipun Tiktok telah memiliki miliaran pengguna yang terus bertambah setiap hari, namun platform ini tetap harus bersaing dengan social media lain yang memiliki pengguna setia yang lebih banyak dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Sehingga untuk terus mempertahankan pengguna tiktok agar terus membuat berbagai karya di tiktok yang terinspirasi dari kreator lain, maka program tiktok creator fund bisa menjadi pemicu bagi penonton untuk meluncurkan berbagai karya yang menarik.

Selain itu, penggunaan tiktok creator fund juga diharapkan dapat mempertahankan influencer tiktok yang telah memiliki banyak penggemar agar tetap setia di aplikasi ini sembari memberikan konten yang menarik bagi penggunanya.

3. Tanda Terima Kasih dari Tiktok 

Kreator social media biasanya tidak hanya berfokus pada satu platform saja, melainkan memiliki banyak cabang sehingga memiliki banyak penggemar dari berbagai social media.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda akan menemukan kreator yang memiliki banyak konten di berbagai social media.

Kebiasaan ini juga diwaspadai oleh Tiktok sehingga mencari cara untuk mempertahankan penggunanya dengan memberikan penghargaan khusus berupa tiktok creator fund dengan hasil yang berbeda bagi setiap penggunanya.

Semakin tinggi hasil engagement yang didapatkan maka akan berpeluang untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

serba serbi tiktok creator fund

Serba-serbi Tiktok Creator Fund

Pernahkah Anda mendengar tentang Tiktok creator fund? Apakah Anda penasaran tentang apa itu dan bagaimana cara kerjanya? Anda tidak sendirian.

Dengan munculnya TikTok sebagai platform untuk pembuatan konten, banyak kreator bertanya-tanya bagaimana mereka dapat memonetisasi konten mereka dan mencari nafkah darinya.

TikTok juga telah menjadi platform bagi banyak kreator untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka.

Menanggapi hal ini, TikTok telah meluncurkan Tiktok Creator Fund untuk mendukung dan memberi penghargaan kepada para kreator atas konten mereka.

Dana Kreator TikTok adalah pengubah permainan bagi para pembuat konten yang ingin mengubah hasrat mereka menjadi sebuah profesi. Ini adalah peluang besar bagi para kreator untuk mendapatkan uang sambil melakukan apa yang mereka sukai.

Pada artikel ini, kami akan membahas detail Tiktok creator fund dan apa artinya bagi para kreator. Baik Anda seorang kreator TikTok yang sudah berpengalaman atau baru memulai, Anda tidak akan mau melewatkan kesempatan menarik ini.

1. Syarat Mengikuti Tiktok Creator Fund

Berbagai hasil yang diberikan oleh tiktok creator fund tentunya membuat banyak kreator tertarik untuk mengikuti layanan ini, sayangnya platform ini hanya mengizinkan tiktok creator fund kepada beberapa akun yang memenuhi syarat saja.

Misalnya adalah sudah memasuki usia legal yakni 18 tahun, mempunyai setidaknya 10.000 pengikut, memiliki domisili di negara tertentu, jumlah penonton 10.000 orang dalam waktu satu bulan, rutin mengunggah konten asli yang tentunya tidak melanggar peraturan tiktok.

Apabila kreator sudah memenuhi berbagai syarat tersebut, maka mereka memiliki peluang untuk bergabung pada program tiktok creator fund.

Kesimpulannya, Tiktok creator fund hanya diperuntukkan bagi kreator kreatif yang telah memiliki pengaruh yang kuat dan memiliki kemampuan dalam membuat konten populer yang disukai oleh banyak orang.

Akan tetapi, anda juga bisa mengatur strategi agar konten yang dibuat bisa memenuhi persyaratan tiktok creator fund sehingga membuka peluang untuk mendapatkan uang dari tiktok.

tiktok creator fund

Namun jika anda masih ragu apakah akun anda berhak mengikuti program ini, maka anda bisa mengaksesnya melalui fitur insight tiktok.

2. Cara Bergabung di Tiktok Creator Fund

Apabila anda merasa akun anda telah memenuhi syarat untuk bergabung pada program tiktok creator fund, maka inilah saat untuk mendaftarkan diri pada layanan ini.

Caranya pun cukup mudah, anda cukup masuk ke kolom profil anda, kemudian klik pada ikon tiga titik layar yang berada di bagian pojok kanan.

Kemudian klik ikon kelola akun kemudian gulir ke bawah hingga menemukan ikon untuk beralih ke akun pro dan pilih menu kreator.

Setelah melakukan perubahan akun ke tiktok pro, maka kembalilah ke halaman profil anda dan klik pada ikon garis tiga sekali lagi.

Gulir ke bawah hingga menemukan ikon kreator, anda akan menemukan layanan insight dan dana kreator tiktok, pastikan untuk memilih menu yang terakhir.

Setelah itu, anda akan diminta memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan oleh Tiktok, seperti usia pengguna dengan mengunggah kartu identitas serta melakukan verifikasi lokasi.

Pastikan juga untuk membawa berbagai persyaratan yang harus dipatuhi oleh kreator agar akun anda dapat mengikuti program tersebut.

Tidak hanya itu, anda mungkin saja mendapatkan undangan dari Tiktok apabila akun anda sudah memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan.

Caranya adalah mengecek kolom pemberitahuan, dimana anda akan melihat notifikasi dari Tiktok yang meminta anda mengisi kolom khusus, dimana anda bisa mengisi berbagai persyaratan yang diminta agar bisa bergabung pada program tiktok creator fund.

3. Cara Kerja Tiktok Creator Fund

Tiktok sendiri menyatakan hasil tiktok creator fund dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perfoma dari kreator serta beberapa faktor yang dapat berganti setiap kali.

Perubahan yang mendadak dan tidak adanya pemberitahuan ini menjadikan munculnya protes dari para kreator karena akan sulit memperhitungkan hasil setiap bulannya.

Namun Tiktok mengemukakan bahwa hasil tiktok creator fund bisa didapatkan dilihat dari jumlah penonton, keaslian penonton, serta interaksi di konten secara rutin.

Tiktok biasanya menghitung performa kreator dalam durasi 30 hari dan memberikan hasilnya apabila kreator telah mencapai hasil tertentu yang kemudian akan dikirimkan ke rekening pribadi atau dompet digital yang telah dipilih oleh kreator.

kelebiha dan kekurangan tiktok creator fund

Kelebihan dan Kekurangan Tiktok Creator Fund

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer, baru-baru ini, mereka meluncurkan TikTok Creator Fund, yang menjanjikan untuk membayar para kreator untuk konten mereka.

Tetapi apakah ini benar-benar kesepakatan yang bagus untuk para kreator? Apakah ada kerugian untuk berpartisipasi dalam Creator Fund?

TikTok telah merevolusi cara orang mengonsumsi konten, dan sekarang mereka juga mengubah permainan bagi para kreator.

Tiktok creator Fund adalah kesempatan bagi para kreator untuk mendapatkan uang dari video TikTok mereka, tetapi ini bukan tanpa kekurangan, seperti halnya fitur platform baru lainnya, ada pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan sebelum terjun.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan TikTok creator fund. Kita akan melihat bagaimana cara kerjanya, siapa saja yang memenuhi syarat, dan jenis konten apa saja yang memenuhi syarat.

Kami juga akan memeriksa potensi keuntungan dan kerugian dari berpartisipasi dalam Creator Fund, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah itu tepat untuk Anda atau tidak.

1. Peluang Mendapatkan Uang dari Tiktok

Keuntungan pertama yang dirasakan oleh kreator tiktok setelah menjadi bagian dari program tiktok creator fund adalah peluang mendapatkan uang dari tiktok

Penghasilan ini tentunya menguntungkan bagi influencer mikro yang tengah merintis dan belum mendapatkan penawaran kolaborasi promosi dengan brand lain, sehingga mencari cara untuk berpenghasilan dari Tiktok.

Di sisi lain, pendapatan tambahan ini juga diharapkan dapat memotivasi kreator untuk membuat berbagai konten yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan performa akun yang dimiliki.

Sehingga bermula dari membuat konten tiktok untuk bersenang-senang dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki bisa membuka peluang menjadi lebih serius di Tiktok dan akhirnya menjadi content creator yang berpengalaman dalam membuat konten.

2.  Mempertahankan Interaksi Konten

Salah satu indikator pemberian dana dari tiktok creator program adalah melihat dari interaksi yang dilakukan antara penonton dan kreator dalam jangka waktu sebulan.

Sehingga semakin tinggi tingkat interaksi antar kreator dan penonton dalam jangka waktu tersebut, maka akan membuka peluang bagi kreator untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

Indikator ini juga menjadi motivasi sendiri bagi kreator untuk membuat konten yang dapat meningkat interaksi antar penonton serta menyediakan waktu untuk membalas berbagai komentar yang masuk dari penonton.

Kreator juga perlu mengetahui jenis konten mana yang dapat meningkatkan interaksi penonton, sehingga kinerja akun anda bisa konsisten dalam sebulan.

Cara menganalisa konten yang tepat untuk meningkatkan interaksi adalah dengan membuka fitur insight dan melihat postingan yang mendapatkan interaksi tertinggi.

Jika jenis konten tersebut dapat membawa interaksi dalam waktu lama, maka anda bisa mengembangkannya untuk mendapatkan perhatian penonton.

Namun, memberikan sedikit modifikasi dan inovasi pada konten tersebut juga dapat membantu agar penonton tidak merasa bosan pada jenis konten yang sama.

3. Tidak Memiliki Perjanjian Tertentu

Saat melakukan kolaborasi promosi dengan suatu brand untuk memasarkan suatu produk, biasanya kreator akan diikat dengan perjanjian tertentu.

Misalnya saja anda akan diminta membuat konten dengan properti dan gaya tertentu sehingga menghilangkan ciri khas postingan anda.

Penghilangan ciri khas ini akhirnya akan membuat penonton kurang tertarik untuk menyaksikan konten promosi anda, sehingga mengurangi interaksi yang biasanya didapatkan dari konten original yang diunggah secara rutin.

Hal ini berbanding terbalik apabila anda mengikuti program tiktok creator fund, dimana platform ini akan mendorong anda untuk membuat konten original sebaik mungkin secara rutin.

Sehingga hasilnya akan membuat anda mendapatkan penghasilan yang banyak secara rutin sehingga tidak bergantung pada kolaborasi promosi produk yang datangnya tidak menentu.

4. Pembayaran Tergantung Performa Konten

Meskipun kreator tidak terikat kontrak untuk membuat jenis konten tertentu, sayangnya penghasilan yang di dapatkan dari tiktok creator fund juga tidak menentu.

Hal ini dikarenakan tiktok mengukur performa konten berdasarkan interaksi yang di dapatkan dari penonton serta jumlah engagement yang didapatkan oleh konten dalam jangka waktu sebulan.

Sehingga apabila kreator mengalami masa tidak mengunggah konten dalam jangka waktu tertentu, maka penghasilan yang didapatkan juga akan menurun.

Namun untuk mengatasi masalah tersebut, maka kreator bisa melakukan antisipasi dengan membuat konten dalam jumlah banyak kemudian diunggah secara rutin pada waktu yang telah ditentukan menggunakan platform perencana social media.

Cara ini akan membantu anda untuk tetap mengunggah konten secara aktif, meskipun tengah fokus melakukan kegiatan lain.

Di sisi lain, untuk mendapatkan ide konten dalam jangka waktu lama, anda bisa menjaring pertanyaan yang muncul di kolom komentar, kemudian membuat postingan berdasarkan pertanyaan tersebut.

Strategi ini akan membantu anda mendapatkan ide konten yang segar dari penonton dan tentunya sesuai dengan minat pengikut anda.

cara optimasi konten tiktok secara maksimal

Cara Optimasi Konten Tiktok Secara Maksimal

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Tiktok memberikan pendapatan bagi kreator berdasarkan kinerja konten dalam jangka waktu sebulan.

Sehingga kreator yang telah tergabung dalam program tiktok creator fund mau tak mau harus mencari cara dan memutar otak untuk memaksimalkan potensi konten yang dimiliki untuk mendapatkan pendapatan yang sesuai keinginan.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil konten yang diinginkan sehingga bisa tampil sempurna untuk program tiktok creator fund.

1. Ketahui Trend Terkini

Sebagai social media yang memiliki banyak penonton serta kemudahan untuk mengakses dan membuat Tiktok, menjadikan pengguna tiktok akan menemukan trend yang terus berubah setiap harinya.

Trend terbaru yang terus berganti menjadikan kreator perlu mengetahui jenis konten yang sedang naik daun saat ini, sehingga konten anda tetap relevan dan terus dilihat oleh penonton.

Anda bisa menemukan trend tiktok ini dengan mudah melalui berbagai cara, pertama anda bisa memulainya dengan masuk ke halaman pencarian dan mencari tahu hasil pencarian yang sedang naik daun saat ini.

Tidak hanya itu, anda bisa mengakses fitur musik di Tiktok untuk mencari tahu lagu yang sedang banyak digunakan saat ini sehingga bisa anda tambahkan pada postingan yang akan anda unggah selanjutnya.

Menyediakan waktu untuk melihat beranda tiktok setiap hari akan membantu anda menemukan ide konten yang menarik serta trend terkini yang bisa dijadikan inspirasi postingan yang disukai oleh penonton.

Menggunakan platform untuk mencari trend terkini juga bisa menjadi pilihan terbaik apabila anda hendak fokus pada satu topik tertentu, sehingga anda bisa menjadi orang pertama yang membahas permasalahan tertentu.

2. Dengarkan Pendapatan Penonton

Performa tiktok creator fund juga ditentukan dari interaksi anda dengan penonton dan pengikut setia yang dimiliki.

Sehingga ada baiknya untuk mendengarkan pendapat penonton yang setia menonton konten anda dan memberikan pendapat mereka melalui kolom komentar atau pesan yang masuk.

Anda bisa memulainya dengan menyediakan waktu untuk membuka kolom komentar dan melihat berbagai pertanyaan dan saran yang masuk, dimana berbagai pendapat tersebut bisa menjadi inspirasi konten yang menarik di masa yang akan datang.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan kolom pesan untuk melihat berbagai permintaan penonton secara pribadi sehingga bisa dipertimbangkan untuk pengembangan konten berikutnya.

Sesekali melakukan siaran langsung juga bisa dilakukan untuk mengetahui keinginan penonton terhadap konten anda, sehingga menjadi pengembangan yang lebih baik.

Di sisi lain, melakukan siaran langsung secara rutin juga dapat membantu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok melalui berbagai hadiah stiker yang dikirimkan oleh penonton.

3. Lakukan Inovasi Konten Secara Rutin

Memberikan konten dengan tema yang sama kepada penonton, mungkin saja akan menimbulkan rasa bosan bagi mereka, sehingga dapat mengurangi jumlah penonton secara perlahan.

Di sisi lain, kemunculan kreator tiktok lain yang memberikan ide konten yang lebih segar akan membuat pengikut setia anda berpaling dan mengurangi jumlah penonton yang biasanya meningkat secara membludak.

Sehingga untuk mempertahankan penonton setia, maka anda perlu melakukan berbagai pendekatan khusus.

Misalnya saja melakukan inovasi dengan mendapatkan ide konten yang lebih segar sehingga membuat penonton tidak merasa bosan.

Selain itu, membuat segmen konten terbaru juga akan mempertahankan postingan anda agar lebih ramai setiap saat.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like