Tiktok Influencer Marketing, Cara Promosi dengan Influencer

Dalam melakukan promosi di tiktok, anda tidak hanya mengandalkan promosi secara organik melalui konten yang dimiliki, namun penting juga bagi anda untuk melakukan promosi secara berbayar.

Cara ini dilakukan untuk memudahkan menyasar target audience yang diinginkan dengan mudah, meskipun anda memiliki jumlah pengikut yang masih sedikit.

Salah satu cara promosi berbayar yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan influencer tiktok yang telah memiliki pengaruh yang besar dan dipercaya oleh pengguna tiktok, sehingga merk anda lebih mudah dikenal.

Namun, sebelum melakukan kerjasama dengan influencer tiktok, penting bagi anda untuk mempelajari tiktok influencer marketing terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal.

pengertian tiktok influencer marketing adalah

Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif

Tiktok Influencer Marketing Adalah

Bagi pengguna tiktok, anda tentunya tidak asing dengan kolaborasi menggunakan influencer tiktok, dimana seorang kreator mempromosikan sebuah merk yang membuat produk dan jasa mereka naik daun.

Melakukan promosi menggunakan tiktok influencer marketing memberikan beberapa keuntungan untuk mengenalkan merk ke target konsumen yang lebih luas dan selaras dengan industri yang dikuasai oleh influencer tiktok tertentu.

Tiktok influencer marketing adalah strategi yang digunakan oleh sebuah merk untuk melakukan kolaborasi dengan influencer kenamaan untuk mempromosikan produk dan jasa yang mereka miliki.

Strategi pemasaran ini biasanya dilakukan mengingat akun tiktok brand tidak memiliki jumlah pengikut dan jangkauan konten yang seluas influencer tertentu, sehingga cara ini dilakukan agar produk mereka dikenal oleh banyak orang lebih mudah dan cepat.

Penggunaan influencer tiktok untuk promosi juga dapat membantu untuk meningkatkan interaksi sehingga merk tersebut lebih mudah terkenal dibandingkan melakukan promosi secara organik.

Tidak hanya itu, prioritas algoritma tiktok yang mengedepankan konten yang viral menjadikan konten promosi yang dibuat oleh influencer menjadi lebih mudah terkenal, apalagi di kalangan anak muda dibandingkan sosial media lainnya, seperti Instagram atau Youtube.

Meskipun melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok dianggap menguntungkan, namun penting bagi anda untuk melakukan berbagai pertimbangan terlebih dahulu agar promosi melalui tiktok influencer marketing menjadi lebih sukses.

cara melakukan kerjasama dengan influencer tiktok

Cara Melakukan Kerjasama dengan Influencer Tiktok

Melakukan kerjasama dengan tiktok influencer memiliki beberapa keuntungan, seperti jangkauan konten yang lebih luas serta kemudahan untuk dikenal oleh target audience yang diinginkan.

Meskipun begitu, dengan banyaknya influencer tiktok yang bergerak di bidang yang berbeda, penting bagi anda untuk memilih influencer yang tepat untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan influencer tiktok untuk pertama kali bagi pemula.

1. Tentukan Metrik Kesuksesan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan kerjasama dengan influencer tiktok adalah menentukan metrik kesuksesan yang ingin dicapai.

Penentuan metrik kesuksesan ini akan membantu anda untuk memahami tujuan yang ingin didapatkan saat melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok, apakah anda hendak meningkatkan brand awareness produk atau meningkatkan penjualan produk, dimana masing-masing tujuan memiliki pendekatan yang berbeda.

Di samping itu, penentuan metrik kesuksesan juga akan membantu anda untuk membuat campaign atau ide konten yang sesuai untuk setiap influencer, sehingga dapat memaksimalkan hasil promosi yang diinginkan.

Penentuan metrik kesuksesan juga akan memudahkan anda untuk melacak dan menganalisa hasil konten kolaborasi promosi dengan influencer, misalnya saja jumlah pengunjung website, penjualan produk, atau kunjungan ke profil tiktok yang menyesuaikan dengan campaign promosi yang dimiliki.

Guna mengukur hasil kolaborasi promosi produk dengan influencer tiktok, maka anda bisa menggunakan berbagai fitur dari tiktok analytics atau website analisa konten untuk melacak hasil konten dalam jangka waktu yang tepat.

Penggunaan alat ini nantinya akan membantu anda untuk mengumpulkan data kolaborasi promosi produk dengan lebih mudah dalam waktu cepat. 

2. Pilih Influencer Tiktok yang Tepat

Setelah menentukan metrik kesuksesan untuk promosi, maka inilah saatnya untuk memilih influencer yang tepat dan bergerak di industri yang sama dengan anda.

Memilih influencer tiktok yang sesuai juga membutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan kreator yang dapat memberikan hasil promosi yang maksimal.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih influencer tiktok yang tepat untuk mendapatkan hasil pemasaran yang diinginkan :

Pertama adalah anda bisa melakukan pencarian kata kunci yang berkaitan dengan brand atau merk anda di halaman pencarian tiktok.

Dengan melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu, maka anda bisa mengetahui influencer tiktok yang mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok yang memiliki minat yang sama dan terlihat dari interaksi yang dimiliki.

Buatlah daftar influencer tiktok yang sekiranya memiliki jumlah pengikut dan jangkauan konten video yang luas, sehingga bisa anda gunakan untuk kolaborasi promosi produk.

Kedua adalah dengan mengamati beranda tiktok anda, amati influencer tiktok yang sering muncul di beranda anda dan perhatikan konten yang mereka sajikan, apabila konten tersebut sesuai dengan konten anda, maka anda bisa menggunakannya untuk kolaborasi promosi produk.

Ketiga adalah menggunakan jasa digital marketing yang bergerak di bidang influencer marketing, dimana mereka bisa mendapatkan rekomendasi key opinion leader yang memberikan hasil konten yang baik dan bisa meningkatkan nama merk anda setelah promosi selesai. Selain itu, jasa digital marketing juga dapat membantu dalam cara promosi email marketing, dimana mereka dapat merancang strategi email marketing yang efektif dan menjangkau audiens target anda. Dengan menggunakan kedua teknik ini, anda dapat memaksimalkan upaya promosi anda dan meningkatkan kehadiran merek anda di dunia digital. Jadi, dengan menggunakan jasa digital marketing yang profesional, anda dapat mencapai hasil promosi yang optimal dan meningkatkan brand awareness anda.

Selain itu, penggunaan agensi digital marketing juga akan membantu anda untuk merancang strategi promosi serta konten yang sesuai, sehingga hasil konten anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Lakukan Kolaborasi dengan Micro Influencer

Selain melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok yang memiliki jumlah pengikut dan pengaruh yang lebih besar, anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan micro influencer.

Dimana meskipun mereka memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit, namun ulasan mereka juga dipercaya oleh pengguna tiktok lainnya, sehingga memiliki hasil konten yang baik juga.

Hal ini dikarenakan micro influencer kerap melakukan interaksi dengan pengguna tiktok lainnya, sehingga hasil ulasan yang diberikan bisa lebih terpercaya.

Di sisi lain, Tiktok juga memerhatikan konten tiktok yang memiliki jumlah interaksi yang tinggi dibandingkan pengikut yang banyak, dimana ini akan menguntungkan saat anda melakukan kolaborasi dengan micro influencer.

Penggunaan micro influencer juga dianggap menguntungkan apabila anda hendak melakukan kolaborasi promosi dengan banyak kreator namun memiliki budget promosi yang terbatas, sebab anda bisa memilih influencer yang memiliki biaya promosi yang  lebih terjangkau. 

4. Siapkan Jumlah Produk yang Cukup

Saat melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tiktok terkenal, nama brand anda mungkin bisa lebih terkenal karena penyajian promosi yang baik dari mereka.

Sehingga untuk mengatasi kedatangan calon konsumen yang penasaran dengan produk mereka, maka anda perlu menyiapkan jumlah produk yang cukup, sehingga pembeli bisa ikut pada trend promosi yang anda berikan dan anda bisa memanfaatkan popularitas yang didapatkan setelah promosi.

Karenanya anda perlu menyiapkan jumlah produk yang cukup untu memenuhi permintaan mereka serta meningkatkan keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur dari website khusus untuk memprediksi antisipasi permintaan pasar, dengan memanfaatkan informasi yang diberikan maka anda dapat secara akurat menentukan jumlah produk yang anda butuhkan untuk memenuhi pesanan yang masuk. 

Berikan juga penawaran menarik untuk meningkatkan penjualan produk dan membuat konsumen tergiur untuk melakukan pembelian, misalnya saja anda bisa membuat penawaran eksklusif serta menawarkan urgensi yang dapat mendorong penjualan produk.

5. Lakukan Evaluasi Kinerja Influencer Tiktok

Setelah melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tiktok dalam jangka waktu tertentu, maka inilah saatnya untuk mengevaluasi hasil promosi mereka.

Dengan melakukan evaluasi kinerja influencer tiktok, maka akan membantu anda untuk memastikan budget promosi yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia serta mendapatkan hasil promosi yang diinginkan.

Beberapa evaluasi kinerja influencer tiktok yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat metrik konten promosi, apakah mereka mendapatkan jumlah interaksi yang tinggi atau cenderung rendah, dimana ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya saja konten promosi yang kurang menarik, sehingga penonton kurang tertarik untuk melakukan interaksi.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat hasil kinerja konten yang memiliki dampak ke akun anda, misalnya saja jumlah pengikut yang bertambah atau penjualan produk yang meningkat menggunakan kode pembelian tertentu.

Dengan melacak jumlah kunjungan dan penjualan produk juga bisa menjadi penanda bahwa konten promosi yang dilakukan oleh influencer tiktok mendapatkan hasil yang diinginkan.

Anda juga dapat memantau komentar dan ulasan dari penonton untuk dapat mengungkapkan sentimen audiens, menyoroti strategi promosi yang berhasil, dan apa yang dapat ditingkatkan untuk kampanye promosi di masa mendatang.

Anda bisa melakukan pelacakan hasil konten kolaborasi promosi menggunakan website khusus, sehingga akan membantu anda untuk mendapatkan hasil evaluasi yang lebih lengkap, mudah, dan tidak memakan waktu lama.

Hasil evaluasi kinerja influencer tiktok yang baik juga bisa menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan jasa mereka di waktu yang akan datang untuk campaign promosi selanjutnya.

Tips Melakukan Kerjasama dengan Influencer Tiktok

Tips Melakukan Kerjasama dengan Influencer Tiktok

Melakukan kerjasama dengan influencer tiktok tentunya akan memberikan berbagai keuntungan berupa jangkauan konten yang lebih luas sehingga dapat dikenal oleh target audience yang diinginkan.

Meskipun begitu, anda perlu merancang strategi yang tepat untuk mendapatkan hasil promosi yang diinginkan setelah mengeluarkan biaya promosi yang cukup besar.

Karenanya, berikut beberapa tips yang bisa didapatkan saat melakukan kerjasama dengan influencer tiktok untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

1. Kenali Target Audience

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan kerjasama dengan influencer tiktok adalah memastikan untuk mengenali target audience yang dimiliki.

Pengenalan target audience ini akan membantu anda untuk memilih influencer tiktok yang sesuai dengan minat mereka, sehingga hasil promosi bisa berjalan lebih baik.

Pemahaman mengenai minat target audience pada influencer tiktok tertent juga akan membantu anda untuk melakukan promosi produk, mengingat Tiktok memiliki banyak pengguna yang memiliki kebiasaan dan minat yang berbeda, sehingga anda perlu memilih target audience yang sesuai dengan produk yang anda miliki.

Di samping itu, target audience di industri tertentu biasanya memiliki influencer tiktok favorit yang membuat mereka percaya pada ulasan produk yang dimiliki, sehingga pastikan untuk memilih influencer tiktok yang sesuai untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih baik.

Guna mengetahui target audience yang sesuai, anda bisa menggunakan berbagai alat khusus, seperti Google Analytics dan website analisa konten sosial media yang dapat memberikan data mengenai usia, lokasi, dan jenis kelamin dari target audience. Informasi ini juga dapat membantu untuk menentukan influencer TikTok yang sesuai dengan target audience.

Anda juga dapat meluangkan waktu untuk mengamati beranda tiktok dan melihat konten yang sedang tren dan sesuai dengan nilai-nilai merk anda, mengamati tingkat interaksi juga dapat mengungkapkan jenis audience yang sesuai dengan jenis konten tertentu.

Lakukan juga analisa secara langsung dengan melakukan jajak pendapat atau survey di akun sosial media anda untuk mengumpulkan informasi mengenai influencer yang disukai oleh target audience anda serta jenis konten yang menarik bagi mereka.

Informasi ini nantinya akan membantu anda untuk memahami influencer yang bisa memberikan hasil promosi yang lebih baik saat melakukan kolaborasi promosi produk

Tidak hanya itu, tentukan juga tujuan kolaborasi anda dengan jelas,  Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, menaikkan kunjungan website atau akun e-commerce, atau meningkatkan konversi penjualan? Memahami hal ini akan memandu Anda dalam memilih influencer, memastikan kemitraan Anda menghasilkan dampak yang maksimal. 

2. Buat Konten Promosi yang Menarik

Setelah menentukan influencer yang hendak diajak kerjasama, maka penting juga untuk membuat konten promosi yang menarik, mengingat anda perlu bersaing dengan akun tiktok brand lain yang menggunakan influencer untuk melakukan promosi produk yang dimiliki.

Sehingga penting bagi anda untuk membuat konten promosi yang menarik agar iklan anda mudah diingat dan membuat pengguna tiktok tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Anda bisa memulainya dengan membuat naskah konten promosi yang berisi masalah yang dihadapi konsumen, solusinya, serta kelebihan produk yang dimiliki, dimana ini akan memudahkan influencer untuk membuat konten tiktok promosi yang sesuai.

Dalam membuat ide konten promosi yang menarik untuk influencer, anda juga bisa mempertimbangkan jenis konten yang biasa mereka sajikan, apakah berupa konten komedi, story telling, atau edukasi, sehingga anda bisa menyelaraskan konten promosi dengan jenis konten yang biasa mereka sajikan di tiktok.

Karenanya, penting bagi anda untuk memperhatikan jenis konten yang biasa dibuat oleh influencer tiktok yang dituju sehingga anda bisa menyesuaikan dengan tampilan konten yang dimiliki.

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminta influencer tiktok untuk membuat konten promosinya sendiri, sehingga konten promosi terlihat natural dan membuat penonton tertarik untuk menggunakan produk tersebut.

Pastikan juga konten promosi terlihat natural dan tidak membuat penonton kurang tertarik untuk membelinya karena postingan yang kurang menarik.

3. Lakukan Kegiatan Siaran Langsung

Beberapa akun brand yang sudah memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak biasanya memiliki peluang untuk mendapatkan fitur siaran langsung yang tersedia secara terbatas.

Penggunaan fitur siaran langsung ini tentunya menguntungkan bagi pemilik akun brand, sebab mereka dapat melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki serta memperluas jangkauan konten ke target audience yang tepat.

Di samping itu, penggunaan fitur siaran langsung juga bisa digunakan untuk melakukan jual beli secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan produk secara efektif.

Di sisi lain, penggunaan fitur siaran langsung juga memungkinkan anda untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok tertentu yang memungkinkan anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan promosi yang lebih banyak dan menarik.

Pertama, anda bisa mengajak influencer tiktok tertentu untuk mengajak mereka jualan di siaran langsung, dimana cara ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah penonton serta penjualan produk dengan cepat, sehingga anda bisa meningkatkan keuntungan dengan lebih mudah.

Meskipun begitu, agar kegiatan siaran langsung terasa lebih menarik dan menyenangkan, maka anda bisa membuat format konten yang menyenangkan, sehingga penonton tertarik untuk menonton siaran langsung tersebut dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menawarkan berbagai promo yang menarik selama siaran langsung, sehingga penonton tidak hanya menonton namun juga membeli produk sehingga dapat mengenalkan produk dengan baik dan tepat sasaran.

4. Buat Event Promosi yang Menarik

Guna meningkatkan hasil kolaborasi promosi yang baik dengan influencer tiktok, membuat event promosi yang menarik bisa menjadi daya tarik untuk memikat target audience.

Hal ini dikarenakan membuat acara promosi yang menarik dengan influencer tiktok dapat meningkatkan jangkauan merk dan menaikkan interaksi dengan target audience.

Anda bisa memulainya dengan mengidentifikasi keunikan dari influencer tiktok dan target audience yang dimiliki, anda bisa memilih influencer yang memiliki komunitas yang kuat dan bergerak di industri yang sama dengan anda.

Selanjutnya adalah melakukan diskusi mengenai konsep acara yang sekiranya disukai oleh target audience, pertimbangkan untuk membuat tantangan yang bisa dilakukan oleh influencer dan target audience atau meluncurkan produk eksklusif yang mendorong interaksi dengan target audience dan interaksi secara langsung.

Membuat materi promosi yang menarik juga dapat dengan mudah membuat konten anda dibagikan ke sesama pengguna tiktok, dimana anda bisa membagikan teaser yang menarik secara visual, serta memastikan bahkan format konten anda disesuaikan dengan tampilan tiktok yang dinamis sehingga mudah dibagikan ke orang lain.

Anda juga bisa mengajak influencer tiktok yang dipilih untuk berdiskusi dan tukar pikiran mengenai konten promosi yang disesuaikan dengan gaya mereka, sehingga mereka bisa menampilkan keunikan secara maksimal yang ditampilkan saat melakukan promosi produk.

Kembangkan juga hashtag atau tren tertentu untuk memperkuat jangkauan konten anda dan menjadi penanda campaign promosi yang sedang dilakukan sehingga dapat membedakan dengan kreator lain yang melakukan promosi yang serupa. 

5. Bangun Hubungan dengan Influencer

Setelah melakukan kolaborasi promosi dengan influencer, anda juga perlu membangun hubungan baik dengan influencer, sehingga anda bisa menggunakan layanan mereka di waktu yang akan datang.

Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan melakukan interaksi di konten mereka, sehingga terjadi interaksi dua arah yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, apabila influencer tersebut sedang merayakan momen – momen khusus, maka anda bisa mengirim paket hadiah ke kreator agar nama anda selalu diingat dan menjadi tempat promosi gratis yang menguntungkan.

Selain itu, apabila influencer memiliki kinerja konten yang baik selama masa promosi, maka anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa mereka di campaign yang akan datang untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal.

Kegiatan membangun hubungan dengan influencer tiktok juga tidak hanya bisa dilakukan setelah promosi produk selesai dilakukan, namun anda juga bisa membangun hubungan saat mendekati influencer untuk mempromosikan produk tertentu.

Misalnya saja, anda bisa mengubungi mereka melalui contact person yang tersedia, dimana anda bisa mengajak kerjasama untuk mengetahui biaya promosi mereka berdasarkan jenis konten, mengingat tipe konten yang berbeda biasanya menawarkan harga yang berbeda.

Tidak hanya itu, apabila anda sudah setuju dengan harga yang ditawarkan, maka anda bisa menawarkan surat kerjasama yang berisi peraturan yang perlu ditaati oleh influencer tiktok selama promosi dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Penting juga bagi anda untuk menjelaskan ekspektasi konten anda agar bisa dipenuhi dengan baik oleh influencer tiktok melalui konten yang mereka tawarkan untuk mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

Jangan lupa untuk menghubungi influencer untuk mengingatkan konten promosi serta mengucapkan terima kasih apabila kolaborasi promosi sudah dijalankan dengan baik.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like