Temukan cara baru melakukan siaran langsung yang menguntungkan melalui tiktok live yang seru.
Fitur siaran langsung bukanlah layanan yang baru bagi pengguna social media, melalui fitur ini kita bisa melakukan interaksi dengan kreator kesukaan sembari mengirimkan pesan untuk mereka atau melakukan tanya jawab.
Layanan ini hampir selalu ada di berbagai social media, namun sangat sedikit yang menyediakan hadiah berupa gift atau stiker, dimana kreator yang mendapatkannya bisa mengubah stiker tersebut ke dalam nominal uang tertentu.
TikTok Live bukan hanya cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan audiens Anda, tetapi juga bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk menghasilkan uang.
Dari menerima hadiah virtual hingga bermitra dengan merek, ada berbagai cara untuk memonetisasi konten Anda di TikTok Live.
Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan TikTok Live untuk menghasilkan uang dan mengubah hasrat Anda menjadi keuntungan.
Pengguna tiktok tentunya sudah tidak asing dengan fitur tiktok live streaming, dimana anda bisa melakukan interaksi dengan berbagai kreator tiktok secara acak dan belum pernah anda kenali sebelumnya.
Rekomendasi yang acak ini menjadikan siaran langsung di Tiktok berbeda dengan social media lainnya yang biasanya hanya dapat melihat live streaming dari orang-orang yang diikuti sebelumnya.
Uniknya lagi, konten siaran langsung di Tiktok cenderung beragam, mulai dari menggambar di atas sendok atau berjualan barang, semua bisa anda temukan disini.
Keunggulan lainnya dari Tiktok live streaming dibandingkan siaran langsung lainnya adalah penonton bisa memberikan hadiah berupa gift atau stiker yang bisa dikonversikan ke dalam sejumlah mata uang yang tentunya menguntungkan bagi kreator.
Selain itu, terdapat juga fitur insight yang memberikan wawasan mengenai kinerja siaran langsung anda dalam jangka waktu tertentu, seperti jumlah penonton, durasi penayangan, interaksi yang dilakukan, dan hadiah yang didapatkan.
Seorang kreator yang aktif melakukan siaran langsung juga memiliki peluang meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas, membangun hubungan dengan pengguna tiktok lainnya, serta menaikkan penjualan bagi anda yang berjualan di Tiktok shop.
Sayangnya setelah melakukan Tiktok live streaming, kreator tidak bisa menyimpannya, sehingga pengikut anda yang ketinggalan tidak bisa menontonnya kembali atau menunggu seseorang mengunggah rekamannya.
Meskipun begitu, sebelum melakukan siaran langsung di Tiktok, kreator juga harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mendapatkan akses tersebut karena tidak semua pengguna bisa mendapatkannya.
Banyak pengguna mungkin tidak mengetahui semua fitur yang tersedia di TikTok Live, yang dapat membantu mereka membuat streaming yang lebih menarik dan interaktif.
Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai fitur TikTok Live dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan pengalaman live streaming Anda.
Baik Anda seorang live streamer berpengalaman atau baru memulai, tips dan trik ini akan membantu Anda memaksimalkan TikTok Live.
Bagi pelaku usaha atau content creator yang melakukan tiktok live streaming untuk jualan, biasanya akan muncul banyak pertanyaan dari para penonton yang harus dijawab saat itu juga.
Berbagai pertanyaan yang berdatangan menjadikan anda akhirnya bingung untuk memilih pertanyaan teratas yang sebaiknya harus dijawab saat itu juga untuk memuaskan rasa penasaran penonton.
Guna mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa mengaktifkan fitur tanya jawab yang akan memudahkan untuk memilih dan memilah pertanyaan penting yang harus dijawab secara cepat.
Kreator juga bisa menampilkan pertanyaan yang diajukan oleh penonton sebelumnya ke dalam sebuah layar, sehingga memudahkan penonton lain untuk memahami konteks yang sedang dibahas saat ini.
Melakukan siaran langsung secara sendirian mungkin akan terasa membosankan, sehingga diperlukan teman tambahan agar tiktok live streaming anda semakin seru.
Namun, apabila teman anda sedang berada jauh dari anda dan ingin mengundang banyak orang sekaligus, maka mengirimkan undangan ke beberapa orang bisa menjadi cara terbaik.
Tiktok live streaming sendiri bisa mengundang hingga 4 orang sekaligus, sehingga membuat siaran langsung anda semakin ramai dalam membahas topik yang sedang hangat akhir-akhir ini.
Agar penonton bisa melihat kreator lain dengan jelas, Tiktok membagi layar menjadi empat bagian, sehingga semua orang bisa terpampang jelas dengan baik.
Fitur undangan ini tentunya cocok bagi sebuah brand untuk mengadakan event diskusi, tutorial, atau bincang-bincang bersama beberapa komunitas tertentu.
Tiktok live streaming biasanya digunakan kreator untuk sekedar mengobrol atau berjualan produk yang telah bekerja sama dengan brand tertentu.
Namun, jika anda mengelola akun tiktok untuk brand tertentu, maka menggunakan fitur ini untuk menyiarkan event tertentu bisa menjadi solusi terbaik.
Cara ini juga dapat memberikan alternatif konten yang menarik serta membantu meningkatkan brand awareness, sebab penonton melihat event khusus yang sedang anda laksanakan.
Tiktok juga memfasilitasi hal tersebut dengan menyajikan fitur live event, dimana anda dapat merancang waktu penayangan, mengatur, serta memasarkan acara sebelum dimulai di hadapan pengikut anda, sehingga semakin banyak penonton saat acara dilaksanakan.
Cara mengatur tanggalnya pun cukup mudah dan bisa anda sematkan di konten promosi, sehingga bisa disimpan dan ditonton oleh penonton saat acara berlangsung.
Salah satu fitur unggulan yang sangat disukai oleh kreator adalah hadiah, dimana penonton yang tertarik pada konten yang disajikan memberikan hadiah dalam bentuk stiker dan GIF tertentu yang bisa ditukar dalam jumlah mata uang tertentu.
Fitur hadiah juga bisa menjadi salah satu tambahan penghasilan dari Tiktok bagi kreator yang bernilai cukup besar apabila dilakukan secara rutin.
Sehingga tidak mengherankan apabila banyak orang berbondong-bondong membuat konten tiktok yang menarik perhatian untuk mendapatkan hadiah yang cukup banyak.
Namun untuk mendapatkan hadiah tersebut, anda harus memenuhi beberapa persyaratan, misalnya tidak menggunakan akun business dan kreator telah memasuki usia legal yang ditentukan oleh berbagai negara.
Acara tiktok live streaming yang cenderung bebas karena penonton berasal dari berbagai latar belakang secara acak, menjadikan anda terkadang menemukan penonton yang tidak sopan atau melakukan span sehingga pertanyaan dari orang lain tidak terlihat.
Sehingga dibutuhkan moderator yang dapat mengatur jalannya acara dan penonton yang masuk ke siaran langsung tersebut, agar acara berjalan secara kondusif.
Tiktok juga menyediakan fitur moderator, dimana kreator dapat menunjuk satu akun lain untuk mengatur jalannya acara, sehingga siaran langsung dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.
Tiktok tidak hanya bisa digunakan sebagai tempat untuk menghasilkan uang dari internet, namun anda bsa melakukan donasi untuk kegiatan amal yang bekerja sama dengan komunitas tertentu.
Cara Kerjanya juga mirip dengan memberikan hadiah di Tiktok, namun terdapat beberapa pengaturan agar uang yang diberikan masuk ke dalam kantong donasi.
Pertama, sebelum melakukan siaran langsung, anda bisa memilih link yang menyatakan untuk non profit di bagian pojok kiri, setelah memilih bagian tersebut, anda bisa memilih organisasi yang bisa di dukung dan tambahkan ke tiktok live streaming.
Kedua, klik “Go Live” agar link tersebut bisa muncul di siaran langsung, anda juga bisa menambahkan stiker khusus untuk memberitahuka kepada penonton bahwa anda sedang membuka donasi untuk organisasi tertentu, sehingga semakin banyak orang yang akan memberikan sumbangan.
Bingung mengenai topik yang akan dibahas di siaran langsung hari ini? Jika anda sedang kekurangan ide, maka serahkan saja kepada pengikut anda untuk memberikan ide topik yang sebaikanya dibahas hari ini.
Anda bisa memanfaatkan fitur Live Topic yang akan memberikan ide kepada audience anda mengenai topik yang bisa dibahas di siaran langsung.
Topik tersebut termasuk lagu, olahraga, makanan, game, dan DIY, berbagai ide tersebut bisa dipilih sebagai pembahasan yang dapat meningkatkan jumlah penonton baru yang memiliki minat pada topik yang sama.
Saat melakukan siaran langsung di Tiktok, anda juga harus menyiapkan mental khusus apabila ada seseorang yang mengirimkan kata-kata yang tidak pantas atau kasar selama tiktok live streaming berlangsung.
Mengingat siaran ini terbuka secara umum dan bebas, sehingga semua orang dapat masuk dan menonton acara yang sedang anda lakukan.
Namun, untuk menghindari pesan yang kurang pantas, maka anda bisa mengaktifkan filter khusus yang akan memblokir kata-kata terlarang yang masuk, sehingga anda dan penonton tidak bisa membaca pesan tersebut.
Apakah Anda tertarik untuk menyelenggarakan siaran langsung di TikTok? Dengan popularitas platform yang meroket, tidak mengherankan jika semakin banyak orang yang ingin berinteraksi dengan pengikut mereka secara real-time. Tetapi, dari mana Anda memulainya?
Salah satu fitur yang paling menarik dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan pengikut Anda secara real-time. Namun, jika Anda belum pernah melakukannya, ini bisa jadi sedikit mengintimidasi.
Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah tentang cara melakukan siaran langsung TikTok.
Mulai dari menyiapkan akun hingga memasarkan siaran langsung Anda, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat siaran langsung pertama Anda sukses.
Jadi, apakah Anda seorang pemula TikTok atau profesional berpengalaman, mari selami dan pelajari cara melakukan siaran langsung TikTok!
Bergabung di tiktok live streaming seseorang cukup mudah dan bahkan anda tidak perlu mengikuti beberapa orang sekaligus.
Hal ini dikarenakan tiktok biasanya memberikan rekomendasi siaran langsung dari akun yang pernah anda lakukan interaksi sebelumnya atau memiliki minat yang sama dengan anda, sehingga anda tidak perlu mengikutinya.
Sehingga tidak jarang anda akan menemukan berbagai konten siaran langsung saat melihat berbagai konten tiktok di beranda.
Namun, jika anda mengikuti beberapa akun tiktok, anda akan mendapatkan pemberitahuan apabila akun tersebut sedang melakukan siaran langsung.
Setelah bergabung dengan siaran langsung tersebut, anda bisa melakukan interaksi dengan memberikan tanda suka, komentar, atau mengirimkan hadiah dengan jumlah tertentu.
Fitur tiktok live streaming ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang, hanya akun yang sudah memasuki usia legal dan memiliki pengikut minimal 1.000 orang.
Jika anda sudah memenuhi syarat tersebut maka anda dapat menemukan ikon tambahan di fitur kamera yang bisa anda gunakan untuk melakukan siaran langsung.
Sebelum melakukan siaran langsung, anda sebaiknya menambahkan gambar pembuka dan caption untuk menarik perhatian pengguna tiktok yang tidak sengaja melihat tiktok live streaming anda.
Misalnya, jika anda melakukan siaran langsung untuk promosi produk, masukkan kata-kata diskon dan harga khusus untuk menarik perhatian penonton.
Gunakan pilihan kata yang singkat dan mudah dimengerti, mengingat kolom caption memiliki keterbatasan kata, sehingga penggunaan simbol bisa menjadi pilihan terbaik.
Persiapkan juga produk yang akan dijual serta tempat yang nyaman dengan latar belakang yang menarik dan cukup terang apabila anda hendak melakukan siaran langsung untuk jualan produk.
Setelah semua persiapan selesai dilakukan, maka anda bisa melaksanakan siaran langsung dengan melakukan klik pada ikon “Go Live” pada saat itulah, pengikut anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk bergabung ke tiktok live streaming yang sedang anda lakukan.
Agar tampilan siaran langsung semakin menarik, anda bisa mengubah tampilan kamera atau menambahkan filter yang lucu.
Lakukan juga penyaringan kata dan kalimat agar anda tidak membaca komentar yang kurang pantas dari penonton.
Apabila anda hendak mengundang moderator untuk mengatur jalannya siaran langsung, maka anda bisa melakukan klik pada ikon warna biru di bagian kiri, lakukan klik untuk mengundang beberapa orang sebagai moderator.
Anda juga bisa mengundang moderator yang sedang menonton siaran langsung anda dan lakukan klik pada ikon “undang”.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengirimkan undangan atau masuk ke siaran langsung dari kreator lain, caranya adalah klik pada ikon senyum di kolom komentar yang akan mengirimkan permintaan ke kreator, jika permintaan anda disetujui, maka anda bisa ikut bergabung pada siaran tersebut.
Apakah Anda baru mengenal TikTok Live dan sedang mencari tips seru untuk membuat siaran Anda lebih menarik? Dengan jutaan pengguna yang menonton siaran langsung setiap hari, TikTok Live adalah platform yang sempurna untuk menampilkan kreativitas Anda dan terhubung dengan audiens.
TikTok telah menjadi fenomena budaya, dengan video-video pendek dan tantangan-tantangan viralnya yang mengambil alih media sosial, Fitur live streaming aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengikut mereka secara real-time, menjadikannya alat yang sangat baik untuk membangun basis penggemar setia dan mengembangkan merek pribadi Anda.
Jika Anda baru memulai TikTok Live, mungkin Anda akan kewalahan mencari cara untuk membuat streaming Anda menonjol. Tetapi dengan sedikit kreativitas dan beberapa tips dari orang dalam, Anda dapat membuat konten yang menarik dan menghibur yang membuat pemirsa Anda terus datang kembali.
Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips TikTok Live yang menyenangkan untuk pemula yang akan membantu Anda meningkatkan siaran Anda ke level berikutnya.
Siaran langsung biasanya dilakukan hanya dengan mengobrol dua arah dengan penonton dalam jangka waktu yang ditentukan.
Kegiatan tersebut mungkin akan terasa menarik jika dilakukan sesekali, namun apabila anda melakukannya secara rutin, maka penonton akan terasa bosan dan beralih ke siaran lainnya.
Hal ini tentunya akan merugikan anda, mengingat banyak kompetitor lain yang memiliki siaran langsung yang unik dan membuat penonton betah untuk melihatnya.
Guna mengatasi masalah tersebut, anda bisa memulai siaran langsung dengan menentukan tujuan melakukan tiktok live streaming, apakah anda hendak mempromosikan produk baru yang dimiliki, mengajak penonton ke website tertentu, atau membantu mereka menjawab pertanyaan dari topik yang sedang naik daun akhir-akhir ini?
Dengan mengetahui tujuan melakukan siaran langsung, anda bisa mencari pendekatan yang tepat untuk melakukan interaksi dengan penonton sehingga tidak merasa membosankan.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah menentukan tujuan adalah mengetahui topik yang relevan.
Pilihan ini dilakukan sebab Tiktok juga memiliki kolom khusus yang bisa diisi oleh kreator untuk menentukan topik yang dipilih, sehingga siaran anda dapat dibawa ke penonton yang relevan dengan minat anda.
Tidak hanya itu, pemilihan topik yang relevan juga akan membantu dalam memahami pembahasan yang sedang naik daun akhir-akhir ini, sehingga menjadi sumber diskusi yang hangat dengan penonton anda dan mengundang lebih banyak penonton.
Jika anda adalah kreator dari akun brand tertentu, pengetahuan mengenai topik tertentu, juga akan membantu anda dalam memilih dan memilih narasumber yang sesuai dengan topik tersebut, sehingga bisa diundang untuk melakukan diskusi bersama-sama.
Tiktok live streaming biasanya dilakukan mengalir begitu saja tanpa adanya pembuka dan penutup, sehingga penonton yang menonton sejak awal merasa bosan dan meninggalkannya.
Di sisi lain, kreator yang baru pertama kali melakukan siaran langsung bisa saja bingung mengenai urutan siaran langsung yang baik, sehingga audience bisa menonton sampai akhir dan melakukan pembelian selama siaran berlangsung.
Guna mengatasi masalah tersebut, anda bisa memulainya dengan membuat jadwa siaran langsung, misalnya pada menit berapa anda memulai perkenalan dan menyapa penonton, durasi mempromosikan produk, serta waktu untuk melakukan tanya jawab dengan penonton.
Cara ini dapat membantu agar penonton tidak bosan dan mendapatkan tampilan yang menyenangkan pada durasi yang telah ditentukan sebelumnya.
Anda juga bisa membuat jadwal yang tersusun mengenai hari dan jam melakukan siaran langsung untuk memancing lebih banyak penonton.
Tiktok live streaming memang memiliki durasi penayangan yang lama hingga dua jam berturut-turut, beberapa brand juga melakukan siaran langsung secara non stop sehingga penonton yang melihatnya bisa melakukan pembelian saat itu juga.
Akan tetapi, hal ini bukan menjadi alasan bagi anda untuk melakukan siaran langsung secara terus menerus, karena akan timbul kebosanan bagi penonton dan membuat mereka berangsur-angsur meningalkan siaran langsung tersebut.
Sehingga ada baiknya anda melakukan siaran langsung yang singkat namun berkesan di mata penonton. Misalnya, anda hanya melakukan tiktok live streaming selama 30 menit setiap harinya.
Penampilan yang singkat dan padat yang dilakukan pada waktu aktif konsumen, akan membuat kehadiran anda berkesan dan ditunggu setiap harinya oleh pengikut setia anda.
Sama seperti social media lainnya, pengguna tiktok juga mengakses aplikasi ini pada jam-jam tertentu saja, mengingat mereka memiliki kegiatan lain yang harus dilakukan dan hanya membuka tiktok saat santai.
Waktu-waktu inilah yang perlu anda ketahui untuk memulai siaran langsung yang menarik guna memikat lebih banyak penonton dan meningkatkan penjualan.
Guna mengetahui waktu aktif konsumen, anda bisa mengeceknya di fitur insight di Tiktok atau waktu dimana penonton menempati jumlah penonton tertinggi, sehingga bisa digunakan sebagai patokan dalam menentukan waktu melakukan siaran langsung.
Tiktok live streaming bisa dilakukan saat akun anda mencapai 1.000 followers dan sudah memasuki usia legal
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.