7 Tips Menjalankan Iklan di Instagram Ads Untuk Bisnis Anda

Sudah tau belum, jika Anda memasang iklan di Instagram Ads ini dapat meningkatkan brand exposure dan traffic di situs web, loh!

Dengan begitu Anda dapat memperluas jangkauan audiens produk Anda, terutama menguntungkan bagi bisnis.

Bahwsannya beriklan di Instagram Ads ini akan lebih murah dibandingkan dengan media lainnya, serta Anda dapat menyesuaikan kampanye berdasarkan anggaran Anda.

Jadi, Instagram Ads ini merupakan fitur yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan pelanggan potensial di Instagram.

Kemudian, sudah tau belum bahwa mesin pencari online seperti Google ini telah berdampak pada perilaku konsumen, loh! Karena pengguna saat ini meneliti produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini sering disebut dengan Zero Moment of Truth (ZMOT).

Google menyatakan bahwa 84 persen konsumen melakukan riset produk secara online sebelum melakukan pembelian. Hal ini memberikan peluang bagi pengiklan online untuk menampilkan iklan mereka melalui hasil mesin pencari.

Selain hasil pencarian Google, Anda bisa menggunakan media sosial lainnya salah satunya Facebook Ads yang dapat membantu mengiklankan produk Anda.

Menurut sumber, bahwa Facebook ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mempromosikan produk ke lebih banyak pengguna dari segala range usia.

Instagram adalah media sosial yang bisa dikatakan sebagai tempat untuk meletakkan iklan online di dunia maya. Karena memang ada 191,4 juta yang menggunakan media sosial di Indonesia.

Kemudian, banyak orang mengira bahwa menggunakan Instagram Ads untuk mengiklankan produk membutuhkan dana yang besar. Tentu saja tidak ya! Biaya yang dikeluarkan untuk Instagram Ads ini di mulai 10.000 hingga jutaan rupiah.

Namun, jika Anda mengeluarkan dana yang cukup untuk iklan produk Anda, maka Anda akan mendapatkan hasilnya dan menutupi biaya yang telah Anda keluarkan.

Lantas, bagaimana cara menjalankan iklan di Instagram Ads untuk bisnis, jenis apa yang ditawarkan Instagram untuk bisa iklan di tempat tersebut. Yuk simak penjelasannya!

Seberapa Efektifkah Iklan di Instagram ?

Seberapa efektivitasnya iklan di Instagram ini?

Nah, iklan di Instagram ini telah terbukti efektif dalam hal meningkatkan brand awareness, mendorong trafik situs web, dan menghasilkan penjualan.

Instagram pada Q3 2021 telah mencapai 2 miliar pengguna aktif Instagram dan terus tumbuh dengan kecepatan tetap. Kemudian, kini sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai 2,5 miliar tahun 2022. Hal ini menjadikannya platform yang berharga untuk menjangkau audiens yang besar.

Instagram Ads dapat ditargetkan berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan banyak lagi, sehingga lebih mudah untuk menjangkau audiens yang diinginkan. Pendekatan yang ditargetkan ini telah menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan kemungkinan konversi yang lebih tinggi.

Sifat visual Instagram memungkinkan iklan yang kreatif dan menarik secara visual, yang dapat menarik perhatian pengguna dan menghasilkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi.

Selain itu, penggunaan influencer marketing di Instagram juga terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kredibilitas merek.

Efektivitas Instagram Ads ini dapat diukur melalui berbagai metrik seperti tayangan, jangkauan, keterlibatan, dan tingkat konversi. Pengiklan dapat menggunakan metrik ini untuk mengoptimalkan kampanye mereka dan meningkatkan laba atas investasi mereka.

Secara keseluruhan, Instagram Ads dapat menjadi alat yang berharga bagi bisnis yang ingin meningkatkan kehadiran online mereka dan mendorong penjualan.

Dengan memanfaatkan iklan yang ditargetkan dan menarik secara visual, bisnis dapat secara efektif menjangkau audiens yang mereka inginkan dan melihat dampak positif pada keuntungan mereka.

Apa Saja Pertimbangan Utama untuk Menjalankan Instagram Ads ?

Untuk membantu Anda berhasil menjalankan iklan di Instagram, kami telah menyusun daftar faktor yang harus diketahui setiap pemilik bisnis atau pemasar sebelum memulai:

1. Prasyarat

Perlu diketahui bahwa ada beberapa prasyarat yang harus Anda penuhi sebelum menjalankan iklan Instagram yaitu :

Pertama Anda harus membuat halaman Facebook Anda sendiri. Halaman ini dapat menyediakan ruang khusus untuk konten Anda dan akses ke alat Pengelola Iklan.

Selanjutnya, tautkan halaman Facebook Anda ke akun Instagram. Meskipun Facebook sekarang memungkinkan pemasar membuat iklan tanpa halaman Facebook, hal ini akan membatasi penempatan iklan, format iklan, dan tujuan Anda.

Nah, jika Anda menginginkan seluruh paket, lebih baik menautkan akun Instagram dan Facebook Anda.

2. Tujuan Kampanye

Mirip dengan iklan Facebook, Anda dapat memilih dari beberapa tujuan saat menjalankan kampanye Instagram Anda. Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan dari kampanye iklan Anda dan pilih tujuan yang sesuai.

Setiap tujuan kampanye dapat dikategorikan ke dalam tiga kategori besar. Berikut ini penjelasan singkat dari dari masing-masing kategori:

Awareness

Brand awareness: Memungkinkan iklan Anda menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar akan memperhatikan kampanye Anda atau sebelumnya telah menunjukkan minat pada merek Anda.

Reach: Memperluas jangkauan Anda dengan menampilkan iklan Anda ke sebanyak mungkin orang dari audiens target Anda.

Consideration

Traffic: Meningkatkan jumlah kunjungan ke tautan Anda, serta jumlah keterlibatan dalam aplikasi Anda.

App installs: Mengarahkan lebih banyak orang ke tautan App Store atau Play Store aplikasi Anda untuk meningkatkan jumlah unduhan.

Engagement: Membuat lebih banyak orang terlibat dengan halaman Instagram, yang juga membantu meningkatkan kiriman dan promosi profil Anda.

Video view: Mempromosikan video Anda kepada orang-orang dengan menampilkan klip atau cuplikan di balik layar peluncuran produk Anda. Anda juga dapat menampilkan kisah pelanggan melalui video untuk meningkatkan kesadaran merek.

Lead generation: Membantu mengumpulkan lebih banyak data sosial atau informasi prospek tentang audiens Anda atau orang-orang yang benar-benar tertarik dengan bisnis Anda

Conversion

Conversions: Mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan situs web atau aplikasi bisnis Anda sambil melacak dan mengukur konvergensi.

Penjualan katalog produk: Menampilkan produk dari katalog Anda berdasarkan audiens target Anda sekaligus mendorong orang untuk melanjutkan keranjang belanja mereka yang ditinggalkan secara online.

Kunjungan toko: Mempromosikan beberapa lokasi bisnis Anda kepada orang-orang yang berada di dekat lokasi kantor.

3. Mengidentifikasi Target Audiens

Mengidentifikasi target audiens yang tepat sangat penting saat menggunakan Instagram Ads. Brand Anda dapat menentukan target audiens mereka berdasarkan demografi, minat, dan perilaku utama yang telah terbukti menciptakan kampanye yang efektif.

Saat menargetkan audiens untuk iklan, berbagai atribut seperti usia, jenis kelamin, lokasi, jabatan, bahasa yang digunakan, minat, interaksi sosial, perilaku pembelian, dan alokasi anggaran dapat dipertimbangkan.

Selain itu, brand harus menyesuaikan penargetan spesifik untuk setiap kampanye unik mereka dengan cara menyesuaikan set iklan.

Untuk memaksimalkan jangkauan dan efektivitas kampanye mereka, pemasar juga harus mulai dengan menguji berbagai kriteria penargetan, agar dapat mengidentifikasi mana yang paling cocok produk atau layanan mereka.

Kemudian, memastikan keberhasilan saat menentukan audiens dengan Instagram Ads, brand Anda harus ingat bahwa data ini bagian dari strategi pemasaran yang komprehensif.

Dengan mengumpulkan data yang tepat tentang konsumen, hal ini pasti akan berinteraksi dengan pesan Anda, seperti minat yang terkait dengan penawaran merek, pengiklan bisa mengembangkan kampanye yang paling efisien dengan anggaran minimal sekaligus menghasilkan laba atas investasi terbesar.

Mengidentifikasi Target Audiens

4. Ad formats

Apakah Anda ingin menampilkan iklan di Instagram menggunakan gambar atau iklan video, atau kombinasi keduanya ? Nah, Instagram ini menawarkan format iklan untuk setiap kampanye yang akan Anda buat.

Hal yang perlu Anda ketahui, bahwa format iklan ini merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda membuat Instagram Ads untuk meningkatkan penjualan Anda.

5. Budget

Anda harus tahu berapa banyak yang bersedia Anda keluarkan untuk sebuah iklan.

Nah, pada budget ini Anda dapat mempertimbangkan sasaran yang ingin Anda capai dari kampanye dan bisa menentukan anggarannya sendiri.

Misalnya, jika Anda mengoptimalkan konversi pembelian dari audiens dengan niat tinggi dan mengetahui perkiraan pendapatan Anda dari penjualan, Anda dapat menetapkan anggaran maksimum untuk kampanye iklan berbayar Anda.

Namun jika Anda sudah memiliki anggaran tetap, sebaiknya biarkan Pengelola Iklan membantu. Pilih opsi Penawaran Otomatis dan tetapkan tawaran untuk mendapatkan hasil terbaik dengan harga tersebut.

6. Timing

Putuskan kapan Anda ingin iklan Anda berjalan di Instagram dan untuk berapa lama setelah disetujui.

Jika Anda menjadwalkan iklan untuk berjalan setelah mendapat persetujuan peninjauan, pengguna akan mulai melihatnya segera setelah mendapat persetujuan.

Anda dapat memilih tanggal mulai dan berakhir atau Anda dapat menjalankannya sampai Anda memilih untuk mematikannya.

Ketahuilah bahwa jika Anda berencana menjalankan iklan selama liburan, biayanya akan meningkat khususnya Black Friday.

Terkadang merek dengan anggaran lebih rendah tidak dapat bersaing selama masa-masa ini, jadi sebaiknya ubah fokus waktu dan anggaran Anda untuk diluncurkan tepat sebelum liburan besar.

7. Engagement

Instagram memiliki angka keterlibatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya.

Ini juga mengapa menjalankan iklan di Instagram lebih mahal daripada di platform lain. Tetapi ketika Anda mempertimbangkan jumlah keterlibatan dan konversi yang dihasilkannya, iklan Instagram tentu saja sepadan dengan investasinya.

Dengan itu, ada begitu banyak cara untuk terlibat dengan pengguna. Mulai dari polling, share, hingga komentar.

Berbagai Macam Iklan di Instagram Ads untuk Bisnis Anda

Ketika Anda memasang iklan menggunakan Instagram Ads, maka Anda bisa menjangkau target audiens lebih luas lagi, dilansir sumber klientboost.

Bahwasannya, postingan yang Anda iklankan melalui Instagram Ads akan dibagikan ke pengguna Instagram secara acak, meskipun itu bukan followers Anda.

Nah, saat ini pebisnis yang mulai menggunakan Instagram sudah semakin banyak. Sehingga Instagram menyediakan platform iklan untuk mempromosikan bisnis. Dengan begitu Anda dapat mempromosikan produk melalui fitur Instagram ini.

Ada berbagai macam yang bisa Anda manfaatkan di fitur iklan ini, yaitu :

1. Iklan Instagram di Pengelola Iklan

Bagaimana cara kerja iklan Instagram di pengelola iklan?

Iklan Instagram bekerja di Ads Manager untuk menjangkau dan terhubung secara efektif dengan audiens melalui iklan bertarget.

Saat menggunakan Ads Manager, pemasar dapat memilih dari berbagai tujuan seperti brand awareness, penayangan video, traffic situs web, pengunduhan aplikasi seluler, dan lainnya.

Saat membuat iklan di Ads Manager untuk Instagram, pemasar dapat menggunakan alat penargetan pemirsa yang dapat disesuaikan untuk membuat pemirsa dari awal atau dari daftar pemirsa yang disimpan.

Dengan menargetkan orang-orang yang sebelumnya telah mengunjungi situs web mereka, menonton video, atau berinteraksi dengan konten mereka sebelumnya dapat membantu memaksimalkan efisiensi anggaran dan sumber daya kampanye mereka untuk laba atas investasi (ROI) yang maksimal.

Setelah iklan dibuat dalam platform Ad Manager, pemasar dapat menyesuaikan berbagai aspek postingan termasuk konten kreatif (gambar/ video), teks teks, orientasi gambar, dan filter.

Mereka dapat memutuskan kapan mereka ingin iklan ditayangkan dengan mengatur tanggal mulai dan berakhir. Mereka juga dapat memilih perangkat mana yang mereka inginkan agar audiens dapat melihat iklan mereka.

Selain itu, mereka bahkan dapat menyertakan CTA unik yang disesuaikan seperti ‘Pelajari Lebih Lanjut’ atau ‘Pesan Sekarang’ yang akan mengarahkan pengguna ke halaman arahan yang relevan yang terkait dengan masing-masing tujuan iklan.

Setelah menayangkan kampanye mereka di dalam Ads Manager untuk Instagram, pemasar akan memiliki akses untuk melihat wawasan tentang seberapa efektif setiap posting dengan mengukur hasil iklan.

Adapun juga tayangan yang diterima dan klik yang diterima serta poin data lain yang menyediakan analisis berbasis orang sehingga pelanggan dapat melacak biaya vs keuntungan atau tingkat konversi per posting per jenis perangkat, dan lain-lain.

Fitur ini membantu mereka menyempurnakan strategi dari waktu ke waktu sehingga anggaran dan ROI dapat dimaksimalkan, serta membantu kesuksesan kampanye secara keseluruhan.

Iklan Instagram di Pengelola Iklan

2. Menyiapkan iklan di Jelajahi Instagram

Apa yang dimaksud dengan iklan di jelajahi Instagram?

Iklan di Jelajahi Instagram adalah postingan bersponsor yang muncul saat orang menggunakan tab Jelajahi di aplikasi Instgram untuk menemukan konten baru.

Iklan di Jelajahi membantu bisnis menjangkau pelanggan potensial yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan mereka berdasarkan minat dan perilaku audiens target mereka.

Iklan ini juga menawarkan cara yang efektif bagi bisnis untuk menjangkau pengguna yang mungkin aktif dan terlibat dengan konten yang berhubungan dengan merek.

Iklan di Jelajahi muncul sebagai satu postingan di feed pengguna, menampilkan gambar atau video bermerek yang dapat disertai dengan keterangan dan tombol ‘Pelajari Lebih Lanjut’ yang dapat diklik.

Bisnis dapat melacak metrik yang berharga seperti keterlibatan, klik, dan kesadaran merek dari iklan ini dengan menggunakan data dari Manajer Iklan.

Iklan di Jelajahi memungkinkan bisnis untuk menjangkau pengguna yang belum mengikuti mereka, membantu mereka membagikan cerita mereka secara organik sambil menumbuhkan audiens yang terlibat.

Selain itu, mereka dapat memanfaatkan penargetan yang tepat untuk memastikan postingan mereka dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan mereka.

3. Iklan Koleksi

Apa itu iklan koleksi di Instagram?

Iklan koleksi di Instagram adalah jenis iklan yang memberikan insentif kepada pembeli untuk mengumpulkan dan menukarkan barang gratis setelah mengikuti serangkaian tindakan.

Tindakan ini dapat berupa menyukai gambar, membagikannya dengan teman, atau mengomentarinya. Ketika pembeli mengumpulkan item virtual ini melalui postingan, koleksi mereka membentuk sebuah cerita yang menggambarkan produk dan manfaatnya.

Ide di balik iklan semacam itu adalah untuk menciptakan loyalitas pelanggan dengan menawarkan mereka hadiah nyata untuk terlibat dengan produk yang ditampilkan dalam iklan.

Iklan koleksi juga memiliki cara unik untuk melacak pesanan sehingga merek dapat mengukur tingkat keberhasilannya dibandingkan dengan iklan biasa.

Setiap kali seseorang menyelesaikan tindakan dalam iklan, mereka akan menerima lencana yang memberikan bukti penyelesaian yang kemudian membantu merek melacak kinerja secara keseluruhan.

Brand juga dapat memperluas kampanye lebih dari sekadar satu posting. Mereka juga dapat membuat seluruh koleksi dengan item bertema berbeda yang terkait dengan produk atau pesan yang sama, memperkuat keterlibatan pelanggan dan membuat mereka tetap tertarik dari waktu ke waktu.

Iklan koleksi sangat bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka terbiasa dengan produk atau layanan merek di luar apa yang biasanya ditunjukkan dalam gambar atau video statis.

Iklan ini juga mendorong pelanggan untuk terlibat beberapa kali di berbagai platform, meningkatkan tingkat retensi serta klik-tayang dari browser ke halaman penjualan.

Terakhir, iklan ini biasanya lebih murah daripada opsi standar karena tidak ada biaya tambahan yang terkait dengan pengisian pesanan dibandingkan dengan model bayar per klik tradisional.

4. Instant Experience untuk Iklan Instagram

Apa yang dimaksud dengan pengalaman instan untuk iklan Instagram?

Pengalaman instan untuk iklan Instagram adalah format iklan layar penuh yang interaktif yang memungkinkan bisnis untuk menciptakan pengalaman yang menarik di ponsel.

Adanya hal Ini dapat membantu bisnis Anda untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong tindakan langsung.

Kemudian, memungkinkan iklan juga dengan cepat menarik dan mempertahankan perhatian pemirsa dengan lingkungan yang kaya secara visual, interaktif, dan imersif yang terdiri dari video, gambar, cerita, dan banyak lag.

Dengan format ini, pengiklan dapat melibatkan pelanggan potensial dengan fitur-fitur seperti carousel, tombol geser atau ketuk, galeri gambar, koleksi produk, formulir, dan peta.

Desain pengalaman instan membantu memberikan pengalaman branding yang konsisten di seluruh perangkat karena dapat dilihat di semua platform termasuk komputer desktop dan perangkat iOS dan Android.

Misalnya, merek kecantikan dapat menggunakan fitur ini untuk mempromosikan produk mereka dalam pengalaman korsel seluler atau aplikasi makanan dapat menyertakan menu interaktif dalam pengalaman instan mereka untuk membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

Dengan membuat iklan menarik ini akan terasa seperti pengalaman asli daripada iklan tradisional, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih besar lebih cepat daripada sebelumnya melalui iklan yang ramah pengguna di jaringan populer seperti Instagram.

5. Iklan Postingan Halaman yang Sudah Ada

Bagaimana cara mengiklankan postingan halaman yang sudah ada?

Mengiklankan postingan halaman yang sudah ada dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menampilkan konten Anda kepada lebih banyak orang dalam waktu singkat, sekaligus menjangkau calon pelanggan atau pengikut baru. Ada beberapa cara untuk mengiklankan postingan halaman yang sudah ada, yang masing-masing memiliki keunggulannya sendiri.

Salah satu cara yang populer adalah melalui iklan berbayar di platform media sosial. Media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter memungkinkan Anda untuk menyesuaikan iklan yang menargetkan demografi yang berbeda dan hanya membayar untuk keterlibatan yang terjadi dengan iklan tersebut.

Sebagai contoh, sebuah iklan di Facebook dapat menargetkan orang-orang yang tertarik dengan aktivitas luar ruangan atau perlengkapan luar ruangan, tergantung pada jenis postingan yang Anda promosikan. Hal ini memungkinkan penggunaan anggaran yang lebih efisien daripada jika audiens benar-benar acak.

Cara lain untuk mengiklankan postingan halaman yang sudah ada adalah dengan meningkatkan jangkauan organik melalui pengoptimalan konten untuk kata kunci atau topik tertentu.

Dengan kata lain, membuat konten yang akan menarik orang dengan minat yang sama dan permintaan pencarian terkait memberikan postingan Anda peluang yang lebih tinggi untuk muncul di hasil teratas saat seseorang mengklik kata kunci atau topik terkait dalam mesin pencari internal platform.

Hal ini dapat mencakup penggunaan tagar yang sesuai saat memposting konten di Instagram atau menyertakan kata kunci yang relevan dalam teks dan deskripsi saat memposting video di YouTube.

Melakukan hal tersebut membutuhkan ketekunan agar menghasilkan jangkauan organik yang lebih besar dari postingan terlepas penggunaan iklan berbayar.

6. Iklan Postingan Instagram yang Sudah Ada

Pengiklan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan mempromosikan postingan yang ada di Instagram.

Postingan yang sudah ada ditempatkan dalam promosi, memungkinkan pengiklan untuk menggunakan kembali konten mereka di saluran lain tanpa harus membuat konten baru dari awal.

Pengiklan memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang ditargetkan dengan tepat dan menguji berbagai versi materi saat mereka melanjutkan kampanye mereka.

Konten yang disesuaikan dapat dibuat berdasarkan lokasi, rentang usia, jenis kelamin, dan minat sementara mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan setiap target pasar.

Dengan promosi, visibilitas postingan yang ada ditingkatkan dan pengguna yang memiliki minat yang sama akan mendapatkan eksposur yang lebih besar terhadap materi yang diiklankan.

Bentuk periklanan canggih ini memberikan peluang besar bagi bisnis untuk melihat apa yang paling berhasil di antara orang-orang yang mengikuti mereka atau mereka yang memiliki minat yang sama dengan mengukur statistik secara real time seperti tayangan, klik, dan berbagi.

Mempromosikan postingan yang sudah ada juga memberikan ruang untuk bereksperimen dengan anggaran iklan, menguji berbagai jenis visual sambil berinteraksi melalui berbagai saluran promosi seperti Facebook Ads Manager atau Google Ads Platform.

Mengiklankan postingan Instagram yang ada membantu mencapai tujuan yang signifikan dengan mencapai tingkat keterlibatan utama di berbagai platform, mencapai rasio klik-tayang yang lebih tinggi ke halaman arahan, dan pada akhirnya meningkatkan visibilitas pengikut, serta eksposur merek.

7. Membuat Iklan Stiker Polling Instagram

Membuat iklan stiker polling Instagram melibatkan pembuatan visual agar audiens dapat berinteraksi dengan berpartisipasi dalam polling. Ini dapat mencakup mendesain gambar, sketsa, atau video untuk menarik perhatian mereka dan mendorong keterlibatan.

Adapun cara untuk stiker ini dapat melibatkan audiens yaitu Langkah pertama adalah membuat desain yang menarik yang menarik perhatian dan mendorong partisipasi dalam jajak pendapat.

Cara untuk mencapai hal ini dapat mencakup penggunaan desain dengan warna-warna atau grafik yang berani bersama dengan deskripsi teks ringkas yang dengan jelas menjelaskan tujuan iklan.

Selain itu, menggabungkan visual yang berhubungan dengan identitas merek serta tagar yang relevan adalah strategi implementasi yang direkomendasikan untuk merek yang ingin memaksimalkan keterlibatan pelanggan melalui iklan stiker jajak pendapat.

Setelah visual yang menarik telah dirancang, visual tersebut dapat diunggah ke profil Instagram bersama dengan menyertakan dua opsi jawaban bagi pelanggan untuk dipilih di dalam stiker jajak pendapat itu sendiri.

Ini dapat menimbulkan pertanyaan seperti ‘Produk apa yang akan Anda beli dari kami?” atau ‘Produk mana yang lebih Anda sukai?”, tergantung pada seberapa banyak detail yang dibutuhkan dari pelanggan mengenai kesukaan / saran mereka tentang produk / layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Namun perlu dicatat bahwa Instagram memiliki batasan tertentu dalam menjalankan kampanye iklan di platformnya, jajak pendapat semacam itu hanya terbuka selama maksimum 24 jam karena kebijakan saat ini yang diterapkan oleh Instagram meminta tanggapan cepat dari pelanggan.

Hal ini agar dapat mengukur reaksi terhadap penawaran merek secara akurat.

8. Membuat Iklan untuk Efek AR Instagram Anda

Beriklan dengan efek Augmented Reality (AR) dapat menjadi cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan potensial Anda dan meningkatkan visibilitas merek.

Melalui platform Instagram Ads, bisnis dapat membuat postingan bersponsor yang mempromosikan produk atau layanan mereka menggunakan filter AR yang tersedia di Instagram.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menargetkan audiens tertentu dan mempersonalisasi pesan mereka lebih lanjut dengan cara yang interaktif.

Untuk mulai membuat iklan untuk efek AR Instagram Anda, pertama-tama pilih filter yang sesuai dari berbagai opsi di dalam platform.

Kemudian, selesaikan pengaturan format iklan dengan menambahkan informasi yang diperlukan seperti URL tujuan dan tombol ajakan bertindak.

Terakhir, sesuaikan konten kreatif postingan dengan menyediakan visual atau teks tertulis yang akan muncul di samping efek AR Anda.

Setelah Anda selesai menyiapkan iklan Anda, saatnya untuk menempatkannya di depan audiens yang Anda pilih melalui opsi penargetan media sosial seperti kelompok usia, minat, dan pengaturan lokasi.

Jika memasukkan elemen interaktif dalam iklan Anda dengan filter AR yang tersedia di Instagram dan menyampaikan pesan yang relevan dengan target audiens menggunakan pengaturan penargetan, maka bisnis Anda akan dapat membangun hubungan yang lebih bermakna dengan pengikut mereka.

Selain itu dapat mendorong lebih banyak keterlibatan dan meningkatkan pengenalan merek melalui pengalaman yang tak terlupakan.

Membuat Iklan untuk Efek AR Instagram Anda

Cara untuk Melakukan Iklan Instagram

Bahwasannya, iklan yang menarik dan efektif ini dapat menjangkau audiens target Anda dan meningkatkan keterlibatan dengan platform instagram. Ada dua metode utama untuk melakukan periklanan Instagram, yaitu melalui Facebook for Business dan melalui Aplikasi itu sendiri.

Facebook untuk Bisnis adalah alat yang ampuh yang memungkinkan bisnis untuk membuat dan mengelola Iklan di seluruh keluarga aplikasi Facebook, termasuk Instagram di satu tempat.

Komponen Manajer Iklan-nya membantu Anda menetapkan anggaran, menargetkan audiens tertentu, membuat visual, menulis teks, melacak kinerja, mengoptimalkan iklan, dan banyak lagi.

Selain itu, menggunakan wawasan data Facebook yang mendetail dapat membantu Anda memahami seberapa sukses kampanye Anda dan apakah kampanye tersebut mencapai tujuan yang diinginkan.

Selanjutnya, di platformnya sendiri, Instagram memiliki berbagai fitur periklanan untuk membantu bisnis menjangkau pelanggan yang ditargetkan.

Misalnya, Iklan Belanja memungkinkan merek untuk menampilkan gambar produk yang dapat diklik oleh pembeli untuk dibawa langsung ke halaman produk di situs atau aplikasi mereka.

Selain itu, “Stories Ads” memungkinkan bisnis untuk membuat konten yang menarik secara visual yang dirancang khusus untuk perangkat seluler dengan berbagai elemen interaktif seperti jajak pendapat atau bahkan lagu musik yang disematkan ke dalamnya.

Mirip dengan Iklan yang dibuat melalui manajer bisnis Facebook, iklan ini juga dapat dilengkapi dengan wawasan yang cukup rinci mengenai metrik kinerja seperti tayangan, jangkauan, dan klik.

Secara keseluruhan kedua metode beriklan di Instagram dapat dilihat sebagai efektif dalam menjangkau pelanggan potensial tetapi pada akhirnya bermuara pada metode mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Apa Saja Opsi Penargetan yang Paling Efektif untuk Beriklan di Instagram ?

Jika ada kunci untuk mencapai kesuksesan dengan kampanye iklan Anda, itu adalah penargetan iklan Instagram.

Penargetan iklan Instagram bekerja dengan cara yang sama seperti iklan Facebook. Untuk membuat dan mengelola audiens target Instagram Anda, Anda harus menggunakan Pengelola Bisnis Facebook. Buka Pengelola Bisnis, lalu pilih Audiens dari menu kanan atas.

Instagram Ads memiliki tiga jenis audiens utama:

1. Saved Audiences

Jika ini pertama kalinya Anda mencoba beriklan di Instagram, Anda harus mulai dengan membuat audiens yang tersimpan.

Di sini, Anda dapat menentukan audiens target Anda dengan memilih faktor tertentu, seperti: lokasi
bahasa, usia, jenis kelamin, demografi, perilaku, koneksi ke halaman.

Audiens tersimpan dapat dibuat melalui antarmuka penyiapan kampanye Instagram atau bagian Audiens di Manajer Bisnis.

2. Custom Audiences

Dari semua opsi penargetan iklan, pemirsa khusus adalah pemirsa target Instagram dengan nilai paling tinggi.

Jenis audiens ini memungkinkan Anda menargetkan ulang pengunjung situs web sebelumnya dan orang-orang yang sebelumnya terlibat dengan postingan Instagram Anda.

Kemudian, ada beberapa cara untuk menyiapkan audiens penargetan ulang Instagram yaitu :

  • Mulai dari customer files, Anda dapat mendaftar akun email, ID aplikasi, dan nomor telepon
  • Kemudian berdasarkan website traffic, Anda harus menginstal piksel Facebook agar ini berfungsi
  • Berdasarkan app activity, tempat Anda dapat menjangkau orang-orang yang telah berinteraksi dengan aplikasi Instagram Anda
  • Berdasarkan engagement


3. Lookalike Audiences

Membuat lookalike audiences memungkinkan Anda untuk menghubungi orang-orang yang serupa dengan database pelanggan Anda yang sudah ada, membuat mereka lebih mungkin untuk berkonversi.

Untuk membuat pemirsa yang mirip dan menargetkannya dengan Instagram Ads Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat pemirsa khusus untuk memberi tahu Facebook pengguna seperti apa yang ingin Anda jangkau.

Setelah itu, klik lookalike audience dari menu pembuatan audience. Pilih negara target dan persentase pengguna Facebook negara target. Persentase ini menandakan orang yang paling mirip dengan audiens kustom pilihan Anda.

Dengan lookalike audiences juga dapat membantu memperluas jangkauan kampanye iklan Anda hanya pada orang-orang yang ditargetkan.

Lookalike Audiences

Itu dia penjelasan mengenai tips menjalankan Instagram Ads. Semoga bisnis Anda semakin berkembang dengan adanya Instagram Ads ini.

Apa Saja Fitur Instagram Ads untuk Bisnis

Ada berbagai macam yang bisa Anda manfaatkan di fitur iklan ini, yaitu :
1. Iklan Instagram di Pengelola Iklan
2. Menyiapkan iklan di Jelajahi Instagram
3. Iklan Koleksi
4. Instant Experience untuk Iklan Instagram
5. Iklan Postingan Halaman yang Sudah Ada
6. Iklan Postingan Instagram yang Sudah Ada
7. Membuat Iklan Stiker Polling Instagram
8. Membuat Iklan untuk Efek AR Instagram Anda

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like