Apakah Anda pemilik bisnis kecil yang mencari cara baru untuk terhubung dengan pelanggan Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Whatsapp business account?
Whatsapp sebagai aplikasi perpesanan populer, telah memperkenalkan fitur baru untuk bisnis yakni Whatsapp business account.
Akun ini memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih personal dan efisien dan telah menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka.
Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat menggunakan Whatsapp business account, cara menyiapkannya, dan praktik terbaik untuk menggunakan platform ini untuk meningkatkan bisnis Anda.
Baik Anda pemilik bisnis kecil atau pemasar yang mencari cara baru untuk terhubung dengan audiens Anda, Whatsapp business account adalah alat yang penting untuk dipertimbangkan.
Apakah Anda pemilik bisnis kecil yang mencari cara untuk terhubung dengan pelanggan Anda secara lebih efektif? Dengan meningkatnya komunikasi digital, penting untuk menggunakan platform yang sudah dikenal oleh pelanggan. Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp Business account?
Pada tahun 2018, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business account, sebuah akun terpisah yang dirancang untuk pemilik bisnis kecil agar dapat terhubung dengan pelanggan. Aplikasi ini telah mendapatkan popularitas di kalangan bisnis dari semua ukuran.
Jika Anda masih ragu-ragu untuk menggunakan WhatsApp Business account atau tidak, penting untuk memahami manfaat yang ditawarkannya bagi bisnis Anda.
Mulai dari peningkatan keterlibatan pelanggan hingga peningkatan efisiensi, berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa menggunakan WhatsApp Business account dapat menjadi pengubah permainan bagi bisnis Anda.
Whatsapp menjadi salah satu layanan komunikasi daring yang banyak digunakan di Indonesia, hal ini dikarenakan platform ini mudah untuk dihubungkan melalui nomor telefon saja.
Kemudahan ini menjadikan Whatsapp banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik dari usia muda atau tua, dalam melakukan komunikasi dengan orang lain.
Jumlah pengguna yang banyak juga menjadikan Whatsapp mempunyai jangkauan yang luas, sehingga memudahkan konsumen untuk menghubungi brand tertentu untuk bertanya soal barang serta memudahkan bagi sebuah bisnis untuk memasarkan barang dan layanan yang dimiliki.
Tidak hanya itu, penggunaan whatsapp business account juga menguntungkan pedagang dalam melakukan interaksi dengan calon konsumen yang belum mengenal barang dan layanan yang dimiliki secara lebih dalam.
Saat hendak melakukan komplain atau melakukan pemesanan khusus melalui Whatsapp, konsumen tentunya ingin mendapatkan balasan yang cepat agar bisa melakukan kegiatan lainnya.
Dengan penggunaan whatsapp business account, anda bisa meningkatkan pengalaman konsumen menjadi lebih efisien dan cepat.
Di sisi lain, seorang pedagang juga mempunyai banyak konsumen yang harus dilayani satu persatu, sehingga tidak memungkinkan untuk membalas dalam waktu kilat.
Untungnya saja, whatsapp business account menyediakan berbagai layanan yang membantu untuk meningkatkan pengalaman konsumen.
Misalnya saja adalah fitur balas cepat, dimana konsumen akan disambut dengan pesan pembuka saat memulai memberikan pesan ke penjual, dimana terdapat pemberitahuan kapan pesan akan dibalas, sehingga membuat konsumen akan lebih sabar untuk mendapatkan respon penjual.
Tidak hanya itu, biasanya konsumen juga menanyakan berbagai pertanyaan berulang kali dengan jawaban sama, sehingga untuk menghemat waktu maka penjual bisa mengaktifkan layanan whatsapp business account yang membantu membalas pesan dengan kata kunci dan jawaban tertentu.
Hal ini akan membantu konsumen mendapatkan jawaban yang sering ditanyakan oleh orang lain, sehingga tidak memakan banyak waktu.
Sementara penjual juga tidak perlu menjawab berbagai pertanyaan yang sama sehingga memakan banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang berulang.
Banyaknya konsumen yang dimiliki menjadikan penjual perlu merespon segala pesanan dan komplain yang masuk dengan cepat, sehingga pembeli mendapatkan kepuasan yang diinginkan.
Untungnya whatsapp business account menyediakan berbagai fitur tambahan yang membuat komunikasi menjadi lebih menyenangkan.
Diantaranya ketersediaan berbagai fitur untuk membalas cepat yang berisi template pertanyaan dan jawaban yang langsung tersedia jika konsumen menggunakan kata kunci tertentu, cara ini tentunya akan menghemat waktu penjual karena tidak perlu menjawab berbagai pertanyaan yang sama.
Tidak hanya itu, tersedia juga fitur label, dimana penjual bisa menandai pesan konsumen yang hanya bertanya mengenai ketersediaan barang, melakukan pemesanan, dan bahkan memberikan komplain, sehingga memudahkan untuk merespon berbagai pertanyaan yang masuk.
Tersedia juga fitur pesan pembuka, dimana penjual seakan-akan menyambut konsumen yang masuk, sehingga mereka merasa disambut dengan baik dan tidak menyulitkan bagi penjual untuk memberikan kata-kata sambutan ke konsumen yang masuk dan tentunya akan memakan lebih banyak waktu.
Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan penjual saat menggunakan whatsapp business account adalah membantu meningkatkan penjualan.
Hal ini dikarenakan konsumen merasa layanan yang diberikan terasa lebih sederhana, sehingga mereka tidak perlu melakukan pemesanan melalui marketplace yang memerlukan beberapa tahapan sebelum berhasil melakukan pembelian.
Meskipun terkesan sederhana, namun cara ini dianggap membantu menaikkan penjualan hingga 40% karena jalur pemesanan yang lebih mudah dilakukan.
Apakah Anda pemilik bisnis kecil yang mencari cara untuk terhubung dengan pelanggan Anda secara lebih efisien? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp Business account
Aplikasi perpesanan populer ini dapat menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara real-time.
WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di dunia. Platform ini juga meluncurkan fitur baru yang disebut WhatsApp Business account, yang dirancang khusus untuk bisnis kecil. Aplikasi gratis ini memungkinkan bisnis untuk membuat profil, mengotomatiskan pesan, dan berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang lebih profesional.
Jika Anda baru mengenal WhatsApp Business account, mungkin Anda akan bingung bagaimana cara memulainya. Namun jangan khawatir, kami siap membantu Anda.
Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah menyiapkan akun WhatsApp Business dan menunjukkan cara menggunakan fitur-fiturnya untuk terhubung dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis Anda.
Sebelum menggunakan fitur Whatsapp business account, anda tentunya harus membuat akun terlebih dahulu dengan mudah dan cepat.
Pertama adalah unduh aplikasi Whatsapp yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store, anda juga bisa menggunakan website jika lebih banyak menggunakan Whatsapp di laptop atau komputer.
Kemudian jika aplikasi sudah tersedia di handphone anda, maka anda perlu menyetujui beberapa peraturan yang diberikan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan nomor telepon bisnis yang dimiliki, sehingga memisahkan kegiatan bisnis dan pribadi anda.
Apabila aplikasi whatsapp business account sudah terpasang di handphone anda, maka anda melanjutkan dengan melakukan optimasi profil bisnis anda.
Optimasi ini dilakukan agar profil anda terlihat profesional, sehingga konsumen percaya bahwa nomor yang dihubungi merupakan nomor asli anda, sehingga tertarik untuk melakukan interaksi dan melakukan pembelian.
Anda bisa menambahkan beberapa elemen yang dibutuhkan, misalnya saja foto profil yang mencantumkan logo brand atau foto barang anda.
Kemudian pada bagian username, anda bisa menambahkan nama brand anda, sebagai bagian dari verifikasi nama akun anda.
Pilih juga kategori yang relevan dengan industri anda, dimana Whatsapp business account juga menyediakan berbagai pilihan yang beragam
Jangan lupa juga untuk mengisi bagian deskripsi yang bisa berisi waktu yang bisa dihubungi serta barang yang dijual.
Konsumen yang baru saja menambahkan nomor anda, mungkin hanya mengenal nama brand anda namun belum mengetahui barang yang anda jual.
Sehingga untuk memikat konsumen, anda bisa mengisi katalog dengan foto barang yang dimiliki, untuk menarik perhatian konsumen.
Pastikan anda menggunakan visual foto yang jelas, sehingga memperlihatkan detail serta membuat konsumen penasaran pada barang yang dijual.
Pada bagian deskripsi, anda bisa mengisinya dengan nama barang yang dijual, harga jual, status ketersediaan barang, serta rasa sehingga konsumen bisa mengira-ngira barang yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.
Apabila anda memiliki banyak barang yang beragam, maka anda bisa memisahkannya ke dalam beberapa kategori, sehingga memudahkan konsumen untuk memilih barang yang dibutuhkan.
Berbagai pesan yang masuk baik tentunya akan memakan waktu penjual untuk membalas dan merespon permintaan konsumen dalam waktu cepat.
Sehingga untuk lebih menghemat waktu konsumen, maka anda bisa mengaktifkan beberapa layanan chatbot whatsapp guna membalas beberapa pesan yang masuk dari konsumen.
Misalnya saja memberikan pesan pembuka di awal chat serta membalas berbagai pertanyaan yang sering masuk dengan template khusus sehingga konsumen akan mendapatkan jawaban yang lebih cepat serta menghemat waktu penjual.
Setelah melakukan komunikasi dengan penjual, biasanya konsumen akan menyimpan nomor tersebut sehingga memudahkan untuk melakukan pemesanan di waktu yang akan datang.
Namun, konsumen bisa juga melupakan anda karena tidak melakukan komunikasi dalam waktu lama atau melakukan kegiatan promosi yang berkaitan.
Sehingga untuk mencegah hal tersebut, maka anda bisa melakukan promosi yang menyenangkan menggunakan whatsapp status.
Dimana anda bisa membagikan konten edukasi dan hiburan yang berkaitan dengan barang anda, sehingga konsumen tetap terhubung dengan anda melalui postingan tersebut.
Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan konten promosi berupa potongan harga pada event tertentu, sehingga konsumen bisa melakukan pembelian pada tanggal tersebut.
Untuk konten yang dipilih, anda bisa mengambil dari postingan yang telah diunggah di social media, sehingga lebih menghemat waktu dan terasa relevan.
Anda juga bisa membagikan konten dalam bentuk tulisan, foto, atau video pendek, sehingga tidak terasa membosankan.
Bergabungnya Whatsapp, Facebook, dan Instagram dalam satu platform, menjadikan penggunanya lebih mudah dalam menghubungkan satu sama lain.
Salah satunya adalah memasang iklan di Instagram dan Facebook yang membawa konsumen ke nomor Whatsapp untuk pemesanan barang.
Apabila anda menggunakan jenis iklan ini, maka anda bisa mengecek kinerjanya melalui whatsapp business account sehingga lebih mudah di analisa secara rutin.
Penggunaan iklan yang membawa ke Whatsapp, juga akan membantu meningkatkan penjualan karena konsumen bisa langsung pemesanan barang saat itu juga.
Apakah Anda pemilik bisnis kecil yang mencari cara untuk memperluas basis pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp Business account sebagai alat pemasaran?
Dalam beberapa tahun terakhir, WhatsApp telah memperkenalkan aplikasi khusus untuk bisnis yang disebut WhatsApp Business account.
Aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur yang dirancang untuk membantu bisnis kecil berkomunikasi dengan pelanggan dan mempromosikan barang atau layanan mereka.
Jika Anda menjalankan bisnis kecil, Anda harus berada di tempat pelanggan berada. Dengan WhatsApp Business, Anda dapat terhubung dengan pelanggan dengan cara yang lebih personal, membangun hubungan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
Pada artikel ini, kami akan membahas fitur-fitur WhatsApp Business yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan.
Setelah menjawab berbagai pesan yang masuk dan mengirimkan whatsapp broadcast promosi yang dimiliki, anda tentunya penasaran mengenai kinerja dalam memasarkan barang yang dimiliki melalui Whatsapp.
Anda tidak perlu mengecek setiap pesan yang masuk dan terbalas serta menganalisanya satu persatu yang tentunya akan memakan banyak waktu, namun anda hanya perlu mengecek fitur analisa pesan di Whatsapp business account.
Dimana anda akan melihat jumlah pesan yang masuk, terbalas oleh anda, serta pesan promosi yang hanya dibaca saja tanpa adanya tanggapan.
Dengan adanya data ini, tentunya akan membantu anda untuk mengetahui kinerja promosi di Whatsapp, apakah sudah sesuai dengan rencana atau perlu dilakukan perubahan ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam membalas berbagai pesan yang masuk, anda tidak hanya menjawab pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan barang dan layanan anda, namun juga merayu calon konsumen agar membeli barang yang ditawarkan.
Salah satu cara cepat agar konsumen tertarik membeli adalah menggunakan pesan interaktif berupa penyematan call to action dimana konsumen akan dibawa ke tautan khusus ke website atau akun marketplace pribadi untuk melakukan pemesanan barang.
Selain itu, penjual juga mengaktifkan layanan Quick reply, dimana apabila konsumen bertanya mengenai suatu masalah atau ketersediaan barang, maka mereka tinggal memilih kata kunci atau angka tertentu, maka Whatsapp akan memberikan jawaban yang terkait.
Cara ini akan menghemat waktu penjual yang hendak menjawab yang kerap kali ditanyakan berulang kali, sehingga fokus pada pertanyaan yang krusial saja.
Penjual yang melakukan promosi di whatsapp business account, tidak hanya terdiri dari brand besar yang melakukan komunikasi dengan konsumennya.
Namun terdapat juga usaha kecil dan menengah yang menggunakannya untuk terhubung dengan konsumennya untuk metode pemesanan barang
Sehingga konsumen juga memerlukan alamat penjual untuk mengambil produk yang telah dipesan sebelumnya atau menghitung jarak ongkos kirim.
Karenanya penjual juga bisa memanfaatkan layanan peta yang ada di whatsapp business account yang akan memudahkan konsumen untuk menuju ke alamat anda sesuai dengan titik tujuan.
Fasilitas ini tentunya menguntungkan bagi usaha kecil yang masih berjualan dari rumah dan belum memiliki toko pribadi, sehingga memudahkan dalam proses penjualan produk.
Apakah Anda pemilik bisnis kecil yang mencari cara untuk terhubung dengan pelanggan dan merampingkan proses komunikasi Anda? Tidak perlu mencari lagi selain WhatsApp Business.
WhatsApp Business account adalah aplikasi gratis yang dirancang khusus untuk bisnis kecil agar dapat berinteraksi dengan pelanggan.
WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, menjadikannya platform yang ideal bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka.
Namun, membuat akun WhatsApp Business saja tidak cukup. Untuk mendapatkan manfaat dari alat canggih ini, Anda perlu mengetahui cara menggunakannya secara efektif.
Pada artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk membantu Anda memanfaatkan akun WhatsApp Business secara maksimal dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.
Saat konsumen mengirimkan pesan ke sebuah nomor brand tertentu, tentunya mereka ingin mendapatkan balasan yang cepat agar tidak ketinggalan barang yang ingin dibeli.
Namun, penjual mungkin saja memerlukan waktu yang lama untuk membalas, sebab harus membalas pesan dari konsumen lain atau mengerjakan pesanan pembeli.
Sehingga agar anda tidak membuat pembeli menunggu, maka anda bisa membuat pesan pembuka khusus yang sesuai dengan persona pembeli anda, sehingga mereka lebih sabar untuk menunggu sedikit lebih lama.
Dalam membuat pesan pembuka, anda bisa memulainya dengan memberikan kata sapaan sesuai dengan nama konsumen anda, kemudian masuk ke isi pesan yang meminta konsumen untuk menunggu sedikit lebih lama karena toko belum buka atau terdapat pesanan yang cukup banyak saat ini.
Di bagian akhir, anda bisa memberikan kata penutup sehingga membuat konsumen merasa dihargai dan memberikan kesan profesional di mata konsumen.
Saat menyebarkan konten promosi tertentu ke konsumen anda, tentunya anda memerlukan layanan pengiriman pesan cepat dan otomatis ke semua orang sehingga tidak memakan banyak waktu.
Untungnya Whatsapp business account menyediakan layanan yang tepat untuk kegiatan ini melalui fitur broadcast, dimana anda bisa mengirimkan banyak pesan dalam waktu bersamaan dengan isi yang sama.
Cara ini tentunya akan membantu penjual untuk menyebarkan konten promosi yang lebih praktis dan memancing minat pembeli untuk melakukan transaksi.
Penggunaan layanan ini juga cukup mudah, anda cukup menyiapkan draft broadcast yang sudah anda rancang sebelumnya, pastikan untuk mengisinya dengan informasi diskon serta kalimat call to action guna memancing pembeli melakukan pembelian.
Kemudian anda bisa masuk ke kolom menu dan siaran baru, dimana anda akan diarahkan ke kontak yang akan dikirimkan pesan, lalu masukkan pesan promosi yang diinginkan kemudian kirim ke nomor konsumen.
Tunggu beberapa saat hingga semua pesan sudah terkirim sempurna dan jangan lupa untuk melihat kembali apakah konsumen membalas pesan atau malah hanya membacanya saja.
Whatsapp business account tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki, namun apabila anda telah memiliki banyak reseller yang tersebar di banyak tempat, mak anda bisa mengumpulkannya melalui whatsapp group atau community.
Melalui layanan ini, anda bisa mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat sekaligus, sehingga lebih mudah dalam melakukan koordinasi satu sama lain untuk membagikan informasi.
Misalnya saja anda hendak membagikan konten promosi melalui foto atau video serta melakukan diskusi dengan whatsapp call yang bisa diakses banyak orang sekaligus.
Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan pesan di waktu-waktu tertentu serta mengeluarkan orang yang melakukan kegiatan yang tidak sewajarnya, sehingga group anda akan lebih kondusif.
Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan event khusus sebagai pengingat bagi reseller untuk memasarkan produk dan layanan di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Whatsapp business account memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dengan cara yang lebih personal dan efisien dan telah menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau audiens target mereka.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.