Jualan di internet akan semakin asyik dengan youtube live shopping yang memiliki fitur belanja yang keren.
Kegiatan promosi melalui live shopping semakin disukai oleh banyak penjual dan pembeli, hal ini dikarenakn pedagang bisa berjualan dari jarak jauh dan mendapatkan konsumen dari berbagai tempat.
Sedangkan dari sisi konsumen, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang terjangkau serta kualitas yang sepadan, sehingga lebih menguntungkan.
Salah satu strategi pemasaran live shopping yang bisa diikuti adalah youtube live shopping, dimana penjual bisa melakukan siaran langsung sembari berjualan di depan penonton.
Tidak hanya itu saja, pembeli juga bisa mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan produk tersebut dan melakukan pembelian apabila merasa barang yang disajikan sesuai dengan kebutuhan.
Agar promosi di youtube live shopping semakin maksimal, berikut beberapa tips mengenai cara jualan di youtube serta fitur yang bisa digunakan.
Youtube biasanya digunakan sebagai tempat untuk menonton video panjang yang berisi hiburan dan edukasi mengenai topik tertentu.
Namun, seiring dengan permintaan pengguna yang menginginkan tempat untuk belanja di satu tempat, maka youtube pun meluncurkan fitur live shopping.
Melalui layanan youtube live shopping, penjual bisa menunjukkan barang jualannya secara langsung di hadapan pembeli serta penonton bisa mengamati lebih dekat mengenai produk yang disukai dan berakhir untuk membelinya saat itu juga.
Perilisan youtube live shopping sendiri pun memiliki beberapa alasan, diantaranya adalah jumlah conversion rate Youtube yang lebih besar dibandingkan e-commerce lain, serta keberadaan 30% akun brand di Youtube, serta konsumen lebih menyukai rekomendasi dari kreator yang dilihat di Youtube.
Tidak hanya itu, keberadaan live shopping juga dinilai dapat meningkatkan interaksi antar penjual dan pembeli, sehingga semakin mempererat hubungan satu sama lain dan membuat mereka tertarik untuk membelinya dalam waktu lama.
Sementara itu, keberadaan live shopping juga cocok bagi sebuah brand yang menyasar kalangan anak muda yang menghabiskan lebih banyak waktu mereka di social media untuk belanja atau menonton berbagai konten hiburan.
Pernahkah Anda mempertimbangkan untuk berbelanja sambil menonton video langsung? Mungkin terdengar aneh, tetapi hal ini menjadi semakin populer berkat YouTube Live Shopping. Namun, apa sebenarnya itu, dan apa manfaatnya dibandingkan dengan belanja online tradisional?
Belanja online telah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang, tetapi ini bisa menjadi pengalaman yang membosankan.
YouTube Live Shopping menawarkan cara yang lebih interaktif dan menarik untuk berbelanja, dengan para influencer dan merek yang memamerkan produk secara real-time.
YouTube Live Shopping adalah pengubah permainan bagi konsumen dan bisnis. Mulai dari umpan balik instan hingga penawaran eksklusif, ada banyak keuntungan menggunakan platform ini.
Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat YouTube Live Shopping dan mengapa platform ini dengan cepat menjadi masa depan belanja online.
Keuntungan pertama yang akan didapatkan setelah melakukan youtube live shopping adalah mendapatkan jangkauan yang lebih luas.
Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang melakukan youtube live streaming, sehingga membuka kemungkinan untuk mendapatkan perhatian penonton yang tertarik pada siaran langsung yang anda lakukan.
Apalagi jika akun youtube anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, maka tidak menutup kemungkinan untuk memiliki penonton yang banyak.
Tidak hanya itu, Youtube juga menyatakan bahwa akun youtube yang rutin melakukan siaran langsung, juga mampu menambah jumlah pengikut hingga 40% dibandingkan kanal lain yang tidak melakukannya.
Selain itu, penonton baru tersebut juga bisa tertarik pada konten youtube yang telah anda unggah sebelumnya, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.
Apalagi jika salah satu konten youtube anda mendadak viral dan disukai oleh banyak, maka kesempatan untuk mendapatkan jangkauan konten juga akan akan semakin terbuka lebar dan membantu mengenalkan brand anda.
Saat konsumen menonton konten youtube anda, mereka mungkin saja hanya melihatnya tanpa melakukan interaksi lain, seperti memberikan tanda suka atau memberikan komentar pada konten yang anda berikan.
Kurangnya interaksi ini tentunya akan merugikan kreator, karena penonton bisa saja beralih ke video dari kompetitor lain yang memiliki topik yang sama.
Karenanya melakukan siaran langsung sembari memasarkan produk anda, bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan interaksi dengan audience yang dimiliki.
Hal ini dikarenakan adanya fitur live chat, dimana antar penonton dan penjual bisa melakukan interaksi secara langsung dengan pemberian pertanyaan di kolom komentar.
Cara ini akan membantu meningkatkan interaksi serta membangun hubungan yang lebih baik dengan penjual.
Interaksi yang erat ini juga akan mendorong penonton untuk memberikan interaksi yang sama di video anda, sehingga membantu meningkatkan performa video anda.
Saat melihat berbagai produk yang disajikan pada youtube shop atau ulasan produk dari kreator youtube, penonton bisa saja pesimis melihat foto produk serta hasil yang diberikan.
Hal ini dikarenakan konsumen tidak bisa melihat secara langsung karena keterbatasan jarak dalam membeli produk ingin dibeli secara langsung.
Namun, masalah ini bisa diatasi apabila penjual melakukan youtube live shopping untuk memasarkan produk mereka di internet.
Penampilan produk yang disajikan secara langsung tentunya akan membantu menaikkan kepercayaan konsumen, karena melihat penjual mencobanya secara langsung sehingga tertarik untuk membelinya.
Dengan memperlihatkan cara menggunakan produk secara langsung, juga akan membuat penonton membayangkan untuk membelinya, sehingga mereka akan mencoba untuk membelinya karena melihat penjual yang merasa nyaman menggunakan produk tersebut.
Saat melakukan pembelian di marketplace, konsumen biasanya akan merasa lebih santai saat membelinya, hal ini dikarenakan pembeli mengetahui bahwa produk tersebut akan selalu ada saat dibeli di kemudian hari.
Hal ini akan berbanding terbalik, apabila konsumen mengikuti youtube live shopping, dimana konsumen akan merasa diburu untuk membeli saat itu juga dikarenakan adanya potongan harga yang terbatas dan tidak tersedia di pembelian langsung.
Dengan memberikan rasa yang terburu-buru pada konsumen, akan membantu menaikkan penjualan karena pembeli akan membelinya saat itu juga agar tidak ketinggalan promo yang sangat berharga.
Setelah melakukan youtube live shopping secara rutin dan mendapatkan hasil dari penjualan produk, anda mungkin penasaran pada kinerja youtube live shopping.
Misalnya saja jumlah penonton di setiap siaran langsung, jumlah interaksi yang masuk, serta rata-rata pendapatan setiap harinya.
Untungnya anda bisa mengecek kinerja youtube live shopping melalui fitur insight yang diberikan, sehingga anda dapat mengetahui apakah siaran langsung anda berjalan dengan baik atau perlu dilakukan evaluasi.
Evaluasi ini nantinya akan membantu anda memberikan konten yang lebih menarik dan memikat pembeli untuk membeli barang anda selama siaran langsung dilakukan.
Pernahkah Anda menonton YouTube live shopping dan berpikir untuk membuat video Anda sendiri? Ini adalah tren yang sedang berkembang yang memungkinkan para kreator untuk memamerkan produk dan berinteraksi dengan pemirsa mereka secara real-time.
YouTube live shopping menjadi semakin populer, ini adalah cara yang bagus bagi bisnis dan individu untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Namun, memulai saluran belanja langsung di YouTube bisa jadi tampak menakutkan.
Jika Anda tertarik untuk memulai saluran belanja langsung YouTube Anda sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.
Mulai dari menyiapkan peralatan hingga mempromosikan saluran Anda, dibutuhkan beberapa persiapan untuk membuatnya sukses. Berikut ini adalah panduan tentang cara memulai YouTube live shopping.
Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam memulai youtube live shopping, adalah anda harus memiliki akun youtube brand terlebih dahulu.
Anda bisa memulainya dengan mudah setelah memiliki alamat email khusus yang digunakan untuk membuat akun youtube, kemudian daftarkan diri anda menggunakan email tersebut.
Jangan lupa untuk memasang avatar profil youtube serta nama kanal youtube yang sesuai dengan nama brand anda, sehingga mudah ditemukan oleh konsumen.
Setelah memiliki akun youtube, anda bisa memulai siaran langsung dengan dua cara, pertama adalah melalui website youtube serta aplikasi.
Jika anda ingin melakukan youtube live shopping melalui website, maka anda bisa melakukan klik pada ikon kamera, pada kolom navigasi, kemudian pilih Go Live.
Namun, apabila anda belum mendapatkan layanan tersebut, maka pastikan bahwa akun anda sudah diverifikasi oleh Youtube, melalui kode yang dikirimkan ke pesan atau email.
Jika sudah mendapatkan verifikasi, maka anda perlu menunggu hingga 24 jam agar layanan tersebut bisa digunakan segera.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan youtube live shopping menggunakan metode yang sama di handphone, sehingga memudahkan anda untuk melakukan siaran langsung dimana saja dan kapan saja.
Youtube live shopping juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi khusus, sehingga hasil siaran langsung anda semakin jernih dan bisa dipindah di tempat penyimpanan.
Terdapat beberapa cara dalam melakukan siaran langsung, beberapa kreator mungkin saja menggunakan handphone atau webcam agar lebih simpel namun mendapatkan hasil rekaman yang bagus.
Beberapa orang, mungkin saja menggunakan encoder atau aplikasi siaran langsung khusus yang bisa diguanakan untuk melakukan live shopping di tempat lain.
Namun, untuk melakukan youtube live shopping dengan berbagai metode tersebut, kreator harus telah memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah :
Apabila anda hendak melakukan siaran langsung dari handphone, anda harus memiliki setidaknya 1.000 pengikut dan akun youtube anda sudah diverifikasi, metode ini biasanya digunakan untuk melakukan vlog atau membagikan berita terkini secara cepat.
Sementara apabila anda hendak menggunakan laptop sebagai sarana siaran langsung, maka anda bisa menggunakan Webcam untuk hasil youtube live shopping yang lebih jernih.
Di sisi lain, encoder biasanya dipakai pada acara yang lebih besar, seperti menyiarkan peluncuran produk baru yang mengundang banyak orang, encoder juga membutuhkan perangkat lebih banyak, seperti microphone atau kamera yang tersebar di banyak tempat.
Youtube live shopping bisa dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda sesuai dengan kebutuhan promosi dan pendekatan yang tepat ke konsumen.
Anda bisa melakukan youtube live shopping sembari memberikan tutorial penggunaan produk secara langsung di depan penonton, cara ini akan membantu mereka untuk memahami cara menggunakannya dengan tepat dan membuat mereka tertarik untuk menggunakannya.
Tidak hanya itu, anda juga bisa mengajak brand ambassador atau key opinion leader anda untuk melakukan sesi tanya jawab yang berkaitan dengan produk yang dimiliki.
Dengan mengajak seseorang yang beprengalaman dan terkenal, akan membuat penonton tertarik untuk membelinya sebab ditawarkan oleh seseorang yang berpengaruh.
Cara ini juga membantu untuk meningkatkan interaksi dengan penonton, sebab mereka diizinkan untuk mengajukan pertanyaan melalalui kolom chat.
Sementara apabila anda baru meluncurkan produk terbaru serta ingin menunjukkan sisi lain dari brand yang anda kembangkan, maka anda bisa memperlihatkan proses pembuatan produk dan pengemasannya di mata konsumen.
Sementara itu, konsumen juga bisa melihat proses perilisan produk yang diadakan melalui event tertentu, sehingga membuat konsumen merasa terlibat.
Dengan memperlihatkan sisi lain brand, maka konsumen juga memperhatikan keunikan produk dan membuat mereka tertarik untuk membelinya.
Membuka kelas yang berkaitan dengan produk dan brand anda juga bisa menjadi cara yang menarik untuk melakukan youtube live shopping.
Misalnya saja, anda memiliki brand kecantikan, maka anda bisa mempromosikan produk anda dengan membuka kelas merias atau merawat wajah dengan ahlinya.
Cara ini akan menarik minat konsumen yang memiliki masalah yang serupa dan mendorong mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.
Apakah Anda mencari cara baru untuk terhubung dengan audiens Anda dan berinteraksi dengan mereka secara real-time? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan YouTube Live Streaming?
YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia, dengan jutaan pengguna yang mengunggah dan menonton video setiap harinya.
Dalam beberapa tahun terakhir, YouTube telah menambahkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna, termasuk kemampuan untuk melakukan streaming langsung.
Fitur baru ini telah menjadi pengubah permainan bagi para pembuat konten, memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan audiens mereka secara real-time dan membangun komunitas yang lebih kuat.
Dalam artikel ini, kami akan membahas fitur dan manfaat YouTube Live Streaming, serta bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan audiens dan meningkatkan keterlibatan.
Baik Anda seorang vlogger, gamer, atau pemilik bisnis, YouTube Live Streaming dapat membantu Anda menjangkau audiens dengan cara yang benar-benar baru. Jadi, mari selami dan temukan dunia YouTube Live Streaming.
Fitur pertama youtube live streaming yang bisa anda temui di social media lainnya adalah kemampuan untuk melakukan siaran langsung bersama dengan kreator lain.
Cara ini akan membantu kreator yang ingin mengajak influencer atau key opinion leader untuk melakukan siaran langsung bersama untuk membahas topik yang relevan di kalangan komunitas saat ini.
Dengan mengundang seseorang yang terkenal dan berpengaruh, juga akan membuat konsumen tertarik untuk menonton dan melakukan interaksi, sehingga membantu untuk meningkatkan performa siaran langsung yang dilakukan.
Cara mengundang seseorang di siaran langsung juga cukup mudah, anda cukup memberikan link khusus yang akan membawa mereka ke youtube live streaming untuk bergabung membahas suatu masalah tertentu.
Kelebihan lainnya dalam menggunakan fitur ini adalah kreator bisa mengecek kinerja siaran langsung di youtube studio,
Tidak hanya itu, jika anda memasang iklan sebelum dan setelah siaran langsung, maka anda bisa mengecek kinerjanya untuk dijadikan evaluasi di youtube live streaming berikutnya.
Apabila akun youtube anda sudah mencapai 1.000 pengikut, maka anda memiliki fitur youtube live streaming lain yang bisa dimanfaatkan dengan baik.
Salah satunya adalah membawa pengikut anda untuk menyaksikan siaran langsung melalui kanal youtube lain atau mengajak mereka memutar video yang telah direkam sebelumnya lalu disiarkan melalui siaran langsung.
Dengan adanya fitur ini, akan membuka kesempatan saat anda melakukan kolaborasi dengan influencer lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, sehingga anda dan kreator tersebut akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
Guna meningkatkan jumlah penonton dan pembeli yang lebih banyak selama youtube live shopping, maka anda perlu mempromosikan siaran langsung anda melalui cara yang menarik.
Salah satunya adalah memanfaatkan fitur highlight di youtube live streaming, dimana anda bisa membagikan potongan video yang menarik dari siaran anda dan membagikannya ke penonton.
Dengan adanya fitur ini, anda bisa memberikan penanda pada siaran langsung anda, sehingga penonton yang melewatkan sesi ini bisa langsung melihatnya tanpa perlu menonton live streaming dari awal.
Cara ini juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah penonton dan meningkatkan performa siaran langsung karena jumlah penonton masih akan dihitung setelah siaran langsung berakhir.
FItur siaran langsung tidak hanya membantu anda untuk jualan di Youtube, namun juga bisa digunakan sebagai cara lain mendapatkan uang dari Youtube.
Salah satunya adalah melalui fitur monetisasi, dimana penonton bisa mengrimkan hadiah dalam bentuk stiker atau gif tertentu yang bisa diubah dalam mata uang tertentu.
Variasi stiker yang berbeda juga akan memberikan hadiah yang berbeda bagi kreator, sehingga semakin banyak hadiah yang diberikan juga akan mengahasilkan jumlah uang yang berbeda.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan fitur monetisasi ini dengan memasang iklan di awal dan akhir siaran langsung.
Semakin banyak orang yang menonton iklan tersebut dan bahkan masuk ke website yang ditawarkan maka hasil yang didapatkan pun akan semakin besar.
Namun, sebelum kreator memasang iklan di siaran langsung, perlu dipastikan juga bahwa iklan yang dipasang sudah mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Youtube, sehingga iklan anda bisa dipasang dengan aman.
Pemasangan iklan di siaran langsung ini bisa dilakukan di siaran langsung biasa serta live streaming khusus member.
Saat seseorang influencer melakukan siaran langsung di Youtube, biasanya akan banyak orang tertarik untuk memberikan pertanyaan ke kreator.
Namun, dengan banyaknya pertanyaan yang masuk secara cepat, maka akan menyulitkan mereka untuk menjawab pertanyaan secara satu persatu.
Guna mendapatkan perhatian tersebut, penonton bisa memanfaatkan fitur super chat, dimana anda membayar sejumlah uang ke youtube melalui fitur khusus agar komentar anda mendapatkan tanda khusus dan berada di bagian paling atas kolom komentar.
Dengan pemberian tanda khusus ini akan membuat kreator lebih mudah mendapatkan perhatian pada komentar anda.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa memasang stiker khusus yang bisa digunakan oleh penonton untuk ditampilkan selama siaran langsung.
Semakin banyak orang yang membeli stiker tersebut, maka akan membeirkan keuntungan yang lebih besar bagi kreator.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.