8 Cara Membuat Baliho untuk Media Promosi

Di era digital saat ini, baliho mungkin tampak seperti bentuk iklan yang ketinggalan zaman. Namun, mereka masih memiliki daya tarik tersendiri dalam hal menarik perhatian dan menciptakan kesadaran merek.

Jika Anda ingin mempromosikan bisnis atau produk Anda melalui papan reklame, penting untuk mengetahui elemen-elemen kunci yang membuatnya efektif.

Dari desain hingga penempatan, ada beberapa strategi tertentu yang dapat membuat papan reklame Anda menonjol dari yang lain dan menarik audiens yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah penting untuk membuat baliho yang berdampak untuk media promosi Anda.

baliho adalah

Baca Juga : https://upgraded.id/jenis-jenis-media-promosi

Baliho Adalah

Baliho adalah jenis media promosi yang digunakan untuk menampilkan iklan dan pesan kepada khalayak luas.

Baliho adalah struktur luar ruangan besar yang biasanya ditempatkan di sepanjang jalan raya, jalan yang sibuk, atau di area lalu lintas tinggi lainnya.

Tujuan baliho adalah untuk menarik perhatian orang yang lewat dan mengkomunikasikan pesan dengan cepat dan efektif.

Baliho sering kali menampilkan visual yang berani dan menarik perhatian, bersama dengan slogan atau slogan yang ringkas dan mudah diingat.

Baliho dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai macam produk, layanan, acara, atau tujuan. Papan reklame merupakan pilihan populer bagi pengiklan karena menawarkan tingkat visibilitas yang tinggi dan dapat menjangkau banyak orang.

Selain ukuran dan visibilitasnya, baliho juga memiliki keuntungan karena dapat menargetkan area geografis tertentu.

Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menjangkau audiens atau segmen pasar tertentu dengan pesan mereka.

Secara keseluruhan, baliho adalah bentuk media promosi yang kuat dan serbaguna yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap perilaku konsumen.

Baik itu meningkatkan kesadaran, mendorong penjualan, atau mempromosikan suatu tujuan, papan reklame adalah alat yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas.

manfaat menggunakan baliho

Manfaat Menggunakan Baliho

Di era digital saat ini, di mana iklan online mendominasi lanskap pemasaran, masih adakah tempat untuk papan reklame tradisional? Jawabannya adalah ya.

Baliho terus menjadi media promosi yang efektif dan kuat yang dapat menjangkau audiens yang luas dan menyampaikan pesan yang berdampak.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai manfaat menggunakan papan reklame sebagai alat pemasaran dan mengapa hal tersebut tidak boleh diabaikan dalam strategi periklanan Anda.

1. Mudah Menarik Perhatian

Saat anda melintasi jalan raya untuk menuju suatu tempat, pastinya akan menemukan berbagai baliho yang terpajang di pinggir jalan.

Baliho yang unik dan menarik terkadang bisa menjadi pelepas penat saat kendaraan terjebak kemacetan atau membuang waktu dengan membaca tulisan yang diberikan.

Meskipun begitu, baliho yang mempunyai ukuran yang cukup besar tentunya mudah menarik perhatian banyak orang.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pemilik usaha yang ingin memasarkan produknya ke target konsumen yang besar secara langsung.

Apalagi jika baliho tersebut dikemas dengan tampilan yang menarik, informasi lengkap, dan ditambah dengan lokasi penempatan yang sesuai, maka akan menarik perhatian banyak orang untuk melihat baliho tersebut.

Otomatis pesan yang ingin disampaikan bisa diserap dengan baik dan membaca informasi yang ditujukan bahkan membeli produk yang ditawarkan apabila mereka tertarik untuk menggunakannya.

Penggunaan baliho yang tepat juga akan membantu untuk menaikkan brand awareness produk yang baru saja dirilis untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.

2. Promosi yang Efektif

Apabila anda aktif mengamati berbagai baliho yang terpasang di pinggir jalan, anda mungkin menyadari bahwa baliho tersebut dipasang dalam jangka waktu lama, bahkan bisa sampai berbulan-bulan lamanya.

Pemasangan baliho dalam jangka waktu lama dilakukan karena biaya pemasangan yang cukup mahal, sehingga pengiklan memutuskan untuk memasangnya dalam jangka waktu lama agar semakin efektif.

Penempatan baliho di satu titik dalam jangka waktu tertentu akan menarik perhatian banyak orang sehingga mereka semakin paham dengan isinya, bahkan akan mengingat produk yang dipasarkan meskipun baliho tersebut sudah tidak dipasang dalam jangka waktu lama.

Pemasangan baliho yang efektif juga akan membantu pemilik usaha untuk mengenalkan produk yang dimiliki hingga menunggu waktu bagi mereka untuk mendapatkan konsumen yang diinginkan.

3. Baliho Bisa Digunakan Dalam Waktu Lama

Pemasangan baliho tidak hanya digunakan untuk usaha yang besar untuk menyasar konsumen yang lebih luas, namun juga bisa digunakan untuk pemilik usaha kecil yang sedang merintis.

Salah satu perbedaan antara pemilik usaha besar dan kecil dalam menggunakan baliho adalah jangka waktu pemasangannya.

Pemilik usaha besar biasanya menggunakan baliho untuk promosi produk tertentu sehingga mereka memasangnya dalam jangka waktu tertentu.

Berbeda dengan pemilik usaha kecil yang memasang baliho sebagai penanda usaha yang dimiliki guna menarik konsumen untuk datang mengunjungi mereka.

Perbedaan penggunaan inilah yang menjadikan baliho untuk usaha kecil biasanya bisa digunakan dalam jangka waktu lama sebagai lebih awet untuk memasarkan produk.

Hal ini bisa anda temukan pada baliho yang dipasang pada warung makan, dimana mereka memasang baliho sekali untuk selamanya.

Di samping itu, baliho yang memiliki bahan yang bagus juga bisa digunakan dalam jangka waktu lama, sehingga menghemat pengeluaran promosi bagi pemilih usaha kecil.

4. Meningkatkan Popularitas Produk

Alasan terbesar mengapa baliho dipasang di pinggir jalan adalah untuk membantu meningkatkan popularitas produk, apalagi jika pengiklan memilih lokasi promosi yang cepat, maka akan semakin banyak orang yang mengenal produk tersebut.

Beberapa pilihan lokasi yang biasanya dipilih untuk memasang baliho adalah area persimpangan jalan atau perempatan jalan dimana banyak orang menunggu giliran untuk lewat sehingga membaca baliho untuk membuang waktu sembari kemacetan dapat mengurai.

Seseorang yang melihat baliho secara terus menerus akan semakin mengingat gambar produk serta informasi yang disampaikan, sehingga apabila mereka membutuhkan barang tertentu maka produk tersebut bisa menjadi pilihan teratas.

5. Penyampaian Pesan yang Maksimal

Salah satu alasan mengapa baliho banyak digunakan sebagai media promosi adalah pengiklan tidak hanya bisa menambahkan gambar untuk promosi namun juga beberapa kalimat sebagai ajakan untuk membeli.

Beberapa tambahan kalimat yang disematkan pada baliho tentunya akan membantu menyampaikan pesan secara maksimal, sehingga konsumen bisa mempelajari produk yang dipromosikan serta perusahaan yang membuatnya, guna menambah nilai jual pada barang atau jasa tersebut.

Apabila penambahan gambar dan iklan bisa dilakukan secara beriringan maka penyampaikan pesan ke konsumen bisa disampaikan dengan baik.

cara membuat baliho untuk media promosi

Cara Membuat Baliho Untuk Media Promosi

Apakah Anda ingin membuat baliho yang menarik untuk media promosi Anda? Baliho adalah alat periklanan yang ampuh yang dapat langsung menarik perhatian audiens target Anda.

Namun, membuat baliho yang efektif membutuhkan perencanaan dan desain yang cermat. Jangan khawatir, kami siap membantu Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan balijp yang akan meninggalkan kesan mendalam bagi calon pelanggan Anda.

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, bisnis terus mencari cara-cara inovatif untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Baliho telah terbukti menjadi salah satu bentuk iklan yang paling efektif dan berdampak besar, menjangkau audiens yang luas dan menghasilkan kesadaran merek.

Namun, mendesain baliho yang menarik perhatian bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda baru mengenal dunia periklanan dan desain.

Membuat baliho untuk media promosi membutuhkan kombinasi kreativitas, pemikiran strategis, dan pemahaman tentang target audiens Anda.

Dengan mengikuti beberapa langkah utama dan menghindari kesalahan umum, Anda dapat membuat papan reklame yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan hasil.

Baik Anda pemilik usaha kecil atau profesional pemasaran, artikel ini akan memberi Anda tips dan trik penting untuk membuat papan reklame Anda menonjol dari yang lain.

1. Tentukan Tema Baliho

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar baliho anda menarik perhatian adalah menentukan tema yang sesuai.

Cara ini dilakukan mengingat pengguna kendaraan melewati banyak baliho setiap hari, sehingga agar mereka mengingat promosi yang anda lakukan, maka ada baiknya untuk menentukan tema yang menarik perhatian.

Anda bisa memulainya dengan memilih tema yang sesuai dengan tampilan produk yang dimiliki serta pesan yang dibawa.

Hal ini akan memudahkan konsumen untuk menangkap pesan yang ingin anda sampaikan sehingga tertarik untuk membelinya apabila mereka membutuhkannya.

Contohnya apabila anda hendak memasarkan produk makanan siap saji, maka ada baiknya anda menambahkan tema keluarga di baliho tersebut, sehingga mengandung pesan bahwa barang yang anda jual cocok untuk dinikmati keluarga yang sedang sibuk.

Anda juga bisa menambahkan tema dengan peristiwa yang sedang viral akhir-akhir ini sehingga baliho anda terlihat mengikuti tren terbaru.

Guna mengetahui tren yang sedang naik daun, anda juga bisa mencarinya dengan mencarinya di sosial media untuk mengetahui topik yang sedang hangat di kalangan masyarakat saat ini.

2. Pilih Ukuran yang Sesuai

Setelah menemukan tema baliho yang sesuai dengan promosi yang dibutuhkan maka anda juga perlu mempertimbangkan ukuran baliho yang diinginkan.

Pilihan ini dilakukan mengingat semakin besar ukuran baliho maka akan berpengaruh pada biaya promosi yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, ukuran baliho yang besar juga menguntungkan bagi anda untuk memuat pesan yang lebih banyak serta gambar yang menarik perhatian konsumen.

Guna menentukan ukuran baliho yang sesuai, maka anda bisa melakukan diskusi dengan percetakan atau developer pengiklan guna mengetahui ukuran setiap baliho serta durasi pemasangannya.

Ingatlah bahwa ukuran baliho juga menentukan tingkat keberhasilan promosi, apalagi jika anda hendak memasangnya di pinggir jalan yang ramai penuh dengan orang yang lalu lalang.

Apabila anda sudah menentukan ukuran baliho yang diinginkan, maka anda bisa membuat rencana desain mengenai gambar yang dimasukkan serta tambahan kalimat yang mampu menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan.

Jika baliho hendak dipasang di berbagai tempat yang berbeda, maka anda bisa memilih ukuran yang variatif.

Cara ini dilakukan untuk menghemat biaya sebab baliho dengan ukuran yang lebih kecil tentunya akan lebih murah dibandingkan yang besar.

3. Posisikan Logo dengan Strategis

Penempatan logo juga perlu menjadi pertimbangan saat anda hendak membuat desain baliho untuk disebarkan di berbagai tempat.

Hal ini dikarenakan logo akan membantu untuk meningkatkan nilai jual, apalagi jika anda hendak memasarkan produk dari brand terkemuka, sehingga konsumen yang belum mengetahui bisa tertarik membeli sebab dikeluarkan oleh brand terkemuka.

Meskipun begitu, penambahan logo ada baiknya untuk diletakkan di tempat yang strategis, sehingga tidak mengganggu lokasi foto produk namun masih tetap dikenali oleh konsumen saat membacanya.

Biasanya penempatan logo brand diletakkan di sudut tertentu dengan ukuran sedang, sehingga memudahkan konsumen untuk mengenalinya dengan cepat.

Namun apabila anda memasang berbagai logo tambahan dari institussi lain, maka ada baiknya untuk memasangnya di bagian bawah dan diletakkan secara berurutan sehingga tidak mengganggu konsumen yang ingin memahami isi pesan tersebut.

4. Gunakan Kata yang Tidak Terlalu Banyak

Meskipun ukuran banner yang besar memungkinkan anda untuk memasukkan berbagai kalimat tambahan untuk ajakan membeli produk, namun bukan berarti anda bisa memasukkan semua kata di dalam satu banner.

Penempatan kalimat yang terlalu berdesakan akan membuat konsumen malas untuk membacanya, sebab mereka biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk membaca kalimat promosi yang disajikan dalam satu baliho.

Ada baiknya untuk menambahkan tujuh kalimat saja di dalam baliho, sehingga menarik perhatian konsumen untuk membacanya.

Ukuran dan gaya tulisan juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kalimat ajakan untuk promosi di baliho.

Pastikan anda memilih ukuran tulisan yang besar sehingga dapat dibaca dari jarak jauh oleh konsumen serta memperluas jangkauan iklan.

Selain itu, pada beberapa kalimat penjelas, anda bisa menggunakan ukuran tulisan yang lebih kecil namun masih tetap bisa dibaca dalam jarak dekat.

Gunakan gaya tulisan yang tidak terlalu rumit sehingga konsumen yang tertarik bisa membacanya dalam waktu cepat.

Uji coba beberapa gaya dan ukuran tulisan baliho anda ke beberapa orang terdekat anda sebelum memutuskan untuk mencetaknya atau lakukan konsultasi dengan percetakan untuk memastikan bahwa tulisan di baliho dapat dibaca dengan jelas.

5. Gunakan Tampilan yang Menarik Perhatian

Setiap harinya, jutaan pengguna kendaraan melewati berbagai baliho yang berbeda setiap harinya, sehingga anda perlu membuat tampilan promosi yang menarik.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat baliho yang memikat perhatian adalah memilih warna-warna yang mencolok dan menghindari warna yang netral atau gelap.

Pemilihan warna yang sesuai akan membantu baliho anda tetap terlihat mencolok di berbagai pilihan pencahayaan sehingga akan memikat banyak orang untuk melihatnya.

Pastikan untuk memilih warna latar belakang baliho yang berbeda dengan gambar produk yang dimiliki guna mencegah kesamaan warna yang membuat konsumen kurang fokus untuk membacanya.

Anda juga bisa membuat beberapa baliho dengan warna yang berbeda, sehingga anda bisa memilih warna yang terbaik sesuai dengan ciri khas yang dimiliki sebelum akhirnya mencetaknya ke berbagai ukuran yang dibutuhkan.

Sebagian besar baliho promosi biasanya menggunakan warna khas perusahaan, sehingga konsumen bisa mengenali produk yang dipromosikan dari jauh sekalipun.

Penampilan baliho yang menarik perhatian juga tergantung pada pilihan gambar yang dipilih, pastikan gambar yang dimasukkan lebih besar dibandingkan tulisan sehingga memudahkan konsumen untuk memahami konteks promosi yang disuguhkan.

Gunakan juga gambar dengan kualitas terbaik sehingga tidak pecah saat dicetak dalam ukuran besar sehingga penampilan banner akan terlihat buram.

Anda juga bisa mengambil berbagai gambar gratis yang bisa diunduh dengan mudah di internet tanpa lisensi guna menarik perhatian konsumen dengan gambar yang relevan.

6. Tambahkan Nomor atau Sosial Media

Sebelum memberikan baliho ke percetakan, jangan lupa untuk menambahkan nomor atau akun sosial media brand yang dimiliki.

Penyematan ini diperlukan guna memudahkan konsumen untuk menghubungi anda saat tertarik membeli produk dalam jumlah besar atau mengenal barang yang dipromosikan dengan lebih dalam.

Di samping itu, beberapa brand juga melakukan pemesanan produk melalui nomor tertentu, sehingga pastian anda menyematkannya untuk memudahkan pembelian.

Guna memudahkan konsumen untuk mengetahui nomor yang dituju anda bisa menambahkan kata “hubungi sekarang” kemudian tambahan nomor telepon atau sosial media yang bisa diakses sehingga konsumen bisa membelinya bisa berminat.

Penambahan logo sebelum adanya nomor telepon atau akun sosial media brand juga akan memudahkan konsumen untuk mengidentifikasinya, sehingga mudah dicari apabila mereka ingin membelinya.

Meskipun penambahan nomor penting untuk pemesanan namun pastikan ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak mengganggu informasi yang dibutuhkan dan konsumen tetap fokus pada pesan yang hendak disampaikan.

7. Pilih Bahan yang Berkualitas

Setelah proses desain baliho sudah disetujui oleh berbagai pihak yang bersangkutan, maka inilah saatnya untuk membawa ke percetakan atau developer periklanan.

Pada proses negosiasi pemasangan baliho, anda akan diberikan berbagai pilihan bahan terbaik sesuai dengan kualitas serta harga sewa yang diinginkan.

Bahan baliho pertama yang biasa digunakan oleh banyak orang adalah flexi korea, dimana bahan tersebut disukai banyak orang karena kualitasnya yang bagus dengan tekstur permukaan yang halus serta hasil cetakan yang lebih baik dibandingkan bahan lainnya.

Bahan flexi korea juga bisa dipilih sesuai kebutuham antara 250-400 gram,mengingat biasanya bahan ini digunakna untuk pembuatan banner serta baliho di luar ruangan.

Bahan kedua yang banyak digunakan oleh penyewa iklan adalah flexi jerman, dimana bahan ini hanya cocok digunakan oleh pemakaian di dalam outdoor saja, sehingga cocok bagi anda yang tengah melakukan promosi produk ke khalayak luas.

Kualitas bahan yang lebih terjamin menjadikan bahan flexi jerman memiliki harga yang lebih mahal serta hanya disediakan oleh percetakan besar, meskipun harganya cukup mahal namun bahan ini terjamin kualitasnya dengan hasil cetakan yang jelas dan tidak mudah robek.

8. Pilih Lokasi yang Sesuai

Bagian paling penting dalam menggunakan baliho sebagai media promosi adalah memilih lokasi yang sesuai.

Pilihan ini dilakukan mengingat anda telah mengeluarkan banyak biaya dan tenaga untuk membuat baliho promosi, sehingga anda harus menempatkannya di tempat yang strategis agar dilihat oleh banyak orang. Berikut beberapa cara dalam memilih lokasi pemasangan baliho promosi yang sukses : 

Pilih area dengan lalu lintas tinggi. Posisikan papan reklame Anda di dekat jalan yang sibuk atau persimpangan di mana terdapat arus kendaraan dan pejalan kaki yang konstan. Ini akan memaksimalkan pemaparan pesan Anda kepada khalayak ramai.

Pertimbangkan target demografis. Teliti demografi area tempat Anda berencana untuk menempatkan papan reklame Anda.

Pastikan lokasi tersebut sesuai dengan karakteristik audiens target Anda, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, dan minat.

Menganalisis kompetisi. Identifikasi apakah sudah ada papan reklame di sekitarnya yang mempromosikan produk atau layanan serupa.

Jika ada persaingan yang signifikan, mungkin lebih baik memilih lokasi yang berbeda untuk menghindari pelemahan pesan Anda.

Evaluasi visibilitas dan keterbacaan. Kaji visibilitas dan keterbacaan lokasi yang dipilih. Pastikan papan reklame dapat dengan mudah dilihat dari kejauhan dan teks serta gambarnya jelas dan terbaca.

Pertimbangkan peraturan setempat. Biasakan diri Anda dengan peraturan setempat dan izin yang diperlukan untuk memasang papan reklame.

Pastikan lokasi yang Anda pilih sesuai dengan semua persyaratan hukum untuk menghindari masalah atau penalti.

Pertimbangkan lingkungan sekitar. Kaji lingkungan sekitar lokasi yang dipilih. Pastikan bahwa lingkungan sekitar melengkapi pesan Anda dan meningkatkan dampaknya. Hindari menempatkan papan reklame di area yang dapat menciptakan asosiasi negatif dengan merek Anda.

Evaluasi durasi pemaparan. Tentukan durasi paparan yang akan diterima papan reklame Anda di lokasi yang dipilih.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan lalu lintas, kemacetan lalu lintas, dan waktu rata-rata yang dihabiskan orang di area tersebut.

Kaji efektivitas biaya. Bandingkan biaya sewa atau pembelian lokasi yang dipilih dengan potensi keuntungan yang dapat diberikan kepada bisnis Anda.

Evaluasi laba atas investasi dan tentukan apakah lokasi tersebut hemat biaya untuk mencapai sasaran iklan Anda.

Pertimbangkan musim. Pertimbangkan faktor musiman yang dapat memengaruhi visibilitas atau relevansi pesan Anda. Pilih lokasi yang akan tetap efektif sepanjang tahun, terlepas dari perubahan musim.

Evaluasi kedekatannya dengan bisnis Anda. Jika tujuan Anda adalah mengarahkan lalu lintas ke toko fisik atau tempat usaha Anda, pilihlah lokasi yang dekat dengan bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk menemukan dan mengunjungi lokasi Anda.

Pertimbangkan potensi pengulangan. Pilih lokasi yang sering dilewati oleh target audiens Anda. Pengulangan adalah kunci dalam periklanan, jadi memilih lokasi yang menawarkan paparan berulang terhadap pesan Anda akan meningkatkan efektivitasnya.

Kaji keselamatan dan keamanan lokasi. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih aman dan terjamin untuk papan iklan Anda dan pemirsa.

Hindari area dengan tingkat kejahatan tinggi atau potensi bahaya yang dapat menimbulkan risiko bagi investasi Anda atau publik.

Pertimbangkan daya tarik estetika. Pilih lokasi yang meningkatkan dampak visual papan reklame Anda. Carilah area dengan lingkungan yang menarik, seperti pemandangan yang indah atau lanskap yang terawat dengan baik, yang dapat membuat iklan Anda lebih menarik.

Evaluasi aksesibilitas. Kaji seberapa mudah orang dapat mengakses lokasi yang dipilih. Pertimbangkan faktor-faktor seperti kedekatan dengan jalan utama, transportasi umum, dan fasilitas parkir. Pastikan papan iklan Anda dapat dengan mudah dilihat dan diakses oleh audiens target Anda.

Pertimbangkan kelayakan jangka panjang. Evaluasi kelayakan jangka panjang dari lokasi yang dipilih. Pertimbangkan faktor-faktor seperti rencana pengembangan kota, perubahan pola lalu lintas, dan potensi penghalang yang dapat memengaruhi visibilitas dan efektivitas papan reklame Anda dari waktu ke waktu.

Baliho itu apa

Baliho adalah jenis media promosi yang digunakan untuk menampilkan iklan dan pesan kepada khalayak luas.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like