cara membuat poster di hp
|

Panduan Lengkap Cara Membuat Poster di HP dengan Mudah & GRATIS

Pernahkah Anda perlu membuat poster di mana saja, tetapi tidak memiliki akses ke komputer? membuat poster di HP bisa menjadi solusi terbaik.

Membuat poster yang menarik secara visual tanpa bantuan perangkat lunak desain bisa terasa seperti tugas yang menakutkan. Tetapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa Anda dapat membuat poster di HP anda?

Di dunia sekarang ini, semua orang tampaknya selalu menggunakan ponsel mereka, entah itu untuk pekerjaan atau penggunaan pribadi. Dengan kemajuan teknologi, sekarang Anda dapat membuat poster yang terlihat profesional hanya dengan menggunakan ponsel cerdas atau tablet.

Membuat poster di HP mungkin tampak menantang pada awalnya, tetapi dengan alat dan teknik yang tepat, ini lebih mudah daripada yang Anda bayangkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat poster yang memukau hanya dengan menggunakan perangkat seluler Anda.

Baik Anda mempromosikan acara atau memamerkan karya Anda, kiat-kiat ini akan membantu Anda membuat poster yang menonjol dari yang lain.

ZT9sM1KaQoj53GneFN7K
Table of Contents show

Cara Buat Poster di HP dengan Mudah

Apakah Anda membutuhkan poster tetapi tidak memiliki akses ke komputer? Jangan khawatir, Anda masih bisa membuat poster yang terlihat profesional langsung dari perangkat seluler Anda!

Dengan kemajuan teknologi, sudah semakin umum bagi orang untuk menggunakan perangkat seluler mereka untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Namun demikian, membuat poster pada perangkat seluler mungkin tampak menakutkan pada awalnya.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat poster di perangkat seluler Anda, langkah demi langkah.

Apakah Anda seorang pelajar, pemilik bisnis, atau hanya seseorang yang ingin membuat poster yang indah, panduan ini akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Jadi, mari kita mulai!

 1. Ketahui Ukuran dan Jenis Iklan

Dengan meningkatnya teknologi seluler, sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat dan mendesain iklan poster langsung dari ponsel Anda. Apa pun yang Anda promosikan, entah itu produk, layanan, atau acara, ada berbagai ukuran dan jenis iklan poster yang bisa dibuat pada ponsel. Berikut ini adalah beberapa opsi yang paling populer:

Ukuran Poster persegi

Poster persegi sangat bagus untuk platform media sosial seperti Instagram dan Facebook karena poster ini mengambil lebih banyak ruang di feed dan menarik perhatian pemirsa.

Poster ini bisa dibuat dalam ukuran seperti 1080×1080 atau 1200×1200 piksel dan bisa digunakan untuk mempromosikan apa saja, mulai dari produk hingga acara.

Ukuran Poster vertikal

Poster vertikal sangat ideal untuk perangkat seluler karena sangat pas di layar tanpa perlu digulir. Poster ini dapat dibuat dalam ukuran seperti 1080×1920 atau 720×1280 piksel dan sangat cocok untuk mempromosikan aplikasi atau layanan seluler yang dirancang khusus untuk penggunaan seluler.

Ukuran Poster horizontal

Poster horizontal sangat bagus untuk menampilkan informasi dalam jumlah yang lebih besar seperti jadwal acara atau fitur produk. Poster ini dapat dibuat dalam ukuran seperti 1920×1080 atau 1280×720 piksel dan dapat digunakan di situs web atau platform media sosial seperti Twitter atau LinkedIn.

Ukuran Poster animasi

Poster animasi adalah cara yang menyenangkan dan menarik untuk menarik perhatian pemirsa. Poster animasi dapat dibuat menggunakan aplikasi seperti Canva atau Adobe Spark dan dapat diekspor sebagai file GIF.

Poster animasi sangat bagus untuk mempromosikan acara atau produk dengan penawaran khusus atau diskon.

Ukuran Poster infografis

Poster infografis adalah cara yang bagus untuk menampilkan informasi yang kompleks dalam format yang mudah dipahami.

Poster infografis dapat dibuat menggunakan aplikasi seperti Piktochart atau Infogram dan dapat diekspor sebagai file PNG atau PDF. Poster infografis sangat cocok untuk mempromosikan produk atau layanan yang membutuhkan banyak penjelasan.

2. Buat Ide dan Pesan Iklan

Iklan poster adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mempromosikan merek atau produk Anda.

Namun, menghasilkan ide dan pesan yang tepat untuk iklan poster Anda bisa menjadi sebuah tantangan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda beberapa tips dan trik tentang cara membuat ide dan pesan untuk iklan poster Anda yang akan mengkomunikasikan pesan Anda secara efektif dan menarik perhatian audiens target Anda.

Ketahui Target Audiens

Sebelum mulai membuat iklan poster, penting untuk mengetahui siapa target audiens. Anda perlu memahami kebutuhan, minat, dan poin-poin penting mereka.

Dengan demikian, Anda dapat membuat pesan yang beresonansi dengan mereka dan menarik perhatian mereka. Lakukan riset pasar, analisis persaingan, dan kumpulkan wawasan tentang audiens target untuk membuat pesan yang berbicara kepada mereka secara langsung.

Soroti Proposisi Penjualan Unik

Iklan poster Anda harus menyoroti proposisi penjualan unik Anda (USP). Inilah yang membedakan merek Anda dari para pesaing.

USP Anda harus jelas, ringkas, dan mudah dimengerti. Hal ini juga harus dikomunikasikan dengan cara yang sesuai dengan target audiens Anda.

Gunakan bahasa yang sederhana, visual yang jelas, dan ajakan bertindak untuk mengkomunikasikan USP Anda secara efektif.

Gunakan Visual yang Menarik

Iklan poster harus memiliki visual yang menarik yang dapat menarik perhatian audiens target Anda. Gunakan gambar, grafik, dan ilustrasi yang menarik secara visual dan relevan dengan pesan Anda.

Visual Anda juga harus konsisten dengan identitas dan gaya merek Anda. Gunakan warna, font, dan elemen desain yang selaras dengan merek Anda untuk menciptakan identitas visual yang kohesif dan mudah diingat.

Buatlah tetap sederhana

Iklan poster harus sederhana dan mudah dimengerti. Hindari penggunaan bahasa yang rumit, jargon, atau istilah teknis yang dapat membingungkan audiens target Anda.

Gunakan bahasa sederhana yang mudah dibaca dan dimengerti. Jaga agar pesan tetap singkat dan manis, dan gunakan ajakan bertindak yang jelas untuk mendorong audiens target Anda mengambil tindakan.

Uji dan Perbaiki Pesan

Setelah Anda membuat iklan poster, penting untuk menguji dan menyempurnakan pesan. Tunjukkan iklan kepada kelompok fokus atau ujilah dalam skala kecil untuk mengumpulkan umpan balik.

Gunakan umpan balik ini untuk menyempurnakan pesan dan meningkatkan efektivitas iklan. Uji dan sempurnakan pesan secara terus menerus untuk memastikan bahwa pesan tersebut beresonansi dengan audiens target dan memberikan hasil.

3. Pilih Aplikasi Desain yang Sesuai

[Pendahuluan]Membuat poster adalah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk mengekspresikan diri Anda dan berbagi pesan dengan orang lain.

Dengan meningkatnya teknologi seluler, sekarang ada banyak aplikasi desain yang tersedia untuk membuat poster di ponsel Anda. Namun demikian, dengan begitu banyak pilihan yang bisa dipilih, mungkin akan sangat membingungkan untuk mengetahui, mana yang paling cocok untuk Anda.

Berikut ini beberapa saran tentang cara memilih aplikasi desain yang tepat untuk membuat poster di ponsel Anda.

Pertimbangkan Kebutuhan Desain

Sebelum Anda mulai mencari aplikasi desain, pikirkan jenis poster yang ingin Anda buat. Apakah Anda perlu membuat poster sederhana dengan teks dan gambar, atau ingin membuat desain yang lebih kompleks dengan banyak lapisan dan efek? Mengetahui kebutuhan desain Anda akan membantu Anda mempersempit pencarian dan menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa Fitur Aplikasi

Saat memilih aplikasi desain, penting untuk memeriksa fitur dan kemampuan aplikasi. Carilah aplikasi yang menawarkan berbagai jenis font, warna, bentuk, dan elemen desain, serta kemampuan untuk mengunggah gambar dan grafik Anda sendiri.

Beberapa aplikasi juga menawarkan fitur-fitur canggih seperti layering, mask, dan filter, yang dapat membantu Anda membuat desain yang lebih kompleks dan menarik secara visual.

Baca Ulasan Pengguna

Ulasan pengguna dapat menjadi sumber informasi yang bagus saat memilih aplikasi desain. Baca ulasan dari pengguna lain untuk mendapatkan gambaran tentang kemudahan penggunaan, fungsionalitas, dan kinerja aplikasi secara keseluruhan. Perhatikan keluhan atau masalah umum yang dilaporkan pengguna, karena ini bisa menjadi pemecah masalah bagi Anda.

Pertimbangkan Harganya

Meskipun banyak aplikasi desain yang dapat diunduh secara gratis, beberapa di antaranya mungkin memerlukan pembelian dalam aplikasi atau berlangganan untuk mengakses semua fitur.

Pertimbangkan anggaran dan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk aplikasi desain. Ingatlah bahwa beberapa aplikasi berbayar mungkin menawarkan fitur yang lebih canggih dan kinerja yang lebih baik daripada aplikasi gratis.

Coba Sebelum Membeli

Sebelum membeli aplikasi desain, cobalah terlebih dahulu. Banyak aplikasi menawarkan uji coba gratis atau versi terbatas yang bisa Anda coba sebelum membeli.

Gunakan periode uji coba ini untuk bereksperimen dengan fitur-fitur aplikasi dan melihat apakah aplikasi tersebut memenuhi kebutuhan desain Anda. Jika Anda tidak puas, lanjutkan ke aplikasi berikutnya hingga menemukan yang cocok.

4. Buat Berbagai Format Iklan

Iklan poster adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian orang dan mempromosikan bisnis atau acara Anda.

Namun, membuatnya di perangkat seluler bisa menjadi sebuah tantangan. Berikut ini beberapa tips tentang cara membuat berbagai format iklan poster di perangkat seluler Anda.

Mulailah dengan Aplikasi yang Tepat

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk membuat iklan poster di perangkat seluler, tetapi tidak semuanya memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Carilah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran poster Anda, menambahkan teks dan gambar, dan mengekspor desain Anda dalam berbagai format. Beberapa aplikasi populer untuk desain poster termasuk Canva, Adobe Spark, dan Poster Maker.

Pilih Format Poster

Ada banyak format poster yang berbeda untuk dipilih, tergantung pada kebutuhan Anda. Format yang umum termasuk ukuran A4, A3, dan tabloid. Pastikan untuk memilih format yang tepat untuk desain Anda dan tujuan poster Anda.

Tambahkan Teks

Poster Anda harus memiliki pesan yang jelas dan ringkas yang dapat menarik perhatian orang. Pilihlah font yang mudah dibaca dan pastikan teks Anda cukup besar untuk dilihat dari kejauhan. Gunakan teks yang dicetak tebal atau miring untuk menekankan poin-poin penting.

Tambahkan Gambar

Gambar dapat membantu membuat poster Anda lebih menarik dan mudah diingat. Pilihlah gambar berkualitas tinggi yang relevan dengan pesan Anda.

Jika Anda tidak memiliki gambar sendiri, Anda dapat menemukan stok foto gratis secara online atau menggunakan perpustakaan gambar bawaan aplikasi.

Sesuaikan Desain 

Buat poster Anda menonjol dengan menyesuaikan desain. Tambahkan garis tepi, bentuk, dan pola untuk membuat poster Anda lebih menarik secara visual.

Bereksperimenlah dengan skema warna yang berbeda untuk menemukan yang paling sesuai dengan pesan Anda.

Ekspor Desain

Setelah Anda menyelesaikan desain, eksporlah dalam format yang Anda butuhkan. Sebagian besar aplikasi memungkinkan Anda mengekspor desain Anda sebagai file JPEG atau PDF, yang kemudian dapat dicetak atau dibagikan secara online.

Membuat iklan poster di perangkat seluler bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi dengan aplikasi yang tepat dan sedikit kreativitas, Anda bisa membuat desain yang menarik yang mempromosikan bisnis atau acara Anda.

aplikasi untuk membuat poster di HP

5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Poster di HP

Apakah Anda bosan membuat poster di Microsoft Word atau PowerPoint? Apakah Anda ingin membuat poster yang terlihat profesional tanpa menghabiskan banyak uang? Jika ya, maka Anda perlu mencoba aplikasi membuat poster di HP.

Poster adalah cara yang bagus untuk mempromosikan acara, produk, atau layanan. Namun, membuat poster bisa menjadi tugas yang membosankan dan memakan waktu, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat lunak desain. Untungnya, HP telah mengembangkan aplikasi yang membuat pembuatan poster menjadi mudah dan dapat diakses oleh semua orang.

Dalam artikel ini, kita akan mencermati lebih dekat aplikasi pembuatan poster dari HP dan bagaimana aplikasi ini bisa membantu Anda membuat poster yang memukau dalam waktu singkat.

Kami akan menjelajahi fitur-fiturnya, manfaatnya, dan cara menggunakannya untuk membuat poster yang akan menarik perhatian dan meninggalkan kesan abadi.

Jadi, apakah Anda seorang pelajar, perencana acara, atau pemilik usaha kecil, baca terus untuk mengetahui bagaimana aplikasi pembuatan poster HP dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

canva

1. Canva

Membuat poster atau grafis yang menarik secara visual untuk media sosial bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika Anda bukan seorang desainer grafis.

Namun, dengan aplikasi Canva, Anda dapat dengan mudah membuat poster yang terlihat profesional langsung dari perangkat seluler Anda.

Berikut ini beberapa fitur dan manfaat menggunakan aplikasi Canva untuk membuat poster di perangkat seluler:

Antarmuka yang Mudah Digunakan

Aplikasi Canva memiliki antarmuka yang mudah digunakan sehingga memudahkan siapa saja untuk membuat poster yang memukau.

Anda dapat memilih dari ratusan templat, grafik, dan font untuk membuat desain unik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Template yang Dapat Disesuaikan

Salah satu hal terbaik tentang Canva adalah ia menawarkan berbagai macam templat yang dapat disesuaikan.

Anda bisa memilih dari templat untuk berbagai platform media sosial, acara, kampanye pemasaran, atau proyek pribadi.

Anda juga bisa menyesuaikan skema warna, font, dan tata letak agar sesuai dengan merek atau gaya pribadi Anda.

Grafis dan Font Gratis dan Berbayar

Canva menawarkan perpustakaan grafis dan font gratis dan berbayar yang sangat banyak yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan poster.

Anda dapat mencari gambar tertentu atau menggunakan filter untuk menemukan grafik yang sempurna. Anda juga dapat mengunggah gambar dan menggunakannya dalam desain Anda.

Fitur Kolaborasi dan Berbagi

Canva memungkinkan Anda berkolaborasi dengan orang lain dalam desain poster Anda. Anda dapat mengundang anggota tim atau teman untuk mengedit desain Anda atau membagikannya kepada klien untuk mendapatkan umpan balik.

Anda juga dapat membagikan desain Anda di media sosial atau mengunduhnya sebagai gambar atau PDF berkualitas tinggi.

Kompatibilitas Seluler dan Desktop

Aplikasi Canva kompatibel dengan perangkat seluler dan desktop. Anda dapat mulai mendesain poster di perangkat seluler dan menyelesaikannya di desktop atau sebaliknya.

Desain Anda disimpan di cloud, sehingga Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang memiliki koneksi internet.

CleanShot 2023 12 05 at 20.35.14@2x

2. Poster Maker

Poster Maker adalah aplikasi populer lainnya untuk membuat poster di perangkat seluler. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam templat dan latar belakang yang dapat Anda gunakan untuk membuat poster.

Poster Maker memungkinkan Anda untuk menyesuaikan poster Anda dengan teks, gambar, dan stiker. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai gaya font dan warna untuk dipilih.

Anda dapat menyimpan poster Anda dalam resolusi tinggi dan membagikannya di platform media sosial. Poster Maker tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

Posteroid

3. Posteroid

Posteroid adalah aplikasi seluler yang tersedia di Android dan iOS yang memungkinkan Anda membuat poster hanya dengan beberapa ketukan di layar.

Aplikasi ini menawarkan berbagai templat, latar belakang, dan font yang dapat Anda gunakan untuk membuat poster yang terlihat profesional dalam hitungan menit.

Memulai dengan Posteroid sangatlah mudah. Cukup unduh aplikasinya dari App Store atau Google Play, dan buka. Dari sana, Anda bisa memilih templat atau memulai dari awal.

Aplikasi ini menawarkan berbagai templat untuk berbagai acara, termasuk ulang tahun, pernikahan, dan acara bisnis. Setelah Anda memilih templat, Anda bisa menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.

Salah satu hal terbaik dari Posteroid adalah berbagai opsi penyesuaian yang tersedia. Anda bisa mengubah warna latar belakang, menambahkan gambar, dan mengedit teks sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai jenis huruf untuk dipilih, sehingga Anda bisa menemukan yang sesuai dengan gaya poster Anda.

Posteroid juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkan untuk membagikan poster Anda dengan orang lain.

Anda dapat menyimpan poster Anda ke ponsel atau membagikannya langsung ke platform media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Anda juga dapat mencetak poster Anda langsung dari aplikasi, yang sangat bagus jika Anda ingin membuat salinan fisik untuk dibagikan.

Secara keseluruhan, Posteroid adalah aplikasi yang bagus untuk siapa saja yang perlu membuat poster dengan cepat dan mudah.

Baik Anda mempromosikan acara, mengiklankan produk, atau sekadar membuat poster yang menyenangkan untuk teman, aplikasi ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jadi, mengapa tidak mencobanya dan melihat betapa mudahnya membuat poster yang terlihat profesional di perangkat seluler Anda?

desygner

4. Desygner

Desygner adalah aplikasi seluler yang memungkinkan Anda membuat poster, grafik media sosial, selebaran, kartu nama, dan banyak lagi.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan berbagai macam templat desain untuk dipilih.

Aplikasi ini juga memiliki perpustakaan gambar, font, dan grafik gratis dan premium yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan desain Anda.

Salah satu manfaat terbesar menggunakan Desygner adalah kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang sederhana dan intuitif yang memudahkan siapa saja untuk membuat poster yang terlihat profesional. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam templat desain dan grafik, yang berarti Anda tidak perlu memulai dari awal.

Manfaat lain menggunakan Desygner adalah harganya yang terjangkau. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan digunakan, meskipun beberapa fitur premium mungkin memerlukan langganan.

picsart

5. PicsArt

Apakah Anda mencari cara yang mudah dan nyaman untuk membuat poster yang memukau pada perangkat seluler Anda? Tidak perlu mencari lagi selain aplikasi PicsArt. Alat pengeditan dan desain foto yang canggih ini menawarkan berbagai fitur yang membuatnya ideal untuk membuat poster menarik yang akan menarik perhatian audiens Anda.

Antarmuka yang Mudah Digunakan

Salah satu fitur yang menonjol dari aplikasi PicsArt adalah antarmukanya yang ramah pengguna. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan desain atau pengeditan foto, Anda akan dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat poster yang terlihat profesional dalam hitungan menit.

Aplikasi ini menawarkan berbagai templat dan elemen desain yang bisa Anda gunakan untuk memulai, atau Anda bisa membuat desain sendiri dari awal.

Alat Pengeditan yang Kuat

Aplikasi PicsArt juga menawarkan berbagai alat pengeditan canggih yang memudahkan Anda menyempurnakan foto dan menciptakan visual yang memukau. Anda dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan saturasi gambar Anda, menambahkan filter dan efek, dan bahkan menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto Anda.

Templat yang Dapat Disesuaikan

Jika Anda mencari cara cepat dan mudah untuk membuat poster, aplikasi PicsArt menawarkan berbagai templat yang dapat disesuaikan yang dapat Anda gunakan sebagai titik awal.

Template ini dirancang agar mudah digunakan, sehingga Anda dapat dengan mudah menambahkan teks dan gambar Anda sendiri untuk membuat poster yang terlihat profesional dalam hitungan menit.

Elemen Desain Kreatif

Selain templat, aplikasi PicsArt juga menawarkan berbagai elemen desain kreatif yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan sentuhan unik pada poster Anda.

Elemen-elemen ini termasuk stiker, kuas, dan font, yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain yang benar-benar menonjol.

Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat poster di HP?

Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan untuk membuat poster di HP antara lain Canva, Adobe Spark Post, Desygner, Poster Maker & Poster Designer, dan PicsArt.

Bisakah saya membuat poster di HP tanpa memiliki keahlian desain?

Ya, Anda bisa membuat poster di HP meskipun tanpa keahlian desain. Aplikasi pembuat poster biasanya memiliki template yang mudah digunakan sehingga memudahkan pengguna awam sekalipun.

Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pembuat poster di HP?

Banyak aplikasi pembuat poster yang menawarkan versi gratis dengan fitur dasar yang cukup lengkap. Untuk fitur tambahan atau template premium, Anda mungkin perlu berlangganan atau melakukan pembelian dalam aplikasi.

Bagaimana cara memilih template yang tepat untuk poster saya?

Pilih template berdasarkan tujuan dan tema poster Anda. Pertimbangkan layout, warna, dan elemen desain yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Apakah saya dapat mencetak poster yang dibuat di HP dengan kualitas tinggi?

Ya, asalkan resolusi dan dimensi gambar poster cukup tinggi. Pastikan untuk menyimpan atau mengekspor poster dalam format file yang mendukung resolusi tinggi seperti PNG atau PDF.

Apakah mungkin untuk menambahkan gambar sendiri ke dalam poster saat menggunakan HP?

Tentu saja. Hampir semua aplikasi pembuat poster memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar dari galeri HP Anda.

Bagaimana cara menyimpan atau membagikan poster yang telah saya buat di HP?

Setelah selesai mendesain, Anda dapat menyimpan poster ke galeri HP Anda atau membagikannya melalui media sosial, email, atau layanan penyimpanan cloud langsung dari aplikasi.

Apa tips terbaik untuk membuat poster yang menarik di HP?

Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca, padukan warna yang harmonis, pertahankan desain yang sederhana namun menarik, dan pastikan pesan utama Anda mudah dilihat dan dipahami oleh audiens.

Similar Posts