4 Cara Menemukan Social Media Agency Untuk Pertama Kali

Apakah Anda pemilik bisnis atau pemasar yang ingin memperluas kehadiran online Anda melalui media sosial? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menemukan  social media agency yang tepat untuk kebutuhan Anda. Dengan banyaknya agensi media sosial di luar sana, bisa jadi sangat sulit untuk memilih yang tepat.

Media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran bisnis apa pun. Media sosial memungkinkan Anda untuk terhubung dengan audiens target Anda, membangun kesadaran merek, dan pada akhirnya mendorong penjualan.

Namun, tidak semua bisnis memiliki waktu atau keahlian untuk mengelola akun media sosial mereka secara efektif, dan di sinilah agensi media sosial berperan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menyewa agensi media sosial untuk pertama kalinya, penting untuk melakukan riset dan menemukan yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas faktor-faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih social media agency dan memberikan tips tentang cara menemukan yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

apa itu social media agency

Apa Itu Social Media Agency

Dengan munculnya media sosial, bisnis menyadari pentingnya memiliki kehadiran online yang kuat. Di sinilah agensi media sosial berperan.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan social media agency, dan apa yang mereka lakukan? Dalam artikel ini, kita akan membahas seluk beluk agensi media sosial.

1. Apa yang dimaksud dengan Social Media Agency

Social media agency adalah perusahaan yang berspesialisasi dalam mengelola dan mempromosikan kehadiran media sosial sebuah merek.

Mereka bekerja dengan bisnis dari semua ukuran, dari startup kecil hingga perusahaan besar. Tujuan utama agensi media sosial adalah membantu bisnis meningkatkan visibilitas dan keterlibatan online mereka melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.

2. Layanan Apa Saja yang Ditawarkan Social Media Agency?

Agensi media sosial menawarkan berbagai layanan untuk membantu bisnis membangun dan mempertahankan kehadiran media sosial yang kuat. Beberapa layanan ini meliputi:

1. Strategi Media Sosial – Ini melibatkan pengembangan rencana untuk mencapai tujuan media sosial merek. Agensi akan meneliti target audiens, menganalisis kompetisi, dan membuat kalender konten.

2. Pembuatan Konten – Ini melibatkan pembuatan dan kurasi konten untuk platform media sosial. Agensi akan membuat postingan, grafik, video, dan konten lain yang selaras dengan pesan dan tujuan merek.

3. Manajemen Komunitas – Ini melibatkan keterlibatan dengan pengikut merek di media sosial. Agensi akan menanggapi komentar, pesan, dan ulasan untuk membangun reputasi online yang positif.

4. Iklan Berbayar – Ini melibatkan menjalankan iklan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konversi. Agensi akan membuat dan mengelola kampanye iklan yang menargetkan audiens yang tepat dan memberikan hasil yang terukur.

3. Mengapa Mempekerjakan Social Media Agency?

Menyewa agensi media sosial dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Keahlian – Agensi media sosial memiliki tim ahli yang berspesialisasi dalam berbagai aspek pemasaran media sosial. Mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk membuat kampanye yang efektif yang mendorong hasil.

2. Penghematan Waktu – Mengelola media sosial dapat memakan waktu, terutama untuk bisnis yang baru memulai. Menyewa agensi media sosial akan membebaskan waktu bagi bisnis untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya.

3. Hemat Biaya – Menyewa agensi media sosial bisa lebih hemat biaya daripada mempekerjakan tim internal. Bisnis tidak perlu khawatir tentang gaji, tunjangan, atau biaya pelatihan.

kelebihan menggunakan social media agency

Kelebihan Menggunakan Social Media Agency

Apakah Anda kesulitan mengelola kehadiran media sosial Anda secara efektif? Apakah Anda merasa tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan meskipun sudah melakukan upaya terbaik? Mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan menyewa social media agency.

Media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran bisnis apa pun. Media sosial adalah alat yang ampuh untuk menjangkau pelanggan, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

Namun, mengelola akun media sosial dapat memakan waktu dan membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus.

Menyewa social media agency dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda, mulai dari menghemat waktu dan sumber daya hingga meningkatkan kehadiran online Anda dan meningkatkan keterlibatan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat menggunakan social media agency dan bagaimana hal itu dapat membantu membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Baik Anda pemilik bisnis kecil maupun perusahaan besar, agensi media sosial dapat menjadi aset berharga bagi tim pemasaran Anda.

1. Menghemat Waktu

Keuntungan pertama yang didapatkan dari menggunakan social media agency adalah penghematan waktu yang efisien.

Hal ini dikarenakan membuka dan optimasi berbagai akun social media brand membutuhkan waktu lama dan tidak bisa dilakukan dalam sehari semalam, sehingga menunggu akun anda untuk melakukan promosi produk tentunya akan lebih lama.

Berbeda jika anda melakukan kerjasama dengan social media agency, dimana anda bisa menghemat lebih banyak waktu untuk mengurus produk dan brand anda sebelum diluncurkan ke hadapan publik.

Di samping itu, mengurus akun social media brand tentunya akan memakan banyak waktu mengingat anda harus memikirkan ide konten yang menarik perhatian, pembuatan social media branding yang sesuai, serta melakukan interaksi dengan pengikut anda.

Di sisi lain, anda tentunya akan kewalahan dalam mengurus produksi dan pengiriman barang sembari melakukan kerjasama dengan usaha lain.

Padahal anda diharuskan aktif mengurus berbagai akun social media brand untuk menjawab berbagai pertanyaan konsumen serta menjangkau target audience yang lebih luas dengan postingan yang menarik perhatian.

Sehingga apabila anda masih mengurus akun social media brand anda sendiri, maka social media agency akan membantu merancang strategi konten dan membuat postingan yang tepat, sehingga anda bisa mengurus sisanya yang bisa dilakukan secara mandiri.

2. Optimasi Social Media yang Lebih Efektif

Bagi sebuah brand yang baru saja membuat akun social media sendiri, mungkin akan mengalami beberapa kebingungan dalam melakukan optimasi akun social media yang dimiliki.

Misalnya saja adalah pemilihan bio profil yang tepat, target konsumen yang dituju, jenis konten yang sesuai minat audience, serta cara melakukan interaksi dengan pembeli.

Optimasi akun social media ini tentunya cukup menyulitkan bagi seseorang yang baru pertama kali mengurus akun brand sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga bisa saja melakukan kesalahan yang membuat promosi tidak berjalan lancar.

Sehingga anda akan membutuhkan bantuan dari para profesional yang berkumpul di social media agency, dimana mereka akan memberikan saran konten berdasarkan target audience yang dimiliki serta membangun target audience yang dituju.

Beberapa social media agency bahkan menawarkan jasa pembuatan konten untuk kebutuhan khusus serta foto produk untuk akun social media, sehingga akan memudahkan dalam membuat postingan yang estetik dan memukau target audience.

Melakukan kerjasama dengan social media agency juga akan memungkinkan anda melakukan konsultasi dengan ahli di bidangnya, sehingga anda akan mengetahui strategi yang tepat untuk akun social media brand yang anda miliki.

3. Analisa Kinerja Social Media

Setelah mengunggah berbagai konten dan melakukan interaksi dengan audience melalui siaran langsung atau komentar, anda mungkin penasaran mengenai kinerja akun social media yang dimiliki.

Anda mungkin bisa mengakses hasil kinerja konten melalui fitur insight, namun setelah melihat berbagai istilah baru di social media, anda mungkin malah semakin kebingungan melihat hasil yang didapatkan sehingga mengira-ngiran hasil tersebut.

Padahal setiap campaign promosi tentunya membutuhkan hasil pengukuran yang berbeda-beda, sehingga tidak berpatokan pada jumlah interaksi saja.

Sehingga saat anda melakukan konsultasi dengan social media agency, anda akan diberikan hasil analisa social media berdasarkan campaign yang telah dilakukan sebelumnya serta prediksi pada campaign berikutnya.

Hasil insight social media agency beserta penjelasan dari ahlinya tentunya akan membuat anda mendapatkan pencerahan baru mengenai kinerja akun social media anda, ditambah lagi anda akan merangkum berbagai saran yang membangun dari ahli di bidangnya yang tentunya membantu meningkatkan potensi akun anda.

4. Budget Promosi yang Lebih Efektif

Sebelum melakukan promosi brand dan produk baik secara langsung atau online, tentunya anda akan menyiapkan budget promosi agar pemasaran yang dilakukan semakin efektif.

Saat merancang strategi pemasaran secara langsung, anda mungkin telah mengetahui rencana yang diinginkan karena telah memiliki pengalaman sebelumnya.

Akan tetapi saat mencoba merancang strategi pemasaran online, mungkin akan timbul kebingungan dalam membuat strategi yang tepat, mengingat dunia ini adalah hal yang baru anda masuki dan terdapat berbagai istilah yang belum anda ketahui sebelumnya.

Sehingga dibutuhkan ahli di bidang pemasaran social media yang akan membantu anda merancang strategi pemasaran yang sesuai sehingga dapat menjangkau target audience yang diinginkan serta budget promosi yang lebih efektif.

kekurangan menggunakan social media agency

Kekurangan Menggunakan Social Media Agency

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau audiens target dan mempromosikan merek mereka.

Namun, dengan banyaknya platform dan strategi media sosial yang harus dipertimbangkan, bisa jadi perusahaan akan kewalahan untuk mengelola kehadiran media sosial mereka sendiri. Di sinilah social media agency masuk. Tapi apakah mereka benar-benar layak untuk investasi?

Social media agency telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menjanjikan untuk membantu bisnis meningkatkan kehadiran dan keterlibatan online mereka.

Namun, seperti layanan lainnya, agensi media sosial juga memiliki kekurangan. Penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra sebelum memutuskan apakah akan menyewa agensi atau mengelola media sosial Anda sendiri.

Meskipun social media agency tentu saja dapat menawarkan manfaat, seperti pengetahuan ahli dan penghematan waktu, ada juga potensi kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas kerugian menggunakan agensi media sosial dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

1. Social Media Agency Tidak Bisa Melakukan Layanan Konsumen

Meskipun social media agency membantu untuk mengurus akun social media brand mulai dari merancang ide konten yang sesuai, menentukan strategi pemasaran yang relevan, serta mengurus budget promosi, namun layanan ini juga memiliki satu kelemahan yang tidak bisa dilakukan.

Salah satunya adalah membantu melakukan interaksi dengan menjawab berbagai pertanyaan yang masuk di kolom komentar serta pesan langsung.

Hal ini dikarenakan social media agency tidak memiliki kewenangan langsung dalam menjawab berbagai pertanyaan dan interaksi yang masuk, sehingga anda harus mengurusnya sendiri.

Meskipun begitu, anda juga bisa membantu social media agency untuk mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan layanan konsumen.

Misalnya saja anda meminta saran kepada mereka mengenai chatbot yang bisa digunakan di direct message akun social media brand, sehingga konsumen mendapatkan ucapan selamat datang serta bisa memilih jawaban yang sesuai dengan masalah yang dihadapi, sehingga bisa lebih menghemat waktu dalam menjawab berbagai pertanyaan yang masuk.

Beberapa social media agency juga kini menyediakan jasa streamer untuk melakukan siaran langsung untuk brand tertentu, sehingga anda bisa meminta mereka untuk melakukan live streaming pada campaign promosi di akun social media brand atau e-commerce sehingga memikat perhatian konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan sembari anda mengurus pesanan produk yang masuk.

2. Social Media Agency Memiliki Keahlian Khusus

Meskipun social media agency mempunyai tugas untuk memberi saran pada akun social media, namun tidak semuanya memiliki keahlian yang sama.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki fokus di bidang tertentu, misalnya pada jasa pembuatan iklan social media, foto produk, jasa siaran langsung, atau memberikan pendapat mengenai strategi pemasaran di social media.

Perbedaan fokus ini tentunya akan menentukan harga jasa yang dibayarkan serta jasa yang dilakukan dalam mengurus akun social media brand.

Sehingga sebelum anda melakukan kerjasama dengan social media agency, maka anda perlu mengetahui keahlian mereka, sehingga anda dapat menyamakan dengan tujuan yang diinginkan serta menekan biaya kerjasama.

cara menemukan social media agency terbaik bagi pemula

Cara Menemukan Social Media Agency Terbaik Bagi Pemula

Apakah Anda baru mengenal pemasaran media sosial dan bertanya-tanya bagaimana cara memilih agensi yang tepat untuk membantu mengembangkan merek Anda? Dengan banyaknya pilihan di luar sana, mungkin Anda akan kewalahan untuk menentukan mana yang harus dipercaya untuk menangani kehadiran online Anda.

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, tak terkecuali bisnis. Media sosial adalah alat yang ampuh untuk menjangkau pelanggan potensial dan membangun basis penggemar setia. Namun, menjelajahi dunia media sosial bisa jadi rumit, terutama jika Anda seorang pemula.

Memilih social media agency yang tepat sangat penting untuk kesuksesan Anda. Mereka dapat membantu Anda membuat strategi media sosial yang solid, mengkurasi konten yang menarik, dan melacak kemajuan Anda. Tapi bagaimana Anda tahu agensi mana yang paling cocok untuk Anda? Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih agensi media sosial untuk pemula.

1. Ketahui Bidang yang Dikuasai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, social media agency biasanya memiliki fokus di bidang tertentu dan tidak menangatasi semua masalah yang dihadapi oleh sebuah brand.

Sehingga sebelum melakukan kerjasama dengan social media agency, maka ada baiknya untuk mengetahui bidang yang mereka kuasai dahulu.

Tidak hanya itu, beberapa social media agency bisa saja hanya memiliki fokus pada akun social media tertentu atau mencakup semua kebutuhan promosi social media, mulai dari memberikan strategi promosi yang tepat, ide konten yang sesuai, serta foto produk untuk barang terbaru.

Guna mendapatkan informasi tersebut, anda bisa mengetahuinya dengan bertanya ke social media agency terlebih dahulu dan menanyakan bidang yang mereka kuasai, biasanya mereka juga menginformasikan bidang yang dikuasai sebelum melakukan kerjasama dengan sebuah brand.

Tidak hanya itu, mereka juga biasanya mencantumkan informasi tersebut di kolom bio profil atau konten yang diunggah, sehingga anda bisa mengira-ngira mengenai kemampuan yang dimiliki.

2. Ketahui Riwayat Pengalaman

Sebelum memilih social media agency terbaik maka ada baiknya untuk mengetahui riwayat pengalaman mereka dengan klien lain sebelumnya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dari social media agency tersebut dan memastikan bahwa akun social media anda akan ditangani oleh orang yang tepat.

Anda bisa melakukan analisa riwayat pengalaman dengan melihat berbagai proyek yang telah dilakukan serta diunggah di social media, kemudian anda bisa melihat akun social media brand tersebut untuk memastikan hasilnya.

Jika anda memiliki relasi yang pernah melakukan kerjasama dengan social media agency tertentu, maka tidak ada salahnya untuk meminta ulasan dari mereka untuk memastikan hasil kinerjanya.

Biasanya saat melakukan kerjasama dengan social media agency tertentu mereka akan memberikan hasil portofolio dari klien sebelumnya, sehingga bisa anda gunakan sebagai acuan hasil yang akan didapatkan pada proyek selanjutnya.

Pada social media agency yang lebih besar, biasanya mereka memiliki website sendiri yang menunjukkan berbagai klien dari banyak perusahaan terkemuka yang telah mengajak kerjasama.

Dari website tersebut, maka anda bisa melihat apakah mereka pernah mengerjakan proyek untuk perusahaan di industri yang sama serta penghargaan dan campaign yang pernah dilakukan sebelumnya.

Apabila social media agency tersebut pernah membuat campaign viral yang berhasil memperoleh penghargaan, maka bisa menjadi acuan untuk melakukan kerjasama dengan mereka.

3. Testimoni Konsumen

Saat menganalisa social media agency yang akan dipilih, melihat campaign dan penghargaan yang didapatkan tentu tidak cukup, anda juga perlu melihat mengenai ulasan dari klien yang pernah melakukan kerjasama sebelumnya, sehingga anda mendapatkan gambaran bagaimana agensi bekerja membuat strategi konten yang dibutuhkan.

Mungkin saja strategi konten yang didapatkan mendapatkan hasil yang maksimal, namun apakah mereka berhasil mengerjakannya dengan baik? atau pernah mendapatkan hambatan komunikasi dengan klien?

Karenanya penting untuk membaca berbagai ulasan yang disampaikan oleh klien terdahulu dikolom testimoni untuk memastikan bahwa social mdia agency tersebut melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan penelusuran di social media menggunakan nama agensi tersebut, untuk melihat apakah ada komplain dari klien yang belum diselesaikan dengan baik dan masih mengganjal, sehingga menjadi pertimbangan untuk membawa social media agency tersebut.

4. Pertimbangkan Social Media Tools yang Digunakan

Dalam proses pembuatan konten social media dan analisa strategi konten, tentunya agensi menggunakan social media tools tertentu untuk mendapatkan hasil konten yang terbaik serta analisa yang menyeluruh.

Penggunaan social media tools terbaik ini juga bisa menjadi pertimbangan dalam memilih social media agency terbaik karena akan menghasilkan konten yang sesuai keinginan meskipun anda harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Guna mengetahui social media tools yang digunakan maka anda bisa melihat dari berbagai ulasan konsumen yang diunggah di social media atau peralatan yang biasanya digunakan dalam melakukan pembuatan konten dan analisa kinerjanya.

Selain itu, anda juga bisa bertanya ke agensi tersebut mengenai peralatan yang digunakan selama proses pembuatan konten untuk memastikan mendapatkan harga yang terbaik sesuai dengan budget promosi yang dikeluarkan.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like