8 Cara Menggunakan SEO Tokopedia Agar Toko Online Laris

Tahukah Anda bahwa Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang paling sering dikunjungi di Indonesia, loh! ga percaya?

Nih buktinya! Sesuai dengan data, bahwa Tokopedia ini masuk ke urutan pertama dan rata-rata pengunjung bulanan pada laman Tokopedia mencapai 157,2 juta pada kuartal I 2022.

Pada Angka tersebut naik 5,1% dari kuartal IV 2021 yang tercatat 149,6 juta kunjungan.

Salah satu cara yang paling efektif untuk menjangkau pelanggan potensial adalah dengan mengembangkan strategi promosi online. Sangat penting untuk memahami konsep algoritma tokopedia, serta mengikuti tren internet lainnya di Indonesia.

Untuk strategi promosi ini, SEO adalah kuncinya. Anda mungkin tidak menyadari bahwa strategi SEO tidak hanya dapat digunakan di website dan artikel online, tetapi juga semua e-commerce.

Salah satunya adalah Tokopedia tujuannya agar Anda dapat memaksimalkan penjualan Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa Tokopedia adalah toko online yang besar.

Terdapat ratusan bahkan ribuan pebisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka. Tingkat persaingan yang tinggi di Tokopedia menjadikannya platform yang menantang namun bermanfaat.

Menggunakan taktik SEO untuk toko Anda pasti dapat memberikan efek yang cukup besar, memungkinkan toko Anda menjadi lebih terlihat, menjangkau pembeli potensial dari berbagai demografi, dan membantu meningkatkan penjualan Anda.

Lalu, apa sebenarnya konsep dari SEO itu sendiri ? Dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memanfaatkan SEO Tokopedia secara efektif dan akurat ? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu SEO Tokopedia ?

SEO adalah teknik strategis untuk mengoptimalkan halaman web agar muncul lebih tinggi di peringkat mesin pencari, seperti rekomendasi teratas Google.

Algoritma Google sendiri akan terus mengevaluasi ribuan jenis konten di Internet untuk memberikan hasil yang paling relevan dan akurat kepada pengguna untuk permintaan pencarian mereka.

Mesin pencarian ini menggunakan tahapan crawling dan indexing selama prosedur berlangsung.

Menurut sumber lumar, bahwa crawling adalah proses yang digunakan oleh crawlers web mesin pencari (bot atau spider) untuk mengunjungi dan mengunduh halaman dan mengekstrak tautannya, dan mengumpulkan data dari setiap halaman web.

Sedangkan Indexing adalah proses di mana crawling Google menyimpan dan mengkategorikan informasi, serta konten yang mereka temukan di situs web, hingga siap untuk ditampilkan di SERP.

Melaui tahapan tersebut, Google akan membuat daftar hasil pencarian yang relevan untuk pengguna berdasarkan kueri kata kunci mereka, dari yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

Nah, sama hal nya dengan SEO Tokopedia, SEO Tokopedia sendiri merupakan proses pengoptimalan toko di Tokopedia untuk visibilitas mesin pencari yang lebih tinggi.

Selain itu, SEO Tokopedia sendiri berfokus pada pengoptimalan semua aspek toko yang penting bagi mesin pencari seperti struktur situs web, meta tag dan deskripsi, kualitas dan relevansi konten, tautan internal, dan kecepatan pemuatan.

Nah, masing-masing area ini merupakan langkah penting dalam membantu mendapatkan peringkat yang lebih baik dan meningkatkan visibilitas saat pengguna menggunakan mesin pencari seperti Google.

Jika dilakukan dengan benar, maka SEO Tokopedia dapat membantu Anda mengarahkan traffik organik ke toko e-commerce.

Bahwasannya pengguna yang menemukannya dengan mudah akan lebih cenderung mengklik dan tinggal lebih lama di halaman toko Anda.

Nah, trafik organik ini terdiri dari orang-orang yang mencari apa yang Anda tawarkan, dengan begitu akan ada banyak pelanggan potensial yang datang ketika SEO berhasil.

Adanya pendekatan ini, Anda akan dapat menautkan ke berbagai sumber dan pada akhirnya meningkatkan otoritas domain Anda di ceruk pasarnya.

Selain itu, tautan yang relevan menunjukkan kepercayaan di antara pelanggan. Sehingga mereka akan mendapatkan informasi yang dapat diandalkan dalam halaman hasil penelusuran mereka.

Saat mengoptimalkan SEO Tokopedia, penting untuk membuat konten yang menarik dan relevan dengan kata kunci yang sesuai.

Selain itu, Anda harus menyertakan visual seperti gambar, foto, dan informasi tambahan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan mengoptimalkan SEO Tokopedia ini, seller dapat menerima visibilitas yang lebih besar di mesin pencari, dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dari aktivitas pemasaran sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis dalam jangka panjang.

Apa Itu SEO Tokopedia

Bagaimana Strategi Penerapan SEO Tokopedia ?

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi penting yang digunakan oleh penjual online untuk membantu meningkatkan visibilitas, seperti SEO Tokopedia untuk seller Tokopedia.

Strategi SEO Tokopedia ini dapat membantu toko online Anda agar bisa berada di urutan teratas hasil pencarian, sehingga meningkatkan traffik dan mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Jika Anda ingin mengoptimalkan toko di Tokopedia, maka salah satu produk Anda harus bisa muncul di pencarian atau di halaman depan marketplace. Oleh karena itu perlu pemahaman strategi dan taktik bagaimana menggunakan SEO Tokopedia search.

Nah, berikut ini strategi penerapan SEO Tokopedia untuk membantu meningkatkan penjualan Anda:

1. Masukan Nama Toko dan Deskripsi Secara Akurat dan Lengkap

Saat membuat deskripsi toko, ada baiknya penjual menyertakan lokasi geografis dalam nama toko mereka. Misalnya, pembeli yang ingin mencari sepatu dengan harga terjangkau dapat mengetik “Beli Sepatu Murah Jakarta” di mesin pencari.

Selain itu juga, sertakan informasi yang berguna dalam deskripsi toko, seperti waktu operasional, promosi dan voucher untuk pengunjung.

Dengan begitu akan mendapatkan lebih banyak pengikut yang berpotensi berkontribusi pada peningkatan penjualan toko Anda.

2. Membuat Keyword yang Relevan

Saat membuat daftar produk, penting untuk melakukan riset kata kunci yang paling akurat dan releven. Hal ini akan membantu membuat produk Anda lebih terlihat oleh calon pelanggan.

Nah, salah satu cara yang efektif untuk membuat toko online Anda bisa berada di halaman pertama Google adalah dengan memanfaatkan fitur eksklusif untuk membantu meningkatkan penjualan secara gratis seperti:

Wawasan Produk

Penjual di Tokopedia dapat mengakses wawasan pasar dengan membuka halaman Tokopedia seller dengan meng-klik “Statistik”, lalu pilih “Wawasan Produk”, yang memungkinkan mereka untuk memilih kategori yang paling sesuai untuk produk.

Wawasan produk memantau kinerja produk berdasarkan penjualan, kunjungan, dan analisis untuk membantu memaksimalkan penjualan produk Anda.

Saat memilih kata kunci, seller dapat menggunakan layanan Google seperti Google Trends yang menyediakan data dan grafik tentang popularitas frasa tertentu di Google Penelusuran dalam jangka waktu tertentu.

Hasil pencarian dapat disesuaikan dengan berita atau topik yang diminati berdasarkan lokasi, area, atau bahasa.

google trends

Keyword Tool

Seller dapat memanfaatkan keyword tool untuk mengidentifikasi kata kunci yang ideal.

Memanfaatkan keywordtool.io adalah cara yang bagus untuk melakukan riset kata kunci nama produk. Tool ini dapat digunakan di berbagai platform seperti Google, YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan bahkan Tokopedia.

Keywordtoo.io sangat ideal untuk seller yang membutuhkan kata kunci panjang untuk tujuan SEO, karena Keywordtoo.io menawarkan beberapa pilihan bahasa dan lokasi yang memungkinkan mereka untuk mengakses lebih dari 750 long tail keyword.

Keyword Checker

Anda juga bisa menggunakan Ubersuggest, tool SEO gratis yang mudah digunakan untuk membantu dalam menemukan kata kunci relevan dan membantu pengoptimalan konten.

3. Mengembangkan Halaman Toko Dengan Nama dan Deskripsi Produk

Setelah Anda mengidentifikasi kata kunci mana yang akan digunakan untuk penamaan produk, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa setiap produk Anda memiliki nama yang komprehensif.

Hal ini meningkatkan peluang Anda untuk menarik pelanggan potensial yang sedang mencari spesifikasi produk.

Kemudian, hal yang perlu Anda ketahui bahwa cara menamai produk dengan benar yaitu pertama masukan kategori produk Anda, brand, dan spesifikasi seperti model atau pola, warna, ukuran dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini contoh nama produk yang benar : “Dress Wanita Syafira Merah Ukuran Jumbo”.

Penting bagi Anda agar berhati-hati saat memilih nama produk untuk bisnis Anda. Kemudian hindari juga kata-kata atau simbol yang rumit karena dapat menyulitkan pelanggan untuk menemukan toko Anda.

Selanjutnya, deskripsi produk Anda harus terperinci dan berisi setidaknya 200 karakter, termasuk kata kunci yang relevan dengan produk yang Anda jual.

Pastikan kata kunci yang Anda gunakan sesuai dengan apa yang dicari oleh target audiens target, dan hindari kata kunci yang sama dengan bisnis lain.

Ingatlah, Anda harus membuat halaman produk yang terperinci dan informatif, hal ini akan membantu menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan toko Anda.

Semakin tinggi jumlah transaksi yang dimiliki toko Anda, dan semakin baik kinerjanya. Maka semakin tinggi pula peluang Anda untuk tampil di beranda Tokopedia.

Dengan mengoptimalkan toko Anda, toko Anda akan muncul di halaman pertama Tokopedia, tentu saja hal ini dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda membuat konten yang berkualitas seperti gambar, teks, dan video semenarik mungkin.

Mengembangkan Halaman Toko

4. Menyertakan Tautan Toko di Berbagai Platform Media Sosial

Membuat backlink ke situs web dan akun media sosial Anda dapat membantu meningkatkan lalu lintas, penjualan, dan kepercayaan calon pelanggan. Prosesnya cukup mudah

  1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk membuat blog dengan konten yang dapat diakses oleh semua pengguna internet dan menghubungkan backlink di postingan Anda ke halaman produk di toko Anda. Hal ini akan meningkatkan publisitas dan peringkat toko Anda di Tokopedia, serta membantunya naik di hasil pencarian Google.
  2. Menautkan toko di Tokopedia Anda ke situs web dan media sosial lain adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan SEO Tokopedia Anda. Nah, Anda bisa meningkatkan penjualan dengan cara menambahkan tombol “Beli Sekarang” di halaman Facebook Anda dan menambahkan tautan ke toko Tokopedia di bio Instagram Anda.

5. Promosi Menggunakan Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur Tokopedia yang dapat memberikan kesempatan kepada seller untuk mengiklankan produk mereka dan memprioritaskan produk mereka di hasil pencarian.

Dengan memanfaatkan TopAds, produk di marketplace Anda bisa mendapatkan peluang hingga 75% untuk tampil di halaman teratas tergantung pada relevansi kata kunci Tokopedia dan nama atau deskripsi produk Anda.

Pada fitur TopAds sendiri menggunakan sistem CPC pada saat pembayaran. Nah, ketika calon pembeli mengklik produk Anda, maka Anda harus melakukan pembayaran.

Namun sebelumnya, Anda harus sudah mengisi TopAds terlebih dahulu dengan jumlah kredit yang tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 5.000.000.

Biaya yang dikeluarkan mulai dari Rp250, Rp300, dan Rp350 tergantung kategori.

Untuk mulai beriklan, Anda harus terlebih dahulu menambahkan dana ke akun TopAds Anda.

Dengan saldo tersebut, Anda dapat memutuskan produk mana yang akan diiklankan dan berapa banyak anggaran serta waktu yang akan Anda gunakan untuk tujuan tersebut.

Promosi Menggunakan Fitur TopAds

6. Menerapkan Harga Termurah

Harga adalah faktor paling penting yang akan menentukan apakah barang Anda bisa terjual dengan cepat atau tidak. Semakin ekonomis harga produk, semakin besar kemungkinan produk tersebut akan dibeli.

Anda bisa menjalankan harga yang paling murah di setiap produk Anda. Namun, ingat, jangan mengorbankan keuntungan.

Saat membangun toko Anda, cobalah untuk mempertahankan margin keuntungan yang rendah. Misalnya, jika tas pesaing dijual dengan harga Rp.350.000, Anda bisa menetapkan harga sedikit di bawahnya, yaitu Rp.345.000.

Memperbarui Stok Produk atau Update

Seller tidak boleh mengabaikan produk yang kosong di katalog toko, karena hal ini dapat menyebabkan pembeli menginginkan produk yang tidak tersedia.

Untuk mencegah hal ini terjadi, penting untuk memastikan bahwa semua produk di toko Anda selalu diperbarui.

Menggunakan filter produk terbaru sangat penting bagi pelanggan yang ingin membeli barang, seperti makanan atau barang elektronik, karena barang-barang ini memiliki masa kadaluarsa dan barang yang tidak layak pakai dengan cepat.

Oleh karena itu, penting untuk mengaudit produk yang tersedia di toko Anda secara teratur untuk memastikan bahwa daftar produk Anda selalu diperbarui.

Memperbarui Stok Produk atau Update

7. Mengoptimasi Foto Produk

Mengoptimalkan produk menggunakan foto merupakan cara penting untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia. Sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari 75% pembeli online sangat dipengaruhi oleh gambar produk saat melakukan pembelian dari toko e-commerce.

Kemudian, pada foto produk bisa menggunakan latar belakang putih. Tentunya hasil foto harus jelas dan tidak boleh buram.

Selain itu, Anda dapat melengkapi foto produk Anda dengan keterangan dan copywriting untuk membantu pelanggan mendapatkan lebih banyak informasi sebelum melakukan pembelian.

Anda bahkan dapat membuat video ‘unboxing‘ untuk menarik lebih banyak pembeli.

Secara sederhana, backlink merupakan tautan yang mengarah ke toko/produk Anda dari situs web lain.

Selain itu, backlink sangat penting bagi mesin pencari dalam menentukan hasil peringkat. Semakin banyak tautan yang terhubung ke situs web atau produk Anda, semakin besar peluang Anda untuk tampil lebih tinggi di peringkat mesin pencari.

Lalu, backlink media sosial sendiri adalah tautan situs web eksternal yang berasal dari postingan dan komentar media sosial.

Tautan ini menjadi sumber penting untuk mengarahkan pengunjung situs web ke toko Tokopedia Anda dan meningkatkan peringkatnya di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Tautan ini akan membantu meningkatkan penjualan dan kepercayaan di antara pelanggan Anda, serta Anda juga bisa membangun hubungan dengan influencer.

Penggunaan strategi backlink ini dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan bisnis e-commerce Anda dengan menarik pengguna yang tertarik langsung dari platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Menciptakan backlink yang bermakna di media sosial membutuhkan perencanaan cerdas.

Perencanaan tersebut bisa melibatkan pengoptimalan konten untuk saluran digital, mempelajari data minat pelanggan, menetapkan tujuan, meneliti aktivitas pesaing, memantau kinerja, dan berinteraksi dengan pelanggan potensial.

Backlink media sosial yang berkualitas tinggi memiliki kemampuan untuk mengarahkan lebih banyak traffik ke halaman toko di platform Tokopedia, serta dapat meningkatkan peringkat SEO Tokopedia Anda.

Konten yang dibagikan harus memiliki visual yang menarik atau judul yang menarik agar terlihat lebih menarik di hasil mesin pencari.

Memasukkan kata kunci ke dalam judul posting adalah bagian strategi hebat lainnya karena memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk bisa menangkap frasa yang relevan dan dapat mengarahkan pencari langsung ke halaman arahan Anda.

Anda juga bisa memasuki tagar agar meningkatkan visibilitas produk atau layanan brand Anda dalam pencarian topik.

Terakhir, jangan lupakan pemasaran influencer karena jenis pembangunan hubungan ini dapat menciptakan gebrakan besar di sekitar toko online Anda tanpa melanggar aturan pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Menjalin hubungan dengan blogger dan influencer lain yang telah mempromosikan produk serupa di industri Anda dapat menguntungkan, karena jaringan mereka yang ada dapat dimanfaatkan tanpa biaya.

Memakai Backlink Media Sosial

Tips Optimasi SEO Tokopedia

Untuk memaksimalkan visibilitas toko Anda di mesin pencari dan mendorong pertumbuhan pengguna organik, penting untuk mengoptimalkan toko Anda di platform Tokopedia. Berikut adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda memaksimalkan fitur SEO Tokopedia:

  1. Manfaatkan riset kata kunci secara menyeluruh: Anda harus Teliti dan bisa menggunakan kata kunci yang relevan mulai dari judul, deskripsi, tag, dan konten lainnya. Hal ini akan membantu memastikan bahwa orang dapat menemukan produk Anda dengan lebih mudah ketika mereka melakukan pencarian.
  2. Pastikan akurasi informasi produk: Pastikan semua deskripsi dan detail produk Anda akurat, terbaru, dan lengkap. Ini termasuk harga, tanggal ketersediaan atau tanggal pembuatan, ukuran, dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan pelanggan untuk membuat keputusan yang tepat tentang pembelian mereka.
  3. Manfaatkan halaman koleksi: Mulailah mengelompokkan barang-barang serupa ke dalam koleksi karena ini akan memudahkan calon pelanggan untuk menjelajahi situs Anda tanpa tersesat di lautan produk. Hal ini juga meningkatkan keseluruhan struktur situs web Anda sehingga mesin pencari dapat lebih memahami jenis produk apa yang dapat ditemukan pengunjung di setiap halaman.
  4. Pastikan halaman beranda harus dioptimalkan: Halaman beranda Anda harus dioptimalkan untuk mesin pencari dan menyertakan informasi bermanfaat tentang produk atau layanan Anda ditambah tautan yang mudah dinavigasi ke halaman checkout atau halaman informasi yang lebih rinci seperti FAQ, dan bagian “Tentang Kami”.
  5. Mengirimkan peta situs: Jika Anda mengirimkan peta situs, maka akan membantu Google (dan mesin pencari lainnya) untuk meng-crawling situs web Anda dengan cepat dan efisien sehingga semua halaman penting Anda dapat dilihat untuk diindeks oleh algoritme mesin pencari.
  6. Tingkatkan kecepatan pemuatan: Agar pengunjung tetap berada di situs web Anda, optimalkan gambar dan gunakan teknik caching untuk memastikan kecepatan pemuatan yang cepat selama periode lalu lintas padat di situs web Anda
  7. Aktifkan rich snippets: Rich snippets akan meningkatkan struktur dan kegunaan halaman web, sehingga membantu halaman tersebut tampil lebih tinggi di peringkat mesin pencari. Rich snippet memberikan informasi dalam format yang terorganisir yang memudahkan mesin pencari untuk memproses data dari halaman (misalnya ulasan, info kontak, dll.).
  8. Optimalkan tag & keterangan gambar: Mesin pencari mungkin tidak dapat menafsirkan gambar karena hanya berupa potongan kode, tetapi dapat mengenali jika ada gambar di dalam konten Anda karena hal ini dapat memberi sinyal kepada mereka bahwa halaman Anda memiliki konten yang segar dan menarik yang terjadi di situs Anda dan menghasilkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi dari SERP.
Tips Optimasi SEO Tokopedia

Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Pesanan Pertama di Tokopedia

Mendapatkan pesanan pertama Anda di Tokopedia bisa menjadi sebuah tantangan. Untuk memulainya, Anda perlu membuat profil yang menarik yang memikat calon pelanggan untuk menghubungi dan membuat mereka ingin membeli dari Anda.

Bagian penting dari hal ini adalah menyiapkan strategi penetapan harga yang efektif untuk produk Anda yang mencakup faktor-faktor seperti diskon, kode promosi, memastikan harga yang kompetitif, dan memastikan layanan pelanggan yang baik.

Penting juga untuk memastikan gambar dan deskripsi produk yang sangat baik yang menyoroti fitur-fitur item secara akurat tetapi cukup persuasif sehingga pelanggan terdorong untuk melakukan pembelian.

Cara lain untuk mendapatkan pesanan adalah dengan muncul dalam pencarian menggunakan teknik SEO.

Teknik SEO ini seperti menggunakan kata kunci yang relevan dalam judul, memposting deskripsi produk yang akurat dengan salinan yang menarik, dan mengoptimalkan situs web Anda dengan menggunakan meta tag.

Selain itu, membuat pesan yang dipersonalisasi saat mengirim pesan kepada pembeli secara langsung dapat membantu dalam mengkonversi lebih banyak penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Terakhir, menambahkan ulasan atau umpan balik dari pelanggan sebelumnya juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan pada calon pembeli sehingga mereka lebih cenderung mengambil tindakan.

Jika menerapkan strategi-strategi ini ke dalam model bisnis Anda dengan teratur, maka Anda dapat memantau analisis data seperti tren, tingkat konversi, dan nilai pesanan rata-rata.

Anda juga dapat mengoptimalkan kinerja dengan mudah dan memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang.

Mendapatkan Pesanan Pertama di Tokopedia

Keuntungan Berjualan di Tokopedia

Memilih Tokopedia sebagai marketplace untuk berjualan memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan marketplcae lainnya. Karena Tokopedia ini merupakan marketplace terpopuler di Indonesia.

Selain itu, Tokopedia memiliki banyak pembeli potensial dan juga menyediakan banyak pengiriman yang memudahkan para penjual.

Lalu, Apa saja keuntungan berjualan di marketplace Tokopedia ini?

Tokopedia memiliki desain minimalis yang membuatnya mudah untuk bergabung dan mengoperasikan aplikasi, sehingga penjual dapat dengan cepat memulai tanpa kerumitan.

Tokopedia juga menawarkan pengguna akses ke jaringan pembeli yang luas, dengan potensi untuk menjangkau pelanggan baru dan memperluas basis pelanggan mereka.

Tokopedia memiliki fitur-fitur yang berguna seperti fungsi pre-order dengan jangka waktu pengiriman hingga satu bulan, yang dapat mempermudah pemasaran produk secara online.

Penjual juga mendapatkan keuntungan dari sistem transaksi yang aman, serta berbagai pilihan pembayaran dan pengiriman yang memudahkan pelanggan.

Tokopedia memisahkan pembeli dan penjual dengan menciptakan platform yang efisien di mana kedua belah pihak dapat menemukan apa yang mereka cari tanpa perlu menghubungi satu sama lain.

Melalui gateway pembayaran yang aman, penjual dapat menerima pembayaran dengan cepat dalam beberapa klik, mengurangi input manual dan risiko penipuan.

Penjual juga akan mendapatkan uang lebih cepat ke rekening tujuan pencairan saldo. Pencairan saldo dapat dilakukan hanya dalam waktu satu hingga dua jam, dengan maksimum 24 jam pada hari kerja.

Tokopedia membantu para penjual membina hubungan dengan pelanggan yang kembali dengan menyediakan opsi pemesanan yang mudah, diskon, dan poin reward yang meningkatkan loyalitas pelanggan.

Platform ini juga memungkinkan penjual untuk membuat katalog produk yang disesuaikan lengkap dengan deskripsi, gambar, informasi harga, video, ulasan produk, dan banyak lagi.

Terakhir, Tokopedia menyediakan akses ke berbagai layanan pemasaran yang luas, mulai dari alat analisis hingga kampanye promosi yang membantu pedagang menyebarkan berita tentang produk atau layanan mereka.

Dengan penawaran iklan yang inovatif seperti influencer marketing dan kemampuan media buying, bisnis dapat tampil di depan audiens utama dalam waktu singkat.

Keuntungan Berjualan di Tokopedia

Itu dia penjelasan mengenai SEO Tokopedia. So, inilah saatnya untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia, dengan cara memperbaiki SEO di toko Anda. Sehingga Anda akan kebanjiran orderan.

Apa Itu SEO Tokopedia ?

SEO Tokopedia sendiri merupakan proses pengoptimalan toko di Tokopedia untuk visibilitas mesin pencari yang lebih tinggi.

Bagaimana Strategi Penerapan SEO Untuk Tokopedia ?

1. Masukan Nama Toko dan Deskripsi Secara Akurat dan Lengkap
2. Membuat Keyword yang Relevan
3. Mengembangkan Halaman Toko Dengan Nama dan Deskripsi Produk
4. Menyertakan Tautan Toko di Berbagai Platform Media Sosial
5. Promosi Menggunakan Fitur TopAds
6. Menerapkan Harga Termurah
7. Memperbarui Stok Produk atau Update
8. Mengoptimasi Foto Produk
9. Memakai Backlink Media Sosial

Tips Optimasi SEO Marketplace Tokopedia

1. Manfaatkan riset kata kunci secara menyeluruh
2. Pastikan akurasi informasi produk
3. Manfaatkan halaman koleksi
4. Pastikan halaman beranda harus dioptimalkan
5. Mengirimkan peta situs
6. Tingkatkan kecepatan pemuatan
7. Aktifkan rich snippets
8. Optimalkan tag & keterangan gambar

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like