Promosi di Facebook lebih maksimal menggunakan contoh copywriting iklan facebook yang menarik perhatian. Hal ini penting untuk memaksimalkan hasil Iklan Facebook yang Anda lakukan.
Meskipun banyak social media yang datang silih berganti, namun Facebook masih memiliki tempat sendiri di hati penggunanya, dimana anda bisa melakukan interaksi dengan kerabat atau kawan lama dengan melihat status yang dibagikan.
Tidak hanya itu, Facebook cocok digunakan sebagai tempat promosi bagi pelaku usaha yang baru saja merintis atau brand besar yang sedang mempromosikan produk terbarunya.
Sehingga tidak mengherankan apabila anda dapat dengan mudah menemukan konten promosi baik melalui iklan facebook, status pribadi, atau grup khusus.
Iklan facebook menjadi fitur yang paling banyak digunakan untuk promosi mengingat anda bisa mengatur jangkauan serta target konsumen secara efektif.
Meskipun begitu, dibutuhkan juga tampilan iklan yang menarik serta copywriting iklan facebook yang membuat penonton tergiur untuk mencobanya.
Karenanya berikut beberapa contoh copywriting iklan facebook untuk promosi dan penggunaannya secara efektif.
Fitur promosi berbayar menjadi salah satu layanan yang selalu ada hampir di seluruh social media, dimana anda bisa memanfaatkannya untuk memasarkan produk, promosi, dan layanan yang dimiliki melalui konten yang menarik ke target konsumen yang diinginkan.
Penggunaan konten iklan yang tepat serta copywriting yang memikat akan membuat pembaca tertarik dan melakukan kegiatan yang diminta, seperti belanja produk tersebut atau berkunjung ke halaman website yang disediakan.
Facebook ads merupakan media berbayar yang digunakan untuk memasarkan produk dan layanan tertentu yang ditujukan kepada target audience di Facebook.
Anda bisa melihat iklan facebook saat melakukan scrolling di beranda facebook, semakin lama anda melihat konten tersebut maka anda akan menemukan iklan yang beragam.
Agar mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal, maka anda bisa memilih kategori iklan berdasarkan tujuannya, misalnya untuk menaikkan impresi, trafik ke website tertentu, atau kunjungan ke akun facebook yang dimiliki.
Menariknya kreator bisa membuat jenis iklan yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan promosi yang diinginkan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih konten iklan dalam bentuk video dan gambar yang keduanya memiliki tampilan dan manfaat yang berbeda.
Apabila anda memilih konten video, maka penonton bisa melihat konten promosi dalam durasi tertentu dan memudahkan penonton untuk memahami pesan yang disampaikan.
Sedangkan saat menggunakan iklan facebook dalam bentuk gambar maka pembaca akan disajikan visual yang menarik dan penambahan caption di dalamnya.
Penggunaan iklan dalam bentuk gambar efektif digunakan untuk mempromosikan event tertentu karena informasi yang mudah diterima dalam satu gambar.
Selain penggunaan konten iklan yang menarik maka dibutuhkan copywriting iklan facebook yang memudahkan konsumen untuk memahami pesan yang ingin disampaikan dan melakukan kegiatan yang diminta,
Selain itu, copywriting iklan facebook juga tidak bersifat memaksa sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Hal ini tentunya membuat kreator mengkreasikan copywriting iklan facebook agar tidak terlalu terlihat mempromosikan produk tertentu namun membuat penonton penasaran pada iklan tersebut.
Karenanya berikut beberapa tips dan contoh copywriting iklan facebook yang bisa digunakan untuk promosi.
Melihat iklan facebook yang menarik memang membuat konsumen penasaran, namun mungkin tidak semuanya tertarik pada penawaran yang diberikan.
Hal ini dikarenakan copywriting iklan facebook yang digunakan kurang efektif sehingga membuat pembawa mundur pada tawaran tersebut.
Copywriting iklan facebook yang kurang sesuai tentunya akan merugikan kretaor karena telah menghabiskan banyak budget promosi namun hasil yang didapatkan jauh dari harapan.
Agar iklan facebook semakin efektif maka berikut beberapa contoh copywriting iklan facebook untuk promosi yang lebih sukses.
Sebuah produk yang baru di promosikan di iklan facebook biasanya akan memunculkan dua reaksi yang berbeda.
Pertama adalah tumbuhnya rasa penasaran yang membuat konsumen tertarik untuk mengetahui produk tersebut lebih dalam dan mengambil tawaran yang diberikan.
Kedua adalah mengabaikannya karena penawaran produk kurang menarik atau barang yang ditawarkan tidak dibutuhkan.
Namun, untuk mengakali masalah tersebut maka anda bisa membangun sugesti kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan bisa mengatasi masalah yang sedang dihadapi.
Dalam proses pembuatan sugesti di copywriting iklan facebook maka anda bisa memulai pertanyaan mengenai masalah yang dihadapi konsumen dan tentunya berkaitan dengan produk yang dimiliki.
Kedua adalah menawarkan jawaban dari masalah tersebut dengan memberikan saran mengenai solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.
Pada bagian terakhir, anda bisa memberikan jawaban dari masalah dengan menawarkan produk dan layanan yang dimiliki, sehingga mereka tertarik untuk mencobanya.
Saat membuat sugesti ke konsumen maka pastikan setiap jawaban yang ditawarkan mendapatkan persetujuan dari pembeli, sehingga memudahkan untuk memasukkan sugesti yang di dapatkan.
Penggunaan copywriting iklan facebook yang menggunakan sugesti bisa ditemukan di iklan milik Diri Care, dimana anda bisa menemukan pertanyaan dan penawaran ke konsumen untuk mencoba produk perawatan kulit dengan harga yang lebih murah.
Kemudian anda bisa melihat manfaat produk yakni konsultasi dengan dokter untuk menemukan racikan obat yang tepat serta adanya penawaran potongan harga agar mendapatkan harga yang lebih murah.
Penggunaan copywriting sugesti serta pemberian penawaran dengan jumlah tertentu akan membuat pembaca tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan.
Contoh copywriting iklan facebook sugesti :
“apakah anda merasakan flu dan batuk terus menerus selama musim hujan? bisa saja daya imun yang menurun karena cuaca yang cepat berganti, bila dibiarkan terus menerus maka kegiatan liburan yang direncanakan bisa terganggu
Madurasa dapat membantu meningkatkan daya imun tubuh dengan kandungan alami yang buat kamu semakin sehat, dapatkan potongan khusus dengan pembelian minimal 100 ribu di marketplace.“.
Saat menulis copywriting iklan facebook, anda mungkin saja menuliskan kandungan produk yang beraneka ragam.
Cara ini dilakukan agar konsumen dapat memahami bahwa produk tersebut lebih unggul karena memiliki bahan pendukung yang lebih banyak.
Meskipun begitu, tidak semua konsumen memahami kandungan tersebut apalagi bagi orang awam yang belum mengenal produk tersebut sebelumnya.
Aliih-alih menuliskan semua bahan unggulan di produk yang dimiliki, maka ada baiknya lebih fokus pada manfaat produk.
Penulisan manfaat produk pada iklan facebook akan membantu konsumen memahami keuntungan yang didapatkan karena terdapat kandungan pendukung.
Selain itu, penulisan manfaat produk juga memberikan kesan solutif sehingga konsumen akan membeli produk tersebut di kemudian hari karena merasakan manfaat dari barang yang ditawarkan.
Contoh copywriting iklan facebook yang menjelaskan manfaat :
” Lagi asik scroll tiktok eh internetnya malah lemot, bikin kesal hati dan badmood. Makanya pakai Smartfren yang anti lelet dengan beragam paket internet khusus tiktok yang murah dan tidak murahan.
Yuk langsung aja ganti kartumu dengan Smartfren, #Antilelet”
Salah satu kebiasan konsumen yang muncul saat mencari produk tertentu adalah mencari penawaran yang menarik perhatian, mulai dari potongan harga, gratis biaya pengiriman, atau bundle produk dengan harga yang lebih murah.
Cara ini dilakukan untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah sehingga bisa menghemat pengeluaran.
Kebiasaan konsumen ini juga bisa dimanfaatkan oleh kreator untuk membuat copywriting yang memberikan penawaran yang menarik.
Misalnya anda bisa memulai untuk mempromosikan produk yang baru saja dirils dengan potongan harga pada waktu tertentu, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya.
Tidak hanya iu, dalam penulisan penawaran produk maka anda lebih baik menuliskannya dalam bentuk angka dan simbol tertentu.
Sehingga memudahkan konsumen untuk memahami isi promosi tersebut dan langsung melakukan tindakan untuk membeli produk tersebut.
Misalnya saja yang dilakukan oleh akun Facebook Beauty is You Indonesia yang menawarkan produknya dengan penawaran harga hingga 50% sehingga lebih murah untuk dibeli oleh konsumen.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan promosi menggunakan contoh copywriting iklan facebook berikut :
“Mau makan enak di akhir bulan? Yuk ke Hokben aja, ada potongan harga hingga 25% untuk paket khusus selama persediaan masih ada”
” Tampilkan pesona cantikmu dengan Parfum Herborist terbaru yang tahan lama, gratis mini handbody untuk pembelian parfum terbaru selama persediaan masih ada”
Kondisi terburu-buru tentunya membuat seseorang merasa tidak nyaman, apalagi saat anda diminta menentukan pilihan terbaik.
Meskipun begitu, rasa terburu-buru juga membuat konsumen membeli produk yang ditawarkan karena tidak ingin ketinggalan momen yang diberikan secara terbatas.
Anda tentunya pernah merasakan membeli produk kesukaan di waktu yang terbatas karena tidak ingin ketinggalan momen potongan harga yang fantastis.
Hal ini bisa dimanfaatkan oleh kreator dengan membuat copywriting iklan facebook yang memberikan durasi terbatas.
Misalnya anda hendak mempromosikan produk tertentu di event belanja nasional atau saat mengikuti sebuah bazaar, maka anda bisa menuliskan spesifikasi durasi penawaran.
Sehingga konsumen yang membacanya tertarik untuk membelinya karena ingin mendapatkan barang keinginan dengan harga yang lebih mudah.
Meskipun begitu, ada baiknya untuk tidak membuat durasi penawaran yang terlalu panjang karena membuat konsumen merasa waktu yang disediakan masih lama, sehingga bisa membelinya di lain waktu.
Anda bisa memberikan waktu 3-4 hari sehingga konsumen merasa tidak memiliki waktu untuk membelinya di lain hari.
Selain itu, anda juga bisa memberikan durasi waktu dalam bentuk jam terbatas, sehingga membuat konsumen melakukan pembelian saat itu juga.
Contoh Copywriting Iklan Facebook dengan Penawaran Terbatas :
“Hanya hari ini saja, dapatkan penawaran khusus bagi 50 orang pertama yang membeli bakso Ikan “Enak” dengan jumlah pembelian 25.000, langsung gasskan saja”
“Wah udah gajian nih, saatnya kamu checkout list belanja kamu di Azarine, dapatkan diskon hingga 35% setiap pembelian mencapai 100 ribu dari tanggal 2-5 Desember, jangan lewatkan kesempatannya”
“Musim hujan telah tiba, jangan lupa siapkan diri dengan Multivitamin dari Horizon yang bisa anda beli dengan harga 75.000 untuk semua produk dari tanggal 15-20 Oktober 2022 di minimarket terdekat”
Penawaran produk dan diskon yang menarik tentunya akan membuat pembeli tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Namun, anda juga perlu memastikan bahwa penawaran yang diberikan dijelaskan secara spesifik, sehingga tidak menimbulkan kebingungan atau ambigu bagi konsumen.
Selain itu, penjelasan manfaat yang spesifik juga akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut untuk mendapatkan hasil penawaran tersebut.
Misalnya anda mempromosikan produk pencerah kulit, anda mungkin akan menuliskan “anda ingin putih” pada iklan promosi, cara ini akan membuat konsumen bingung apakah mereka hanya akan ditanya saja atau anda akan memberikan penawaran lainnya.
Karenanya anda bisa melengkapinya dengan kalimat “anda ingin putih alami dalam waktu satu bulan? Citra jawabannya” pemberian waktu dan manfaat yang spesifik akan membuat konsumen bisa mengukur keefektifan produk tersebut dan akhirnya membeli untuk membelinya.
Contoh Copywriting Iklan Facebook yang Menjelaskan Produk dengan Spesifik :
“ Liburan ke luar negeri kini tidak hanya menjadi impian saja, cukup dengan 2 Juta saja, anda bisa dapatkan tiket pulang pergi Singapura-Jakarta dengan nyaman tanpa delay, yuk bisa sekarang tiketnya keburu kehabisan”
“Kulit kering memang bikin tidak nyaman apalagi jika anda sering di ruangan AC, namun kulit bisa menjadi lebih halus dan lembab dengan handbody Nivea yang memberikan perlindungan kelembaban 24 jam serta vitamin yang bikin kulitmu jadi lebih sehat”
“Makan bersantan memang nikmat, namun jangan sampai timbul kolesterol di kemudian hari, rajin olahraga, istirahat teratur, makan sehat, dan minum Entrasol dengan rutin bantu untuk mencegah timbulnya kolesterol setelah makan enak, kini kamu bisa nikmati hidup lebih menyenangkan”
Sebuah produk yang baru saja dilihat di Facebook, mungkin saja akan kurang menarik perhatian apabila tidak memiliki nama besar serta produk yang terkenal.
Namun, hal ini bisa diatasi apabila anda membuat iklan facebook menggunakan testimoni konsumen lain untuk meningkatkan kepercayaan seseorang.
Pemberian testimoni konsumen efektif untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen karena mereka menemukan seseorang yang memiliki masalah yang sama sehingga mencari solusi untuk menyelesaikannya.
Di tambah lagi transaksi secara daring terkadang rawan penipuan sehingga menurunkan tingkat kepercayaan seseorang.
Namun, dalam pembuatan iklan facebook menggunakan testimoni konsumen, maka anda perlu melakukan pendekatan tertentu.
Anda bisa memulainya dengan membuat copywriting iklan facebook menggunakan teknik bercerita, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk memahaminya.
Selain itu, teknik ini akan membuat iklan anda lebih mudah diingat dalam waktu lama, sehingga saat mereka mengalami masalah yang sama, maka mereka akan menggunakan produk anda karena terdapat testimoni konsumen sebelumnya.
Dalam proses pencarian testimoni konsumen, anda juga perlu melakukan beberapa usaha untuk mendapatkan ulasan yang diinginkan.
Pertama adalah mencari testimoni konsumen dengan melihat postingan yang melakukan tag akun anda, dan menceritakan mengenai pengalaman setelah menggunakan produk tersebut.
Biasanya konsumen juga menceritakan pengalaman mereka di kolom komentar, sehingga anda bisa menemukannya dan menyimpannya sebagai ide konten promosi selanjutnya.
Namun, apabila anda tidak kunjung menemukannya, maka anda bisa membuat postingan khusus, dimana konsumen bisa menceritakan pengalaman mereka setelah memakai produk tertentu.
Pilih juga testimoni yang mendapatkan banyak perhatian dan sering dibahas ditanyakan oleh konsumen untuk mendapatkan perhatian dari pengguna facebook nantinya.
Tambahkan juga biodata singkat konsumen agar testimoni mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.
Pemberian bukti foto berupa tampilan sebelum dan setelah menggunakan produk juga bisa memancing rasa penasaran target konsumen untuk mencobanya.
Contoh Copywriting Iklan Facebook yang Menggunakan Testimoni Konsumen :
“Hai perkenalkan namaku Reni, aku seorang mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di Kota Jogjakarta, sejak remaja aku mendapatkan masalah kulit yang tidak kunjung hilang, yakni jerawat yang selalu timbul dan hilang.
Berbagai pengobatan sudah aku lakukan, mulai dari tradisional da modern, bahkan aku telah melakukan semua saran dari teman atau kerabat, namun tidak ada yang berhasil, hingga akhirnya aku merasa frustasi.
Jerawat tersebut juga bikin aku tidak percaya diri untuk tampil di depan umum atau sekedar berkenalan dengan orang baru.
Untungnya di puncak frustasiku, aku menemukan produk Glowbright yang membantu menghilangkan jerawat dengan formula terbaik yang dirancang oleh dokter kulit berpengalaman.
Setelah beberapa kali melakukan konsultasi dan pembelian produk secara terus menerus, akhirnya jerawatku mulai sembuh dan kini aku semakin percaya diri untuk berkenalan dengan orang baru”
Di saat melakukan promosi di social media atau langsung, maka anda tentunya ingin mendapatkan penjualan saat itu juga, sehingga melakukan berbagai cara untuk mendapatkan konsumen.
Meskipun begitu, dalam promosi di iklan facebook, maka ada baiknya untuk tidak melakukan pemaksaan.
Permintaan untuk membeli produk secara memaksa tentunya akan membuat konsumen tidak betah dan kurang tertarik pada penawaran yang diberikan.
Apabila terjadi secara terus menerus, maka promosi yang dilakukan akan tidak mendapatkan perhatian, sehingga budget promosi yang dikeluarkan akan terasa sia-sia.
Gunakan kalimat promosi yang diperhalus sehingga membuat pembeli merasa mendapatkan perhatian sebelum akhirnya membelinya.
Contoh copywriting Iklan Facebook Tanpa Pemaksaan :
“Belanja skincare tanpa takut miskin, dengan rangkaian make up dari Pixy, kamu akan mendapatkan kosmetik yang dapat mempercantik diri dan tentunya tahan lama, sehingga kamu tidak perlu memakainya berulang kali, selain itu kamu juga bisa dapat bundle make up dengan harga murah di event khusus tanggal 23-25 April, yuk jangan lewatkan kesempatannya.”
Apabila konsumen sudha tertarik pada iklan dan copywriting yang diberikan maka mereka akan mencari cara untuk membelinya, sehingga penting bagi kreator untuk menambahkan kalimat call to action di akhir iklan.
Dengan penambahan kalimat call to action yang jelas juga akan membantu konsumen untuk mengetahui cara untuk membelinya dengan harga khusus.
Kreator juga perlu menambahkan beberapa unsur khusus agar kalimat call to action semakin efektif dan membantu konsumen untuk membeli barang tersebut.
Pertama adalah memberikan link khusus yang bisa diakses oleh konsumen untuk membeli barang tersebut melalui akun marketplace atau website brand.
Layanan iklan facebook memiliki kolom link yang bisa digunakan konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan mudah.
Kedua adalah menambahkan kata ajakan di kalimat call to action, sehingga akan menarik minat pembeli untuk membelinya saat itu juga.
Berikan juga durasi waktu dimana konsumen bisa membeli barang keinginan dengan harga yang lebih murah secepatnya.
Contoh Copywriting Iklan Facebook Dengan Call to Action :
” Yuk di checkout sekarang juga”
” Pembelian terbatas untuk 50 orang saja, untuk pemesanan silahkan kunjungi website berikut”
” Klik link berikut untuk mendapatkan merchandise gratis dari kami”
” Jangan lupa aktifkan lonceng pemberitahuan agar tidak ketinggalan event promosi dari kami”
” Ambil kesempatannya sekarang juga”
” Kesempatan terakhir buat kamu yang ingin punya HP Samsung di akhir tahun”
Selain itu Anda juga bisa membaca contoh copywriting Instagram atau lainnya ya!
Dalam proses pembuatan copywriting iklan facebook, anda perlu menggunakan bahasa yang dapat menarik perhatian konsumen serta menjawab kebutuhan dan solusi dari masalah pembeli.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.