10 Tips & Contoh Copywriting Instagram Untuk Promosi Serta Interaksi

Manfaatkan Instagram sebagai media promosi dan interaksi dengan konsumen menggunakan contoh copywriting instagram di fitur-fitur yang dimiliki.

Instagram telah menjadi tempat bagi jutaan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya melalui konten dan caption instagram yang menarik perhatian.

Sehingga dibutuhkan kemampuan untuk mengedit konten foto dan video yang memikat mata serta copywriting instagram yang membuat pembaca melakukan kegiatan yang diminta.

Dalam proses pembuatan copywriting di instagram, anda bisa memulainya dengan menentukan jenis tulisan yang digunakan serta menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca dalam sekejap mata.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui fitur instagram yang akan digunakan, apakah konten story, reels, post atau bio instagram, mengingat setiap fitur memiliki limit caption yang berbeda, sehingga memengaruhi jenis copywriting yang digunakan.

Karenanya berikut beberapa tips dan contoh copywriting instagram yang digunakan untuk promosi dan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

tips menulis copwriting instagram

Tips Menulis Copywriting di Instagram

Meskipun Instagram dikenal karena konten foto dan video dengan visual yang menarik namun terdapat faktor lain yang membuat pengguna instagram tertarik untuk mengikuti akun instagram brand tertentu.

Salah satunya adalah penggunaan copywriting instagram yang membuat pembaca merasa diajak berkomunikasi dua arah sehingga tertarik untuk melakukan interaksi dengan akun tertentu.

Selain itu, penggunaan copywriting instagram yang tepat juga membantu pengguna instagram untuk memahami produk yang dipromosikan, sehingga tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan.

Namun, Instagram juga memiliki batasan kata di beberapa fitur yang dimiliki, sehingga kreator harus memutar otak untuk menentukan susunan kalimat menggunakan copywriting instagram yang sesuai.

Karenanya berikut beberapa tips menulis copywriting di instagram yang efektif untuk promosi dan interaksi.

1. Jelaskan Kandungan Produk

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Instagram adalah tersedianya kolom caption yang memiliki batasan kata hingga 2.200 karakter.

Jumlah karakter yang cukup banyak ini membuat kreator lebih bebas untuk berkresi dalam melakukan promosi dan interaksi.

Anda bisa memanfaatkan kolom caption instagram untuk menjelaskan kandungan produk secara detail dan mudah dipahami oleh pembaca.

Cara ini akan memudahkan konsumen untuk memutuskan membeli produk tertentu setelah melihat deskripsi yang diberikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menjelaskan manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen setelah menggunakan produk tersebut untuk jangka waktu lama.

Penggunaan kolom caption untuk menjelaskan produk tertentu, biasanya digunakan oleh brand kecantikan atau fashion, sehingga memberikan bayangan bagi pembaca mengenai barang yang ditawarkan.

avoskin

Salah satunya yang dilakukan oleh brand kecantikan avoskin beauty yang memanfaatkan kolom caption untuk menjelaskan kandungan dari produk terbarunya sekaligus mempromosikan sesi giveaway terbaru.

Terdapat juga penjelasan singkat mengenai manfaat produk yang membuat konsumen tertarik untuk mencobanya setelah membaca keuntungan yang diberikan.

Agar memudahkan konsumen dalam memahami isi caption instagram, maka anda bisa menggunakan istilah yang mudah dipahami oleh pembaca dan berkaitan dengan produk yang dimiliki.

2. Gunakan Pendekatan AIDA

Caption Instagram yang panjang mungkin saja membuat pembaca merasa bosan dan kurang memahami isi pesan yang disampaikan.

Apabila hal tersebut berlangsung terus menerus maka akan mempengaruhi jumlah interaksi yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menggunakan copywriting instagram menggunakan pendekatan AIDA.

Teknik copywriting AIDA ini terdiri dari unsur attention, interest, desire, dan action, dimana anda menarik perhatian pembaca dengan memberikan kalimat pertanyaan atau judul yang membuat penasaran.

Judul tersebut akan membuat pembaca tertarik untuk membacanya hingga akhir hingga timbul keinginan untuk melakukan kegiatan yang diminta.

Penggunaan teknik ini tentunya cocok bagi kreator yang akan melakukan promosi atau interaksi di Instagram.

buminakami

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram buminakami yang mengawali cerita menggunakan statement pribadi, sehingga membuat pembaca tertarik untuk membacanya.

Kemudian dilanjutkan dengan pendapat yang menarik perhatian pembaca untuk membacanya hingga akhir.

Di akhir caption, dibubuhkan juga pertanyaan yang mampu menarik pengikutnya untuk melakukan interaksi dengan memberikan komentar atau membagikannya ke orang lain melalui fitur tag atau kirim pesan.

3. Posisikan Kalimat CTA di Tempat yang Tepat

Saat membaca caption instagram maka anda akan sering menemukan kalimat call to action di akhir caption instagram.

Penggunaan kalimat call to action biasa digunakan penulis agar membuat pembaca tertarik untuk melakukan kegiatan yang diminta, sehingga promosi dan interaksi bisa berjalan efektif.

Di sisi lain, penambahan kalimat call to action juga dibutuhkan teknik copywriting instagram yang tepat untuk memikat pembaca.

Anda bisa memulai kalimat call to action dengan menambahkan kata-kata persuasif di bagian awal, misalnya menggunakan kata “yuk”, “mari”, dan “jangan lupa” sehingga membuat konsumen melakukan kegiatan yang diminta saat itu juga.

Gunakan juga gaya bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen, sehingga mereka merasa diajak secara halus oleh teman dekat dibandingkan disuruh oleh orang yang tidak dikenal.

Berikan penawaran yang tidak bisa ditolak sehingga membuat pembaca melakukan kegiatan tersebut lebih cepat.

makeoverid

Misalnya seperti yang dilakukan oleh akun instagram brand makeoverid yang menggunakan kalimat call to action di akhir caption, sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui tempat yang dituju untuk mendapatkan potongan harga dengan waktu yang terbatas.

4. Gunakan Power Words

Salah satu teknik copywriting instagram yang perlu anda pahami adalah bagaimana cara memasukkan kata power words ke dalam caption instagram yang digunakan.

Pembubuhan power words yang tepat akan membuat pembaca semakin termotivasi untuk melakukan tindakan yang diminta.

Penggunaan power words dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk tertentu, sehingga tertarik untuk mengenal brand tersebut lebih dekat.

Power words sendiri merupakan kata positif yang memiliki makna bagi pembacanya sehingga caption yang dibaca akan melekat lebih lama.

Beberapa contoh kata power words yang bisa digunakan adalah “mudah”, “cantik”,”bahagia”, “mempesona”,”efektif” dan lain sebagainya.

Penggunaan kata power words untuk copywriting instagram tentunya akan membantu meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan interaksi dan mengetahui lebih dalam mengenai promosi yang dilakukan.

31zAB9lVRXGmavAtHTLO

Penyematan kata power words di caption instagram juga digunakan oleh produk kecantikan Skintific yang menggunakan kata “terbaik”, “instan”, serta “melembutkan yang membuat pembaca merasakan hal positif saat membacanya.

Variasi kata power words juga biasanya digunakan untuk copywriting iklan instagram yang efektif untuk promosi ke konsumen yang diinginkan.

5. Buat Copywriting Instagram yang Berirama

Salah satu keunikan lainnya yang bisa ditemukan saat membaca caption instagram adalah munculnya irama di caption instagram.

Caption instagram yang berirama biasanya diiringi dengan penggunaan kata vokal akhir yang sama atau membentuk pola A-B-A-B secara berurutan sehingga anda terasa membaca pantun.

Penggunaan caption instagram yang berirama juga akan membuat pembaca menikmati momen membaca deskripsi produk yang diberikan, meskipun menggunakan kalimat yang panjang.

Selain itu, cara ini juga memudahkan pembaca untuk memahami isi caption instagram karena urutan yang berirama.

Hal ini juga di dukung dengan penelitian dari Lafayette College yang menyatakan bahwa informasi yang disajikan secara berirama akan terkesan lebih jujur dan persuasif.

Selain itu penggunaan rima di copywriting instagram juga memberikan kesan lebih persuasif dan mudah diingat untuk waktu lama.

Dalam proses pembuatan caption instagram yang memiliki irama khusus, maka anda perlu melakukan latihan copywriting secara rutin untuk menemukan pola yang tepat.

Selain itu, anda juga bisa memperkaya kosakata untuk menemukan paduan kata yang tepat dan bisa dimasukkan ke copywriting instagam.

bayleaf.id

Contohnya adalah caption instagram dari brand bayleaf.id yang menggunakan pola irama serupa di akhir kata sehingga menimbulkan rima yang sama.

6. Gunakan Metode Percakapan 

Melakukan komunikasi dua arah akan membantu mendekatkan diri dengan target konsumen yang dituju, sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pada brand tertentu.

Namun promosi di social media tidak memungkinkan anda melakukan percakapan dua arah karena komunikasi yang minim.

Akan tetapi, anda bisa mengatasinya dengan membuat copywriting dengan metode percakapan, sehingga pembaca tidak merasa membaca promosi yang membosankan, namun diajak mengobrol dengan teman terdekat.

Dalam memulai percakapan di caption instagram, maka anda bisa menyapa konsumen dengan menanyakan kabar hari ini.

Selain itu, anda juga bisa bertanya mengenai suatu masalah yang berkaitan dengan konten yang ditampilkan, sehingga terlihat relevan dan membangun interaksi dua arah.

Penyertaan kalimat call to action di akhir caption instagram juga akan melanjutkan percakapan di kolom komentar, sehingga interaksi berjalan lancar.

alfamart

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand alfamart yang membuka percakapan dengan statement dan sapaan khusus, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan yang membuat penonton tertarik untuk memberikan balasa.

Di akhir percakapan juga terdapat kalimat ajakan untuk membagikan mimpi yang diinginkan di kolom komentar.

contoh copywriting caption instagram

4 Contoh Copywriting Instagram

Saat melakukan promosi di social media, biasanya kreator menggunakan berbagai konten visual yang dapat menarik perhatian pengguna instagram.

Meskipun begitu, dibutuhkan juga copywriting instagram yang sesuai untuk memudahkan konsumen memahami informasi yang diberikan dan tertarik pada produk yang ditawarkan.

Di sisi lain, berbagai fitur instagram yang dimiliki memiliki limit karakter yang berbeda, sehingga kreator sebaiknya mengetahui strategi penempatan caption yang sesuai dan tidak mengganggu isi konten instagram.

Selain itu, anda juga perlu menyesuaikan copywriting instagram dengan tujuan yang diinginkan serta target konsumen yang dituju.

Karenanya berikut beberapa contoh copywriting instagram yang bisa digunakan di berbagai fitur instagram.

1. Contoh Copywriting Caption Instagram Post

Fitur instagram post biasanya digunakan untuk mengunggah sebuah atau beberapa foto sekaligus, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengunggah konten interaksi atau promosi produk.

Selain itu, anda juga bisa mengunggah konten video dengan durasi yang lebih panjang sehingga bisa memuaskan hati konsumen.

Sebelum mengunggah konten di instagram post, biasanya pengguna akan dibawa ke kolom caption yang bisa digunakan untuk menuliskan kalimat persuasif untuk promosi produk atau sapaan untuk interaksi dengan konsumen.

Namun, jumlah kata di caption instagram post harus dimanfaatkan kreator agar menarik minat pengikut anda untuk melakukan kegiatan yang diminta.

Apabila anda hendak membangun interaksi dengan pengikut yang dimiliki, maka anda bisa memulai dengan kata sapaan, sehingga pembaca merasa diajak berbicara meskipun anda tidak bertemu secara langsung.

Selain itu, anda bisa memulai dengan pertanyaan atau pernyataan yang dapat memantik interaksi pembaca, namun pastikan juga statement tersebut bersifat positif sehingga caption anda memiliki kesan yang baik.

Akan tetapi, apabila anda hendak menggunakan caption instagram sebagai media promosi produk dan layanan yang dimiliki, maka anda bisa melakukan beberapa pendekatan.

Misalnya saja membuat judul yang relevan dengan produk yang akan dipromosikan, sehingga saat pembaca melihatnya, maka mereka akan tertarik untuk mengetahui promosi yang sedang diadakan.

Anda bisa menggunakan angka dan simbol khusus untuk menjelaskan potongan harga serta durasi promosi yang diadakan, sehingga lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Susunan kalimat yang rapih serta penggunaan tanda baca yang tepat juga akan membuat konten promosi mudah dibaca dalam sekali lihat.

looke cosmetics

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand kecantikan Lookecosmetics yang mempromosikan produknya dengan copywriting instagram yang menarik.

Pertama adalah penggunaan judul yang menjelaskan nama produk yang dimiliki serta manfaat yang bisa di dapatkan oleh konsumen saat menggunakannya.

Kemudian di baris kedua, maka anda akan melihat kelebihan produk tersebut dengan pilihan warna yang beragam serta manfaat lain yang bisa dirasakan oleh konsumen.

Di bagian penutup terdapat kalimat call to action yang akan menuntun konsumen untuk menyukai konten promosi tersebut.

Apabila anda hendak membuat caption instagram untuk promosi serta interaksi, maka beberapa contoh copywriting instagram berikut bisa digunakan :

Contoh copywriting instagram untuk interaksi :

Halo bunda, masih bingung resep MPASI sehat yang disukai anak-anak? lima resep berikut bisa digunakan untuk variasi makanan bagi si buat hati, bunda sendiri ada menu andalan ga tiap anak susah makan? yuk share di kolom komentar buat bantu bunda lainnya”

” Jadi tahun baru ini mau di rumah sendiri atau nongkrong sama teman-teman? ide resep makanan simpel ini cocok kamu gunakan untuk momen tahun baru yang lebih menyenangkan”

Contoh copywriting instagram untuk promosi :

“Udara dingin memang bikin kulit gampang kering, untungnya ada handbody lotion Nivewa dengan kandungan khusus yang dapat melembabkan dan mencerahkan kulit dalam waktu 7 hari, siapkan dirimu untuk menghadapi tantangan baru di depan mata”

” Promosi akhir tahun kini datang lagi, dapatkan satu set lipstik bundle yang bisa kamu pilih secara terbatas dari tanggal 12-18 desember dengan potongan harga mencapai 50% plus gratis ongkir di Shopee dan Tokopedia, jangan sampai kelewatan kesempatan emasnya”

2. Contoh Copywriting Caption Instagram Reels

Konten video pendek menjadi fenomena di berbagai social media sehingga banyak platform yang meluncurkan fitur video dengan format yang sama.

Instagram juga tidak mau ketinggalan momen tersebut dengan meluncurkan fitur instagram reels, dimana anda bisa mengunggah dan melihat video durasi pendek dengan topik yang disukai.

Kemampuan algoritam instagram reels untuk menyebarkan konten ke topik yang relevan ke target konsumen yang dituju, menjadikan banyak kreator membuat konten promosi menggunaka reels untuk menjangkau target audience yang lebih luas.

Di sisi lain, Instagram reels memiliki perbedaan dengan konten instagram lain yang sudah dirilis sebelumnya.

Kreator biasanya menuliskan caption di video dibandingkan kolom caption karena penonton biasanya lebih tertuju pada video yang ditampilkan terlebih dahulu.

Sehingga dalam membuat judul video yang menarik, maka anda perlu menggunakan copywriting yang sederhana dan singkat agar lebih mudah dipahami oleh penonton dan menarik minat mereka untuk menonton video hingga habis.

Akan tetapi apabila anda hendak menggunakan kolom caption untuk penjelasan yang lebih detail maka anda bisa menggunakan kalimat call to action yang mampu menarik penonton untuk membaca caption yang disuguhkan.

Pada kolom caption instagram reels maka anda bisa menuliskan informasi yang lebih detail untuk membangun interaksi dengan penonton.

implora cosmetics

Pemanfaatan kolom caption instagram reels untuk memancing interaksi juga digunakan oleh produk lipstik Implora yang mengungga video pendek dimana penonton bisa memilih warna lipstrik sesuai keinginan.

Penggunaan copywriting instagram yang memancing interaksi juga dapat membuat penonton tertarik untuk membalasnya dengan pilihan warna yang disukai.

Contoh copywriting instagram reels yang bisa digunakan adalah :

” Tahun baru saatnya ganti skincare yang lebih segar untuk memulai hari, jadi varian apa yang kamu pilih di 2023? yuk tuliskan di kolom komentar”

” Minum kopi di pagi hari memang bikin semangat dan menghilangkan rasa ngantuk dengan cepat, tapi jangan lupa sarapan ya biar lambung tetap sehat”

3. Contoh Copywriting Caption Instagram Story

Instagram story menjadi salah satu fitur yang memiliki ciri khas sendiri, dimana penonton hanya bisa melihat konten yang telah diunggah dengan durasi 24 jam dan akan terhapus dengan otomatis setelahnya.

Selain itu, fitur instagram biasa tidak memiliki kolom caption khusus sehingga kreator bisa menuliskan caption ke dalam foto atau video tersebut.

Cara ini tentunya membuat kreator harus membuat kalimat sederhana yang mudah dimengerti, sehingga tulisan yang disuguhkan tidak terlalu panjang, sehingga menggangu gambar yang disuguhkan.

Namun, apabila anda melakukan promosi menggunakan instagram story, maka anda akan diberikan kolom khusus untuk menulis caption serta link yang dapat membawa ke halaman website yang dituju.

happyfit

Contohnya yang dilakukan oleh akun instagram happyfit yang mempromosikan event diskon khusus di instagram story dengan menulis caption yang singkat, padat, dan jelas sehingga mudah dipahami oleh penonton yang melihatnya.

Namun, apabila anda ingin menggunakan fitur instagram story untuk interaksi dan promosi maka beberapa contoh caption instagram story berikut bisa digunakan.

Contoh copywriting instagram story untuk interaksi :

” SIang-siang enaknya main game nih, yuk pilih menu spesial yang cocok untuk menemani makan siang kamu”

” Musim hujan bikin banyak orang gampang sakit nih, kalo sahabat mimin ada yang lagi sakit juga nggak?”

Contoh copywriting instagram story untuk promosi :

” Get your free parfume only for 50 people by click on our link”

4. Contoh Copywriting Bio Instagram

Saat melihat konten yang menarik secara terus menerus atau melihat akun instagram yang memiliki produk yang disukai, biasanya pengguna instagram akan mengunjunginya untuk mencari informasi yang lebih detail.

Namun, saat melihat bio instagram yang masih kosong dan tidak berisi informasi apapun maka akan mengecewakan konsumen dan menganggap brand anda dibuat untuk penipuan.

Impresi pertama yang buruk tentunya akan membuat konsumen kabur, maka anda sebaiknya melengkapi informasi mengenai bio instagram anda untuk mendapatkan pembeli yang diinginkan.

Anda bisa memulainya dengan mengisi informasi singkat mengenai brand yang dimiliki serta produk dan layanan yang dijual.

Manfaatkan juga kolom link untuk mengisi dengan website brand, akun social media, serta marketplace yang dimiliki untuk memudahkan transaksi.

NOcPCirTPCKHcBbzDmIg

Pengisian instagram bio yang lengkap juga digunakan oleh akun instagram brand lozyhijab yang menjelaskan produk yang dijual dengan caption singkat. Terdapat juga tagline yang mendeskripsikan produk dengan jelas dan efektif.

Bagaimana cara copywriting yang baik?

Dalam proses pembuatan copywriting di instagram, anda bisa memulainya dengan menentukan jenis tulisan yang digunakan serta menggunakan kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca dalam sekejap mata.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like