7 Contoh Copywriting Jualan Baju yang Memikat Pembeli

Jadikan promosi di social media lebih ramai dan laris menggunakan contoh copywriting jualan baju terbaik.

Promosi di social media menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan konsumen yang diinginkan, mengingat pengguna internet yang berasal dari berbagai kalangan, usia, serta gender yang memiliki selera yang berbeda.

Sehingga tidak mengherankan apabila kita banyak menemukan akun social media yang menjual baju dengan merk, kebutuhan, dan desain yang berbeda.

Agar mampu bersaing dengan akun social media brand lain yang menjual produk yang sama, maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat.

Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik copywriting untuk jualan baju yang dapat memikat konsumen dengan lebih cepat.

Menurut American Writer and Artist Institute, copywriting merupakan proses penulisan konten promosi yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan kegiatan yang diminta, misalnya membeli barang yang ditawarkan

Sehingga copywriting untuk jualan baju yang tepat juga dapat membantu konsumen untuk memahami produk yang dimiliki dan menjadi bahan pertimbangan untuk membelinya setelah melihat penjelasan yang diberikan.

Karenanya  berikut beberapa tips dan contoh copywriting jualan baju yang dapat digunakan untuk promosi di social media.

Tips Sukses Copywriting Untuk Jualan Baju

Copywriting menjadi salah satu keahlian dasar bagi kreator social media dalam melakukan promosi yang efektif.

Hal ini dilakukan mengingat copywriting yang menarik membuat konsumen melakukan tindakan yang lebih cepat dibandingkan biasanya, sehingga membantu penjualan semakin meningkat.

Di sisi lain, copywriting untuk jualan baju berbeda dengan produk lainnya karena terdapat beberapa detail yang harus diperhatikan dan ditampilkan ke konsumen.

Berikut beberapa tips sukses membuat copywriting untuk jualan baju yang dapat memikat pengguna social media.

1. Gunakan Kalimat Persuasif

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat copywriting untuk jualan baju adalah menggunakan kalimat persuasif yang dapat membujuk atau mengajak seseorang untuk melakukan tindakan tertentu.

Cara ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli barang yang ditawarkan karena ajakan yang menggiurkan. Beberapa contoh kata yang digunakan dalam kalimat persuasif adalah kata “ayo”, “mari”, “sekarang” yang akan menimbulkan rasa tertarik untuk melakukan kegiatan yang diminta.

Selain itu, anda juga perlu menggunakan beberapa teknik khusus dalam menggunakan kalimat persuasif di copywriting untuk jualan baju. 

Pertama adalah tunjukkan manfaat yang ditawarkan setelah konsumen membeli produk tersebut pada harga yang ditawarkan.

Contohnya adalah konsumen akan merasa lebih hangat setelah menggunakan sweater rajut dari brand baju tertentu, sehingga pembeli akan lebih tertarik untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Kedua adalah menggunakan bilangan kata yang lebih spesifik, dimana anda bisa menggunakan kata “ratusan ribu” atau “jutaan” yang dapat memberikan bayangan bagi konsumen mengenai jumlah penjualan pada produk tertentu.

Ketiga adalah menambahkan testimoni dari konsumen yang telah membeli produk tersebut sebelumnya, sehingga calon pembeli yang belum pernah mendengar produk dan brand anda menjadi lebih tertarik untuk mengenal merk anda lebih jauh.

Keempat, anda juga perlu merasakan sensasi saat membuat kalimat persuasif, contohnya adalah anda mendeskripsikan sebuah baju olahraga yang mudah menyerap keringat dengan cepat, maka anda juga perlu merasakan sensasi yang sama seolah-olah anda telah menggunakan produk tersebut sebelumnya. 

Deskripsi ini akan membuat konsumen merasa seperti menggunakan produk tersebut, meskipun pada kenyataannya mereka belum pernah menyentuh dan membelinya. 

2. Jelaskan Manfaat Produk

Setelah menentukan kalimat persuasif yang akan digunakan pada copywriting untuk jualan baju, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menyambungkannya dengan penjelasan mengenai manfaat produk.

Perpaduan ini akan membuat konsumen memahami kelebihan produk yang anda miliki yang tentunya berbeda dengan kompetitor lain.

Anda bisa memulai dengan menjelaskan bahan yang digunakan pada baju tersebut yang dapat menyerap keringat, memiliki bahan yang lembut, serta adem untuk dipakai di kegiatan sehari-hari.

Penjelasan mengenai manfaat produk akan membuat konsumen lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan karena memahami keuntungan yang akan di dapatkan.

Selain itu, tonjolkan desain baju yang tidak ketinggalan zaman dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh penggunanya.

Copywriting untuk jualan baju yang menjelaskan manfaat produk akan membuat konsumen merasakan menggunakan produk tersebut, meskipun mereka belum membeli dan mencobanya sendiri. 

3. Berikan Sentuhan Emosional

Salah satu teknik yang biasanya digunakan penulis untuk memikat konsumennya adalah memberikan sentuhan emosional yang dapat menguras perasaan.

Cara ini ampuh untuk membuat konsumen merasa memiliki ikatan emosional dengan produk tertentu, meskipun mereka baru melihatnya untuk pertama kali.

Selain itu, penggunaan sentuhan emosional juga akan memudahkan konsumen untuk mengingat produk tersebut dalam waktu lama dibandingkan teknik tulisan biasa.

Namun dalam penulisan copywriting untuk jualan baju yang memberikan rasa emosional, maka anda juga perlu menggunakan teknik tertentu. 

Pertama anda perlu memahami latar belakang konsumen, seperti pekerjaan yang dilakukan, gender, rentang usia, serta masalah yang dihadapi dan berhubungan dengan produk yang dimiliki.

Informasi ini akan membantu kreator untuk mengangkat cerita yang relevan dengan konsumen dan menghubungkannya dengan copywriting untuk jualan baju yang tepat.

Misalnya anda menjual tunik untuk wanita karir maka anda bisa menggunakan teknik bercerita yang menjelaskan produk anda dapat membuat penggunanya menjadi lebih percaya diri karena desain yang keren dan tidak pasaran.

Selain itu, anda juga perlu menyambungkannya dengan topik yang sedang naik daun saat ini dan menjadi bahan perbincangan komunitas yang dimiliki.

Cara ini akan membantu anda membantu cerita anda menjadi lebih relevan dengan pembaca dan membuat mereka merasakan bahwa baju yang dimiliki dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi.

4. Ajak Konsumen Berbicara

Salah satu kelemahan dari promosi di social media adalah pelaku usaha tidak dapat mengobrol langsung dengan pembeli dan begitu juga sebaliknya.

Keterbatasan ini akan membuat pelaku usaha merasa kesulitan untuk membangun koneksi yang kuat karena kesulitan untuk bertemu secara langsung.

Namun, masalah ini bisa dihadapi menggunakan copywriting untuk jualan baju yang membuat konsumen merasa diajak berbincang dua arah sehingga memudahkan untuk mengenal satu sama lain.

Caranya adalah memposisikan pembaca sebagai teman bicara dengan menggunakan kata “kamu” dan “aku” sehingga percakapan terasa lebih personal dan intim, sehingga membuat konsumen tertarik untuk melakukan percakapan meskipun anda belum pernah mengenal sebelumnya.

Gunakan juga gaya bahasa yang relevan dengan target konsumen yang diinginkan, sehingga percakapan dapat mengalir dengan lancar.

Misalnya anda memiliki konsumen di kisaran usia 18-22 tahun maka ada baiknya menggunakan bahasa gaul yang biasa digunakan untuk komunikasi sehari-hari.

Anda juga perlu menggali lebih dalam informasi mengenai target konsumen untuk menemukan gaya bahasa yang tepat dan sesuai.

contoh copywriting jualan baju laki-laki

Contoh Copywriting Jualan Baju Laki-laki

Saat mengunjungi toko atau akun marketplace untuk mencari baju laki-laki maka anda akan menemukan berbagai perbedaan mendasar antara baju wanita.

Misalnya saja model baju yang tidak terlalu variatif namun didominasi dengan desain tulisan atau gambar yang memikat mata.

Tidak hanya itu, baju laki-laki juga dibagi dalam beberapa fungsi misalnya untuk kegiatan sehari-hari, bermain bersama teman, baju olahraga, dan formal.

Berbagai baju laki-laki juga memiliki desain yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya setiap hari.

Sehingga tidak mengherankan apabila contoh copywriting jualan baju laki-laki berbeda-beda :

1. Contoh Copywriting Kemeja Laki-laki

“Penting banget untuk dandan rapih buat kencan pertama biar gebetan makin suka sama kamu, kemeja Uniqlo bakal bikin kamu makin keren dan percaya diri”

Tampil rapih dan stylish saat bekerja dengan kemeja Eiger yang nyaman dan menyerap keringat”

” Kemeja simpel untuk acara santai dan formal, cocok buat kamu yang anti ribet dan mager”

2. Contoh Copywriting Kaos Laki-laki 

Kaos nyaman anti gerah bikin waktu nongkrong kamu makin asik”

” tampil unik dan beda dengan kaos kolaborasi dengan pokemon, dapatkan produknya sekarang juga

contoh copywriting jualan baju wanita

Contoh Copywriting Jualan Baju Wanita

Berbeda dengan baju laki-laki yang memiliki tampilan lebih simpel, maka baju wanita memilikita desain yang lebih beragam.

Dimana anda akan menemukan desain simpel atau variasi model yang lebih beragam sehingga membuat tampilan baju menjadi lebih menarik.

Di samping itu, wanita juga biasanya menggunakan baju yang berbeda untuk berbagai kesempatan, misalnya baju untuk bermain dengan teman tentunya akan berbeda saat pergi ke undangan formal.

Sehingga tidak mengherankan apabila anda akan menemukan berbagai brand yang menjual baju wanita dengan desain dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Perbedaan ini juga akan mempengaruhi copywriting untuk jualan baju wanita guna mendapatkan hasil promosi yang lebih baik.

Berikut beberapa contoh copywriting jualan baju wanita yang bisa digunakan untuk promosi di social media.

1. Contoh Copywriting Jualan Dress

Mau kelihatan lebih mempesona di acara pesta? rangkaian dress dari Unique bakal bantu penampilan kamu semakin anggun bak ratu jagat semalam”

” Tak perlu malu tunjukkan kecantikan dirimu dengan menggunakan dress cantik dan berkilau yang mampu pancarkan aura bintangmu”

2. Contoh Copywriting Jualan Baju Tunik

Cari tunik berkualitas dan ga pasaran? Tunik terbaru kami bikin gaya kamu anti mainstream dan jadi perhatian banyak orang”

“Tampilkan sisi kelembutan dan feminim yang menawan dengan pilihan tunik yang nyaman dan cocok untuk kegiatan di luar ruangan

3. Contoh Copywriting Jualan Baju Outer

Cantik ga perlu mahal karena dengan 100 ribu saja kamu bisa bawa pulang variasi outer keren dan anti pasaran”

“Anti kedinginan di musim hujan dengan outer sweater hangat yang bikin gayamu menawan”

contoh copywriting jualan baju hamil

Contoh Copywriting Jualan Baju Hamil dan Menyusui

Momen kehamilan menjadi salah satu siklus kehidupan yang dinanti oleh banyak wanita, apalagi yang sudah menantikannya dalam waktu lama.

Dalam siklus tersebut banyak wanita yang akan merasakan berbagai perubahan, contohnya adalah bentuk tubuh yang membesar sehingga banyak wanita yang memilih untuk membeli baju hamil.

Pada pemilihan baju hamil maka pembeli mencari baju yang nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tidak menimbulkan rasa gerah, namun memiliki potongan yang membuat tampilan lebih menawan.

Karenanya berikut beberapa contoh copywriting jualan baju hamil yang dapat digunakan untuk menyasar kalangan wanita.

Menyusui buah hati bakal jadi momen yang lebih menyenangkan dengan dress kancing depan yang mudah dibuka serta bahan kain yang adem, cocok untuk kegiatan sehari-hari”

” Baju kesayangan sudah mulai tidak muat karena hamil? saatnya beralih ke tunik yang lebih nyaman dan longgar, bikin kegiatan selama kehamilan jadi lebih bebas”

Contoh copywriting jualan baju hamil lainnya yang bisa digunakan adalah caption dari kidjill.nursingwear yang mempromosikan baju untuk menyusui, anda bisa melihat penggunaan kata “nyaman” yang mendeskripsikan produk tersebut bisa digunakan untuk wanita menyusui dengan menyenangkan.

contoh copywriting jualan baju anak

5. Contoh Copywriting Jualan Baju Anak

Salah satu ciri khas yang mudah ditemukan saat mencari baju anak-anak adalah tampilan warna yang menarik dan cenderung cerah.

Sebagian besar baju anak-anak juga menggunakan karakter kartun yang sedang naik daun dan disukai oleh anak-anak.

Variasi yang menarik ini sesuai dengan karakter anak yang ceria dan memiliki jiwa bebas untuk mencoba hal-hal baru.

Selain itu, desain baju anak biasanya lebih simpel karena kegiatan anak-anak yang padat sehingga dibutuhkan baju yang tidak menghambat pergerakan. Perkembangan anak yang sangat cepat juga menentukan ukuran baju yang berbeda di setiap usianya.

Berbagai ciri khas yang dimiliki oleh baju anak-anak menjadikan copywriting yang digunakan juga berbeda dan menonjolkan manfaat produk dan bahan yang dimiliki.

Bunda, jadikan momen bermain anak menjadi lebih menyenangkan dengan kaos dari kidswear yang menggunakan bahan katun yang mudah menyerap keringat serta desain lucu yang bikin anak jadi lebih keren”

” Anak iritasi saat pakai baju yang kurang nyaman memang bikin sedih, namun bunda bisa mengatasinya dengan menggunakan baju dari playtime yang anti iritasi dan teruji oleh profesional”

” Anak lagi suka bermain di luar ruangan? pastikan bunda menemani momen tersebut dengan perlindungan dari kaos meandmon yang mudah dicuci dan bahan yang bikin adem”

jumma kids

Ide copywriting untuk jualan baju anak bisa ditemukan di akun instagram brand Jummakids yang mendeskripsikan produk sweater terbaru dan menghubungkannya dengan musim hujan yang sedang datang.

Penjelasan mengenai sweater yang memiliki gambar lucu dan bahan nyaman membuat konsumen merasa yakin untuk membeli produk tersebut karena deskripsi produk yang diberikan.

copywriting jualan baju muslim dan gamis

Contoh Copywriting Jualan Baju Muslim dan Gamis

Baju muslim identik dengan busana yang dikenakan oleh umat islam di berbagai kegiatan, misalnya untuk berjalan-jalan santai atau menghadiri berbagai acara formal.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh busana muslim adalah desain yang simpek dan tidak menonjolkan lekuk tubuh.

Meskipun begitu, desain busana muslim juga memiliki berbagai variasi warna serta corak yang beraneka ragam untuk membuat penggunanya merasa lebih percaya diri.

Penggunaan baju muslim juga digunakan oleh berbagai gender serta kalangan usia yang tidak terbatas namun dengan ukuran busana yang berbeda-beda.

Dalam proses penulisan copywriting untuk jualan baju muslim maka anda bisa menghubungkan dengan momen-momen islam tertentu, sehingga lebih menyentuh hati konsumen.

Karenanya penting bagi penulis untuk menemukan copywriting untuk jualan busana muslim yang menarik.

1. Contoh Copywriting Jualan Gamis

“Mau mulai beli gamis untuk nongkrong namun masih tetap terlihat stylish? Muslimwear hadir dengan memberikan desain terkini yang bikin gaya kamu makin keren, bahan yang adem dan mudah menyerap keringat cocok buat kamu yang suka kegiatan di luar ruangan namun ingin mencari baju gamis yang nyaman”

“Idul Fitri tinggal menghitung hari, persiapkan diri bertemu keluarga dan kerabat dengan gamis unik dari syaristore”

2. Contoh Copywriting Jualan Baju Koko

Momen jumatan kini menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu, apalagi dengan menggunakan baju koko daro denimen yang bikin waktu ibadah menjadi lebih fokus dan nyaman”

” Cari baju koko yang nyaman untuk hari raya? Baju koko dari menswear cocok buat kamu yang ingin tampil lebih segar di hari kemenangan”

3. Contoh Copywriting Untuk Jualan Baju Syari

Raih berkah illahi dengan baju syari dengan bahan yang adem dan cocok untuk berbagai suasana”

” Waktu nongkrong setelah kajian akan menjadi lebih nyaman dengan baju syari Hindira yang memiliki motif yang trendy”

bayleaf

Penggunaan copywriting untuk jualan baju gamis juga digunakan oleh akun Instagram bayleaf.id untuk mendeskripsikan produk yang dimiliki.

Anda bisa melihat penggunaan kata “elegan look” , “kesan feminim” yang membuat penggunanya membayangkan untuk memiliki tampilan yang lebih muda namun tetap elegan.

j9fwS97lTZaK8XgLTFln

Contoh Copywriting Jualan Baju Batik 

Baju batik menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia yang biasanya untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan.

Misalnya saja untuk bertemu orang penting, datang ke acara pernikahan, atau sekedar berkumpul dengan teman terdekat.

Penggunaan baju batik untuk berbagai kebutuhan dilakukan mengingat motif dan model batik yang unik dan semakin stylish, sehingga cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Di sisi lain, harga baju batik juga bervariasi dilihat dari cara pembuatan batik serta bahan yang digunakan, semakin rumit dan bagus bahan yang dipakai akan membuat pakaian batik semakin mahal.

Karenanya agar busana batik yang dijual disukai oleh target konsumen maka anda bisa menggunakan variasi copywriting untuk jualan baju batik yang sesuai.

Tampilkan sisi elegan dan gagah untuk momen spesial dengan busana Batik Keris, gratis konsultasi pilihan model batik yang diinginkan serta potongan harga untuk pembelian lusinan”

” Hari jumat biasanya identik dengan hari batik, agar tampilan batik anda semakin stylish jangan lupa pakai batik keren dari batikku yang memiliki desain yang beragam”

” Tampilkan kesan pertama yang lebih menawan dengan batik dari Danar Hadi yang memiliki motif dan beragam dan lekukan yang bikin kamu semakin percaya diri.

danar hadi

Contoh Copywriting jualan baju batik yang bisa digunakan adalah dari brand batik kenamaan Danar Hadi yang menjelaskan produk yang dimiliki menggunakan kiasan yang memberikan kesan mewah dan eksklusif.

contoh copywriting untuk jualan baju olahraga

Contoh Copywriting Jualan Baju Olahraga

Kesadaran mengenai kesehatan tubuh dan mental membuat banyak orang semakin aktif untuk melakukan olahraga di dalam dan luar ruangan.

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam melakukan berbagai kegiatan olahraga maka diperlukan juga busana yang nyaman.

Salah satunya adalah menggunakan baju olahraga yang memiliki bahan elastis dan tentunya mudah menyerap keringat.

Di sisi lain, berbagai olahraga khusus membutuhkan kostum yang berbeda dan dapat membantu proses olah tubuh menjadi lebih menyenangkan.

Antusiasme untuk melakukan olahraga yang semakin tinggi juga memunculkan baju olahraga dengan warna yang beragam untuk membuat penggunanya semakin semangat. Berikut beberapa contoh copywriting jualan baju olahraga yang bisa digunakan : 

Mulai hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, istirahat yang teratur, serta jangan lupa olahraga rutin menggunakan baju olahraga dari sportswear yang nyaman digunakan dan mudah menyerap keringat

Olahraga menjadi lebih menyenangkan dengan variasi baju olahraga yang penuh warna dari Happyfit, dapatkan juga potongan harga dengan pembelian tertentu”

Suka dengan dengan artikel ini dan ingin belajar Copywriting lainnya? Mungkin seperti Copywriting untuk Instagram

Apa yang dimaksud dengan copywriting ?

Menurut American Writer and Artist Institute, copywriting merupakan proses penulisan konten promosi yang membuat konsumen tertarik untuk melakukan kegiatan yang diminta, misalnya membeli barang yang ditawarkan

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like