6 Contoh Event Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis-mu!

Strategi pemasaran kini semakin banyak, salah satu strategi yang wajib digunakan oleh para pebisnis adalah event marketing. Adanya strategi event marketing ini untuk meningkatkan brand awareness, branding bisnis, hingga customer value yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Event marketing ini tidak hanya menguntungkan bagi penyelenggara acara dan sponsor, tetapi juga memperkaya wawasan yang diperoleh peserta. Hal ini bisa digunakan sebagai sarana untuk saling menginspirasi, mengedukasi, dan memberikan pengalaman yang menarik bagi peserta.

Strategi marketing ini mengacu pada penyelenggaraan acara, atau kegiatan.

Perbedaan strategi ini dengan starategi sebelumnya, bukan hanya untuk meningkatkan keuntungan melainkan meningkatkan brand awareness. Akan tetapi, strategi ini bisa mendatangkan lebih banyak orang dan juga dapat bisa mengetahui suatu produk Anda.

Nah, agar lebih jelas menenai konsep dan strategi event marketing, yuk simak penjelasan dibawah.

event marketing

Apa itu Event Marketing?

Event marketing ini mengacu pada promosi acara dan aktivitas lainnya. Kemudian, menggunakan strategi ini dapat meningkatkan brand Anda, dan juga penjualan di suatu acara atau kegiatan.  

Kunci sukses adanya strategi event marketing adalah memahami apa yang diperlukan saat melakukan promosi di sebuah event.

Selain itu menurut sendpulse, event marketing merupakan salah satu jenis pemasaran yang bisa mempromosikan brand, produk, atau layanan dengan mengadakan atau menghadiri acara.

Dapat dikatakan bahwa, event marketing ini membantu membangun relasi yang lebih mendalam dengan pelanggan dan menjelaskan mengenai produk Anda.

Fakta sesuai sumber wikipedia, bahwa event marketing ini mengandalkan emosi dan aktivitas otak manusia. Artinya ketika event marketing menggunakan emosi, orang-orang yang akan mengikuti event akan mengingat apa yang mereka alami.

Adanya emosional secara signifikan ini dapat mempengaruhi citra layanan atau produk yang akan ditawarkan. Secara psikolog, ketika dirangsang oleh emosi, otak manusia akan mengingat fakta dan potongan informasi tertentu dengan lebih baik.

Jadi, hal yang lebih mudah diingat adalah ketika Anda mengalami kejadian secara langsung. Selain itu, kemungkinan besar brand Anda akan bertahan di benak pelanggan dan juga dapat meningkatkan citra dengan waktu yang lama.

Apa itu Event Marketing

Contoh Event Marketing

Ada banyak jenis strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Sebagian orang masih belum mengetahui jenis mana yang mereka inginkan. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk mengetahui secara detail, maka jenis event ini bisa membantu Anda dalam mempromosikan produk brand Anda

Berikut ini event yang bisa membantu dalam mempromosikan produk atau brand Anda:

1. Seminar

Acara seminar ini atau webinar dapat diselenggarakan secara daring. Artinya acara tersebut berfokus pada pendidikan dan dihadiri oleh sekelompok orang. Biasanya diadakan selama satu hari dan menampilkan presentasi yang dilakukan oleh para pembicara dengan topik yang terkait keahlian mereka.

2. Workshop atau Lokakarya

Jenis event lokakarya mirip sama halnya dengan seminar yang berfokus untuk berbagi pengetahuan kepada peserta.

Event lokakarya dapat dilakukan secara online atau langsung. Topik lokakarya biasanya dirancang agar relevan dengan bisnis yang sedang dihadapi, sehingga tidak terlihat terlalu menjual.

Workshop atau Lokakarya

3. Konferensi

Konferensi adalah sebuah event yang diadakan oleh satu perusahaan dengan berbagai sponsor ikut serta dalam mendukung acara tersebut. Biasanya acara ini menampilkan agenda dinamis yang berupa lokakarya, diisi oleh pembicara, dan bisa memiliki peluang jaringan dari perusahaan B2B dan B2C.

4. Konser

Mensponsori event musik adalah pilihan yang tepat. Jika produk atau layanan yang akan ditawarkan oleh perusahaan masih terkait dengan acara tersebut, maka kemungkinan besar acara akan semakin sukses.

Sehingga, mensponsori suatu acara sudah bukan hal yang umum, karena banyak perusahaan yang tertarik untuk meramaikan acara tersebut.

Pada event konser ini kebanyakan sponsornya berupa produk makanan dan minuman, ada juga produk merchandise yang berhubungan dengan konser.

Dengan adanya event konser ini, semakin banyak orang akan mengenali produk dan akan melakukan pembelian.

5. Peluncuran Perdana

Acara seperti peresmian atau perayaan biasanya diadakan oleh perusahaan agar dapat memperkenalkan produk baru atau hanya sekedar merayakan keberhasilan. Umumnya, perusahaan akan mengadakan acara seperti pesta tahunan, tujuannya agar bisa menjamu dan menghibur pelanggan atau klien.

Peluncuran Perdana

6. Trade Show atau Pameran

Pameran adalah acara besar yang akan diselenggarakan oleh sebuah komunitas. Adapun pameran yang ditampilkan yaitu berupa barang industri. Hal ini dapat memberikan kesempatan yang sangat baik untuk memamerkan produk dan layanan mereka.

Sehingga acara ini sering kali menghasilkan prospek yang signifikan dan berkualitas tinggi bagi perusahaan.

7. Pop-up Shop atau Bazar

Pop-up shop atau bazar adalah fasilitas tempat untuk berjualan yang diberikan kepada perusahaan untuk menjual produk mereka di lingkungan tertentu.

Acara ini hampir sama dengan pameran yang sifatnya sementara dan hanya diselenggarakan dalam jangka waktu beberapa hari. Tujuan mengadakan event bazar ini untuk menjangkau target audiens melalui toko fisik yang dapat diakses oleh pelanggan.

8. Klien Marketing Event

Model event marketing sangat fokus pada target audiens tertentu.

Hasil dari event marketing yang diselenggarakan oleh perusahaan akan disesuaikan dengan minat dan kebutuhan untuk pelanggan. Perbedaan di sini yaitu dari audiens yang menghadiri acara tersebut.

Biasanya, ketika campaign event marketing diluncurkan, ada tema khusus yang dirancang agar bisa menarik minat klien. Jadi, hanya orang-orang yang diundang untuk bisa menghadiri acara ini.

Klien Marketing Event

Fungsi dan Tujuan Strategi Event Marketing

Adanya sebuah acara merupakan bagian dari strategi pemasaran yang paling unik karena menciptakan pengalaman khusus bagi konsumen. Kemudian, acara yang diselenggarakan oleh perusahaan ini dapat memungkinkan konsumen berinteraksi langsung dengan produk.

Nah, ada beberapa fungsi dan tujuan dari strategi event marketing ini.

1. Meningkatkan Permintaan Terhadap Produk atau Jasa

Tujuan utama dari event marketing, meningkatkan permintaan dari pelanggan.

Strategi pemasaran biasanya mengandalkan satu tujuan utama. Event marketing ini membuat klien atau pelanggan lebih teringat atau membekas dari suatu acara.

Salah satunya perusahaan besar yang mengadakan event marketing adalah brand Samsung. Samsung ini lebih mengedepankan event marketing ketika meluncurkan produk baru.

2. Membuat Produk atau Jasa Diterima Oleh Konsumen

Produk akan bisa diterima oleh masyarakat melalui pendekatan secara emosional dan personal. Hal ini termasuk fungsi dari event marketing

Menurut sumber dari eventbrite, bahwa Anda dapat membantu dalam menyempurnakan acara dengan menggunakan strategi event marketing.

Ketika Anda mulai mengatur segala hal yang mendukung suksesnya acara, maka diperlukan produk yang bisa diterima oleh khalayak yang hadir. Dengan begitu, strategi event marketing ini dapat meningkatkan penjualan, dan meningkatkan jumlah kehadiran.

berjualan di event marketing

3. Memperluas Jaringan

Jika ada banyak orang yang terlibat dalam suatu aktivitas, maka setiap orang memiliki perannya masing-masing. Selain itu juga ada pihak eksternal yang sangat ingin menjadi partner di masa depan. Artinya terdapat investor yang ingin menanamkan modal untuk perusahaan Anda. 

Jadi event ini bukan hanyalah sekedar senang-senang, tetapi juga termasuk bagian dari bisnis sukses yang menggunakan strategi event marketing.

4. Menarik Keuntungan

Keuntungan bagi penyelenggara acara pasti berasal dari penjualan tiket dan biaya sponsor. Selain itu setelah event usai juga akan mendapatkan keuntungan seperti peningkatan angka penjualan dari produk, dan brand yang telah dijual di event, dan yang paling penting akan makin dikenal banyak orang.

Jadi, event marketing akan mendatangkan sebuah keuntungan setelah event ini berlangsung.

Manfaat Event Marketing

Menurut hubspot, bahwa banyak perusahaan telah berhasil menerapkan strategi event marketing.

Event marketing ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis Anda, karena mampu menghadirkan pengalaman.

Konsumen memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung mengenai produk yang diminatinya hingga akan melakukan pembelian. Tentu saja, hal ini bisa menghasilkan prospek yang menjanjikan.

Berikut ini, manfaat event marketing di dunia bisnis:

1. Membuka Peluang Bisnis

Sesuai sumber dari bizzabo, terdapat 95% seorang pemasar percaya bahwa acara tatap muka memiliki  dampak yang signifikan dalam mencapai tujuan bisnis utama.

Ketika mengadakan acara, perlu namanya proses pendaftaran. Proses pendaftaran inilah Anda bisa mengumpulkan data-data penting mengenai konsumen yang sudah tertarik dengan produk, industri, atau setidaknya termasuk dalam demografi target audiens.

Data ini akan membantu Anda dalam menganalisis strategi bisnis dan meningkatkan campaign promosi di masa mendatang, serta bisa melakukan promosi atau menawarkan melalui email marketing.

peluang bisnis

2. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Banyak bisnis modern menggunakan teknik pemasaran yang tidak melibatkan pertemuan secara langsung atau tatap muka dengan pelanggan atau klien.

Namun menurut data, ada 93% yang setuju bahwa acara dengan tatap muka dapat memberi peluang berharga untuk membentuk koneksi langsung didunia yang semakin digital.

Interaksi antar peserta di acara juga dapat digunakan untuk menciptakan pelanggan yang setia terhadap brand dan memberikan peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan mereka melalui riset pasar.

3. Membangun Brand Awareness

Strategi event marketing ini dapat meningkatkan brand awareness. Karena brand awareness adalah salah satu komponen kunci dari setiap campaign marketing dan yang paling penting akan menghasilkan pelanggan baru.

Jika brand awareness telah meningkat, maka akan ada peluang yang lebih baik untuk mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan. Oleh sebab itu, event marketing bisa menjadi salah satu cara yang paling efektif bagi perusahaan untuk membangun dan mengembangkan brand Anda.

Konsumen yang benar-benar senang dengan acara tersebut akan bersedia memberikan feedback yang positif dan menceritakan kepada orang lain tentang acara yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda.

Tak hanya itu media, dan influencer juga ikut serta memberikan informasi mengenai event yang diadakan oleh perusahaan tersebut di media sosial.

Adanya hal event ini bisa menjadi langkah yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda pada masyarakat umum.

Strategi Membuat Event Marketing

Campaign event marketing merupakan bagian penting dari strategi bisnis apa pun. Adanya event ini disebut dengan hajatan dari sebuah perusahaan.

Anda perlu merencanakan dengan cermat agar semuanya berjalan dengan baik, mulai dari tujuan yang tercapai hingga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

strategi event marketing

Nah, ada beberapa strategi agar event marketing bisa berhasil yaitu:

1. Riset dan Menentukan Tujuan

Membentuk sebuah perencanaan ke depan, agar dapat membantu dalam mempersiapkan brainstorming ide, penyusunan anggaran, jenis dan tujuan acara. Kemudian mencatat pihak-pihak yang terlibat, misalnya media, pemerintah, artis, catering, dan lainnya.

Mulailah merencanakan acara setidaknya delapan hingga dua belas bulan sebelum acara berlangsung.

2. Mematangkan Desain Acara

Selanjutnya, rencanakan secara detail agar semuanya berjalan lancar sebelum mempromosikannya kepada publik. Anda bisa mulai merencanakan tahap ini sekurang-kurangnya tiga bulan sebelum acara berlangsung.

Hal yang perlu dimatangkan yaitu membuat situs web atau jaringan sosial untuk mempromosikan acara, memperbarui anggaran Anda, dan menyelesaikan pembicara dan tempat acara.

3. Mempromosikan Acara

Tahap yang paling terbaik yaitu mempromosikan dan membangun rasa ingin tahu untuk acara yang akan datang selama dua bulan sebelum acara.

Anda memiliki kesempatan agar promosi lebih dioptimalkan, sehingga memenuhi kebutuhan target audiens dan mendorong agar segera mendaftar.

promosi acara

4. Koordinasi dan Pelaksanaan Saat Acara Berlangsung

Ketika acara akan berlangsung, terkadang secara tidak tiba-tiba ada perubahan atau keputusan-keputusan penting yang harus segera diambil.

Jadi sebelum acara, Anda harus bisa menyelesaikan susunan acara dengan cara berdiskusi secara detail dengan tim Anda, serta memaksimalkan promosi untuk event yang terakhir kalinya.

Itulah penjelasan dari event marketing, mulai dari definisi hingga bagaimana strateginya. Dengan strategi ini, Anda dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu ditingkatkan. Kemudian Anda dapat merencanakan teknik pemasaran berikutnya dengan sesuai.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like