Rakuten: Platform Belanja Online yang Aman dan Terpercaya

Pernahkah Anda mendengar tentang Rakuten? Bagi sebagian orang, nama ini mungkin terdengar asing.

Namun, di Jepang, Rakuten adalah raksasa e-commerce yang sangat populer, lho! Penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang marketplace yang satu ini? Yuk, simak artikel ini!

Mengenal Rakuten

Rakuten adalah perusahaan e-commerce terbesar di Jepang yang berpusat di Tokyo. Rakuten dimulai sebagai pasar internet pada tahun 1997 dan telah menjadi situs belanja yang dikenal oleh orang Jepang.

Rakuten memiliki lebih dari 50.000 toko ritel Jepang dan menjual berbagai macam produk, termasuk komputer, elektronik, buku, film, video game, pakaian, dan barang kesehatan dan kecantikan.

Rakuten juga memiliki layanan penjaliran video sesuai permintaan (VOD) yang disebut Rakuten TV. Rakuten TV menawarkan film dan seri TV untuk berlangganan, persewaan, dan pembelian dari studio di seluruh dunia, distributor lokal, dan label independen. Konten Rakuten TV dapat dialirkan dari sebagian besar perangkat, menawarkan layanan serupa dengan Netflix dan layanan penjaliran lainnya.

Fakta menyenangkan: Tahukah Anda? Rakuten adalah sponsor resmi klub sepak bola Barcelona yang legendaris! Begitu besarnya Rakuten, mereka bahkan mensponsori tim olahraga papan atas dunia. Hal ini semakin menegaskan kredibilitas dan eksistensi mereka di ranah internasional.

Baca Juga: Dropshipping dengan AliExpress: Cara Memulai Bisnis Online

Surga Pencinta Produk Jepang: Temukan Barang-Barang Unik di Rakuten

Bagi Anda penggemar berat budaya Jepang, Rakuten adalah surga belanja online. Platform ini menawarkan beragam produk khas Jepang, mulai dari perangkat elektronik tercanggih hingga pernak-pernik lucu yang menggemaskan.

Ingin memiliki koleksi anime langka? Rakuten punya! Sedang mencari gadget keluaran terbaru dari Jepang?

Di Rakuten juga ada! Tak ketinggalan, produk fashion Jepang yang stylish dan kosmetik berkualitas tinggi pun tersedia dengan mudah.

Tips belanja: Jangan lupa untuk memperhatikan musim dan promo yang sedang berlangsung di Rakuten!

Seringkali, toko-toko online di Rakuten menawarkan diskon dan cashback menarik, terutama saat musim obon atau perayaan tahun baru Jepang.

Dengan sedikit kejelian, Anda bisa mendapatkan produk incaran dengan harga yang lebih hemat.

Aman dan Nyaman: Mengapa Belanja di Rakuten?

Rakuten, sering dijuluki “Amazon-nya Jepang”, tak main-main dalam hal jumlah pengunjung. Dengan lebih dari 1 miliar member aktif, platform ini menawarkan potensi penjualan yang sangat besar.

Tak hanya itu, masyarakat Jepang dikenal dengan daya beli tinggi dan ketertarikan mereka terhadap produk berkualitas.

Ini artinya, produk Anda berpeluang disambut dengan tangan terbuka oleh para konsumen Jejepang yang haus akan inovasi.

Rakuten memahami pentingnya keamanan dan kenyamanan berbelanja online. Karena itu, mereka menerapkan berbagai sistem keamanan yang ketat.

Transaksi di Rakuten menggunakan metode pembayaran yang aman, dan mereka juga memiliki sistem perlindungan konsumen yang terpercaya.

Selain itu, Rakuten memiliki tim customer service yang sigap membantu Anda jika mengalami kendala saat berbelanja.

Pada sistem poin, rakuten memiliki program poin reward yang menarik. Setiap pembelian yang Anda lakukan akan menghasilkan poin yang bisa ditukar dengan potongan harga atau voucher belanja di masa mendatang.

Semakin sering Anda berbelanja, semakin banyak poin yang Anda kumpulkan!

Cara Belanja di Rakuten: Panduan Lengkap untuk Pemula

Meskipun Rakuten belum memiliki situs resmi berbahasa Indonesia, namun platform ini tetap ramah pengguna internasional. Berikut langkah-langkah mudah untuk berbelanja di Rakuten:

  1. Buat Akun: Langkah pertama, Anda perlu membuat akun di Rakuten. Prosesnya cukup mudah dan bisa dilakukan dalam beberapa menit.
  2. Cari Produk: Gunakan mesin pencari Rakuten untuk menemukan produk yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan kata kunci dalam bahasa Inggris atau Jepang.
  3. Pilih Toko: Setelah menemukan produk yang sesuai, bandingkan harga dan baca review toko sebelum memutuskan untuk membeli.
  4. Proses Pembayaran: Rakuten menawarkan berbagai metode pembayaran yang aman, seperti kartu kredit, debit, dan e-wallet. Pilih metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda.
  5. Pengiriman: Perhatikan biaya dan estimasi pengiriman sebelum menyelesaikan transaksi. Rakuten bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman internasional terpercaya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan: Perlu diingat bahwa sebagian besar penjual di Rakuten mungkin tidak menawarkan layanan pengiriman langsung ke Indonesia.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa forwarder untuk mengirimkan barang belanjaan Anda ke Indonesia. Selain itu, pastikan Anda memahami biaya bea masuk dan pajak yang mungkin berlaku.

Lebih dari Sekadar Belanja: Rakuten sebagai Jendela ke Budaya Jepang

Rakuten tidak hanya menawarkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi jendela ke budaya Jepang.

Melalui platform ini, Anda bisa menemukan berbagai produk unik yang mencerminkan gaya hidup dan keseharian masyarakat Jepang.

Selain itu, Rakuten juga kerap mengadakan event dan promosi bertema budaya Jepang, semakin memperkaya pengalaman berbelanja Anda.

Berikut beberapa cara Rakuten membuka jendela budaya Jepang:

1. Pasar Online yang Beragam:

  • Rakuten Global Market: Platform ini menawarkan produk dari berbagai negara, termasuk Indonesia, dengan fokus pada produk budaya Jepang seperti kimono, manga, anime, dan produk elektronik.
  • Rakuten Ichiba: Pasar online terbesar di Jepang ini menawarkan berbagai macam produk, termasuk produk lokal dan internasional, dengan banyak pilihan produk budaya Jepang.
  • Rakuten Books: Toko buku online terbesar di Jepang ini menawarkan berbagai macam buku, termasuk manga dan novel Jepang, serta buku elektronik dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris.
  • Rakuten Music: Layanan streaming musik ini menawarkan berbagai macam musik, termasuk musik Jepang, K-pop, dan musik Barat.
  • Rakuten Viki: Layanan streaming video ini menawarkan berbagai macam film dan acara TV, termasuk film dan acara TV Jepang, K-drama, dan drama Barat.

Inisiatif Lainnya:

  • Rakuten Fashion Week Tokyo: Acara tahunan ini menampilkan desainer busana Jepang terkemuka dan membantu mempromosikan budaya Jepang di seluruh dunia.
  • Rakuten Japan Cup: Turnamen tenis internasional ini menarik pemain top dari seluruh dunia dan membantu meningkatkan profil Jepang sebagai tujuan wisata.

Dampak Rakuten, upaya Rakuten telah membantu meningkatkan kesadaran akan budaya Jepang di seluruh dunia.

Platform online perusahaan telah memberikan akses mudah ke produk dan layanan Jepang bagi orang-orang di seluruh dunia, dan inisiatif lainnya telah membantu mempromosikan budaya Jepang melalui fashion, olahraga, dan pendidikan.

Bahwasannya, rakuten ini memainkan peran penting dalam membuka jendela budaya Jepang bagi dunia.

Perusahaan ini telah menciptakan pasar online yang beragam yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan Jepang, dan juga telah mendukung berbagai macam proyek budaya dan pendidikan.

Upaya Rakuten telah membantu meningkatkan kesadaran akan budaya Jepang di seluruh dunia dan telah menarik lebih banyak orang untuk mempelajari dan menghargai budaya Jepang.

2. Pengalaman Belanja yang Unik:

Rakuten, raksasa e-commerce Jepang, menawarkan lebih dari sekadar berbelanja online.

Mereka berusaha keras untuk menciptakan Pengalaman Belanja yang Unik yang membuka jendela budaya Jepang bagi pelanggan di seluruh dunia. Berikut beberapa caranya:

Menyediakan Beragam Produk Unik Jepang:

  • Barang Langka dan Sulit Ditemukan: Rakuten menawarkan berbagai macam produk Jepang yang tidak mudah ditemukan di tempat lain, seperti kimono antik, peralatan makan tradisional, dan camilan lokal yang lezat.
  • Produk Budaya Populer: Penggemar anime, manga, dan budaya pop Jepang lainnya dapat menemukan berbagai macam produk berlisensi, seperti figur aksi, pakaian, dan elektronik.
  • Produk Buatan Lokal: Rakuten mendukung pengrajin dan usaha kecil di Jepang dengan menyediakan platform untuk menjual produk mereka secara online kepada pembeli global.

Menyelenggarakan Acara dan Promosi Bertema Jepang:

  • Matsuri Virtual: Rakuten menyelenggarakan festival online yang menampilkan budaya Jepang, seperti pertunjukan tari tradisional, demonstrasi memasak, dan lokakarya kerajinan tangan.
  • Penjualan Musiman: Sepanjang tahun, Rakuten mengadakan obral dan promosi khusus yang menampilkan produk-produk Jepang yang terkait dengan musim dan hari libur, seperti Obon dan Tahun Baru Jepang.
  • Program Hadiah dan Poin: Pelanggan Rakuten dapat memperoleh poin reward yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah, termasuk perjalanan ke Jepang dan produk-produk budaya Jepang.

Memberikan Layanan Pelanggan yang Ramah dan Berpengetahuan:

  • Staf yang Berbahasa Jepang: Rakuten memiliki staf layanan pelanggan yang berbahasa Jepang yang dapat membantu pembeli dengan pertanyaan dan permintaan mereka.
  • Panduan Belanja: Rakuten menyediakan berbagai panduan belanja dan sumber daya yang membantu pelanggan menavigasi situs web dan menemukan produk yang mereka cari.
  • Dukungan Komunitas: Rakuten memiliki forum komunitas online tempat pembeli dapat terhubung dengan satu sama lain dan berbagi pengalaman mereka berbelanja di Rakuten.

Bekerja Sama dengan Influencer dan Artis Jepang:

  • Kampanye Pemasaran: Rakuten bermitra dengan influencer dan artis Jepang populer untuk mempromosikan produk dan budayanya kepada audiens global.
  • Konten Eksklusif: Rakuten membuat konten eksklusif, seperti video dan artikel, yang memberi pelanggan wawasan tentang budaya dan gaya hidup Jepang.
  • Dukungan Kreatif: Rakuten mendukung seniman dan pembuat konten Jepang dengan menyediakan platform untuk memamerkan karya mereka kepada dunia.

3. Dukungan terhadap Budaya Lokal:

Rakuten membuka jendela budaya Jepang melalui Dukungan terhadap Budaya Lokal dengan berbagai cara, antara lain:

Mendukung festival dan acara budaya lokal:

  • Rakuten memberikan sponsor dan pendanaan untuk berbagai festival dan acara budaya lokal di seluruh Jepang. Hal ini membantu untuk melestarikan tradisi dan seni budaya Jepang, serta mempromosikannya kepada masyarakat luas.
  • Contohnya, Rakuten mendukung festival Jidai Matsuri di Kyoto, festival Takayama Matsuri di Takayama, dan festival Gion Matsuri di Kyoto.

Mendukung seniman dan pengrajin lokal:

  • Rakuten menyediakan platform online untuk seniman dan pengrajin lokal untuk menjual produk mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. Hal ini membantu mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Contohnya, Rakuten Ichiba, platform e-commerce Rakuten, memiliki kategori khusus untuk produk-produk buatan tangan dan kerajinan tangan.
  • Rakuten juga mengadakan pameran dan acara lokal untuk menampilkan karya seniman dan pengrajin lokal.

Mendukung pendidikan dan pelestarian budaya:

  • Rakuten mendanai program pendidikan dan pelestarian budaya di berbagai sekolah dan komunitas di Jepang. Hal ini membantu untuk menumbuhkan minat dan penghargaan terhadap budaya Jepang di kalangan generasi muda.
  • Contohnya, Rakuten mendukung program pendidikan di sekolah-sekolah tentang sejarah dan budaya Jepang.
  • Rakuten juga mendanai proyek-proyek pelestarian budaya, seperti restorasi situs-situs bersejarah dan artefak budaya.

4. Mempromosikan budaya Jepang ke dunia:

Rakuten, raksasa e-commerce Jepang, memainkan peran penting dalam mempromosikan budaya Jepang ke dunia melalui berbagai inisiatifnya. Berikut beberapa contohnya:

Platform Belanja Global:

  • Pasar Jepang: Rakuten menyediakan platform bagi penjual Jepang untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan pembeli internasional untuk menemukan dan membeli produk-produk Jepang yang unik dan autentik, seperti kimono, keramik, dan makanan tradisional.
  • Konten Budaya: Rakuten menampilkan berbagai konten budaya Jepang di platformnya, seperti artikel, video, dan resep. Hal ini membantu meningkatkan kesadaran dan minat global terhadap budaya Jepang.

Sponsor dan Acara Budaya:

  • Sponsor: Rakuten mensponsori berbagai acara budaya Jepang di seluruh dunia, seperti festival film dan pameran seni. Hal ini membantu meningkatkan visibilitas budaya Jepang dan menarik khalayak yang lebih luas.
  • Acara Internal: Rakuten menyelenggarakan acara budaya internal untuk karyawannya, seperti kelas bahasa Jepang dan demonstrasi memasak. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman karyawan tentang budaya Jepang dan mempromosikan pertukaran antar budaya.

Inisiatif Digital:

  • Jaringan Media Sosial: Rakuten aktif di media sosial, menggunakan platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk berbagi konten budaya Jepang dengan pengikutnya di seluruh dunia.
  • Platform Streaming: Rakuten Viki, layanan streaming video milik Rakuten, menawarkan berbagai film dan acara TV Jepang dengan subtitle dan dubbing dalam berbagai bahasa. Hal ini memungkinkan pemirsa internasional untuk menikmati konten Jepang dengan nyaman.

Dukungan terhadap Seniman dan Pencipta Jepang:

  • Rakuten Ichiba: Rakuten Ichiba, pasar online terbesar di Jepang, menyediakan platform bagi seniman dan pencipta Jepang untuk menjual produk dan karya seni mereka kepada pelanggan di seluruh dunia.
  • Program Pendanaan: Rakuten menawarkan program pendanaan dan dukungan untuk seniman dan pencipta Jepang, membantu mereka membawa karya mereka ke khalayak global.

Dampaknya, upaya Rakuten dalam mempromosikan budaya Jepang telah berdampak positif dalam meningkatkan kesadaran dan minat global terhadap budaya Jepang.

Hal ini telah membantu memperkuat hubungan antara Jepang dan negara-negara lain dan meningkatkan peluang bisnis bagi perusahaan Jepang.

5. Mendukung komunitas lokal:

  • Rakuten bekerja sama dengan komunitas lokal di seluruh Jepang untuk mendukung berbagai inisiatif lokal. Hal ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti:
    • Menyediakan dana dan sumber daya untuk proyek-proyek komunitas.
    • Mendukung acara dan festival komunitas.
    • Mempromosikan bisnis lokal.
  • Contohnya, Rakuten Foundation memberikan hibah kepada organisasi-organisasi nirlaba yang bekerja di komunitas lokal.
  • Rakuten juga memiliki program sukarelawan yang memungkinkan karyawan Rakuten untuk berkontribusi pada komunitas lokal.

Dukungan Rakuten terhadap budaya lokal merupakan bagian penting dari komitmen perusahaan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat.

Dengan mendukung festival dan acara budaya, seniman dan pengrajin lokal, pendidikan dan pelestarian budaya, serta komunitas lokal, Rakuten membantu untuk menjaga kelestarian budaya Jepang dan mempromosikannya ke dunia.

 Rakuten sebagai Jendela ke Budaya Jepang

Intinya, rakuten adalah jendela budaya Jepang yang menawarkan wawasan berharga tentang nilai, tradisi, dan kebiasaan masyarakat Jepang.

Platform ini menyediakan berbagai macam produk, pengalaman berbelanja yang unik, dukungan untuk budaya lokal, dan komunitas global yang memungkinkan orang untuk terhubung dan belajar tentang budaya Jepang.

Yuk, eksplorasi Rakuten! Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Rakuten bisa menjadi platform belanja online favorit Anda, terutama jika Anda pecinta budaya Jepang.

1. Apa saja produk yang tersedia di Rakuten?

Rakuten menawarkan berbagai macam produk, termasuk:
Elektronik dan gadget
Fashion dan kecantikan
Rumah tangga dan gaya hidup
Makanan dan minuman
Olahraga dan outdoor
Perlengkapan bayi dan anak
Buku dan media
Dan masih banyak lagi!

2. Bagaimana cara berbelanja di Rakuten jika saya tidak bisa berbahasa Jepang?

Meskipun Rakuten belum memiliki situs resmi berbahasa Indonesia, namun
Anda tetap bisa berbelanja di platform ini. Berikut tipsnya:
Gunakan browser dengan fitur translate: Beberapa browser seperti Google Chrome memiliki fitur translate yang bisa menerjemahkan halaman web secara otomatis.
Gunakan kamus online: Jika menemukan kata dalam bahasa Jepang yang tidak Anda mengerti, gunakan kamus online untuk mencari artinya.
Cari toko berbahasa Inggris: Beberapa toko di Rakuten memiliki deskripsi produk dan layanan pelanggan dalam bahasa Inggris.
Manfaatkan forum dan komunitas online: Bergabunglah dengan forum atau komunitas online yang membahas belanja online di Rakuten. Di sana Anda bisa meminta bantuan dan tips dari member lain yang sudah berpengalaman.

3. Apakah aman berbelanja di Rakuten?

Rakuten menerapkan berbagai sistem keamanan yang ketat untuk melindungi data dan transaksi pengguna. Mereka juga memiliki sistem perlindungan konsumen yang terpercaya. Namun, seperti halnya platform belanja online lainnya, tetap penting untuk berhati-hati saat berbelanja. Berikut beberapa tips keamanan:
Beli dari penjual dengan reputasi baik: Baca review toko sebelum membeli dan pastikan penjual memiliki rating yang positif.
Hindari harga yang terlalu murah: Jika harga suatu produk jauh lebih murah dibandingkan dengan toko lain, sebaiknya waspada karena bisa saja itu penipuan.
Gunakan metode pembayaran yang aman: Pilih metode pembayaran yang menawarkan perlindungan pembeli, seperti kartu kredit atau e-wallet dengan fitur keamanan berlapis.

4. Berapa biaya ongkos kirim ke Indonesia?

Biaya ongkos kirim ke Indonesia bervariasi tergantung pada berat barang, ukuran paket, dan layanan pengiriman yang dipilih. Umumnya, penjual di Rakuten tidak menawarkan pengiriman langsung ke Indonesia. Namun, Anda bisa menggunakan jasa forwarder untuk mengirimkan barang belanjaan Anda.

5. Apakah saya perlu membayar bea masuk dan pajak?

Kemungkinan besar Anda perlu membayar bea masuk dan pajak atas barang yang Anda beli dari luar negeri. Besarnya biaya tergantung pada jenis barang, nilai barang, dan peraturan bea cukai Indonesia. Sebaiknya Anda mencari informasi lebih lanjut tentang bea masuk dan pajak sebelum berbelanja online dari luar negeri.

6. Bagaimana cara melacak pesanan saya?

Setelah melakukan pembelian, Anda akan menerima email konfirmasi dari Rakuten yang berisi nomor pelacakan. Anda bisa menggunakan nomor tersebut untuk melacak status pengiriman barang Anda di website jasa pengiriman yang digunakan.

7. Bagaimana cara melakukan return atau refund di Rakuten?

Kebijakan return dan refund di Rakuten tergantung pada masing-masing penjual. Umumnya, penjual akan memberikan informasi mengenai kebijakan return dan refund di halaman produk atau halaman toko mereka. Jika Anda ingin melakukan return atau refund, sebaiknya hubungi penjual terlebih dahulu untuk mengetahui prosedurnya.

8. Apakah Rakuten memiliki layanan pelanggan berbahasa Indonesia?

Saat ini, layanan pelanggan Rakuten belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Namun, mereka memiliki layanan pelanggan berbahasa Inggris yang bisa Anda hubungi melalui email atau live chat.

9. Ada diskon atau promo menarik di Rakuten tidak?

Rakuten sering mengadakan diskon dan promo menarik. Anda bisa menemukan informasi tentang promo terbaru di website Rakuten atau dengan mengikuti akun media sosial mereka.

10. Apakah Rakuten worth it untuk dicoba?

Rakuten adalah platform belanja online yang aman dan terpercaya. Mereka menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang kompetitif. Jika Anda sedang mencari produk Jepang atau produk unik lainnya, Rakuten bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like