10 Ulasan Social Media Engagement Tools& Penggunaannya

Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi alat penting bagi bisnis dan individu untuk terhubung dengan audiens mereka.

Namun, mengelola beberapa platform media sosial bisa sangat melelahkan, terutama dalam hal berinteraksi dengan pengikut Anda. Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa Anda secara efektif berinteraksi dengan audiens Anda dan menciptakan kehadiran online yang kuat?

Untungnya, ada berbagai social media engagement tools yang tersedia yang dapat membuat prosesnya lebih mudah dan efisien.

Alat-alat ini dapat membantu Anda melacak performa media sosial, menjadwalkan posting, dan memantau percakapan tentang merek Anda.

Namun dengan banyaknya pilihan di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus digunakan.

Baik Anda seorang pemilik bisnis atau influencer media sosial, memiliki alat yang tepat di gudang senjata Anda dapat membuat perbedaan besar dalam strategi keterlibatan media sosial Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas social media engagement tools yang harus dimiliki dan kegunaannya, sehingga Anda bisa menyederhanakan manajemen media sosial Anda dan meningkatkan kehadiran online Anda ke tingkat berikutnya.

social media engagement tools : canva

Canva

Konten foto menjadi salah satu daya tarik bagi pengguna social media untuk melakukan interaksi dengan akun social media yang memiliki fokus pada postingan gambar, seperti Instagram atau Facebook.

Sehingga guna menarik minat audience untuk melakukan interaksi dengan melihat, membagikan, atau memberikan komentar, maka diperlukan social media engagement tools yang khusus untuk membuat konten gambar menjadi lebih menarik.

Canva menjadi salah satu social media engagement tools yang banyak digunakan oleh kreator pemula atau mahir untuk membuat konten social media.

Hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengedit dan memasukkan konten foto yang diinginkan, sehingga terlihat lebih menarik di mata audience.

Anda juga bisa mengukur ukuran foto dengan lebih mudah, mengingat Canva telah menyediakan berbagai format diameter gambar yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan Canva sebagai media pembuatan konten foto yang untuk postingan edukasi, sehingga konsumen bisa mengetahui pendapatan anda mengenai topik yang sedang naik daun.

Bagi anda yang baru pertama kali menggunakan Canva dan kebingungan dalam menentukan desain yang sesuai, maka anda bisa memakai fitur Artifical Intellegence dimana mereka akan merekomendasikan konten yang sesuai keinginan yang bisa anda tambah dengan berbagai elemen yang sesuai.

Beberapa fitur dan elemen gambar bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang harus digunakan secara berbayar dengan biaya langganan tertentu setiap durasi waktu.

Namun biaya tersebut tentunya sepadan dengan hasil konten yang diberikan dan mampu meningkatkan interaksi dengan audience secara efektif.

capcut

Capcut

Popularitas Tiktok yang semakin meningkat juga membantu mengerek dominasi konten video yang kini lebih mudah ditemukan di berbagai social media.

Durasi video yang pendek serta isi konten yang mudah dipahami dengan tampilan menarik menjadikan konten vidoe disukai oleh berbagai kalangan pengguna social media.

Sehingga untuk mendapatkan hasil konten video terbaik, maka dibutuhkan juga social media engagement tools yang mudah digunakan oleh kreator pemula dengan berbagai fitur yang mudah digunakan.

Capcut kini menjadi salah satu social media engagement tools andalan bagi kreator tiktok untuk membuat konten video.

Aplikasi ini banyak dipakai karena menyediakan berbagai template yang bisa digunakan untuk membuat konten video yang menarik, sehingga anda bisa bergabung dengan trend yang sedang naik daun di Tiktok.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan pengeditan sederhana dengan aplikasi satu ini, sehingga tampilan video anda menjadi lebih menarik, dengan audio yang enak didengarkan, serta watermark yang menjaid penanda konten.

Jika anda seorang kreator tiktok, maka anda bisa dengan mudah membagikan konten video anda ke Tiktok dengan fitur bagikan, sehingga anda tidak perlu berpindah ke aplikasi lain untuk mengunggah video.

Penggunaan Capcut juga bisa digunakan di berbagai perangkat, sehingga memudahkan anda untuk membuat konten yang rumit atau sederhana sebelum akhirnya diunggah di akun social media yang dimiliki.

giphy

Giphy

Interaksi dengan audience di social media menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan interaksi secara efektif sehingga membantu menaikkan rating social media engagement yang dimiliki.

Salah satu cara paling unik dalam melakukan interaksi dengan audience di social media adalah dengan mengirimkan GIF yang relevan dengan isi komentar audience atau menambahkannya di setiap postingan yang dimiliki.

GIF merupakan stiker bergerak sehingga terlihat lebih ekspresif dimana biasanya stiker tersebut diambil dari cuplikan video, iklan, atau film yang sedang naik daun atau memiliki ekspresi yang menarik.

Sehingga jika anda menambahkan gambar tersebut di interaksi dengan audience, maka akan membantu untuk interaksi menjadi lebih menyenangkan dan membuat mereka tertarik untuk terhubung di konten selanjutnya.

Beberapa social media yang bisa menggunakan GIF sebagai media interaksi adalah Twitter, Facebook, dan Instagram, dimana anda dapat memasukkan gambar bergerak di kolom komentar yang bisa dilihat oleh audience.

Sayangnya berbagai GIF yang dimiliki oleh platform social media tersebut memiliki jumlah yang terbatas, sehingga anda perlu menambahkannya sendiri dengan mengunduhnya dari website lain.

Salah satunya adalah dari halaman GIPHY, dimana anda bisa menambahkan gambar bergerak yang relevan dan kemudian dibagikan di kolom komentar atau tweet yang akan diunggah di akun brand yang dimiliki.

Di sisi lain, dalam membagikan gambar bergerak di berbagai akun social media, anda perlu memastikan bahwa GIF yang dimasukkan memiliki makna yang baik atau lucu, sehingga tidak menyinggung orang lain atau audience yang anda ajak interaksi.

Selain itu, untuk menemukan GIF yang relevan di social media, maka anda perlu mencarinya menggunakan kata kunci yang sesuai guna mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

tiktok business insights

Tiktok Business Insights

Tiktok tidak hanya terkenal sebagai aplikasi yang memiliki jutaan video pendek yang menghibur, namun mereka juga mampu membawa trend terbaru yang bisa dibahas dalam waktu lama.

Sebagai seorang kreator yang mengelola akun Tiktok brand, tentunya anda sebaiknya membuat trend terbaru sehingga audience tertarik pada setiap postingan yang anda unggah dan menunggu setiap konten terbaru yang disajikan.

Selain melakukan analisa kegiatan audience di Tiktok dan memantau berbagai interaksi yang masuk di kolom komentar, maka ada baiknya untuk menganalisa ide terbaru yang akan disuguhkan di akun tiktok yang dimiliki.

Salah satunya adalah dengan mengakses Tiktok Business Insights, dimana anda akan disajikan berbagai topik yang relevan dengan target audience anda dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa mengembangkannya untuk menjadi pelopor konten yang menarik.

Cara menggunakan website ini juga cukup mudah, pertama anda tinggal mengaksesnya di komputer yang dimiliki untuk mendapatkan tampilan yang lebih lebar,

Kemudian tentukan negara yang anda huni dan target audience, sehingga anda akan mendapatkan topik yang sama.

Anda juga pilih audience yang dituju, apakah mereka berasal dari kalangan anak muda atau orang dewasa yang tentunya disesuaikan dengan tampilan brand yang dimiliki.

Kemudian pilih juga wawasan yang diinginkan, apakah untuk iklan, kreator, atau menghibur target audience yang dimiliki.

Pilih juga industri yang dituju, sehingga sesuai dengan brand yang dikelola dan anda dapat bergabung dengan topik yang dibicarakan oleh audience.

Tentukan juga event serta tahun yang relevan guna mendapatkan hasil yang maksimal dan sedang dibahas oleh audience saat ini.

Anda bisa memeriksa topik tersebut secara rutin, sehingga anda mendapatkan inspirasi konten yang relevan.

semrush

Semrush

Dikejar jadwal unggah konten padahal ide sedang tersumbat di tengah jalan memang bikin pusing para kreator, sehingga dibutuhkan social media engagement tools yang memberikan rekomendasi dan inspirasi konten yang berkualitas untuk disajikan ke audience.

Salah satunya adalah website Semrush dimana anda bisa mendapatkan ide konten dengan memasukkan kata kunci tersebut, sehingga memudahkan anda untuk menemukan ide postingan yang menarik dan segar.

Tidak hanya itu, Semrush juga memiliki berbagai layanan lain yang mampu membantu meningkatkan interaksi di social media secara optimal.

Pertama adalah layanan market research, dimana pengguna akan mendapatkan informasi mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh kompetitor lain dari industri lain, sehingga memudahkan dalam menyusun rencana yang berseberangan.

Kedua adalah menemukan kata kunci yang banyak dicari oleh konsumen di halaman pencarian social media, sehingga anda dapat menyasar target audience yang relevan dengan keyword yang digunakan, serta menghemat pengeluaran iklan.

Ketiga adalah menjadwalkan konten di berbagai platfrom yang dimiliki serta menyajikan informasi mengenai kinerja postingan dalam jangka waktu tertentu, sehingga memudahkan anda untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan sudah berhasil secara maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan informasi mengenai pandangan audience mengenai akun anda, melalui postingan yang diunggah oleh konsumen, sehingga anda dapat membangun atau memperbaiki persona yang dimiliki.

Berbagai layanan ini bisa diakses secara berbayar dengan harga yang bervariasi tergantung durasi penggunaan, tentunya dengan informasi kinerja konten yang menguntungkan kreator social media.

chatgpt

ChatGPT

Selain penampilan konten yang menarik maka anda juga perlu menambahkan isi konten dengan caption yang menarik, sehingga audience tertarik untuk melakukan interaksi dengan postingan yang telah anda unggah sebelumnya.

Namun, apabila anda memiliki waktu yang terbatas untuk membuat konten maka anda juga memerlukan alat khusus untuk membuat konten dalam waktu yang lebih cepat.

ChatGPT telah menjadi andalan bagi banyak kreator dalam membuat ide konten segar yang bisa disajikan di hadapan audience atau membuat caption yang dapat memancing minat audience untuk melakukan interaksi pada konten yang tertentu.

Penggunaan ChatGPT juga cukup mudah, anda cukup memasukkan kalimat pertanyaan dengan kata kunci tertentu, maka aplikais tersebut akan menyajikan jawaban atau caption yang diinginkan yang bisa anda modifikasi sebelum disajikan ke audience.

Coschedule

Coschedule

Kesibukan dalam mengelola akun social media, membalas berbagai interaksi yang masuk, serta membuat pesanan produk, membuat beberapa kreator yang merangkap menjadi pemilik usaha tidak memiliki waktu untuk membuat dan mengunggah konten.

Padahal mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan juga dapat membantu untuk meningkatkan jumlah interaksi dengan audience, sebab mereka akan disajikan berbagai konten terbaru yang segar setiap harinya.

Di sisi lain, anda mungkin saja telah menyiapkan berbagai konten dan caption yang siap diunggah, namun lupa untuk mengungganya sebab kesibukan membuat produk yang sangat padat, sehingga terlewat pada waktu yang telah ditentukan.

Kesibukan ini tentunya membuat anda membutuhkan social media engagement tools yang dapat mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan, sehingga lebih menghemat waktu dalam mengelola akun social media brand.

Salah satu social media engagement tools yang fokus pada kegiatan tersebut adalah Coschedule, dimana mereka menyediakan layanan kalender konten yang dapat berfungsi untuk mengunggah postingan secara otomatis di watu yang telah anda atur sebelumnya.

Platform ini juga bisa digunakan untuk berbagai akun social media, sehingga lebih menghemat biaya dengan berbagai layanan yang dimiliki.

Tidak hanya itu, platform ini juga menyediakan layanan untuk membuat headline yang menarik perhatian audience di social media, sehingga mereka lebih tertarik untuk melakukan interaksi dua arah.

Selain itu, apabila anda memiliki jumlah karyawan yang banyak dan saling bahu membahu membuat event promosi di waktu yang telah ditentukan, maka anda bisa menggunakan layanan Markting Suite yang dapat melakukan koordinasi secara cepat dengan berbagai dokumen yang dibutuhkan dalam satu platform.

Meskipun anda perlu membayar sejumlah biaya berlangganan untuk jangka waktu tertentu, namun berbagai layanan yang dimiliki dapat membantu anda untuk menghemat waktu dalam mengunggah konten sehingga mengoptimalkan interaksi di social media serta koordinasi dengan tim promosi yang dimiliki.

sprinklr

Sprinklr

Salah satu kendala yang dihadapi bagi banyak kreator dalam membuat strategi pemasaran dalam meningkatkan interaksi audience adalah kurang mengetahui keinginan konsumen.

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya interaksi dengan audience di masa lampau atau baru saja membuat akun social media, sehingga belum mengetahui keinginan konsumen.

Selain melakukan analisa kompetitor yang bergerak di industri yang sama, penting bagi anda untuk mendengarkan permintaan konsumen menggunakan social media engagement tools yang relevan.

Salah satunya adalah Sprinklr yang menyediakan layanan untuk mengubah data konsumen menjadi data yang digunakan sebagai pertimbangan promosi yang relevan.

Dimana anda akan mendapatkan informasi mengenai untuk kolaborasi, menjangkau, dan mendengarkan permintaan konsumen yang dihimpun dari 25 platform social media .

Tidak hanya itu, anda juga dapat menggunakan platform ini untuk mengetahui ulasan dari konsumen mengenai produk dan brand yang anda miliki, sekaligus wawasan mengenai pesaing anda yang bergerak di bidang yang sama, sehingga dapat mengetahui trend pasar serta memenuhi keinginan konsumen.

Anda juga bisa menggunakan fitur artificial intellegence guna mengubah data pelanggan menjadi wawasan baru yang dapat dipelajari untuk pengembangan brand dan produk serta strategi promosi yang sesuai, anda juga bisa mengakses informasi tersebut di format yang diinginkan, sehingga mudah diakses di berbagai perangkat yang dimiliki.

Kreator social media juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengetahui trend yang sedang naik daun saat ini dan berkaitan dengan industri yang dimiliki, sehingga menjadi ide konten terhangat yang bisa disajikan ke konsumen yang dimiliki.

Apaabila anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, maka anda bisa meminta demo terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melanjutkannya denga biaya berlangganan tertentu.

buzzsumo

Buzzsumo

Saat pertama kali membuat akun social media, maka anda akan menemukan berbagai brand yang bergerak di bidang yang sama namun dengan jumlah pengikut dan interaksi yang lebih banyak.

Persaingan ini tentu sebaiknya dijadikan sebagai motivasi untuk membangun akun social media brand yang lebih kuat sembari menganalisa kinerja dari kompetitor lain.

Karenanya dibutuhkan social media engagement tools yang dapat membantu untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh kompetitor lain, sehingga anda bisa mengadaptasinya atau menghindari melakukan cara pemasaran yang sama.

Buzzsumo menjadi website social media engagement tools yang tepat untuk menganalisa kinerja konten, mengingat reputasinya yang gemerlang dalam jangka waktu lama.

Beberapa fitur yang bisa digunakan kreator untuk meningkatkan interaksi konten adalah layanan analisa kinerja konten dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa mengetahui apakah konten yang diberikan sudah menarik minat audience atau dibutuhkan pendekatan ulang.

Selain itu, anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang menyebutkan nama brand dan produk anda di social media, sehingga anda bisa mengetahui popularitas barang anda di kalangan target konsumen.

Anda juga bisa mengetahui jenis konten yang disukai oleh konsumen dengan melihat jumlah postingan yang dibagikan dalam jangka waktu tertentu, sehingga anda bisa menentukan jenis konten yang akan diunggah di masing-masing akun social media yang dimiliki serta relevan dengan target audience yang dimiliki.

Berbagai informasi mengenai perkembangan akun social media dan trend terbaru juga akan dikirimkan melalui email, sehingga akan lebih menghemat waktu dalam mengecek topik terbaru hari ini.

Bagi anda yang hendak melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tertentu untuk meningkatkan interaksi serta promosi produk, maka anda bisa menggunakan layanan dari Buzzsumo guna mengetahui kreator yang berpengaruh di kalangan industri anda, sehingga promosi yang dilakukan bisa lebih maksimal.

Guna memaksimalkan berbagai layanan yang digunakan di Buzzsumo, maka anda sebaiknya membayar biaya berlangganan yang bisa digunakan dalam durasi waktu tertentu serta paket yang dibutuhkan.

Biaya tersebut tentunya sesuai dengan layanan yang diberikan serta keinginan untuk menjangkau target audience yang lebih besar serta mengalahkan kompetitor yang dimiliki.

hootsuite

Hootsuite

Sebuah brand yang telah berkembang pesat dan memiliki banyak pengikut, tentunya juga memiliki berbagai akun social media untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki serta memasarkan produk yang dimiliki.

Kebutuhan pengelolaan akun social media ini tentunya memerlukan sebuah social media engaement tools yang dapat mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan, menganalisa kinerja konten, serta mengetahui trend terkini dalam satu platform.

Hootsuite menjadi salah satu social media engagement tools terbesar yang banyak digunakan oleh kreator social media guna mengelola akun yang dimiliki dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, anda juga bisa merencanakan konten yang dimiliki sebelum diunggah di akun social media yang dimiliki, sehingga memastikan untuk mendapatkan hasil interaksi yang diinginkan dan sesuai dengan minat audience.

Selain itu, Hootsuite juga membantu kreator untuk mengetahui topik yang menarik serta menjadi bahan perbincangan audience melalui fitur Brandwatch, sehingga anda hanya akan menghasilkan konten terbaik sesuai dengan permintaan audience.

Bagian paling menarik dari memiliki Hootsuite adalah anda akan mendapatkan hasil pengukuran kinerja akun dan konten social media secara lengkap, sehingga anda dapat mengetahui perkembangan strategi konten yang dimiliki dan campaign yang sedang dijalankan.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Hootsuite adalah mereka memiliki blog yang aktif mengunggah bebagai artikel yang memberikan wawasan mengenai pengembangan social media serta cara memaksimalkan fitur yang dimliki oleh Hootsuite, sehingga membantu dalam pengembangan konten yang lebh maksimal.

Anda juga bisa menjadwalkan berbagai konten social media dengan mudah dan cepat, sehingga membantu perencanangan promosi serta menghemat waktu dalam mengunggah postingan di waktu yang telah ditentukan.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like