Whatsapp Community : Cara Kumpulkan Komunitas di Satu Grup

Mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat kini bukan sesuatu yang sulit, cukup menggunakan Whatsapp community, maka anda bisa menggabungkan ribuan orang sekaligus.

Pengguna whatsapp tentunya tidak asing dengan fitur group, dimana anda bisa berkumpul dengan beberapa teman dekat atau relasi kerja di tempat yang sama untuk membahas topik tertentu dan menyatukan pendapat.

Di samping itu, anda mungkin bergabung dengan komunitas sosial atau belajar yang mempunyai jumlah anggota yang banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk dikumpulkan dalam satu grup saja.

Whatsapp pun menyadari kebutuhan tersebut hingga akhirnya menyajikan Whatsapp community, dimana anda bisa mengumpulkan lebih banyak orang dibanding fitur group dan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, apabila anda ingin bergabung ke grup khusus di komunitas anda, maka anda bisa menggunakan fitur sub group untuk melakukan diskusi dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama.

Namun sebelum menggunakan layanan whatsapp community, ketahui dulu fitur yang dimiliki serta penggunaannya dan perbedaannya dengan fitur grup biasa.

apa itu whatsapp community

Apa Itu Whatsapp Community

Setiap tahunnya, Whatsapp selalu meluncurkan fitur terbaru yang membantu pengguna untuk menikmati interaksi dengan pengguna lainnya serta memaksimalkan layanan yang dimiliki oleh Whatsapp.

Salah satu fitur yang menarik perhatian pengguna Whatsapp adalah layanan community, dimana anda bisa mengumpulkan lebih banyak orang dalam satu tempat dan membaginya ke dalam beberapa sub grup yang mempunyai minat yang berbeda.

Penggunaan fitur whatsapp community ini tentunya bagus bagi sebuah perusahaan atau organisasi yang mempunyai banyak divisi, sehingga saling tergabung satu sama lain di satu tempat.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan layanan announcement group, dimana anda bisa mengumumkan informasi penting di organisasi anda yang hanya dikirim oleh admin khusus, sehingga hanya bisa digunakan untuk kegiatan penting.

Selain itu, admin group juga mempunyai kewenangan untuk memasukkan anggota ke sub group yang sesuai dan mengeluarkannya jika anggota tersebut sudah tidak lagi bergabung.

Admin juga bisa mengetahui setiap pesan dan kontak dari masing-masing sub grup, sehingga keamanan akan lebih terjaga.

keuntungan menggunakan whatsapp community

Keuntungan Menggunakan Whatsapp Community

Apakah Anda kesulitan melacak percakapan grup dan tetap terhubung dengan teman dan keluarga? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp community untuk menyederhanakan komunikasi dan tetap teratur?

Dengan maraknya media sosial dan aplikasi perpesanan, mungkin akan sangat sulit untuk mengikuti semua platform dan percakapan yang berbeda. Akan tetapi, WhatsApp telah menjadi pilihan populer untuk terhubung dengan teman dan keluarga di seluruh dunia. Selain perpesanan satu lawan satu, WhatsApp juga menawarkan opsi untuk membuat dan bergabung dengan komunitas.

Menggunakan WhatsApp community dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari komunikasi yang disederhanakan hingga peningkatan produktivitas.

Baik saat Anda merencanakan liburan keluarga atau berkolaborasi dalam sebuah proyek, komunitas WhatsApp dapat membantu semua orang untuk tetap berada di jalur yang sama.

Pada artikel ini, kami akan membahas keuntungan menggunakan komunitas WhatsApp dan bagaimana komunitas tersebut dapat meningkatkan kehidupan sehari-hari Anda.

1. Meningkatkan Interaksi Audience

Dengan jumlah anggota yang lebih banyak mencapai ribuan orang, tentunya whatsapp community mampu untuk meningkatkan interaksi audience secara cepat.

Sehingga apapun topik yang disajikan dalam sub group atau pengumuman akan menjadi bahasan dari anggota lain, sehingga community pun tidak pernah sepi.

Tidak hanya itu, Whatsapp community juga mempunyai fitur polling yang memungkinkan admin untuk memungut suara dari anggota grup lain dalam mengambil kesepakatan.

Selain itu, fitur polling juga dapat memberikan informasi baru bagi pelaku usaha atau admin mengenai minat yang disukai oleh konsumennya, sehingga bisa diterapkan pada inovasi produk selanjutnya.

Misalny saja, anda mempunyai usaha di bidang kuliner dan ingin menyajikan menu dan penampilan baru pada produk yang dimiliki, maka anda bisa meminta pendapat dari konsumen atau reseller setia mengenai inovasi yang bisa diberikan untuk pengembangan yang lebih lanjut.

Selain itu, sebuah perusahaan besar juga bisa melakukan survey ke anggotanya mengenai jumlah orang yang bisa hadir pada event tertentu untuk mendapatkan persiapan yang lebih matang.

2. Membangun Komunitas yang Lebih Kuat

Sebuah brand yang tengah berkembang pesat biasanya sudah mempunyai konsumen setia atau reseller khusus yang menjual produk ke segmen pembeli yang lebih kecil.

Mengumpulkan seluruh konsumen setia ke dalam beberapa group tentunya akan menjadi kesulitan sendiri, mengingat admin harus mengontrol grup setiap waktu untuk memastikan bahwa percakapan yang di dalamnya selalu kondusif.

Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa mengumpulkan konsumen anda ke dalam whatsapp community khusus kemudian membaginya ke dalam beberapa sub group.

Cara ini tentunya akan memudahkan dalam pengontrolan anggota dan percakapan di dalamnya, serta memudahkan dalam memberikan informasi yang berkaitan di waktu yang bersamaan.

Tidak hanya itu, pada whatsapp community ini, sebuah brand juga dapat menyelenggarakan event khusus yang hanya bisa diikuti oleh anggotanya, misalnya saja pemberian giveaway, membahas topik tertentu, atau menjual produk eksklusif lebih awal dengan harga yang lebih murah.

3. Fitur yang Lebih Beragam

Whatsapp community tidak hanya memberikan jumlah anggota yang lebih banyak dibandingkan group, namun juga tambahan berbagai fasilitas yang dapat meningkatkan interaksi antar anggotanya.

Pertama adalah fitur pengumuman yang akan memudahkan admin untuk memberikan informasi dalam satu saluran, sehingga tidak akan menimbulkan miskomunikasi antar anggota.

Tidak hanya itu, terdapat juga fitur telefon yang menampung lebih banyak orang dibandingkan group, sehingga semua orang dapat bergabung di satu tempat untuk membagikan pendapat atau sekedar melakukan interaksi antar anggota lainnya.

bagaimana cara kerja whatsapp community

Perbedaan Whatsapp Community dan Group

Apakah Anda bingung tentang perbedaan antara WhatsApp community dan grup? Apakah menurut Anda keduanya adalah hal yang sama? Jika ya, Anda tidak sendirian.

Banyak orang menggunakan istilah-istilah ini secara bergantian, tetapi sebenarnya ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, dan menawarkan berbagai fitur untuk membantu orang tetap terhubung satu sama lain. Salah satu fitur ini adalah kemampuan untuk membuat komunitas dan grup. Namun, tidak semua orang menyadari perbedaan antara kedua opsi ini.

Memahami perbedaan antara komunitas dan grup WhatsApp penting untuk komunikasi dan organisasi yang efektif.

Meskipun keduanya tampak serupa, namun ada fitur dan tujuan yang berbeda untuk masing-masing. Pada artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara kedua opsi ini dan membantu Anda memilih opsi yang tepat untuk kebutuhan Anda.

1. Pengertian Whatsapp Community dan Group

Pengguna whatsapp biasanya lebih banyak menggunakan fitur group untuk terhubung dengan beberapa orang yang mempunyai minat dan kegiatan yang sama.

Whatsapp group sendiri dapat menampung 1.000 orang dalam satu tempat, namun ketiadaan sub group menjadikan beberapa orang membuat group lain untuk membahas topik dan kepentingan yang berbeda.

Hal ini berbanding terbalik dengan whatsapp community yang dapat menampung hingga 5.000 orang yang dibagi ke dalam beberapa sub group, sehingga anda tidak perlu membuat grup lain di luar komunitas sehingga memudahkan admin utama untuk mengontrol percakapan antar anggota.

Tidak hanya itu, admin group juga dapat mengedarkan pengumuman khusus dalam community yang dapat dibaca oleh semua anggota group lainnya.

2. Cara Kerja Whatsapp Communty dan Group

Whatsapp community mempunyai cara kerja yang hampir sama, namun terdapat perbedaan dalam hal komunikasi dengan anggota lainnya.

Dimana keduanya mempunyai admin yang dapat mengatur kegiatan grup serta anggota yang akan saling melakukan interaksi satu sama lain, namun whatspp group tidak mempunyai sub unit lain seperti komunitas yang berperan dalam mengumpulkan anggota pada tempat khusus guna membahas topik yang berbeda.

Whatsapp community dan group juga mempunyai keamanan yang kuat, sehingga tidak memungkinkan bagi orang lain untuk keluar masuk dengan bebas.

3. Syarat Menggunakan Whatsapp Community dan Group

Sebelum membuat whatsapp group, admin akan diminta untuk memilih beberapa anggota dari kontak yang dimiliki serta memberikan deskripsi group dengan memberikan nama, foto profil, serta deskripsi group.

Tidak hanya itu, admin juga dapat mengizinkan anggota group untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan, gambar, atau suara atau mengunci grup sementara sehingga hanya admin yang dapat mengirimkan pesan, sementara anggota lain hanya bisa membacanya tanpa memberikan tanggapan.

Hal ini berbanding terbalik apabila anda menggunakan whatsapp community, dimana anda bisa memilih beberapa group untuk disatukan ke dalam komunitas khusus apabila anda juga seorang admin di group tersebut.

Anda juga bisa mengundang orang melalui tautan khusus, sehingga memudahkan pekerjaan anda. Cara ini juga berlaku apabila anda hendak mengundang beberapa orang ke whatsapp group.

4. Fitur Whatsapp Community dan Group

Meskipun anda bergabung dengan ribuan orang dalam satu komunitas, namun nomor anda akan sulit dilihat oleh orang lain.

Hal ini dikarenakan hanya orang lain di group anda yang dapat melihat nomor anda, namun tidak dengan anggota lain yang berada di komunitas anda.

Cara ini akan membuat keamanan anda lebih terjamin, meskipun anda berapa dengan komunitas yang sama dengan orang lain.

Tidak hanya itu, pada whatsapp group, anda mungkin bisa langsung melakukan obrolan telefon atau video secara langsung yang kemudian diterima oleh anggota lainnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan Whatsapp community, dimana anggota tidak bisa langsung serta merta melakukan panggilan suara dan video.

Perbedaan lainnya antara whatsapp community dan group adalah komunitas lebih difokuskan pada pemberian informasi terpusat dalam satu kolam untuk satu orang, sehingga meminimalisir timbulnya salah paham.

Sementara whatsapp group lebih fokus pada komunikasi antar anggota, sehingga dapat meningkatkan hubungan serta membuka ruang diskusi yang sehat.

5. Pengaturan Anggota di Whatsapp Community dan Group

Saat pertama kali diluncurkan, Whatsapp telah menggembor-gemborkan bahwa layanan ini mempunyai jumlah anggota yang lebih banyak hingga 50.000 orang, berbanding terbalik dengan group yang hanya dapat menampung seribu orang.

Namun whatsapp community juga mempunyai kesamaan dengan group, dimana admin bisa mengundang anggota lain melalui tautan atau undangan langsung dengan memasukkannya ke dalam komunitas tersebut.

6. Cara Berbagai Konten di Whatsapp Community dan Group

Whatsapp community dan group mempunyai perbedaan dalam membagikan konten, admin bisa membagikan berbagai postingan, memberikan reaksi pada pesan, serta membagikan polling mengenai topik tertentu.

Sedangkan anggota komunitas mempunyai keterbatasan dalam mengirimkan konten yang diatur oleh admin komunitas.

Di sisi lain, whatspp group mengizinkan anggotanya untuk membuka diskusi untuk dibalas oleh anggota lainnya melalui kolom chat atau secara pribadi dengan anggota lain.

Hal ini berbanding terbalik dengan whatsapp community, dimana hanya admin yang bisa mengirimkan pesan melalui papan pengumuman sehingga bisa dilihat oleh anggota lain, sementara anggota bisa melakukan interaksi di sub group.

Anggota komunitas mungkin tidak bisa membalas reaksi pada pesan yang diunggah oleh admin di papan pengumuman, namun bisa membalas pesan secara pribadi, sehingga anggota lain tidak bisa melihat tanggapan yang diberikan.

7. Keamanan Whatsapp Community dan Group

Layanan whatsapp community dan group merupakan salah satu tempat berbagi pesan yang aman, hal ini dikarenakan admin bisa mengatur grupnya agar tidak ada sembarangan orang yang masuk.

Misalnya saja mengundang orang melalui telefon atau undangan tautan, sehingga hanya orang-orang terpilih saja yang bisa bergabung dan melakukan interaksi di dalam whatsapp community dan group.

Meskipun begitu, ada beberapa pengaturan keamanan yang tidak bisa diubah, contohnya apabila anda mengumpulkan beberapa orang dalam grup khusus, maka anggota lain bisa melihat informasi orang lain yang disediakan lebih bebas.

Hal ini tentunya sedikit mengganggu apabila anda bergabung dengan whatsapp group yang mempunyai jumlah anggota sangat banyak namun tidak saling mengenal satu sama lain.

Namun ini berbeda apabila anda bergabung dengan whatsapp community, karena orang lain tidak bisa mendapatkan informasi anda karena fungsi komunitas yang hanya digunakan untuk menyebarkan pengumuman khusus dari admin kepada anggotanya.

cara membuat whatsapp community

Cara Membuat Whatsapp Community

Apabila negara anda sudah bisa menggunakan Whatsapp community, maka anda bisa membuatnya secara langsung, baik melalui handphone atau komputer, berikut beberapa langkah mudah dalam membuat whatsapp community.

cara membuat whatsapp community

Pertama adalah masuk ke ikon komunitas dan klik komunitas baru, kemudian masukkan nama komunitas, deskripsi, dan foto profil, klik tanda panah hijau jika sudah selesai.

Jika anda hendak menambahkan sub group baru, maka anda bisa melakukan klik pada ikon grup, masukkan deskripsi singkat, serta masukkan anggota grup yang berkaitan.

Akan tetapi, jika anda ingin menggabungkan grup yang sudah ada, maka pilih group tersebut kemudian klik ikon panah hijau, admin group akan tetap mengatur grup tersebut namun tidak akan menjadi admin komunitas, klik tanda centang hijau jika sudah selesai kemudian klik view community untuk melihat hasilnya.

fitur whatsapp community

Fitur Whatsapp Community

Pernahkah Anda ingin terhubung dengan orang-orang yang berpikiran sama yang mempunyai minat yang sama dengan Anda?

Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial telah menjadi alat yang ampuh untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Fitur WhatsApp Communitu bertujuan untuk menyatukan para penggemar minat tertentuberbagai kalangan.

Fitur ini menawarkan ruang di mana Anda dapat berbagi kemajuan, meminta saran, dan terhubung dengan orang lain yang mempunyai minat yang sama.

Dalam artikel ini, kami akan membahas manfaat bergabung dengan fitur WhatsApp community dan bagaimana komunitas ini dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda.

laTITmV1T96BADnLg7bL

1. Fitur Pesan Whatsapp Community

Fitur pertama yang bisa anda dapatkan di whatsapp community adalah layanan pesan yang satu arah, sehingga menguntungkan bagi sebuah perusahaan yang ingin mengumpulka karyawannya di satu tempat khusus.

Misalnya saja, admin ingin memberikan pengumuman penting untuk anggota komunitas, maka mereka tidak perlu menyebarkan pesan ke berbagai group, cukup masuk ke fitur announcement group dan tuliskan pesan yang ingin disampaikan agar bisa dibaca dan direspon oleh seluruh anggota,

Keuntungan menggunakan fitur announcement group adalah pesan informasi anda tidak mungkin tenggelam, karena anggota lain hanya bisa merespon tanpa bisa ditampilkan ke orang lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan fitur In chat polls, dimana anda bisa mengumpulkan pendapat dari banyak orang mengenai topik dan masalah tertentu untuk menghasilkan jawaban yang disetujui oleh semua orang.

Semua anggota komunitas dapat menyumbangkan suaranya tanpa terkecuali dengan mudah melalui voting.

Tidak hanya itu, anggota grup juga bisa membagikan konten di sub grup dengan media penyimpanan yang lebih besar, sehingga anda tidak perlu takut apabila pesan anda tidak bisa terbuka atau tidak terkirim.

Selain itu, anda juga bisa melakukan penggilan suara dengan anggota lain maksimal untuk 32 orang, sehingga cocok untuk membahas suatu hal yang penting dalam waktu cepat.

fitur kontrol admin di whatsapp community

2. Fitur Kontrol Admin di Whatspp Community

Posisi admin mempunyai peran penting, baik di whatspp community dan group, dimana mereka dapat membuat anggota lebih kondusif, sehingga tidak melakukan tindakan atau mengirimkan pesan yang mengganggu orang lain.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh admin di whatsapp community dan group adalah mengubah kolom deskripsi agar lebih lebih sesuai pada nama komunitas yang dimiliki.

Selain itu, admin juga bisa menambahkan atau menghapus sub grup apabila sudah tidak dibutuhkan atau menambah divisi baru.

Tidak hanya itu, bagi anggota yang sudah tidak aktif dan keluar komunitas, maka admin memiliki tanggung jawab untuk mengeluarkannya agar tidak menggangu orang lain atau mengetahui rahasia di komunitas tersebut.

Admin juga dapat menghapus pesan yang sekiranya tidak pantas sehingga tidak dibaca oleh banyak orang atau disebarkan ke orang lain.

3. Cara Menertibkan Whatsapp Community

Dengan jumlah anggota yang lebih banyak, tentunya admin memiliki tanggung jawab untuk mengatur lebih banyak orang, membagikan informasi yang dibutuhkan, serta memastikan group dalam kondisi kondusif.

Selain itu, admin juga memiliki tugas untuk menjaga grup agar tidak dimasuki orang lain, sehingga informasi di dalam komunitas tetap aman.

Salah satu cara menjaga whatsapp community tetap aman dan kondusif adalah memastikan setip anggota yang masuk memiliki minat pada komunitas tersebut.

Admin juga bisa mengundang anggota secara langsung atau membagikan tautan yang sesuai dengan komunitas tersebut, sehingga admin bisa memastikan bahwa orang yang masuk sudah relevan dengan daftar anggota yang dipilih.

Jika anggota sudah masuk ke komunitas, maka anda juga memiliki tanggung jawab untuk memasukkan mereka ke sub group yang diminta sebelumnya, sehingga anggota bisa melakukan interaksi dengan orang lain.

Setiap hari, admin juga sebaiknya mengontrol sub group yang dimiliki dengan melihat berbagai pesan yang masuk guna memastikan bahwa komunitas digunakan untuk tujuan yang benar dan membuat komunitas tetap kondusif.

Admin juga sebaiknya menghapus anggota yang sudah tidak aktif atau keluar dari komunitas, sehingga mereka tidak lagi mendapatkan informasi dari papan pengumuman yang tentunya khusus untuk anggota.

Whatsapp community untuk apa

1. Meningkatkan interaksi anggota komunitas
2. Membangun komunitas yang lebih kuat

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like