Rekomendasi Aplikasi dan Cara Edit Video Youtube yang Keren

Apakah Anda ingin menyempurnakan video Youtube Anda dan membuatnya lebih menonjol daripada yang lain? Dengan meningkatnya popularitas konten video, penting untuk memiliki visual berkualitas tinggi untuk menarik dan mempertahankan pemirsa. Namun, dari mana Anda harus memulai untuk edit video youtube Anda?

Aplikasi edit video youtube bisa sangat membingungkan bagi pemula, dengan begitu banyak fitur dan opsi yang tersedia. Namun, ada aplikasi yang mudah digunakan yang dapat membantu menyederhanakan proses pengeditan dan memungkinkan membuat video yang terlihat profesional.

Dalam artikel ini, kami akan membahas aplikasi yang direkomendasikan untuk mengedit video Youtube dan memberikan tips tentang cara menggunakannya secara efektif. Baik Anda seorang pembuat konten berpengalaman atau baru memulai, alat-alat ini dapat membantu membawa video ke tingkat berikutnya dan memberikan kesan mendalam bagi audiens.

rekomendasi aplikasi untuk edit video youtube

Baca Juga : Cara Membuat dan Mengelola Konten Youtube Untuk Pemula

Rekomendasi Aplikasi untuk Edit Video Youtube

Apakah Anda ingin meningkatkan kualitas video YouTube Anda? Apakah Anda ingin membuat konten yang menonjol dan menarik lebih banyak penonton? Pengeditan adalah aspek penting dalam membuat video yang menarik dan terlihat profesional.

Dengan semakin populernya konten video di YouTube, memiliki alat pengeditan yang tepat sangat penting bagi pembuat konten. Untungnya, ada banyak aplikasi yang tersedia yang dapat membantu mengedit video dengan mudah dan efektif.

Baik Anda seorang pemula maupun YouTuber berpengalaman, memilih aplikasi pengeditan yang tepat dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kualitas video Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa aplikasi terbaik yang dapat membantu meningkatkan kualitas video YouTube.

 1. Adobe Premier Pro

Adobe Premiere Pro adalah aplikasi pengeditan video yang kuat yang banyak digunakan oleh para profesional dan amatir untuk membuat video berkualitas tinggi untuk YouTube.

Dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai fitur, Premiere Pro menawarkan semua yang Anda butuhkan untuk membuat video yang terlihat profesional yang akan membantu tampil menonjol di Youtube.

Salah satu fitur utama Adobe Premiere Pro adalah alat pengeditannya yang tangguh. Dari pemangkasan dan pemotongan dasar hingga koreksi warna tingkat lanjut dan pengeditan audio, Premiere Pro memiliki semua yang dibutuhkan untuk membuat video terlihat halus dan profesional.

Perangkat lunak ini juga menawarkan berbagai efek dan transisi yang dapat membantu  meningkatkan video dan membuatnya lebih menarik bagi audiens. Selain alat pengeditannya, Adobe Premiere Pro juga menawarkan integrasi tanpa batas dengan perangkat lunak Adobe lainnya, seperti After Effects dan Photoshop.

Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat visual dan grafik yang dinamis untuk video Anda, meningkatkan kualitas dan daya tarik secara keseluruhan. Premiere Pro juga mendukung berbagai format video, membuatnya mudah untuk bekerja dengan rekaman dari berbagai sumber dan perangkat.

Keunggulan lain dari Adobe Premiere Pro adalah fitur kolaborasinya. Dengan kemampuan untuk mengerjakan proyek secara bersamaan dengan anggota tim lainnya, Anda dapat dengan mudah berbagi dan meninjau hasil edit secara real-time, membuat proses pengeditan menjadi lebih efisien. Hal ini sangat berguna bagi YouTuber yang bekerja dengan tim atau berkolaborasi dengan orang lain dalam video mereka.

2. Capcut

CapCut adalah aplikasi pengeditan video fantastis yang sempurna untuk YouTuber yang ingin membawa konten mereka ke level berikutnya. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan banyak alat pengeditan, CapCut memudahkan untuk membuat video yang terlihat profesional yang akan menarik perhatian audiens Anda.

Salah satu fitur terbaik dari CapCut adalah berbagai pilihan pengeditannya. Anda dapat menambahkan filter, efek, teks, stiker, dan banyak lagi ke video Anda hanya dengan beberapa ketukan.

Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menyesuaikan kecepatan rekaman, menambahkan musik, dan bahkan membuat transisi yang mulus di antara klip. Dengan CapCut, kemungkinan untuk berkreasi tidak terbatas.

Aspek hebat lainnya dari CapCut adalah kemudahan penggunaannya. Bahkan jika Anda baru dalam pengeditan video, Anda akan menemukan aplikasi ini intuitif dan mudah.

Tata letaknya bersih dan terorganisir, membuatnya mudah untuk menavigasi semua alat pengeditan. Dan jika Anda mengalami kebuntuan, ada banyak tutorial dan panduan yang tersedia untuk membantu Anda menguasai aplikasi ini.

3. Filmora

Filmora adalah aplikasi pengeditan video populer yang digunakan banyak YouTuber untuk menyempurnakan video mereka dan meningkatkan kualitas konten mereka secara keseluruhan. 

Salah satu fitur yang menonjol dari Filmora adalah antarmukanya yang ramah pengguna, yang membuatnya mudah dinavigasi dan digunakan oleh pemula dan editor berpengalaman. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat dan efek pengeditan yang dapat dengan mudah diakses dan diterapkan pada video Anda hanya dengan beberapa klik.

Filmora juga menyediakan berbagai templat dan filter siap pakai yang dapat membantu menambahkan sentuhan kreatif pada video tanpa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengedit. Template ini sangat cocok untuk YouTuber yang ingin menghemat waktu sambil tetap membuat konten yang menarik secara visual untuk audiens mereka.

Fitur utama lain dari Filmora adalah kemampuan pengeditannya yang canggih, seperti kemampuan untuk mengedit video 4K, menambahkan musik, dan membuat animasi khusus. Alat-alat ini dapat membantu membawa video ke tingkat berikutnya dan menonjol dari persaingan di YouTube.

4. Youtube Studio

YouTube Studio adalah alat yang ampuh bagi para kreator yang ingin mengedit video mereka secara langsung di Youtube.  Salah satu hal terbaik tentang YouTube Studio adalah kemudahan penggunaannya. Antarmukanya intuitif dan ramah pengguna, sehingga memudahkan pemula sekalipun untuk mulai mengedit video mereka. Anda dapat dengan mudah memangkas video, menambahkan musik, dan bahkan menambahkan teks dan grafik untuk membuat video lebih menarik.

Fitur hebat lainnya dari YouTube Studio adalah kemampuan untuk menggunakan template yang telah dirancang sebelumnya untuk membuat video yang terlihat profesional dengan cepat. Hal ini dapat menghemat banyak waktu dan tenaga, terutama jika Anda baru dalam pengeditan video.

YouTube Studio juga menawarkan berbagai alat pengeditan, termasuk koreksi warna, pengeditan audio, dan bahkan kemampuan untuk menambahkan transisi antar klip. Hal ini memungkinkan membuat video berkualitas tinggi tanpa harus berinvestasi dalam perangkat lunak yang mahal.

cara edit video untuk youtube

Cara Edit Video untuk Youtube

YouTube telah menjadi platform populer bagi para kreator untuk membagikan konten mereka kepada dunia. Dengan banyaknya video yang diunggah setiap hari, penting untuk memastikan video Anda menonjol. Pengeditan memainkan peran penting dalam membuat video Anda menarik secara visual dan menarik bagi audiens Anda.

Mengedit video untuk YouTube tidak harus rumit. Dengan alat dan teknik yang tepat, Anda dapat membuat video berkualitas tinggi yang akan menarik pemirsa dan membuat mereka terus menontonnya.

1. Buat Thumbnail Video yang Menarik

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam mengedit video untuk youtube adalah memastikan video anda memiliki thumbnail yang baik dan menarik perhatian penonton.

Sebab thumbnail youtube akan menjadi jendela bagi konten yang menarik minat penonton untuk melihat video anda meskipun mereka belum pernah mengenal konten anda sebelumnya.

Dalam membuat thumbnail video yang menarik, anda bisa menambahkan judul video serta caption mengenai bagian menarik di konten anda, sehingga menarik minat penonton untuk melakukan klik pada video yang anda miliki.

Kemudian tambahkan juga cuplikan gambar berupa isi konten yang membuat penonton penasaran sehingga membuat mereka tertarik untuk menonton konten yang anda sajikan.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi edit gambar untuk mengedit thumbnail video yang menarik perhatian dengan berbagai variasi template yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan konten.

Gunakan juga gambar thumbnail yang jelas, tajam, dan beresolusi tinggi. Gambar yang buram atau berpiksel dapat membuat pemirsa tidak tertarik dan membuat video Anda terlihat tidak profesional.

Pilih juga  warna yang akan membuat thumbnail menonjol. Gunakan warna-warna cerah dan berani yang kontras satu sama lain untuk membuat gambar mini Anda menonjol di feed yang ramai.

Guna menarik perhatian banyak orang, sertakan juga wajah anda dalam thumbnail yang dapat membantu menarik perhatian penonton. Pastikan wajah tersebut ekspresif dan menarik untuk menarik penonton.

2. Susun Konten Video dengan Baik

Dalam membuat konten video untuk youtube, anda mungkin saja membagi video anda menjadi beberapa segmen sebab perpindahan lokasi yang tidak memungkinkan anda untuk merekam setiap saat.

Sehingga penting bagi anda untuk menyusun konten video dengan baik sehingga penonton dapat memahami video anda dari awal sampai akhir dan menonton video dengan nyaman.

Anda bisa memulainya dengan membuat naskah video yang berisi urutan isi video dari awal sampai akhir sehingga memudahkan dalam melakukan edit video youtube.

Pastikan juga untuk menonton video yang telah anda rekam sebelumnya dan menandai bagian yang perlu dipotong serta dimunculkan di bagian awal video sehingga menarik perhatian penonton.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi edit video guna memudahkan menyusun konten video dengan baik serta memberikan kemudahan dalam memberikan penanda awal dan akhir konten yang diinginkan.

Sebelum mengunggah konten video, pastikan untuk menontonnya berulang kali guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pengeditan sebelum menunjukkannya ke pengikut yang dimiliki.

3. Buat Transisi Video yang Lembut

Jika Anda ingin membuat video YouTube yang terlihat profesional, salah satu elemen kunci yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan transisi video yang lembut.

Transisi video membantu untuk berpindah dari satu adegan ke adegan lainnya dengan lancar, menciptakan pengalaman menonton yang kohesif dan menarik bagi audiens Anda. Berikut ini beberapa tips tentang cara membuat transisi video yang lembut untuk pengeditan video YouTube Anda:

Sebelum mulai membuat transisi, pastikan memiliki akses ke perangkat lunak pengeditan video yang menawarkan berbagai efek transisi. Pilihan populer termasuk Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan DaVinci Resolve.

Salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk membuat transisi video yang lembut adalah dengan menggunakan cross dissolves. Transisi ini secara bertahap memudarkan adegan pertama sementara secara bersamaan memudarkan adegan berikutnya. Untuk membuat cross dissolve, cukup seret dan jatuhkan efek transisi di antara dua klip pada timeline Anda.

Menambahkan buram gerak ke efek transisi dapat membantu memperhalus transisi antar adegan. Gerakan yang buram akan mensimulasikan efek gerakan dalam klip video, menciptakan transisi yang menarik secara visual di antara klip.

Untuk menciptakan transisi yang lebih lembut, pertimbangkan untuk menyesuaikan kecepatan efek transisi. Memperlambat transisi dapat menciptakan efek yang lebih bertahap dan lembut, sementara mempercepat transisi dapat menciptakan transisi yang cepat dan tajam di antara berbagai adegan.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan efek transisi yang berbeda untuk membuat video yang unik dan menarik secara visual. Menggabungkan cross dissolves, transisi masuk/keluar yang mudah, dan motion blur dapat membantu menciptakan transisi yang lembut dan menarik yang meningkatkan kualitas konten video Anda secara keseluruhan.

4. Buat dan Pilih Gaya Edit Video yang Unik

Penonton youtube tidak hanya memilih isi konten yang sesuai dengan topik yang mereka sukai, namun mereka juga menonton video berdasarkan gaya edit video yang mereka sukai, sehingga mungkin saja ada penonton yang menyukai tipe bercerita atau menunjukkan pemandangan tanpa banyak bicara.

Sehingga penting bagi kreator youtube untuk membuat dan memilih gaya edit video yang disukai oleh penonton dengan melakukan berbagai uji coba yang sesuai. Sebelum Anda memilih gaya pengeditan video, penting untuk memahami target audience yang diinginkan. Pemirsa yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda dalam hal konten video.

Misalnya, jika Anda memiliki audiens yang lebih muda, mereka mungkin lebih menyukai pengeditan yang serba cepat dan mencolok. Di sisi lain, jika memiliki audiens yang lebih tua, mereka mungkin lebih menyukai gaya pengeditan yang lebih tradisional.

Jenis konten yang dibuat juga dapat memengaruhi gaya pengeditan. Misalnya, jika membuat konten komedi, Anda mungkin ingin memasukkan efek suara atau caption yang lucu.

Jika Anda membuat konten pendidikan, Anda mungkin ingin menggunakan grafik atau animasi yang informatif. Pikirkan tentang nada dan pesan konten Anda dan sesuaikan gaya pengeditan Anda agar sesuai.

Jangan takut untuk mencoba gaya pengeditan yang berbeda untuk melihat mana yang paling cocok untuk konten Anda. Bermainlah dengan transisi, efek, dan teknik pengeditan yang berbeda untuk melihat apa yang sesuai dengan audiens. Anda bahkan dapat melihat YouTuber sukses lainnya di komunitas Anda untuk mendapatkan inspirasi dan ide.

Setelah menemukan gaya pengeditan yang cocok untuk konten dan audiens, cobalah untuk tetap menggunakannya. Mengembangkan gaya pengeditan yang konsisten dapat membantu pemirsa mengenali video Anda dan membangun pengenalan merek.

Entah itu menggunakan skema warna, font, atau teknik pengeditan tertentu, memasukkan elemen yang konsisten ke dalam video Anda dapat membantu menciptakan tampilan yang kohesif dan profesional.

5. Lakukan Optimasi Youtube SEO

Banyaknya kreator yang aktif mengunggah konten video secara rutin membuat anda harus bersaing dengan konten lain yang memiliki jumlah penonton yang lebih banyak. Sehingga penting bagi anda untuk melakukan optimasi Youtube SEO guna memastikan video anda mudah ditemukan di halaman pencarian melalui kata kunci tertentu.

Anda bisa melakukan optimasi youtube seo dengan melakukan analisa kata kunci yang relevan dengan topik video, gunakan alat seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau TubeBuddy untuk menemukan kata kunci yang relevan yang memiliki volume pencarian tinggi dan persaingan yang rendah.

Sertakan juga kata kunci target dalam judul video. Pastikan judulnya menarik dan secara akurat mewakili konten video. Buatlah judul yang ringkas dan langsung ke intinya, karena YouTube hanya menampilkan 55 karakter pertama pada hasil pencarian.

Tulis deskripsi video secara mendetail yang menyertakan kata kunci target. Gunakan beberapa kalimat pertama untuk meringkas konten video dan sertakan tautan yang relevan ke situs web atau profil media sosial. YouTube mengizinkan hingga 5.000 karakter dalam deskripsi video, jadi manfaatkan ruang ini untuk menambahkan kata kunci tambahan dan informasi tentang video.

Anda juga bisa memanfatakan youtube tag untuk memahami konten video dan dapat meningkatkan visibilitasnya dalam hasil pencarian. Gunakan kata kunci yang relevan sebagai tag untuk video, tetapi pastikan kata kunci tersebut tidak terlalu umum atau tidak relevan. Anda dapat menambahkan hingga 500 karakter tag ke video Anda.

6. Tambahkan Lagu yang Relevan

Baik Anda membuat vlog, tutorial, atau jenis konten lainnya untuk YouTube, menambahkan lagu yang relevan dapat meningkatkan pengalaman pemirsa secara keseluruhan dan membuat video lebih menarik. Berikut ini beberapa kiat tentang cara memilih dan menambahkan lagu yang relevan ke konten YouTube Anda:

Sebelum memilih lagu, penting untuk mempertimbangkan nada dan tema video. Apakah Anda menginginkan suasana yang menyenangkan dan energik, atau suasana yang lebih santai dan menenangkan? Lagu yang dipilih harus melengkapi keseluruhan nuansa konten.

Untuk menghindari masalah hak cipta di YouTube anda bisa menggunakan musik bebas royalti dalam video Anda. Ada banyak situs web dan platform yang menawarkan berbagai pilihan musik bebas royalti untuk digunakan oleh para kreator dalam konten mereka. Beberapa pilihan populer termasuk Epidemic Sound, Artlist, dan Audio Jungle.

Lagu yang tepat dapat membantu mengatur suasana hati dan membangkitkan emosi pemirsa. Misalnya, jika Anda membuat vlog perjalanan, Anda mungkin ingin memilih lagu-lagu yang ceria dan penuh petualangan agar sesuai dengan kegembiraan saat menjelajahi destinasi baru. Di sisi lain, tutorial memasak mungkin akan lebih baik jika menggunakan musik latar yang tenang dan santai.

Perhatikan juga kecepatan video Anda dan pilihlah lagu yang sesuai. Jika video Anda memiliki potongan yang cepat dan banyak aksi, pertimbangkan untuk memilih lagu-lagu berenergi tinggi dengan tempo yang cepat. Sebaliknya, untuk konten yang bertempo lebih lambat, pilihlah lagu yang lebih lembut dan menenangkan.

Anda juga dapat menggunakan lagu yang dramatis untuk membangun ketegangan atau lagu yang sentimental untuk membangkitkan emosi selama momen yang menyentuh hati. Bersikaplah strategis dalam menggunakan musik untuk meningkatkan dampak konten Anda.

Saat menambahkan lagu ke konten Anda, pastikan untuk mengedit dan mencampurnya dengan benar untuk memastikan produk akhir yang mulus dan sempurna. Anda dapat menyesuaikan tingkat volume, transisi fade in dan fade out, dan bahkan melapisi beberapa lagu untuk membuat soundtrack yang dinamis untuk video Anda.

7. Manfaatkan Youtube Studio

YouTube Studio adalah alat canggih yang memungkinkan pembuat konten mengedit video mereka dengan mudah. Baik Anda seorang pemula maupun YouTuber berpengalaman, memanfaatkan YouTube Studio dapat membantu meningkatkan kualitas video Anda. Berikut ini beberapa kiat tentang cara menggunakan YouTube Studio secara efektif untuk mengedit video YouTube Anda:

Untuk mulai mengedit video Anda, pertama-tama Anda harus mengakses YouTube Studio. Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke akun YouTube Anda, mengklik gambar profil Anda di sudut kanan atas, dan memilih fitur “YouTube Studio”.

Setelah Anda berada di YouTube Studio, klik tab “Videos” di sisi kiri layar. Dari sana, Anda dapat mengunggah video dengan mengklik tombol “Unggah Video” di sudut kanan atas. Pilih file video yang ingin Anda edit dan tunggu hingga selesai diunggah.

Setelah video selesai diunggah, Anda dapat mulai mengeditnya di YouTube Studio. Anda dapat memangkas, memotong, dan menyambung video Anda dengan memilih tab “Editor” di sisi kiri layar. Dari sana, Anda dapat menyeret garis waktu ke titik awal dan akhir video yang diinginkan.

Anda juga bisa menambahkan  musik dan efek ke video Anda. Anda dapat melakukannya dengan memilih tab “Audio” di sisi kiri layar. Dari sana, Anda dapat memilih dari pilihan musik dan efek suara gratis untuk menyempurnakan video Anda.

Selain musik dan efek, YouTube Studio juga menawarkan alat untuk meningkatkan kualitas visual video Anda. Anda dapat menyesuaikan kecerahan, kontras, dan saturasi video dengan memilih tab “Enhancements” di sisi kiri layar. Alat-alat ini dapat membantu membuat video Anda terlihat lebih profesional dan menarik.

Setelah Anda puas dengan pengeditan yang telah Anda lakukan pada video Anda, Anda dapat menyimpan perubahan Anda dengan mengklik tombol “Simpan” di sudut kanan atas. Dari sana, Anda dapat mempublikasikan video Anda dengan mengklik tombol “Publikasikan” di sebelah file video Anda di tab “Video”.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like