12 Fungsi Desain Kemasan Produk

Sebagai seorang penjual, kita terkadang tidak hanya memperhatikan rasa dan kualitas produk yang akan dijual namun juga desain kemasan produk yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda meski belum mengenal sebelumnya.

Di samping itu, memiliki desain kemasan produk yang aman juga dapat membantu ketahanan produk, sehingga rasa dan tekstur bisa bertahan lama, meskipun anda menggunakan sedikit pengawet, dimana ini akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda kembali.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fungsi desain kemasan produk yang dapat menarik perhatian konsumen dan menjaga ketahanan barang anda dalam jangka waktu lama.

image

Baca Juga : Desain Kemasan Produk Untuk Jualan dan Cara Memilihnya

Menarik Perhatian Konsumen

Saat berkunjung ke minimarket, kamu tentunya akan disuguhkan dengan berbagai brand yang menjual produk yang sama di satu etalase.

Bagi kamu yang belum pernah membeli produk tertentu, biasanya akan memilih produk yang menarik perhatian terlebih dahulu baru membaca bahan produk, sebelum memutuskan untuk membeli produknya setelah melihat harganya.

Hal ini tentunya kurang menguntungkan bagi produk yang memiliki desain kemasan produk yang kurang menarik karena akan jarang dipilih oleh konsumen karena tampilannya yang kurang mencolok.

Sehingga bagi pebisnis, memilih desain kemasan produk yang menarik perhatian dapat berfungsi untuk meningkatkan penjualan dibandingkan kompetitor yang memiliki produk yang sama sama karena kemasan yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, desain kemasan produk bukan hanya dinilai dari tampilannya saja, namun bentuk tertentu terkadang memengaruhi konsumen untuk membeli produk anda dibandingkan brand lainnya.

Misalnya saja anda memiliki produk minuman yang memiliki desain botol yang anti slip meskipun diminum dalam keadaan dingin.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi konsumen yang hendak membeli produk tertentu dan ingin bisa menikmatinya dengan mudah tanpa perlu merasa bingung apabila minuman yang dibeli diminum dalam keadaan dingin.

Keunikan ini juga akan membuat produk anda lebih mudah dipromosikan oleh konsumen yang tertarik pada kemasan produk anda sehingga menjadi media promosi yang menguntungkan dan hemat biaya.

image 4

Melindungi Produk Agar Higienis

Sebuah produk yang sudah dikenal oleh banyak orang biasanya memiliki peluang untuk didistribusikan ke daerah yang lebih luas agar dikenal oleh banyak orang dan meningkatkan penjualan.

Sayangnya, proses distribusi barang terkadang menimbulkan risiko bagi penjual atau pembeli, sebab kita tidak tahu apakah produk kita tetap aman saat pengiriman berhari-hari, bagaimana kurir memperlakukan produk, atau bagaimana rasa makanan setelah sampai di tangan konsumen.

Sehingga memiliki desain kemasan produk yang tidak hanya estetik namun juga aman juga akan membantu penjual dan pembeli.

Bagi penjual, kemasan yang aman tentunya akan memastikan produk sampai di tangan konsumen secara utuh dan mempertahankan rasa, dimana ini akan mengurangi risiko keluhan dan refund yang tentunya akan merugikan bagi penjual karena berkurangnya keuntungan.

Di sisi lain, bagi pembeli, memilih produk dengan kemasan yang aman adalah memastikan bahwa produk yang dibeli aman dikonsumsi serta memertahankan rasanya, sehingga mereka akan membelinya kembali atau merekomendasikan ke teman yang memiliki minat yang sama.

Karenanya, penting bagi penjual untuk memastikan bahwa produk yang dibuat tidak hanya menarik perhatian konsumen, namun juga aman dikonsumsi meskipun dikirim dalam jarak jauh.

Solusinya adalah dengan memilih bahan kemasan produk yang aman, misalnya saja jika memilih botol minuman, maka anda bisa memilih bahan yang berkualitas dan tahan lama, sehingga mempertahankan keamanan produk.

Salah satu contohnya adalah produk minuman dari brand Le Mineralle yang menggunakan penutup plastik tambahan di kemasan tutup botolnya sehingga produknya lebih higienis meskipun dikirim ke berbagai tempat.

image 1

Memberikan Informasi Tentang Produk

Saat ini konsumen tidak hanya memperhatikan tampilan dan kemasan produk saat membeli produk, dengan kemudahan mengakses dalam mengakses informasi, konsumen yang sadar kesehatan juga mulai membaca bahan-bahan yang digunakan, sehingga mereka dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan tubuh dan bukan hanya lapar makan saja.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pebisnis yang bergerak di bidang makanan atau minuman sehat, dimana anda bisa mencantumkan bahan-bahan yang digunakan, sehingga meyakinkan konsumen untuk membelinya dan memberikan jaminan bahwa produk anda tidak hanya menyajikan makanan atau minuman sehat saja, namun juga dijamin dengan bahan berkualitas yang digunakan.

Tidak hanya itu, fungsi desain kemasan produk tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi tentang bahan baku produk, namun juga informasi tambahan lainnya.

Misalnya saja tentang rasa produk, dimana ini penting bagi konsumen yang sensitif dengan rasa tertentu atau menginginkan produk dengan rasa tertentu, sehingga membuat mereka tertarik untuk membeli produk anda.

Tidak hanya itu, bagi konsumen muslim, mereka juga memerhatikan produk yang memiliki sertifikasi halal, sehingga kamu juga perlu mencantumkannya setelah proses verifikasi.

Anda juga perlu memberikan informasi mengenai tanggal kadaluarsa, dimana ini akan membantu penjual untuk menyortir produk anda serta memastikan pembeli membeli produk dengan tanggal kadaluarsa yang masih lama, sehingga makanan masih aman dikonsumsi meskipun mereka baru mencobanya setelah sekian lama.

image 2

Membangun Identitas Merk

Banyaknya produk dari kompetitor lain, membuat sebuah bisnis harus memiliki ciri khas sendiri agar mudah dikenal oleh konsumen serta membedakan dari brand lain yang memiliki produk yang sama.

Sehingga membangun identitas merk dari desain kemasan produk akan menguntungkan bagi sebuah brand agar produk kamu mudah dikenali dan membedakan dengan kompetitor.

Misalnya saja dengan memilih warna yang mengasosiasikan dengan produk, contohnya saja adalah produk rumput laut, maka kamu bisa menggunakan warna hijau sebagai ciri khas produk karena rumput laut diasosiasikan dengan warna tersebut yang sesuai dengan warna produk.

Contohnya saja produk rumput laut kering dari Tao Kae Noi yang mengasosiasikan warna hijau di kemasannya yang sesuai dengan warna rumput laut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna merah yang mengasosiasikan produk yang pedas membara, dimana ini akan menjadi ciri khas produk kamu serta memudahkan konsumen yang ingin membeli produk makanan pedas.

Contohnya saja produk mie pedas korea Samyang yang menggunakan kemasan warna merah di produk mereka yang mengasosiasikan produk yang pedas, sehingga menarik minat konsumen yang menyukainya.

Selain itu, kamu juga bisa menampilkan tampilan produk di desain kemasan produk, misalnya saja produk Makaroni Kripsi dari Boncabe yang menampilkan tampilan produk di kemasannya, dimana ini akan memberikan bayangan bagi konsumen yang ingin membelinya serta menggoda mereka untuk membelinya untuk membuktikan tampilannya.

Tidak hanya itu, beberapa brand makanan juga mengasosiasikan merk mereka dengan bentuk desain kemasan produk tertentu.

Misalnya saja merk makanan Pocky yang menggunakan desain kemasan produk dari kardus berbentuk persegi panjang yang tidak hanya memudahkan bagi konsumen untuk memegangnya namun juga mudah dikenali oleh pelanggan setia.

image 3

Menaikkan Daya Tarik Produk

Pernahkah kamu membeli produk bukan karena membutuhkannya namun juga karena desain kemasan produknya yang unik dan menarik?

Saat ini semakin banyak merk yang berlomba-lomba untuk membuat desain kemasan produk yang menarik, namun juga unik, sehingga membantu konsumen untuk membeli produk mereka dan memudahkan untuk promosi.

Misalnya saja desain kemasan produk yang memiliki bentuk serupa dengan bahan baku produk, sehingga memudahkan konsumen untuk memahami produk yang dijual serta menarik perhatian mereka untuk membelinya.

Meskipun begitu, terdapat beberapa pertimbangan dalam membuat desain kemasan produk yang tidak hanya menarik namun juga fungsional.

Anda bisa memulainya dengan mempertimbangkan bahan baku kemasan produk, misalnya produk baju bisa dikemas dengan plastik ziplock atau kardus yang memiliki desain tertentu, sehingga memudahkan dalam pengiriman namun juga menarik perhatian konsumen karena memiliki tampilan yang menarik dan aman.

Tidak hanya itu, desain kemasan produk juga perlu dipertimbangkan dengan baik, pastikan bahwa desain yang digunakan tidak hanya mengasosiasikan produk namun juga tidak menyinggung kalangan tertentu, dimana ini akan merugikanmu karena kredibilitas brand menurun serta membuat kamu perlu menarik produk yang telah diproduksi sehingga menimbulkan kerugian biaya.

Guna menghemat pengeluaran atau melakukan penghematan produksi, kamu bisa merilis desain kemasan produk tersebut di event-event tertentu, misalnya saat perilisan rasa produk baru, hari ulang tahun brand, atau memperingati hari raya tertentu, sehingga kemasan brand kamu akan lebih mudah diingat dan mampu bersaing dengan kompetitor lain yang bergerak di bidang sama.

image 5

Menaikkan Penjualan

Salah satu tujuan berjualan adalah mendapatkan penghasilan dari produk yang dijual, sehingga penting untuk memerhatikan berbagai aspek, salah satunya adalah desain kemasan produk.

Memiliki desain kemasan yang unik dan menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan, sehingga mereka berminat untuk membelinya meskipun tidak mengenal produk anda sebelumnya.

Desain kemasan produk yang berbeda juga akan membantu konsumen lebih mengingat produk anda bahkan tertarik untuk mempromosikannya, sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan dan membuat produk anda lebih dikenal, sehingga meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, memilih bahan kemasan produk juga akan membantu menekan biaya produksi, sehingga meningkatkan pendapatan.

Memiliki desain kemasan produk yang menarik dan mudah diingat juga akan meningkatkan loyalitas konsumen, sehingga mereka akan kembali membelinya kembali sehingga mempertahankan pendapatan yang dimiliki.

image 7

Menambah Estetika Produk

Saat berkunjung ke bazaar tertentu, pernahkan kamu tertarik untuk mencicipi produk tertentu namun enggan membelinya karena tampilan produk yang kurang menarik?

Keberadaan desain kemasan produk akan membantu untuk menambah estetika produk, sehingga membuat tampilan menjadi lebih menarik serta membedakan dengan kompetitor lain.

Tidak hanya itu, memiliki desain kemasan produk yang menarik juga akan membantu produk anda untuk dikenal oleh target konsumen berkat keunikannya sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

Kemasan yang estetik juga berperan penting dalam membentuk citra merek, memiliki desain kemasan produk yang eye-catching dapat membuat produk Anda tampak lebih bernilai di mata konsumen, sehingga meningkatkan persepsi kualitas, dan membedakan dari kompetitor di pasaran.

Penggunaan warna, bentuk, dan grafis pada kemasan semuanya dapat menyampaikan cerita yang menarik dan emosional.

Desain yang mempertimbangkan faktor psikologi warna dan font yang tepat dapat meningkatkan daya tarik emosional, menciptakan hubungan yang lebih dalam antara konsumen dan merek.

Desain kemasan juga sangat berpengaruh pada pengalaman unboxing, yang kini sering dibagikan di media sosial, bayangkan produk Anda tampil memukau di Instagram ataupun TikTok, menciptakan pembicaraan positif dan memperluas jangkauan pemasaran Anda secara organik.

Hal ini juga bsia menjadi peluang promosi secara gratis, sehingga anda bisa menghemat pengeluaran untuk promosi. Meskipun begitu, merancang dan memilih desain produk juga perlu perencanaan yang tepat dan dipikirkan secara matang, sehingga kamu tidak perlu merilis tampilan produk tang baru dan tentunya akan memakan banyak biaya.

image 6

Menciptakan Pengalaman Konsumen

Terkadang kita membeli produk tertentu bukan karena ingin mencobanya namun ingin merasakan sensasi saat membuka kemasan produk tertentu.

Efek psikologi ini juga bisa dimanfaatkan oleh penjual dengan membuat desain kemasan produk yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen.

Misalnya saja dengan menyediakan desain kemasan produk yang bisa dibentuk robot, dimana ini dapat menyasar target konsumen anak-anak yang mudah penasaran dengan hal baru serta meningkatkan kreativitas mereka.

Kamu juga bisa membuat desain kemasan produk yang dapat mempromosikan campaign tertentu, misalnya dengan menambah QR Code di kemasan produk, dimana saat konsumen melakukan scan produk, maka mereka akan mendapatkan hadiah digital tertentu atau mendapat digital photocard yang bisa dikoleksi secara terbatas, sehingga membuat mereka berlomba-lomba untuk membelinya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan desain kemasan produk kamu untuk mempromosikan kepedulian terhadap lingkungan, misalnya kemasan yang bisa di daur ulang sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya dan melakukan kreasi pada produk anda.

image 8

Meningkatkan Promosi Produk

Pernahkah kamu membeli produk karena promosi yang dilakukan oleh influencer, akun sosial media tertentu, atau diajak oleh temanmu karena desain kemasan produk yang menarik?

Memiliki desain kemasan produk yang menarik akan membantu produk kamu lebih memikat perhatian sehingga dapat dipromosikan di sosial media sehingga meningkatkan penjualan.

Misalnya saja pada event belanja tertentu, biasanya brand membuat desain kemasan produk ukuran besar dengan desain yang fantastis, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membelinya atau mempromosikannya di sosial media.

Tidak hanya itu, kemasan yang inovatif dapat mempermudah pelanggan untuk berinteraksi dengan produk Anda, misalnya, fitur seperti buka-tutup yang mudah atau desain ramah lingkungan akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan menciptakan basis pelanggan setia.

Hal ini biasa terjadi di konsumen produk kecantikan yang memilih produk dari brand tertentu karena kemasannya yang mudah digunakan dan sesuai kebutuhan mereka, di samping hasil produk yang maksimal.

image 9

Memudahkan Dikenali Konsumen

Di tengah gempuran kompetitor yang memiliki produk yang serupa, memiliki desain kemasan produk yang unik akan membantu merk anda lebih mudah dikenali dibandingkan brand lain yang menjual produk yang serupa.

Apalagi jika kamu menjual produkmu di minimarket atau toko grosir, dimana produkmu akan bersaing dengan brand lain yang memiliki isi yang sama.

Sehingga memiliki desain kemasan produk yang menarik perhatian akan membantu produk kamu lebih mudah dikenali konsumen dari jarak jauh meskipun dipajang di etalase yang sama dnegan brand lain.

Ciri khas desain kemasan produk tersebut bisa berupa penggunaan font, warna, dan tampilan kemasan produk yang konsisten sehingga konsumen bisa langsung mengambil produk anda tanpa perlu berpikir panjang.

Desain kemasan yang berhasil tidak hanya melindungi produk, namun juga menciptakan kesan pertama yang mendalam, manfaat lainnya adalah kemudahan untuk diingat oleh konsumen, sebab mereka cenderung kembali ketika mengingat pengalaman positif saat menggunakan produk.

image 10

Menggambarkan Kualitas Produk

Pernahkah kamu ragu saat memilih dua produk namun akhirnya memilih salah satunya karena kemasang yang lebih menarik dan terlihat lebih aman dan praktis?

Memilih desain kemasan produk yang sesuai dapat membantu konsumen untuk memilih produk anda dibandingkan kompetitor lain karena keamanannya yang maksimal.

Di samping itu, memilih desain kemasan produk yang sesuai juga perlu melakukan pertimbangan yang matang dalam jangka waktu lama.

Misalnya jika kamu hendak menjual makanan siap saji, kamu bisa memilih kemasan dari kaleng dibandingkan kotak plastik biasa untuk menjamin keamanannya.

Pemilihan kemasna ini juga dapat membantu produk kamu terlihat lebih berkualitas dan aman sehingga dipilih oleh konsumen.

Selain itu, pemilihan warna dan font yang sesuai juga akan membuat produk kamu terlihat lebih mahal, sehingga dapat menjangkau target konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, desain kemasan produk bukan hanya sekedar pembungkus, melainkan elemen penting yang menentukan persepsi konsumen terhadap kualitas produk.

image 11

Menciptakan Hubungan dengan Konsumen

Desain kemasan produk lebih dari sekadar melindungi produk, namun adalah alat komunikasi yang kuat antara produk dan konsumen.

Desain kemasan yang menarik dan menonjol akan menarik perhatian konsumen seketika, menciptakan hubungan emosional bahkan sebelum mereka menyentuh produk tersebut.

Kehadiran warna, tipografi, dan bentuk dalam desain kemasan berfungsi sebagai sinyal yang memberitahu konsumen tentang nilai dan identitas merek And, ini adalah kesempatan untuk bercerita dan menunjukkan keunikan yang memisahkan Anda dari kompetitor.

Transparansi dan kejelasan dalam informasi yang ditampilkan membawa kenyamanan dan kepercayaan kepada konsumen, dengan infografis menarik dan informasi yang langsung mengena, Anda mendorong interaksi yang lebih dalam dan loyalitas jangka panjang.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like