6 Konten Siaran Langsung Untuk Promosi dan Influencer

Sebagai pemilik bisnis, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara terhubung dengan konsumen Anda dengan cara yang lebih interaktif dan menarik? Metode pemasaran tradisional bisa jadi efektif, namun sering kali kurang memberikan sentuhan personal yang didambakan oleh konsumen saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, konten langsung telah muncul sebagai cara yang populer dan efektif bagi bisnis untuk terhubung dengan audiens mereka. Mulai dari streaming langsung hingga webinar, jenis konten ini memungkinkan interaksi dan keterlibatan secara real-time.

Konten siaran langsung lebih dari sekadar tren; ini adalah alat yang ampuh untuk bisnis yang ingin terlibat dengan konsumen pada tingkat yang lebih dalam.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu konten langsung, mengapa konten ini efektif, dan bagaimana bisnis dapat menggunakannya untuk membangun hubungan yang langgeng dengan audiens mereka.

Baik Anda pemilik bisnis kecil maupun profesional pemasaran, memahami kekuatan konten langsung sangat penting dalam lanskap digital saat ini.

konten siaran langsung adalah

Konten Siaran Langsung Adalah

Sebagai pengguna social media, anda tentunya mengikuti beberapa artis atau influencer yang memiliki minat yang sama dengan anda serta melakukan interaksi dengan memberikan komentar atau reaksi pada setiap unggahan yang diunggah.

Namun interaksi tersebut tentunya tidak cukup, kreator juga perlu memaksimalkan penggunaan fitur social media lainnya untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Salah satunya adalah melakukan konten siaran langsung dengan rutin, dimana antara kreator dan pengikutnya bisa melakukan komunikasi dua arah secara langsung, sehingga menumbuhkan kedekatan satu sama lain.

Penggunaan konten siaran langsung juga bisa digunakan oleh sebuah brand sebagai media promosi, misalnya membagikan momen peluncuran produk terbaru, melakukan sesi tanya jawab, serta melakukan live shopping yang akhir-akhir ini diminati oleh pengguna social media lainnya untuk mendapatkan harga yang diinginkan dengan harga murah.

Pada sesi siaran langsung ini, kreator juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mendapatkan stiker yang bisa ditukar dengan nominal uang tertentu yang tentunya sangat menguntungkan jika dilakukan setiap hari.

Di sisi lain, terdapat platform siaran langsung mandiri yang hanya bisa digunakan untuk melakukan siaran langsung tanpa ada batas waktu tertentu.

cara memilih social media untuk siaran langsung

Cara Memilih Social Media Untuk Siaran Langsung

Meskipun kini hampir social media terkemuka memiliki fitur live streaming, namun beberapa platform lain memiliki fokus khusus pada konten siaran langsung.

Salah satunya adalah platform Twitch yang biasa digunakan oleh para gamers untuk melakukan siaran langsung sembari menunjukkan kemampuannya dalam bermain permainan digital tertentu.

Dengan banyaknya platform social media yang memiliki fitur live streaming, maka kreator juga perlu memilah dan memilah tempat siaran langsung yang efektif untuk tujuan promosi dan tempat target audience berkumpul.

Sehingga waktu yang digunakan untuk melakukan siaran langsung tidak sia-sia, serta anda mendapatkan hasil promosi yang diinginkan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memilih platform social media sebelum melakukan siaran langsung adalah mengetahui tempat target audience anda berkumpul.

Mengingat setiap kelompok pembeli biasanya memilih satu platform social media khusus sebab kenyamanan dalam mengakses setiap konten yang diunggah oleh akun brand.

Cara memilihnya cukup mudah, anda hanya perlu melihat akun social media brand anda yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dan interaksi tinggi, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kelinci percobaan dalam melakukan konten siaran langsung untuk pertama kali.

Kemudian setelah memilih platform social media yang akan digunakan untuk siaran langsung pertama kali, anda bisa mempelajari setiap fitur siaran langsung, mengingat setiap social media memiliki layanan yang berbeda.

Mengetahui fitur siaran langsung yang dimiliki oleh platform tertentu juga akan membantu anda memilih tujuan promosi yang sesuai.

Misalnya, anda menggunakan konten siaran langsung di Instagram untuk melakukan interaksi dengan konsumen sembari sembari mengabadikan momen saat melakukan event promosi tertentu, sedangkan Tiktok digunakan untuk tempat jualan sebab mereka memiliki fitur Tiktok shop yang memudahkan konsumen untuk membeli selama siaran langsung.

Penggunaan setiap social media untuk tujuan promosi yang berbeda juga memudahkan untuk lebih fokus pada pemasaran yang lebih maksimal.

Pastikan juga bahwa platform social media yang akan digunakan sebagai konten siaran langsung juga memiliki fitur analisa serta pengaturan konten yang memadai.

Hal ini akan memudahkan anda untuk menganalisa kinerja siaran langsung dalam jangka waktu tertentu, sehingga bisa merancang strategi promosi yang maksimal.

Penggunaan fitur pengaturan konten, juga akan memudahkan anda yang ingin membuat konten daur ulang dari siaran langsung yang dilakukan, sehingga mendapatkan hasil video dengan kualitas terbaik.

Beberapa social media juga menyediakan fitur monetisasi, sehingga kreator atau influencer yang melakukan siaran langsung bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap koin atau stiker yang dikirimkan oleh penonton.

Anda juga perlu memastikan bahwa perangkat komunikasi yang dimiliki bisa digunakan untuk melakukan siaran langsung dengan kualitas kamera yang bagus.

Mengingat visual yang menarik akan memikat konsumen untuk menonton siaran langsung anda dalam jangka waktu lama serta melakukan interaksi selama konten siaran langsung dilakukan.

Namun masalah ini bisa diatasi dengan memilih pencahayaan yang sesuai serta menggunakan filter yang disediakan oleh platform social media tersebut.

rekomendasi social media untuk siaran langsung

Rekomendasi Social Media Untuk Siaran Langsung

Apakah Anda berpikir untuk memula konteni siaran langsung di media sosial tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, bisa jadi sangat sulit untuk memilih platform yang tepat dan membuat streaming Anda menonjol.

Streaming langsung telah menjadi cara yang populer untuk berinteraksi dengan audiens, terutama selama pandemi ketika acara tatap muka menjadi terbatas.

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitch menawarkan berbagai fitur dan alat untuk menyempurnakan siaran langsung Anda.

Untuk memastikan live streaming yang sukses, penting untuk memiliki rencana dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi media sosial untuk live streaming untuk membantu Anda menciptakan pengalaman yang menarik dan berkesan bagi audiens Anda.

1. Youtube Live Streaming

Youtube tidak hanya digunakan sebagai platform untuk menonton video panjang dan pendek yang dapat menghibur penontonnya.

Namun, anda juga bisa menggunakan platform youtube sebagai tempat interaksi dengan konsumen menggunakan fitur siaran langsung.

Meskipun penggunaan youtube live streaming jarang digunakan oleh kreator brand, namun apabila merk anda memiliki akun di Youtube, maka anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Misalnya menyiarkan momen perilisan produk secara eksklusif, sehingga konsumen hanya bisa menyaksikan produk baru anda dari satu saluran social media.

Sedangkan apabila brand anda bergerak di bidang jasa, maka anda bisa menggunakannya untuk melakukan webinar atau kursus gratis untuk konsumen, sehingga mereka bisa memahami produk anda terlebih dahulu sebelum membelinya.

Namun apabila anda seorang kreator yang bergerak di bidang game dan sering kali melakukan siaran langsung untuk bermain pemainan tertentu, maka youtube live streaming bisa menjadi pertimbangan.

Mengingat fitur ini memiliki ukuran layar yang lebih lebar, sehingga memudahkan penonton untuk menyaksikan konten anda dengan lebih aman.

Selain itu, Youtube live streaming juga menyediakan fitur stiker yang memudahkan penonton untuk mengirimkan hadiah dalam jumlah tertentu sehingga bisa diubah dalam nominal uang tertentu.

Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk melakukan siaran langsung untuk mendapatkan hasil visual yang bagus karena terhubung dengan kamera profesional serta bisa diunduh untuk dibuat konten kembali.

Sayangnya dengan berbagai fasilitas yang disediakan, menggunakan youtube live streaming cukup sulit dan tidak bisa digunakan oleh sembarang pengguna.

Akun youtube yang hendak melakukan konten siaran langsung harus memiliki jumlah pengikut sebanyak 10.000 orang, baru kemudian bisa menggunakan fitur yang disediakan.

Selain itu, anda juga perlu mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan, sehingga pengguna bisa mengakses hasil donasi yang dikirimkan dalam bentuk stiker dan koin.

Meskipun begitu, penggunaan youtube live streaming cocok bagi anda yang hendak melakukan siaran langsung yang mudah diakses oleh pengikut yang dimiliki.

Hasil dari youtube live streaming juga bisa disematkan di website yang dimiliki, sehingga membuka peluang untuk media promosi dan promosi akun secara efektif.

2. Facebook Live Streaming

Apabila anda memiliki banyak konsumen di Facebook, maka menggunakan fitur siaran langsung bisa menjadi solusi terbaik untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Sama seperti platform sebelumnya, Facebook live streaming hanya bisa digunakan untuk melakukan interaksi langsung dengan pengikut yang dimiliki, sehingga membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan setia.

Namun untuk pengalaman interaksi yang lebih menarik, Facebook live streaming juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan reaksi dalam bentuk emoticon selama siaran dilakukan dan akan muncul di samping layar, sehingga menjadi keunikan sendiri.

Selain itu, penonton juga bisa mengirimkan hadiah dalam bentuk stiker, sehingga memungkinkan kreator untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama siaran langsung dilakukan.

Tidak hanya itu, interaksi yang dilakukan selama siaran langsung juga akan masuk ke dalam kolom komentar, sehingga membantu untuk meningkatkan kinerja akun Facebook brand sebab jumlah komentar yang masuk selama konten siaran langsung dilakukan.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Facebook live streaming adalah pengguna bisa melakukan siaran langsung dari berbagai perangkat elektronik, seperti handphone, laptop, atau komputer, sehingga memudahkan untuk melakukan interaksi dengan konsumen dimana saja dan kapan saja.

Anda juga bisa menjadwalkan siaran langsung dari rekaman video atau siaran langsung, sehingga penonton yang tertinggal bisa menonton hasil video tersebut dan melakukan interaksi di dalamnya.

Cara ini akan membuat penonton mendapatkan pemberitahuan saat siaran langsung dilakukan, sehingga mendapatkan penonton yang lebih banyak selama siaran dilakukan.

Bagi akun Facebook brand yang memiliki grup khusus dengan konsumen yang dimiliki, maka anda bisa melakukan siaran langsung di tempat tersebut untuk berbagi pengalaman serta ilmu baru tentang produk yang dimiliki sehingga memikat pelanggan untuk membeli kembali.

Di akhir siaran langsung, anda juga bisa mendapatkan rekaman video secara lengkap yang bisa diunduh untuk diedit sebagai konten terbaru.

Terdapat juga fitur analisa yang memudahkan anda mengetahui kinerja siaran langsung, sehingga anda bisa membuat strategi live streaming yang menarik.

Sayangnya dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Facebook live streaming juga memiliki kekurangan yang sebaiknya anda ketahui sebelum menggunakannya.

Misalnya hanya pengguna Facebook yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 10.000 orang dan harus aktif selama dua bulan untuk mendapatkan fitur tersebut.

Selain itu, Facebook live streaming hanya bisa digunakan dalam waktu 90 menit dan akan terputus sendiri apabila anda melakukan siaran langsung melewati batas waktu yang telah ditentukan.

3. Linkedin Live

Platform Linkedin biasanya digunakan oleh profesional di industri tertentu untuk mendapatkan relasi atau membagikan wawasan yang dimiliki.

Meskipun begitu, beberapa perusahaan besar juga memiliki akun Linkedin brand yang berguna untuk membuka lowongan pekerjaan, membagikan informasi terbaru mengenai perusahaan, serta membangun pencitraan yang profesional di dunia maya.

Setelah sekian lama hanya berfokus pada konten foto, video, dan tulisan, Linkedin mulai melebarkan sayapnya dengan merilis konten siaran langsung.

Dimana kreator bisa melakukan interaksi dengan pengikutnya secara langsung untuk membagikan wawasan yang dimiliki sehingga membangun kedekatan dengan pengikut yang dimiliki.

Penggunaan linkedin live juga cocok dimanfaatkan untuk memasarkan acara yang dimiliki kepada pelanggan setia, menjaring karyawan baru yang berkualitas, serta melakukan wawancara yang profesional di bidangnya untuk meningkakan kredibilitas akun Linkedin brand yang dimiliki.

Meskipun fitur ini termasuk baru di Linkedin, namun konten siaran langsung ini memiliki beberapa keunggulan yang menguntungkan bagi penggunanya.

Pengguna bisa menghubungkan linkedin live dengan acara langsung yang dimiliki, sehingga penonton bisa menyaksikan berbagai acara dengan nyaman dari rumah.

Apabila anda menggunakan fitur linkedin live untuk mengadakan event tertentu, maka anda bisa mengundang peserta ke siaran langsung yang dilakukan.

Selain itu, anda juga bisa menyimpan berbagai pertanyaan yang diajukan sebelum siaran langsung dilakukan, sehingga anda tidak kehabisan ide untuk melakukan interaksi dengan konsumen selama live streaming dilakukan.

Anda juga perlu menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan hasil siaran langsung terbaik dan bisa digunakan di kemudian hari.

Hasil siaran langsung yang dilakukan juga akan disimpan sebagai unggahan konten biasa, sehingga dapat meningkatkan kinerja akun Linkedin yang dimiliki.

Namun, di belik berbagai keunggulan Linkedin live yang diberikan, konten siaran langsung ini juga memiliki kekurangan yang merugikan kreator.

Misalnya saja adalah jumlah pengikut minimal yang dimiliki adalah 150 orang dan harus aktif di Linkedin dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, Linkedin juga belum memasang fitur monetisasi di konten siaran langsung ini, sehingga keuntungan yang di dapatkan dari kreator juga sedikit.

4. Instagram Live

Pengguna Instagram tentunya tidak asing dengan konten siaran langsung, Instagram membeirkan kemewahan bagi penggunanya, dimana semua akun bisa melakukan live streaming tanpa melihat jumlah pengikut yang dimiliki.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna Instagram yang hendak membuka jalan karir sebagai kreator atau brand baru yang membuka akun Instagram untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Penggunaan Instagram live yang bebas ini tentunya membuka kesempatan bagi setiap pengguna untuk melakukan interaksi dengan teman yang dimiliki.

Di samping itu, Instagram live juga memiliki berbagai fitur yang menguntungkan bagi pengguna dan pemilik akun brand.

Selain kolom chat yang berguna untuk melihat komentar dari penonton serta melihat reaksi yang diberikan, anda juga bisa mengundang akun lain untuk melakukan siaran langsung secara bersamaan, sehingga interaksi akan semakin menarik.

Siaran langsung menggunakan Instagram juga akan lebih aman karena anda bisa menyembunyikan beberapa kata kurang pantas, sehingga siaran langsung anda akan lebih aman ditonton untuk berbagai kalangan usia.

Konten siaran langsung ini juga mudah digunakan sebab memiliki tempat yang sama dengan fitur Instagram story, sehingga semua orang bisa mengaksesnya untuk melakuakn siaran langsung tanpa melakukan berbagai syarat khusus.

Selain itu, saat anda melakukan siaran langsung maka pengikut anda bisa menonton siaran tersebut dan tidak ketinggalan setiap momennya.

Instagram live juga memiliki berbagai filter yang unik dan menarik, sehingga membuat konten siaran langsung menjadi lebih menyenangkan.

Setelah siaran langsung berakhir, anda juga bisa menyimpannya sehingga bisa dilihat kembali oleh pengikut anda yang ketinggalan siaran langsung tersebut.

5. Tiktok Live

Fenomena Tiktok yang merebak beberapa tahun terakhir, menjadikan platform ini terus meluncurkan berbagai fitur lainnya yang membuat penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan di aplikasi ini.

Salah satunya adalah fitur siaran langsung yang memungkinkan kreator atau influencer untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Tidak hanya itu, berbagai akun Tiktok brand juga memanfaatkan fitur siaran langsung ini untuk menjual berbagai produk yang dimiliki, sehingga membuka saluran pendapatan yang baru.

Hal ini dikarenakan fitur Tiktok live juga dilengkapi dengan layanan Tiktok shop, sehingga konsumen bisa mencari produk yang diinginkan sekaligus bertanya kepada penjual selama siaran langsung dilakukan.

Kelebihan lainnya dari Tiktok live yang disukai oleh kreator dan influencer adanya fitur koin dan stiker, dimana penonton bisa mengirimkan stiker dalam nominal tertentu yang bisa ditukarkan oleh penerima.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak kreator tiktok yang menghadirkan konten yang menarik untuk mendapatkan stiker yang lebih banyak.

Salah satunya adalah melakukan kolaborasi dengan influencer lain, sehingga menarik jumlah penonton yang lebih banyak.

Selain itu, kreator juga bisa melakukan siaran langsung dari berbagai perangkat komunikasi, sehingga kreator bisa menyajikan visual yang menarik serta kreasi konten yang lebih beragam.

Bagi akun brand yang baru membuka akun Tiktoknya, anda juga tidak perlu khawatir untuk mendapatkan jumlah penonton yang sedikit karena jumlah pengikut yang masih belum banyak.

Hal ini dikarenakan Tiktok live direkomendasikan melalui algoritma Tiktok, sehingga siaran anda dapat menyasar penonton yang diinginkan dan menyukai produk yang anda promosikan.

Anda juga bisa mengatur jalannya siaran langsung dengan menambahkan moderator khusus yang dapat menyaring kata-kara yang kurang pantas selama siaran langsung dilakukan serta melakukan blokir pada akun yang mengganggu jalannya konten siaran langsung.

Sayangnya fitur Tiktok live ini hanya bisa digunakan oleh akun Tiktok bisnis serta akun Tiktok yang memiliki jumlah pengikut minimal 1.000 orang, sehingga tidak semua orang bisa menggunakannya.

6. Twitter Live

Meskipun Twiiter kerap kali digunakan untuk membahas topik yang sedang naik daun atau interaksi dengan komunitas dengan minat yang sama, namun platform ini juga memiliki fitur siaran langsung yang berguna untuk mengobrol dengan pengikut yang dimiliki.

Sehingga apabila anda memiliki konsumen yang berkumpul di Twitter, maka fitur satu ini bisa dicoba untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Berbeda dengan platform social media lain yang menampilkan gambar dan suara, fitur ini hanya bisa digunakan dalam bentuk suara, sehingga anda tidak perlu menampilkan diri di depan orang lain.

Selain itu, anda juga bisa mengundang orang lain sebagai co-host yang mengatur jalannya siaran langsung dengan baik.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like