Shopee Affiliate

Shopee Affiliate: Cara Daftar, Syarat, dan 9 Cara Kerja

Bahwasannya menjadi seorang affiliate yang melibatkan promosi produk dengan membagikan link melalui akun media sosial yang dilakukan para content creator.

Nah, hal ini dianggap sebagai pekerjaan yang relatif mudah untuk bisa mendapatkan uang hanya melalui afiliasi.

Program afiliasi di Indonesia sudah mulai berkembang seiring dengan maraknya e-commerce atau marketplace.

Jika Anda bergabung mitra afiliasi di marketplace, maka Anda akan berpotensi mendapatkan komisi mulai dari 1% hingga 10% per penjualan.

Nah, untuk program affiliate di Indonesia di e-commerce itu terdiri dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan Shopee affiliate.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Shopee affiliate. Mereka yang menggunakan Shopee mungkin sudah tidak asing lagi dengan afiliasi Shopee.

Lalu, bagaimana sih cara kerja dari program shopee affiliate ini, apa saja keuntungannya? Yuk simak penjelasan berikut!

Pengertian Shopee Affiliate dan Cara Kerjanya?

Shopee affiliate merupakan program promosi yang disediakan oleh Shopee bagi pengguna media sosial untuk mempromosikan produk, hingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Hal ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang secara online tanpa harus menginvestasikan banyak waktu atau uang.

Program yang ditawarkan oleh Shopee memungkinkan siapa saja untuk berpartisipasi, terlepas dari jumlah pengikut mereka, selama konten mereka memenuhi syarat dan ketentuan platform dan memungkinkan kebebasan berkreasi.

Dengan Afiliasi Shopee, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 15% untuk setiap penjualan yang Anda hasilkan. Yang harus Anda lakukan adalah mendaftar ke program dan mulai mempromosikan produk di Shopee menggunakan tautan rujukan unik Anda.

Ada beberapa platform media sosial yang tersedia termasuk YouTube, Instagram, Facebook, dan Tiktok. Selain itu, menjadi bagian dari Program Afiliasi Shopee adalah proses yang mudah tanpa kewajiban kontrak.

Nah, ketika seseorang mengklik tautan Anda dan melakukan pembelian, Anda mendapatkan komisi. Sesederhana itu. Afiliasi Shopee adalah peluang besar bagi siapa saja yang ingin menghasilkan uang secara online.

Apakah Anda seorang blogger, influencer media sosial, atau hanya seseorang yang suka berbagi penawaran menarik dengan orang lain, Afiliasi Shopee sangat cocok untuk Anda.

Selain itu, Anda mendapatkan akses ke berbagai macam produk dan penawaran eksklusif yang dapat Anda promosikan kepada audiens Anda.

Jadi, jika Anda mencari cara untuk menghasilkan uang secara online, pertimbangkan untuk menjadi Afiliasi Shopee hari ini. Mudah, bermanfaat, dan dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda.

Pengertian Shopee Affiliate dan Cara Kerjanya

Shopee Influencer, Partner, serta Shopee Affiliate

Istilah yang ada di Shopee sendiri mencakup afiliasi, influencer, dan mitra afiliasi Shopee. Lalu, apa perbedaan dari ketika itu? Yuk simak penjelasannya!

1. Shopee Affiliates

Sebutan awal dalam Program Shopee di Indonesia yaitu Afiliasi. Istilah “afiliasi” berasal dari bahasa asing, di mana istilah ini menunjukkan seseorang yang memiliki kurang dari 2.000 pengikut di akun media sosial mereka.

Selain itu, afiliasi ini dilakukan bagi Anda yang aktif di Shopee.

2. Shopee Influencers

Selanjutnya, terdapat istilah influencer dikenal luas oleh para pengguna internet yang aktif di media sosial.

Memiliki lebih dari 2.000 pengikut di akun media sosial pribadi mereka adalah ambang batas bagi seorang afiliasi untuk dianggap memiliki pengikut yang substansial.

Bahwasannya, influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan belanja masyarakat. Melalui followers setia di berbagai platform media, mereka dapat memandu konsumen ke produk yang ditawarkan oleh penjual.

Publik figure, tokoh masyarakat, dan aktivis media sosial, adalah mitra potensial untuk strategi pemasaran afiliasi.

3. Shopee Partner

Untuk menjadi mitra tingkat afiliasi, seseorang harus mengumpulkan setidaknya 50 order minimal sekali dalam waktu 3 bulan terakhir, dilansir dari sumber biteship.

Cara Daftar Shopee Affiliate

Mendaftar untuk program afiliasi Shopee dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja. Untuk mempelajari cara mendaftar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Untuk mengakses akun Anda, silakan kunjungi halaman affiliate.shopee.co.id atau login jika Anda sudah memiliki akun.
  2. Pastikan semua kolom yang diperlukan dalam formulir pendaftaran telah diisi dengan lengkap sebelum mengirimkannya.
  3. Mohon untuk menunggu beberapa hari, dengan pemberitahuan maksimal 3 hari.
  4. Setelah selesai, pemberitahuan dan email konfirmasi akan dikirim untuk memberi tahu Anda bahwa akun afiliasi shopee Anda telah diaktifkan. Ini akan memungkinkan Anda untuk segera mempromosikan produk shopee.

Proses untuk mendaftar sebagai afiliasi Shopee untuk pemula mirip dengan informasi yang diberikan di atas.

Bagi mereka yang baru mengenal afiliasi Shopee, mempromosikan produk di platform dapat dicapai dengan berbagi konten dan link referral.

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Bagi mereka yang menjalani proses pendaftaran afiliasi Shopee, pasti bingung jenis apa saja kemitraan afiliasi Shopee. Nah, berikut ini, ada berbagai tipe kemitraan dari Shopee affiliate:

Tipe Perbandingan Harga

Jika situs web Anda cocok untuk kemitraan afiliasi Shopee, Anda memiliki opsi untuk memilih jenis kemitraan ini. Selain itu, konsumen mungkin menemukan informasi perbandingan harga yang menarik.

Tipe Mitra Network

Jika Anda memiliki komunitas online dan tertarik untuk menawarkan produk kemitraan, pertimbangkan opsi ini. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih untuk membuat tautan Anda sendiri dan menggunakan kata kunci untuk mendorong konsumen melakukan pembelian melalui tautan Anda.

Tipe Mitra Brand/Seller

Jika Anda memiliki produk atau toko sendiri, cobalah kemitraan afiliasi Shopee dengan mendaftarkan toko online. Anda dapat mendaftarkan toko online untuk ditautkan dengan jenis kemitraan afiliasi Shopee.

Tipe Mitra Blogger/Media Sosial

Bagi mereka yang sangat aktif di media sosial, bentuk kolaborasi merek ini mungkin cocok.

Ada beberapa opsi yang tersedia untuk mempromosikan barang dagangan Shopee yaitu melalui blogger atau kemitraan media sosial.

Tipe Mitra Cashback/Kupon

Memiliki situs khusus untuk memberikan cashback atau kupon adalah kemitraan yang ideal untuk toko online seperti afiliasi Shopee. Situs khusus ini dirancang untuk tujuan penjualan.

Bagaimana Cara Kerja Program Shopee Affiliate?

Proses pemasaran afiliasi Shopee sangat mudah dan dapat diakses. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja afiliasi Shopee, yuk simak berikut:

1. Punya Akun Shopee

Untuk mendaftar ke platform afiliasi Shopee, individu harus terlebih dahulu memiliki akun Shopee sebagai mitra afiliasi.

Ada beberapa metode pendaftaran ditawarkan, seperti nomor telepon, email, Facebook, Gmail, dan opsi tambahan.

 Akun Shopee

2. Mendaftar Platform Shopee Affiliate

Untuk menjadi afiliasi Shopee, seseorang harus mendaftar melalui Shopee Affiliate Platform.Untuk mendaftar, kunjungi situs web resmi Shopee affiliate dan lengkapi formulir dengan informasi yang akurat.

3. Tunggu Konfirmasi di Email

Setelah menyelesaikan pendaftaran di dasbor Afiliasi Shopee, Anda harus menunggu konfirmasi dari Shopee.

Setelah mendaftar melalui email, Shopee akan memberikan notifikasi dalam waktu tiga hari kerja dan menunggu tanggapan Anda.

4. Memilih Kategori Produk

Saat memanfaatkan program afiliasi shoppe, disarankan untuk memilih kategori produk yang sesuai dengan ceruk pasar atau minat pribadi Anda. Pertimbangan yang cermat harus diberikan untuk keputusan ini.

Untuk target pasar wanita muda umumnya tertarik untuk berdandan dan berfoto, kategori yang sesuai dapat mencakup kosmetik, pakaian wanita, OOTD wanita, sepatu, aksesori wanita, dan hijab wanita.

Jika seseorang ingin mempersonalisasikannya sesuai dengan minat mereka, hal itu dapat diterima selama ada komunitas yang memiliki minat yang sama.

Untuk menemukan kategori dan produk yang tersedia di Shopee, buka situs web https://shopee.co.id di browser Anda dan scroll ke bawah untuk melihat daftar kategori. Pilih kategori yang sesuai dengan ceruk pasar atau minat Anda.

5. Memilih Produk untuk Kampanye

Untuk berpartisipasi dalam program afiliasi di Shopee, diperlukan pendaftaran sebagai mitra afiliasi. Setelah terdaftar, pemilihan produk dapat dilakukan untuk memulai.

Kemudian, terdapat dasbor afiliasi Shopee memungkinkan pengguna untuk mengamati mekanisme sistem dan proses terkait.

Tak hanya itu, materi promosi yang Anda gunakan harus sesuai dengan syarat dan ketentuan Shopee.

Proses afiliasi termasuk mempromosikan produk dengan membagikan konten di media sosial dan menyertakan tautan produk.

Untuk memastikan visibilitas ke semua orang, bagikan konten di media sosial dan pastikan akun Anda tidak di privat.

7. Pesanan Dibuat Customer

Audiens yang melihat hasil konten yang telah dibuatnya, hingga ingin membelinya bisa dilakukan dengan mengeklik link yang dibagikan.

8. Pembayaran Komisi

Setelah menyelesaikan transaksi, anggota Program Afiliasi Shopee yang juga merupakan penjual Shopee akan memberikan konversi komisi bagi Anda.

Untuk menentukan jumlah komisi, lihat detail komisi produk saat memilih produk untuk kampanye.

Nah, itu dia penjelasan mengenai bagaimana Program Afiliasi Shopee beroperasi, yang dapat memberikan wawasan tentang cara mendapatkan dana belanja tambahan melalui program ini.

9. Cairkan Keuntungan

Metode terakhir adalah menarik dana yang telah diperoleh sebagai keuntungan.

Komisi didistribusikan setiap duma minggu sekali, tetapi hanya akan dicairkan jika sudah terkumpul minimal Rp 10.000.

Ketika pembayaran komisi mencapai Rp 1 juta, mereka akan ditransfer ke ShopeePay, tapi jika diatas sejuta, penarikan akan ditransfer melalui rekening bank.

Cairkan Keuntungan

Syarat Bergabung Shopee Affiliate

Bergabung dengan program Afiliasi Shopee adalah cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai afiliasi, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan rujukan Anda.

Nah, untuk syarat lengkapnya yuk ikuti berikut ini:

1. Ketentuan Akun

Harap pastikan bahwa akun media sosial Anda aktif dan terbuka untuk umum, karena akun tersebut ditujukan untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk toko Shopee atau akun penjual.

2. Ketentuan Followers

Persyaratan pengikut atau pelanggan minimum 2.000 hanya berlaku untuk program Shopee Influencer dan Mitra Shopee. Tidak ada batas minimum untuk akun media sosial lainnya.

3. Ketentuan Konten

Anda harus membuat konten Anda sendiri, karena mengunggah ulang konten orang lain tidak diperbolehkan. Konten Anda tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, atau apa pun yang melanggar hukum di Indonesia.

Konten Anda juga tidak boleh mengandung ujaran kebencian, pernyataan yang memfitnah atau mencemarkan nama baik, atau konten yang bersifat diskriminatif.

Shopee memiliki hak untuk memposting ulang konten Anda di media sosial atau aplikasi mereka.

4. Ketentuan Produk

Produk yang tersedia untuk promosi di Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller termasuk barang-barang yang tidak mengandung pornografi, tidak dipalsukan atau dipalsukan, dan bebas dari obat-obatan terlarang seperti narkoba, ganja, atau zat terlarang lainnya.

Produk ini juga tidak boleh terkait dengan kegiatan penipuan, perjudian, kekerasan, atau teroris.

Tips Membuat Konten Jualan Di Shopee Affiliate Menarik

Menjual konten adalah bagian penting dari menjadi afiliasi Shopee. Tetapi bagaimana Anda membuatnya menarik? Kuncinya adalah memahami audiens Anda dan menyesuaikan konten Anda dengan kebutuhan mereka.

Untuk mempromosikan produk secara efektif melalui tautan afiliasi, Anda perlu menyediakan konten pengantar dalam bentuk artikel, foto, dan video dengan durasi yang bervariasi.

Konten harus cukup menarik untuk menarik minat audiens dan memberikan wawasan yang berharga tentang penawaran produk.

Dengan menerapkan pedoman ini, Anda dapat menghasilkan konten penjualan yang menarik minat audiens Anda, menghasilkan penjualan, dan meningkatkan penghasilan Anda sebagai afiliasi Shopee. Yuk simak tips ini!

1. Menentukan Media Promosi Terbaik

Dalam mempromosikan bisnis Anda, penting untuk memilih media yang tepat. Jenis media yang berbeda bekerja lebih baik untuk bisnis yang berbeda, jadi penting untuk mempertimbangkan target audiens dan anggaran Anda saat membuat keputusan.

Salah satu media promosi yang paling efektif adalah media sosial. Dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, media sosial menyediakan audiens potensial yang sangat besar untuk bisnis Anda.

Menurut sumber data, bahwa pada Januari 2023, media sosial memiliki basis pengguna aktif lebih dari empat miliar orang, yang mencakup 59% populasi dunia. Penggunaan media sosial yang meluas telah memfasilitasi pertumbuhan bisnis bagi banyak orang.

Selain itu, media sosial sering kali gratis untuk digunakan, sehingga menjadi pilihan yang hemat biaya untuk bisnis dengan anggaran terbatas.

Anda harus memanfaatkan media sosial atau platform dengan basis audiens yang besar.

Jika Anda menggunakan media sosial TikTok, maka kebanyakan konten Anda akan muncul di FYP meskipun mereka memiliki lebih sedikit pengikut.

Saat menggunakan media sosial atau platform, pilihlah media sosial yang banyak diikuti, seperti TikTok, konten Anda akan ditampilkan di feed FYP pengguna lain meskipun Anda memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit.

media promosi

2. Membuat Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas sangat penting untuk menarik perhatian audiens dan membangun merek Anda. Hal ini membutuhkan kombinasi kreativitas, penelitian, dan perhatian terhadap detail.

Langkah pertama dalam membuat konten berkualitas adalah memahami audiens Anda. Siapa mereka? Apa minat dan masalah mereka?

Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang audiens Anda, Anda dapat menyesuaikan konten Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Riset juga merupakan komponen penting dalam membuat konten berkualitas. Hal ini tidak hanya mencakup riset tentang audiens Anda, tetapi juga topik Anda. Anda ingin memastikan bahwa konten Anda akurat, informatif, dan terkini.

Namun, riset saja tidak cukup. Anda juga harus kreatif dalam menyajikan informasi Anda. Hal ini dapat mencakup penggunaan cerita, humor, atau teknik menarik lainnya untuk menarik perhatian audiens.

Perhatian terhadap detail juga penting dalam membuat konten yang berkualitas. Ini berarti memperhatikan tata bahasa, ejaan, dan pemformatan. Hal ini juga berarti memastikan bahwa konten Anda menarik secara visual dan mudah dibaca.

Konten berkualitas tinggi sangat penting bagi pemasar afiliasi untuk menarik perhatian audiens mereka dan menciptakan pengaruh positif terhadap produk. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan dari transaksi afiliasi, serta meningkatkan kinerja pengguna.

3. Mengikuti Tren

Mengikuti tren dapat menjadi strategi yang berguna dalam banyak bidang kehidupan. Baik itu fashion, teknologi, atau bisnis, mengikuti perkembangan terbaru dapat membantu Anda tetap berada di depan.

Namun, mengikuti kerumunan orang secara membabi buta juga bisa berbahaya. Hanya karena sesuatu itu populer, bukan berarti itu adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Penting untuk melakukan riset sendiri dan membuat keputusan yang tepat.

Perbedaan tren dari waktu ke waktu dapat menjadi signifikan, tetapi konten viral dan tren dapat memberikan wawasan yang berharga karena popularitasnya. Konten viral dapat berfungsi sebagai ide gratis untuk mempromosikan produk Anda melalui konten.

Saat membuat postingan tren untuk mempromosikan produk Afiliasi Shopee, penting untuk memilih postingan yang paling menarik perhatian dan menyesuaikannya dengan produk untuk menjaga relevansi dan melibatkan audiens.

Selain itu, Anda harus memperhatikan apa yang terjadi di industri Anda. Berlanggananlah buletin dan blog yang relevan, hadiri konferensi dan acara, serta jalinlah jaringan dengan orang lain di bidang Anda.

Namun, jangan lupa juga untuk melihat ke luar gelembung Anda. Jelajahi industri dan bidang lain yang menarik. Anda tidak akan pernah tahu dari mana inspirasi akan datang.

Dalam hal mengikuti tren, penting untuk menjaga keseimbangan antara mengikuti tren dan tetap menjadi diri sendiri.

Jangan takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru, tetapi juga jangan merasa tertekan untuk mengikuti apa yang orang lain lakukan.

Pada akhirnya, kuncinya adalah menyadari mengapa Anda mengikuti tren. Apakah Anda melakukannya karena sesuai dengan nilai dan tujuan Anda, atau Anda hanya mencoba untuk menyesuaikan diri?

Dengan tetap menjadi diri sendiri dan membuat keputusan yang tepat, Anda dapat memanfaatkan tren untuk keuntungan Anda dan mencapai kesuksesan dengan cara Anda sendiri.

Tagar dan efek suara (SFX) dapat menjadi alat yang ampuh dalam strategi media sosial Anda. Dengan menggunakan tagar populer, Anda dapat meningkatkan visibilitas postingan dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Menggunakan tagar dengan konten populer dapat meningkatkan jangkauan Anda ke audiens yang lebih besar. Selain itu, menggunakan efek suara dapat menciptakan isyarat audio yang dapat dikenali oleh audiens Anda.

Namun, penting juga Anda harus bisa menggunakannya secara strategis. Jangan hanya menggunakan tagar acak yang tidak ada hubungannya dengan konten Anda. Teliti tagar yang relevan yang sedang tren dan gunakan dengan hemat.

SFX juga dapat menambahkan elemen tambahan pada postingan Anda. Mereka dapat membantu mengatur suasana dan menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens Anda.

Jika digunakan secara efektif, tagar dan SFX dapat membantu meningkatkan permainan media sosial Anda dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens Anda. Jadi, lakukan riset, jadilah strategis, dan bersenang-senanglah dengan itu!

5. SEO Pada Blog / Website

Di era digital saat ini, memiliki blog atau situs web saja tidak cukup. Anda perlu memastikan bahwa konten Anda dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga dapat ditemukan oleh audiens target Anda.

Namun, ini bukan hanya tentang mengisi konten Anda dengan kata kunci. Ini adalah tentang membuat konten berkualitas tinggi dan berharga yang bisa menjawab pertanyaan atau sesuatu hal yang dicari audiens Anda.

Dengan memahami kebutuhan audiens Anda dan kata kunci yang mereka gunakan dalam pencarian mereka, Anda dapat membuat konten yang relevan dan berharga.

Hal ini tidak hanya membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil mesin pencari, tetapi juga membantu membangun merek Anda sebagai otoritas tepercaya di industri Anda.

Namun SEO bukanlah hal yang sekali jadi. Hal ini membutuhkan analisis dan penyesuaian yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa konten Anda terus memenuhi kebutuhan audiens Anda dan dioptimalkan untuk mesin pencari.

Ini berarti mengikuti tren dan algoritma terbaru di dunia mesin pencari dan bersedia melakukan perubahan sesuai kebutuhan.

Jadi, jika Anda ingin blog atau situs web Anda menonjol di dunia digital yang penuh sesak, Anda harus bisa menggunakan SEO. Ini adalah kunci untuk mendapatkan perhatian, membangun merek Anda, dan pada akhirnya mendorong lebih banyak lalu lintas dan pendapatan ke situs Anda.

SEO Pada Blog atau Website

6. Menyisipkan Call to Action / CTA

Call to Action (CTA) adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk mendorong keterlibatan audiens dengan produk yang akan dipromosikannya.

Selain itu, CTA berfungsi untuk memberikan arahan kepada audiens tentang cara mendapatkan barang tersebut, termasuk frasa seperti “klik tautan di bawah ini” atau “masukkan kode berikut”.

Untuk blog sendiri, Anda harus menyertakan tombol berlabel “Beli Sekarang” atau frasa serupa untuk menunjukkan proses pembelian produk kepada audiens.

Komisi yang Didapatkan dari Program Shopee Affiliate, Beserta Keuntungannya

Jika Anda bergabung dengan Afiliasi Shopee, maka Anda dapat menerima komisi untuk setiap produk yang terjual melalui promosi mereka. Jumlah komisi dan manfaat tambahan dapat ditemukan di sini, dilansir dari sumber shopee:

  • Penjualan produk Shopee Mall, Supermarket, Star+, dan Star akan dikenakan komisi mulai dari 5%.
  • Komisi XTRA 3x lipat akan bervariasi berdasarkan ukuran penjualan.
  • Anda dapat menjual produk tanpa modal dan tanpa risiko kerugian.
  • Tim Afiliasi Shopee menawarkan bonus komisi 15 persen.
  • Dapatkan produk dan voucher gratis saat berpartisipasi dalam kampanye Shopee.
  • Komisi akan ditransfer ke Saldo Rekening dan dicairkan melalui ShopeePay setiap minggu, selama Saldo Rekening minimum Rp 10.000 terpenuhi.
  • Pembayaran komisi akan ditunda jika saldo akun kurang dari Rp 10.000 pada tanggal pembayaran yang dijadwalkan. Pembayaran yang ditunda akan digabungkan dengan jadwal berikutnya, selama nilai minimum terpenuhi.
  • Bonus sebesar Rp1.850.000 akan diberikan kepada 1.200 pemesan pertama.
  • Proses pendaftarannya sederhana dan tidak ada perjanjian eksklusif yang wajib.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Shopee affiliate, program ini sangat cocok bagi Anda jika ingin mendapatkan pendapatan tambahan.

Shopee affiliate itu apa?

Shopee affiliate merupakan program promosi yang disediakan oleh Shopee bagi pengguna media sosial untuk mempromosikan produk, hingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Shopee affiliate syaratnya adalah

1. Mempunyai Akun
2. Mempunyai Followers
3. Dapat Membuat Konten
4. Membagi Produk Sesuai Ketentuan

Similar Posts